Contoh Surat Pribadi

Posted on

VOI.Co.Id –  Surat memiliki pengertian sebagai sebuah kertas yang berisi tulisan. Dalam praktiknya, surat digunakan sebagai alat komunikasi antara 2 individu ataupun dua organisasi terkait hal-hal yang berhubungan dengan urusan antara dua orang tersebut. Surat sendiri memiliki 2 jenis berdasarkan sifatnya, yakni surat pribadi dan surat resmi. Perbedaan surat resmi dan pribadi dapat dilihat langsung di contoh surat pribadi.

contoh-surat-pribadi

Surat resmi biasanya digunakan untuk situasi-situasi resmi yang berkaitan dengan instansi dengan orang atau individu dengan individu lainnya dan memiliki beberapa aturan-aturan baku. Sementara surat pribadi lebih fleksibel dan tidak memiliki aturan-aturan baku.

Berikut beberapa pengertian, jenis, tujuan , struktur, serta contoh surat prubadi yang bisa dipelajari.

Pengertian Surat Pribadi

pengertian-surat-pribadi

Seperti namanya, surat pribadi adalah jenis surat yang biasanya digunakan untuk urusan pribadi. Biasanya, surat pribadi berasal dari seorang individu yang ditujukan kepada individu lain, atau bahkan bisa kepada organisasi atau instansi tertentu. Asalkan masih membawa nama pribadi, maka disebutlah itu sebagai surat pribadi.

Meskipun disebut surat pribadi, tetapi terkadang ada beberapa surat pribadi yang menggunakan bahasa baku, tetapi tidak mengikuti kaidah surat resmi. Sebab meskipun surat tidak resmi, surat pribadi juga harus memperhatikan bahasa yang sopan dan etika berhubungan dengan orang lain.

Fungsi Surat Pribadi

fungsi-surat-pribadi

Surat pribadi juga memiliki fungsinya sendiri. beberapa fungsi surat pribadi adalah:

  • Sebagai Penjalin Komunikasi

Salah satu fungsi vital dari sebuah surat adalah sebagai penjalin komunikasi, termasuk di dalamnya surat pribadi. Bahkan, surat pribadi memiliki fungsi sebagai penjalin komunikasi yang lebih intim daripada surat resmi.

  • Media Mengekspresikan Perasaan

Karena sifatnya yang lebih personal dan bebas, surat pribadi sering kali menjadi media sebagai pengungkapan perasaan atau mengekspresikan apa yang sedang dipikirkan. Biasanya, mengobrol via surat pribadi akan terasa lebih lepas daripada mengobrol dengan bertatap muka.

  • Mewakili Penulis

Surat pribadi juga memiliki fungsi sebagai perwakilan dari penulis itu sendiri. Maksudnya adalah dengan mengirimkan surat, itu artinya penulis telah berkomunikasi dengan pihak lain secara langsung. Hanya saja diwakili oleh surat.

  • Sebagai Sarana Penyampai Gagasan

Surat pribadi juga bisa digunakan sebagai sarana penyampai gagasan kepada pihak lain. Karena biasanya, dengan menulis surat orang bisa lebih leluasa dalam menyampaikan ide dan gagasannya itu sendiri.

  • Mengembangkan Kemampuan Berbahasa

Membuat surat pribadi juga bisa mengembangkan kemampuan berbahasa bagi penulisnya. Ini karena ketika menulis surat, penulis diwajibkan untuk membuat kalimat yang mudah dimengerti. Jadi, setiap kali menulis surat, penulis semakin sering mengulang kemampuan berbahasanya.

Terutama jika mitra surat-menyuratnya dari negara asing. Otomatis si penulis surat akan belajar mengenai bahasa asing tersebut dan justru menambah kemampuan berbahasanya.

Unsur Surat Pribadi

unsur-surat-pribadi

Menulis surat pribadi tentu membutuhkan beberapa aturan agar maksud dan tujuannya bisa tersampaikan dengan baik. Berikut beberapa unsur yang ada di dalam surat pribadi:

  • Tempat dan tanggal pembuatan surat. Misalnya: Medan, 22 Januari 2018
  • Alamat tujuan surat atau nama orang yang dituju. Misalnya: Kepada Alinea, di Surakarta
  • Salam Pembuka. Salam pembuka bisa dengan Assalamu’alaiku, Wr. Wb, atau bisa juga dengan sapaan-sapaan pribadi seperti salam rindu, salam manis, hai, dan lain sebagainya.
  • Pembuka surat. Biasanya, pembuka surat selalu menanyakan kabar atau bahkan basa-basi untuk membuka inti cerita. Jika pengiriman surat rutin, maka pembuka surat bisa berisi bahasan yang dibahas di surat sebelumnya.

Misalnya: Hai, Al, apa kabar? Gimana teater yang kamu kunjungi di Surakarta? Kamu menikmatinya? Teater itu milik temanku dan tentu enggak kalah keren dengan teater yang kubangun.

  • Isi surat. Biasanya tertulis tentang cerita sehari-hari atau apa saja yang ingin diceritakan kepada orang yang menerima surat.
  • Penutup. Setelah isi surat sudah terpenuhi semuanya, maka tibalah ke penutup surat. Biasanya, penutup surat lebih singkat dengan menyampaikan pesan bahwa suratnya hanya cukup sampai di sini.

Misalnya: Al, ceritaku sudah habis. Sekarang, bukankah giliranmu yang mesti bercerita mengenai Surakarta yang indah? Aku tunggu balasanmu, ya.

  • Salam penutup. Salam penutup isinya bisa sama dengan salam pembuka, sesuai selera dan apa yang hendak ditulis si penulis.
  • Nama pengirim dan tanda tangan. Diisi dengan namamu dan tanda tanganmu. Misalnya: Dari Sabda Senja

Tujuan Surat Pribadi

tujuan-surat-pribadi

Secara umum, surat pribadi bertujuan untuk saling menyampaikan pesan dan cerita kepada orang yang dikenal atau organisasi yang dituju. Jadi, untuk penulisan surat pribadi yang bersifat kekeluargaan, tidak perlu untuk menggunakan bahasa formal dan baku. Asalkan pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh si penerima surat, maka itu artinya surat pribadi yang ditulis sudah benar dan terpenuhi tujuannya.

Berbeda dengan surat pribadi bersifat setengah resmi yang memang harus menggunakan bahasa yang baku sekaligus formal. Surat lamaran kerja dan surat pengajuan cuti, misalnya. Penulis surat tetap harus memenuhi kaidah dan struktur, karena tujuan surat itu bukan hanya penyampaian pesan pribadi, tetapi meminta secara resmi untuk mengajukan sesuatu kepada orang atau organisasi.

Jenis Surat Pribadi

jenis-surat-pribadi

Berdasarkan kebakuan bahasanya, surat pribadi biasanya dibedakan menjadi dua jenis, yakni:

  • Surat Pribadi Kekeluargaan

Surat pribadi kekeluargaan biasanya menggunakan bahasa yang lebih cair dan fleksibel. Bahkan, beberapa surat pribadi kekeluargaan menggunakan bahasa slang atau bahasa daerah. Surat ini biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat dekat, ataupun dengan orang-orang yang akrab di kehidupan nyatanya.

Ciri lain dari surat pribadi kekeluargaan adalah bahasa yang tidak baku dan tidak terpatok pada aturan PUEBI dan biasanya dibuat dengan tulisan tangan.

  • Surat Pribadi Setengah Resmi

Surat pribadi setengah resmi biasanya menggunakan bahasa yang baku dan sopan. Sering kali surat ini digunakan untuk berkomunikasi dengaan instansi resmi atau organisasi, tetapi dengan nama pribadi.

Meskipun tidak memiliki kop surat dan aturan lain yang mengikat seperti surat resmi, surat pribadi setengah resmi biasanya tetap memiliki beberapa format tertentu. Contoh surat pribadi setengah resmi adalah surat lamaran kerja, surat izin sakit, dan surat permohonan kepada instansi atau organisasi terkait.

Ciri Ciri Surat Pribadi

ciri-ciri-surat-pribadi

Berikut beberapa ciri yang ada di dalam surat pribadi:

  • Menggunakan bahasa yang tidak baku dan cenderung lebih santai
  • Tidak memiliki kepala dan nomor surat
  • Salam pembuka dan salam penutup tergolong lebih fleksibel dengan menggunakan bahasa sehari-hari
  • Bahasa yang digunakan tidak harus baku, tetapi menyesuaikan dengan kebutuhan surat
  • Memiliki format surat yang tidak terikat dan bebas.
  • Menggunakan kata ganti orang pertama (saya, aku, dan lain sebagainya) dan kata ganti orang kedua (kamu, kau, engkau, dirimu, dan lain sebagainya)
  • Menggunakan ejaan dan tanda baca yang sesuai
  • Yang diutamakan adalah pesan yang ingin disampaikan dapat dimengerti oleh penerima, bukan struktur surat
  • Tidak dibatasi jumlah katanya,penulis dapat menulis sebanyak-banyaknya sesuai kebutuhan
  • Untuk surat pribadi setengah resmi, surat memiliki beberapa peraturan berupa menggunakan bahasa dan format yang formal

Kaidah Kebahasaan Surat Pribadi

kaidah-kebahasaan-surat-pribadi

Berikut beberapa kaidah kebahasaan surat pribadi yang biasa dipakai:

  • Pronomina atau kata ganti. Pronomina sudah lazim ditemui dalam sebuah surat pribadi. Biasanya kata ganti yang banyak ditemukan adalah kata ganti orang pertama (aku, saya, dan lain sebagainya) dan kata ganti orang kedua (kamu, engkau, kau, dan lain sebagainya)
  • Nomina atau kata benda juga biasa ditemukan dalam sebuah surat pribadi. Penggunaan nomina hampir selalu ditemukan, terutama apabila surat pribadi tersebut dikirimkan kepada orang yang dikenal dekat.
  • Verba atau kata kerja juga biasa ditemukan dalam kaidah kebahasaan surat pribadi.
  • Konjungsi atau kata sambung. Contoh konjungsi adalah dan, atau, yang, karena, dan lain sebagainya.
  • Frasa juga biasa ditemukan dalam kaidah kebahasaan surat pribadi. Yang dimaksud frasa sendiri adalah gabungan dua kata atau lebih yang membentuk kata dengan arti yang baru. Contoh frasa adalah saputangan, sampai jumpa, selamat tinggal, dan terima kasih.
  • Kata baku dan kata tidak baku biasanya dicampur dalam penggunaan surat pribadi yang bersifat kekeluargaan. Sedangkan untuk surat pribadi yang bersifat resmi, biasanya bahasa yang digunakan adalah bahasa baku.
  • Preposisi dan partikel. Meskipun tergolong surat yang santai, biasanya kaidah kebahasaan yang dimiliki surat pribadi justru lebih kaya daripada surat atau teks resmi lainnya. Misalnya saja penggunaan preposisi dan partikel.

Contoh preposisi adalah ke, di, dari, pada, dari pada, dan lain sebagainya yang biasa digunakan sebagai pembentuk frasa. Untuk contoh partikel sendiri adalah si, sang, dan lain sebagainya yang biasanya digunakan untuk membatasi jumlah nomina.

Perbedaan Surat Pribadi dengan Surat Resmi

Perbedaan-Surat-Pribadi-dengan-Surat-Resmi

Ada beberapa perbedaan yang terdapat di surat pribadi dengan surat resmi. Beberapa perbedaan itu adalah:

  • Surat resmi memiliki kop surat, sementara surat pribadi tidak memilikinya
  • Surat resmi memiliki nomor surat, sementara surat pribadi tidak memiliki nomor surat
  • Surat resmi cenderung memakai bahasa yang baku dan formal, sementara surat resmi memakai bahasa yang cenderung lebih santai
  • Topik yang dibahas di surat resmi biasanya bersifat resmi, sedangkan di surat pribadi membahas topik-topik yang bersifat pribadi
  • Struktur dan unsur yang terdapat di surat resmi biasanya lebih sistematis, sedangkan surat pribadi lebih bebas dan santai

Contoh Surat Pribadi

Contoh-Surat-Pribadi

Berikut beberapa contoh surat pribadi yang bersifat kekeluargaan dan semi formal dengan bahasa yang telah disesuaikan.

Contoh Surat Pribadi untuk Teman Jauh

Asahan, 22 Agustus 2018Kepada Wirangga

di Bandung

Assalamu’alaikum,

Halo, Wira! Apa kabar? Sehat? Aku doain semoga kamu sehat dan selalu mendapat rahmat yang besar dari Allah, ya! Udah lama banget kita enggak ketemu. Berapa tahun, ya? Terakhir kita ketemu waktu ikut seleksi sekolah kedinasan STMKG di kantor BKN IV Medan, kan? Kamu masih ingat, gak? Di sana kita pertama kenalan, pertama kali ketemu, sekaligus terakhir kali. Percaya, gak, sih, satu-satunya obrolan kita waktu itu cuma, “Kak, gelombang berapa?”

Aduh, lucu banget, lah, kalau ingat itu. Kamu yang anteng duduk di atas meja tiba-tiba nanya aku ujian gelombang berapa. Malah sok akrab, lagi! Untungnya kamu pakai baju hitam putih, jadi enggak kuanggap orang jahat. Yup, Medan is hard, Bro. You said it, right? Kamu bilang aku harusnya lebih hati-hati kalau diajak ngobrol orang baru.

Oh, ya, gimana kabar Desi, temanmu yang dulu lebih banyak ngobrol sama aku? Kangen banget aku sama dia. Dia ganti nomor Whatsapp, ya? Aku lost contact sama dia sejak 2017 lalu. Nanti, kalau kamu balas surat ini, kirimin sekalian nomor dia, ya? Oke, Wir? Sip, lah.

Aku yakin kamu pasti ketawa, kan, pas nerima surat ini. Kamu pasti mikir kalau aku, tuh, jadul banget. Ngaku, deh! Pasti yang ada di pikiran kamu itu kenapa aku enggak ngirim direct massage aja ke akun instagram dan lebih milih repot-repot ngirim surat ke alamat kosmu yang coastnya pasti lebih mahal.

Enggak ada alasan apa-apa, sih, sebenarnya. Aku cuma mau mengulang masa SD ku yang punya sahabat pena aja. Kamu pas SD pernah ikut program sahabat pena, gak? Biasanya, ada alamat dan foto yang tertera di belakang buku LKS dulu. Aku ngirim ke salah satu alamat sahabat pena yang ada di belakang LKS itu dan dibalas. Ya, aku lahir di zaman peralihan, sih. Jadi masih sempat ngerasain punya sahabat pena dari luar pulau.

Kalau gak salah, nama sahabat penaku dulu Lukman dan Isya. Bukan Isyana Sawarswati, ya! Nama aslinya Irsania, tapi sering dipanggil Isya. Lukman dulu orang Bengkulu, kalau Isya orang Bandung. Yup, satu kota sama kamu sekarang. Dulu dia tinggal di daerah Lembang yang banyak tempat wisatanya itu. Enggak tahu sekarang dia masih di sana atau enggak.

Lukman itu dulu setahun di atasku. Aku kelas 3 dan dia kelas 4. Tapi, dia enggak mau dipanggil Abang. Dalam surat-suratnya yang selalu sampai di kotak posku, dia bilang males jadi Abang. Adeknya yang di rumah aja udah cukup ngerepotin bagi dia. Katanya, “Ngapain sok-sok manggil Abang? Memangnya kamu adekku? Memangnya kita sedarah? Aku gak mau, lah, punya Adek yang dari Medan. Satu aja udah ngerepotin!”

Gila, nggak, tuh? Masih kelas 4 SD udah pinter nge-gas. Untungnya dulu aku enggak pernah berpikiran macam-macam pas baca surat dari Lukman. Jadinya, aku enggak marah ataupun sakit hati. Tapi ajaibnya, justru Lukman yang masih bertahan jadi sahabat penaku sampai aku kelas 8 SMP. Dia suka nge-gas kalau ngirim surat, tapi ceritanya lucu-lucu.

Dia cerita pernah dikejar angsa sampai jatuh ke dalam parit pas pulang sekolah. Terus, dia pernah salah masuk rumah pas baru pertama kali pindah ke komplek, karena model rumahnya mirip dan dia lupa nomor rumahnya. Itu belum seberapa. Pernah suratku enggak berbalas sampai 3 bulan cuma gara-gara dia salah kasih alamat pas pindah rumah, jadi suratku enggak pernah sampai. Tahu-tahu dia ngirim surat ke aku dan marah-marah karena aku enggak balas suratnya. Padahal, dia yang salah kasih alamat dan bikin suratnya nyasar.

Sayangnya, kegiatan surat menyurat kami berhenti di kelas 8 SMP. Waktu itu kami berdua udah kenal ponsel, jadi beralih ke sms-an. Dan, tiba-tiba hilang kontak begitu aja. Padahal surat-surat dari Lukman itu lucu.

Kalau Isya lebih enak diajak tukar pikiran. Cewek itu cerdas dan visioner. Dia banyak cerita soal mimpi-mimpinya dan sering ngasih aku motivasi. Aku banyak banget ketolong pas SD saat rankingku turun. Dia juga sering ajarin aku amcem-macem. Soalnya rumahku di kampung, jadi akses informasi yang dipunya terbatas. Beda dengan Isya yang akses komunikasinya lebih luas. Kami berhenti kirim surat sejak lulus SD. Aku lupa kenapa, yang jelas surat terakhirku enggak dapat balasan sampai sekarang.

Oh, ya, Wir, bulan depan aku mau ke Bandung. Ikut pelatihan nulis yang diadakan Bekraf. Yuhu, keren, kan? Habis itu nyambung ke Jakarta buat ikut Puslitbang, pelatihan skenario tingkat dasar. Aku mau ngajak kamu ketemuan, gimana? Aku saranin di area UPI aja, soalnya hotel tempatku nginap di sekitar situ. Kamu juga kebetulan kuliah di UPI, kan?

Em, aku rasa ceritaku sudah kebanyakn, nih. Pegal, tahu, nulisnya. Malah tulisannya kayak ceker ayam, lagi. By the way, kirim salam sama Desi, ya. Bilang aku rindu sama dia dan kalau kamu punya, aku mau minta kontaknya. Boleh, ya?

Yang jelas, aku nunggu balasan surat ini dan jawaban soal ketemuan di UPI. As soon as possible. Maaf udah ganggu waktu sibuk kamu dan sehat selalu, ya, Wir. Aku harap, kamu dapat tersenyum ketika menerima surat ini dan senang mendapat kabar dariku lagi.

Sampai jumpa bulan depan!

Dari Anak Asahan Cantik

Widuri

Contoh Surat untuk Sahabat

Kisaran, 31 Oktober 2019Teruntuk Sahabatku, Binda

Di Aceh

Assalamu’alaikum, Binda Sayang!

Bentar, zaman dulu, surat itu kerennya kalau dilengkapi dengan pantun, yes. Jadi, aku mau kasih pantun dulu buat kamu. Read it carefully!

Jalan-jalan ke Kota Banda

Jangan lupa makan mi Aceh

Aku rindu kepada Binda

Yang sekarang tinggalnya di Aceh

Yuhu, Binda! Gimana? Sudah bagus belum, pantunku? Sebagai anak yang hobi menulis, tolong jangan hina panntunku yang tidak seberapa itu. Yang penting, memenuhi kaidah a-b-a-b, kan? Jadi, walau jelek, tolong terima aja!

Astaga, sangking asyiknya nulis pantun, aku sampai lupa mau menanyakan soal kabarmu. Apa kabar, Bin? Insya Allah sehat, ya? Gimana kuliahmu di kampus baru sana? Enak? Aku doakan semoa proses adaptasimu enggak selama ketika kamu kuliah di sini, ya. Kamu itu, kan, anaknya pendiem banget. Tapi, aku yakin kamu pasti bisa beradaptasi, kok. Kalau enggak bisa, bukan Binda namanya. Aku ingat moto hidup kamu: Coba aja dulu!

Aku sendiri Alhamdulillah baik, Bin. Tapi kangen kamu banget. Di kampus rasanya ada yang kurang karena enggak ada kamu. Enggak ada temen ngakak, temen ke kamar mandi, temen ke kantin! Biasanya, kalau Dosen Killer masuk, aku pegangin tanganmu sangking gugupnya. Sekarang, aku megang tangan Laila, soalnya dia yang duduk di sebelahku sekarang. Haha. Jangan cemburu, ya!

Em, aku mau cerita, nih, soal ujian tengah semester kemarin. Jadi, waktu ujian Kewarganegaraan, Desta nekad buka buku. Dia yang buka buku, aku yang deg-degan setengah mati. Soalnya, Pak Indra itu killer banget. Bernapas aja kayaknya salah sama dia. Tahu sendiri gimana ketatnya Pak Indra kalau soal mengawas ujian, kan? Nah, ini, si Desta malah nekad buka buku. BUKA BUKU! Padahal ujiannya sama sekali enggak open book.

Dan tebak apa? Desta ketahuan, dong! Kalau gak ketahuan baru aku heran. Dan gara-gara itu, nilai UTS kami sekelas terancam gugur. Kesel, gak, sih? Jadi pengen ngelempar Desta dari lantai empat! Aku takut dapat C, deh. Soalnya, mata kuliah bapak itu kayaknya berpengaruh banget. Secara Pak Indera, kan memang salah satu pengurus di rektorat.

Kamu sendiri gimana kuliahnya di Aceh? Rumah barumu gimana? Tetangga dan teman-teman baru? Pasti seru, deh, pindah ke tempat baru. Rasanya seperti mengulang hidup dari awal. Kapan berkunjung ke Kisaran lagi? Pintu kamarku terbuka lebar, kok, untuk kamu nginep. Jadi, buruan berkunjung, ya? Nanti kita ngumpul di Rooftop Caffe.

Bin, udah dulu, ya? Kamu, kan, tahu tulisan tanganku itu jelek banget. Jadi udah capek dan aku rasa yang diceritain udah banyak. Jangan lupa balas surat ini dan tolong sertakan nomor kontakmu juga. Cheer up always, ya, Bin! Assalamu’alaikum.

Dari sahabatmu yang paling manis

Sarinda

Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Kepada Yth. Bapak/Ibu Guruyang mengajar di kelas XI

Dengan Hormat,

Dengan perantara surat ini, saya beritahukan bahwa saya yang beridentitas di bawah ini:

Nama: Doni Irawan

Alamat: Simpang Empat

Kelas: XI IPA 2

Tidak dapat hadir untuk mengikuti pelajaran di kelas, dimulai dari tanggal 12 Oktober 2018 sampai 15 Oktober 2018 dikarenakan mengikuti Olimpiade Sains tk. Provinsi di Medan. Surat izin keluar dari Kepala Sekolah terlampir.

Demikian surat ini saya beritahukan, semoga Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas XI dapat memakluminya.

Hormat saya,

Doni Irawan

Contoh Surat Pribadi Kepada Orang Tua

Untuk Bundaku TersayangDi Sei Lama

Assalamu’alaikum, Bunda

Bunda apa kabar? Maaf, Izal baru bisa mengirim surat kepada Bunda sekarang. Belakangan ini Izal sibuk sekali dengan kuliah. Maklum, sudah masuk semester 6 dan baru saja selesai PKL. Apalagi, kemarin Izal ditempatkan di desa yang terpencil, bahkan jauh lebih terpencil dari desa kita. Sampai untuk signal ponsel saja tidak ada di sana.

Bagaimana keadaan Bunda di kampung? Izal yakin Bunda pasti risau karena Izal tidak kunjung memberi kabar. Tak perlu risau, Bunda. Insya Allah, Izal selalu dalam keadaan baik sekaligus sehat wal’afiat. Tak sempat sakit, Bun, sangking sibuknya. Insya Allha, kalau semua lancar, setahun lagi Izal wisuda. Bunda pasti datang, kan?

Bunda, Izal mau berbagi cerita soal PKL kemarin. Jadi, Izal di tempatkan di desa Inari. Inari itu tempatnya benar-benar pelosok sekali. Listrik hanya hidup di malam hari dan signal ponsel susah. Jika mau mendapat signal, Izal harus naik ke menara mesjid dulu. Masalahnya, Izal bahkan tidak sempat naik menara mesjid. Sebab, kedatangan anak-anak PKL ternyata memang sangat dibutuhkan warga desa. Anak-anak di sana selalu antusias setelah maghrib, mereka ingin belajar mengaji dengan kami. Masya Allah, tersentuh hati Izal, Bun. Di sana ada seorang guru mengaji, tetapi memiliki ilmu seadanya saja. Bukannya Izal merendahkan, Bun, tetapi memang begitulah adanya.

Sehabi Ashar, kami ditodong anak-anak untuk mengajari mereka bermacam-macam keterampilan. Anak-anak di desa Inari benar-benar aktif, Bun. Dan itu membuat kami, anak PKL, merasa malu karena sudag terlalu banyak menyia-nyiakan fasilitas yang tersedia selama ini. Tapi, di situlah titik balik untuk kami semua.

Sejak PKL di desa itu, Izal merasakan banyak perubahan di diri Izal dan teman-teman. Dodi, yang biasanya paling bengal dan jarang masuk, malah sekarang selalu datang pagi dan semangat sekali di kelas. Dia juga mulai aktif hadir di mesjid dan masuk ke organisasi Islam di kampus. Bunda percaya itu?

Izal sendiri merasa lebih bersyukur dan menghargai tiap listrik dan ilmu yang Izal dapatkan. Izal tambah semangat untuk lulus cepat, supaya bisa lebih cepat mengabdi kepada masyarakat.

Bunda, tunggu Izal pulang, ya? Kata temen Izal, jika kita berubah menjadi lebih baik, maka orang pertama yang harus merasakan perubahan itu haruslah keluarga terdekat. Izal mau Bunda merasakan perubahan Izal ini. Sampaikan salam Izal untuk Izzah dan Ira.

Salam sayang Anakmu,

Rizaluddin Awwalun

Contoh Surat Pribadi Setengah Resmi untuk Mengundurkan Diri

Bengkulu, 16 Agustus 2019Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,

Pimpinan CV. Aktiva Aksara

Jalan Imam Bonjol no. 245 Medan

Dengan Hormat,

Dengan perantara surat ini, saya selaku karyawan di CV. Aktiva Aksara yang beridentitas di bawah ini:

Nama: Asianalia Agusta

Departemen: HRD

Jabatan: Manajer

Alamat: Desa Indah Sari, Gantung Barat, Gantung

Mengajukan permohonan pengunduran diri dari CV. Aktiva Aksara dikarenakan alasan kesehatan yang tidak memungkinkan saya untuk sibuk menggeluti pekerjaan. Surat Keterangan Sakit telah saya lampirkan sebagai bahan pertimbangan agar pengunduran diri ini disetujui.

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Dewan Direksi yang telah mempercayakan jabatan HRD kepada saya. Sekaligus pula, dalam surat ini saya mengucapkan terima kasih kepada rekan kerja yang telah bersama dalam suka dan duka. Sekaligus telah memberi saya banyak motivasi dan semangat, serta membantu pekerjaan saya selama ini.

Dalam surat ini pula, saya ingin meminta maaf mana kala ketika bekerja saya membuat kesalahan atau menyinggung perasaan teman-teman sekalian, baik sengaja atau pun tidak.

Terkait posisi HRD yang akan kosong setelah ini, saya yakin dewan Direksi akan menemukan orang yang tepat, sekaligus lebih baik dari saya untuk mengisi jabatan tersebut.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat tanpa paksaan dari pihak manapun.

Hormat saya,

Asianalia Agusta

Contoh Surat Pribadi Setengah Resmi Lamaran Kerja

Kepada Yth,Pimpinan CV. Aktiva Aksara

Jalan Imam Bonjol no. 245 Medan

Bengkulu, 16 Agustus 2019

Dengan Hormat,

Dengan perantara surat ini, saya yang beridentitas di bawah ini:

Nama: Indi Indira

Tempat, Tanggal Lahir: Desa Indah Sari, 22 Agustus 1996

Alamat: Desa Indah Sari, Gantung Barat, Gantung

Nomor Ponsel: 0878 8878 9978

Bermaksud untuk mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak/Ibu pimpinan sebagai Manajer, sesuai dengan iklan yang saya baca di situs perusahaan yang Anda pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan:

·         Fotokopi Ijazah Terakhir 1 lembar

·         Daftar Riwayat Hidup 1 lembar

·         Fotokopi SKCK 1 lembar

·         Fotokopi KTP 1 lembar

·         Pas Foto 4×6 3 lembar

Demikian surat ini untuk menjadi perhatian Bapak/Ibu pimpinan CV. Aktiva Aksaera. Besar harapan saya agar dapat diterima di perusahaan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu Pimpinan Cv. Aktiva Aksara, saya mengucapkan terim kasih.

Hormat Saya,

Indi Indira

Contoh Surat Pribadi Semi Resmi Cuti Sakit

Kisaran, 17 Januari 2019Perihal: Permohonan Izin Cuti Sakit

Lampiran: 1 lembar surat keterangan dokter

Kepada Yth,

Pimpinan CV. Aktiva Aksara

Jalan Imam Bonjol no. 245 Medan

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Agus Irawan

Nomor Induk Karyawan: 123 456 789

Jabatan: Kepala Bidang Pemasaran dan Kreatif

Dengan surat ini bermaksud mengajukan permohonan cuti sakit selama 1 bulan dalam rangka pemulihan pasca kecelakaan yang terjadi pada 16 Januari 2019. Izin cuti sakit sendiri akan dimulai pada tanggal 18 Januari 2019 hingga 18 Februari 2019. Bersama suray ini telah saya lampirkan surat keterangan dokter sebagai bukti kebenaran keterangan saya.

Demikian surat permohonan izin cuti sakit yang saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu Pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Agus Irawan

Contoh Surat Pribadi Undangan Rapat

Hal: Undangan RapatKepada: Yang Terhormat Bapak Anto

Di tempat

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, dalam rangka mengerjakan turap tepi jalan di dusun V desa Perkebunan Hessa ini, diharapkan kepada Bapak/Ibu, Saudara/Saudari untuk berkenan hadir di  halaman Mesjid At-Tur, pada tanggal 17 November 2019, jam 09.00, untuk membahas dan memusyawarahkan tentang biaya bahan dan upah pengerjaan turap tepi jalan di dusun V Desa Perkebunan Hessa.

Demikian undangan ini saya sampaikan dengan harapan Bapak/Ibu, Saudara/Saudari berkenan menghadirinya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Kepala Dusun V

 

Hermanto

 

Contoh Surat Pribadi untuk Mengungkapkan Perasaan

Ujung Batu, 22 Agustus 2019

Untuk Mawar

 

Assalamu’alaikum

Maaf telah lancang mengirimkan surat ini kepada kamu. Saya tidak bermaksud mengganggu ketenangan dan kedamaian hidup kamu. Sebelum mengirimkan surat ini, saya juga telah berpikir beribu kali. Mengambil pena, kemudian meletakkannya lagi. Menulis, lalu mencoretnya lagi. Itu terjadi terus menerus tanpa bisa saya cegah.

Saya memiliki beberapa keraguan dalam menulis surat ini. Pertama, kita tidak saling mengenal. Kedua, bisa jadi kamu juga tidak mengenal saya. Ketiga, menurut saya ini terlalu lancang, tetapi saya perlu untuk mengirimkan surat ini kepada kamu.

Sebelumnya perkenalkan, saya Imran Bin Isyad. Jikalau kamu lupa, kita sama-sama menjadi panitia dalam perhelatan Pentas Budaya  Daerah Ujung Batu setahun lalu. Saya memiliki saudari kandung bernama Siti, yang nantinya, jika kamu setuju, akan menjadi pihak ketiga di antara kita.

Bismillah, dengan surat ini, saya melampirkan 3 lembar CV ta’aruf untuk kamu pelajari. CV ini hanyalah gambaran kasar dari kebiasaan dan sikap saya. Demi Allah, tidak ada kebohongan di dalamnya. Tapi, jika kamu ingin melanjutkan ke tahap nadzor, saya akan meminta murabbi saya untuk menjumpai murabbiah kamu.

Terima kasih telah membaca surat ini sebelumnya. Saya menunggu balasan CV kamu dari Siti.

 

Assalamu’alaikum

Imran Bin Isyad

Contoh Surat Pribadi Permintaan Maaf

Untuk IndahAssalamu’alaikum

Kamu pasti kaget telah menerima surat ini, kan? Sebenarnya surat yang aku kirimkan ini memiliki tujuan tertentu. Ya, melalui surat ini, aku mau minta maaf sama kamu atas kejadian tadi siang di kantin.

Serius, Ndah. Aku sama sekali enggak bermaksud membuat kamu malu dengan menumpahkan jus jeruk ke seragam. Aku bener-bener enggak lihat kalau kamu sudah berdiri di belakang aku. Karena sedang buru-buru (Mia sedang ada di UKS dan butuh teh hangat itu dengan cepat), aku langsung jalan begitu memutar badan. Jadilah teh hangat dan jus jeruk itu tumpah ke seragammu dan membuatnya kotor.

Maafkan kesalahanku itu, Ndah. Sungguh, aku benar-benar menyesal karena enggak berhati-hati. Aku tahu kamu nangis di toilet musholla tadi gara-gara malu. Dan aku ingin kamu tahu bahwa aku benar-benar menyesal.

Maukah kamu memaafkan aku? Maaf darimu adalah hal yang paling aku nantikan sekarang ini.

Aku mohon maaf sekali lagi, dan tolong jangan marah padaku terlalu lama. Aku benar-benar enggak sengaja menumpahkan jus itu ke seragammu.

Assalamu’alaikum

Salam sayang dan maaf untuk Indah

Dari Izzah

Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Medan, 13 Juli 2018Untuk Kakakku yang cantik, Hilda

Salam manis, Kak Hilda! Assalamu’alaikum!

Halo Kakakku yang paling cantik sejagat raya! Apa kabarnya? Sehat? Alhamdulillah, adikmu yang manis ini juga sehat selalu di perantauan. Jika tidak salah ingat, kakak sekarang sedang menyusun skripsi, kan? Bagaimana prosesnya? Lancar? Aku doakan semoga proses pembuatan skripsi Kakak selalu lancar jaya seperti jalan bebas hambatan. Kapan wisuda? Akhir tahun, kah?

Oh, ya, hampir lupa. Bagaimana kabar Ibu dan Bapak di kampung? Aku selalu mendoakan kesehatan dan keberkahan hidup mereka. Tolong sampaikan salamku buat Ibu dan Bapak, ya, Kak. Bilang kalau aku kangen. Rindu pengen dimarahi lagi.

Kehidupan kos di kota enggak seindah bayanganku. Ternyata hidup kos itu jauh lebih indah. Masya Allah sekali, Kak. Mulai dari tetangga kos yang Subhanallah sekali tingkahnya sampai kehabisan uang di akhir bulan. Sekarang aku tahu kalau anak kos benar-benar bisa kehabisan uang di akhir bulan. Aku kira, itu cuma terjadi di meme-meme lucu saja.

Tapi, Allah memang tidak pernah lepas dari hambaNya, ya, Kak. Dia selalu menolong ketika aku butuh bantuan. Seperti kemarin, uangku benar-benar habis dan sisa untuk ongkos kuliah keesokan harinya. Ini bukan jadwal kiriman, jadi aku tiidak mau merepotkan Ibu dan Bapak soal uang. Tapi, di sisi lain, aku butuh uang itu. Malah kiriman cerpenku juga belum ada kabar.

Aku hanya terpekur di dalam kamar sambil menahan makan nasi tanpa lauk. Iya, Kakak enggak salah baca. Tanpa lauk.

Alhamdulillah, pertolongan Allah memang tidak pernah datang terlambat. Di saat kritis tersebut, masuklah sms konfirmasi pengiriman honor dari cerpenku yang dimuat di koran nasional seminggu lalu. Jumlahnya Alhamdulillah cukup untuk menyambung hidup 2 minggu ke depan. Dan bukannya 2 minggu lagi jadwal kirimanku? Jadi, aku pasti aman dari bencana kelaparan, kan?

Kak, aku betulan rindu. Tolong balas suratku dan lampirkan foto Bapak Ibu ya.

 

Salam sayang dari adikmu yang manis

 

Halisah

Contoh Surat Pribadi untuk Kakek

Tembung, 18 Juni 2018Untuk Kakek di Kisaran

Assalamu’alaikum

Kakekku yang paling ganteng, apa kabar? Insya Allah, Muti doakan semoga Kakek sehat selalu dan tetap dalam lindungan-Nya. Sudah hampir setahun Muti enggak mengunjungi Kakek, ya? Maaf, Kek. Muti benar-benar sibuk di sini. Ada banyak hal yang harus Muti kerjakan dan enggak bisa ditunda.

Muti sebenarnya ingin selalu berkomunikasi dengan Kakek, tapi kata Mama, Kakek enggak megang ponsel. Bu Airin yang megang. Mama juga bilang kalau Kakek lebih senang menerima surat dari pada menerima telepon. Itulah kenapa sekarang Muti ngirim surat ke Kakek. Supaya Kakek senang. Sekarang, Kakek senang sudah terima surat dari Muti, kan?

Muti baru tahu semalam dari Mama bahwa asam urat Kakek kambuh. Kakek habis makan apa, sih? Pasti jeroan atau kacang rebus, kan? Kek, jangan dimakan, dong, makanan yang dilarang dokter. Bukannya Muti ngelarang Kakek makan, sih. Tapi, Muti enggak mau Kakek sakit juga. Jadi, gimana kabar asam urat Kakek sekarang?

Oh, iya, Kek. Muti juga mau bilang kalau Muti mau berkunjung ke rumah Kakek akhir pekan ini. Sama temen Muti. Mau jenguk sekaligus mengadakan penelitian di kebun durian Kakek. Boleh, kan, Kek? Nanti Muti bawakan kue kesukaan Kakek, deh.

Kek, Muti rindu. Jangan lupa balas suratnya, ya, Kek. Muti pengen ngerasain gimana rasanya nerima surat di kotak pos Muti. Sampai ketemu akhir pekan, Kek.

Assalamu’alaikum

Salam sayang dari cucu Kakek yang cantik

Mutiah

Contoh Surat Pribadi untuk Undangan Ulang Tahun

Untuk: MaisarahDari: Binta

 

Assalamu’alaikum

Halo, Mai, apa kabar? Insya Allah dalam keadaan sehat wal’afiat ya. Oh, ya, sebaiknya aku langsung.

Aku mengirim surat untuk mengundangmu datang ke pesta ulang tahunku yang ke 24. Pesta itu akan dilaksanakan pada:

Tanggal: 22 Agustus 2020

Di: Desa Sei Lama Kecamatan Simpang Empat, Asahan

Pukul: 19.00 – 21.00

Kode baju: apapun asal sopan dan berwarna biru

Jangan lupa datang, ya, Mai. Sebagai teman terbaik, aku hanya mengharapkan kamu hadir di pesta ulang tahunku. Tidak lebih.

Aku sayang kamu.

Assalamu’alaikum

Dari Sahabatmu yang Imut

Binta

 

Contoh Surat Pribadi untuk Menagih Hutang

Bandar Lampung, 22 Maret 2019Untuk: Adi Sanja

Perihal: Penagihan Hutang

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bernama Airis Indra ingin memberitahukan kepada saudara Adi Sanja untuk segera melunasi hutangnya yang sebesar Rp. 10.000.000,- sebelum tanggal jatuh tempo. Hutang ini tidak memiliki bunga dan telah dijamin di atas kesepakatan bertanda tangan dan bermaterai. Jika ketika tanggal jatuh tempo hutang belum dibayar, akan diberi keringanan untuk membayar 2 minggu pasca tanggal jatuh tempo.

Jika setelah 2 minggu pasca tanggal jatuh tempo hutang belum dibayar, maka akan diserahkan ke pihak yang berwenang hingga semua hutang dibayar secara lunas dan adil.

Demikian surat ini saya perbuat, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Airis Indra

Contoh Surat Pribadi Untuk Berterima kasih

Untuk Bianca Putri di RumahnyaAssalamu’alaikum, Bian

Halo, ini Indah dan sejujurnya aku merasa lucu mengirim surat ini. Toh, kita setiap hari bertemu di kampus, kan? Tapi, karena acara ini sangat istimewa, jadi aku putuskan untuk menyampaikannya dengan cara yang istimewa. Kapan lagi kamu akan dapat surat dari kantor pos?

Bian, aku ingin mengucapkan terima kasih atas kebaikan hatimu yang telah memberiku pinjaman uang kuliah di bulan lalu. Maaf, baru sebulan kemudian aku bisa membayarnya. Ini dikarenakan uang gajiku tertunggak di bulan ini. Aku benar-benar minta maaf karena pembayarannya terlambat dan berterima kasih karena kamu telah berbaik hati sudah meminjamkan uang untuk pembayaran kuliah bulan lalu. Semoga Allah selalu melimpahkan rezeki dan rahmatnya kepada kamu, Bi.

Bulan lalu benar-benar bulan yang sulit buatku. Mama sakit dan aku tertimpa musibah kecelakaan. Itulah yang membuat tabungan untuk kuliahku terkuras. Jadi, aku sangat bersyukur kamu mau menolongku dalam keadaan terjepit itu. Sekali lagi, aku mengucapkan banyak terima kasih, Bi.

Aku rasa cukup segini saja, ya? Aku malu menulis surat yang terlalu panjang untuk orang yang aku temui setiap hari di kampus.

Assalamu’alaikum, Bianca

Dari sahabatmu yang sangat berterima kasih

Indah

Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Jakarta, 17 December 2018

For beloved Marge’s aunt

Dear Greetings,

Hello Aunt Marge, what’s the news? I miss you coming to Jakarta. It’s been a while since we last met. If not wrong, it was last year at my birthday party.

Previously I was grateful for the gift you submitted last month. The Drone is cool and I can use it for content on my YouTube channel. The scenes were taken by the drone cameras certainly have better quality.

By the way, I did not send this letter without intent. Two more months was my wedding day. I hope Aunt Marge could have come a month before. I need a lot of advice from aunts for dresses and all the wedding preparations. I’ve told dads that I don’t want to use makeup artists. I just want to dress up if my Aunt Marge did it for me. Dad agrees.

So, I guess it’s obvious, right? Aunt Marge is obliged to come. I’m waiting for you.

Maybe, got here first my letter, huh? Bi, I miss and wait for your coming to Indonesia. Can you take the time for my wedding day? Tell your answer by message to my email. I love you.

Your most beautiful nephew,

Steph.

 

Jakarta, 17 Desember 2018

Untuk Bibi Marge Tercinta

Salam Sayang,

Halo Bibi Marge, apa kabar? Saya sangat merindukan kedatanganmu di Jakarta. Sudah lama sejak kita terakhir kali bertemu. Kalau tidak salah, itu tahun lalu di pesta ulang tahun saya.

Sebelumnya saya benar-benar berterima kasih akan hadiah yang kamu kirimkan bulan lalu. Drone itu sangat keren dan saya bisa menggunakannya untuk konten di channel youtube saya. Pemandangan yang diambil oleh kamera drone tentu memiliki kualitas yang lebih baik.

Omong-omong, saya tidak mengirimi surat ini tanpa maksud. Dua bulan lagi adalah hari pernikahanku. Aku sangat berharap Bibi Marge bisa datang sebulan sebelumnya. Aku memerlukan banyak saran dari Bibi untuk gaun dan semua persiapan pernikahan. Aku sudah mengatakan pada ayah bahwa aku tidak ingin menggunakan make up artist. Aku hanya mau berdandan jika bibi marge yang melakukannya untukku. Ayah setuju.

Jadi, aku rasa itu sudah jelas, bukan? Bibi marge wajib datang. Aku menunggumu.

Mungkin, sampai di sini dulu surat saya, ya? Bi, aku benar-benar rindu dan menunggu kedatanganmu di Indonesiaa. Bisakah kamu meluangkan waktu untuk hari pernikahan saya? Beritahu jawabanmu melalui pesan ke email pribadiku. Aku mencintaimu.

Keponakanmu yang paling cantik,

Steph.

Penulisan surat pribadi sebenarnya tidak terlalu terikat pada struktur formal, kecuali untuk surat pribadi yang memiliki sifat setengah resmi. Untuk penulisan surat pribadi bersifat kekeluargaan, struktur, isi, dan gaya bahasa yang digunakan sebenarnya tidak terlalu penting. Yang penting ketika menulis surat pribadi adalah pesan yang ingin disampaikan pengirim surat dapat dimengerti oleh si penerima surat.

Itulah beberapa pengertian, unsur, struktur, dan contoh surat pribadi untuk teman, sahabat, guru, dan orang tua. Terdapat beberapa contoh surat pribaadi bersifat setengah resmi juga yang dapat dipelajari jika ingin membuat surat untuk organisaasi atau atas nama komunitas.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com