Pengertian Poster Adalah

Posted on

VOI.Co.Id –  Selain iklan di televisi, poster juga sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Secara singkat, pengertian poster adalah salah satu media publikasi yang memuat gambar, teks atau bahkan perpaduan antara gambar dengan teks dan sering dimanfaatkan sebagai media untuk promosi ataupun mengumumkan suatu informasi.

Mengingat bentuknya tersebut, poster ini termasuk seni grafis dua dimensi. Poster dibuat dengan sedemikian rupa sehingga bisa menarik perhatian orang yang melihatnya. Berikut ini akan disampaikan lebih jauh mengenai pengertian poster menurut para ahli, tujuan dibuatnya poster, jenis-jenis poster dan hal-hal lain yang masih berhubungan dengan poster. Yuk disimak.

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Pengertian-Poster-Menurut-Para-Ahli

Ada sejumlah ahli yang mengutarakan pendapatnya mengenai poster. Adapun sejumlah ahli dan pendapatnya yang dimaksud ialah sebagai berikut.

1. Cepi Riana serta Rudi Susilana

Cepi Riana dan juga Rudi Susilana mengungkapkan bahwa poster itu adalah suatu sajian dengan kombinasi yang menarik, mencolok serta jelas, di mana maksudnya adalah untuk menarik minat serta perhatian dari orang-orang yang lewat melintasinya.

2. Sri Anitah

Sri Anitah menjelaskan bahwa poster itu adalah gambar yang mengkombinasikan berbagai unsur visual, misalnya gambar, garis serta kata-kata yang tujuannya ialah untuk menarik perhatian khalayak ramai dan juga mengkomunikasikan suatu pesan secara singkat.

3. Arsyad

Arsyad berpendapat bahwa poster itu adalah media visual dua dimensi yang isinya berupa gambar serta kalimat singkat guna menyampaikan suatu pesan tertentu yang mampu mempengaruhi sekaligus memotivasi tingkah laku siapapun yang melihatnya.

4. Ahmad Rivai dan Nana Sudjana

Ahmad Rivai dan Nana Sudjana menganggap bahwa poster itu merupakan kombinasi visual yang berasal dari rancangan yang kuat, dilengkapi dengan warna serta pesan di mana tujuannya adalah untuk menarik perhatian individu yang melihatnya serta menanamkan gagasan dalam ingatannya.

5. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sementara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan atau Depdikbud menganggap bahwa poster itu adalah media yang memuat simbol atau lambang kata yang sederhana dan biasanya mengandung larangan atau anjuran.

Pengertian poster di atas didapatkan dari berbagai informasi yang ditulis sesuai dengan penafsiran penulis tanpa merubah maknanya.

Tujuan Dibuatnya Poster

Tujuan-Dibuatnya-Poster

Sesuai dengan apa yang sudah disampaikan sebelumnya, tujuan utama pembuatan poster ialah untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi kepada masyarakat umum. Jika hendak dijabarkan lebih jauh lagi, maka tujuan dibuatnya poster kurang lebih ialah sebagai berikut.

  • Menyampaikan informasi atau pesan kepada khalayak umum
  • Mencari simpati atau perhatian dari khalayak umum supaya mau peduli dan mengingat suatu pesan atau informasi tertentu
  • Mengingatkan kembali publik akan informasi atau pesan tertentu
  • Mempengaruhi publik supaya bertindak sesuai dengan isi pesan yang disampaikan dalam poster

Jenis-Jenis Poster

Jenis-Jenis-Poster

Pada dasarnya, semua poster itu sama saja. Namun, jika hendak ditelisik lebih jauh, poster ini terdiri atas beberapa jenis. Jenis poster tersebut dibagi menjadi dua, yakni dengan berdasarkan isinya dan dengan berdasarkan tujuan pembuatannya. Adapun penjelasan singkatnya ialah sebagai berikut.

1. Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, poster dapat dibagi menjadi 4 jenis yakni poster pendidikan, poster kegiatan, poster layanan masyarakat dan poster niaga. Penjelasan singkatnya ialah sebagai berikut.

  • Poster pendidikan ialah poster yang isinya dimaksudkan untuk mendidik masyarakat, di mana secara umum isinya berkenaan dengan dunia pendidikan
  • Poster kegiatan ialah poster yang menginformasikan suatu kegiatan yang hendak dilaksanakan pada suatu waktu
  • Poster layanan masyarakat ialah poster yang isinya adalah informasi umum mengenai suatu hal yang dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat. Contoh poster ini ialah poster bahaya nark*ba, bahaya merok*k dan lain sebagainya
  • Poster niaga ialah poster yang isinya adalah menawarkan suatu produk kepada masyarakat

2. Berdasarkan Tujuan Pembuatannya

Jika dilihat berdasarkan tujuan pembuatannya, maka poster dibagi menjadi 10 jenis seperti yang disebutkan di bawah ini.

  • Poster riset ialah poster yang ditujukan untuk memberi informasi atau undangan mengenai penelitian (riset) pada masyarakat, di mana poster ini umum ditemukan di dunia akademik, sepeti sekolah dan universitas
  • Poster kelas ialah poster yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan arahan serta motivasi pada siswa atau mahasiswa supaya rajin serta tertib dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar
  • Poster komik ialah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempopulerkan atau mempromosikan komik tertentu pada publik
  • Poster cheesecake ialah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mencari perhatian publik, di mana dalam poster tersebut dicantumkan pula nama serta gambar dari orang-orang terkenal
  • Poster dicari ialah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mencari benda, hewan atau bahkan orang yang hilang atau dibutuhkan
  • Poster film ialah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempomosikan film tertentu sehinggga publik tertarik untuk menontonnya
  • Poster komersial ialah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan suatu produk yang dibuat oleh suatu perusahaan
  • Poster afirmasi ialah poster yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan serta memberikan motivasi pada masyarakat yang menyimaknya, di mana dalam poster tersebut terdapat kalimat yang bersifat persuasif
  • Poster propaganda ialah poster yang dibuat dengan tujuan untuk memotivasi atau memberi semangat kerja pada masyarakat supaya mereka melakukan hal-hal yang mendatangkan manfaat bagi kehidupan
  • Poster kampanye ialah poster yang dibuat dengan tujuan untuk memperoleh simpati dari rakyat di mana poster ini sering ditemukan pada saat akan dilakukannya pemilu

Fungsi Poster

Fungsi-Poster

Seperti yang sudah disebutkan beberapa kali sebelumnya, fungsi poster ialah untuk memberikan informasi pada masyarakat secara luas. Harapannya, setelah masyarakat melihat poster tersebut, masyarakat bisa memahami bahkan terpengaruh untuk melakukan tindakan sesuai dengan isi pesan dalam poster.

Ciri-Ciri Poster

Ciri-Ciri-Poster

Sama seperti media publikasi dua dimensi yang lainnya, poster mempunyai ciri-ciri khusus yang membuatnya menjadi mudah dikenali. Adapun ciri poster ialah sebagai berikut.

  • Bisa dibaca sambil berlalu tetapi bisa meninggalkan kesan
  • Dilengkapi dengan gambar sehingga pesan mudah tersampaikan
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami, jelas, singkat dan padat
  • Pemilihan warnanya cenderung berani dengan perpaduan yang kontras
  • Dipasang di tempat umum dan di permukaan yang rata
  • Terdiri atas unsur huruf, angka serta gambar
  • Didesain di atas kertas atau kain yang ukurannya cukup besar
  • Pesannya bersifat persuasif atau mengandung ajakan

Unsur-Unsur Poster

Unsur-Unsur-Poster

Dalam poster termuat beberapa unsur seperti yang disebutkan di bawah ini.

  • Gambar yang bisa membuat tampilan poster menjadi lebih menarik dan mampu mendukung maksud pesan
  • Kombinasi warna
  • Penggunaan huruf dan angka yang menarik dengan ukuran serta model yang mudah dibaca
  • Sasaran serta tujuan yang jelas
  • Bahasa yang mudah dipahami dan kalimatnya ringkas
  • Informasi yang ingin disampaikan

Kelebihan dan Kekurangan Poster

Kelebihan-dan-Kekurangan-Poster

Sebagai media publikasi, poster mempunyai sejumlah kelebihan dan juga kekurangan. Adapun kelebihan serta kekurangan poster kurang lebih seperti yang disebutkan di bawah ini.

1. Kelebihan Poster

  • Bisa mempengaruhi publik untuk melakukan sesuatu atau bahkan merubah tingkah laku
  • Lebih fleksibel dan mudah ditempatkan di mana-mana
  • Menarik perhatian dengan perpaduan warna, teks serta gambar yang menarik
  • Bisa membantu pihak-pihak tertentu untuk menyampaikan pesan atau informasi

2. Kekurangan Poster

  • Jika dipasang dalam waktu yang lama, bisa membuat orang menjadi bosan melihatnya dan nilai keindahannya juga berkurang
  • Kalimatnya yang singkat bisa saja menimbulkan interpretasi yang berbeda-beda
  • Pemahaman akan pesan dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan dari orang yang melihatnya

Prinsip yang Digunakan Dalam Mendesain Poster

Prinsip-Poster

Saat membuat poster, harus dipahami terlebih dahulu prinsip-prinsip desainnya supaya hasilnya menjadi lebih indah dan menarik. Prinsip-prinsip ini harus dipakai dalam membuat poster apa saja termasuk poster pendidikan. Adapun prinsip-prinsip yang dimaksud ialah sebagai berikut.

1. Prinsip Specific Appeal atau Kesan

Sudah jelas bahwasanya poster dibuat dengan berdasarkan tujuan serta tema tertentu. Prinsip ini akan membuat poster mempunyai kesan yang lebih sesuai dengan pesan, layanan, kegiatan maupun produk yang hendak dipublikasikan.

Contoh mudahnya adalah poster yang menjual parfum khusus untuk wanita. Poster ini harus bisa menampilkan kesan yang lembut atau feminin. Contoh lainnya ialah poster yang ditujukan untuk menjual truk. Poster ini lebih disarankan untuk menggunakan perpaduan warna yang cukup berat dan huruf yang diguakan juga masif dan tebal supaya kesannya lebih kuat.

2. Prinsip Unity atau Kesatuan

Prinsip unity atau kesatuan dalam poster bisa dicapai dengan cara berikut.

  • Sejumlah elemen desain lebih didekatkan
  • Jika memungkinkan, bisa juga elemen tersebut ditumpuk
  • Menggunakan garis sebagai pemisah informasi
  • Perbedaan warna yang digunakan sebagai latar belakang

3. Prinsip Emphasis atau Penekanan

Emphasis atau penekanan dalam poster bisa dicapai dengan cara berikut.

  • Ilustrasi atau judul yang lebih menonjol dibandingkan dengan elemen desain lainnya berdasarkan pada urutan prioritas
  • Berbagai informasi disampaikan dengan jenis, warna serta ukuran huruf yang berbeda
  • Mengoptimalkan bidang poster yang masih kosong
  • Penggunaan warna yang mencolok
  • Background atau latar belakang poster yang begitu kontras dengan gambar maupun tulisan

4. Prinsip Movement atau Alur Baca

Prinsip ini membuat poster harus mengatur alur baca yang sistematis guna mengarahkan netra pembaca untuk menelusuri berbagai informasi secara runtut dari bagian poster yang satu ke bagian poster yang lainnya.

5. Prinsip Balancing atau Keseimbangan

Prinsip balancing atau keseimbangan harus diperhatikan dengan betul saat membuat poster. Pasalnya, prinsip ini akan membantu menghindari kesan poster yang tampak berat sebelah karena di satu sisi penuh dengan elemen grafis dan teks sementara sisi lainnya kosong. Untuk keseimbangan ini yang perlu diperhatikan ialah:

  • Keseimbangan warna
  • Keseimbangan bentuk serta ukuran teks maupun gambar poster
  • Keseimbangan yang didapatkan karena tekstur

Cara Membuat Poster

Cara-Membuat-Poster

Cara membuat poster berikut ini bukan tentang cara membuat poster secara detail menggunakan laptop, komputer atau yang lainnya, namun lebih mengarah pada cara yang konseptual. Adapun cara yang dimaksud ialah sebagai berikut.

  1. Tentukan topik serta tujuan pembuatan poster
  2. Rancang kalimat yang singkat, dapat dibaca dalam hitungan detik dan juga sesuai dengan topik serta tujuan poster. Jangan lupa tentukan kalimat atau kata yang akan menjadi highlight sebagai pusat perhatian bagi para pembaca
  3. Gunakan gambar, karena selain teks, gambar ini juga turut menjadi sarana untuk menyampaikan pesan. Maka dari itu tidak heran bila poster sering hadir dengan ukuran gambar yang lebih besar serta lebih mencolok dibandingkan dengan teksnya
  4. Pilih media yang tepat yang disesuaikan dengan tempat di mana poster itu akan dipasang

Kiat Agar Poster Lebih Menarik

Kiat-Agar-Poster-Lebih-Menarik

Agar poster menjadi lebih menarik, sebaiknya jangan hanya terpaku pada cara membuat poster di atas. Simak juga sejumlah tips di bawah ini sebelum mulai membuatnya.

  1. Gunakan font yang sesuai dengan topik
  2. Sebaiknya gunakan maksimal 5 warna dan atur penempatan warna tersebut supaya poster lebih berestetika
  3. Jangan memenuhi poster dengan teks maupun ornamen karena ini hanya akan membuat poster menjadi penuh dan kurang enak dilihat

Contoh Gambar Poster Pendidikan

Poster Pendidikan

Contoh Gambar Poster Kesehatan

Poster Kesehatan

Contoh Gambat Poster Kegiatan

Poster Kegiatan

Contoh Gambar Poster Dalam Bahasa Inggris

Poster Dalam Bahasa Inggris

Sebagai kesimpulan, pengertian poster adalah iklan atau pengumuman yang biasanya dipasang di tempat-tempat umum dan strategis sehingga mudah dilihat oleh masyarakat sasaran. Poster ini mengandung informasi yang bersifat persuasif, dan supaya pesan tersebut bisa sampai pada orang yang melihatnya maka poster harus dibuat dengan sebaik mungkin.

Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian poster dan sejumlah poin lain mengenai poster, semoga bermanfaat.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com