Contoh Surat Izin

Posted on

VOI.Co.Id –  Menyimak contoh surat izin sebelum membuatnya adalah tindakan yang benar. Pasalnya, surat ini harus dibuat dengan benar supaya pihak penerima bisa paham dan tidak meragukan informasi yang ada di dalamnya. Surat izin sendiri sebenarnya merupakan surat pribadi. Akan tetapi, surat tersebut mempunyai sifat kedinasan sehingga pembuatannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Berikut ini akan disampaikan sejumlah contoh surat izin baik itu karena sakit maupun karena alasan lainnya, lengkap dengan hal-hal yang harus diperhatikan dan tips pembuatannya. Diharapkan nanti setelah memahami pembahasan ini, setiap pihak-pihak yang berkepentingan mampu membuat surat izin dengan baik dan juga benar.

Manfaat dan Fungsi Surat Izin

Manfaat-dan-Fungsi-Surat-Izin

Surat izin adalah surat yang dimanfaatkan untuk memberitahukan atau menginformasikan pihak tertentu apabila seseorang berhalangan untuk hadir pada waktu tertentu.

Surat izin ini akan membantu menghindarkan seseorang dari masalah karena dianggap membolos, baik dari sekolah, dari kerja, maupun dari kegiatan yang lainnya. Jika hendak dirinci lebih jauh lagi, kurang lebih manfaat serta fungsi surat izin ialah sebagai berikut.

  • Menghindarkan seseorang dari anggapan telah melanggar peraturan
  • Merupakan bentuk kesopanan dan etika dari seorang siswa, mahasiswa, karyawan atau yang lainnya
  • Merupakan bentuk ketaatan seseorang terhadap peraturan yang telah ditetapkan
  • Sebagai penguat yang akan menghindarkan pemohon izin dari tuduhan tidak benar

Poin yang Harus Ada Dalam Surat Izin

Poin-Surat-Izin

Sebelum membahas tentang contoh, harus diketahui terlebih dahulu bahwa dalam surat izin ada beberapa poin yang wajib diperhatikan dan harus disebutkan. Poin-poin tersebut biasa disebut sebagai unsur-unsur surat izin dan itu terdiri atas:

  1. Tempat serta tanggal dibuatnya surat. Umumnya unsur yang pertama ini akan ditempatkan di sebelah kanan bagian atas
  2. Alamat surat. Ini harus disebutkan dengan jelas karena menjadi petunjuk tentang siapa yang dituju oleh surat tersebut. Alamat ini dapat ditempatkan di sebelah kiri bagian atas sambil menyebutkan nama atau jabatan pihak yang dituju
  3. Salam pembuka, merupakan bentuk penghormatan dan posisinya adalah di bagian bawah alamat surat
  4. Isi surat, yang terdiri atas 3 bagian, yakni bagian pembuka, bagian inti serta bagian penutup. Bagian pembuka akan berisi identitas orang yang meminta izin. Sementara bagian inti akan berisi alasan kenapa yang bersangkutan meminta izin, dan bagian penutup akan berisi permohonan maaf serta ucapan terima kasih atas diberikannya izin
  5. Salam penutup, sebagai bentuk penghormatan dan posisinya ialah di bagian bawah isi surat
  6. Nama penulis surat dan tanda tangan

Poin-poin tersebut harus ditulis secara runtut. Hal ini perlu diterapkan pada saat mempraktekkan cara membuat surat izin sekolah SMP dan sederajat, surat izin sekolah SMA dan sederajat, surat izin tidak masuk sekolah MI dan sederajat, bahkan juga saat membuat surat izin tidak masuk kerja. Tulis surat tersebut dengan hati-hati supaya tidak terdapat kesalahan nantinya.

Saran dalam Membuat Surat Izin

Amplop-Surat-Izin

Selain perlu memperhatikan poin-poin di atas, pembuat surat izin juga sebaiknya memperhatikan hal-hal lain yang sebenarnya sepele, namun sifatnya juga penting. Adapun berbagai hal yang dimaksud tersebut ialah sebagai berikut.

  1. Alasan Pembuatan Surat

Untuk saran yang pertama ialah pikirkan dengan matang apa alasan membuat surat izin. Alasan ini harus jelas, benar, tepat, jujur serta transparan. Jika alasan yang diajukan sudah memenuhi lima hal tersebut, tentu izin akan lebih mudah didapatkan dan yang bersangkutan bisa terhindar dari tindakan disipliner, sanksi atau denda.

  1. Gunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti dan Formal

Penulisan surat izin sebaiknya menggunakan bahasa atau susunan kata yang gampang dimengerti dan formal. Hindari penggunaan kata-kata yang cenderung lebay karena hal ini justru akan membuat surat terkesan tidak sopan.

  1. Sistematika Penulisan

Dalam membuat surat izin, sistematika penulisan ini wajib diperhatikan agar orang yang membacanya bisa lebih mudah memahaminya. Selain itu, sistematika penulisan yang benar juga akan membuat kredibilitas surat menjadi lebih tinggi. Adapun sistematika yang dimaksud ini sesuai dengan poin-poin yang harus ada dalam surat izin yang telah disebutkan di atas.

  1. Upayakan Agar Tidak Ada Kesalahan

Umumnya, surat izin akan ditulis dengan tangan. Pada saat penulisan, terkadang memang seseorang membuat kesalahan. Kesalahan ini harus dihindari sebisa mungkin supaya surat tetap tampak bersih.

Bukankah kesalahan penulisan bisa diatasi dengan stipo? Memang benar, namun kesalahan yang ditutupi menggunakan stipo kemudian ditimpa dengan tulisan yang lain bisa membuat nilai surat menjadi menurun. Oleh karena itu, usahakan agar tidak ada kesalahan sama sekali dalam penulisan.

  1. Masukkan Surat ke Dalam Amplop

Memang ada sejumlah kasus di mana pengirim surat izin tidak memasukkan surat miliknya dalam sebuah amplop. Hal ini tentu tidak salah, hanya saja terkesan sangat kurang sopan. Jadi, sebaiknya masukkan surat izin ke dalam amplop terlebih dahulu, baru kemudian kirimkan pada pihak yang dituju.

Contoh Surat Izin Sakit

Contoh-Surat-Izin-Sakit

Ada sejumlah alasan seseorang mengirimkan surat izin, salah satunya ialah karena sakit. Saat berada dalam kondisi ini, surat izin yang dilayangkan nanti dapat disertai dengan lampiran keterangan dari dokter dan bisa juga tidak. Berikut ini ada 3 contoh surat izin sakit yang benar yang dapat dijadikan referensi saat hendak membuatnya, antara lain.

  1. Contoh Surat Izin Sakit Karena Diopname Sehingga Tidak Masuk Sekolah

Pada saat opname, sebenarnya kebanyakan surat izin akan dilengkapi dengan surat keterangan dari dokter sebagai bukti bahwa yang bersangkutan memang benar-benar sakit dan memerlukan istirahat. Berikut ini contoh surat izin sekolah SD karena sakit yang dapat diperhatikan.

 

Jember, 27 Agustus 2016

 

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VI

SDN 02 Tanggul Jember

 

Dengan hormat,

Saya selaku wali murid dari:

Nama         : Alifah Hamami

Kelas         : 6B

No. Absen : 02

Memberitahukan bahwa pada hari ini, Sabtu, 27 Agustus 2016 adik saya tersebut tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah sebagaimana biasanya dikarenakan sakit dan saat ini sedang dirawat di rumah sakit. Bersamaan dengan surat ini saya juga melampirkan surat keterangan dari dokter.

Demikian surat ini saya buat, atas pemberian izin Bapak/Ibu Guru saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya

 

Indira Andriani

  1. Contoh Surat Izin Sakit Karena Periksa ke Dokter Sehingga Tidak Masuk Sekolah

Siswa yang sakit dan hendak dibawa periksa ke dokter sebaiknya juga dibuatkan surat izin agar tidak dianggap membolos. Alasan tidak masuk tersebut harus disampaikan dengan jelas dan sampaikan pula bahwa siswa yang dimaksud akan dibawa periksa ke dokter. Berikut adalah contoh surat izin sakit sekolah SMP yang juga bisa dijadikan rujukan ketika hendak membuat surat izin untuk tingkat pendidikan lainnya.

 

Jember, 26 Agustus 2016

 

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VIII

SMP Negeri 03 Jember

 

Dengan hormat,

Saya selaku orang tua dari:

Nama         : Alif Ramadan

Kelas         : VIIIA

No. Absen : 05

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah sebagaimana biasanya dikarenakan sakit demam dan akan dibawa  periksa ke dokter.

Demikian surat ini saya buat, atas pemberian izin Bapak/Ibu Guru saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya

Marinah

  1. Contoh Surat Izin Sakit yang Biasa

Apabila siswa sakit dan hanya dirawat di rumah, maka informasi yang disampaikan dalam surat izin sedikit berbeda dengan kedua contoh di atas. Untuk lebih jelasnya, berikut akan disampaikan contoh surat izin sakit sekolah SMK. Sama seperti sebelumnya, contoh berikut ini juga bisa dijadikan referensi saat hendak membuat surat izin sakit untuk jenjang yang lainnya. Adapun contoh yang dimaksud ialah sebagai berikut.

Jember, 25 Agustus 2016

 

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VI

SMK Negeri 3 Jember

 

Dengan hormat,

Saya selaku wali murid dari:

Nama         : Rezky Ramadhan

Kelas         : XA

No. Absen : 26

Memberitahukan bahwa putra saya tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah sebagaimana biasanya pada hari Kamis, 25 Agustus 2016 dikarenakan sakit demam.

Demikian surat ini saya buat, atas pemberian izin Bapak/Ibu Guru saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya

Suparlan

  1. Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

Saat sudah bekerja sekalipun, sakit adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Apabila hal ini terjadi, maka sebagai karyawan yang baik, sudah sewajarnya bila yang bersangkutan membuat surat izin. Adapun contoh surat izin tersebut ialah sebagai berikut.

Jember, 26 Agustus 2016

Yth. Direktur CV Merpati Indah

Jl. Kalimantan 703

Jember

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dengan identitas berikut ini:

Nama         : Malik Hartanto

NIP            : 07128532

Jabatan     : –

Alamat       : Jl. Puskot No. 15 Jember

Dengan ini memberitahukan bahwa hari ini, Kamis 26 Agustus 2016 saya tidak bisa masuk dan bekerja seperti biasanya dikarenakan sakit.

Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan pemberian ijin saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Malik Hartanto

Contoh Surat Izin Tidak Sekolah Karena Peristiwa, Acara atau Kegiatan Tertentu

Contoh-Surat-Izin-Tidak-Sekolah-Karena-Peristiwa-Acara-atau-Kegiatan-Tertentu

Selain contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit di atas, terkadang seseorang juga memerlukan contoh surat izin karena alasan yang lainnya, bisa karena ada acara keluarga atau acara apapun. Berikut ini akan disampaikan sejumlah contoh surat izin sekolah karena urusan keluarga dan acara tertentu dari berbagai jenjang, antara lain.

  1. Contoh Surat Izin Tidak Sekolah Tingkat SD

Jember, 8 November 2016

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas V

SDN Bangsalsari 7

 

Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya memberitahukan bahwa adik saya yang beridentitas:

Nama                     : Hafizah

Kelas                     : 4

Nomor Absen         : 12

Pada hari Selasa, 8 November 2016 tidak dapat mengikuti kegiatan belajar sebagaimana biasanya dikarenakan ada acara keluarga.

Demikian surat ini saya, harap dijadikan maklum. Atas izin yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Deviani Andira

  1. Contoh Surat Izin Tidak Sekolah MI

Jember, 8 November 2016

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas III

MI Al Hidayah Jember

Di sekolah

 

Assalamu’alaikum wr.wb.

Saya yang bertanda tangan berikut ini merupakan orang tua dari siswa:

Nama                     : Alhusna Mar’ah

Kelas                     : 3

Nomor Absen         : 5

Memberitahukan bahwa putri saya tersebut tidak bisa mengikuti pelajaran sebagaimana biasanya dikarenakan mengikuti acara pernikahan kakak kandungnya yang dilangsungkan di luar kota.

Demikian pemberitahuan yang dapat saya sampaikan. Saya harap agar Bapak/Ibu Guru memberikan izin bagi putri saya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Hormat saya,

Alhimni Ilmi

  1. Contoh Surat Izin Tidak Sekolah SMP

Jember, 10 November 2016

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VIII B

SMP Islam Ma’arif

Jember

 

Assalamu’alaikum wr.wb.

Bersamaan dengan surat ini kami memberitahukan bahwa putra kami yang bernama Alvin Hartanto kelas VIII B, tidak bisa masuk sekolah serta mengikuti pelajaran sebagaimana biasanya dikarenakan ada kepentingan keluarga. Kami berharap agar Bapak/Ibu Guru dapat memakluminya.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas izin yang diberikan kami sampaikan terima kasih

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Hormat saya,

Hartanto

  1. Contoh Surat Izin Tidak Sekolah MTs

Jember, 8 November 2016

 

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX A

MTs. Al Falah Bangsalsari

Jember

 

Assalamu’alaikum wr.wb.

Kami adalah orang tua dari:

Nama                     : Faridatul Quddusiyah

Kelas                     : IX A

Nomor Absen         : 12

Memberitahukan bahwa putri kami tersebut tidak bisa mengikuti pelajaran sebagaimana biasanya dikarenakan mengalami kecelakaan.  Oleh sebab itu, mohon Bapak/Ibu Guru memberikan izin bagi putri kami untuk beristirahat.

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan diberikannya ijin, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Hormat saya,

Zidni Ilma

  1. Contoh Surat Izin Tidak Sekolah SMA

Jember, 8 November 2016

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPA1

SMA N 10 Jember

Di sekolah

 

Assalamu’alaikum wr.wb.

Dengan hormat,

Kami adalah orang tua dari siswa dengan identitas berikut:

Nama                     : Tafkirah Arsyad

Kelas                      : XI IPA1

Nomor Absen       : 25

Menyampaikan bahwa putri kami tersebut berhalangan hadir dan mengikuti pembelajaran sebagaimana biasanya dikarenakan neneknya meninggal dunia. Oleh sebab itu, kami harapkan agar Bapak/Ibu Guru memberikan izin pada putri kami untuk tidak masuk sekolah selama 2 hari.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Hormat saya,

Imron Rosyid

  1. Contoh Surat Izin Tidak Sekolah MA

Jember, 8 November 2016

 

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IAGA

MA Al Fattah Panti – Jember

Di sekolah

 

Assalamu’alaikum wr.wb.

Dengan hormat,

Kami adalah orang tua dari siswa dengan identitas berikut:

Nama                     : Tazkirah

Kelas                    : XI IPA1

Nomor Absen        : 25

Menyampaikan bahwa putri kami tersebut berhalangan hadir dan mengikuti pembelajaran sebagaimana biasanya dikarenakan sakit asma. Oleh sebab itu, kami harapkan agar Bapak/Ibu Guru memaklumi serta memberikan izin pada putri kami untuk beristirahat sampai kondisinya pulih kembali.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Hormat saya,

 

Arsyad Syakur

  1. Contoh Surat Izin Tidak Sekolah SMK

Jember, 8 November 2016

 

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI TKJ1

SMK Negeri 11 Jember

Di tempat

 

Dengan hormat,

Saya adalah siswa yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                     : Dandi Hermansyah

Kelas                      : XI TKJ1

Nomor Absen       : 09

Sehubungan dengan pelaksanaan seleksi anggota OSIS SMK N 11 Jember Tahun Ajaran 2016/2017, saya bermaksud untuk meminta izin untuk tidak mengikuti kegiatan di kelas seperti biasanya. Hal ini dikarenakan saya adalah salah satu koordinator acara tersebut. Saya berharap agar Bapak/Ibu Guru berkenan untuk memberikan izin.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu Guru saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Arsyad Syakur

 

Berbagai contoh surat izin sekolah untuk kegiatan dan hal-hal lainnya di atas dapat dirubah keterangan-keterangan yang diperlukan. Misalnya, nama sekolah, identitas siswa serta alasan tidak masuk sekolah.

Kemudian untuk salam pembuka, ada yang hanya menggunakan kata ‘Dengan hormat’, ‘Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh’, dan ada juga yang menggunakan kombinasi keduanya. Mana yang lebih baik? Ini bisa diserahkan pada pribadi masing-masing. Hanya saja untuk salam pembuka yang ‘Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh’ ada yang ditulis menggunakan huruf arab dan ada yang ditulis dengan huruf biasa saja.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Contoh-Surat-Izin-Tidak-Masuk-Kerja

Surat izin tidak masuk kerja juga dimanfaatkan oleh para karyawan yang berhalangan hadir karena berbagai alasan, di mana alasan tersebut tidak dapat diwakilkan pada orang lain. Tentunya masing-masing perusahaan atau lembaga mempunyai aturan khusus tentang prosedur izin tidak masuk ini.

Akan tetapi, pada umumnya karyawan yang bersangkutan perlu membuat surat izin terlebih dahulu di mana surat tersebut nantinya ditujukan pada atasan atau HRD perusahaan. Agar pembuatan surat izin bisa lebih mudah, sebaiknya simak sejumlah contoh surat izin tidak masuk kerja berikut ini terlebih dahulu.

  1. Contoh Surat Izin Tidak Kerja Karena Kepentingan Keluarga

Banyuwangi, 16 April 2016

Perihal: Izin Tidak Masuk Kerja

 

 

Yth. Kepala HRD PT. Asyik Sekali

Jl. Jalan-Jalan Saja No. 17 Banyuwangi

 

Dengan hormat,

Saya yang tanda tangan di bawah ini:

Nama         : Agus Wardoyo

Jabatan     : Staff gudang PT. Asyik Sekali

Saya bermaksud memohon izin untuk tidak bekerja selama 2 hari pada tanggal 17 dan 18 April 2016 dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sangat mendesak.

Demikian surat permohonan izin ini saya ajukan, atas perhatian Ibu/Bapak, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Agus Wardoyo

  1. Contoh Surat Izin Tidak Kerja Karena Menikah

Banyuwangi, 16 April 2016

 

Yth. Kepala HRD PT. Asyik Sekali

Jl. Jalan-Jalan Saja No. 17 Banyuwangi

Di tempat

 

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh,

Saya yang tanda tangan di bawah ini:

Nama         : Agus Wardoyo

Jabatan     : Staff gudang PT. Asyik Sekali

NIP            : 032183247

Alamat       : Jl. Rindang 1 Beringin N0. 15 Banyuwangi

Bermaksud memohon izin untuk tidak bekerja selama 5 hari pada tanggal 17 –  21 April 2016 dikarenakan sedang melaksanakan pernikahan. Saya berharap agar Bapak/Ibu dapat memaklumi dan memberikan izin kepada saya.

Demikian surat ini saya buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Hormat Saya,

Agus Wardoyo

  1. Contoh Surat Izin Tidak Kerja Karena Menghadiri Prosesi Wisuda

Banyuwangi, 16 April 2016

 

Yth. Kepala SDM PT. Mari Bahagia

Jl. Jalan Sudah Diaspal No. 10 Banyuwangi

Di tempat

 

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh,

Saya yang tanda tangan di bawah ini:

Nama         : Mirna Wardani

Jabatan     :  –

NIP            : 032183247

Alamat       : Jl. Daun 1 Beringin N0. 15 Banyuwangi

Bermaksud memohon izin untuk tidak bekerja selama 2 hari pada tanggal 17 dan 21 April 2016 dikarenakan pada tanggal tersebut saya harus mengikuti acara wisuda. Saya berharap agar Bapak/Ibu dapat memaklumi dan memberikan izin kepada saya.

Demikian surat ini saya buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Hormat Saya,

Mirna Wardani

  1. Contoh Surat Izin Tidak Kerja Karena Mengikuti Tes CPNS

Banyuwangi, 16 Oktober  2016

 

Yth. Kepala Sekolah SMA Bendera

Jl. Bagus No. 17 Banyuwangi

 

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh,

Saya yang tanda tangan di bawah ini:

Nama         : Risma Adinda

Jabatan     : Guru Geografi

NIP            : –

Alamat       : Jl. Akar 1 No. 15 Banyuwangi

Bermaksud memohon izin untuk tidak masuk selama 1 hari pada tanggal 17 Oktober  2016 dikarenakan mengikuti tes seleksi CPNS. Saya berharap agar Bapak/Ibu dapat memaklumi dan memberikan izin kepada saya pada hari tersebut.

Demikian surat ini saya buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Hormat Saya,

Risma Adinda

  1. Contoh Surat Izin Tidak Kerja Karena Ada Pelatihan

Banyuwangi, 16 September 2016

 

Yth. Kepala Sekolah SMP Pusaka Negara

Jl. Terima  Saja No. 19 Banyuwangi

Di tempat

 

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh,

Dengan hormat,

Saya yang tanda tangan di bawah ini:

Nama         : Ardina Widjaya

Jabatan     : Guru IPA

NIP            : 032183247

Alamat       : Jl. Rindang Pisang No. 15 Banyuwangi

Bermaksud memohon izin untuk tidak bekerja selama 2 hari pada tanggal 17 dan 18 September 2016 dikarenakan sedang mengikuti pelatihan penyusunan anggaran koperasi sekolah di Jember.

Demikian surat ini saya buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Hormat Saya,

Ardina Widjaya

  1. Contoh Surat izin Tidak Kerja Karena Ada Keperluan yang Mendesak

Banyuwangi, 16 April 2016

 

Yth. Direktur PT. Asyik Sekali

Jl. Jalan-Jalan Saja No. 17 Banyuwangi

Di tempat

 

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh,

Dengan hormat,

Saya yang tanda tangan berikut ini:

Nama         : Agus Wardoyo

Jabatan     : Manajer HRD PT. Asyik Sekali

NIP            : –

Alamat       : Jl. Rindang 1 Beringin No. 15 Banyuwangi

Bermaksud memohon izin untuk tidak masuk dan bekerja pada tanggal 17 April 2016 dikarenakan ada keperluan yang sangat mendesak yang mengharuskan saya untuk hadir.

Demikian surat ini saya buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Hormat Saya,

Agus Wardoyo

Contoh Surat Izin Karena Bepergian

Contoh-Surat-Izin-Karena-Bepergian

  1. Contoh Surat Izin Bepergian Liburan Keluarga

Banyuwangi, 16 September 2016

 

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VIIC

SMP Pusaka Negara

Di sekolah

 

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh,

Dengan hormat,

Kami adalah orang tua dari siswa dengan identitas berikut ini:

Nama         : Ardina Widjaya

Kelas         : VIIC

No. Absen : 04

Bermaksud memohonkan  izin untuk anak kami pada tanggal 17 September 2016 dikarenakan mengikuti acara khusus liburan keluarga ke Kebun Teh Gunung Gambir.

Demikian surat ini kami buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Hormat Saya,

Ardina Widjaya

  1. Contoh Surat Izin Karena Mengunjungi Saudara yang Menikah

Banyuwangi, 16 April 2016

 

Yth. Kepala HRD PT. Asyik Sekali

Jl. Jalan-Jalan Saja No. 17 Banyuwangi

Di tempat

 

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh,

Saya yang tanda tangan di bawah ini:

Nama         : Agus Wardoyo

Jabatan     : Staff gudang PT. Asyik Sekali

NIP            : 032183247

Alamat       : Jl. Rindang 1 Beringin N0. 15 Banyuwangi

Bermaksud memohon izin untuk tidak bekerja selama 4 hari pada tanggal 17 – 20 April 2016 dikarenakan harus pergi ke Yogyakarta untuk mengunjungi sepupu saya yang akan melangsungkan pernikahan. Saya berharap agar Bapak/Ibu dapat memaklumi dan memberikan izin kepada saya.

Demikian surat ini saya buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Hormat Saya,

Agus Wardoyo

  1. Contoh Surat Izin Tidak Kuliah Karena Pulang Kampung

Banyuwangi, 16 September 2016

 

Yth. Bapak Andi Arsyad, S.Si, M.Si

Di Jurusan Geografi

Universitas Banyuwangi

 

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh,

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama                     : Ardina Widjaya

NIM                       : 12701772831

Kelas                     : B – 2016

Program Studi    : Pendidikan Geografi

Fakultas               : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Bermaksud memohon izin untuk tidak mengikuti mata kuliah Program Budidaya Lahan pada hari Selasa, 17 September 2016, karena saya harus pulang kampung untuk menghadiri acara peringatan 1000 hari nenek saya di Jember. Saya berharap agar Bapak memaklumi dan memberikan izin kepada saya.

Adapun mengenai materi dan tugas kuliah yang mungkin akan Bapak berikan, saya siap untuk menerimanya dan akan saya serahkan pada perkuliahan berikutnya.

Demikian surat ini saya buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Hormat Saya,

Ardina Widjaya

Surat Izin Sebaiknya Diketik atau Menggunakan Tulisan Tangan?

Surat-Izin-Diketik-atau-Tulis-Tangan

Akibat perkembangan zaman, sekarang ada banyak hal yang tidak perlu dilakukan secara manual, termasuk pembuatan surat izin. Keberadaan komputer sekarang ini membuat seseorang menjadi lebih mudah menyusun surat izin tanpa perlu repot-repot menulisnya. Namun bagaimana sebenarnya membuat surat izin dengan cara diketik tersebut?

Untuk ini, sebenarnya dikembalikan pada instansi atau lembaga masing-masing. Ada beberapa instansi yang mewajibkan karyawannya untuk menulis surat izin dengan tangan, tetapi ada juga yang memperbolehkan mengetik surat tersebut dengan komputer.

Hanya saja, untuk siswa sekolah sebaiknya surat ini ditulis dengan tangan biasa dan disarankan untuk menggunakan dua lembar kertas. Karena apabila hanya ditulis dengan satu kertas saja, ini akan dianggap kurang sopan. Kemudian seperti yang pernah disampaikan sebelumnya, untuk setiap surat izin harap dimasukkan ke dalam amplop sebelum dikirimkan ke alamat tujuan.

Meminta Izin Melalui Whatsapp

Izin-Lewat-Whatsapp

Pada masa sekarang ini, permohonan izin juga bisa disampaikan melalui Whatsapp, SMS atau bahkan telepon. Cara ini memang sangat mudah, terutama bagi orang-orang yang sudah terburu-buru dan tidak punya banyak waktu untuk menulis serta mengirimkan surat izin.

Namun yang perlu diperhatikan adalah meminta izin melalui Whatsapp juga ada aturannya sama seperti ketika meminta izin melalui surat yang ditulis dengan tangan biasa. Artinya, meminta izin melalui Whatsapp dan lain sebagainya juga ada etikanya, di antaranya ialah sebagai berikut.

  • Tidak dilakukan saat tengah malam atau pada waktu-waktu di mana lazimnya seseorang beristirahat
  • Tidak dilakukan pada waktu yang biasa dipakai beribadah
  • Harus diawali dengan salam dan sapaan
  • Sampaikan permohonan maaf karena telah mengganggu pihak yang dituju sebagai bentuk sopan santun dan kerendahan hati
  • Pastikan bahwa saat mengirim, sertakan juga identitas
  • Gunakan bahasa umum yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan dan gunakan tanda baca yang baik
  • Hindari bahasa-bahasa kekinian yang cenderung alay
  • Sampaikan permohonan izin dengan kalimat yang singkat, padat, jelas dan juga sopan
  • Akhiri dengan ucapan terima kasih dan salam

Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam memohon izin melalui Whatsapp ini ialah jangan menggunakan simbol-simbol yang tidak lazim. Simbol-simbol seperti itu selain tidak bisa dimengerti juga bisa membuat sebal orang yang melihatnya. Kemudian jangan aktifkan capslock apalagi menggunakannya untuk semua huruf. Hal ini dikarenakan  meng-capslock semua huruf seperti itu tampak tidak sopan, seolah menunjukkan kemarahan dan terkesan memaksa. Jadi, gunakan capslock tersebut untuk huruf-huruf yang dirasa perlu saja.

Berbagai contoh surat izin di atas dapat dipilih dan ditulis sesuai dengan kebutuhan.  Adapun mengenai permohonan izin melalui Whatsapp, ini sebaiknya dihindari kecuali jika kondisinya darurat. Jangan lupa untuk mencari contoh meminta izin melalui Whatsapp terlebih dahulu untuk memastikan bahwa bahwa kata-kata yang digunakan sudah sopan.

Demikian pembahasan singkat mengenai contoh surat izin dan hal-hal lain yang masih berkaitan, semoga bermanfaat.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com