Surat Resmi adalah

Posted on

VOI.Co.Id –  Bagi sebagian orang, contoh surat resmi bukanlah suatu hal yang penting dan perlu diketahui. Sedangkan bagi sebagian yang lainnya, contoh ini sangat diperlukan agar bisa membuat surat resmi yang baik dan benar. Surat resmi itu sendiri lebih umum di kalangan organisasi, dinas, instansi maupun perusahaan. Meskipun demikian, surat ini terkadang juga ditulis dan diperlukan oleh individu.

Pembuatan surat resmi ini sendiri tidak dilakukan secara sembarangan karena ada beberapa kaidah yang perlu diikuti. Oleh sebab itu, di bawah ini akan disampaikan sejumlah contoh surat resmi serta informasi-informasi lain yang masih berkaitan dengannya seperti ciri-ciri, fungsi, unsur-unsur dan jenis-jenis surat resmi.

Contoh Surat Resmi

  • 1. Contoh Surat Resmi Undangan Rapat Perusahaan

Contoh-Surat-Resmi-Undangan-Rapat-Perusahaan

Perusahaan seringkali mengadakan rapat dengan agenda tertentu. Pastinya, setiap orang yang diharapkan untuk hadir dalam rapat tersebut akan diberi surat undangan yang contohnya seperti di bawah ini.

PT MAJU ABDI ABC
Jl. Jend. A. Yani No. 72 Surabaya
Telp: 031 – 733322
Email: majuabdiabc@gmail.com

Nomor            : 011/UR/MAA/V/2015
Lampiran       : –
Hal                  : Undangan Rapat

Yth.
Bapak Andi Setya, SE
Manajer Marketing PT. Maju Abdi ABC
Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya acara peresmian kantor cabang baru di Sidoarjo, maka dengan ini kami mengundang Bapak untuk menghadiri acara rapat persiapan yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Kamis, 26 Juni 2015
Waktu: 10.00 – 12.00 WIB
Tempat: Ruang Pertemuan

Demikian surat ini kami sampaikan. Mengingat pentingnya acara rapat persiapan tersebut, kami harapkan agar Bapak berkenan hadir tepat waktu. Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

Surabaya, 24 Juni 2015

Hormat Kami,

 

Dwi Rita Andriani
Direktur PT. Maju Abdi ABC

Download Contoh Surat Undangan Rapat Perusahaan

  • 2. Contoh Surat Undangan Resmi Rapat Guru

Contoh-Surat-Resmi-Undangan-Rapat-Guru

Umumnya, surat undangan rapat guru dibuat ketika akan dilakukan kegiatan pembelajaran atau kegiatan tertentu lainnya. Sebenarnya contoh surat undangan rapat guru sama seperti contoh yang sebelumnya, hanya saja isinya sedikit berbeda. Adapun contoh surat untuk mengundang guru agar ikut serta dalam rapat ialah sebagai berikut.

PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS PENDIDIKAN
SMK  BINA MERAH PUTIH
Jl. Jend. A. Yani No. 72 Surabaya
Telp: 031 – 733322
Email: smkbnm@gmail.com

Nomor            : 010/121/SMK/V/2015
Perihal           : Undangan Rapat
Sifat                : Penting

Yth.
Bapak/Ibu Guru dan Staf Tata Usaha SMK Bina Merah Putih
Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu untuk hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Senin, 10 Agustus 2015
Pukul: 12.30 s.d 14.00 WIB
Tempat: Kantor Barat SMK Bina Merah Putih

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas kerjasama dan perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

Surabaya, 8 Agustus 2015
Kepala SMK Bina Merah Putih

 

Drs. Indratno, MM.
NIP. 197211101000002001

Download Contoh Surat Undangan Rapat Guru

  • 3. Contoh Surat Peringatan Perusahaan

Contoh-Surat-Peringatan-Perusahaan

Surat peringatan biasanya dikeluarkan dengan tujuan untuk memberikan teguran pada karyawan atau pegawai yang melakukan kesalahan. Apabila pegawai yang bersangkutan masih terus melakukan kesalahan hingga beberapa kali, ini bisa berujung pada dikeluarkannya surat pemberhentian kerja. Adapun contoh surat resmi peringatan dari perusahaan ialah sebagai berikut.

PT MAJU ABDI ABC
Jl. Jend. A. Yani No. 72 Surabaya
Telp: 031 – 733322  Email: majuabdiabc@gmail.comSURAT PERINGATAN PERTAMA (SP-1)Nomor            : 011/SP/MAA/V/2015
Dibuat oleh PT. Maju Abdi ABC, dalam hal ini ditujukan kepada:Nama             : Andi Setya, SE
Jabatan          :Manajer Marketing PT. Maju Abdi ABCSehubungan dengan sikap tidak disiplin (sering terlambat datang) yang saudara lakukan, maka kami memberikan surat peringatan pertama dengan ketentuan:

  1. Berlaku selama satu bulan sejak diterbitkan
  2. Apabila dalam waktu satu bulan tersebut saudara tidak melakukan pelanggaran yang menjadi dasar diterbitkannya surat peringatan pertama ini, maka surat peringatan pertama akan dinyatakan tidak berlaku
  3. Apabila dalam waktu satu bulan tersebut saudara melakukan kembali tindakan pelanggaran yang dimaksud, maka kami akan memberikan surat peringatan ke-2.

Demikian surat peringatan pertama (SP-1) ini dibuat. Harap diperhatikan dengan seksama.

Surabaya, 24 Juni 2015
Mengetahui,

 

Dwi Rita Andriani
Direktur PT. Maju Abdi ABC

Download Contoh Surat Peringatan Perusahaan

  • 4. Contoh Surat Rekomendasi Kerja

Contoh-Surat-Rekomendasi-Kerja

Surat rekomendasi kerja akan dikeluarkan apabila seseorang berhenti dari pekerjaannya secara baik-baik. Surat ini kemudian bisa dijadikan catatan oleh tempat kerja yang baru mengenai sikap serta perilaku calon pegawainya saat masih berada di tempat kerja yang sebelumnya. Adapun contohnya sebagai berikut.

PT MAJU ABDI ABC
Jl. Jend. A. Yani No. 72 Surabaya
Telp: 031 – 733322
Email: majuabdiabc@gmail.comSURAT REKOMENDASINomor: 011/MAA/V/2015
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                         : Andi Setya, SE
Jabatan                      : Pimpinan PT. Maju Abdi ABCMenerangkan bahwa:
Nama                         : Rian Andairi
Tempat, Tanggal Lahir: Jember, 21 Desember 1991
Alamat                        : Jl. Urip Sumoharjo No. 141 – Tanggul – Jembermasa kerjanya di perusahaan kami sudah berakhir terhitung sejak tanggal 20 Desember 2015 dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Marketing.Mengingat yang bersangkutan termasuk sebagai karyawan yang rajin dan jarang melakukan pelanggaran, selanjutnya untuk direkomendasikan kepada perusahaan manapun yang akan menjadi tempat beliau bekerja nantinya.Demikian surat ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.Surabaya, 24 Juni 2015Mengetahui,
Pimpinan PT. Maju Abdi ABC

 

Andi Setya, SE

Download Contoh Surat Rekomendasi

  • 5. Contoh Surat Ucapan Terima Kasih

Contoh-Surat-Ucapan-Terima-Kasih

Surat resmi juga bisa dijadikan alat untuk mengucapkan terima kasih. Meskipun demikian, pembuatan surat ini tetap harus ditulis dengan bahasa baku dan ejaannya juga harus benar. Adapun contohnya adalah sebagai berikut.

PT MAJU ABDI ABC
Jl. Jend. A. Yani No. 72 Surabaya
Telp: 031 – 733322
Email: majuabdiabc@gmail.comSurabaya, 24 Juni 2015Nomor            : 011/MAA/VII/2015
Lampiran       : –
Perihal           : Ucapan Terima KasihYth.
PT. Segera Maju Sejahtera
Jl. Jend. A. Yani No. 11
SurabayaDengan hormat,Dengan ini kami dari PT. Maju Abdi ABC mengucapkan terima kasih atas kehadiran sekaligus ucapan selamat yang terdapat pada karangan bunga dari PT. Segera Maju Sejahtera pada acara ulang tahun perusahaan kami yang ke-20. Kami sangat bangga dapat menjalin hubungan baik dengan perusahaan Anda. Semoga kerjasama ini bisa terus terjalin dengan baik pula ke depannyaDemikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.Hormat kami,
Direktur PT. Maju Abdi ABC 

Dwi Rita Andriani

Download Contoh Surat Ucapan Terima Kasih

  • 6. Contoh Surat Penugasan Karyawan Perusahaan

Contoh-Surat-Penugasan-Karyawan-Perusahaan

Surat penugasan karyawan perusahaan juga biasa disebut dengan surat tugas. Surat ini akan diberikan pada karyawan khusus yang hendak ditunjuk untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu. Pekerjaan tersebut macam-macam, bisa tugas keluar kota untuk mewakili perusahaan, tugas mengikuti pelatihan, tugas lapangan dan lain-lain. Adapun contoh surat resmi perusahaan satu ini ialah sebagai berikut.

PT MAJU ABDI ABC
Jl. Jend. A. Yani No. 72 Surabaya
Telp: 031 – 733322
Email: majuabdiabc@gmail.comSURAT TUGAS
Nomor: 011/ST/MAA/IV/2015Sehubungan dengan upaya peningkatan potensi dan kinerja karyawan PT. Maju Abdi ABC, maka dengan ini akan diberikan tugas kepada:Nama                                     : Andi Setya, SE
Nomor Induk Karyawan      : 2009022010
Jabatan                                  : Manajer MarketingUntuk menghadiri acara pelatihan tentang upaya perluasan pemasaran yang efektif di Hotel Bagus dengan alamat Jl. Mastrip No. 211 – Sidoarjo yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2015 sampai dengan 28 Juni 2015.Demikian surat tugas ini dibuat untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.Surabaya, 24 Juni 2015
Direktur PT. Maju Abdi ABC,Dwi Rita Andriani

Download Contoh Surat Penugasan Karyawan Perusahaan

  • 7. Contoh Surat Kuasa

Contoh-Surat-Kuasa

Surat kuasa merupakan surat yang dikeluarkan atau dibuat untuk mengalihkan wewenang pekerjaan dari suatu pihak ke pihak lain yang dianggap mampu mewakili. Surat ini dibuat saat seorang pimpinan harus melakukan 2 tugas sekaligus di waktu yang sama. Agar semua tugas tersebut bisa tetap terlaksana, maka salah satunya perlu diwakilkan pada staffnya dengan cara memberi staff tersebut surat kuasa untuk diperlihatkan pada pihak-pihak yang berkaitan. Adapun contohnya adalah sebagai berikut.

PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS PENDIDIKAN
SMK  BINA MERAH PUTIH
Jl. Jend. A. Yani No. 72 Surabaya
Telp: 031 – 733322
Email: smkbnm@gmail.comSURAT KUASA
Nomor: 010/SK/SMK/V/2015Yang bertanda tangan di bawah ini:Nama             : Drs. Indratno, MM
Jabatan          : Kepala SMK Bina Merah Putih
NIP                 : 97211101000002001Dengan ini memberikan kuasa kepada:Nama             : Asep Maulana, S.Pd
Jabatan          : Waka Kurikulum
NIP                 : 198312101000002008Untuk memimpin rapat rutin di SMK Bina Putra Bangsa pada tanggal 10 Agustus 2015, pukul 10.00 WIB hingga selesai. Surai kuasa ini berlaku mulai tanggal dikeluarkannya surat sampai selesainya pekerjaan tersebutDemikian surat ini dibuat agar bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.Sabtu, 8 Agustus 2015

Yang menerima kuasa                                                       Yang memberi kuasa

 

Asep Maulana, S.Pd                                                           Drs. Indratno, MM
NIP.  198312101000002008                                              NIP. 197211101000002001

Download Contoh Surat Kuasa

  • 8. Contoh Surat Panggilan Tes Kerja

Contoh-Surat-Panggilan-Tes-Kerja

Surat panggilan tes kerja dikeluarkan oleh suatu instansi dan ini juga termasuk surat resmi. Adapun contohnya ialah sebagai berikut.

PT MAJU ABDI ABC
Jl. Jend. A. Yani No. 72 Surabaya
Telp: 031 – 733322
Email: majuabdiabc@gmail.comSurabaya, 24 Juni 2015Nomor            : 019/IB/MAA/04/2015
Lampiran       : –
Perihal           : Panggilan TesYth.
Sdr. Andi Setya, SE
Jl. Salak Nomor 17 Kecamatan Tanggul
Kabupaten JemberMenanggapi surat lamaran kerja yang telah Saudara kirimkan, maka kami mengharap kehadiran Saudara pada:Hari/Tanggal : Kamis, 26 Juni 2015
Waktu             : 09.00 – 12.00 WIB
Keperluan     : Tes Wawancara
Tempat           : PT. Maju Abdi ABCPada kesempatan tersebut, kami juga berharap agar Saudara membawa berkas yang terdiri atas:

  1. Ijazah terakhir asli
  2. Transkrip nilai asli
  3. Fotocopy KTP

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

Manajer Personalia,

 

Citra Ayunda

Download Contoh Surat Panggilan Tes Kerja

  • 9. Contoh Surat Evaluasi Kerja Tahunan

Contoh-Surat-Evaluasi-Kerja-Tahunan

Perusahaan yang akan mengadakan evaluasi kerja tahunan juga perlu mengeluarkan surat resmi yang contohnya adalah sebagai berikut.

PT MAJU ABDI ABC
Jl. Jend. A. Yani No. 72 Surabaya
Telp: 031 – 733322
Email: majuabdiabc@gmail.comNomor            : 011/URP/MAA/IV/2015
Lampiran       : –
Perihal           : Undangan Rapat  PerusahaanYth.
Bapak Andi Setya, SE
Kepala Bagian Administrasi dan Gudang PT. Maju Abdi ABC
Di tempatDengan hormat,Sehubungan dengan akan dilaksanakannya evaluasi kerja tahunan PT. Maju Abdi ABC, maka dengan ini kami mengundang Bapak untuk menghadiri rapat persiapan acara tersebut yang akan dilaksanakan pada:Hari/Tanggal : Kamis, 26 Juni 2015
Waktu             : 10.00 – 12.00 WIB
Tempat           : Ruang Utama PT. Maju Abdi ABCDemikian surat ini kami sampaikan. Mengingat pentingnya acara rapat persiapan tersebut, kami harapkan agar Bapak berkenan hadir tepat waktu. Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.Surabaya, 24 Juni 2015
Hormat Kami, 

Dwi Rita Andriani
(Direktur)

Download Contoh Surat Undangan Rapat Evaluasi Kerja Tahunan

  • 10. Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Sekolah

Contoh-Surat-Pemberitahuan-Kegiatan-Sekolah

Pada beberapa kesempatan tertentu, sekolah akan mengadakan suatu kegiatan di mana kegiatan tersebut perlu diketahui oleh para wali murid. Untuk itu, biasanya akan dibuat surat pemberitahuan. Adapun contoh surat resmi Sekolah Dasar yang berisi pemberitahuan semacam ini ialah sebagai berikut.

PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS PENDIDIKAN
SD Nusa Bangsa
Jl. Jend. A. Yani No. 75 Surabaya
Telp: 031 – 733322
Email: smkbnm@gmail.comSabtu, 8 Agustus 2015Nomor            : 155/SDNB/2015
Perihal           : Undangan
Lampiran       : PemberitahuanYth.
Orang Tua / Wali Murid
Siswa-Siswi SD Nusa Bangsa
SurabayaDengan hormat,Dalam rangka memperingati hari Kartini, kami pihak sekolah akan mengadakan acara lomba menggambar dan menyanyikan lagu daerah. Adapun acara tersebut akan kami laksanakan pada:Hari/Tanggal: Selasa, 21 April 2015
Pukul: 08.00 s.d 10.00 WIB
Tempat: Halaman SD Nusa BangsaDemikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.Kepala SD Nusa Bangsa

Drs. Indratno, MM.
NIP. 197211101000002001

Download Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Sekolah

  • 11. Contoh Surat Undangan Rapat OSIS

Contoh-Surat-Undangan-Rapat-OSIS

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang biasa disebut juga dengan OSIS merupakan lembaga kepengurusan kesiswaan, di mana tujuannya ialah untuk melatih para siswa dalam berorganisasi serta menjalankan program tertentu. Karena OSIS juga merupakan sebuah organisasi, surat yang dikeluarkannya juga termasuk surat resmi. Contohnya seperti berikut ini.

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMK  BINA MERAH PUTIH
Jl. Jend. A. Yani No. 72 Surabaya
Telp: 031 – 733322Nomor            : OSIS/022/20/01/2015
Perihal           : Undangan Rapat OSIS
Lampiran       : -Yth.
Saudara Andre Hendriawan
Di tempatDengan hormat,Sehubungan dengan akan dilaksanakannya acara ulang tahun sekolah kita yang tercinta, dengan ini kami mengundang Saudara/i pada:Hari/Tanggal : Selasa, 11 Agustus 2015
Pukul             : 12.30 s.d selesai
Tempat           : Ruang OSIS
Acara              : Perencanaan dan Penyusunan Acara untuk Memperingati Hari Ulang tahun SMK Bina Merah PutihDemikian surat undangan ini kami sampaikan. Atas kerjasama dan perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.Sabtu, 8 Agustus 2015
Ketua OSIS                                                                                                   Sekretaris 

Danar Amin                                                                                                  Aulia Dina
Mengetahui,

Pembina OSIS

 

Drs. Indratno, MM.
NIP. 197211101000002001

Download Contoh Surat Undangan Rapat OSIS

  • 12. Contoh Surat Pemberian Ijin Cuti untuk Guru

Contoh-Surat-Pemberian-Ijin-Cuti-untuk-Guru

Saat seorang guru ingin mengajukan cuti karena berbagai alasan, maka yang bersangkutan perlu membuat surat permohonan cuti. Dengan demikian, nantinya pihak sekolah akan mengeluarkan surat resmi pula yang contohnya seperti di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS PENDIDIKAN
SMK  BINA MERAH PUTIH
Jl. Jend. A. Yani No. 72 Surabaya
Telp: 031 – 733322
Email: smkbnm@gmail.comSURAT IZIN CUTI
Nomor: BMP.SIC/121/SMK.BMP/II/2015Yang bertanda tangan di bawah ini adalah Kepala Sekolah SMK Bina Merah Putih, memberikan ijin cuti untuk melakukan prosedur operasi kepada:Nama                                     : Ega Andriana
Tempat/Tanggal Lahir         : Jember, 11 Juni 1990
Alamat                                    : Jl. Jend. A. Yani No. 15 Surabaya
Jabatan                                  : Guru MatematikaTerhitung sejak tanggal 1 Februari 2015 sampai dengan 17 Februari 2015. Sebelum itu, yang bersangkutan diharapkan untuk untuk menyerahkan tugas kepada Kepala Sekolah.Demikian surat izin cuti ini dibuat agar bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.Ditetapkan di: Surabaya
Tanggal: 1 Februari 2015Kepala SMK Bina Merah Putih 

Drs. Indratno, MM.
NIP. 197211101000002001

Download Contoh Surat Pemberian Ijin Cuti untuk Guru

  • 13. Contoh Surat Tugas Pengawas UN

Contoh-Surat-Tugas-Pengawas-UN

Surat tugas menjadi salah satu bukti bahwa orang-orang yang disebutkan dalam surat tersebut memang diberikan mandat untuk menjalankan tugas tertentu. Adapun contohnya ialah sebagai berikut.

PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS PENDIDIKAN
SMA  BINA MERAH PUTIH
Jl. Jend. A. Yani No. 72 Surabaya
Telp: 031 – 733322SURAT TUGAS
Nomor: BMP.ST/121/SMA.BMP/II/2015Yang bertanda tangan di bawah ini:Nama                                     : Ega Andriana, M.Pd
NIP                                         : 197211101000002001
Jabatan                                  : Kepala Sekolah
Alamat Kantor                       : SMA Bina Merah Putih
Jl. Jend. A. Yani No. 72 SurabayaMemberikan tugas kepada nama-nama yang disebutkan di bawah ini untuk menjadi Pengawas Ruang pada Ujian Akhir Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015 pada sekolah yang telah ditetapkan.

NoNama GuruJabatanTempat Tugas
1.Fida Ardiani, S.SiGuru GeografiSMA Melati Wangi
2.Mahardika, S.PdGuru BiologiSMA Melati Wangi

Demikian surat tugas ini dibuat, untuk digunakan dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Surabaya, 16 Maret 2015

Kepala SMA Bina Merah Putih

 

Ega Andriana, M.Pd
NIP. 197211101000002001

Download Contoh Surat Tugas Pengawas UN

  • 14. Contoh Surat Undangan Pengambilan Rapor

Contoh-Surat-Undangan-Pengambilan-Rapor

Secara umum, sekolah juga akan mengeluarkan surat resmi secara rutin saat akan dilaksanakan pengambilan raport di semester 2. Contoh surat resmi tersebut ialah sebagai berikut.

PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS PENDIDIKAN
SMK  BINA MERAH PUTIH
Jl. Jend. A. Yani No. 72 Surabaya
Telp: 031 – 733322
Email: smkbnm@gmail.comSurabaya, 2 Juni 2015Nomor            : 210/121/SMK/X/2015
Perihal           : Undangan Pengambilan RaportYth.
Orang tua/wali murid SMK Bina Merah Putih
Di tempatDengan hormat,Sehubungan dengan berakhirnya pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Genap 2014/2015, dengan ini kami mengundang Bapak dan Ibu untuk hadir pada:Hari/Tanggal: Sabtu, 5 Juni 2015
Pukul: 08.30 s.d selesai
Tempat: Aula SMK Bina Merah Putih
Acara: Pengambilan RaportMengingat pentingnya acara tersebut, kami berharap agar Bapak/Ibu berkenan untuk hadir.Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
Kepala SMK Bina Merah Putih

 

Drs. Indratno, MM.
NIP. 197211101000002001

Download Contoh Surat Undangan Pengambilan Rapor

  • 15. Contoh Surat Permohonan

Contoh-Surat-Permohonan

Seperti namanya, surat permohonan ini dibuat dengan memuat permohonan dari suatu instansi pada instansi lainnya. Adapun contohnya ialah sebagai berikut.

PT MAJU ABDI ABC
Jl. Jend. A. Yani No. 72 Surabaya
Telp: 031 – 733322
Email: majuabdiabc@gmail.comNomor            : 011/RE/MAA/VIII/2015
Lampiran       : 1 Proposal
Hal                  : PermohonanYth.
Ibu Amarta, SE
Kepala Bagian Keuangan PT. Maju Abdi ABC
Di tempatDengan hormat,Sehubungan dengan adanya kegiatan outdoor sebagai upaya peningkatan kinerja karyawan PT. Maju Abdi ABC bagian marketing dan produksi yang akan dilaksanakan pada:Hari/Tanggal: Kamis, 26 Juni 2015
Waktu: 07.30 s/d selesai
Tempat: Taman Flora Surabayauntuk ini kami memohon bantuan dana demi lancarnya kegiatan tersebut. Sebagai pertimbangan, kami lampirkan pula 1 berkas proposal mengenai kegiatan yang akan dilakukan.Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan terima kasih.Surabaya, 19 Juni 2015

Kepala Bagian Marketing
PT. Maju Abdi ABC

 

Eka Ria Andriana

Download Contoh Surat Permohonan

  • 16. Contoh Surat Penugasan Staff Instansi

Contoh-Surat-Penugasan-Staff-Instansi

Surat penugasan staff instansi pada intinya juga sama, yakni untuk memberikan tugas tertentu pada satu atau bisa juga beberapa orang staff sekaligus. Adapun contoh surat resmi instansi satu ini ialah sebagai berikut.

PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER
KECAMATAN TANGGUL
Jl. HOS Cokroaminoto Telp. (0336) – 722333
Email: tanggul@jemberkab.comSURAT TUGAS
Nomor: 072/33.06.08/2015
DASAR: Phonogram Kabupaten Jember No. 004/372/33.06.011/2015 tanggal 23 April 2015MENUGASKAN KEPADA:Nama             : Sukma Wardoyo
Pangkat         : Penata (III/c)
NIP                 : 197211101000002001
Jabatan          : Operator Kecamatan TanggulUNTUK: mengikuti BIMTEK Penyusunan Data Kependudukan di Ruang Melati Lt III Jl. Kalimantan No. 2 Jember pada hari Senin, 04 Mei 2015 pukul 08.00 sampai dengan selesai.Demikian surat tugas ini dibuat untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.Dikeluarkan di          : Tanggul
Pada tanggal              : 04 Mei 2015a.n Camat Tanggul
Andi Prasetyo, S.SosPembina
NIP. 197911101021002005

Download Contoh Surat Penugasan Staff Instansi

  • 17. Contoh Surat Undangan Rapat DPRD

Contoh-Surat-Undangan-Rapat-DPRD

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS PENDIDIKAN PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN
Kabupaten Jember
Jl. Sudarman No. 1 Jember 68118
Jember, 13 Maret 2016Nomor            : 125/DPPK/2016
Lampiran       : –
Perihal           : UndanganYth.
Sdr Rahmat Sudarso
Jl. Jawa No. 7
JemberDengan hormat,Sehubungan dengan akan dilaksanakannya rapat internal, kami berharap agar saudara dapat hadir dalam rapat tersebut pada:Hari: Kamis
Tanggal: 17 Maret 2016
Tempat: Gedung Aula Kabupaten Jember
Acara: Pembahasan Kegiatan Sosial Bersama Anggota DPRD JemberDemikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.Hormat kami,
Kepala Dinas Pendidikan Pariwisata dan Kebudayaan
Kabupaten Jember 

Darwono

Download Contoh Surat Undangan Rapat DPRD

  • 18. Contoh Surat Undangan Tasyakuran Dinas

Contoh-Surat-Undangan-Tasyakuran-Dinas

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN JEMBER
DINAS PEKERJAAN UMUM CIPTA KARYA DAN TATA RUANG
Jl. Dewi Sartika No. 2 Kepatihan – Jember 68152
Telp. 0331-426377
Jember 12 Agustus 2017Nomor: 010/PU/61/IX/2017
Perihal: UndanganKepada Yth.
Dinas Perindustrian dan Perdagangan
Kabupaten Jember
Di TempatDengan hormat,Dengan ini kami dari Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang bermaksud untuk mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk ikut menghadiri acara tasyakuran dalam rangka berdirinya kantor baru Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang dan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72. Acara tersebut akan dilaksanakan pada:Hari/Tanggal : Rabu, 16 Agustus 2017
Waktu             : 16.00 – selesai
Tempat           : Ruang Umum Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten JemberDemikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang
Pemerintah Kabupaten Jember 

Ir. Rendra Mahardika, MBA

Download Contoh Surat Undangan Tasyakuran Dinas

  • 19. Contoh Surat Undangan Doa Bersama pada Waktu Tertentu

Contoh-Surat-Undangan-Doa-Bersama-pada-Waktu-Tertentu

Contoh surat undangan resmi yang lainnya ialah membahas tentang acara doa bersama yang dilakukan pada waktu tertentu. Untuk contoh tersebut ialah sebagai berikut.

PEMERINTAH DESA ANGGUN
DUSUN I AYU SEJAHTERANomor            : 011/DAS/16/2016
Perihal           : Undangan
Lampiran       : -Kepada
Yth. Bapak/Sdr Warga Dusun II
Di tempatDengan hormat,Dalam pertemuan bersama tokoh masyararakat beserta Bapak RT, dihasilkan keputusan bahwa akan diselenggarakan acara doa bersama. Dengan surat ini, kami mengundang Bapak/Saudara untuk hadir dalam acara doa bersama tersebut yang akan diselenggarakan pada:Hari/Tanggal: Sabtu, 12 November 2015
Waktu: 19.30 s/d selesai
Tempat: Halaman Kediaman Bapak Surya (Kepala Dusun I)Kami berharap agar Bapk/Sdr dapat mengikuti acara ini.Demikian surat undangan ini kami buat,  atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.Ayu Sejahtera, 08 November 2015
Pengundang

 

Kepala Dusun I Ayu Sejahtera

Download Contoh Surat Undangan Doa Bersama pada Waktu Tertentu

  • 20. Contoh Surat Edaran dari Rektor

Dalam lingkup universitas, surat resmi tentunya sudah sangat familiar. Adapun di antara contoh surat resmi universitas yang berupa surat edaran dari rektor ialah sebagai berikut.

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN DIKTI
UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)
Jalan Semarang No. 5 Malang 65145
Telepon 0341-551312SURAT EDARANNOMOR: 30.11.57/UN32.11/TU/2015
TENTANG HARI LIBUR NASIONALYth.

  1. Para Dosen
  2. Para Tenaga Kependidikan
  3. Para Mahasiswa

Universitas Negeri Malang

Menindaklanjuti Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2015 tanggal 03 November 2015 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2015 sebagai Hari Libur Nasional, dengan hormat kami beritahukan bahwa Hari Rabu, tanggal 18 November 2015 ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional dalam rangka Pemilihan Umum tersebut.

Demikian agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

30 November 2015

a.n Rektor
Wakil rektor II

 

Prof. Dr. Siswoyo M.E
NIP. 1963111111988021001

Tembusan:

  1. Rektor
  2. Para Wakil Rektor
  3. Para Dekan
  4. Direktur Pascasarjana
  5. Para Ketua Lembaga
  6. Para Kepala Biro
  7. Para Kepala UPT
  8. Para Ketua Jurusan
  9. Ketua Pusat Bisnis
  10. Para Kabag
  11. Para Kasubbag

Universitas Negeri Malang

Download Contoh Surat Edaran dari Rektor

Apa itu Surat Resmi?

Surat-Resmi-Adalah

Dari berbagai contoh di atas, secara singkat, surat resmi merupakan surat yang memuat kepentingan-kepentingan resmi, bersifat formal dan dikeluarkan oleh instansi tertentu, organisasi tertentu maupun individu. Dalam kalimat yang lain, bisa dijelaskan pula bahwa surat resmi merupakan surat yang dibuat dengan mengikuti berbagai aturan dan disesuaikan dengan kaidah yang berlaku.

Ciri-Ciri Surat Resmi

Ciri-Ciri-Surat-Resmi

Surat resmi mempunyai ciri-ciri khusus yang membuatnya bisa dengan mudah dikenali serta dibedakan dari jenis surat yang lainnya. Adapun ciri-ciri surat resmi ialah sebagai berikut.

  • Dibuat dengan aturan tertentu dan terdiri atas unsur-unsur yang sistematis
  • Pada kondisi tertentu, surat resmi perlu dilengkapi dengan cap khusus atau stempel
  • Dalam surat resmi akan terdapat tanggal surat, perihal surat, nomor surat serta lampiran bila memang ada
  • Dibuat dengan menggunakan kop surat sebagai identitas bagi pihak yang mengeluarkannya
  • Dibuat dengan bahasa yang mudah dipahami, singkat dan padat atau eksplisit

Fungsi Surat Resmi

Fungsi-Surat-Resmi

Selain mempunyai ciri-ciri seperti yang telah disebutkan sebelumnya, surat resmi juga mempunyai fungsi yang mungkin tidak terdapat pada jenis surat yang lainnya. Adapun fungsi surat resmi beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Berfungsi sebagai bukti kronologis dan bukti historis apabila diperlukan sewaktu-waktu
  • Bisa dijadikan alat pengingat oleh penerima surat. Oleh karena itu, surat resmi ini perlu disimpan supaya bisa dijadikan sebagai data jika diperlukan suatu saat nanti
  • Bisa dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan aktifitas atau kegiatan tertentu
  • Bisa menjadi bukti tertulis yang bisa dipercaya serta dipertanggungjawabkan
  • Bisa menjadi sarana informasi mengenai hal-hal khusus yang disampaikan oleh pihak yang satu pada pihak yang lainnya

Unsur-Unsur Surat Resmi

Unsur-Unsur-Surat-Resmi

Saat melihat contoh surat resmi undangan dan contoh surat resmi yang lainnya di atas, tentu akan terlihat bahwa jenis surat satu ini mempunyai unsur-unsur tertentu. Unsur-unsur tersebut adalah komponen yang wajib ada dalam surat resmi yang meliputi berbagai hal yang disebutkan di bawah ini.

  • 1. Kepala Surat

Kepala surat ini adalah bagian yang biasa disebut dengan kop surat. Kepala surat adalah hal pertama yang biasanya diperhatikan oleh penerima, mengingat bagian ini menjadi identitas pengirim surat yang di dalamnya terdapat nama institusi, alamat institusi pengirim, alamat email, nomor telepon yang dapat dihubungi, alamat fax, kode pos serta logo institusi yang berkaitan.

Selain itu, kepala surat ini juga bisa berperan sebagai media dan sekaligus sarana untuk memberikan informasi mengenai jenis bidang usaha atau kegiatan.

  • 2. Nomor Surat

Nomor surat ini akan berisi nomor urut surat, bulan serta tahun pengeluaran atau pembuatan surat. Bagian ini umumnya akan ditempatkan di bagian bawah kepala surat sebelah kiri. Pembuatan nomor surat ini sendiri akan dilakukan dengan mengacu pada kebijakan masing-masing instansi atau perusahaan.

Maka dari itu, tidak heran jika kemudian ditemukan format nomor surat yang berbeda antara instansi yang satu dengan instansi yang lainnya. Meskipun demikian, masing-masing dari nomor surat mempunyai fungsi yang sama, yakni sebagai berikut.

  1. Untuk mempermudah mengontrol frekuensi pengiriman surat
  2. Mempermudah pengelompokan surat yang sesuai dengan isi surat
  3. Mempermudah pengarsipan dan penyimpanan administratif
  4. Mempermudah pencarian apabila dibutuhkan
  • 3. Lampiran

Lampiran ini menjadi petunjuk apakah terdapat dokumen yang menyertai surat atau tidak. Dalam surat resmi, lampiran ini akan dinyatakan dalam jumlah yang pasti. Misalnya, apabila ada keterangan seperti berikut.

Perihal           : –

Lampiran       : 3 lembar

Keterangan tersebut menunjukkan bahwa terdapat 3 lembar dokumen penunjang surat. Namun, apabila lampiran tersebut tidak ada, umumnya hanya akan diganti dengan tanda (-).

  • 4. Perihal

Adapun perihal merupakan informasi mengenai tujuan utama dibuatnya surat resmi. Dengan demikian, pihak penerima bisa langsung mengetahui apa tujuan dari si pengirim mengirimkan tersebut. Perihal, bila dalam surat terkadang hanya ditulis sebagai ‘Hal’.

  • 5. Tanggal, Bulan dan Tahun Penulisan Surat

Dalam surat resmi juga perlu dicantumkan tanggal, bulan serta tahun penulisan surat. Tujuannya adalah supaya pihak penerima mengetahui kapan kiranya surat tersebut dibuat, yang secara tidak langsung juga bisa membuat mereka mengetahui masa berlakunya surat.

  • 6. Alamat yang Dituju

Surat resmi juga wajib memuat alamat dan pihak yang dituju. Sama seperti yang lainnya, unsur satu inipun harus ditulis dengan baik dan benar supaya surat tidak salah sasaran. Umumnya, alamat surat ini akan dimulai dengan kata ‘Kepada’ atau ‘Yth’.

  • 7. Salam Pembuka

Salam pembuka merupakan penghormatan yang diletakkan di awal surat. Oleh karena itu, salam pembuka ini cukup penting sebelum membahas tentang tujuan surat dikirim. Adapun salam pembuka yang umum digunakan ialah “Assalamu’alaikum” dan “Dengan hormat”. Meskipun tampak sepele, namun salam pembuka ini juga bisa membantu menanamkan rasa persaudaraan.

  • 8. Isi Surat

Isi surat ini terdiri atas 3 bagian, yakni paragraf pembuka, inti dan penutup. Paragraf pembuka merupakan sebutan untuk paragraf pendahuluan yang berisi basa basi. Paragraf ini hanya ada satu dan bersifat sebagai pengantar sebelum akhirnya membahas inti surat. Adapun inti surat merupakan unsur yang sangat penting karena di sinilah informasi-informasi penting disampaikan.

Sementara untuk bagian penutup, umumnya berisi ucapan terima kasih dan menjadi tanda bahwa informasi dalam surat sudah selesai disampaikan. Bagian inipun akan dituliskan secara singkat dan padat.

  • 9. Salam Penutup

Ini adalah unsur yang sifatnya opsional (boleh ada, boleh tidak) walaupun sebenarnya salam penutup itu sangat bagus. Salam penutup ini sendiri umumnya berisi kalimat yang dipakai untuk menambah sopan santun dalam berkomunikasi melalui surat resmi.

  • 10. Tanda Tangan dan Nama Pengirim Surat

Tanda tangan juga perlu dibubuhkan di akhir surat resmi. Selain tanda tangan, diperlukan pula nama pengirim atau nama penanggung jawab surat tersebut. Kedua bagian ini dicantumkan sebagai penguat bahwa surat tersebut memang dikeluarkan dan dikirimkan oleh pihak yang berkepentingan.

  • 11.Tembusan dan Catatan

Baik tembusan maupun catatan tidak selalu ada dalam surat resmi. Tembusan baru dicantumkan apabila terdapat pihak lain yang dianggap berkepentingan dan perlu tahu isi surat yang dimaksud. Sementara untuk catatan, ini merupakan pesan singkat yang tidak disebutkan dalam isi surat.

Jenis-Jenis Surat Resmi

Jenis-Jenis-Surat-Resmi

Ada cukup banyak jenis surat resmi yang bisa diketahui, dan beberapa di antaranya ialah sebagai berikut.

  • 1. Surat Panggilan

Surat panggilan merupakan surat yang fungsinya adalah untuk memanggil suatu instansi atau bahkan seseorang dalam rangka membicarakan kepentingan tertentu. Contohnya dalam hal ini ialah surat panggilan untuk interview, surat panggilan kerja dan lain-lain.

  • 2. Surat Undangan

Surat undangan merupakan surat yang fungsinya untuk mengundang salah satu pihak dalam suatu kepentingan tertentu, misalnya surat undangan rapat, surat undangan suatu acara dan lain-lain.

  • 3. Surat Edaran

Surat edaran merupakan surat yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh suatu instansi, di mana di dalamnya terdapat informasi yang ditujukan untuk kalangan tertentu. Surat ini terdiri atas 2 jenis, yakni surat edaran terbatas dan surat edaran tidak terbatas. Surat edaran terbatas adalah surat yang dibuat oleh suatu instansi dan biasanya hanya ditujukan bagi orang –orang yang menjadi anggota instansi tersebut. Contohnya surat edaran kebijakan koperasi pada anggotanya atau surat edaran dari rektor yang ditujukan pada warga kampusnya.

Adapun surat edaran tidak terbatas ialah surat edaran yang ditujukan pada masyarakat secara umum. Contohnya, surat edaran mengenai perubahan kebijakan yang telah ditetapkan oleh suatu instansi dan perlu diketahui oleh masyarakat luas.

  • 4. Surat Keputusan

Surat keputusan merupakan surat yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh suatu instansi, di mana di dalamnya terdapat keputusan-keputusan tertentu yang berlaku bagi anggotanya. Umumnya, surat keputusan biasa disingkat dengan SK dan contohnya adalah SK pengangkatan pengurus, SK pegawai tetap dan lain-lain. Biasanya pula, SK akan menggunakan kata-kata seperti ‘Membaca’, ‘Menimbang’, ‘Mengingat’, ‘Memperhatikan’ dan ‘Memutuskan’.

  • 5. Surat Perjanjian Kontrak Kerja

Surat perjanjian kontrak kerja merupakan surat yang berisi tentang kontrak atau perjanjian. Umumnya, surat ini juga sekaligus menyinggung hak dan kewajiban kedua belah pihak yang menandatangani surat tersebut. Surat ini dibuat untuk dijadikan bukti tertulis atas kesepakatan pihak-pihak yang terlibat apabila muncul masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, surat perjanjian kontrak kerja akan dibuat menjadi 2 rangkap, yang masing-masingnya memiliki kekuatan hukum yang sama.

  • 6. Surat Niaga

Surat niaga merupakan surat yang biasa digunakan dalam melaksanakan transaksi jual beli dalam jumlah tinggi. Surat niaga biasa juga disebut sebagai surat dagang dan surat bisnis. Surat niaga ini sendiri banyak macamnya, di mana beberapa di antaranya ialah surat telegram, surat tagihan, surat penangguhan pembayaran, surat penerimaan pembayaran, surat pemesanan barang, surat penawaran barang dan surat permintaan barang.

  • 7. Surat Perintah

Surat perintah merupakan surat yang berisi perintah tertentu dari salah satu pihak pada pihak yang lainnya. Secara umum, surat perintah ini ada dalam suatu organisasi, perusahaan maupun kantor-kantor dinas. Adapun contoh dari surat perintah ialah surat perintah pindah tugas, surat perintah lembur dan lain-lain.

  • 8. Surat Kuasa

Surat kuasa merupakan surat yang umum digunakan saat seseorang ingin digantikan oleh orang lain pada keadaan tertentu. Dalam kalimat yang lain, dijelaskan bahwa surat kuasa merupakan surat yang isinya adalah tentang pemberian wewenang atau kekuasaan pada pihak lain untuk melakukan kegiatan tertentu.

Dengan demikian, surat kuasa ini menjadi bukti bahwasanya penerima kuasa mempunyai hak serta kewajiban untuk melakukan berbagai hal yang telah dijelaskan dalam surat tersebut. Sebagai penunjang, dalam surat ini juga akan disebutkan identitas pribadi pihak pemberi kuasa dan penerima kuasa, sekaligus wewenang yang diberikan pada penerima kuasa lengkap dengan batasannya.

  • 9. Surat Pengantar

Surat pengantar merupakan surat yang menjadi pertanda bahwasanya pembawa surat tersebut sudah diketahui bahkan disetujui oleh pihak yang dapat dipertanggung jawabkan. Dengan adanya surat ini, maka pembawa surat yang bersangkutan tidak akan dicurigai oleh orang atau pihak yang dituju. Adapun contoh surat resmi pengantar ialah surat pengantar laporan, surat pengantar dokumen, surat pengantar sekolah dan lain-lain.

  • 10. Surat Permohonan

Surat permohonan merupakan surat yang digunakan oleh salah satu pihak untuk menyampaikan suatu permohonan pada pihak yang lainnya. Umumnya, surat ini akan dibuat apabila terdapat permasalahan atau kebutuhan yang tidak bisa diselesaikan secara mandiri. Contohnya ialah surat permohonan peminjaman lokasi, surat permohonan bantuan dana, surat permohonan menjadi penguji dan lain-lain.

  • 11. Surat Peringatan

Surat peringatan biasa disebut juga dengan SP. Surat ini umumnya dibuat untuk memberikan peringatan pada karyawan yang sudah melakukan pelanggaran atau kesalahan dengan harapan agar karyawan tersebut merasa jera dan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

  • 12. Surat Tugas

Surat tugas merupakan surat yang dibuat oleh atasan yang berwenang di suatu instansi, di mana di dalamnya membahas tentang penugasan seorang karyawan atau pegawai untuk melakukan pekerjaan tertentu. Biasanya, surat ini hanya dibuat untuk satu jenis pekerjaan. Artinya, apabila pekerjaan tersebut sudah selesai, maka surat tugas sudah tidak berlaku lagi. Perlu diingat juga, surat tugas itu berbeda dengan surat dinas karena surat dinas dipergunakan untuk pekerjaan yang sifatnya rutin, bukan hanya satu kali.

  • 13. Surat Pengumuman

Surat pengumuman merupakan surat yang dibuat untuk memberitahukan suatu informasi pada masyarakat atau kalangan-kalangan tertentu yang memiliki keterkaitan dengan informasi tersebut. Contoh dari surat pengumuman ini ialah surat pengumuman libur kuliah ketika bulan puasa dan hari lebaran.

Berbagai contoh surat resmi di atas bisa dijadikan acuan saat hendak membuat suatu surat yang sifatnya formal. Selain perlu memahami contoh-contoh tersebut, hendaknya orang yang akan membuat surat resmi juga memahami berbagai hal yang ada kaitannya dengan surat resmi agar pembuatannya bisa lebih mudah.

Demikian informasi mengenai contoh surat resmi dan beberapa informasi lainnya, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Content Protection by DMCA.com