Teks Editorial adalah

Posted on

VOI.co.id –  Contoh teks editorial sering kali dicari oleh banyak orang sebagai tugas atau referensi mata pelajaran bahasa indonesia. Namun, sebelum membuat atau mencari contoh teks editorial alangkah baiknya untuk mengetahui pengertian teks editorial lebih dalam.

Teks editorial adalah teks yang berisi opini seseorang atau tim terhadap suatu hal yang sedang viral/hangat diperlukan. Dalam opini tersebut harus didasari dengan argumen disertai fakta yang mendukung. Setiap opini yang disampaikan harus meyakinkan seseorang dengan logis. beragam tema yang bisa disampaikan, seperti tema kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan opini publik.

Adapun yang harus diperhatikan dari teks editorial yaitu struktur teks, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, serta fungsi dari teks editorial tersebut. Dalam artikel ini, terdapat pembahasan mengenai teks editorial beserta contoh teks editorial, lengkap dengan strukturnya.

Pengertian Teks Editorial

Pengertian-Teks-Editorial-Adalah

Teks editorial bisa dikatakan sebuah opini yang berupa ide, gagasan, atau pendapat sebagai respon terhadap sesuatu hal yang terjadi atau isu yang sedang diperbincangkan. Namun untuk teks editorial, merupakan teks yang berupa artikel untuk mempresentasikan pendapat di surat kabar tentang suatu isu yang sedang terjadi.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan contoh teks editorial di sebuah surat kabar. Terlebih saat ini sudah ada teknologi yang berkembang sangat baik, seperti adanya internet.

Sehingga contoh teks editorial merupakan teks yang membangun sebuah argumentasi untuk mempengaruhi pikiran para pembacanya. Namun teks editorial juga bisa menjadi berita yang berpihak pada opini yang disampaikan. Karena dimaksudkan memang untuk mempengaruhi pendapat halayak Dengan menyebarkan pemahaman tertentu.

Pengertian Teks Editorial Menurut Para Ahli

Pengertian-Teks-Editorial-Menurut-Para-Ahli

Teks editorial memiliki banyak definisi, namun maknanya sama, seperti berikut ini,

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian teks editorial adalah gagasan, ide atau pendirian seseorang yang dituliskan melewati kaidah kebahasaan teks opini. Sehingga setiap wawasan yang dikemukakan dalam tulisan akan tersampaikan dan berdampak bagi pembacanya

  • Menurut Wikipedia

Menurut pendapat dari Wikipedia, teks editorial merupakan sebagai suatu gagasan atau pikiran untuk menguraikan kehendak atau keinginan tertentu mengenai perspektif dan ideologi, namun bersifat tidak objektif karena belum bisa penetapan atau pembuktian.

  • Menurut Dja’far H Assegaf

Menurut pendapat dari Dja’far H Assegaf, teks editorial merupakan penjelasan tentang fakta atau opini secara singkat, logis, menarik dipelajari dari bentuk penulisan dan bertujuan untuk memperdampak argumen atau menyampaikan interpretasi mengenai suatu berita yang berpengaruh sebegitu rupa. Sehingga berita yang dibahas dalam teks editorial akan menjadi surat kabar yang sangat penting bagi pembacanya

Struktur Teks Editorial

Struktur-Teks-Editorial

Teks editorial memiliki struktur yang tersusun untuk memudahkan pembaca. Berikut ini merupakan struktur yang membangun teks editorial beserta penjelasannya,

  • 1. Pernyataan Pendapat

Untuk menulis contoh teks editorial diperlukan pernyataan pendapat yang berisi pemahaman publik yang diperoleh dari fakta atau fenomena yang terjadi.

  • 2. Argumentasi / Opini

Argumentasi atau opini ditulis dengan pembahasan atau ulasan yang lebih kental. Pada pernyataan argumentasi, penulis menuliskan gagasan pribadi dengan sudut pandang tertentu sehingga dapat dibandingkan dengan pendapat pemahaman publik yang telah ditulis sebelumnya.

  • 3. Pernyataan Ulang Pendapat (penutup)

Pernyataan ulang merupakan teks yang berisi mengenai penegasan pada argumentasi yang telah disampaikan. Sehingga pada pernyataan ulang bisa dijadikan sebagai penutup yang tepat.

 

Ciri-Ciri Teks Editorial

Ciri-Ciri-Teks-Editorial

Sebelum mencari dan menuliskan contoh teks editorial, kamu harus memahami 7 ciri-ciri teks editorial seperti berikut,

  • Teks editorial bersifat pendapat pribadi penulis yang berisikan fakta umum
  • Teks editorial di dapatkan berdasarkan analisis yang dilakukan
  • Dalam penyampaian pendapat menggunakan pemikiran yang logis dan bahasa yang mudah dimengerti
  • Terlebih dahulu Menulis pendapat publik lalu dibandingkan/dipaparkan dengan pendapat penulis.
  • Bersifat argumentatif
  • Menggunakan kaidah kebahasaan yang sesuai
  • Kaidah Kebahasaan Teks Editorial
  • Dalam membuat contoh teks editorial diperlukan 5 kaidah kebahasaan yang digunakan, diantaranya adalah
  • Teks editorial ditulis berbentuk paragraf. Dalam 1 teks editorial terdiri dari beberapa paragraf.
  • Menggunakan kalimat aktif dan pasif.
  • Teks editorial biasanya ditulis menggunakan bahasa formal sebagai penjelasannya atau bisa juga menggunakan bahasa dan formal untuk memaparkan fakta lapangan (bahasa lisan maupun bahasa tulisan)
  • Menggunakan konjungsi, adverbia, kata benda, kata sifat, dan jenis tanda baca pada umumnya
  • Sisipkan kutipan atau referensi pada teks editorial

 

Fungsi Teks Editorial

Fungsi-Teks-Editorial

  • Dalam pembuatannya teks editorial memiliki fungsi untuk masyarakat atau khalayak ramai yang membacanya, diantaranya adalah
  • Menyampaikan sebuah pendapat atau aspirasi yang berdasarkan dari pemikiran di media massa
  • Teks editorial berfungsi untuk mengedukasi publik atau pembacanya

Contoh Teks Editorial

Contoh-Teks-Editorial

Setelah memahami dan mempelajari teks editorial, Berikut ini merupakan contoh teks editorial dengan berbagai tema. Berikut ini terdapat 15 contoh teks editorial yang ditulis kembali namun tidak merubah makna/maksud dari sang penulis, beserta penjelasannya yaitu

  • 1. Contoh Teks Editorial/Opini: Pentingnya Meningkatkan Pelayanan Rumah Sakit

Contoh-Teks-Editorial-Meningkatkan-Pelayanan-Rumah-Sakit

Pernyataan Pendapat (Thesis)

Pada tahun lalu masyarakat mengadu mengenai pelayanan kesehatan yang berada di rumah sakit Indonesia. Salah satu keluhan masyarakat yaitu penanganan dokter untuk melayani pasien yang kurang memuaskan.

Argumentasi

Seharusnya pemerintah lebih mengutamakan bidang kesehatan dengan cara memperbarui atau meningkatkan mutu setiap dokter di Indonesia. Hal itu dilakukan demi meningkatkan pelayanan dan memberikan kepuasan pada masyarakat.

Terdapat pengaduan yang berjumlah sekitar 268 dan dilaporkan kepada kementerian kesehatan. Namun pada kenyataannya masih banyak laporan yang belum diterima. Bahwa masyarakat masih kurang puas dengan pelayanan rumah sakit yang diberikan.

Pernyataan Ulang (Penutup)

Masyarakat terus berharap agar mendapatkan peningkatan pelayanan rumah sakit yang ada di Indonesia guna membuat pasien menjadi lebih nyaman.

 

  • 2. Contoh Teks Editorial/Opini: Mencintai Lingkungan Bersih Disekolah

Contoh-Teks-Editorial-Mencintai-Lingkungan-Bersih-Disekolah

Pernyataan Pendapat (Thesis)

Lingkungan adalah suatu tempat yang berdekatan dengan kehidupan kita sebab itu perlu dijaga kebersihannya. Menjaga lingkungan merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap orang. Sehingga menjadi tanggung jawab semua warga negara bukan hanya pemerintah.

Setiap orang mempunyai peran yang harus dilaksanakan. Salah satunya adalah murid yang harus menjaga lingkungan sekolah. Dengan begitu maka setiap warga sekolah, baik kepala sekolah, guru, maupun siswa harus ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan sekolah

Argumentasi

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah merupakan suatu hal yang paling penting untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang nyaman. Sehingga bisa membuat siswa dan siswi menjadi lebih semangat dalam belajar di sekolah.

Ada banyak cara atau kegiatan yang membuat siswa siswi sadar akan lingkungan salah satunya mengadakan perlombaan mengenai kebersihan. Siswa dan siswi juga turut diajarkan cara mengelola sampah yang baik

Penegasan Ulang

Dengan diadakannya kegiatan tersebut, maka siswa akan lebih bertanggung jawab untuk membuang sampah pada tempatnya

  • 3. Contoh Teks Editorial/Opini: Pentingnya Siswa Mengikuti Ekstrakulikuler Di Sekolah

Contoh-Teks-Editorial-Pentingnya-Siswa-Mengikuti-Ekstrakulikuler-Di-Sekolah

Pernyataan Pendapat (Thesis)

Saat ini setiap sekolah memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang cukup banyak. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas atau hobi yang dimiliki setiap siswa. Ada banyak kategori dalam ekstrakurikuler tersebut misalnya olahraga, bahasa asing, kesenian, teknologi dan lainnya.

Namun, masih saja terdapat beberapa murid yang malas mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Hal tersebut karena para siswa dan siswi tidaklebih dalam dari manfaatnya bisa didapatkan ketika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Argumentasi

Agar siswa mau mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, maka guru harus memberikan masukan atau nasehat untuk siswa yang malas. Caranya dengan melakukan tes perkenalan bakat dan minat setiap siswa, sehingga bisa dikembangkan melalui setiap kategori ekstrakurikuler.

Penegasan Ulang

Setiap murid sekolah harus paham dan sadar akan manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Ekstrakulikuler bukan hanya untuk bergaul dan bersosialisasi dengan banyak orang saja, melainkan untuk mendapatkan prestasi di bidang non-akademis.

  • 4. Contoh Teks Editorial/Opini: Kemiskinan Masyarakat Menyebabkan Kesimpangan

Contoh-Teks-Editorial-Kemiskinan-Masyarakat-Menyebabkan-Kesimpangan

Pernyataan Pendapat (Thesis)

Permasalahan kemiskinan sudah menjadi hai biasa yang tadi di negeri ini. Bahkan sejak jaman dahulu Indonesia tidak pernah terlepas dari kemiskinan. Dari kemiskinan atau perbedaan ekonomi tersebutlah tercipta kesimpangan masyarakat dalam bersosial antara si kaya dan si miskin.

Argumentasi

Di zaman ini kemiskinan masih menjadi sesuatu yang menakutkan akan menimbulkan ketimpangan yang lebih tinggi. Alih-alih pada masa pemerintah jokowi kemiskinan memasuki angka penurunan, namun nyatanya masyarakat semakin menambah dalam hal daya beli.

Pemerintah seharusnya lebih peduli lagi akan permasalahan kemiskinan yang merajalela di indonesia. Dengan memberikan lapangan pekerjaan yang lebih banyak. Lalu menciptakan masyarakat Indonesia agar tidak malas bekerja.

Penegasan Ulang

Untuk mengurangi persoalan tentang kemiskinan dan kesimpangan yang terjadi harus diselesaikan dengan serius. Hal tersebut juga bisa dilakukan dengan mengubah mindset dan pola perilaku masyarakat agar lebih semangat dalam bekerja. Hal ini demi menciptakan kemakmuran dan kesempatan setiap orang untuk hidup bahagia di negeri ini.

  • 5. Contoh Teks Editorial/Opini: Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan

Contoh-Teks-Editorial-Upaya-Peningkatan-Mutu-Pendidikan

Pernyataan Pendapat (Thesis)

Pendidikan merupakan kebutuhan setiap manusia untuk mencapai ilmu pengetahuan dan merupakan kemajuan suatu negara. Pendidikan yang berkualitas sangat penting ditingkatkan agar bisa sejajar dengan negara maju. Namun nyatanya, pendidikan di Indonesia belum begitu bagus dibandingkan dengan negara maju lainnya.

Setiap lembaga pendidikan harus menciptakan dan mencetak lulusan yang baik serta berkualitas. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi menghadapi perubahan dan tantangan yang semakin sulit.

Untuk menciptakan peningkatan kualitas pendidikan, diperlukan upaya yang benar-benar serius. Sehingga akan mendapatkan solusi dari permasalahan yang akan dihadapi.

Argumentasi

Untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas, maka lembaga pendidikan harus mendukung setiap murid menjadi lebih berkualitas dan mampu bersaing dengan negara lain. Hal ini demi kemajuan IPTEK, globalisasi dan menciptakan tenaga ahli

Namun di era saat ini sudah lebih mudah dengan adanya teknologi yang semakin canggih seperti internet untuk mencari materi belajar. Sehingga guru bukanlah satu-satunya dalam menuntut ilmu atau mencari informasi. Saat ini peran guru sudah bergeser dengan menjadi dinamisator, motivator, dan fasilitator.

Penegasan Ulang

Peran guru tetap menjadi hal yang sangat penting dan tak tergantikan dalam hal mendidih setiap murid. Sebab itu, perlu ditingkatkan kembali peran guru agar mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

  • 6. Contoh Teks Editorial/Opini: Perlukah Diadakan Ujian Nasional?

Contoh-Teks-Editorial-Perlukah-Diadakan-Ujian-Nasional

Pernyataan Pendapat (Thesis)

Sebentar lagi akan diadakan Ujian Nasional pada tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan sistem berbeda. Karena pasalnya, Kementrian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) mengusulkan aturan baru, dengan dilakukan pelaksanaan Ujian Nasional berbasis online di beberapa sekolah Indonesia.

Namun, saat ini belum dipertimbangkan kembali dengan keadaan dan situasi di lapangan yang terjadi. Pasalnya terdapat masalah yang ada disekolah, misalnya kurangnya tenaga ahli di sekolah, serta kurangnya sarana dan prasarana. Terlebih, untuk setiap sekolah yang jauh dari ibu kota.

Argumentasi

Pelaksanaan Ujian Nasional yang dilakukan secara online merupakan salah perubahan yang lebih baik. Namun banyak daerah yang tidak siap, sehingga menjadi kendala yang harus diperhatikan. Bahkan beberapa sekolah indonesia mengalami kesulitan karena kurangnya sarana komputer, akses internet, serta listrik.

Sehingga solusi termudah untuk mengikuti Ujian Nasional berbasis online adalah dengan cara menggunakan komputer secara bergiliran. Namun hal tersebut akan memudahkan siswa untuk melakukan kecurangan ketika Ujian Nasional.

Penegasan Ulang

Sudah seharusnya pemerintah menjamin ketersediaan sarana di setiap sekolah serta tenaga ahli yang mengerti dalam menggunakan teknologi. Sehingga bisa melaksanakan Ujian Nasional secara online dengan baik. Dalam hal ini pemerintah bisa melakukan sosialisasi secara langsung ke sekolah yang ada disetiap daerah indonesia.

  • 7. Contoh Teks Editorial/Opini: Pendidikan bukan menghasilkan orang yang terdidik, namun hanya orang pintar semata

Contoh-Teks-Editorial-Pendidikan-bukan-menghasilkan-orang-yang-terdidik-namun-hanya-orang-pintar-semata

Pernyataan Pendapat (Thesis)

Di era perkembangan saat ini semakin hari semakin memalukan saja di Indonesia, dengan adanya tindakan kasus korupsi, mafia pajak, suap menyuap dan lain sebagainya yang merugikan orang lain. Namun siapa sangka bahwa orang yang melakukan kasus kejahatan tersebut merupakan orang pintar yang memiliki ijazah dengan gelar tinggi.

Dari kejadian tersebut maka bisa dikatakan bahwa pendidikan saat ini tidak menciptakan orang yang terdidik dan berbudi luhur, melainkan hanya orang pintar semata. Karena pola pendidikan yang diterapkan di negara ini tidaklah benar dan hanya mengacu pada ilmu duniawi semata.

Maka tak heran bila orang pintar menggunakan kepintarannya untuk melakukan kejahatan, menindas kaum lemah, serta membodohi orang yang berpendidikan rendah. Padahal seharusnya kepintaran tersebut digunakan untuk berpikir menjadi pemimpin yang baik dan bermanfaat bagi banyak orang.

Argumentasi

Tak heran bila banyak orang pintar dan terhormat tertangkap basah saat melakukan tindakan kejahatan seperti, korupsi dan suap menyuap. Hal tersebut tentu akan merugikan orang lain serta memalukan diri mereka sendiri meskipun mengaku sebagai manusia yang berpendidikan tinggi dan beradab.

Namun yang lebih memalukan lagi, bahwa umumnya mereka melakukan kasus kejahatan tidaklah sendirian melainkan bersama teman-temannya. Bahkan lebih miris ketika mereka telah tertangkap melakukan kejahatan, mereka masih bisa menebar senyum di halayak publik dan media massa seolah hal tersebut merupakan hal yang biasa untuk dilakukan. Sebab itu pendidikan di Indonesia harus lebih ditingkatkan, agar tercipta manusia yang terdidik bukan hanya manusia yang pintar semata.

Pernyataan Ulang

Pentingnya menimba pendidikan yang tinggi supaya terciptanya generasi yang terdidik dan berbudi luhur. Sehingga pendidikan bukan hanya menghasilkan orang pintar semata, yang menggunakan kepintarannya untuk melakukan kasus kejahatan yang merugikan orang lain.

  • 8. Contoh Teks Editorial/Opini: Computer Based Test, Pengembangan Teknologi Pendidikan Yang Ada di Indonesia

Contoh-Teks-Editorial-Computer-Based-Test-Pengembangan-Teknologi-Pendidikan-Yang-Ada-di-Indonesia

Pernyataan pendapat

Dibandingkan dengan negara maju, Indonesia masih kalah dalam bidang pendidikan. Sehingga banyak upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk meningkatkan dan memajukan kualitas pendidikan.

Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah adalah meningkatkan penggunaan teknologi dalam proses pendidikan. Karena salah satu berkembangnya suatu negara bisa dipengaruhi oleh teknologi.

Argumentasi

Saat ini banyak orang yang tengah membicarakan ujian Nasional dengan komputer. Karena hal tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk memajukan teknologi dalam pengembangan pendidikan sekolah.

Computer Based Test atau CBT merupakan tes yang menggunakan komputer. Hal tersebut seharusnya sudah dilakukan Indonesia sejak zaman dulu.

Ada banyak manfaat dengan sistem Computer Based Test pada Ujian Nasional. Misalnya saja memudahkan siswa dalam mengerjakan soal atau lebih praktis serta mengurangi sampah kertas yang sering digunakan untuk ulangan sehari-hari dan biaya untuk kertas tersebut

Namun, masih ada kendala yang dirasakan yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang ada di setiap sekolah misalnya ketersediaan komputer. Adapun justru penggunaan CBT merupakan suatu beban bagi siswa yang yang belum mengerti penggunaan teknologi atau (gaptek)

Penegasan ulang pendapat

Suatu pendidikan di setiap negara harus mengalami peningkatan, salah satunya adalah sistem teknologi yang digunakan. Sehingga Indonesia yang merupakan negara berkembang bisa berdiri sejajar dengan negara maju lainnya dalam bidang pendidikan.

  • 9. Contoh Teks Editorial/Opini: Pentingnya Membuang Sampah Pada Tempatnya

Contoh-Teks-Editorial-Pentingnya-Membuang-Sampah-Pada-Tempatnya

Pernyataan pendapat (Thesis)

Sejak kecil masyarakat Indonesia kurang peduli akan lingkungan dan telah membuang sampah sembarangan. Hal ini dikarenakan, secara tidak langsung setiap orang tua telah mengajarkan kepada anaknya untuk membuang sampah sembarangan dengan perilaku yang ia lakukan.

Parahnya lagi bahwa tindakan tersebut bukanlah sesuatu yang salah, melainkan sebuah kebiasaan yang dianggap biasa oleh masyarakat Indonesia. Padahal sampah yang dibuang sembarangan bisa menimbulkan bencana alam seperti banjir. Karena sebuah sungai disumbat oleh sampah, maka aliran air tidak mengalir dengan sesuai serta cuaca kemarau yang berkepanjangan

Argumentasi

Kebiasaan membuang sampah sembarangan harus dihilangkan dari setiap diri masyarakat agar terciptanya lingkungan yang bersih dan nyaman. Terkadang masyarakat yang tinggal di bantaran sungai akan lebih mudah membuang sampah ke dalam sungai, sehingga membuat malas seseorang untuk membuang sampah ke tempat sampah.

Penegasan ulang pendapat

Masalah lingkungan yang bersih dari sampah merupakan tugas kita semua untuk menjaganya. Masyarakat bisa melakukan upaya untuk membayar iuran bersama, sehingga bisa menyediakan tong sampah yang cukup.

  • 10. Contoh Teks Editorial/Opini: Gaya Hidup dan Kesehatan

Contoh-Teks-Editorial-Gaya-Hidup-dan-Kesehatan

Pernyataan pendapat (Thesis)

Kesehatan tentu sangat penting bagi setiap individu. Sebab itu diperlukan gaya hidup yang sesuai untuk menjaga kesehatan dan kekuatan dalam tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.

Pasalnya penanganan penyakit menular belum sepenuhnya berhasil sehingga menciptakan beban ganda penyakit. Adapun penyakit tidak menular atau penyakit degeneratif yang persoalannya sama. Bahkan sejumlah seseorang yang terkena penyakit tidak menular meningkat secara pesat sehingga menjadi pembunuh nomor satu, penyakit tersebut misalnya diabetes, kanker, hipertensi, jantung, stroke.

Argumentasi

Menurut data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), bahwa penyebaran penyakit relatif merata di setiap kota besar dan kecil. Hal ini menandakan bahwa keadaan kesehatan serta penyakit pada masyarakat telah bergeser sejak beberapa waktu

Sehingga diperlukan gaya hidup yang baik seperti menjaga pola makan dan minum serta memperhatikan kandungan gizi pada makanan yang dikonsumsi. Perubahan pola yang dilakukan bersamaan dengan adanya demografi yang menyatakan bahwa lebih besar jumlah penduduk usia produktif dibandingkan jumlah penduduk tidak produktif. Hal tersebut disertai dengan perilaku konsumtif dibandingkan produktif yang termasuk ke dalam pola makan dan minum.

Indonesia memang bukanlah satu-satunya negara yang memiliki masalah penyakit ganda namun kita bisa belajar dari negara lain soal pencegahan penyakit tidak menular. Prinsip untuk menangani penyakit adalah dengan mencegahnya dibandingkan harus mengobati. Sehingga pemerintah bisa membuat upaya untuk mewajibkan label informasi kandungan gizi di setiap makanan atau minuman kemasan.

Penegasan ulang pendapat

Pencegahan penyakit lebih baik dari mengobati penyakit, sebab itu masyarakat harus lebih memperhatikan pola hidup yang sehat. Program yang dilaksanakan juga perlu dukungan dari kementerian atau lembaga yang terkoordinasi dengan melibatkan masyarakat untuk hidup sehat.

  • 11. Contoh Teks Editorial/Opini: Kebakaran Hutan

Contoh-Teks-Editorial-Kebakaran-Hutan

Pernyataan Pendapat (Thesis)

Saat ini telah terjadi peristiwa bencana alam yaitu kebakaran hutan, yang melanda di kawasan wilayah Kalimantan, Indonesia. Diduga, pemicu dari kebakaran hutan karena cuaca yang panas/kemarau. Sehingga hutan pun menjadi terbakar dan asapnya bisa mengancam kehidupan manusia serta makhluk hidup.

semua pihak telah mencari upaya untuk memadamkan atau menyelesaikan masalah ini. Sehingga bencana kebakaran hutan bisa segera diselesaikan dan menghindari penggundulan hutan serta merusak ekosistem alam yang ada di Indonesia.

Argumentasi

Karena bencana hutan yang menyebabkan asap tebal ini masuk ke pemukiman warga, maka diperkirakan akan muncul penyakit yang menyerang manusia, hewan serta tumbuh-tumbuhan. Penyakit yang akan menyerang yaitu berhubungan dengan sistem pernapasan. Oleh karena masyarakat meminta agar pemerintah segera mengatasi bencana sehingga tidak ada kerugian dan korban yang lebih banyak.

Penegasan ulang pendapat (Penutup)

Pohon-pohon yang dekat dengan api dikhawatirkan merembet, sehingga semua pohon menjadi terbakar. Hal ini membuat para pencinta alam menjadi khawatir dan prihatin karena pohon tersebut akan hilang. Selain itu banyak hewan yang tinggal di hutan akan merasa kehilangan ekosistemnya. Sehingga para pencinta alam mengajak kita semua untuk segera mengatasi permasalahan ini bersama-sama.

  • 12. Contoh Teks Editorial/Opini: Menjual Sembari Menjaga Nirwana

Contoh-Teks-Editorial-Menjual-Sembari-Menjaga-Nirwana

Pernyataan Pendapat (Thesis)

Indonesia merupakan negara yang dicap sebagai surga dunia. hal Tersebut dikarenakan adanya tempat tersembunyi yang ternyata memiliki keindahan alam luar biasa. Namun permasalahannya adalah tempat itu belum diperhatikan serius sebagai tujuan wisata. Jangankan untuk dijadikan tempat wisata prasarana yang berada di daerah tersebut saja tidak ada.

Argumentasi

Dalam beberapa tahun terakhir, tempat Indonesia yang memiliki keindahan terancam akan disalahgunakan oleh orang yang serakah atau eksploitasi alam yang salah. Padahal daerah tersebut bisa mendapatkan penghasilan dari pariwisata yang berkunjung lingkungannya.

Misalnya saja tempat Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Di sana terdapat pantai serta laut yang indah dan ikan berwarna-warni di sekitaran terumbu karang. Namun di sana juga terjadi kerusakan alam yang dilakukan oleh para politikus.

Di suasana laut yang tenang justru, para politikus mempersilahkan nelayan untuk mengebom terumbu karang hanya demi memancing suara dari para rakyat. bahkan pemerintah pusat menginginkan tempat itu dijadikan taman nasional, namun ditentang oleh pemerintah daerah.

seharusnya pemerintah menaikkan jumlah wisatawan asing dengan membuat tempat wisata dari ribuan surga yang tersembunyi. Berdasarkan catatan badan pusat statistik, Wisatawan yang berkunjung ke Indonesia hanya ada sekitar 8 juta. Hal tersebut tentu sangat jauh bila dibandingkan dengan Perancis yang mampu mendatangkan 83 juta turis.

Bahkan Indonesia masih kalah bila dibandingkan dengan Malaysia yang menjadi mendapatkan peringkat ke-10 sebagai negara dengan jumlah wisatawan asing terbanyak. Seharusnya masyarakat dan juga pemerintah sadar akan problematika mengenai pariwisata di Indonesia.

Masyarakat dan pemerintah belum bisa mengembangkan potensi yang dimiliki untuk Mengeksploitasi sumber daya alam lebih baik. Karena pemerintah pusat ataupun daerah lebih senang melakukan pembabatan hutan lalu diambil kayunya serta digali buminya demi keuntungan semata. Mereka menganggap bahwa keuntungan dari pariwisata tidak cocok untuk pejabat yang korup.

Penegasan Ulang

Masyarakat dan pemerintah harus menjalankan perannya masing-masing demi menjaga keindahan tempat di Indonesia. Sebagai masyarakat harus sadar akan lingkungan sehingga tidak semena-mena untuk melakukan perusakan alam sekitar.

Sedangkan untuk pemerintah seharusnya lebih serius memikirkan program yang akan dilakukan untuk mengelola sumber daya alam di Indonesia. Sehingga Indonesia bisa menarik wisatawan asing lebih banyak dari sebelumnya.

  • 13. Contoh Teks Editorial/Opini: Kehadiran Transportasi Online

Contoh-Teks-Editorial-Kehadiran-Transportasi-Online

Pernyataan Pendapat (Thesis)

Saat ini teknologi sudah semakin canggih bahkan dengan terciptanya.alat transportasi online. Hadirnya alat transportasi online bisa memudahkan seseorang untuk melakukan perjalanan. Namun ada beberapa pihak yang merasa dirugikan karena masyarakat telah berpindah menggunakan transportasi online dibandingkan angkutan umum biasa.

Argumentasi

Adanya ketimpangan antara transportasi online dengan angkutan umum biasa menimbulkan kerusuhan yang terjadi. Hal ini dikarenakan memperebutkan para penumpang demi mengais penghasilan. Seharusnya transportasi online dan angkutan umum bersaing secara sehat dan melakukan sesuatu yang lebih kreatif agar bisa menarik penumpang lebih.

Penegasan Ulang

Baik sopir dari transportasi online dan angkutan umum, keduanya sama-sama sedang bekerja untuk mencari rezeki. Seharusnya hal tersebut dijadikan sebagai acuan agar lebih semangat dalam berkompetisi atau bersaing di dunia pekerjaan.

  • 14. Contoh Teks Editorial/Opini: Mitigasi Yang Dilakukan Belum Optimal

Contoh-Teks-Editorial-Mitigasi-Yang-Dilakukan-Belum-Optimal

Pernyataan pendapat (Thesis)

Ketika menghadapi bencana gunung penyelamatan tidak sesuai sehingga kerja di simpang siur di media sosial. Pemerintah kurang cekatan untuk menanggulangi dampak bencana erupsi. Seolah-olah kejadian letusan gunung Sinabung tidak dijadikan pelajaran.

Pemerintah terkesan kurang peduli dengan sikap kurang sigap dalam menyediakan masker, selimut, obat-obatan, hingga pasokan air minum. Hal ini dikarenakan adanya manajemen penanggulangan yang dilakukan secara dadakan. Sehingga lebih banyak pengungsi yang kekurangan pos penampungan karena digunakan oleh pengungsi lainnya

Argumentasi

Tanggapan yang dilakukan oleh pemerintah hanya sebatas respon, spontan, dan sporadis. Sehingga dibutuhkan lebih banyak persiapan dari koordinasi penyelamatan hingga pelatihan relawan bencana.

Perbedaannya dengan negara Jepang yang sering terkena gempa, mereka selalu menyiapkan teknologi yang membangun sistem pertahanan dan tanggap bencana. selain itu di Jepang memiliki program kesiapan, kesiagaan dalam menghadapi bencana

Namun nyatanya mampuan pemerintah, harus tetap dipatuhi oleh masyarakat lemah sehingga banyak korban berjatuhan yang tidak bisa dihindari. Kesimpangsiuran informasi dari media massa selalu terulang ketika ada bencana. Sehingga berbagai isu palsu bisa membuat masyarakat menjadi panik.

Pernyataan Ulang Pendapat

Pemerintah harus lebih cepat tanggap dalam menghadapi permasalahan bencana alam untuk menyelamatkan masyarakat. tugas mitigasi yaitu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai letusan gunung. Sehingga masyarakat lebih paham mengenai bencana alam letusan gunung dan pemerintah harus menyiapkan infrastruktur mitigasi menjadi lebih baik.

  • 15. Contoh Teks Editorial/Opini: Memahami Sistem Zonasi Di Sekolah

Contoh-Teks-Editorial-Memahami-Sistem-Zonasi-Di-Sekolah

Pernyataan Pendapat (Thesis)

Sistem zonasi yang merupakan aturan baru dalam penerimaan siswa ke sekolah, menggunakan jarak atau zonasi dari rumah ke sekolah. Sehingga murid yang tinggal dengan jarak terdekat ke sekolah tersebut, ia berpeluang untuk diterima. Dalam hal ini nilai tidak lagi menjadi bagian penting dalam penerimaan siswa didik baru.

Argumentasi

Dalam hal ini, Kementerian Pendidikan dan Budaya telah menetapkan aturan sistem zonasi sebagai syarat penerimaan siswa didik baru. Hal itu merupakan perubahan baik agar setiap sekolah sama, tidak ada yang lebih unggul maupun lebih rendah. Namun ternyata ada yang tidak setuju dengan peraturan tersebut, karena dinilai merugikan.

Terutama siswa pintar yang telah berusaha besar untuk mendapatkan nilai yang tinggi agar bisa diterima di sekolah favorit. Namun jarak atau zonasinya tidak berdekatan, sehingga ia gagal masuk ke sekolah unggulan.

Penegasan Ulang

Siswa harus tetap belajar agar terus menjadi seseorang yang berprestasi. Sistem zonasi bukanlah halangan untuk mencapai impian.

  • 16. Contoh Teks Editorial/Opini Tentang Politik : Pemilihan Presiden

Contoh-teks-Editorial-tentang-Politik

Pernyataan Pendapat (Thesis)

Pada tahun 2019 tepatnya di bulan April, merupakan bulan yang mendekati pemilihan calon presiden. Sehingga setiap kandidat pasti telah menyiapkan strategi untuk meyakinkan masyarakat. Sehingga bila pemilihan telah dekat maka akan ada kampanye yang dilakukan di mana-mana. Beliau-beliau akan menyampaikan visi dan misi guna membuktikan dirinya pantas untuk dijadikan sebagai pemimpin atau presiden di Indonesia selama 5 tahun yang akan datang.

Argumentasi

Memang tak salah bila dengan kampanye ini akan memberikan kontribusi kepada masyarakat agar semakin yakin bahwa kandidat tersebut layak untuk dipilih dan menjadi pemimpin. Namun kedua paslon tersebut tentu saja memiliki komitmen dan pertanggungjawaban atas janji-janji yang telah disampaikan kepada masyarakat. Sehingga harapan masyarakat untuk perubahan yang lebih baik dapat terwujud.

Karena bila masyarakat telah dikecewakan maka mereka akan menganggap masa kampanye itu adalah prioritas dan hanya untuk pencitraan saja. Namun menurut pendapat saya yaitu jangan memilih pemimpin karena hal politiknya. Karena kebanyakan masyarakat memilih presiden dengan melihat alasan praktik politik di setiap paslon.

Penegasan Ulang

Oleh sebab itu alangkah baiknya untuk menjauhkan kata politik bila memilih seorang presiden. Dan yang paling penting adalah kita harus memilih presiden yang tetap teguh hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pilihlah pemimpin yang memiliki sifat bertanggung jawab dapat dipercaya tegas dan memiliki komitmen.

Karena politik tidaklah mempengaruhi apapun tanpa kehendak Yang Maha Kuasa. Dan ketika kita memilih salah satu pemimpin, tentu kita harus percaya sepenuhnya dan selalu mendoakan agar menjadi pemimpin yang amanah.

  • 17. Contoh Teks Editorial Di Koran Sindo, 26-07-2017

Contoh-teks-Editorial-tentang-Berita-DiKoran

Oleh: Agung Bakti Sarasa

Saat Jokowi Dan Istri Duduk Di Kendaraan Hias Basajan

Pernyataan Pendapat (Thesis)

BANDUNG – Ribuan orang tumpah ruah di Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang digelar di pusat Kota Bandung. Tua, muda, hingga anak-anak larut dalam kemeriahan puncak peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia tersebut.

Kemeriahan semakin terasa saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istri Iriana Jokowi serta para pejabat tinggi pemerintah pusat hadir di panggung kehormatan yang dibangun tepat di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (26/8/2017).

Argumentasi

Terik matahari tak menyurutkan langkah Jokowi dan istri yang tiba tepat waktu pukul 14.05 WIB. Senyum lebar pun tak henti-hentinya dilepaskan Presiden Jokowi yang kala itu mengenakan Beskap berwarna ungu.

Sementara sang istri tampak elegan dengan balutan kebaya dan alas kaki Kelom Geulis khas Tasikmalaya. Riuh bunyi kohkol (kentongan khas Sunda) yang ditabuh Jokowi yang langsung disambut bunyi kohkol dan kendang tangan yang ditabuh ribuan orang menandai dibukanya karnaval tersebut.

Jokowi pun tampak sumringah menyaksikan satu per satu peserta karnaval saat melintasi panggung kehormatan. Di tengah-tengah kemeriahan karnaval, ada hal yang istimewa. Sebuah kendaraan hias yang dirancang khusus seniman dan budayawan Sunda melaju pelan mendekati panggung kehormatan.

Itulah kendaraan hias yang dibuat khusus untuk mengantarkan Jokowi dan istri ke panggung kehormatan kedua yang dibangun di Taman Vanda, di kawasan Jalan Merdeka, Kota Bandung. Jokowi dan sang istri yang didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menaiki kendaraan hias tersebut.

Dari atas kendaraan hias yang tampak gagah, namun sederhana itu, senyum ramah Jokowi tak henti-hentinya diumbar kepada warga yang memadati lintasan arak-arakan karnaval, mulai Jalan Diponegoro, Ir H Djuanda, Merdeka, hingga berakhir di Taman Vanda.

Penegasan Ulang

Kendaraan hias istimewa tersebut merupakan hasil rancangan seniman dan budayawan sekaligus pengajar di Institut Teknologi Bandung Tisna Sanjaya bersama rekan sesama budayawan Aat Suratin dan sejumlah budayawan lainnya.

Menurut Tisna Sanjaya, mobil hias tersebut menyimbolkan kerja keras pemimpin untuk membawa kesejahteraan rakyatnya. Konsep yang diusung adalah “Mobil Bajasan” yang bermakna sederhana, tetapi lahir dari kerja keras.

Teks editorial merupakan teks artikel berisi pendapat yang ingin disampaikan di media. Untuk membuat teks editorial harus menggunakan struktur yang baik juga unsur kebahasaan yang diperlukan.

Itulah pembahasan mengenai pengertian teks editorial, struktur, ciri kebahasaan, fungsi hingga contoh teks editorial. Untuk menyatakan pendapat dalam teks editorial, diperlukan fakta yang mendukung sebuah argumen.


Baca juga :

Content Protection by DMCA.com