Contoh Slogan

Posted on

VOI.Co.Id –  Contoh slogan bisa dengan mudah ditemukan karena biasanya dipasang di tempat-tempat umum, termasuk salah satunya sekolah. Slogan ini sendiri adalah salah satu sarana yang  dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk menyampaikan suatu informasi tertentu. Dan agar slogan tersebut mampu menarik minat orang yang melihatnya, slogan haruslah dibuat semenarik mungkin, entah itu isi ataupun penampilannya.

Slogan sangat mudah dikenali karena mempunyai ciri-ciri tertentu. Selain itu slogan rupanya juga terdiri atas beberapa jenis dan penyusunannya pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Berikut ini akan disampaikan mengenai pengertian, tujuan, ciri-ciri, macam-macam, cara penulisan serta beberapa contoh slogan, antara lain.

Pengertian Slogan Secara Umum dan Menurut KBBI

Pengertian-Slogan-Secara-Umum-dan-Menurut-KBBI

Kata slogan disebutkan berasal dari bahasa Gaelik, yakni sluagh-ghairm yang artinya adalah teriakan bertempur. Dari asal kata tersebut slogan dapat dipahami sebagai suatu kata atau kalimat singkat yang menarik dan mudah diingat, yang umumnya dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi tertentu pada khalayak ramai. Dalam kalimat yang lain, dijelaskan bahwa slogan merupakan kalimat pendek yang menarik serta mudah diingat namun mengandung makna yang luas.

Sementara itu, KBBI menyebutkan bahwasanya slogan mempunyai dua makna. Makna yang pertama yakni kalimat pendek yang menarik, mencolok dan juga mudah diingat guna memberitahukan sesuatu. Sementara makna yang kedua ialah kalimat atau perkataan pendek, yang mudah diingat, menarik serta mencolok guna menjelaskan tujuan dari suatu ideologi, partai politik, organisasi, golongan dan lain sebagainya.

Pengertian Slogan Menurut Para Ahli

Pengertian-Slogan-Menurut-Para-Ahli

Selain pengertian slogan seperti yang telah dijelaskan di atas, beberapa ahli juga ada yang mengungkapkan pendapatnya mengenai hal ini. Adapun di antaranya ialah sebagai berikut.

  1. Alwi

Alwi menjelaskan bahwa slogan itu adalah kalimat pendek yang mudah untuk diingat, mencolok serta menarik yang dipakai untuk menjelaskan tentang tujuan dari suatu organisasi, ideologi serta partai politik.

  1. Sukini

Sukini menerangkan bahwa slogan merupakan kalimat singkat yang mempunyai sifat persuasif, yang susunan dalam kalimatnya tidak seperti biasa.

  1. Anton Moedardo Moeliono

Anton Moedardo Moeliono menjelaskan bahwa slogan ialah kalimat pendek atau perkataan yang mencolok, menarik dan juga mudah untuk diingat untuk menjelaskan tujuan serta maksud media.

  1. Jusuf Sjarif Badudu

Jusuf Sjarif Badudu menjelaskan bahwa slogan merupakan kalimat pendek atau rangkaian dari kata-kata yang arti serta bunyinya begitu menarik supaya lebih mudah untuk diingat.

  1. Haryanto

Haryanto menyebutkan bahwa slogan merupakan kalimat pendek atau suatu frasa yang mempermudah saat mengingatnya serta dimanfaatkan dalam upaya untuk menjelaskan atau memberitahu tujuan dari golongan tertentu, ideologi, organisasi dan lain sebagainya.

Tujuan Slogan

Tujuan-Slogan

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, slogan ini dibuat untuk tujuan tertentu. Adapun tujuan utama slogan ialah mengajak orang lain supaya tertarik melakukan sesuatu yang sesuai dengan isi slogan tertentu. Namun, untuk lebih spesifiknya, slogan mempunyai beberapa tujuan seperti yang disebutkan di bawah ini.

  1. Untuk memberikan motivasi pada setiap orang yang membaca atau mendengarnya
  2. Untuk mempengaruhi khalayak umum supaya mau mengikuti pesan yang terkandung dalam slogan
  3. Untuk menghimbau masyarakat
  4. Untuk memberikan pengertian pada publik agar mereka menjadi sadar atas suatu hal
  5. Untuk memberikan informasi tertentu pada masyarakat

Ciri Ciri Slogan

Ciri-Ciri-Slogan

Slogan mempunyai ciri-ciri khusus sehingga membuatnya begitu mudah dibedakan dengan kalimat atau perkataan pendek yang lainnya. Adapun ciri-ciri slogan tersebut ialah sebagai berikut.

  1. Slogan dapat berupa semboyan dari suatu kelompok masyarakat maupun organisasi
  2. Secara umum, slogan dibuat dalam bentuk kalimat yang mudah diingat dan sangat menarik
  3. Slogan dapat berupa frase, klausa maupun kalimat pendek
  4. Slogan merupakan ide yang mempunyai tujuan tertentu
  5. Dalam slogan terdapat informasi, himbauan atau ajakan yang tersirat
  6. Tidak terikat pada pola yang diatur dengan ketentuan tertentu
  7. Tidak disertai dengan data-data khusus sebagai bukti atau simpulan dari suatu penemuan
  8. Slogan ditujukan bagi masyarakat secara umum

Macam-Macam Slogan

Macam-Macam-Slogan

Pada dasarnya, slogan bisa dibagi menjadi 4 macam, yakni slogan produk atau pemasaran bisnis, slogan kesehatan, slogan pendidikan dan slogan lingkungan. Adapun penjelasan singkat mengenai keempat macam slogan tersebut ialah sebagai berikut.

  1. Slogan Produk atau Pemasaran Bisnis

Slogan yang pertama ini ialah slogan yang sengaja dibuat dengan tujuan untuk mengajak, mempengaruhi publik serta memberikan informasi pada publik supaya mereka bisa mengenal bahkan mau menggunakan produk tertentu. Seperti namanya, slogan satu ini banyak sekali diucapkan saat iklan dalam televisi. Misalnya saja untuk produk Energen, biasanya akan disebutkan ‘Minum Makanan Bergizi’. Atau untuk produk Aqua, disebutkan ‘Kebaikan Hidup’, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Slogan Kesehatan

Adapun untuk slogan kesehatan, ini merupakan slogan yang sengaja dibuat dengan tujuan untuk mengajak, memberikan informasi tertentu serta memotivasi publik kaitannya dengan bidang kesehatan. Contoh slogan kesehatan sangat banyak, salah satunya ialah ‘Say No To Drugs’ atau ‘Mencegah Lebih Baik Dibandingkan dengan Mengobati’.

  1. Slogan Pendidikan

Sementara slogan pendidikan, ini adalah slogan yang biasa dijumpai di lembaga-lembaga pendidikan terutama sekolah. Adapun pengertian dari slogan pendidikan itu sendiri adalah slogan yang sengaja dibuat dengan tujuan untuk memotivasi atau mendorong setiap pelajar supaya lebih rajin lagi dalam mencari ilmu dan mentaati berbagai peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Misalnya, ‘Belajar untuk Masa Depan Lebih Baik’.

  1. Slogan Lingkungan

Sementara untuk slogan lingkungan, ini adalah sogan yang sengaja dibuat untuk memberikan informasi serta mempengaruhi dan mengajak publik agar turut menjaga sekaligus mencintai lingkungan sekitarnya. Di antara contoh slogan lingkungan ini ialah ‘Alam Habis, Anak dan Cucu Menangis’.

Perbedaan Slogan dengan Motto

Perbedaan-Slogan-dengan-Motto

Slogan dan motto sama-sama berupa kalimat atau frasa yang pendek. Oleh karena itu, tidak heran jika kemudian ada banyak orang yang menganggap keduanya sama. Namun, anggapan itu adalah salah karena sebenarnya slogan dan motto adalah dua hal yang berbeda.

Jika slogan itu adalah kalimat pendek yang menarik, mudah diingat, serta dipakai untuk memberitahukan tujuan atau informasi dari pihak tertentu kepada khalayak umum, motto tidak berarti demikian. Secara singkat, motto itu adalah frasa atau kalimat yang pendek dan mencerminkan kepercayaan atau cita-cita dari suatu golongan tertentu.

Umumnya, motto mengambarkan suatu kualitas dan biasanya kalimatnya bisa lebih panjang daripada slogan. Kemudian, dari segi tujuan, motto juga tidak dibuat dalam rangka untuk menghimbau, promosi, atau iklan sementara slogan adalah sebaliknya. Adapun contoh motto ialah ‘Pikir Lebih Keras, Hati Lebih Tajam’ dari Universitas Essex atau ‘Kesetiaan, Keberanian, dan Integritas’ dari FBI.

Perbedaan Slogan dengan Poster

Perbedaan-Slogan-dengan-Poster

Slogan tentunya juga berbeda dengan poster. Adapun poster itu adalah kertas yang ukurannya lumayan besar dan di atasnya terdapat gambar atau kata-kata. Poster ini juga biasa dipasang di tempat-tempat umum dan agar keberadaannya bisa menarik perhatian, poster dibuat dengan ide-ide yang sangat kreatif.

Sebenarnya slogan ini sendiri bisa dimasukkan dalam poster, namun apabila hendak dijabarkan lebih jauh lagi, maka sebenarnya perbedaan antara slogan dengan poster ialah sebagai berikut.

  1. Slogan hanya berupa kalimat atau kata-kata, tetapi poster lebih mengutamakan penampilan gambar dan terkadang dilengkapi dengan kata-kata yang menarik dengan tujuan supaya publik yang melihatnya bisa lebih terkesan
  2. Slogan dapat diselipkan pada poster sebagai kalimat ekspresi, namun dibuatnya poster tidak disertai dengan tujuan untuk menarik minat pembeli

Perbedaan Slogan dengan Tagline

Perbedaan-Slogan-dengan-Tagline

Sama seperti kasus slogan dan motto, banyak orang yang juga menganggap bahwa slogan dengan tagline itu adalah sama. Hal ini dikarenakan keduanya mempunyai fungsi yang mirip, terutama dalam hal meningkatkan brand awareness. Jika hendak diingat kembali, yang dimaksudkan dengan slogan itu ialah kalimat atau rangkaian kata-kata yang menarik serta mudah diingat dan dimanfaatkan untuk memberitahukan sesuatu.

Kaitannya dengan pemasaran, slogan bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan suatu produk, sehingga tidak heran bila slogan berisi kata-kata yang mendeskripsikan produk atau bahkan mengajak target konsumen secara langsung. Maka dari itu, slogan ini sering ditampilkan dalam iklan televisi, kemasan produk, billboard, display ads dan lain sebagainya.

Sementara itu, tagline mempunyai arti sebagai frasa yang dibuat oleh para pengiklan yang bentuknya bisa berupa verbal maupun visual, di mana tagline ini lebih menekankan pada pentingnya suatu produk. Tagline juga umumnya disebut sebagai logo verbal atau frasa yang diasosiasikan dengan merk atau brand. Dengan demikian, pembuatannya harus sesuai dengan perkembangan waktu dan kata-kata yang dipilih sebaiknya masih berkenaan dengan hal yang mampu membuat brand bisa sukses.

Jadi, pada intinya adalah antara slogan dengan tagline mempunyai perbedaan dari segi fungsi. Slogan lebih berfungsi untuk memperkenalkan produk, sementara tagline lebih mengandung visi misi, sejarah brand tercipta bahkan bisa juga proses produksi brand.

Untuk contoh mudahnya begini, brand atau merk Apple menggunakan tagline ‘Think Different’ bukan? Apple itu sendiri mempunyai beberapa produk yang dilengkapi dengan slogan berbeda. Misalnya, produk iPad, slogan yang sering Apple gunakan untuk produk tersebut ialah ‘Change Is in The Air’.

Cara Menyusun Slogan

Cara-Menyusun-Slogan

Berdasarkan apa yang disampaikan oleh Sukini (2005:163), maka cara penyusunan slogan adalah sebagai berikut.

  1. Menentukan tujuan serta visi dibuatnya slogan.
  2. Menggambarkan tujuan dan visi tersebut dalam bentuk kalimat yang singkat namun menarik sehingga mudah diingat oleh masyarakat sasaran.
  3. Pilih kata-kata yang menarik.

 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis Slogan

Hal-Yang-Perlu-Diperhatikan-Dalam-Menulis-Slogan

Selain itu, dalam penyusunan slogan juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini disebut sebagai kriteria penulisan slogan, yang oleh Laksono (2008:141) dijelaskan sebagai berikut:

  1. Kepadatan isi, mengingat slogan haruslah ditulis dalam kalimat yang singkat, padat serta jelas.
  2. Slogan harus sesuai dengan tujuan yang telah dicanangkan sebelumnya.
  3. Slogan wajib asli, artinya slogan yang akan dibuat nanti tidak boleh meniru slogan-slogan lain yang sebelumnya sudah ada.

 

Contoh Slogan Pendidikan, Agama, Kesehatan, Motivasi dan Lingkungan

  • 1. 20 Contoh Slogan Pendidikan

Contoh-Slogan-Pendidikan

Ada banyak contoh slogan dalam bidang pendidikan, 20 di antaranya ialah sebagai berikut.

  1. Pendidikan mendatangkan harapan dalam kehidupan
  2. Guru adalah pemandu kesuksesanmu, sementara ilmu adalah bekal dalam perjalananmu
  3. Belajar giat untuk masa depan lebih hebat
  4. Pendidikan adalah jembatan meraih impian
  5. Hormati guru selalu
  6. Orang yang bijak adalah yang mempunyai banyak wawasan
  7. Ilmu adalah lentera dan pemandu meraih impian
  8. Pengalaman adalah guru yang paling baik
  9. Usaha keras dan pendidikan berkualitas adalah dua kunci sukses
  10. Setiap siswa adalah generasi penerus bangsa yang berharga
  11. Masa sekolah, kesempatan untuk mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya
  12. Rajin pangkal pandai
  13. Orang yang hebat adalah yang berpendidikan
  14. Bila pendidikan bermutu, bangsa akan maju
  15. Pintar itu keren, jadi jangan malas untuk belajar
  16. Gapai masa depan gemilang dengan pendidikan
  17. Tiada hari tanpa prestasi
  18. Rajin membaca buku, akan menambah wawasan baru
  19. Obat dari kemiskinan adalah pendidikan
  20. Jadilah orang yang berilmu, agar masa depan bahagia selalu
  • 2. 20 Contoh Slogan Agama

Contoh-Slogan-Agama

Contoh slogan agama juga sangat banyak, beberapa di antaranya seperti yang disebutkan di bawah ini.

  1. Hidup berkah, hidup sehat, hidup yang nikmat
  2. Sebelum berkata dan beramal, pelajari ilmunya
  3. Tanggung jawab mengiringi setiap hembusan nafas
  4. Dunia laksana bayangan
  5. Hal yang lebih buruk dari kematian ialah menyia-nyiakan waktu
  6. Sebelum kau dihisab, cobalah menghisab diri sendiri
  7. Handphonenya matikan, segerakan panggilan Tuhan
  8. Demi esok yang lebih baik, belajarlah dari apa yang telah berlalu
  9. Teruslah menuntut ilmu bahkan hingga ke negeri Cina
  10. Ridlo orang tua adalah ridlo Allah
  11. Sedekah membawa berkah
  12. Dengan membaca Alqur’an, hati bisa lebih tenang
  13. Allah bersama orang-orang yang mengingatnya
  14. Bertindaklah sesuai agama agar hidup tak sengsara
  15. Sedekah melapangkan hati, meluaskan rizki
  16. Pemimpin yang adil pasti akan dihormati
  17. Jangan berbuat nakal, gantilah dengan amal
  18. Selalu tambah tabungan untuk akhirat
  19. Ilmu perlu dicari, dari bayi sampai mati
  20. Utamakan menunaikan kewajiban
  • 3. 20 Contoh Slogan Kesehatan

Contoh-Slogan-Kesehatan

Kesehatan selalu dianalogikan sebagai sesuatu yang sangat mahal dan wajib dijaga. Oleh karena itu, contoh slogannya kebanyakan menghimbau khalayak untuk memperhatikan hal ini, di antaranya ialah sebagai berikut.

  1. Buang kolesterolmu, jangan uangmu
  2. Kekayaan tak berarti tanpa kesehatan
  3. Uang bukan jaminan hidup akan terus sehat
  4. Sukses lebih mudah dicapai bila tubuh terjaga kesehatannya
  5. Makanan instan nikmat, tapi tidak sehat
  6. Santap gizi seimbang agar hati selalu riang
  7. Sajikan makanan bergizi agar keluarga senantiasa happy
  8. Olahraga tak perlu lama, asal rutin dan benar gerakannya
  9. Usia sudah tua, makanan harus tetap terjaga
  10. Istirahat adalah bagian dari pola hidup sehat
  11. Enggan makan obat, harus mau hidup sehat
  12. Pola makan teratur, satu kunci hidup sehat
  13. Bahagia lebih maksimal dengan tubuh yang sehat
  14. Cuci tangan sebelum makan
  15. Hidup sehat perlu disertai niat yang kuat
  16. Makan dan istirahat secukupnya, bantu gapai sehat selamanya
  17. Bunuh kuman, gunakan sabun cuci tangan
  18. Jaga kebersihan badan dan pakaian
  19. Orang pintar selalu konsumsi makanan sehat
  20. Rokok membahayakanmu, dan orang-orang di sekelilingmu
  • 4. 20 Contoh Slogan Motivasi

Contoh-Slogan-Motivasi

Seperti namanya, slogan motivasi ini dibuat dengan tujuan untuk mendorong pembaca atau pendengar agar melakukan hal-hal yang bersifat positif dalam hidupnya. Adapun contoh slogan motivasi ini ialah sebagai berikut.

  1. Hasil tak pernah mengkhianati usaha.
  2. Apa yang kau terima sesuai dengan besarnya kau berusaha
  3. Tidak ada usaha yang sia-sia
  4. Teruslah berdiri walau banyak yang menghalangi
  5. Nasibmu nanti, ditentukan usahamu hari ini
  6. Salah satu cara Tuhan menguatkan ialah dengan menganugerahkan kegagalan
  7. Lakukan yang terbaik untuk hari ini agar tak ada penyesalan esok hari
  8. Kegagalan hanyalah bagian dari pembelajaran
  9. Sukses diperuntukkan bagi yang mau sabar dan berusaha
  10. Lakukan yang terbaik, kapanpun, dimanapun dan bersama siapapun
  11. Mengeluh hanya menghambat kesuksesanmu
  12. Ada hadiah untuk mereka yang tak mudah menyerah
  13. Percaya diri dan teruslah mencoba sepenuh hati
  14. Jangan takut untuk mencoba, iringi pula dengan berdoa
  15. Jadilah sukses, orang tuamu menunggumu
  16. Menyerah saat ini, kehancuran akan segera mendatangi
  17. Guru yang baik, selalu memberikan yang terbaik
  18. Kuasai dunia ini dengan ilmu
  19. Datang lebih awal agar tidak tertinggal
  20. Buah manis menanti mereka yang selalu berusaha dan tetap optimis
  • 5. 19 Contoh Slogan Lingkungan

Contoh-Slogan-Lingkungan

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, slogan lingkungan ini umum dipakai sebagai kampanye agar orang-orang senantiasa menjaga kelestarian alam. Adapun contoh yang bisa dengan mudah ditemukan ialah sebagai berikut.

  1. Alam menangis, manusia pun akan menangis
  2. Jaga lingkungan demi kehidupan anak cucu kesayangan
  3. Pemanasan global mengancam, lakukan tindakan untuk melindungi alam
  4. Reduce, Reuse, Recycle
  5. Tanam satu tanaman untuk sebuah kehidupan
  6. Save the earth
  7. Alam tidak ada, harta tak akan berguna
  8. Bencana ada karena perbuatan manusia
  9. Pohon habis, kenyamanan terkikis
  10. Lingkungan yang asri menyenangkan hati
  11. Hijaukan bumi
  12. Membakar hutan, menghancurkan paru-paru dan kehidupan
  13. Lingkungan yang bersih membuat hidup lebih sehat
  14. Jangan buang sampah sembarangan
  15. Cintai alam karena alam adalah anugerah Tuhan
  16. Bersama menjaga paru-paru dunia
  17. Demi generasi yang akan datang, alam wajib dilestarikan
  18. Pandai menjaga alam artinya pandai menjaga warisan
  19. Bebaskan hutan dari para manusia serakah

Contoh Slogan yang Lainnya

Selain contoh-contoh di atas, tentu masih banyak contoh slogan lainnya dalam bidang yang berbeda. Beberapa di antaranya akan disebutkan di bawah ini dan itu meliputi contoh slogan kebersihan, contoh slogan narkoba, contoh slogan yang biasanya ada di perpustakaan, dan contoh slogan tentang persahabatan.

  • 1. Contoh Slogan Kebersihan

Contoh-Slogan-Kebersihan

  1. Bersihkan hatimu, dan juga lingkunganmu
  2. Selalu buang sampah pada tempatnya
  3. Penyakit tak akan datang bila lingkungan rutin dibersihkan
  4. Bersih pangkal sehat
  5. Kelola limbah dan sampah, maka bumi akan tetap indah
  • 2. Contoh Slogan Narkoba

Contoh-Slogan-Narkoba

  1. Say no to drugs
  2. Narkoba adalah pembunuh impian dan pembuka pintu penjara
  3. Berani meraih mimpi tanpa narkoba
  4. Berteman dengan narkoba adalah hal yang bodoh
  5. Narkoba memperpendek usia
  • 3. Contoh Slogan Perpustakaan

Contoh-Slogan-Perpustakaan

  1. Perpustakaan salah satu tempat bermain terbaik
  2. Banyak membaca adalah langkah menjelajah dunia
  3. Perpustakaan tempat yang tepat untuk menambah wawasan
  4. Berani mencintai buku, kebodohan akan meninggalkanmu
  5. Saya mencintai buku
  • 4. Contoh Slogan Persahabatan

Contoh-Slogan-Persahabatan

  • Sahabat yang baik adalah yang tulus hati
  • Sahabat yang baik adalah pendengar yang baik
  • Karena cinta, musuh akan berganti menjadi sahabat
  • Bersama sahabat dalam gelap lebih baik daripada sendirian dalam terang
  • Jadilah sahabat agar mendapatkan sahabat

Berbagai contoh slogan di atas mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bentuk tertulis maupun dalam bentuk perkataan. Seperti yang telah disampaikan juga, slogan-slogan tersebut dapat disisipkan dalam poster untuk membuat poster menjadi lebih menarik, sehingga pesan-pesan yang ingin disampaikan juga bisa lebih mudah diterima oleh pembaca.

Demikian pembahasan mengenai contoh slogan beserta pengertian, tujuan, ciri-ciri, macam-macam, cara penulisan serta perbedaan slogan dengan kalimat pendek yang lainnya, semoga bermanfaat.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com