Seni Adalah

Posted on

VOI.co.id – Berbicara tentang seni akan menjadi sebuah cerita yang tak pernah ada habisnya. Pasalnya, Seni memiliki berbagai macam kategori yang telah dibagi berdasarkan jenis, macam, wujud, bentuk, dan lainnya. Seni adalah suatu kebutuhan hidup agar manusia merasa lebih bahagia.

Tanpa disadari, kehadiran seni sudah banyak dijumpai di sekitar lingkungan kita. Hadirnya seni membuat kehidupan di dunia menjadi lebih indah dan bewarna. Banyak orang yang senang dengan bentuk dan wujud seni.

Namun, banyaknya keanekaragaman yang diciptakan oleh seni membuat masing-masing orang memiliki penilaian dan pandangan dari seni tersebut. Sehingga penilaian yang dilakukan setiap orang akan berbeda berdasarkan minat dan kriteria yang dimiliki setiap individu. Berikut ini merupakan penjelasan lengkap mengenai seni, mulai dari pengertian, hingga macam-macam seni beserta contohnya.

Pengertian Seni

Pengertian-Seni

Secara bahasa, seni berasal dari kata sansekerta “sani” yang memiliki arti pemujaan atau persembahan. Sedangkan secara umum seni adalah sebuah karya kreativitas yang dibuat dengan indah untuk menggambarkan ekspresi setiap manusia dalam kehidupannya. Seni juga mampu membawa kesan menyenangkan bagi orang yang mengerti ketika melihatnya.

Dalam bahasa Belanda, seni disebut juga dengan “Genie” yaitu jenius yang berarti bahwa seni merupakan hasil ciptaan seseorang yang telah memiliki bakat sejak lahir. Dalam pengajaran ilmu Eropa bahwa seni (art) adalah media yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan tertentu.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Pengertian-Seni-Menurut-Para-Ahli

Seni memiliki pengertian dan penilaiannya tersendiri. Dilihat dengan cara bagaimana ia menghargai, melihat dan merasakan karya seni. Begitupun dengan para ahli terkenal ini, yang memiliki beragam pendapat mengenai definisi seni, diantaranya sebagai berikut

  • 1. Akhdiat Kartamiharja

Menurut Akhdiat Kartamiharja, ia berpendapat bahwa seni adalah kegiatan psikis (rohani) manusia yang merefleksi kenyataan (realitas). Karena bentuk dan isi karya tersebut memiliki daya untuk membangkitkan dan menggugah pengalaman tertentu dalam alam psikis si penikmat atau apresiator.

  • 2. Padmapusphita

Padmapusphita mengatakan bahwa definisi Seni berasal dari bahasa Belanda yakni “genie”, bahasa Latinnya yaitu “genius”, yang artinya kemampuan luar biasa yang dipunyai atau dibawa sejak lahir. Sedangkan menurut kajian ilmu di negara Eropa mengatakan “ART” atau seni bermakna artivisual yakni suatu media yang dapat melakukan suatu aktifitas tertentu.

  • 3. Ki Hajar Dewantara

Menurut pendapat Ki Hajar Dewantara yang menyatakan bahwa seni adalah hasil dari keindahan yang bisa menggerakkan perasaan seseorang tentang keindahan bagi yang melihatnya. Oleh sebab itu, perbuatan manusia dapat mempengaruhi dalam menumbuhkan perasaan yang indah itulah seni.

  • 4. Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Berdasarkan pendapat Prof. Drs. Suwaji Bastomi yang menyatakan bahwa Seni adalah segala kegiatan batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk yang agung dan mempunyai daya pembangkit rasa haru dan takjub.

  • 5. Drs. Sudarmaji

Menurut Drs. Sudarmaji, ia berpendapat bahwa Seni merupakan segala bentuk manifestasi batin & pengalaman estetis dengan menggunakan berbagai media seperti berbagai bidang, tekstur, garis, tekstur, warna volume dls. Seni juga bisa berarti ungkapan perasaan sang pencipta yang disampaikan kepada manusia supaya mereka bisa merasakan apa yang dirasakan oleh pelukis atau para pencipta seni.

  • 6. Harry Sulastianto

Harry Sulastianto mengemukakan seni budaya sebagai suatu keahlian dalam mengekspresikan berbagai macam ide & pemikiran estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan & imajinasi pandangan akan suatu benda dan suasana, atau karya yang dapat menumbuhkan rasa indah sehingga mampu menciptakan peradaban yang lebih maju lagi.

  • 7. Ahdian Karta Miharja

Menurut pendapat Ahdian Karta Miharja, menyatakan bahwa seni merupakan segala bentuk aktifitas rohani yang merefleksikan kenyataan dalam sebuah karya, dimana bentuk & isinya memiliki daya untuk membangkitkan keindahan tertentu didalam jiwa penikmatnya.

  • 8. Dra. Nuning Y. Damayanti, Dipl.Art

Dra. Nuning Y. Damayanti, Dipl.Art berpendapat bahwa seni pada awalnya ialah sebuah proses dari diri manusia, sehingga seni itu merupakan sinonim daripada ilmu. Seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia.

  • 9. Irma Damayanti, M.Sn

Menurut Irma Damayanti, M.Sn yang berpendapat bahwa seni bisa dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia. Seni memang sangat sulit untuk diungkapkan, dijelaskan juga sulit untuk dinilai, bahwa setiap individu artis memilih sendiri parameter yang menuntunnya dalam pekerjaannya.

  • 10. Sartono Kartodirdjo

Sartono Kartodirdjo berpendapat bahwa seni merupakan sebuah sistem yang koheren, karena bisa menjalankan komunikasi secara efektif, yaitu melalui bagiannya saja bisa menunjukkan secara universal.

  • 11. Aristoteles

Aristoteles memiliki pendapat tersendiri mengenai seni yang mengemukakan bahwa seni merupakan tiruan terhadap alam, namun sifatnya harus ideal atau sempurna.

  • 12. Ira Adriati, M.Sn

Menurut Ira Adriati, M.Sn yang menyatakan bahwa seni merupakan sebuah proses & produk dalam memilih medium, suatu mindset peraturan untuk menggunakan medium itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dikirimkan melalui ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik itu sensai, gagasan, kepercayaan,maupun perasaan dengan cara yang efektif seefektif mungkin.

 

Konsep Seni

Konsep-Seni

Seni merupakan salah satu media untuk manusia dalam mengekspresikan suatu keindahan atau kekaguman yang telah dilakukan sejak zaman dahulu. Bahkan sejak zaman purba manusia telah meniru lingkungan sebagai cara mengekspresikan rasa terhadap alam semesta. Hal ini dibuktikan dengan adanya lukisan dinding yang indah berada di gua.

Setelah masuk ke dalam masyarakat tradisional konsep seni semakin berkembang dengan dijadikan nya unsur kebudayaan seperti religi. Masyarakat akan melakukan upacara agama seperti menari, menyanyi, dan mendengarkan musik, sebagai karya untuk tuhan. Adapun benda lain yang sering dipakai adalah topeng atau alat jimat lainnya untuk upacara keagamaan.

Masuk ke dalam masa selanjutnya, manusia mulai mengerti membuat seni dengan menciptakan garis tahun lingkaran yang akan di dekorasi sesuai dengan keinginan. Bahkan apresiasi seni mulai diperhatikan berdasarkan kualitas seniman yang membuat karya cipta seni tersebut.

Fungsi Seni

Dalam setiap pembuatan karya seni pasti memiliki fungsinya tersendiri. Umumnya fungsi dari karya seni terbagi menjadi 2, yaitu fungsi individual dan fungsi sosial. Berikut ini merupakan penjelasannya,

  • 1. Fungsi Individual

Fungsi-Seni-Individual

Fungsi individual dalam seni terdapat pada masing-masing setiap manusia. Hal tersebut tergantung pada dua unsur dalam diri manusia, baik unsur fisik maupun unsur psikis (emosional dalam diri).

Kebutuhan manusia akan seni berdasarkan unsur fisik, bisa dipenuhi melalui karya yang berhubungan dengan fisik. Misalnya, perabotan, pakaian, dan sebagainya.
Kebutuhan manusia akan seni berdasarkan unsur psikis (emosional), dapat dipenuhi dengan berbagai karya yang disukai oleh masing-masing konsumen. Misalnya, lukisan, musik, tari, novel, film, dan lain sebagainya.

  • 2. Fungsi SoSial

Fungsi-Seni-Sosial

Fungsi sosial bisa dinikmati berdasarkan manfaat seni dilingkungan orang banyak dalam waktu yang relatif sama. Adapun fungsi sosial dibagi menjadi beberapa bidang, diantaranya adalah

Rekreasi/hiburan

Kehadiran seni bisa dijadikan sebagai bahan hiburan atau rekreasi, karena membuat banyak orang melepas strees atau mengurangi kesedihan. Hal ini bisa dilakukan pada saat kita akan menyaksikan film, tarian, seni, musik, lawak, dan lain sebagainya.

  • Komunikasi

Seni bisa menjadi bahan komunikasi atau berbincang mengenai sesuatu. Misalnya untuk memberi pesan, gagasan/ide pokok, kebijakan, kritik, dari sebuah seni tersebut.

  • Pendidikan

Salah satu media sebagai penunjang pendidikan bisa didapatkan dari seni. Misalnya terdapat pada, film ilmiah, dokumenter, poster ilmiah, gambar/foto, ilustrasi buku pelajaran dan lain sebagainya.

  • Religi/keagamaan

Pesan keagamaan yang bisa didapatkan dari seni terdapat pada kaligrafi, dekorasi rumah ibadah, lagu rohani, busana muslim.

 

Tujuan Seni

Tujuan-Seni

Dalam penciptaan seni memiliki tujuan yang sangat beragam. Berbagai tujuan seni tersebut diantaranya adalah,

  1. Mengembangkan kreativitas, Kehadiran seni membuat manusia menjadi lebih kreatif dalam melakukan atau menciptakan sesuatu.
  2. Mengembangkan kemampuan dalam mengapresiasi sebuah karya. Sehingga orang akan belajar memahami nilai dari seni tersebut lebih dalam
  3. Mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Setiap manusia akan mengalami hambatan dalam melakukan setiap pekerjaan. Dengan adanya kebebasan pada seni, bisa menyelesaikan hambatan yang terjadi.
  4. Mengembangkan kepribadian, karena setiap seniman memiliki kepribadian yang khas/unik.

 

Pembagian Seni

Pembagian-Seni

Untuk menciptakan karya seni, para seniman akan memilih media sebagai bentuk berekspresi serta cara menikmatinya. Hal tersebut masuk ke dalam pembagian seni seperti berikut ini,

1. Seni Audio (Auditory Art),

  • karya yang bisa dinikmati dan dinilai oleh indra pendengaran (telinga). Contohnya, seni suara, seni musik, dan seni sastra

2. Seni Visual (Visual Art),

  • karya seni yang bisa dinikmati dan dinilai melalui indra penglihatan (mata). Seni visual dibedakan menjadi 2 macam yaitu berdasarkan seni dua dimensi dan seni tiga dimensi. Contohnya, seni lukis, seni tari dan lainnya

3. Seni Audiovisual (Auditory Visual Art),

  • karya seni yang bisa dinikmati dan dirasakan melalui indra pendengaran (telinga) dan indra penglihatan (mata). Contohnya, seni tari, seni teater dan lainnya.

 

Macam-macam Seni Beserta Contohnya

Seni memiliki berbagai macam-macam bentuk, dan wujudnya. Berikut ini merupakan penjelasannya

  • 1. Seni Rupa

seni-rupa

Seni rupa merupakan sebuah karya seni yang memiliki wujud nyata dan sangat berguna bagi kehidupan. Dalam karya seni rupa terdapat dua fungsi, yakni sebagai kegunaannya maupun sebagai keindahannya.

Contoh karya seni rupa murni sebagai berikut,

  1. Seni grafis
  2. Seni lukis
  3. Seni patung
  4. Seni instalasi
  5. Seni pertunjukan
  6. Seni keramik

Contoh karya seni rupa terapan sebagai berikut,

  1. Perhiasan
  2. Transportasi
  3. Alat rumah tangga
  4. Pakaian
  5. Senjata
  6. Barang elektronik
  7. Arsitektur bangunan
  8. Poster
  • 2. Seni Teater

seni-teater

Seni teater merupakan salah satu bagian dari karya seni yang terwujud dalam pementasan. Karya yang ada pada seni teater ini menyangkut kemampuan untuk memahami dalam membuat naskah, ahli dalam berakting, mendekorasi suatu tata letak pentas, dan menciptakan menciptakan suasana yang berhubungan dengan seni teater.

Contoh karya seni teater tradisional sebagai berikut,

  1. Lenong
  2. Ketoprak
  3. Ludruk
  4. Mamanda
  5. Makyong
  6. Randai
  7. Wayang orang

Contoh karya seni teater tradisional sebagai berikut,

  1. Drama musikal
  2. Opera
  3. Kabaret
  • 3. Seni Musik

seni-musik

Seni musik adalah karya yang diciptakan oleh manusia untuk membentuk unsur bunyi. Bunyi tersebut akan menciptakan suatu harmoni, notasi, dan melodi indah yang akan didengar oleh si pendengar.

Contoh karya seni musik tradisional sebagai berikut,

  1. Musik karang Dodou
  2. Musik Huda
  3. Musik Goong Renteng
  4. Musik Laras Madya dan Santi Swara
  5. Musik Karang Gong Luang
  6. Musik Krumpyung
  7. Musik Gambang Kromong

Contoh karya seni musik modern sebagai berikut,

  1. Blues
  2. Opera
  3. Rap
  4. K-Pop
  5. Hip-Hop
  6. Anime Music.
  7. Marching Band
  8. Jazz
  9. Electronic Dance Music (EDM)
  • 4. Seni Tari

seni-tari

Seni tari merupakan hasil karya manusia untuk membentuk sebuah gerakan yang sesuai dengan iringan musik. Dalam gerakan tubuh penari terdapat keindahan yang mempunyai fungsi sebagai media komunikasi berekspresi. Keindahan tersebut terletak pada peraga, penikmat, koreografer, kepuasan penonton.

Contoh karya seni tari tradisional sebagai berikut,

  1. Tari Bedhaya Ketawang
  2. Tari Ronggeng
  3. Tari Kecak
  4. Tari Lilin
  5. Tari Saman
  6. Tari Angsa

Contoh karya seni tari modern di Dunia sebagai berikut,

  1. Tari Hip-Hop
  2. Breakdance
  3. R&B Dance
  4. Freestyle Dance
  5. Ballrom Dance
  6. Concert Dance
  7. Robot Dance
  8. Blood-Elf

Contoh karya seni tari modern Nusantara sebagai berikut,

  1. Tari Kuntulan (Pemalang, Jawa Tengah)
  2. Tari Merak (Jawa Barat)
  3. Tari Banjar Kemuning (Sidoarjo, Jawa Timur)
  4. Tari Rara Ngingel (Yogyakarta)
  5. Tari Nguri (Sumbawa)
  6. Tari Manuk Rawa (Bali)
  • 5. Seni Sastra

seni-sastra

Seni sastra merupakan hasil karya buatan manusia dalam bentuk tulisan yang memiliki arti atau makna berharga. Keindahan yang bisa diambil dari seni sastra terdapat dalam kata-kata yang dituliskan.

Contoh karya seni sastra sebagai berikut,

  1. Puisi
  2. Syair
  3. Gurindam
  4. Novel
  5. Cerpen

Seni adalah karya yang diciptakan dengan indah oleh manusia dan sangat bermanfaat untuk kehidupan. Banyaknya wujud seni, maka digolongkan menjadi beberapa macam, jenis, dan cabang. Seni juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan stress, dan mengurangi kejenuhan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian seni hingga contohnya yang harus diketahui. Seni adalah bagian terpenting dalam hidup yang harus dipahami oleh manusia.

Baca juga:

Content Protection by DMCA.com