Syair Adalah

Posted on

VOI.Co.Id –  Syair adalah sebuah media yang berupa tulisan untuk mengungkapkan perasaan atau pikiran dari sang penulis. Banyak contoh syair yang ditulis oleh penyair termahsyur, yang berisi mengenai perasaan dengan makna dalam. Syair merupakan salah satu jenis karya sastra puisi lama, namun memiliki perbedaan dengan karya sastra puisi lama lainnya.

Syair memiliki pembahasan yang cukup banyak. Bukan hanya pengertian dan contoh syair saja, namun kamu juga harus mengetahui ciri-ciri dan jenis yang ada pada syair. hal tersebut akan memudahkan kamu mempelajari syair dengan baik.

Pengertian Syair

Contoh-Syair-Persahabatan-Agama-Kiasan-Cinta-Pendidikan

Syair adalah salah satu jenis puisi lama yang berasal untuk mengungkapkan perasaan, ekspresi, serta pikiran dari sang penulis. Setiap larik yang ditulis dalam pembuatan syair memiliki akhiran yang sama bunyinya.

Syair adalah tulisan yang berupa ungkapan kata dari sang penulis, berdasarkan pemikiran dan perasaan yang dialami. Dalam bahasa Arab syair berasal dari kata “syu’ur” lalu berkembang menjadi “syi’ru” yang artinya perasaan atau sebuah puisi.

Syair merupakan suatu karya sastra dalam tulisan yang menggunakan ilustrasi hal kompleks, seperti cerita agama, nasihat, cinta, dan lain sebagainya. Hal tersebutlah yang membuat bait-bait syair cukup panjang ditulis.

Tulisan syair juga masih terikat pada aturan seperti dalam satu bait berapa banyak jumlah baris dan jumlah suku kata. Aturan yang terikat pada syair yaitu ada pada rima dan irama. Maka tak heran bila kebanyakan contoh syair memiliki bait yang berakhiran sama.

Ciri-ciri Syair

Ciri-ciri-Syair

Syair memiliki ciri tersendiri untuk memudahkan membedakan mana contoh syair dan contoh karya puisi lama lainnya. Sehingga akan memudahkan kamu ketika belajar mengenai syair. Berikut ini merupakan ciri-ciri syair yang harus kamu ketahui diantaranya adalah,

  • Terdapat empat baris atau larik di setiap bait syair
  • Terdiri dari 8 sampai 14 suku kata setiap baris syair
  • Setiap bait syair memberikan arti atau makna sebagai satu kesatuan
  • Di setiap baris syair hanya mengandung isi dan makna saja
  • bersajak a-a-a-a
  • Bahasa yang digunakan dalam contoh syair adalah bahasa kiasan
  • Isi dalam syair biasanya mengenai cerita, petuah, nasihat, dan dongeng
  • Irama pada syair terdapat di setiap pertengahan baris yakni sekitar 4-6 suku kata.

Jenis-jenis Syair

Jenis-jenis-Syair

Syair memiliki berbagai jenis yang dibagi berdasarkan tema dari isi tulisan tersebut, diantaranya adalah

  • 1. Syair Agama

Syair agama adalah jenis syair yang tulisannya mengandung tema agama, seperti ilmu tasawuf. Satu manusia agama merupakan syair yang sangat penting dalam kehidupan. Syair agama dibagi menjadi empat jenis yaitu syair nasihat, syair riwayat Nabi, syair sufi, dan syair ajaran islam lainnya

Salah satu tokoh Indonesia yang pertama kali menulis karya sastra syair mengenai agama atau nasihat yang bijak adalah Hamzah Fansuri. Contoh syair yang diciptakan oleh Hamzah Fansuri adalah, Syair Perahu, Syair Raksi (ramalan kejadian), Syair Dagang, Dan Syair mengenai tabir mimpi

  • 2. Syair Kiasan

Syair kiasan merupakan jenis syair yang didalamnya berisi mengenai cerita tentang hubungan percintaan. Dalam penggunaan bahasa kiasan digunakan bunga, ikan, burung, dan buah sebagai suatu simbolik untuk menceritakan apa yang ditulisnya. Sehingga syair kiasan lebih menceritakan sindiran yang diperuntukkan kepada peristiwa tertentu.

  • 3. Syair Panji

Syair Panji merupakan suatu syair yang ditulis untuk menceritakan suatu keadaan yang terjadi di sebuah kerajaan atau istana. Syair bertema Panji biasanya meliputi cerita peperangan, dan pengembaraan. Misalnya saja pada syair Ken Tambunan yang menceritakan tentang percintaan seorang tokoh kerajaan, Raden Puspa Kencana

  • 4. Syair Romantis

Syair Romantis merupakan syair yang ditulis dengan gaya pandang tentang percintaan sebagai pelipur lara, atau berisi cerita rakyat dan lain sebagainya.

  • 5. Syair Sejarah

Syair Sejarah merupakan syair yang berisi peristiwa sejarah, adapun sebagian besar syair menceritakan sejarah yang berisi peperangan. Contohnya, Syair Perang Makassar yang pada zaman dahulu bernama Syair Sipelman. Syair ini menceritakan peperangan antara masyarakat Makassar dengan orang Belanda.

Menganalisis unsur yang ada pada syair

unsur-syair

Syair adalah karya sastra puisi lama yang memiliki unsur tersendiri. Unsur yang ada pada syair terbagi menjadi dua yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur dalam pembuatan syair tersebut dipengaruhi dari dalam maupun luar, berikut ini penjelasannya

Unsur intrinsik Syair

Unsur intrinsik syair merupakan unsur yang dipengaruhi dari dalam karya syair tersebut. Adapun unsur-unsur syair meliputi,

  • Tema, merupakan gagasan, atau ide pokok dari isi syair yang disampaikan oleh penyair kepada pembaca. Tema yang dibuat oleh penyair banyak sekali ragamnya, diantaranya seperti agama, alam, pendidikan, keindahan, Budi pekerti, kemanusiaan, kehidupan, dan lain sebagainya. Tema yang diangkat harus sesuai dengan isi syair yang dibuat, agar pesan yang disampaikan oleh penyair dapat tersampaikan dengan baik.
  • Perasaan merupakan bentuk ungkapan yang ingin diutarakan oleh penyair dalam syairnya kepada pembaca. Ciri khas dari perasaan ini bisa dilihat dari karakter, cara pandang dan lain sebagainya.
  • Nada, merupakan bentuk intonasi dan juga penekanan dalam teks isi syair. Dalam nada, maka pesan dan sifat syair akan lebih jelas, karena setiap nada memiliki intonasi yang berbeda. Misalnya saja terdapat nada bergurau, menasehati, mengejek, sedih, mengkritik, bergembira, berbelas kasihan, dan lain sebagainya.
  • Amanat, merupakan nasehat atau pesan yang disampaikan oleh penyair kepada pembacanya, baik dalam bentuk tersirat maupun tersurat. Namun, umumnya pembaca akan menafsirkan sendiri pesan dari isi syair tersebut sesuai dengan pemahaman pembaca.

Unsur Ekstrinsik Syair

  • Latar belakang kehidupan penyairnya
  • Pendidikan yang ditempuh oleh penyair
  • Latar belakang lingkungan budaya dan sosial si penyair
  • Adat atau juga kebiasaan masyarakat setempat

Lima Penyair Yang Terkenal Di Indonesia

Indonesia memiliki banyak penyair yang sampai saat ini karyanya masih dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini merupakan 5 penyair terkenal di Indonesia diantaranya adalah,

  • 1. Chairil Anwar

chairil-anwar

Siapa yang tak kenal dengan Chairil Anwar? Penyair Indonesia yang satu ini sangat terkenal dan dijuluki dengan sebutan “Si Binatang Jalang” karena puisinya yang cukup terkenal yaitu yang berjudul “Semangat” atau “Aku” Chairil Anwar lahir di Medan, Sumatera Utara pada tanggal 26 Juli 1922. Chairil Anwar merupakan penyair pelopor angkatan 45 dan pencipta puisi modern di Indonesia.

Tulisannya yang dimuat pada Majalah Nisan di tahun 1942 telah mengangkat namanya ke dalam dunia sastra hingga terkenal saat ini. Ia sudah menulis dan menciptakan sekitar 94 karya termasuk didalamnya terdapat 70 puisi, yang usianya pada saat itu baru 20 tahun. Semua karya dan tulisan dari Chairil Anwar dimuat di terbitkan dalam bentuk kompilasi di pustaka rakyat yang berjudul Deru Campur Debu dan Kerikil Tajam Yang Terampas dan Yang Putus pada tahun 1949 serta Tiga Menguak Takdir (ditulis bersama oleh Asrul Sani dan Rivai Apin) yang terbit pada tahun 1950

Namun, Chairil Anwar juga pernah ditolak karyanya oleh majalah Panji pustaka karena karyanya dinilai terlalu individualitas dan moderat oleh aturan puisi yang ada saat itu. Meskipun begitu Chairil Anwar tetaplah penyair yang sangat terkenal, bahkan karyanya yang berjudul “Aku” diterjemahkan dan ditulis di luar negeri pada tembok yang dijadikan monumen.

  • W.S Rendra

ws-rendra

W.S Rendra juga merupakan sastrawan Indonesia yang sangat terkenal dengan karya-karyanya yang indah. Nama lengkapnya Willibrordus Surendra Broto, ia lahir di Solo, pada tanggal 7 November 1935.

Karyanya bukan hanya berupa puisi, melainkan cerpen, naskah drama, dan esai yang banyak dimuat oleh media massa. Karya pertamanya yang berupa puisi dimuat pada majalah siasat pada tahun 1952. Dari hal tersebut ia mulai tekun dalam menulis puisi dan puisinya mulai diterima di banyak majalah Indonesia.

  • Asrul Sani

asrul-sani

Asrul Sani merupakan orang yang sangat terkenal dalam kesusastraan di Indonesia. Ia lahir di Rao, Sumatera barat pada tanggal 10 Juni 1926. Selain menjadi sastrawan di Indonesia, Asrul Sani juga menjadi sutradara dari film ternama. Dia merupakan pelopor angkatan 45, bersama dengan Chairil Anwar.

  • Sitor Situmorang

sitor-situmorang

Sitor Situmorang merupakan masyarakat dari suku Batak Toba yang lahir di Harianboho, Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada tanggal 2 Oktober 1923. Sitor Situmorang memiliki nama kelahiran Raja Usu dengan marga Situmoran. Selain dikenal sebagai penyair dan sastrawan Indonesia, ia juga merupakan seorang wartawan.

Karirnya dimulai sebagai wartawan harian waspada dan wartawan harian suara nasional. ia memiliki banyak pengalaman di dunia pekerjaan misalnya saja menjadi pegawai catatan kebudayaan departemen P & K, anggota Dewan Nasional, anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat yang mewakili kalangan seniman, anggota Badan Pertimbangan Ilmu Pengetahuan dan lain sebagainya, ia tetap mengabdi pada negara.

Namun, Sitor Situmorang pernah dipenjara menjadi tahanan politik berada di Jakarta ketika tahun 1967 hingga 1974, pada masa pemerintahan orde baru. Meskipun begitu, karya-karya yang ia buat tetap banyak dimuat di media massa, mulai dari kumpulan puisi, kumpulan cerpen, dan kumpulan essay.

  • Taufiq Ismail

taufik-ismail

Taufik Ismail merupakan sastrawan dan penyair terkenal di Indonesia. Ia lahir di Bukittinggi, Sumatera barat pada tanggal 25 Juni 1935. Sejak duduk di bangku SMA Taufik Ismail memang memiliki cita-cita menjadi sastrawan. Ia pernah bekerja menjadi dokter kesehatan hewan dan ahli peternakan, hal itu agar ia bisa mewujudkan mimpinya namun gagal dan tidak terlaksana.

Taufik Ismail merupakan penyair Indonesia angkatan 66. Karyanya banyak dan cukup dikenal oleh masyarakat luas. Ia sering risau karena takut cepat merasa puas diri dan akan membuatnya malas menulis.

Contoh Syair

Ada berbagai contoh syair yang terbagi menjadi beberapa jenis dan tema, diantaranya adalah,

  • Contoh Syair Persahabatan

Contoh-Syair-Persahabatan

Hai sahabat ayo diingatKita bersua hanya tuk sesaat

Tapi kau akan tetap ku ingat

Dalam hati dengan amat sangat

 

Bila lain waktu kita bertemu

Dan kau telah bersama kawan baru

Janganlah lupakan aku

Tetap kenang masa lalu

 

Andai saja engkau tahu

Engkau layaknya bayanganku

Menemaniku tiap waktu

Baik dalam senang maupun susahku

 

Sahabat sejati itu abadi

Tak perlu lagi aku cari

Andai kita tak bersua lagi

Alangkah hancurnya hati ini

 

Tak hanya suka, mari berbagi duri

Aku siap ada di sisi

Tak perlu ragu lagi untuk datangi

Mari bersama bahagiakan hati


SahabatJadikan aku pundakmu yang paling kuat

Yang layak kau gunakan untuk hal bermanfaat

Agar senyummu bisa aku lihat

Sahabatku

Jadikan aku tempat ceritamu

Yang masuk kedalam suka dukamu

Lalu kita lewati bersama selalu

Lihatlah aku yang selalu berwarna

Dan kau bagian dari warna yang indah

Meski berbeda, tetapi kita sama

Bertuju pada hidup yang bahagia

(Oleh : Epin Supini)


Sahabat engkau selalu dihatiEngkau selalu membuatku ceria

Disaat hari-hariku sepi

Engkau selalu ada dan membuatku bahagia

Hanya engkau yang selalu ada sahabat

Di saat aku susah maupun senang

Engkau selalu memberiku semangat

Keindahan hari bersamamu akan kukenang

Saat ku ingat masalalu

Ku sedih ku berduka

Karna sahabatku tak lagi disisiku

Dan tak lagi membuatku bahagia

Sahabat mengapa engkau meninggalkanku

Di saat dirimu pergi hidupku hampa

Aku rindu saat kau masih menjadi sahabatku

Kini tiada lagi yang membuatku tertawa

Wahai sahabat hendaklah ingat

Kita bertemu hanya untuk sesaat

Tapi engkau kan selalu kuingat

Dihati ini yang dalam sangat

Hai sahabat jika lain waktu bertemu

Engkau bersama teman baru

Jangan kau lupakan diriku

Hendaknya kita mengenang masa lalu

Sahabat engkau sangat berarti bagiku

Engkau bagaikan bayanganku

Yang selalu menemaniku

Dalam suka dukaku

 

Sahabat sejati sahabat abadi

Dimana aku harus mencari

Jika kita tidak bertemu lagi

Kau tak tau hancurnya hati ini


Aku sedih, kau menghiburAku kecewa, kau membuat ku senang

Dan bila aku tak bisa kau pun mengajari

Sahabat..

Kau bagai malaikat bagiku

Kau bagaikan bidadari untukku

Semua kebajikan ada padamu Sahabat..

Satu pintaku untukmu Yaitu janji selalu erat

Tak pernah terpisah Seumur hidup kita

(Oleh : Habib Rayhan Gunawan)

  • Syair Tentang Perpisahan

Perpisahan Teman SejatiTeringat saat pertama berjabat

Kau sapa aku dengan hangat

Hingga menjadi teman erat

Berpisah pun terasa berat

Selalu hadir dalam hati suka

Tetap setia ketika datang duka

Bahkan kau tak pernah murka

Meskiku pernah membuatmu luka

Sering bertengkar dalam berteman

Menjaga diri dalam kebenaran bersama mengisi persahabatan

Mencegah diri dalam kenistaan

Sahabatku yang selalu hadir

Dalam setiap ujian takdir

Tetap ditempuh badai petir

Menghadirkan senyum yang terukir

Wahai sahabatku di setiap waktu

Kini kita sudah jarang bertemu

Sibuk urusan diri pun jemu

Kudoakan selalu dalam sujudku

  • Contoh Syair Agama

Contoh-Syair-Agama

Jauhi semua perbuatan jahatJauhi pula pebuatan maksiat

Mari kita segera bertaubat

Supaya kita selamat dunia akhirat

 

Jangan risau dengan cobaan

Jangan bersedih karena kesulitan

Berdoa saja pada Tuhan

Insya Allah Dia kan kabulkan

 

Jangan lalaikan perintah-Nya

Kerjakan yang disuruh-Nya

Bertaubatlah kepada-Nya

Dia pasti menerimanya

 

Ingatlah pada dosamu

Ingatlah akan kelalaianmu

Perbaiki hati dan dirimu

Tuhan pasti kan menyayangimu

 

Orang tua suruh kita mengaji

Orang tua suruh tafakur tiap hari

Agar paham perintah Ilahi

Agar paham perbuatan yang tak diridloi


Jangan pernah merasa sendiriJika masih ada Allah SWT yang maha tinggi

Ialah pelepas keluh kesah yang kau alami

Pada Nya tempat mengadu terbaik

Angkatlah kedua tanganmu

Jadikan kita sebagai hamba peminta kepada yang Maha Tahu

Berdoalah kepada Nya

Bukan kepada selain Nya

(Oleh : Epin Supini)


Janganlah engkau bertakaburPerbanyaklah engkau bertapakur

Mendapatkan nikmat harus bersyukur

Agar selamat dari siksa kubur

Ayat-ayat suci yang selalu ku ucapkan

Solat lima waktu kulaksanakan

Dzikir-dzikir selalu ku lantunkan

Ibadah kepadamu tuhan

Bertaubatlah setelah berbuat salah

Karena kita makhluk yang lemah

Bantu aku dan tuntunlah

Untuk menggapai surgamu yang indah

Dunia ini memang tua

Sebaiknya jangan untuk huru hara

Ibadahlah memohon ampun kepada-Nya

Sesungguhnya hanya engkau yang sempurna

Mari kita semua sahabat

Perbanyak lah membaca sholawat

Seksa kubur semua lewat

Menuju ke alam akhirat


Berpikirlah secara sehatBerucap tentang taubat dan solawat

Berkarya dalam hidup dan manfaat

Berprasangka yang baik dan tepat

Rajin-rajinlah beribadat

Janganlah lupa mengerjakan solat

Dan perbanyaklah engkau berzakat

Untuk bekal nanti di akhirat

Janganlah engkau berbuat maksiat

Janganlah engkau berbuat jahat

Segeralah engkau bertaubat

Agar selamat dunia akhirat


Jauh sudah akku melangkahMengejar dunia dengan serakah

Semakin kukejar semakin jauh

Pada jurang siksa hati berlabuh

Lelah diri mengikuti syahwat

Jalani hidup semakin berat

Jiwa semakinn tak terawat

Hatipun rusak berkarat

Kini kuinginn kembali

Kepada-Mu wahai Rabbul Izzati

Agar tentram selalu menaungi

Untuk sisa hidupku ini

Di pintu rahmat-Mu aku berdiri

Mengharap rahmat serta kasih

Meski bergelimang debu dosa

Berharap kepadaMu senantiasa

  • Contoh Syair Kiasan

Contoh-Syair-Kiasan

Apalah aku hanya bunga pinggiranYang selalu dianggap tak berkesan

Tak seindah melati lambang kesucian

Hanya rakyat kecil penuh kehinaan

 

Aku pula bukan mawar istimewa

Yang dikawal duri kemana-mana

Cukuplah makan puaskan dahaga

Bergaul indah dengan tunawisma

 

Tada daya pada diri yang biasa

Merasa cinta pada sang bijaksana

Cukuplah tahukan diri sahaja

Yang tak layak bersanding dengannya

 

Kau demikian sempurna

Bak cincin berhiaskan permata

Tiada cacat tiada luka

Memandangmu sejukkan netra

 

Tak pantas rasanya kumbang nyatakan cinta

Pada bunga yang telah mekar sempurna

Tapi bagaimana pula hendak dikata

Saat rasa suka menjalar di dada


PaksiSimbangan konon namanya Cantik dan manis sekalian lakunya

Matanya intan cemerlang cahayanya

Paruhnya gemala tiada taranya

Terbangnya Simbangan berperi-peri

Lintas di Kampung Bayan Johari

Terlihatlah kepada putrinya

Nuri Mukanya cemerlang manis berseri

Simbangan mengerling ke atas geta

Samalah sama berjumpa mata Berkobaran arwah leburlah cinta

Letih dan lesu rasa anggauta

(Burung Nuri, Sultan Badaroedin)


Pertama mula pungguk merinduMembunyilah guruh mendayu-dayu

Hatinya rawan bercampur pilu seperti dihiris dengan sembilu

Pungguk bermadah seraya merawan

Wahai bulan terbitlah tuan

Gundahku tidak berketahuan

Keluarlah tercelah awan

Sebuah tilam kitalah beradu

Mendengarkan pupungguk merindu

Suaranya halus tersedu-sedu

Laksana orang berahikan jodoh

Pungguk merawan setiap bulan

Sebilang jitun berlompatan

Bulan mengandung disebelah lautan

Mendengarnya bersambut-sambutan

Diatas beraksa berapa lama

Gilakan cahaya bulan purnama

Jikalah bulan jatuh kerama

Dimanakah dapat pungguk bersama

Pungguk bermadah seraya merawan

Wahai bulan terbitlah tuan Gundahku tidak berketahuan

(Si Burung Pungguk, Hamzah al Fansuri)

  • Contoh Syair Cinta

Contoh-Syair-Cinta

Seorang gadis cantik jelitaTelah melintas di depan mata

Membuat diri ini terpana

Dan juga mendambakan sosoknya

 

Wajahnya selalu ada dibenak

Membuat tidurku jadi tak nyenyak

Apakah ini adalah cinta

Atau sekadar terkagum saja

 

Cinta yang ada di ini dada

Kian merekah bagai sang bunga

Yang ‘tlah merekahkan kelopaknya

Yang punya warna indah di mata

 

Jangan berlebih dalam mencinta

Agar tak jadi benci akhirnya

Jangan berlebih jika membenci

Supaya nanti tak jatuh hati

 

Kalau mencinta jangan memaksa

Supaya tidak saling menyiksa

Mencintalah dengan seikhlas rasa

Supaya tidak saling menyiksa

 

Jangan engkau buta dalam mencinta

Agar kau tidak membabi buta

Dalam mencintai sosoknya

Dalam mencemburi sosoknya

 

Jikalau dia memang jodohnya

Pastilah nanti akan berjumpa

Jikalau memang bukan jodohnya

Marilah coba ikhlaskan saja

 

Wahai kau kekasih yang tercinta

Dimanakah engkau kini berada

Daku sangat ingin kita berjumpa

Dan bercanda tawa bersama-sama

 

Akan kupanjatkan sebuah doa

Untuk dirinya yang kucinta

Semoga dia slalu bahagia

Dan berada dalam lindungan-Nya

 

Aku diam bukan karna tak cinta

Aku hanya sedang memendam rasa

Yang belum saatnya diungkapkan

Yang belum saatnya dicurahkan

 

Terkadang  kita harus relakan

Orang yang sangat kita sukai

Terkadang kita mesti ikhlaskan

Kekasih hati yang telah pergi

 

Jangan memaksakan perasaan

Perasaan cintamu kepadanya

Jika engkau memang dia idamkan

Pasti dia akan balas cintamu

Jika rasa cinta dipaksakan

Maka kita akan raih sengsara

Memaksakan cinta yang kita punya

 

Jika kau mencinta dengan buta

Maka kau ‘kan sukar membedakan

Mana yang sesungguhnya cinta

Dan mana yang hanya birahi insan

 

Jangan mencintai karna harta

Jangan pula cinta karna rupa

Cintailah karna nilai agama

Yang ditanam dalam dada dirinya

 

Jangan mencintai karena materi

Nanti kita akan jadi merugi

Jangan pula cinta karna rupa

Nanti cinta kita ‘kan mudah sirna

 

Jika dia memang bukan jodohnya

Mari diikhlaskan saja dirinya

Moga nanti akan kita mendapat

Pengganti yang jauh lebih tepat

 

Rasa cinta itu ada di dada

Bukan ada dalam limpahan harta

Ataupun di dalam indahnya rupa

Dan juga dalam eloknya raga

 

Jika memang dia jodohnya kita

Pastilah nanti akan bersua

Dan bersatu dalam jalinan cinta

Yang diridai oleh diri-Nya

Jikalau kita sukar bersama

 

Di alam dunia yang fana ini

Semoga nanti bisa bersama

Di alam Sana yang abadi

Janganlah engkau paksa hatimu

Jikalau memang tak cintaiku

Aku pun akan merelakanmu

Jika kau memang tak cintaiku

  • Contoh syair Romantis

Pengalaman terbaik adalah jatuh cintaSeperti halnya mewujudkan apa yang kau pinta

Hari hari menjadi penuh warna

Setiap hari burung-burung bernyanyi menyampaikan pesan darinya

Oh aku telah jatuh cinta

Berkali-kali dibuatnya susah lupa

Ada dia, dia, dia yang ku cinta

Hingga aku tak mengenal hari-hari duka

Tetaplah bersanding cintaku

Bersama kita buat cerita

Mengalahkan karya-karya penyair ternama

(Oleh : Epin Supini)

  • Contohnya syair kehilangan

Kau pernah hadirkan ia dalam cerita
Menjadi sesuatu yang indah dan berharga
Hingga akhirnya aku kehilangannya
Biarlah ada luka yang membekas pada dada
Ku nikmati dan ku kenang sebagai bagian yang tak biasa
Bagaimanapun, aku tidak tersiksa
Terimakasih cinta
Kau beri bahagia juga luka
Biarlah terhapus oleh cinta yang didamba pula
Tanpa menghapus kenangan indah cinta lama
(Oleh : Epin Supini)
  • Contoh Syair Rindu

Tak Ada Seorangpun yang Merindukanmu Seperti DirikuTak ada seorangpun yang merindukanmu seperti diriku

Tak ada seorangpun yang membutuhkanmu melebihi diriku

Dan tak tak ada seorangpun yang tertekan hatinya karena takut kehilanganmu

Seperti tertekannya hatiku

Maka perhatikanlah aku

Karena sejauh ini engkau tak menyadari kegilaanku padamu

Dan engkau tidak menyadari betapa besarnya rasa itu

Rasa yang nyaris mencabik-cabik hatiku setiap hari

Aku merasa tulang-tulang rusukku kian melebar

Dan aku ingin lebih lagi mencintaimu

Dikelilingi oleh hal-hal semacam itu

Yang semuanya karena dirimu

Karena hatimu yang dapat menghilangkan pikiranku

Karena kesetiaan dan kejujuran yang kulihat dengan kedua matamu

Karena dalamnya perasaan itu yang didenyutkan oleh jantungmu

Karena lapangnya hatimu yang ku pilih agar ia memikulku dengan segenap kata hatiku

Engkau banyak dikerumuni para pecintamu

Bagaimana aku tidak merasa lemas dan tak berdaya

Atas beban yang begitu menekan dadaku

Dan atas rasa kegagalan yang setiap hari menghantuiku

Bahwa aku mesti lebih lebih lagi mencintaimu

Maka tolong jawablah aku

Apakah aku diterima jika aku lebih lebih lagi mencintaimu

Ataukah harus ku lanjutkan rasa itu

Yang engkau nyaris mengambil segalanya dariku

Dimanakah engkau

  • Contoh Syair Jatuh Cinta

Aku mencintaimu, wahai orang yang kudedikasikan kata-kataku padanyaAku mencintaimu, wahai mawar terindah di kebun hatiku

Aku mencintaimu, wahai penyejuk mata dan tempat berlindungku

Aku mencintaimu, wahai mimpi dan hasrat terindahku

Karena kedua matamu aku mencintaimu

Dan aku tahu bahwa engkau pantai dan daratan harapanku

Aku mencintaimu di segala musim dan di segala warna

Aku mencintaimu karena kesucian kedua matamu yang indah

Aku mencintaimu dengan segala kata dan makna cinta yang suci

Aku mencintaimu karena kedua matamu

Sedang pengingkaran bukahlah sifatku

Aku mencintaimu, aku mencintai setiap apa yang kau cintai, dan setiap orang yang mencintaimu

Aku mencintai dunia ini karena ada engkau di dalamnya

Aku mencintai hari-hari dan takdir, karena keduanya memusatkanku padamu

Aku mencintai setiap huruf dalam namamu


Kau cinta pertamaMasuk ke dalam kisah hidupku dalam suka

Tetap menemani saat duka

Ketika semua pergi tiada

Hanya kau yang ada di jiwa

Hanya kau yang ada di dada

Sumpah saat ini aku tak berdusta

Untuk selamanya aku hanya ingin kita berdua

Bersua menceritakan hal yang sama

Baik sedih juga ceria

Hanya kamu, tidak ada dia

(Oleh : Epin Supini)

  • Contoh  Syair Pendidikan

Contoh-Syair-Pendidikan

Dengarlah wahai anakandaRajinlah belajar sepanjang masa

Ilmu tiada pernah habis dieja

sebagai bekal sepanjang usia

Dengan ilmu engkau terjaga

Dari suramnya waktu dan masa

Cemerlang akan senantiasa

Menyinari dirimu di masa dewasa


Buku adalah jembatan ilmuMembaca jendela dunia

Itulah kata penyair-penyair ternama

Untuk para anak muda

Pengetahuan membawa keberhasilan

Keberhasilan membawa kebahagiaan

Bahagia lah kamu, dengan orang tua

Agar mereka merasa bangga

Pada jiwa yang telah susah payah ia lahirkan ke dunia

(Oleh : Epin Supini)


Biar ilmu yang selalu kucariMenjadi sesuatu hal yang harus dipelajari

Agar hidup dapat dilewati

Pendidikan untuk diri sendiri

Sangat penting untuk teman-teman sejati

Mengajari kebaikan juga ilmu

Agar kita semua tahu

Hidup tak lagi berarti tanpa ilmu

Seperti berjalan dengan kaki satu

(Oleh : Epin Supini)

  • Contoh Syair Sejarah

Wahai Tuanku yang sakti
Terhadap Allah serta Rasul juga bakti
Suci serta ikhlas di dalam hati
Layaknya air ma’al hayatiRaja yang berani sangat bertuah
Hukumnya adil kalbunya juga murah
Segenap tahun zakat pun pula fitrah
Fakir serta miskin limpah

Sultan Goa adalah raja yang sabar
Rajin ibadah dengan sangat gemar
Punya motto amar ma’ruf nahi munkar
Pada pendeta dia tetap belajar

  • Contoh Syair Lingkungan

Alam kini telah hampir mati
Waktu juga tak lagi peduli
Hati manusia makin keras bagai besi
Berdiri angkuh di atas bumiSaat pagi telah menjelang
Tak heran kicau burung mulai hilang
Langit juga tak tampak damai tenang
Tapi nafsu manusia terus menjulang

Musim yang berganti tak teratur lagi
Petani sungguh kan merugi
Makanan pokok juga kan mati
Anak cucu jadi tak bisa menikmati

Alam sudah mulai tak seimbang
Penghuni di dalam juga kan jadi malang
Tapi kesadaran tak kunjung datang
Hingga bumi tak mau lagi benderang

Itu semua akibat manusia
Terhadap alam berbuat semena-mena
Tak sadar keturunan kan menderita
Karena tak bertanggung jawabnya mereka

Cintailah lingkunganmu
Jangan biarkan ia jadi kelabu
Dengarkan nasehat sejak zaman dulu
Lestarikanlah alam sekitarmu

  • Contoh Syair Guru

Kebingunganku tersesat dalam kegelapanKu berjalan terhuyung-huyung penuh lelah

Tanpa cahaya, tampa lentera penyinar

Hanya tongkatmu ku berpegang,

Wahai Guru Besarku.

Kau ajari aku apapun yang tak ku tahu

Kau ajari aku dengan usaha kerasmu

Kau sinari aku dengan sinar terrangmu

Kau bawa diriku pada gerbang kehagiaan

  • Contoh Syair Nasehat

Contoh-Syair-Nasehat

Orang kaya jangan suka menghinaKarena kaya miskin sama saja

Tiada manusia yang hina

Karena hidup itu layaknya roda

 

Jika berteman jangan bergaduh

Tak ada gunanya bila bermusuh

Jangan pula bersikap angkuh

Karena tersisih membuah hidup keruh

 

Walau kamu sudah besar

Jangan bertutur kata dengan kasar

Jadilah pribadi yang sabar

Agar tetangga tak jadi gusar

 

Jika diri terus ikuti syahwat

Hidup bisa jadi lebih berat

Jiwa bisa jadi tak terawat

Hati juga bisa rusak berkarat

 

Yang kaya harusnya keluarkan sedekah

Pandang orang yang posisinya di bawah

Jangan arahkan kepala menengadah

Agar diri tak tergoda untuk bermewah

  • Contoh Syair Pemuda

Usiamu sampai hari iniLakukan yang terbaik sebelum terlambat terjadi

Dikaki kuatmu tetaplah berlari

Sekencang mungkin hingga menjadi-jadi

Tulang kuat mu jangan biarkan menumpul

Nanti kalau sudah begitu rasa sesalmu timbul

Masa muda harus semangat

Mengejar tua yang tetap merasa muda

(Oleh : Epin Supini)


Hidup jangan disia-siakanSeperti air yang dibiarkan dalam ember hingga berkeruh sebab tak digunakan

Hari ini pikirkan esok hingga masa depan

Agar hidupmu saat itu merubahkan saat ini

Lihatlah mereka yang berjalan dengan sepatu kulit

Dibandingkan engkau yang masih pakai sendal jepit

Betapa menyesalnya jika tak sepertinya

Yang terlihat bahagia dengan barang berharga

Kau menginginkan sesuatu yang baru

Mesti bekerja keras dalam hidupmu

Hingga terwujud keinginan sederhanamu

Masa depan harus terjadi sesuai mimpimu

(Oleh : Epin Supini)

  • Contoh Syair Orang Tua

 

Jagalah ibumu yang telah rela membuka lubang kehidupannyaHargailah ayahmu yang rela mengeluarkan keringat kasih sayang

Dimana keduanya berada, cari tanpa henti

Dimana keduanya tersesat, tuntun hingga sampai

Sebab dulu kau kecil, mereka beri segalanya

Sebab dulu kau kecil, mereka rela kehilangan segalanya

Saat ini hanya ada kau

Putri kecil yang sudah dewasa

Rambut panjang mu masih terikat dalam memori ayah ibu

Jagalah, hargailah orang tua

(Oleh : Epin Supini)

  • Contoh Syair Ibu

 

IbuBagimu aku adalah pelipur lara yang hadir untukmu

Membawa senyuman di lukamu

Setiap kali kau menatapku

Ibu

Bagiku kau adalah malaikat untukku

Selalu dekat dengan diriku

Untuk melindungi ku

Terimakasih ibu ku sayang

Kasih mu kan ku kenang dalam genggaman yang tidak pernah hilang

(Oleh : Epin Supini)

  • Contoh Syair Ayah

AyahKau adalah pahlawan sejati untuk keluarga

Bahu mu kuat seperti baja

Yang rela menopang beban keluarga

Yang rela menahan air mata

Kau rela kedinginan

Demi memberi selimut pada putri yang cantik nan anggun

Kau rela berjalan dibawah terik matahari

Demi mewujudkan putri yang kau sayangi

Terimakasih ayah

Cinta pertama bagi setiap anak perempuan

(Oleh : Epin Supini)

  • Contoh Syair Kehidupan

Manusia hidup di bumi tuk diuji
Ditujukan agar jadi yang sejati
Demi mendapat derajat yang tinggi
Jadi makhluk yang diberkatiDunia memang indah rupa
Wajar manusia jadi terperdaya
Pun juga tenggelam karenanya
Gegara itu kita harus terus terjaga

Bencana bukan karena dunia senja
Tapi manusia berlaku seenaknya
Berbuat kerusakan dimana-mana
Hingga alam tak lagi tunjukkan senyumnya

Jiwa ada untuk bahagia
Jiwa juga ada untuk merdeka
Dengan begini hanya ikhlas yang ada
Berpasrah hanya pada yang Maha Esa

Kita hidup harus ramah
Sikap terpuji jangan dipilah
Pada siapapun jangan banyak tingkah
Jauhkan hati dari rasa resah

  • Contoh Syair Jenaka

Saat terik menahan pukat
Hingga petang ikan tak kunjung lekat
Angkara yang memerang akan disekat
Pak Cikrak malu terlondeh pelikatBahagia benar kerbau yang berkubang
Lembu tengah melihat hidungnya mengembang
Kambing hendak dekat merasa bimbang
Biawak tertawa lidah bercabang

Angin bertiup dikala petang
Beruk terlelap di atas batang
Mulutnya terbuka matanya buntang
Tupai tergeletak berguling gantang

Itik pulang saat petang
Ayam yang bertelur suaranya lantang
Kucing malas tidurnya terlentang
Diinjak tuan naiklah bintang

Singa yang mengaum giginya patah
Tak bisa makan daging mentah
Gajah minta daun dengan meratah
Termakan jelatang muntah-muntah

Syair adalah ungkapan kata yang penuh makna dan ditulis pada selebaran kertas kosong. Syair merupakan salah satu jenis puisi lama yang masih terikat aturan rima dan irama. Maka tak heran bila dalam syair setiap bait memiliki sajak yang berakhiran sama.

Itulah beberapa pembahasan mengenai syair dimulai dari pengertian, ciri, jenis, hingga contoh syair berdasarkan jenis dan tema. Dalam pembuatan syair diperlukan kata kiasan yang membentuk tulisan menjadi lebih indah dan bermakna.

Baca juga:

Content Protection by DMCA.com