Seni Adalah

Posted on

VOI.co.id – Berbicara tentang seni akan menjadi sebuah cerita yang tak pernah ada habisnya. Pasalnya, Seni memiliki berbagai macam kategori yang telah dibagi berdasarkan jenis, macam, wujud, bentuk, dan lainnya. Seni adalah suatu kebutuhan hidup agar manusia merasa lebih bahagia.

Tanpa disadari, kehadiran seni sudah banyak dijumpai di sekitar lingkungan kita. Hadirnya seni membuat kehidupan di dunia menjadi lebih indah dan bewarna. Banyak orang yang senang dengan bentuk dan wujud seni.

Namun, banyaknya keanekaragaman yang diciptakan oleh seni membuat masing-masing orang memiliki penilaian dan pandangan dari seni tersebut. Sehingga penilaian yang dilakukan setiap orang akan berbeda berdasarkan minat dan kriteria yang dimiliki setiap individu. Berikut ini merupakan penjelasan lengkap mengenai seni, mulai dari pengertian, hingga macam-macam seni beserta contohnya.

Pengertian Seni

Pengertian-Seni
Pengertian seni

Secara bahasa, seni berasal dari kata sansekerta “sani” yang memiliki arti pemujaan atau persembahan. Sedangkan secara umum seni adalah sebuah karya kreativitas yang dibuat dengan indah untuk menggambarkan ekspresi setiap manusia dalam kehidupannya. Seni juga mampu membawa kesan menyenangkan bagi orang yang mengerti ketika melihatnya.

Dalam bahasa Belanda, seni disebut juga dengan “Genie” yaitu jenius yang berarti bahwa seni merupakan hasil ciptaan seseorang yang telah memiliki bakat sejak lahir. Dalam pengajaran ilmu Eropa bahwa seni (art) adalah media yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan tertentu.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Pengertian-Seni-Menurut-Para-Ahli
Pengertian seni menurut para ahli

Seni memiliki pengertian dan penilaiannya tersendiri. Dilihat dengan cara bagaimana ia menghargai, melihat dan merasakan karya seni. Begitupun dengan para ahli terkenal ini, yang memiliki beragam pendapat mengenai definisi seni, diantaranya sebagai berikut

  • 1. Akhdiat Kartamiharja

Menurut Akhdiat Kartamiharja, ia berpendapat bahwa seni adalah kegiatan psikis (rohani) manusia yang merefleksi kenyataan (realitas). Karena bentuk dan isi karya tersebut memiliki daya untuk membangkitkan dan menggugah pengalaman tertentu dalam alam psikis si penikmat atau apresiator.

  • 2. Padmapusphita

Padmapusphita mengatakan bahwa definisi Seni berasal dari bahasa Belanda yakni “genie”, bahasa Latinnya yaitu “genius”, yang artinya kemampuan luar biasa yang dipunyai atau dibawa sejak lahir. Sedangkan menurut kajian ilmu di negara Eropa mengatakan “ART” atau seni bermakna artivisual yakni suatu media yang dapat melakukan suatu aktifitas tertentu.

  • 3. Ki Hajar Dewantara

Menurut pendapat Ki Hajar Dewantara yang menyatakan bahwa seni adalah hasil dari keindahan yang bisa menggerakkan perasaan seseorang tentang keindahan bagi yang melihatnya. Oleh sebab itu, perbuatan manusia dapat mempengaruhi dalam menumbuhkan perasaan yang indah itulah seni.

  • 4. Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Berdasarkan pendapat Prof. Drs. Suwaji Bastomi yang menyatakan bahwa Seni adalah segala kegiatan batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk yang agung dan mempunyai daya pembangkit rasa haru dan takjub.

  • 5. Drs. Sudarmaji

Menurut Drs. Sudarmaji, ia berpendapat bahwa Seni merupakan segala bentuk manifestasi batin & pengalaman estetis dengan menggunakan berbagai media seperti berbagai bidang, tekstur, garis, tekstur, warna volume dls. Seni juga bisa berarti ungkapan perasaan sang pencipta yang disampaikan kepada manusia supaya mereka bisa merasakan apa yang dirasakan oleh pelukis atau para pencipta seni.

  • 6. Harry Sulastianto

Harry Sulastianto mengemukakan seni budaya sebagai suatu keahlian dalam mengekspresikan berbagai macam ide & pemikiran estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan & imajinasi pandangan akan suatu benda dan suasana, atau karya yang dapat menumbuhkan rasa indah sehingga mampu menciptakan peradaban yang lebih maju lagi.

  • 7. Ahdian Karta Miharja

Menurut pendapat Ahdian Karta Miharja, menyatakan bahwa seni merupakan segala bentuk aktifitas rohani yang merefleksikan kenyataan dalam sebuah karya, dimana bentuk & isinya memiliki daya untuk membangkitkan keindahan tertentu didalam jiwa penikmatnya.

  • 8. Dra. Nuning Y. Damayanti, Dipl.Art

Dra. Nuning Y. Damayanti, Dipl.Art berpendapat bahwa seni pada awalnya ialah sebuah proses dari diri manusia, sehingga seni itu merupakan sinonim daripada ilmu. Seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia.

  • 9. Irma Damayanti, M.Sn

Menurut Irma Damayanti, M.Sn yang berpendapat bahwa seni bisa dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia. Seni memang sangat sulit untuk diungkapkan, dijelaskan juga sulit untuk dinilai, bahwa setiap individu artis memilih sendiri parameter yang menuntunnya dalam pekerjaannya.

  • 10. Sartono Kartodirdjo

Sartono Kartodirdjo berpendapat bahwa seni merupakan sebuah sistem yang koheren, karena bisa menjalankan komunikasi secara efektif, yaitu melalui bagiannya saja bisa menunjukkan secara universal.

  • 11. Aristoteles

Aristoteles memiliki pendapat tersendiri mengenai seni yang mengemukakan bahwa seni merupakan tiruan terhadap alam, namun sifatnya harus ideal atau sempurna.

  • 12. Ira Adriati, M.Sn

Menurut Ira Adriati, M.Sn yang menyatakan bahwa seni merupakan sebuah proses & produk dalam memilih medium, suatu mindset peraturan untuk menggunakan medium itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dikirimkan melalui ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik itu sensai, gagasan, kepercayaan,maupun perasaan dengan cara yang efektif seefektif mungkin.

  • 13. Chatrin Muler

Seni merupakan sesuatu yang berhubungan dengan karya cipta seseorang yang dihasilkan dari unsur rasa. Maksud dari Chatrin Muler yaitu bahwa penciptaan seni berdasarkan seorang seniman yang peka terhadap rasa. Sehingga membuat para pecinta seni terbawa dengan karya cipta seni tersebut.

  • 14. Drs. Popo Iskandar

Seni merupakan hasil ungkapan emosi seseorang yang ingin disampaikan kepada orang lain, dilakukan dengan kesengajaan dan kesadaran hidup bermasyarakat. Penciptaan seni juga bisa untuk mengekspresikan diri kepada orang lain. Hal tersebut dilakukan dengan sengaja dan masuk kedalam sosial hidup masyarakat.

  • 15. Alexander Baum Garton

Seni ialah segala bentuk keindahan yang memiliki tujuan positif untuk menjadikan penikmat seni merasa bahagia. Maksud dari Alexander Baum Garton, yaitu bahwa penciptaan karya seni memiliki tujuan yang baik. Terutama untuk para penikmat seni atau orang yang melihat karya seni tersebut merasa bahagia.

  • 16. Immanuel Kant

Mengungkapkan bahwa seni merupakan bentuk yang penampilan dan pengungkapannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan & seni itu ialah meniru alam. Berdasarkan sudut pandang Immanuel Kant, bahwa seni bisa mengungkapkan ekspresi berdasarkan penampilan yang ditujukan. Biasanya karya seni diciptakan dengan meniru gaya alam.

  • 17. Leo Tolstoy

Seni merupakan impian karena rumus – rumus tidak mampu mengikhtiarkan kenyataan. Maksudn Leo Tolstoy, yaitu bahwa seni bisa mewujudkan impian seseorang, dibandingkan dengan hal lainnya yang belum pasti bisa terjadi.

  • 18. Plato dan Rousseau

Seni merupakan hasil dari peniruan alam dari berbagai seginya. Pendapat Plato dan Rousseau hampir sama dengan pendapat Immanuel Kant yang menyatakan bahwa hasil karya seni diciptakan dengan meniru gaya alam.

  • 19. Erik Ariyanto

Seni merupakan aktivitas rohani yang di refleksikan kedalam bentuk karya, yang mampu membangkitkan perasaan senang dan bahagia orang lain yang melihat maupun mendengarnya. Erik Ariyanto menyimpulkan pendapatnya berdasarkan sudut pandang keagamaan yang bisa direalisasikan dalam bentuk sebuah karya seni.

  • 20. Everyman Encyklopedia

Menjelaskan seni sebagai suatu hal yang dapat dilakukan seseorang, dan terjadi bukan karena dorongan kebutuhan pokoknya, akan tetapi karena kenikmatan maupun kebutuhan spiritualnya. Pendapat Everyman Encyklopedia hampir sama dengan Erik Ariyanto yang menilai seni dengan menggunakan sudut pandang kerohanian. namun tidak terlalu untuk kebutuhan melainkan kenikmatan yang mendorongnya

  • 21. Schopenhauer

Menurutnya seni ialah segala bentuk usaha dalam menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan dan membahagiakan. Pada dasarnya seni memang diciptakan untuk menyenangkan para penikmat nya, begitu pula lah yang dimaksud dari pendapat Schopenhauer. Segala bentuk karya cipta seni pasti akan membuat bahagia seseorang.

  • 22. Prof. DR. George R. Terry

Seni adalah kekuatan pribadi seseorang yang kreatif, ditambah dengan keahlian yang bersangkutan dalam menampilkan tugas pekerjaannya. Berdasarkan pendapat Prof. DR. George R. Terry, menyatakan bahwa menciptakan karya seni dibutuhkan pribadi seseorang yang sangat kuat dalam berperasa. Sehingga para seniman harus memiliki jiwa yang kreatif dan ahli dalam menampilkan karya cipta seni.

  • 23. Ensiklopedi Indonesia

Dikemukakan bahwa seni merupakan ciptaan dari segala hal, karena keindahannya orang senang untuk melihat ataupun mendengarkannya. Sehingga seni bisa membuat kehidupan menjadi lebih indah baik yang dilihat maupun yang didengar. Ada banyak ciptaan seni sejak dahulu hingga kini, hal itu menandakan bahwa seni tidak bisa hilang dari kehidupan.

  • 24. Drs. H. Inu Kencana Syafiie, M.Si.

Seni adalah kemampuan dan kemahiran seseorang untuk mewujudkan cipta, rasa, dan karsa yang dimilikinya yang bersangkutan dengan tugas dan fungsinya sebagai seniman. Hal tersebut menyatakan bahwa dalam menciptakan karya seni harus memiliki unsur rasa dan karsa. Hal tersebut menjadi PR para seniman untuk merealisasikan fungsional pekerjaannya.

  • 25. Nanang Rizali

Seni adalah manifestasi dari kebudayaan sebagai hasil karya cipta manusia yang meliputi seni tari, seni musik, seni drama, seni rupa, dan lain-lain. Berdasarkan pendapat Nanang Rizali, bisa disimpulkan bahwa karya cipta seni sangat berhubungan dengan kebudayaan. Pasalnya, hal tersebut memanglah benar, karena disetiap budaya memiliki keunikan tersendiri dalam menampilkan karya seni rupa seperti seni drama, seni tari dan sei musik

  • 26. Al-Farabi

Menurut Al-Farabi bahwa seni adalah ciptaan yang berbentuk keindahan.

  • 27. Irma Damayanti

Seni adalah intisari ekspresi dari berbagai kreativitas manusia. Berdasarkan pendapat Irma Damayanti, menyatakan bahwa seni bisa mewakili kan perasaan atau ekspresi dengan segala kreativitas para seniman.

  • 28. Al-Ghazali

Seni adalah hasil kerja yang dilahirkan jiwa dan rasa manusia sesuai dengan fitrahnya. Maksud Al-Ghazali, yakni bahwa seni sudah ada sejak seseorang tersebut lahir ke dunia. Karena seni fitrah berada dalam jiwa manusia.

  • 29. Yekti Herlina

Seni adalah media penyampaian pesan dari seniman kepada orang lain dengan tujuan mempengaruhi pikirannya. Dalam mempengaruhi tujuan pikiran orang lain, mungkin saja sudah direncanakan oleh seniman melalui karya seni. Hal tersebutlah yang membuat bahwa karya seni bisa menjadi media komunikasi antara seniman dengan penikmatnya.

  • 30. Kottak

Seni adalah kualitas, hasil ekspresi, alam keindahan, atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetis. Maksud dari pernyataan kotak yakni bahwa seni termasuk kedalam penciptaan yang berkualitas dan merupakan hasil ekspresi pencipta.

  • 31. Ahmad Zaenuri

Seni adalah usaha seniman dalam mengalihkan energi psikis dan pencapaian kepuasan yang dapat diterima oleh dunia eksternal. Maksud dari pernyataan Ahmad Zaenuri adalah bahwa seniman butuh untuk menciptakan seni agar dirinya bisa memperoleh kepuasan

  • 32. J.J. Hogman

Seni adalah sesuatu yang mempunyai unsur ide, aktivitas, dan artefak. Unsur ide, berarti bahwa karya cipta seni harus memiliki ide yang menjadi gagasan utama dalam penciptaan seni. Unsur aktivitas berarti tingkah laku yang ditujukan dalam penciptaan karya seni. Sedangkan unsur artefak merupakan wujud dari penciptaan karya seni itu sendiri.

  • 33. Ira Ardianti

Seni adalah sebuah proses dan produk dalam memilih media, suatu pemikiran peraturan untuk menggunakan media itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dituangkan melalui ekspresi lewat media itu, baik berupa gagasan, sensasi, perasaan, maupun kepercayaan dengan cara yang seefektif mungkin. Hampir sama dengan seni pada umumnya. Maksud dari Ira Ardianti seni merupakan penciptaan media yang membutuhkan proses, media tersebut bisa menuangkan segala ekspresi seseorang.

  • 34. Koentjaraningrat

Seni adalah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

  • 35. William A. Haviland

Seni adalah penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.

  • 36. Nandawan L. Hasanah

Seni adalah suatu ekspresi yang ditunjukkan oleh manusia yang memiliki unsur keindahan kemudian diungkapkan dalam sebuah media yang nyata dan bisa dinikmati oleh seluruh panca indera manusia.

  • 37. Thomas Munro

Seni adalah alat buatan manusia yang menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya berupa tanggapan-tanggapan.

Konsep Seni

Konsep-Seni
Konsep seni

Seni merupakan salah satu media untuk manusia dalam mengekspresikan suatu keindahan atau kekaguman yang telah dilakukan sejak zaman dahulu. Bahkan sejak zaman purba manusia telah meniru lingkungan sebagai cara mengekspresikan rasa terhadap alam semesta. Hal ini dibuktikan dengan adanya lukisan dinding yang indah berada di gua.

Setelah masuk ke dalam masyarakat tradisional konsep seni semakin berkembang dengan dijadikan nya unsur kebudayaan seperti religi. Masyarakat akan melakukan upacara agama seperti menari, menyanyi, dan mendengarkan musik, sebagai karya untuk tuhan. Adapun benda lain yang sering dipakai adalah topeng atau alat jimat lainnya untuk upacara keagamaan.

Masuk ke dalam masa selanjutnya, manusia mulai mengerti membuat seni dengan menciptakan garis tahun lingkaran yang akan di dekorasi sesuai dengan keinginan. Bahkan apresiasi seni mulai diperhatikan berdasarkan kualitas seniman yang membuat karya cipta seni tersebut.

Fungsi Seni

Dalam setiap pembuatan karya seni pasti memiliki fungsinya tersendiri. Umumnya fungsi dari karya seni terbagi menjadi 2, yaitu fungsi individual dan fungsi sosial. Berikut ini merupakan penjelasannya,

  • 1. Fungsi Individual

Fungsi-Seni-Individual
Fungsi seni individual

Fungsi individual dalam seni terdapat pada masing-masing setiap manusia. Hal tersebut tergantung pada dua unsur dalam diri manusia, baik unsur fisik maupun unsur psikis (emosional dalam diri).

  • Kebutuhan manusia akan seni berdasarkan unsur fisik, bisa dipenuhi melalui karya yang berhubungan dengan fisik. Misalnya, perabotan, pakaian, dan sebagainya.
  • Kebutuhan manusia akan seni berdasarkan unsur psikis (emosional), dapat dipenuhi dengan berbagai karya yang disukai oleh masing-masing konsumen. Misalnya, lukisan, musik, tari, novel, film, dan lain sebagainya.
  • 2. Fungsi SoSial

Fungsi-Seni-Sosial
Fungsi seni sosial

Fungsi sosial bisa dinikmati berdasarkan manfaat seni dilingkungan orang banyak dalam waktu yang relatif sama. Adapun fungsi sosial dibagi menjadi beberapa bidang, diantaranya adalah

Sebagai Sarana Rekreasi/hiburan

Kehadiran seni bisa dijadikan sebagai bahan hiburan atau rekreasi, karena membuat banyak orang melepas strees atau mengurangi kesedihan. Hal ini bisa dilakukan pada saat kita akan menyaksikan film, tarian, seni, musik, lawak, dan lain sebagainya.

Tentu saja ketika seseorang yang sedang mengalami kesedihan atau stress lalu ia melihat hasil karya seni lukis yang indah, atau tarian yang menarik maka orang tersebut akan sedikit terhibur. Sebab itu kehadiran seni juga merupakan suatu kebutuhan untuk melepas penat dan mengekspresikan perasaan yang sedang dirasa.

Sebagai Sarana Komunikasi

Seni bisa menjadi bahan komunikasi atau berbincang mengenai sesuatu. Misalnya untuk memberi pesan, gagasan/ide pokok, kebijakan, kritik, dari sebuah seni tersebut.

Dalam penciptaan suatu karya seni terdapat pesan atau komunikasi antara seniman yang satu dan yang lainnya atau seniman dengan para penikmat seni. Komunikasi bisa terjalin dengan sebuah karya yang dipamerkan. Komunikasi tersebut bisa berupa suatu pesan atau kritikan atas penciptaan seni yang dibuat.

Sebagai Sarana Pendidikan

Salah satu media sebagai penunjang pendidikan bisa didapatkan dari seni. Misalnya terdapat pada, film ilmiah, dokumenter, poster ilmiah, gambar/foto, ilustrasi buku pelajaran dan lain sebagainya.

Dengan adanya beragam karya seni yang terdapat pada film, dan buku pelajaran serta lainnya akan membentuk suatu pendidikan dengan memberikan nilai moral serta karakter yang baik kepada masyarakat. Karena pesan-pesan yang terdapat pada karya seni tersebut biasanya mendidik untuk penikmat seni. Selain itu, nilai artistik pada seni membuat sistem pembelajaran kepada masyarakat dengan metode yang tidak membosankan.

Sebagai Sarana keagamaan/Kerohanian

Pesan keagamaan yang bisa didapatkan dari seni terdapat pada kaligrafi, dekorasi rumah ibadah, lagu rohani, busana muslim.

Fungsi seni sosial pada sudut pandang keagamaan Membawa keindahan dari penciptaan seni tersebut. Selain itu, biasanya karya yang diciptakan memiliki pesan agama yang baik, dan kesan tersendiri sesuai sudut pandang yang melihatnya.

Ruang Berekspresi

Dalam menciptakan karya seni para seniman akan mengekspresikan pemikiran serta perasaan yang dirasakan. Bukan hanya untuk seniman, melainkan setiap masyarakat juga bisa berekspresi dalam bentuk karya seni. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang ketika masuk ke dalam pameran seni akan berfoto bersama karya para seniman.

Bahkan bila masyarakat sangat menyukai hasil ciptaan seni tersebut, maka tak segan-segan untuk memegang karyanya meskipun tidak selalu diijinkan. Karena dalam fungsi sosial karya seni merupakan ruang untuk berekspresi bagi setiap manusia.

Sebagai Fungsi Fisik

Fungsi fisik sendiri merupakan hasil karya seni yang sangat erat dengan hubungan nilai guna atau cara pakainya. Karya seni sendiri diciptakan untuk memenuhi atau menunjang kebutuhan kehidupan sehari-hari. Sehingga fungsi fisik pada karya seni hanya dilihat dari cara penggunaan saja namun tidak harus mengabaikan nilai estetikanya.

Namun setiap seniman pasti memiliki konsep dari kreasi penciptaan karya seni dibuat. Sehingga bukan dilihat secara fisik yang enak dipakai, saja melainkan yang nyaman dan efisien tanpa merendahkan nilai artistik. Karya seni yang memiliki nilai fungsi fisik sering kita temui dalam alat rumah tangga seperti keramik, kursi, mebel, aksesori, perabot, dan kerajinan lainnya.

Penambahan Ekonomi (Economic)

Dalam penciptaan karya seni pasti setiap seniman memiliki tujuan yang ingin dicapainya, bukan hanya untuk memamerkan hasil karyanya. Memang, fungsi dari penciptaan seni yakni untuk membuat karya indah dilihat sehingga menimbulkan hasrat cinta. Namun, bukan hanya itu, seni juga sangat berhubungan dengan ekonomi.

Tak bisa kita pungkiri bahwa seniman juga butuh makan dan tempat tinggal dari hasil karyanya. Sehingga karya seni yang diciptakan bisa ditujukan untuk tujuan komersil. Namun jangan sampai hanya karena tujuan komersil tersebut, para seniman tidak memandang nilai artistik sebagai tujuan utamanya.

karena seringkali kita melihat banyak fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, penilaian sebuah karya seni berorientasi kepada nilai ekonomi yang didapatkan apakah untuk atau rugi. Sehingga ketika para seniman membuat karya seni dengan ukuran dan jenis media yang berbeda, pasti pendapatan komersial dari penciptaan karya seni tersebut pun akan berbeda.

Ada lagi pelukis jalanan yang hanya memikirkan nilai profit, sehingga karya tersebut dibuat dengan tujuan utamanya adalah fungsi ekonomi. Biasanya hasil karya yang diciptakan berupa reklame, kriya atau kerajinan tangan, arsitektur, dan grafis poster.

Namun bukan berarti karya seni rupa murni tidak bisa mendapatkan komersil. Karena hasil karya berupa patung, grafis, dan lukisan juga memiliki nilai komersil. Yang membedakan dari keduanya adalah, bahwa seni rupa murni lebih terkonteks pada nilai keindahan atau artistiknya, sehingga tanpa disadari, fungsi komersil timbul dari sifat seni tersebut.

Di dalam kehidupan nyata, tak sedikit para seniman yang banyak menghasilkan uang, sehingga menjadi seniman kaya dan terkenal. Sehingga di samping penciptaan karya seni untuk keindahan dan hasrat setiap orang, seni juga memiliki fungsi ekonomi. Bahkan fungsi komersial yang didapatkan dari keindahan pada seni sangat besar dan memiliki nilai jual yang tinggi, misalnya saja pada patung dan lukisan yang harganya tidak sebanding dengan media yang digunakan.

Maka dari itu jangan heran bila harga sebuah seni lukis atau patung, bisa mencapai 20 juta hingga 1 miliar. Karena penghargaan untuk nilai estetika dalam seni sangat penting.

Peran Seni Dalam Kehidupan

Peran seni dalam kehidupan
Peran seni dalam kehidupan

Faktanya kehadiran seni memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sehingga keberadaan manusia dengan seni seakan tak bisa dipisahkan, yaitu di mana ada manusia pasti disitu ada kesenian.

Peran seni yang berada pada kehidupan manusia merupakan salah satu cara atau usaha setiap manusia dalam mencapai tujuan, kesejahteraan, dan kebahagiaannya. Berikut ini merupakan peran seni dalam kehidupan dan segala aktivitas manusia, diantaranya adalah

Kesenian Bisa Membentuk Peradaban Manusia

Kehadiran seni dalam kehidupan setiap manusia bisa mendidik setiap individu dan masyarakat untuk menjadi seseorang yang beradab. Sehingga kehidupan manusia satu dengan yang lainnya dapat berjalan dengan harmonis. Hal tersebut dikarenakan seni sangat berperan untuk membuat manusia berbudi luhur

Adapun berdasarkan catatan sejarah, kesenian memiliki prestasi yang berperan membentuk sikap manusia. Misalnya pada karya seni di zaman primitif yang terdapat alat kepercayaan, sehingga menimbulkan suasana misterius dan magis ketika menjalankan pemujaan serta kehidupan di masa itu. Adapun karya seni yang diciptakan pada masa klasik, serta karya modern mampu memberikan pengaruh yang besar untuk peradaban manusia setiap jamannya

Kesenian Menjadi Suatu Kebutuhan hidup

Seni yang berperan untuk menunjang semua kebutuhan hidup bisa diartikan sebagai seni terpakai atau yang lebih dikenal dengan applied art. Adapun wujud dari seni tersebut adalah hasil karya seni terapan. Dalam penciptaan karya seni terapan digunakan untuk menunjang kebutuhan dan dilihat secara fungsi pakainya tanpa harus mengabaikan nilai estetik atau keindahan.

Sehingga bukan menjadi karya seni yang hanya berfungsi untuk barang kegunaan melainkan bisa dinikmati keindahan. Adapun penciptaan seni ini misalnya, guci dari tiongkok kuno yang memiliki kegunaan tersendiri, namun juga memiliki nilai keindahan dengan cara menghias permukaan guci tersebut. Karena pada dasarnya manusia ingin mencurahkan dan melepaskan semua keindahan dalam hidupnya.

Kesenian Sebagai Kebahagiaan Seni

Para seniman yang menciptakan sebuah karya seni memiliki kesan untuk menginspirasi orang yang melihatnya atau para penikmat seni. Bukan hanya untuk orang yang melihatnya saja, namun dalam diri setiap seniman juga membutuhkan kebahagiaan dari seni yang ia buat.

Karena pada dasarnya seni diciptakan untuk mencari kepuasan dalam diri manusia, baik kebahagiaan yang didapat secara materi maupun spiritual. Karena manusia sangat membutuhkan seni sebagai pelengkap kebahagiaan.

Nyatanya hadirnya seni di dalam kehidupan manusia bisa memenuhi segala kebutuhan hasrat yang dirasakan oleh setiap manusia untuk mengungkapkannya. Hal ini sangat berhubungan dengan perasaan pribadi yang meliputi aspek seperti cinta, perkawinan, kelahiran, kematian, dan lain sebagainya.

Namun di samping itu semua seni juga bisa memenuhi kebutuhan dalam hubungan sosial masyarakat mengenai kepercayaan, politik, ekonomi, tujuan bersama, menyatakan keinginan, membuat komunikasi antar individu, bisa mempengaruhi situasi masyarakat yang sedang terjadi dan lain sebagainya.

Tujuan Seni

Tujuan-Seni
Tujuan-Seni

Dalam penciptaan seni memiliki tujuan yang sangat beragam. Berbagai tujuan seni tersebut diantaranya adalah,

  1. Mengembangkan kreativitas, Kehadiran seni membuat manusia menjadi lebih kreatif dalam melakukan atau menciptakan sesuatu.
  2. Mengembangkan kemampuan dalam mengapresiasi sebuah karya. Sehingga orang akan belajar memahami nilai dari seni tersebut lebih dalam
  3. Mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Setiap manusia akan mengalami hambatan dalam melakukan setiap pekerjaan. Dengan adanya kebebasan pada seni, bisa menyelesaikan hambatan yang terjadi.
  4. Mengembangkan kepribadian, karena setiap seniman memiliki kepribadian yang khas/unik.

 

Pembagian Seni

Pembagian-Seni
Pembagian seni

Untuk menciptakan karya seni, para seniman akan memilih media sebagai bentuk berekspresi serta cara menikmatinya. Hal tersebut masuk ke dalam pembagian seni seperti berikut ini,

1. Seni Audio (Auditory Art),

  • karya yang bisa dinikmati dan dinilai oleh indra pendengaran (telinga). Contohnya, seni suara, seni musik, dan seni sastra

2. Seni Visual (Visual Art),

  • karya seni yang bisa dinikmati dan dinilai melalui indra penglihatan (mata). Seni visual dibedakan menjadi 2 macam yaitu berdasarkan seni dua dimensi dan seni tiga dimensi. Contohnya, seni lukis, seni tari dan lainnya

3. Seni Audiovisual (Auditory Visual Art),

  • karya seni yang bisa dinikmati dan dirasakan melalui indra pendengaran (telinga) dan indra penglihatan (mata). Contohnya, seni tari, seni teater dan lainnya.

 

Macam-macam Seni Beserta Contohnya

Seni memiliki berbagai macam-macam bentuk, dan wujudnya. Berikut ini merupakan penjelasannya

  • 1. Seni Rupa

seni-rupa
Seni rupa

Seni rupa merupakan sebuah karya seni yang memiliki wujud nyata dan sangat berguna bagi kehidupan. Dalam karya seni rupa terdapat dua fungsi, yakni sebagai kegunaannya maupun sebagai keindahannya.

Contoh karya seni rupa murni sebagai berikut,

  1. Seni grafis
  2. Seni lukis
  3. Seni patung
  4. Seni instalasi
  5. Seni pertunjukan
  6. Seni keramik

Contoh karya seni rupa terapan sebagai berikut,

  1. Perhiasan
  2. Transportasi
  3. Alat rumah tangga
  4. Pakaian
  5. Senjata
  6. Barang elektronik
  7. Arsitektur bangunan
  8. Poster
  • 2. Seni Teater

seni-teater
Seni teater

Seni teater merupakan salah satu bagian dari karya seni yang terwujud dalam pementasan. Karya yang ada pada seni teater ini menyangkut kemampuan untuk memahami dalam membuat naskah, ahli dalam berakting, mendekorasi suatu tata letak pentas, dan menciptakan menciptakan suasana yang berhubungan dengan seni teater.

Contoh karya seni teater tradisional sebagai berikut,

  1. Lenong
  2. Ketoprak
  3. Ludruk
  4. Mamanda
  5. Makyong
  6. Randai
  7. Wayang orang

Contoh karya seni teater tradisional sebagai berikut,

  1. Drama musikal
  2. Opera
  3. Kabaret
  • 3. Seni Musik

seni-musik
Seni musik

Seni musik adalah karya yang diciptakan oleh manusia untuk membentuk unsur bunyi. Bunyi tersebut akan menciptakan suatu harmoni, notasi, dan melodi indah yang akan didengar oleh si pendengar.

Contoh karya seni musik tradisional sebagai berikut,

  1. Musik karang Dodou
  2. Musik Huda
  3. Musik Goong Renteng
  4. Musik Laras Madya dan Santi Swara
  5. Musik Karang Gong Luang
  6. Musik Krumpyung
  7. Musik Gambang Kromong

Contoh karya seni musik modern sebagai berikut,

  1. Blues
  2. Opera
  3. Rap
  4. K-Pop
  5. Hip-Hop
  6. Anime Music.
  7. Marching Band
  8. Jazz
  9. Electronic Dance Music (EDM)
  • 4. Seni Tari

seni-tari
Seni tari

Seni tari merupakan hasil karya manusia untuk membentuk sebuah gerakan yang sesuai dengan iringan musik. Dalam gerakan tubuh penari terdapat keindahan yang mempunyai fungsi sebagai media komunikasi berekspresi. Keindahan tersebut terletak pada peraga, penikmat, koreografer, kepuasan penonton.

Contoh karya seni tari tradisional sebagai berikut,

  1. Tari Bedhaya Ketawang
  2. Tari Ronggeng
  3. Tari Kecak
  4. Tari Lilin
  5. Tari Saman
  6. Tari Angsa

Contoh karya seni tari modern di Dunia sebagai berikut,

  1. Tari Hip-Hop
  2. Breakdance
  3. R&B Dance
  4. Freestyle Dance
  5. Ballrom Dance
  6. Concert Dance
  7. Robot Dance
  8. Blood-Elf

Contoh karya seni tari modern Nusantara sebagai berikut,

  1. Tari Kuntulan (Pemalang, Jawa Tengah)
  2. Tari Merak (Jawa Barat)
  3. Tari Banjar Kemuning (Sidoarjo, Jawa Timur)
  4. Tari Rara Ngingel (Yogyakarta)
  5. Tari Nguri (Sumbawa)
  6. Tari Manuk Rawa (Bali)
  • 5. Seni Sastra

seni-sastra
Seni sastra

Seni sastra merupakan hasil karya buatan manusia dalam bentuk tulisan yang memiliki arti atau makna berharga. Keindahan yang bisa diambil dari seni sastra terdapat dalam kata-kata yang dituliskan.

Contoh karya seni sastra sebagai berikut,

  1. Puisi
  2. Syair
  3. Gurindam
  4. Novel
  5. Cerpen

Pengimplementasian Karya Seni Dalam Teknologi

pengimplementasian seni
pengimplementasian seni

Teknologi informasi adalah istilah yang sering kali digunakan untuk menjelaskan mengenai teknologi apapun yang membantu kehidupan manusia dalam berkomunikasi, membuat, mengubah, menyimpan dan menyampaikan informasi. Teknologi informasi ini menyatukan beberapa komputasi dan komunikasi yang berkecepatan tinggi mengenai suara, data, dan video. Perkembangan teknologi informasi bukan hanya dilihat dari komputer, melainkan juga terdapat TV, telepon, peralatan rumah tangga elektronik, serta ponsel pintar

Perkembangan teknologi semakin hari kian pesat dan terus mengalami perubahan dan tranformasi dalam pengucapan karya seni. Perkembangan ini didorong oleh wacana para apresiator seni yang menyuruh para seniman untuk ikut terlibat dalam kemajuan teknologi, khususnya pada waktu abad ke 19 dan 20.

Pada pertengahan tahun 1960 terjadi perubahan yang cukup besar mengenai kebudayaan di dunia. Hal ini ditandai dengan adanya fenomena postmodernisme. Di mana pada saat itu perkembangan teknologi mengalami pergeseran arah dalam teknologi industri yang awalnya menggunakan mesin serta material, menuju teknologi informasi yang membuat semua informasi membuka celah dunia lebih interaktif, digital serta multimedia.

Bahkan Stanley J. Grenz telah banyak membahas mengenai pengaruh dari postmodernisme di bidang seni yang memberikan simbol perubahan masyarakat transisi industri kemasyarakatan informasi ini. Simbol tersebut berbentuk sebuah komputer. Pasalnya, pergeseran yang terjadi dalam teknologi industri menuju teknologi informasi ini membawa pengaruh yang kuat untuk pemahaman setiap masyarakat bahwa teknologi adalah sebuah elektronika.

Dalam kemajuan teknologi informasi yang terus berkembang terbentuklah sebuah karakteristik kesenian baru yang menggunakan teknologi serta media komunikasi dan informasi. Media tersebut digunakan sebagai alat, medium juga sumber ide/gagasan untuk menciptakan sebuah karya seni. Dalam hal ini berarti kesenian tersebut tergolong ke dalam beberapa media baru yang di antaranya adalah, seni video (video art), seni internet (web art), cellular art, video performance, dan lain sebagainya.

Seni adalah karya yang diciptakan dengan indah oleh manusia dan sangat bermanfaat untuk kehidupan. Banyaknya wujud seni, maka digolongkan menjadi beberapa macam, jenis, dan cabang. Seni juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan stress, dan mengurangi kejenuhan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian seni hingga contohnya yang harus diketahui. Seni adalah bagian terpenting dalam hidup yang harus dipahami oleh manusia.

Baca juga:

Content Protection by DMCA.com