Contoh Teks Eksplanasi

Posted on

VOI.Co.Id –  Pernahkah kamu membaca sebuah teks yang berisi mengenai suatu proses? Seperti proses terjadinya hujan, proses terjadinya gempa bumi dan proses terjadinya yang berhubungan dengan alam dan ruang lingkup sosial lainnya? Apakah kamu mengetahui jenis teks apa yang sedang kamu baca saat itu? Teks tersebut termasuk ke dalam contoh teks eksplanasi. Karena teks eksplanasi adalah teks yang berisi mengenai penjelasan suatu proses atau tahapan terjadinya sesuatu

Tanpa disadari, jenis teks eksplanasi seringkali ditemukan dalam aktivitas yang sedang kamu baca. adapun jenis teks eksplanasi memiliki struktur dan unsur kebahasaan yang berbeda dengan jenis teks lainnya.

Setiap peristiwa yang yang ditulis dalam teks eksplanasi pasti memiliki hubungan sebab akibat yang membu peristiwa itu bisa terjadi. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai teks eksplanasi mulai dari pengertian struktur unsur kebahasaan jenis hingga contoh teks eksplanasi, terdapat dalam artikel ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian teks eksplanasi

Tanpa disadari kita sering menemukan bacaan yang termasuk ke dalam jenis teks eksplanasi. Namun apa sebenarnya pengertian dari teks eksplanasi sendiri? Teks eksplanasi adalah suatu teks yang berisi untuk menjelaskan suatu tahapan atau proses mengenai terjadinya peristiwa atau fenomena. Biasanya peristiwa yang terjadi di sekitar kita berhubungan dengan ruang lingkup budaya, sosial, ilmiah dan alam.

Adapun pengertian lainnya berpendapat bahwa teks eksplanasi adalah suatu teks yang ditulis berupa paragraf dan berisi mengenai informasi untuk menjelaskan suatu hal yang terjadi berdasarkan proses atau tahapan nya, baik itu dalam fenomena alam, berkaitan dengan kehidupan sosial budaya, dan ilmu pengetahuan. Maknanya hampir sama, yaitu suatu teks yang berisi informasi tentang tahapan dari suatu kejadian. Biasanya teks eksplanasi sering kali ditemukan dalam buku ilmu pengetahuan, sejarah, geografi, dan sains.

Dalam setiap peristiwa yang terjadi pasti terdapat unsur sebab dan akibat yang berhubungan dengan peristiwa tersebut. Hal ini termasuk ke dalam teks eksplanasi yang seringkali menjawab pertanyaan “bagaimana” dan “mengapa” dari peristiwa yang sedang/telah terjadi tersebut.

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli

Pengertian teks eksplanasi menurut para ahli

Menurut Restuti (2013:85) yang berpendapat bahwa teks eksplanasi adalah suatu teks yang ditulis untuk menjelaskan atau menerangi suatu proses peristiwa atau fenomena yang sedang terjadi maupun yang sudah terjadi.

Menurut Mahsun, (2013: 189) yang menyatakan bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang disusun oleh struktur di atas bagian seperti pernyataan umum yang terdapat pada permukaan, deretan penjelas yang merupakan bagian isi, serta interpretasi atau penutup.

Adapun yang terdapat pada pernyataan umum berisi mengenai pengenalan informasi yang sedang dibahas. Deretan penjelas merupakan bagian yang menjelaskan suatu peristiwa dengan hubungan sebab akibat. Sedangkan interpretasi merupakan bagian singkat sebagai penutup teks (boleh dicantumkan juga boleh tidak dicantumkan)

Fungsi Teks Eksplanasi

Fungsi teks eksplanasi

 

Teks eksplanasi memiliki fungsi tersendiri diantaranya adalah,

  • 1. sebagai teks yang menjelaskan bagaimana suatu peristiwa bisa bekerja atau terjadi
  • 2. Menjelaskan mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi
  • 3. Menjadikan teks yang mendekati pemecahan masalah
  • 4. Sebagai sumber referensi bagi seseorang yang memiliki keingintahuan tinggi akan suatu fenomena

Tujuan Teks Eksplanasi

Tujuan teks eksplanasi

Dalam penulisan contoh teks eksplanasi tentu saja memiliki tujuan baik untuk para penulisnya maupun pembacanya. Berikut ini merupakan tujuan teks eksplanasi diantaranya adalah,

  1. Sebagai pembelajaran dari peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Sehingga bukan hanya dirasakan melainkan diamati pula.
  2. Mencari jalan atau solusi mengapa kejadian tersebut bisa terjadi.
  3. Memberikan informasi atas penjelasan yang sedang atau telah terjadi
  4. Mencari sebab akibat dari kejadian suatu peristiwa tersebut
  5. Menjustifikasi bahwa fenomena atau peristiwa yang dijelaskan secara kausal merupakan sesuatu yang benar terjadi

Ciri Ciri Teks Eksplanasi

Ciri-ciri teks eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri yang menjadi pembeda antara teks eksplanasi dengan jenis teks lainnya. Adapun ciri-ciri teks eksplanasi menjadi suatu karakter tersendiri dari teks tersebut seperti berikut ini,

  1. Teks eksplanasi memberikan suatu informasi yang didapatkan secara faktual (fakta) yakni bisa dibuktikan kebenarannya, tanpa dicampuradukkan dengan opini setiap penulis.
  2. Topik yang diangkat merupakan pembahasan mengenai peristiwa atau fenomena yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, sosial dan budaya, serta alam yang bersifat ilmiah
  3. Teks eksplanasi merupakan jenis teks yang memiliki sifat informatif, namun tidak mempengaruhi pembaca untuk harus percaya dengan suatu hal yang sedang dibahas.
  4. Memiliki struktur yang membangun teks eksplanasi diantaranya seperti pernyataan umum, deretan penjelasan (hubungan sebab-akibat), serta interpretasi (opsional)
  5. Dalam isi teks eksplanasi menggunakan sequence markers, yang diantaranya seperti pertama, ke-dua, ke-tiga, ke-empat, dan seterusnya

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki struktur yang membangun isi teks tersebut. Paling tidak terdapat 3 struktur yang harus diperhatikan dalam menulis contoh teks eksplanasi, diantaranya adalah

  • 1. Pernyataan Umum

Pernyataan umum merupakan bagian awal dalam teks eksplanasi yang biasanya berisi mengenai suatu tema yang sedang diperbincangkan. Bagian pernyataan umum biasanya berisi mengenai suatu informasi yang masih dalam tahap pengenalan dengan beberapa penjelasan secara umum

  • 2. Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Deretan penjelas merupakan struktur dari teks eksplanasi yang masuk ke dalam isi dari informasi yang akan dijelaskan. Pada deretan penjelas dijelaskan hubungan sebab akibat yang menyebabkan suatu peristiwa atau fenomena bisa terjadi. Pada bagian ini pula ditulis secara lengkap atau keseluruhan secara sistematis yaitu menceritakan dari awal hingga akhir fenomena.

  • 3. Interpretasi (Penutup)

Interpretasi merupakan bagian dalam teks eksplanasi yang digunakan sebagai penutup. Tulisan di bagian ini ditulis berupa kesimpulan atau intisari dari topik yang sedang dibahas, berdasarkan pernyataan umum dan deretan penjelas yang sudah ditulis sebelumnya. Dalam teks eksplanasi, bagian interpretasi tidak selalu ada di dalam contoh teks eksplanasi karena bagian ini bukanlah suatu keharusan.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kaidah kebahasaan teks eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki kaidah kebahasaan yang perlu diperhatikan dalam menulis contoh teks eksplanasi. Unsur kebahasaan yang ada di dalam kaidah kebahasaan teks eksplanasi memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri dibanding dengan jenis teks yang lain. Adapun yang merupakan kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi diantaranya adalah,

  • Pembahasan yang diangkat dalam teks eksplanasi merupakan suatu hal yang sifatnya sudah umum atau generic, sehingga bukan berisi partisipan manusia. Pembahasan topik teks eksplanasi yang biasa diangkat misalnya, badai, gunung meletus, gempa bumi, tsunami, dan lain sebagainya.
  • Untuk menulis teks eksplanasi, harus menggunakan istilah ilmiah dalam penulisan
  • Gunakan kalimat pasif dalam menulis teks eksplanasi
  • Lebih banyak menggunakan verbal material dengan verbal rasional dalam penulisan teks eksplanasi
  • Menggunakan konjungsi kausal dan waktu untuk menjelaskan peristiwa secara sistematis. Misalnya, sehingga, sebelum, jika, pertama, kemudian dan lain sebagainya

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

Jenis jenis teks eksplanasi

Berdasarkan pernyataan NWS Departement School and Education (2012), yang mengatakan bahwa teks eksplanasi memiliki empat jenis. Adapun jenis-jenis teks eksplanasi yang harus kamu ketahui diantaranya adalah :

  1. Eksplanasi Sequential, merupakan jenis teks eksplanasi yang ditulis untuk membahas suatu proses atau tahapan pada fenomena yang terjadi secara jelas. Misalnya, urutan siklus yang terjadi pada kehidupan rantai makanan.
  2. Eksplanasi Kausal, merupakan jenis teks eksplanasi yang ditulis untuk menjelaskan proses atau tahapan penyebab dan asal muasal terjadinya perubahan pada suatu peristiwa tertentu. Misalnya, proses terjadinya erosi tanah
  3. Eksplanasi Teoritis, merupakan jenis teks eksplanasi yang ditulis untuk memberikan informasi mengenai spekulasi kemungkinan yang bisa terjadi dikarenakan suatu peristiwa atau fenomena alam. Misalnya, letusan gunung berapi menjadi pemicu terjadinya bencana alam lainnya yang lebih dahsyat
  4. Eksplanasi Faktorial, merupakan jenis teks eksplanasi yang ditulis untuk menjelaskan efek dari suatu proses atau tahapan. Misalnya efek terjadinya kejadian kolonialisasi.

Contoh Teks Eksplanasi

Ada banyak contoh teks eksplanasi yang dibedakan menjadi beberapa jenis, misalnya terdapat teks eksplanasi fenomena alam, teks eksplanasi bencana alam, teks eksplanasi sosial, teks eksplanasi budaya, dan teks eksplanasi lainnya.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pendidikan

Contoh teks eksplanasi pendidikan

 

Larangan Membawa Handphone

Pernyataan Umum

Di zaman ini handphone merupakan sebuah alat komunikasi teknologi yang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap masyarakat salah satunya adalah anak-anak atau remaja. Di Indonesia sendiri banyak anak-anak atau remaja yang berani untuk membawa handphone ke sekolah karena menganggapnya biasa saja. Padahal terdapat sekolah yang melarang anak muridnya untuk membawa HP ke sekolah.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Namun ada beberapa kalangan, yang menganggap bahwa larangan untuk membawa HP ke sekolah sangat tidak tepat bagi kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini. Karena Indonesia menggunakan kurikulum 2013 saat ini, dimana kurikulum nasional tersebut menuntut siswa untuk lebih aktif dalam mencari referensi mengenai pelajaran yang sedang dipelajari sehingga teknologi seperti hp tentu akan dibutuhkan.

Selain itu ada beberapa orang tua siswa yang menyuruh anaknya untuk membawa hp dikarenakan sebagai alat komunikasi. Serta banyak siswa yang beralasan bila membawa hp dengan tujuan untuk berjaga-jaga jika terdapat situasi yang sedang darurat.

Hal tersebutlah yang menimbulkan banyak pertanyaan. Seperti, apakah sekolah bisa menjamin untuk mengantisipasi hal yang darurat mengenai siswa? Bila pun menggunakan hp wali kelasnya masing-masing setiap kelas, tentu tidak akan efektif karena wali kelas tersebut pasti memiliki kesibukan waktu tersendiri. Hal itu merupakan alasan yang cukup kuat.

Interpretasi (Penutup)

Sehingga solusi yang tepat untuk digunakan, yakni dengan setiap pihak sekolah perlu memikirkan ulang mengenai kebijakan larangan menggunakan handphone di sekolah. Dengan begitu maka sekolah aakn menemukan keseimbangan antara dampak positif dan dampak negatif dari larangan membawa hp ke sekolah karena pendidikan juga merupakan hal yang sangat penting.

Penggunaan Ujian Nasional Berbasis Komputer

(Pernyataan Umum)

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih dan merambah ke seluruh bidang, salah satunya adalah pada bidang pendidikan. Misalnya saja penggunaan komputer sebagai alat dalam melaksanakan ujian nasional yang saat ini sering disebut dengan UN CBT ( Ujian Nasional Computer Based Test ). Metode yang digunakan untuk ujian nasional tersebut telah merubah metode lama yang hanya menggunakan kertas dengan alat tulis atau yang biasa kita sebut UN PBT ( Ujian Nasional Paper Based Test ).

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Meskipun cara yang digunakan saat ini untuk melaksanakan ujian nasional adalah berbasis komputer, namun ada beberapa orang yang berpendapat bahwa hal tersebut bisa mendukung adanya kecurangan yang biasa terjadi dalam ujian. Sehingga hal tersebut menjadi masalah yang harus diperhatikan dampaknya.

Meskipun masih banyak orang yang belum pernah merasakan untuk melakukan metode ujian nasional berbasis komputer ini, namun sudah banyak murid serta guru yang menolak adanya pelaksanaan UN tersebut. Hal tersebut dikarenakan mereka masih sangat khawatir dengan teknis pelaksanaannya. Mereka takut bila terjadi kesalahan dalam mengerjakan soal UN seperti mati listrik ketika kegiatan UN sedang berlangsung. Adapun bila bisa menggunakan cadangan listrik dan semacamnya, namun tetap saja akan memicu siswa menjadi panik.

Selain berasal dari gangguan luar, mereka juga sangat menghawatirkan bila komputernya yang menjadi bermasalah atau jaringan yang terganggu, sehingga pelaksanaan ujian nasional akan terganggu bahkan bisa merusak proses pengerjaan soal-soal. Tentu saja hal tersebut merupakan suatu peristiwa yang sangat tidak diinginkan baik dari kalangan murid itu sendiri maupun guru di sekolah tersebut.

Interpretasi (Penutup)

Sehingga banyak pihak sekolah yang ingin melaksanakan ujian nasional seperti biasanya atau dengan menggunakan metode lama, yaitu ujian nasional menggunakan kertas lembaran jawaban dan dikerjakan menggunakan alat tulis. Karena mereka beranggapan bahwa cara tersebut tentunya sudah sangat familiar karena terbiasa dengan mengerjakan soal menggunakan metode lama dan beranggapan lebih mudah.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Contoh teks eksplanasi fenomena alam

Berikut ini merupakan beberapa contoh teks eksplanasi fenomena alam, diantaranya adalah:

Contoh Teks Eksplanasi Hujan

Pernyataan Umum

Hujan merupakan sebuah peristiwa alam yang sudah tidak asing lagi bagi kita, dikarenakan hujan memang seringkali terjadi pada musimnya. Hujan adalah peristiwa jatuhnya tetesan air dari langit. Ketika musim hujan, maka peristiwa hujan akan turun dalam jangka waktu yang lama, bahkan bisa terjadi setiap hari.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Musim hujan akan datang setelah bumi memasuki suhu yang tinggi (musim kemarau) sehingga seringkali sebelum terjadi hujan, maka suasana akan terasa sangat gerah. Ketika suhu bumi sedang panas, maka air akan menguap lebih banyak baik dari air danau, air laut, maupun air sungai. Setelah itu awan akan menyimpan air yang menguap.

Ketika air sudah penuh terkumpul di angkasa, maka awan akan terbentuk semakin besar dan bewarna lebih gelap (mendung). Suhu udara pun menjadi sangat dingin, karena uap air dalam awan berubah menjadi air yang membeku.

Semakin lama air yang menguap dan tersimpan di awan, maka semakin besar beban yang didapat oleh awan. Sehingga akhirnya awan akan turun ke posisi yang lebih rendah dan dekat bumi, lalu akhirnya air tersebut mencair dan turun ke bumi.

Kita sering melihat air hujan yang jatuh ke bumi merupakan butiran air kecil. Namun pada dasarnya butiran air yang jatuh dari angkasa tersebut berukuran besar. Ketika butiran air tersebut bergesekan dengan udara maka air pun menjadi pecah dan turun ke bumi dalam bentukan rintik air hujan.

Interpretasi (Penutup)

Hujan merupakan peristiwa alam yang membawa berkah. Namun terkadang hujan juga bisa menyebabkan musibah. Misalnya ketika hujan yang turun sangat deras dan terjadi dalam waktu yang jangka lama, maka bisa menyebabkan banjir. Bahkan banjir tersebut bisa terjadi menjadi banjir bandang yang mampu merobohkan bangunan serta menghanyutkan benda lainnya.

Contoh Teks Eksplanasi Angin Puting Beliung

Pernyataan Umum

Angin puting beliung adalah salah satu fenomena alam yang terjadi dalam bentuk perputaran angin yang cukup kencang dengan kecepatan hingga 60 km/jam serta membentuk garis lurus yang meliuk-liuk dari bawah ke atas dengan durasi sekitar 10 hingga 30 menit. Orang Jawa menyebut angin puting beliung dengan sebutan angin lesus, sementara orang Sumatera menyebutnya sebagai angin bahorok

bahkan di amerika fenomena angin puting beliung bisa lebih besar dan menakutkan. Angin ini berukuran sekitar 10 kali lebih besar dan kekuatannya 6 kali lebih besar, yakni 500 meter ukuran diameter, dan perputaran kecepatan sekitar 3000 km/ jam. Angin kencang tersebut disebut dengan tornado yang bisa menghancurkan berbagai bangunan yang dilewatinya

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Fenomena angin puting beliung merupakan bencana alam yang bisa menyebabkan dampak cukup serius. Sehingga, sebelum angin puting beliung datang ada baiknya untuk mengetahui tanda-tanda yang akan menyebabkan terjadinya angin puting beliung seperti berikut ini,

  • Hawa cuaca terasa sangat panas
  • Hadirnya awan cumulus yang memiliki bentuk seperti kembang kol raksasa di atas langit. Awan tersebut lama-kelamaan akan berubah menjadi gelap atau mendung yang disebut dengan awan cumulonimbus. Yakni memiliki bentuk yang hampir sama namun ukurannya sedikit lebih besar.
  • Muncul angin yang awalnya terasa seperti hembusan, namun lama-lama akan terasa kencang

Bila ciri-ciri tersebut sudah bisa dilihat atau dirasakan maka angin puting beliung diprediksi akan datang. Sehingga masyarakat harus merasa waspada dan bersiap-siap untuk mencari lokasi perlindungan yang jauh dari angin puting beliung.

Namun bagaimana proses terjadinya fenomena angin puting beliung tersebut, yang bisa membuat kerusakan disekitarnya? Terjadinya fenomena angin puting beliung melewati 3 fase, diantaranya fase tumbuh, dewasa, serta fase punah. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut ini penjelasannya,

  • Fase Tumbuh

Fase tumbuh terjadi pada saat suhu udara berada di derajat yang cukup tinggi hingga terasa panas. Pada saat itu terdapat arus udara yang mengalami kenaikan ke atas awan. Pada saat panas, udara akan membawa uap air yang berjumlah cukup banyak sehingga lama-kelamaan awan akan menjadi mendung atau gelap.

  • Fase Dewasa

Masuk ke dalam fase dewasa, titik air yang berada di dalam awan sudah cukup banyak dan tak mampu di bendung lagi, sehingga turunlah hujan. Pada saat hujan inilah terjadi gesekan antara arus udara naik dengan arus udara turun.

Hal tersebut bisa mempengaruhi temperatur udara, sehingga temperatur udara yang turun akan lebih dingin, dibandingkan dengan temperatur udara yang berada di bawah. Gaya gesek antara udara naik dan turun yang mempengaruhi temperatur bisa menyebabkan perputaran angin yang cukup besar dan cepat, sehingga timbul lah angin puting beliung

  • Fase Punah

Fase punah merupakan fase terakhir dari proses terjadinya angin puting beliung yang memasuki masa lemah perputaran angin. Pada fase ini suhu udara mulai stabil dan peegesekan pun akan berhenti.

Adanya fenomena bencana alam angin puting beliung tidak bisa diduga-duga, karena kedatangannya tiba-tiba. Meskipun demikian, biasanya angin puting beliung datang di waktu siang atau sore hari. Karena pada saat itu, temperatur bumi sedang berada disuhu panas.

Pada skala lokal, biasanya angin puting beliung terjadi pada durasi waktu sekitar 5 hingga 7 menit yang memasuki puncak perputaran angin yang cukup kuat dan kencang. Biasanya angin puting beliung akan sering terjadi di daerah dataran rendah yang memiliki suhu sekitar 30-32 derajat celsius.

Interpretasi (Penutup)

Meskipun angin merupakan cuaca yang tidak berbahaya, namun bila datangnya dengan kekuatan yang maksimal maka hal itu akan membuat bencana alam yang cukup serius. Pasalnya angin puting beliung bisa membuat kerusakan di daerah yang dilewati nya.

Bahkan kekuatan dari fenomena alam angin puting beliung bisa meruntuhkan bangunan tinggi dan merobohkan pohon yang berukuran cukup besar. Sehingga bila terjadi angin puting beliung segeralah mencari tempat yang aman dan jauh dari lokasi angin puting beliung. Hindarilah berdekatan dengan bangunan, pohon, dan tiang reklame.

Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari

Pernyataan Umum

Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang seringkali dinanti-nanti oleh banyak orang, karena kehadirannya tidak terjadi di setiap saat. Fenomena alam langka yang satu ini bisa membuat banyak orang rela menunggu agar bisa menyaksikan secara langsung terjadinya gerhana matahari. Untuk menyaksikan nyam biasanya orang-orang menggunakan teropong atau kacamata khusus sebagai pelindung mata.

Proses terjadinya gerhana matahari dikarenakan posisi bulan yang berada di tengah-tengah antara jarak matahari dengan bumi. Hal tersebut akan menciptakan garis lurus, sehingga cahaya yang diberikan matahari kepada bumi tertutup oleh bulan. Sehingga terjadilah fenomena gerhana matahari yang berbentuk lingkaran cahaya gelap.

Walaupun bulan memiliki diameter yang sangat jauh lebih kecil dibandingkan dengan matahari, namun bulan bisa menutup cahaya tersebut untuk beberapa saat. Hal itu dikarenakan jarak antara bulan ke bumi sangat dekat yakni sekitar 384.400 km dibandingkan dengan jarak matahari ke bumi yakni sekitar 149.680.000 km jauhnya.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Gerhana matahari tidak bisa disaksikan secara langsung dengan mata telanjang. Hal tersebut dikarenakan bisa membahayakan fungsi penglihatan.

Pasalnya mata memiliki retina yang tidak boleh terkena radiasi tinggi pada fotosfer matahari yang tak kasat mata. Hal tersebut bisa merusak retina mata yang permanen, bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Maka dari itu, disarankan untuk melihat gerhana matahari menggunakan alat seperti teropong atau kacamata khusus yang berfungsi sebagai pelindung mata. Karena bisa menyaring radiasi inframerah pada matahari yang dihasilkan dari fotosfer.

Fenomena alam yang terjadi pada gerhana matahari berlangsung selama kurang lebih 8 menit. Pada rentang waktu tersebut merupakan saat terbaik untuk melihat dan melakukan pengamatan terhadap gerhana matahari secara langsung.

Setelah waktu tersebut berlalu, gerhana matahari masih bisa disaksikan, namun sinar matahari sudah mulai muncul disekitar tepi lingkar bulan. Lama-kelamaan cahaya tersebut semakin bergeser dikarenakan rotasi bulan dan juga rotasi bumi yang terus bergerak. Sehingga ketika telah menyaksikan dan mengamati selama waktu 8 menit, lebih baik Anda menghentikannya. Karena cahaya yang ditimbulkan kembali bisa merusak retina mata.

Fenomena alam gerhana matahari yang terjadi, sangat berhubungan dengan posisi jarak antara matahari dengan bumi yang dihilangin oleh bulan. Sehingga setiap wilayah tidak akan memiliki kesamaan untuk melihat kejadian gerhana matahari.

Misalnya saja, bila daerah A mengalami fenomena gerhana matahari total, maka belum tentu gerhana matahari total terjadi juga di wilayah B.

Hal tersebut disesuaikan dengan bagian bumi mana yang terhalang oleh bulan. Agar lebih dalam pengetahuannya, berikut ini merupakan jenis gerhana matahari yang wajib diketahui diantaranya adalah,

  • Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total merupakan fenomena yang terjadi ketika cahaya yang diberikan matahari untuk bumi terhalang sepenuhnya oleh bulan. Hal tersebut bisa menyebabkan cahaya matahari benar-benar tak terlihat dan gelap secara sempurna.

  • Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari cincin terjadi bila ukuran pada lingkaran bulan lebih terlihat kecil dibandingkan dengan ukuran pada lingkaran matahari. Sehingga ketika sudah mencapai puncaknya, cahaya matahari tertutup sepenuhnya oleh lingkaran bulan, namun Anda masih bisa melihat cahaya pada tepi lingkaran bulan. Adapun cahaya ditepi bulan ini, akan tampak seperti cincin dengan sinar keemasan.

  • Gerhana Sebagian

Gerhana sebagian juga bisa terjadi ketika posisi bulan tidak berada tepat di tengah untuk menutupi cahaya matahari. Pada saat ini, biasanya posisi bulan akan berada di tempat yang lebih rendah atau lebih tinggi. Sehingga lingkaran matahari tidak tertutup sepenuhnya, dan hanya terlihat seperti cahaya sabit keemasan.

Kita tidak bisa mengetahui keberadaan gerhana matahari sebagian terjadi tanpa menggunakan alat khusus. Karena cahaya matahari yang hadir sebagian tetap terlihat terang benderang. Hanya saja terlihat seperti sedang cuaca mendung ringan.

  • Gerhana Hibrida

Gerhana hibrida merupakan gerhana matahari yang bisa dilihat berbeda sesuai dengan titik bumi. Hal ini terjadi dikarenakan perpaduan antara gerhana matahari cincin dengan gerhana matahari total. Misalnya saja di satu titik bumi terjadi gerhana matahari total, namun di titik lain terlihat gerhana matahari cincin.

Interpretasi (Penutup)

Jangan melihat fenomena alam gerhana matahari dengan mata telanjang, atau tanpa alat khusus. Karena hal tersebut kita tidak bisa melihat dengan jelas keindahan fenomenal ini. Yang terlihat hanyalah sebuah langit mendung nan gelap.

Selain itu, melihat gerhana matahari dengan mata telanjang bisa merusak retina mata. Karena mata tidak kuat melihat langsung ke atas langit. Namun, jika Anda malas untuk keluar rumah, Anda bisa menyaksikan fenomena alam gerhana matahari melalui siaran video dokumenter atau televisi.

Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

Pernyataan Umum

Selain gerhana matahari, fenomena gerhana bulan juga menjadi salah satu peristiwa yang seringkali dinanti oleh banyak orang. Pada zaman dahulu, masyarakat jawa seringkali melakukan ritual tolak bala saat terjadi gerhana bulan. Setiap masyarakat desa berkumpul dan melakukan tabuhan kentong bersama-sama.

Karena menurut kepercayaan masyarakat Jawa, gerhana bulan terjadi dikarenakan ada raksasa yang ingin menelan bulan. Sehingga untuk mencegah dan menggagalkan raksasa tersebut, masyarakat harus membuat kebisingan dan suara riuh di bumi dengan cara menabuh kentongan.

Seiring perkembangan waktu yang memasuki zaman semakin modern, maka ritual atau tradisi tersebut sudah hilang. Karena penyebab terjadinya gerhana bulan secara ilmiah telah diketahui. Gerhana bulan terjadi dikarenakan posisi bumi, matahari, dan bulan berada dalam satu garis, dimana bumi berada didekat matahari yang menutup cahaya, sehingga bulan tidak bisa memantulkan cahaya matahari.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Pada saat terjadi gerhana bulan, sinar yang dipancarkan matahari sebenarnya masih bisa terlihat. Hal tersebut dikarenakan sinar matahari akan dibelokkan melalui atmosfer bumi hingga sampai ke permukaan bulan.

Yang terjadi ketika spektrum cahaya matahari dibelokkan melalui atmosfer bumi maka cahaya akan berwarna merah, sehingga terjadilah gerhana bulan. Pada saat ini bulan akan terlihat berwarna suram seperti jingga, coklat, ataupun merah tembaga. Momen inilah yang seringkali membuat orang semakin penasaran dengan warna bulan yang berbeda dari biasanya.

Lain halnya dengan gerhana matahari yang membutuhkan alat khusus untuk melihatnya. Karena gerhana bulan bisa dilihat dan diamati secara langsung dengan mata telanjang tanpa khawatir merusak mata.

Hal ini dikarenakan cahaya bulan merupakan pantulan dari cahaya matahari. Sehingga radiasi cahaya bulan telah hilang dan intensitasnya tidak sekuat dengan cahaya matahari. Gerhana bulan memiliki jenis yang bermacam-macam dan terbagi menjadi tiga diantaranya adalah:,

  • Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total merupakan fenomena alam dari gerhana bulan yang berbagi menjadi dua, yaitu gerhana bulan total positif juga gerhana bulan total negatif. Gerhana bulan total positif terjadi ketika posisi bulan terletak di antara daerah umbra (bayangan gelap yang dihasilkan bumi). Nantinya bulan akan nampak berwarna merah merata.

Sedangkan gerhana bulan total negatif, warna bulan akan terlihat merah namun tidak merata. Biasanya gerhana bulan total negatif hanya terjadi di sekitar wilayah NTT (Nusa Tenggara Timur)

  • Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana bulan sebagian bisa terjadi dikarenakan posisi bumi tidak menutup cahaya matahari secara menyeluruh. Sehingga terdapat cahaya matahari yang masih bisa menembus permukaan bulan.

Posisi bulan akan terbagi menjadi dua, ada yang terdapat di daerah penumbra dan sebagian lainnya berada di daerah yang tidak terkena bayangan bumi. Hal itulah yang membuat warna bulan sebagian bersinar dengan terang, dan sebagiannya lagi berwarna suram.

  • Gerhana Bulan Penumbra

Pada saat gerhana bulan penumbra terjadi, bulan berada pada posisi sepenuhnya di daerah penumbra atau bayangan gelap yang dihasilkan bumi. Sehingga pada saat ini, warna bulan akan menjadi suram.

Interpretasi (Penutup)

Fenomena gerhana bulan merupakan peristiwa yang sangat indah sehingga mampu menarik perhatian masyarakat. Bahkan ada beberapa orang yang rela untuk pergi ke suatu tempat hanya ingin melihat keindahan gerhana bulan yang langka.

Namun masih ada beberapa masyarakat yang menganggap bahwa gerhana bulan merupakan sesuatu yang sakral. Sehingga, pada saat fenomena ini terjadi sebaiknya berdoa kepada Tuhan yang maha esa.

Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

Pernyataan Umum

Pelangi merupakan fenomena alam yang berada di atas sebagai hiasan angkasa dengan garis yang melengkung ditambah warna-warni yang indah. Keberadaan pelangi menjadi sesuatu yang selalu dinanti, namun kehadirannya tidak bisa ditebak. Karena keindahan dan kecantikan dari pelangi, sehingga tak heran bila banyak masyarakat yang mengambil gambar pelangi, lalu dipamerkan ke sosial media.

Pada zaman dahulu, banyak orang yang memiliki kepercayaan bahwa pelangi memiliki hubungan dengan hal yang ghaib. Misalnya, menganggap pelangi sebagai jembatan yang akan mengantarkan para roh ke surga. Atau menganggap pelangi sebagai naga yang bertugas untuk menjaga langit.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Pada dasarnya, pelangi bukanlah suatu benda yang bisa disentuh dan diciptakan secara buatan. Fenomena terjadinya pelangi dikarenakan sebuah proses yang sistematis. Cahaya matahari yang terkena dengan rintikan air hujan, membentuk cahaya berwarna-warni yang dinamakan pelangi.

Cahaya matahari memiliki berbagai warna dalam spectrum nya, sehingga ketika menembus rintikan air hujan, maka cahaya tersebut akan mengalami pembiasan. Sehingga warna dalam spectrum cahaya matahari akan tersebar dan bisa dilihat oleh mata manusia.

Lebih jelasnya, pelangi memiliki 7 warna yang berbeda, diantaranya adalah

  1. warna merah
  2. warna jingga
  3. warna kuning
  4. Warna hijau
  5. Warna biru
  6. Warna nila
  7. Warna Ungu

Biasanya ketika turun hujan, namun awan tidak sepenuhnya menutupi matahari, maka pelangi yang besar dan berwarna akan nampak dengan jelas diatas langit. Namun, Anda bisa membuat pelangi buatan meskipun hasilnya tidak akan sempurna. Ketika cuaca sedang terik, Anda hanya perlu menyemprotkan air ke udara, maka akan ada pelangi dalam ukuran yang kecil.

Interpretasi (Penutup)

Fenomena pelangi bisa disaksikan oleh setiap orang dengan mata telanjang. Untuk melihatnya, posisi manusia harus berada di belakang matahari, yakni diantara sumber cahaya matahari dengan air. Sehingga, jika hujan terjadi di ufuk timur dan sedang cerah di ufuk barat, kita harus berada di tengah-tengah agar bisa menyaksikan pelangi yang melengkung di langit.

Contoh Teks Eksplanasi Petir

Pernyataan Umum

Petir yang biasanya disebut dengan kilat atau halilintar, bukanlah sebuah bencana alam. Meskipun petir merupakan peristiwa alam yang sangat ditakuti oleh manusia, karena memiliki energi yang sangat kuat bahkan bisa memiliki daya hancur yang tinggi. Terutama terjadi petir di daerah lapang yang bisa menghancurkan batu besar, bahkan dalam sekali kilat, bisa menghanguskan pepohonan.

Saat ini sudah terdapat penangkal petir yang digunakan untuk menanggulangi petir. Namun, kita harus tetap waspada dan carilah perlindungan yang aman bila terjadi petir

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Peristiwa petir akan terjadi ketika langit sedang gelap atau mendung dan cuaca akan hujan, pada saat itulah terjadi kilat yang disusun oleh suara menggelegar seperti ledakan. Ketika terjadi petir, cahaya akan merambat lebih cepat dibandingkan bunyinya, sehingga kilat akan didahului oleh cahaya petir.

Ada saatnya ketika beberapa detik setelah cahaya muncul akan terdengar suara gemuruh kecil saja. Tetapi ada pula saatnya ketika suara tersebut terdengar seperti ledakan yang dahsyat. Hal itu dikarenakan suara petir dipengaruhi oleh jarak dekat atau jauhnya kejadian petir tersebut dari suatu tempat keberadaan kita

Petir terjadi dikarenakan sebuah proses ketika sedang terjadi mendung, awan mempunyai unsur muatan listrik positif dan muatan listrik negatif. Setiap muatan listrik positif maupun negatif berkumpul dengan sesamanya. Sehingga muatan sisi positif berada di satu sisi baik diatas maupun di bawah awan, begitupula dengan muatan negatif yang berada di sebaliknya.

Ketika awan memiliki muatan listrik negatif dan muatan listrik positif, maka bumi menjadi tempat yang menetralkan sebagai pengaliran elektron ke awan bila memiliki kelebihan dalam muatan negatif. Sehingga perbedaan potensial antara langit dengan bumi menjadi syarat mutlak yang harus ada. Karena kunci terjadinya petir ini terdapat pada perbedaan seluruh benda di muka bumi.

Udara juga sangat berperan sebagai medium yang mengalirkan elektron. Meskipun udara bukan suatu hal yang bisa menghantarkan listrik, namun saat terjadi hujan maka daya isolator udara akan menurun. Hal itulah yang membuat udara bisa menjadi medium elektron untuk permukaan bumi.

Sedangkan suara ledakan yang ditimbulkan dari petir didapatkan karena elektron daya isolator yang berada di udara dengan air dipecahkan. Udara ketika hujan, mampu mengaliri energi listrik yang besar sehingga terjadilah petir yang mengandung sumber listrik dengan jutaan volt.

Saat ini sudah ada alat penangkal petir yang berfungsi sebagai jalur aliran elektron menuju permukaan bumi, tanpa menghancurkan benda lainnya. Petir akan mencari benda yang paling tinggi (tertinggi) untuk dijadikan rambatan menuju permukaan bumi, misalnya, tiang, pohon, atap rumah, gedung dan lain sebagainya.

Alat penangkal petir memiliki bagian utama yang terbagi menjadi tiga, yaitu batang tembaga pada penangkal petir yang berujung runcing, kabel konduktor yang berupa jalinan kawat tembaga sebagai penghubung antara batang tembaga penangkal petir dengan permukaan bumi, dan tempat pembumian berupa lubang dalam tanah yang befungsi untuk menanam kabel konduktor.

Interpretasi (Penutup)

Petir bukanlah sebuah bencana alam, namun ketika ada petir kita perlu waspada dan berhati-hati. Jangan berada di tanah lapang, karena jika terjadi petir kita bisa menjadi medium yang merupakan jembatan petir menuju permukaan bumi.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam

Contoh teks eksplanasi bencana alam

Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi Bencana alam, diantaranya adalah

Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus

Pernyataan Umum

Gunung meletus merupakan sebuah bencana alam yang sering terjadi di wilayah Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki wilayah yang sebagian besarnya jalur magma dari inti bumi atau lempeng cincin api. Itulah yang membuat gunung meletus merupakan ancaman bencana alam yang menakutkan bagi masyarakat indonesia.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Gunung berapi memiliki berbagai ribuan material di dalamnya. Gunung api juga merupakan jalur alami untuk mengeluarkan magma perut bumi yang terdorong oleh gas yang berkekuatan besar. Sehingga ketika magma keluar dari perut bumi, maka berbagai material di dalamnya akan ikut terbawa keluar.

Bencana letusan gunung berapi bisa terjadi sangat besar, ketika magma dan material dalam perut bumi dikeluarkan dengan dorongan gas yang kuat. Karena semakin besar tekanan yang diberi, maka makin tinggi pula material dalam perut bumi yang keluar ke angkasa. Bahkan diperkirakan bisa mencapai ketinggian lebih dari 18 km.

Tingginya letusan gunung berapi akan membuat kehancuran dan kerusakan yang sangat parah. Misalnya banyak material yang keras seperti pasir, bebatuan, kerikil, dan debu yang jatuh masuk ke pemukiman warga. Bahkan magma yang berupa awan panas dalam perut bumi ini menyapu pemukiman penduduk.

Sehingga jangan heran bila banyak orang yang merasa takut akan bencana alam gunung berapi ini. Adapun beberapa bencana lainnya yang terjadi akibat letusan gunung berapi, diantaranya adalah:

1. Gempa Bumi

Gempa bumi bisa terjadi dalam skala yang besar maupun ringan, hal itu disebabkan dari aktivitas vulkanik gunung berapi. Tentu saja gempa yang diakibatkan dari gunung berapi ini jangan dianggap remeh, karena bisa menimbulkan kerusakan dan kehancuran yang cukup parah. Misalnya saja di Indonesia pernah terjadi letusan gunung krakatau yang sangat besar.

2. Hujan Material Padat

Hujan material padat ini merupakan bencana yang diakibatkan dari letusan gunung berapi. Peristiwa tersebut terjadi karena material padat dalam perut bumi dikeluarkan dan masuk ke pemukiman warga seperti pasir, kerikil, debu vulkanik, bahkan batu. Tentu saja hal tersebut bisa meresahkan dan menakuti warga.

Selain bisa membuat kerusakan pada benda-benda yang berada di pemukiman warga, hujan material padat seperti abu vulkanik juga sangat berbahaya bagi tubuh dan tanaman. hal tersebut dikenakan abu vulkanik bisa mengotori udara yang masuk kedalam tubuh dan bisa membunuh tanaman.

3. Awan Panas

Awan panas merupakan magma dalam bumi yang sangat berbahaya bagi lingkungan, terlebih jika masuk ke dalam pemukiman warga. Hal ini dikarenakan awan panas bisa membakar daerah yang dilewatinya seperti binatang, pepohonan, bahkan pemukiman.

4. Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan terjadi jika lava panas masuk ke hutan dan membakar semua pepohonan hingga ke akar-akarnya.

5. Lahar

Lahar merupakan material yang dikeluarkan dari perut bumi dan merupakan material berbentuk kerikil atau pasir. Lahar terbagi menjadi dua, lahar panas dan lahar dingin

Lahar panas terjadi ketika lahar ini dikeluarkan dalam bentuk bara api

Lahar dingin terjadi ketika lahar tersebut sudah mengalami penurunan suhu dan bercampur dengan air hujan maupun air sungai.

6. Gas Vulkanik

Bukan hanya material padat, melainkan gas vulkanik juga dikeluarkan dari perut bumi. Gas vulkanik ini bisa menyebabkan polisi di udara dan menambah pemanasan global yang tinggi. Bahkan gas vulkanik yang disebabkan dari letusan gunung berapi yang sangat besar, bisa menyebabkan perubahan iklim selama beberapa waktu kedepannya.

7. Tsunami

Tsunami bisa terjadi akibat letusan gunung berapi yang berada di dasar laut atau tengah laut. Hal ini terjadi dikarenakan benda material yang dikeluarkan oleh gunung sangat besar dan akan menyebabkan gelombang air yang tinggi.

Tsunami yang terjadi dikarenakan letusan gunung berapi pernah terjadi di Indonesia. Tepatnya pada tahun 1883, gunung krakatau meletus dengan sangat dahsyat dan menyebabkan tsunami setinggi 40 meter. Bahkan bencana ini mampu menyapu wilayah pesisir pulau Jawa dan pulau Sumatera.

Bukan hanya itu, dampak akibat letusan gunung Krakatau dirasakan juga oleh seluruh penjuru dunia. Selama 5 tahun awan tertutup oleh debu dan gas yang dikeluarkan akibat letusan gunung Krakatau dan suhu bumi menjadi turun drastis hingga 1.2 derajat celcius.

Interpretasi (Penutup)

Letusan gunung berapi memanglah sebuah bencana alam yang sangat menakutkan dan berbahaya. Namun, setelah beberapa waktu kejadian letusan gunung berapi akan menjadi keberkahan bagi kehidupan.

Hal tersebut dikarenakan benda material yang dikeluarkan memiliki kekayaan mineral dan mampu mengembalikan kesuburan hutan. Selain itu, manusia juga bisa mempergunakannya sebagai bahan bangunan.

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Pernyataan Umum

Longsor adalah bencana alam berupa gerakan tanah yang jatuh dari daerah dataran tinggi menuju dataran yang lebih rendah. Bencana tanah longsor tentu akan sangat berbahaya bila terjadi di daerah pemukiman warga.

Bahkan, bencana tanah longsor yang terjadi di pemukiman warga akan sangat berbahaya dan banyak menimbulkan kerugian. Terlebih jika terdapat banyak lahan pertanian dan perikanan serta jalur transportasi yang akan tertimbun tanah, karena bencana tanah longsor.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Tanah longsor merupakan suatu bencana alam yang diakibatkan dari peristiwa geologi, dimana masa material seperti bebatuan yang berada dalam tanah mengalami pergeseran. Terdapat tiga faktor yang bisa memicu terjadinya tanah longsor diantaranya gaya gravitasi, faktor pemicu, serta faktor pendorong. Berikut ini penjelasannya,

Gaya gravitasi menyebabkan tanah longsor, dimana daya tarik bumi menarik tanah hingga terjatuh dari dataran tinggi menuju dataran yang lebih rendah.

Faktor pemicu terbagi menjadi dua macam, yang berdasarkan faktor alam maupun faktor manusia. Faktor alam terjadi murni dikarenakan kondisi alam yang menyebabkan tanah longsor. Sedangkan faktor manusia disebabkan karena kesalahan manusia, misalnya penebangan pohon.

Faktor pendorong adalah penyebab terjadinya tanah longsor dikarenakan unsur material tanah itu sendiri yang bergerak atau lengser dari tempat semula. Faktor pendorong memiliki berbagai pemicu, diantaranya adalah

1. Hujan

Hujan yang lebat menjadi salah satu pemicu terjadinya tanah longsor. Hal tersebut dikarenakan tanah yang menampung air hujan cukup besar akan membuat tanah menjadi bergerak. Terlebih, jika tanah tersebut sudah keropos alias tidak memiliki daya ikat yang kuat.

2. Gempa Bumi

Kejadian gempa bumi bukan hanya menyebabkan kerusakan saja, melainkan menyebabkan bencana lainnya misalnya tanah longsor. Hal ini dikarenakan getaran tanah yang membuat pergerakan material dalam tanah menjadi gugur.

3. Erupsi Gunung Berapi

Erupsi gunung berapi bisa menyebabkan tanah yang berada di sekitar gunung menjadi lengser. Hal tersebut dikarenakan getaran magma yang ingin keluar dari perut bumi serta magma yang mengalir ke permukaan tanah.

Magma yang dikeluarkan dari perut bumi karena erupsi gunung berapi tentu memiliki berbagai material yang banyak. Material tersebut tidak bisa ditampung oleh tanah, sehingga tanah menjadi runtuh.

Peristiwa tanah longsor yang disebabkan karena erupsi gunung berapi, berlangsung secara bertahap. Dimulai dari lengsernya pasir vulkanik hingga tanah, terlebih ketika hujan deras. Peristiwa ini juga bisa menyebabkan banjir lahar dingin disekitar gunung.

4. Penggundulan Hutan

Penggundulan hutan tentu merupakan faktor pemicu terjadinya tabah longsor yang terjadi dikarenakan kesalahan manusia. Manusia yang melakukan penebangan hutan secara liar, akan mempengaruhi pertahanan tanah. Karena akar yang menjadi struktur penyeimbang dan penyimpanan air dalam tanah secara alami telah dihabiskan untuk pemukiman. Terlebih ketika terjadi hujan yang sangat deras, tanpa pepohonan tanah akan cepat longsor.

5. Beban Di Dataran Tinggi

Beban yang bertambah pada dataran tinggi bisa menyebabkan terjadinya tanah longsor. Hal tersebut dikarenakan tanah tidak mampu menopang beban yang terlalu berat, sehingga tanah menjadi runtuh ke tanah.

6. Ledakan Tambangan Batu

Di daerah pegunungan terdapat banyak penambangan batu yang menggunakan bahan peledak. Hal tersebut tentu saja akan memiliki dampak buruk bahkan bisa menyebabkan tanah longsor. Hal tersebut terjadi karena ledakan tambang batu yang besar membuat tanah menggeser juga merusak struktur pertahanan tanah.

7. Pembangunan

Penambahan pembangunan yang dibuat di dataran tinggi akan membuat struktur tanah melemah, dan menambahkan beban yang bisa menciptakan peristiwa longsor

Interpretasi (Penutup)

Tanah longsor merupakan bencana alam yang bisa membuat kerusakan dan kerugian pada pemukiman warga. Terlebih tanah longsor juga sering memakan korban. Anda harus ada upaya untuk menanggulangi bencana alam longsor.

Manusia merupakan peran penting untuk menjaga tanah longsor dengan cara tidak melakukan faktor pendorong dari kesalahan perbuatan manusia. Namun sayangnya manusia sering beraksi terlambat ketika sudah terjadi bencana. Dan cenderung akan mengulangi kesalahannya kembali.

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Pernyataan Umum

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di seluruh negara di dunia, terutama pada wilayah yang memiliki dataran rendah. Banjir merupakan luapan air yang sangat besar dan seringkali terjadi ketika musim hujan. Bencana banjir bagi para penduduk yang berada di area perikanan dan pertanian tentu saja menjadi permasalahan yang besar.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Banjir bisa terjadi dikarenakan dua faktor, diantaranya faktor alam dan faktor akibat kesalahan manusia.

Banjir yang disebabkan karena faktor alam merupakan bencana yang mutlak terjadi tanpa kesalahan manusia. Yakni ketika hujan turun dalam jumlah yang cukup banyak dan tinggi, sehingga daerah yang memiliki dataran rendah akan langsung tergenangi oleh air. Selain itu, air yang dikirim dari daerah tinggi ke daerah dataran rendah bisa menyebabkan banjir.

Sedangkan banjir yang disebabkan oleh kesalahan manusia merupakan bencana yang murni dibuat sendiri oleh manusia. Misalnya, pembuangan sampah sembarangan di aliran sungai atau saluran air lainnya, penebangan hutan, pembangunan yang terus-menerus, serta pemanasan global. Perbuatan ini sebaiknya ditinggalkan agar tidak terjadi bencana banjir.

Banjir menjadi bencana alam yang sering terjadi setiap tahunnya di beberapa daerah, khususnya di Indonesia. Adapun akibat yang ditimbulkan dari bencana banjir bisa menyebabkan kerugian yang cukup besar. Bahkan bisa menyebabkan ekonomi di daerah tersebut menurun.

Selain itu banjir bisa menyebabkan kerusakan di pemukiman warga, serta bisa memunculkan berbagai macam penyakit seperti pilek, masuk angin, batuk, diare dan deman berdarah

Interpretasi (Penutup)

Banjir merupakan bencana alam yang tidak dianggap remeh karena berbahaya serta akan merugikan setiap manusia. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menanggulangi bencana banjir seperti membuat saluran air, menjaga lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, serta membuat tanggulan air yang baik.

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Pernyataan Umum

Gempa bumi merupakan bencana alam yang sering terjadi khususnya di wilayah Indonesia. Hal ini dikarenakan wilayah Indonesia banyak yang merupakan cincin api, atau merupakan wilayah yang sering terjadi aktivitas vulkanik yang cukup tinggi. Aktivitas vulkanik disebabkan oleh gunung berapi yang ada di wilayah Indonesia.

Bencana gempa bumi bisa membuat kerusakan di wilayah sekitarnya bahkan menimbulkan banyak korban. Ada banyak penyebab yang bisa menciptakan peristiwa gempa bumi salah satunya adalah aktivitas vulkanik dari gunung berapi.

Di Indonesia sendiri pernah terjadi peristiwa besar meletusnya gunung krakatau yang memisahkan pulau Jawa dengan pulau Sumatera. Atau terjadinya letusan gunung api purba yang berada di Toba dan menciptakan sebuah danau. Kedua letusan gunung berapi tersebut menimbulkan gempa bumi yang cukup dahsyat.

Meskipun banyak para ahli yang menciptakan alat canggih, namun peristiwa gempa bumi merupakan ancaman yang tidak bisa diduga-duga. Hal tersebut tentu saja bisa menghawatirkan penduduk Indonesia.

Misalnya saja, pada tahun 2004 tepatnya di Aceh, bencana gempa bumi yang terjadi cukup besar, hingga menimbulkan bencana tsunami dan banyak yang menjadi korban. Harta dan benda berharga lainnya habis dirusak oleh bencana yang terjadi. Begitu pula yang terjadi dengan gempa bumi di Yogyakarta, tepatnya pada tahun 2006.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Gempa bumi terjadi dikarenakan faktor alam yang berupa pergerakan antara energi inti bumi dengan lempengan bumi. Lempengan yang bergerak tersebut akan menggoncangkan bumi hingga ke permukaan. Meskipun begitu, peristiwa gempa bumi tidaklah selalu sama melainkan memiliki berbagai jenis, diantaranya adalah

1. Gempa Bumi Tektonik

Gempa bumi tektonik merupakan bencana jenis gempa yang seringkali terjadi di wilayah Indonesia. Gempa jenis ini dinilai sangat berbahaya dibandingkan dengan gempa vulkanik.

Adapun kekuatan skala terjadinya gempa bumi tektonik bervariasi, mulai dari skala yang kecil hingga skala yang besar. Gempa bumi tektonik bisa menyebabkan kerusakan yang sangat fatal terutama pada kedalaman bumi yang cukup dangkal. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh lempengan bumi yang bergerak dan bergeser hingga menabrak lempengan lainnya dan menimbulkan getaran cukup kuat.

Adapun penyebab lempengan bumi bergerak dikarenakan perut bumi melepaskan energi yang mendesak lempengan tersebut untuk terus bergerak setiap harinya. Gerakan tersebut memang tidak akan terasa jika hanya berupa gesekan kecil. Namun lain halnya bila pergerakan ini sudah sampai pada titik puncak yang membuat lempengan bumi patah, maka akan menimbulkan gempa dengan skala yang besar.

2. Gempa Bumi Vulkanik

Gempa bumi vulkanik merupakan jenis gempa yang terjadi karena magma dari perut bumi keluar. Magma tersebut ingin keluar melewati letusan gunung berapi atau saluran magma yang keluar dari laut, baik di dasar laut maupun permukaan laut.

Aktivitas magma yang terus mendesak untuk keluar dari perut bumi, membuat ledakan yang bisa menyebabkan terjadinya gempa bumi. Gempa bumi vulkanik yang terjadi bisa mematahkan lempengan pada bumi. Namun biasanya gempa bumi vulkanik tidak memiliki kekuatan yang terlalu besar, kecuali pada kasus ledakan gunung krakatau.

Di Indonesia sendiri pernah terjadi gempa bumi vulkanik yang berada di dasar laut. Gempa bumi tersebut terjadi di laut yang dangkal sehingga bisa menyebabkan bencana tsunami.

3. Gempa Bumi Buatan

Gempa bumi buatan merupakan jenis gempa yang terjadi akibat ulah atau keisengan manusia. Gempa ini disebabkan karena manusia menanam benda peledak di kedalaman hingga sekitar perut bumi. Kemudian benda ini akan meledak dan menciptakan getaran pada permukaan bumi, baik mulai d skala yang besar maupun tawang kecil tergantung dari ledakan benda tersebut.

4. Gempa Bumi Tumbukan

Gempa bumi tumbukan merupakan gempa yang terjadi akibat benda luar angkasa yang memiliki beban cukup berat menghantam ke permukaan bumi. Tentu saja benda yang jatuh ke bumi tersebut memiliki kekuatan atau berat yang berbeda. Sehingga, gempa bumi tumbukan memiliki skala yang berbeda, mulai dari skala yang kecil hingga skala besar tergantung dari beratnya materi asteroid yang jatuh ke bumi.

Gempa bumi tumbukan pernah terjadi sangat kuat hingga menyebabkan peradaban dinasaurus menjadi punah. Bahkan suhu bumi menjadi sangat rendah dan membeku selama bertahun-tahun lamanya.

5. Gempa Bumi Runtuhan

Gempa bumi runtuhan terjadi akibat dari berbagai keruntuhan yang menyebabkan getaran. Misalnya, runtuhnya bebatuan dan tanah longsor di sekitar pegunungan yang menyebabkan kerusakan. Skala yang diakibatkan oleh gempa bumi runtuhan ini berbeda-beda mulai dari skala kecil hingga skala besar

Bila terjadi bencana gempa bumi di sekitar kita maka, kita harus mengambil langkah atau tindakan yang baik. Berikut ini beberapa diantaranya adalah,

1. Simpan dengan aman semua benda berharga yang Anda miliki. Misalnya adalah dokumen penting, tas, brankas, tabungan perhiasan dan lain sebagainya. Sehingga Anda bisa menyelamatkan beberapa benda berharga yang sudah tersimpan dengan rapi.

2. Jangan merasa panik bila terjadi gempa bumi dan Anda sedang tidak sedang berada didalam rumah. Namun kita tetap harus waspada dan selalu berusaha untuk mencari perlindungan ketika terjadi gempa bumi.

3.Jangan memilih tempat yang banyak bangunan dan benda lainnya seperti gedung tinggi, tiang serta perpohonan. Hal tersebut dikarenakan bisa membuat kita tertimbun akibat gempa bumi.

4. Gempa bumi yang berkekuatan sangat besar membuat kita susah untuk berdiri sehingga ambilah posisi merangkak. Merangkaklah untuk terus mencari posisi yang aman

5. Berdoa kepada Allah Subhanahu Wa ta’ala

Interpretasi (Penutup)

Sampai saat ini belum ada teknologi canggih yang bisa menangkal dan memprediksi terjadinya gempa bumi. Sehingga setiap manusia harus memiliki kesiapan yang kuat bila terjadi gempa bumi mendadak.

Gempa bumi bisa mengakibatkan kerusakan di lingkungan pemukiman warga padat. Banyak manusia yang mengalami trauma akibat getaran bumi yang cukup hebat. Namun gempa bumi juga menjadi penanda bahwa bumi masih mempunyai energi yang bisa dijadikan rumah sebagai tempat tinggal manusia.

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

Pernyataan Umum

Kebakaran hutan merupakan bencana alam yang masih terus terjadi setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri wilayah Sumatera dan Kalimantan merupakan tempat yang sering terjadi bencana kebakaran hutan, dibandingkan dengan wilayah Indonesia lainnya. Hal tersebut karena kondisi hutan di kedua wilayah tersebut masih sangat luas dan besar.

Masalah kebakaran hutan tentu menjadi ancaman kehidupan bagi setiap manusia. Sehingga bila tidak segera ditangani, akan merusak sistem alam yang menyebabkan pepohonan dan hewan dalam hutan menjadi mati, bahkan punah. Selain itu, asap yang bersumber dari kebakaran hutan bisa sangat berbahaya bagi kehidupan manusia, terlebih jika masuk ke dalam tubuh.

Bukan hanya itu kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia, bisa mengganggu wilayah negara sebelah dan menimbulkan dampak buruk bagi masyarakatnya

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Peristiwa terjadinya kebakaran hutan disebabkan karena beberapa faktor dan dampak buruk dari kejadian tersebut

1. Penyebab Kebakaran Hutan

  •  Lahan Untuk Kepentingan Pertanian dan Perkebunan

Kebakaran hutan yang telah sering terjadi dikarenakan kesalahan dan keserakahan manusia untuk kepentingan pertanian dan perkebunan. Biasanya perusahaan yang menginginkan perkebunan sawit akan menggunakan cara pembakaran hutan untuk mengambil lahan dengan biaya yang minim.

Tentunya cara ini dilarang keras, karena sangat merugikan masyarakat yang berada di dekat pemukiman serta membahayakan satwa liar dalam hutan. Namun, mengapa hak tersebut sering terjadi? Dan terus dilakukan?

Hal ini dikarenakan posisi perusahaan minyak dibutuhkan dan sangat kuat. Karena, perusahaan tersebut menjadi salah satu sektor industri yang membutuhkan banyak tenaga kerja, menjadi sumber pemasukan devisa negara yang cukup banyak, serta penunjang kebutuhan pasar dalam produk minyak tanah

Sehingga pemerintah akan mengalami kesulitan untuk memberikan sanksi yang tegas terhadap perusahaan yang melakukan tindakan tidak terpuji tersebut. Karena jika perusahaan tersebut mogok maka akan mempengaruhi negara. Mulai dari penurunan ekonomi negara, permintaan pasar yang tidak terpenuhi, serta banyaknya pengangguran dikarenakan tidak bisa bekerja. Maka tak heran, bila setiap tahun terdapat berita yang mengabarkan kebakaran hutan terjadi akibat perbuatan manusia.

  •  Kesalahan Manusia

Banyak manusia membuat kelalaian ketika berada di dalam hutan sehingga menyebabkan kecerobohan yang membuat kebakaran hutan. Misalnya saja karena manusia membuang putung rokok sembarangan di musim kemarau, setelah itu daun yang kering terkena percikan api dan menyebabkan kebakaran hutan.

Selain itu, kesalahan manusia yang menyebabkan kebakaran hutan terjadi ketika mereka sedang berkemah. dimana bara api bekas digunakan untuk membuat obor tidak mati dengan sempurna. sehingga apinya menjalar ke dedaunan kering yang membuat kebakaran hutan.

  •  Petir

Petir bisa membuat hutan kebakaran hanya dengan menyambar satu pohon. Karena dari pohon tersebut akan menyebar ke pohon yang lainnya sehingga terciptalah kebakaran hutan.

  •  Erupsi Gunung Berapi

Erupsi gunung berapi yang terdapat lava atau magma panas bisa membakar semua benda yang dilewati nya. Salah satunya adalah pohon yang bisa merambat ke pohon lainnya sehingga terjadilah kebakaran hutan.

2. Dampak Bencana Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan merupakan bencana alam yang memiliki dampak untuk wilayah sekitarnya, terlebih jika dekat dengan pemukiman warga. Berikut diantaranya,

  • Udara yang terkena asap akan membuat jumlah emisi gas yang masuk ke dalam atmosfer semakin banyak. Bahkan akibat kebakaran hutan bisa menyebar akan udara karbondioksida ke permukaan atmosfer sebanyak 2,6 miliar ton
  • Kebakaran hutan bisa menimbulkan asap yang mematikan satwa liar serta merusak lingkungan
  • Banjir dan tanah longsor juga akan hadir beberapa waktu setelah kebakaran hutan akibat lahan menjadi gundul
  • Banyak manusia yang terkena penyakit ispa atau saluran pernapasan akibat polusi udara yang kotor
  • Mengganggu aktivitas manusia dalam berkendara, karena tidak bisa melihat jarak pandang yang cukup jauh baik pada transportasi darat maupun transportasi udara
  • Membuat aktivitas manusia untuk melakukan beberapa kegiatan sehari-hari menjadi terhalang karena gangguan asap
  • Ekonomi negara menjadi terganggu karena kehilangan beberapa pohon yang seharusnya dikelola menjadi sebuah produk dengan nilai yang tinggi

Interpretasi (Penutup)

Kebakaran hutan merupakan bencana alam yang tidak bisa diremehkan. Meskipun kebakaran hutan bisa disebabkan oleh alam, namun masih sering saja manusia membuat kesalahan yang menyebabkan kebakaran hutan terjadi.

Sehingga diperlukan kerjasama antara pihak pemerintah dan masyarakat untuk menjaga lingkungan, menjaga kelestarian hutan. Agar kehidupan dan ekosistem alam bekerja dengan sebaik mungkin.

Contoh Teks Eksplanasi Kekeringan

Pernyataan Umum

Kekeringan merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi ketika musim kemarau berkepanjangan. Hal itu disebabkan karena sumber air seperti sungai, danau, sumur, kali, dan lain sebagainya mulai mengering. Sehingga banyak masyarakat yang mengeluh mengenai pendapatan air bersih ketika terjadi kekeringan.

Adapun daerah yang biasanya terkena bencana kekeringan yang cukup parah adalah di padang rumput, gurun, dan pegunungan. Terutama di wilayah benua Afrika yangmana bila memasuki musim kemarau, banyak binatang berpindah tempat untuk mencari air demi kelangsungan hidupnya. Bahkan bukan hanya binatang, melainkan banyak manusia yang tinggal di wilayah Afrika sibuk mencari sumber air untuk mendapatkan air.

Begitupun dengan negara Indonesia, banyak wilayah yang terkena musibah kekeringan bila terjadi musim kemarau. Terutama pada daerah yang berada di dataran tinggi atau sekitar pegunungan.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Istilah kekeringan sendiri memiliki arti yaitu kurangnya cadangan air atau pasokan air yang berada di dalam tanah pada suatu daerah, ketika musim kemarau tiba dalam waktu yang panjang. Selain itu, intensitas turunnya hujan sangat sedikit sehingga harus menunggu waktu yang lama. Tanpa adanya hujan maka tidak ada air yang turun untuk mengisi cadangan air di dalam tanah, melainkan air terus menguap dan terjadilah kekeringan.

Jika bencana kekeringan ini akan terus berlangsung hingga jangka waktu yang sangat lama, maka akan menimbulkan bencana lainnya. Seperti terganggunya ekosistem alam dan banyak makhluk hidup yang terkena penyakit dehidrasi, bahkan menyebabkan kematian.

Selain dikarenakan musim kemarau yang panjang, kekeringan juga bisa terjadi karena kesalahan manusia. Misalnya, penebangan hutan secara liar yang dilakukan terus-menerus oleh manusia tanpa melakukan reboisasi atau penanaman ulang. Hal tersebut bisa membuat pohon yang berfungsi untuk menampung air di dalam tanah habis, sehingga tanah akan menjadi tandus dan kering yang menyebabkan pasokan air kurang.

Lahan hutan yang dibuat menjadi lahan pertanian juga bisa memicu terjadinya kekeringan. Karena pasokan air tidak disimpan dalam tanah melainkan sebaliknya, lahan pertanian akan membutuhkan banyak air dalam tanah sehingga tanah menjadi kering.

Banyaknya pembangunan yang terus-menerus dilakukan seperti pembangunan pabrik atau perusahaan, dan pembangunan perumahan juga memicu terjadinya kekeringan. Hal tersebut dikarenakan bisa membuat volume sumber air dalam sumur atau tanah semakin berkurang, terlebih ketika terjadi kemarau panjang. Seharusnya tanah ditanam pohon agar lahan menjadi rindang dan bisa menyimpan cadangan air lebih banyak.

Solusi lainnya untuk mengatasi kekeringan adalah dengan membuat banyak bendungan di aliran sungai. Sehingga, warga bisa mendapatkan dan memanfaatkannya secara maksimal.

Interpretasi (Penutup)

Dengan mengoptimalkan air bersih (air dalam tanah, serta air hujan) dan memanfaatkannya secara maksimal, maka hal tersebut merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh setiap manusia. Sehingga ketika musim kemarau tiba dalam waktu yang panjang, peristiwa kekeringan masih bisa untuk ditanggulangi.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Pernyataan Umum

Tsunami merupakan peristiwa bencana alam yang cukup menakutkan. Kasus terjadinya bencana tsunami yang ada di Aceh dan negara Jepang pada tahun lalu, masih membuat sama seseorang. Hal tersebut dikarenakan dampak dari bencana tsunami ini sangat besar

Tsunami merupakan salah satu bencana alam yang merupakan sebuah gelombang tinggi yang keluar hingga ke permukaan daratan. Bencana tsunami ini bisa diketahui kedatangannya berdasarkan prediksi dari benda canggih saat ini. Sirene merupakan alat peringatan terjadinya tsunami yang berguna untuk memberitahu masyarakat.

Ketika bencana tsunami akan datang, maka alat tsunami tersebut memberi tahunya dengan peringatan dini berbentuk bunyian. Sehingga masyarakat bisa pindah mencari tempat yang jauh dari wilayah pesisir pantai.

Nama Tsunami sendiri berasal dari bahasa Jepang yang secara harfiah memiliki arti ombak besar yang berada di pesisir pantai. Karena, di Jepang sering terjadi gelombang raksasa atau tsunami

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Tsunami merupakan bencana alam yang tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan ada penyebabnya. Jika terjadi tsunami, diperlukan upaya untuk menanggulanginya. Berikut ini penjelasannya,

1. Penyebab Terjadinya Tsunami

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari terjadinya tsunami. Diantaranya karena gempa bumi, letusan gunung berapi, meteor jatuh, serta longsor yang terjadi di bawah laut.

Namun 90% penyebab terjadinya tsunami adalah gempa yang berada dibawah laut, karena hal itu bisa memicu terjadinya gelombang tinggi. Sedangkan peristiwa tsunami yang terjadi karena meteor jatuh dan letusan gunung berapi sangat jarang terjadi. Meskipun begitu, pada peristiwa letusan gunung Krakatau, menyebabkan gelombang tsunami menyisir pulau Jawa.

Pergerakan gempa bumi yang berada di bawah laut akan membentuk sebuah gelombang vertikal dan menyebabkan air laut bergerak naik lalu turun. Semakin besar gerakan vertikal di dalam bawah laut, maka air akan semakin besar untuk membentuk gelombang yang tinggi.

Bila terjadi gempa bumi yang berkekuatan besar, maka lempengan bumi akan patah dan menyebabkan longsor di bawah laut. Hal tersebut akan menciptakan terjadinya megatsunami atau tsunami yang memiliki ketinggian lebih dari 200 m, dan bisa menyapu permukaan darat hingga sejauh 5 km, bahkan lebih.

Karena pada dasarnya gelombang tsunami tidak memiliki ukuran yang tinggi, yakni kurang dari satu meter jika berada di tengah laut. Namun, lain hal nya bila gelombang laut tersebut sudah mendekati daratan, yakni bisa sekitar 500 hingga 1000 kilometer per jam. Atau ketinggian gelombang akan bertambah dengan kecepatan yang semakin melambat hingga 50km/jam.

Gempa bumi yang bisa menyebabkan adanya tsunami diantaranya adalah gempa yang berpusat di tengah laut dengan kedalaman cukup dangkal, yakni sekitar 0-30 km, gempa bumi yang menggoyangkan air laut naik lalu turun, serta gempa bumi yang berkekuatan diatas 6 skala richter.

2. Penanggulangan Tsunami

Saat ini belum ada alat yang tidak bisa mencegah adanya tsunami, atau memang tsunami bukanlah bencana yang harus dicegah. Namun yang pasti, sudah ada alat yang berfungsi untuk memperingatkan masyarakat mengenai gelombang tinggi yang mungkin akan datang sebagai peringatan dini.

Adanya peringatan atau alarm, maka masyarakat masih memiliki peluang untuk bisa menyelamatkan diri. Dengan begitu korban akibat bencana tsunami tidaklah terlalu banyak.

Cara kerja alat untuk mendeteksi tsunami ini kompleks dan sangat rumit. Dibutuhkan alat lainnya seperti seismograf yang mencatat gempa hingga satelit, dan masih banyak berbagai alat komunikasi lainnya.

Seismograf akan berkerja mencatat getaran gempa bila terjadi gempa bumi. Lalu informasi yang sudah dicatat mengenai lokasi, waktu kejadian, dan kekuatan gempa akan ditransformasikan melalui satelit. Setelah itu, data tersebut akan masuk ke dalam alat yang bernama DDS dan berfungsi untuk menghitung semua angka-angka, apakah berpotensi tsunami atau tidak.

Selain DDS, alat yang digunakan untuk mengintegrasikan data gelombang tsunami yakni, BUOY, OBU, GPS dan Tide Gauge. Bila hasilnya memang akan menimbulkan tsunami, maka Instasi lain akan memberikan informasi melalui berbagai alat komunikasi. Selanjutnya, tanda peringatan alarm tsunami akan berbunyi.

Interpretasi (Penutup)

Bencana alam tsunami memang sangat menakutkan, terlebih jika terjadi dengan gelombang yang tinggi. Namun sudah ada alat yang mendeteksi potensi tsunami. Sehingga, ketika sudah ada pemberitahuan atau informasi mengenai tsunami, maka sebaiknya masyarakat yang berada di daerah pesisir pantai segera mencari jalur evakuasi yang aman, dan menentukan titik berkumpul untuk berlindung.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Contoh teks eksplanasi sosial

 

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari teks eksplanasi sosial, diantaranya adalah:

 

Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran

Pernyataan Umum

Pengangguran adalah seseorang yang belum bekerja, sedang mencari pekerjaan, atau tidak bekerja dan tidak mendapatkan penghasilan. Namun pengertian tersebut tidak berlaku untuk ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan mengurus rumah yang melelahkan. Lalu apa sebenarnya makna dari pengangguran itu sendiri dan mengapa masih ada pengangguran?

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Pengangguran memiliki beberapa definisi diantaranya adalah,

  • Pengangguran (seseorang yang berusia produktif; dan bukan seorang pelajar) adalah seseorang yang sedang berusaha mencari pekerjaan namun belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang diinginkan.
  • Pengangguran (seseorang yang berusia produktif; dan bukan seorang pelajar) adalah seseorang yang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya, dan belum mendapatkan pengganti dari pekerjaan tersebut. Sehingga orang itu tidak memiliki penghasilan dalam beberapa waktu.
  • Pengangguran (seseorang yang berusia produktif; dan bukan seorang pelajar) adalah seseorang yang tidak bekerja karena telah masuk kedalam masa pensiunan. Ia memutuskan untuk hidup dari sumber penghasilan tunjangan pensiun.
  • Pengangguran (seseorang yang berusia produktif; dan bukan seorang pelajar) yaitu seseorang yang tidak melakukan pekerjaan apapun namun tetap mendapatkan penghasilan dari hasil menyewakan rumah, mendapatkan warisan atau harta, menyewakan kos-kosan. Bahkan terdapat pengangguran yang mendapatkan penghasilan dari cara tidak terpuji seperti memelihara tuyul, dan berjudi.
  • Pengangguran (seseorang yang berusia produktif; dan bukan seorang pelajar) adalah seseorang yang tidak bekerja atau tidak melakukan usaha apapun dikarenakan malas dan akhirnya hanya menjadi beban orang tua untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Lalu timbul pertanyaan, apakah ibu rumah tangga, orang yang sakit, panti jompo, merupakan pengangguran? Tentu saja bukan.

Yang pertama, karena ibu rumah tangga memiliki pekerjaan tersendiri untuk mengurus rumah dan anak. Ya kedua karena orang yang sedang sakit atau orang jompo bukan termasuk orang yang memasuki masa usia produktif.

Dari pengertian yang telah disebutkan, maka bisa disimpulkan bahwa pengangguran memiliki banyak jenis. Adapun beberapa faktor yang bisa menimbulkan atau meningkatkan pengangguran di lingkungan sosial yakni sebagai berikut,

  • Sedikitnya lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta. Sehingga banyak orang yang hanya pasrah, karena bingung untuk melakukan atau bekerja seperti apa.
  • Negara yang memiliki kondisi ekonomi tidak stabil yang menyebabkan banyak perusahaan untuk memutuskan hubungan pekerjaan atau tidak ingin melakukan investasi.
  • Sedang terjadinya perang dan krisis kemanusiaan di dalam suatu negara yang mengganggu aktivitas ekonomi.
  • Terjadinya bencana alam
  • Perkembangan teknologi yang tidak diseimbangi oleh kualitas pendidikan sumber daya manusia

Bila pengangguran terus meningkat dan bertambah banyak di suatu negara, maka hal tersebut akan menghambat kemajuan perekonomian negara. Adapun beberapa dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari adanya pengangguran diantaranya adalah,

  • Perilaku kejahatan seperti pencopetan, perampokan, pencurian dan lain sebagainya dengan tujuan mendapatkan uang akan terus meningkat.
  • Meningkatnya kasus kemiskinan di lingkungan sosial
  • Tingkat kesejahteraan masyarakat dalam suatu wilayah semakin menurun
  • Banyak orang yang memilih untuk turun ke jalan dan menjadi gelandangan atau pengemis
  • Perekonomian tidak berjalan dengan sesuai
  • Pemasukan devisa negara menjadi turun

Diperlukan upaya untuk menanggulangi kasus pengangguran dan mengurangi dampak negatif dari pengangguran tersebut. Berikut ini merupakan solusi yang bisa dilakukan, diantaranya adalah

  • Disediakan lapangan pekerjaan yang dibuka oleh pemerintah atau perusahaan swasta untuk kriteria SDM rata-rata pengangguran
  • Pemerintah menciptakan sebuah lembaga sosial untuk memberikan pelatihan pekerjaan kepada masyarakat setempat
  • Meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang lebih baik
  • Melakukan pembangunan yang merata di setiap daerah
  • Memberikan motivasi kepada masyarakat agar tidak terus ketergantungan dengan perusahaan. Yakni dengan menciptakan peluang usaha sendiri
  • Pemerintah memudahkan pemberian bantuan pinjaman sebagai modal masyarakat untuk membuka usaha.
  • Pemerintah membuat koperasi yang mampu dikelola oleh masyarakat itu sendiri

Interpretasi (Penutup)

Untuk mengatasi pengangguran, cara yang paling mudah yakni dengan mengubah pola pikir masyarakat agar selalu berusaha mencukupi kebutuhan hidupnya. Dengan begitu setiap individu sadar untuk tidak terus ketergantungan menjadi karyawan di suatu perusahaan. Karena pada dasarnya orang kaya yang ada di seluruh dunia, adalah seorang pengusaha

Contoh Teks Eksplanasi Penyakit Demam Berdarah

Pernyataan Umum

Demam berdarah merupakan penyakit yang menjadi musibah serius di berbagai negara subtropis dan tropis, salah satunya Indonesia. Sudah banyak korban yang meninggal dunia akibat penyakit demam berdarah.

Di Indonesia sendiri, kasus penyakit dengu ini tergolong cukup tinggi. Bahkan Indonesia merupakan negara kedua yang memiliki kasus demam berdarah terbanyak setelah Brazil. Di Brazil telah memakan jumlah korban hingga 700 orang setiap tahun.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

DBD atau Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang di tularkan oleh virus yang bernama nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus. Meskipun begitu masyarakat sudah mengenal dua penyakit tersebut merupakan penyakit demam berdarah.

Penyakit demam dengue bisa diobati tanpa harus melalui cara yang sulit dan bantuan obat khusus. Untuk menyembuhkan penyakit tersebut hanya dengan minum air yang banyak serta istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan memakan makanan yang bergizi dan minum paracetamol serta acetaminophen.

Bila pengobatan tersebut dilakukan dengan secara maksimal, maka penyakit demam dengue bisa sembuh dalam waktu sekitar 6 hari.

Tetapi berbeda dengan penyakit demam berdarah dengue yang membutuhkan perawatan cukup sulit serta obat khusus untuk menyembuhkan penyakit ini. Hal ini dikarenakan penyakit pada demam berdarah sudah cukup serius dimana virus telah menyerang sistem imun tubuh. Selain itu virus telah merusak kelenjar getah bening dan pembuluh darah pada tubuh.

Hal tersebutlah yang membuat si penderita akan mengalami sesak nafas, pusing tinggi, muntah darah, mengeluarkan darah melalui hidung dan gusi, serta organ hati menjadi bengkak dan seluruh anggota tubuh terasa nyeri terutama pada bagian perut. Adapun ciri-ciri lengkap bila terkena penyakit demam dengue diantaranya adalah:

  • Pada awalnya, tubuh seperti terkena penyakit flu
  • Suhu badan menjadi lebih tinggi, bahkan hingga mencapai 41 derajat celcius
  • Tubuh terasa menggigil
  • Merasa pusing
  • Nafsu makan menjadi hilang
  • Badan terasa sangat lemas
  • Tenggorokan menjadi sakit
  • Wajah menjadi memerah
  • Terasa mual dan muntah-muntah
  • Persendian menjadi nyeri
  • Terdapat bintik-bintik merah pada kulit
  • Terjadi pembengkakan kelenjar getah pada tubuh
  • Bagian belakang mata terasa nyeri

Jika sudah terasa ciri-ciri gejala penyakit demam berdarah dengue tersebut segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan. Sehingga tidak terjadi komplikasi dengan penyakit demam berdarah ini. Pasalnya, gejala penyakit ini akan terasa setelah 4 sampai 10 hari terkena gigitan virus nyamuk.

Maka dari itu, sebelum terkena penyakit demam berdarah dengue, ada baiknya mencegah penyakit tersebut dengan melakukan langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Rajin untuk membersihkan lingkungan rumah
  • Mengubur barang bekas yang dapat menampung air
  • Rajin untuk selalu menguras bak kamar mandi atau toilet
  • Penampungan air ditutup
  • Menggunakan obat pembasmi nyamuk dengan cara menyemprotkannya pada bagian yang sering dijadikan sarang nyamuk
  • Gunakan strimin anti nyamuk untuk semua ventilasi yang ada di rumah
  • Jangan terlalu sering untuk membuka pintu rumah dan jendela, terutama pada waktu sore hari dan malam hari.
  • Melakukan gotong royong masyarakat setempat untuk membersihkan lingkungan secara rutin
  • Melakukan fogging atau pengasapan di daerah kebun dan saluran got air

Interpretasi (Penutup)

Sebelum terkena penyakit demam berdarah dengue ini, alangkah baiknya untuk melakukan langkah-langkah pencegahan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun, jika sudah terlanjur terkena penyakit DBD tersebut segera tangani oleh dokter, agar tidak terjadi komplikasi. Selalu jaga kesehatan dan mencegah datangnya virus serangga seperti lalat, kecoa, nyamuk, tikus dan lain sebagainya.

Contoh Teks Eksplanasi Kemiskinan

Pernyataan Umum

Kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial yang masih sering terjadi di setiap wilayah dari beberapa negara, salah satunya adalah Indonesia. Indonesia merupakan negara yang masih terus mencari solusi untuk mengatasi kemiskinan yang terjadi. Pasalnya, meskipun sudah ada berbagai upaya yang dilakukan, namun kemiskinan masih menjadi momok di Indonesia

Lalu apa sebenarnya arti dari kemiskinan itu sendiri?

Miskin merupakan sesuatu hal yang sedikit atau kekurangan. Ada dua konteks kemiskinan, yang pertama miskin dalam hal memiliki sumber daya manusia, dan kedua adalah miskin dalam hal pendapatan ekonomi.

Indonesia sendiri masih menjadi negara berkembang yang didalamnya terdapat kasus kemiskinan. Hal tersebut dikarenakan masih banyak daerah yang belum memiliki bangunan dengan tataan yang rapi seperti di kota besar lainnya.

Meskipun indonesia disebut sebagai negara agraris, namun masih banyak petani yang kesulitan atau miskin dalam bidang ekonomi sebagai penopang utama dalam kehidupannya. Justru di negara maju banyak petani yang memiliki kehidupan makmur atau kaya raya.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kemiskinan bisa terjadi, diantaranya pembangunan fasilitas yang tidak merata di setiap wilayah, tingkat pendidikan masih rendah, dan faktor alam seperti wilayah rawan bencana serta tandus.

Fasilitas penting yang seharusnya dibangun secara merata diantaranya adalah fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, fasilitas transportasi, serta fasilitas komunikasi, dan lain sebagainya. Bila suatu daerah hanya memiliki beberapa fasilitas yang tidak seimbang dengan kota besar lainnya, maka hal tersebut akan mempersulit perkembangan suatu daerah tersebut. Karena setiap orang akan memiliki rencana untuk pindah ke daerah yang memiliki fasilitas lengkap, dengan begitu hidup mereka akan semakin mudah.

Jika suatu daerah memiliki penduduk yang padat, maka pendapatan ekonomi daerah tersebut akan mengalami kenaikan. Begitupun sebaliknya, jika di suatu daerah hanya memiliki beberapa penduduk yang bertempat tinggal, maka daerah tersebut akan tertinggal dan sulit untuk berkembang. Tanpa disadari kesimpangan yang terjadi di setiap daerah tersebutlah yang membuat kasus kemiskinan terjadi.

Hal ini tentu sangat sangat mempengaruhi pendapatan ekonomi sebuah negara. Jika di suatu negara masih memiliki wilayah yang masyarakatnya miskin, tentu negara tersebut juga miskin atau sedang berkembang dan begitupun sebaliknya.

Bila masyarakat dalam suatu negara hidup makmur dan sejahtera, negara bisa mendapatkan pajak yang tinggi. Karena bagaimanapun juga, negara yang kaya merupakan negara yang bisa menyejahterakan rakyatnya.

Interpertasi (Penutup)

Salah satu upaya negara Indonesia untuk memberantas kemiskinan adalah dengan memeratakan pembangunan nasional disetiap wilayah NKRI. Dengan begitu masyarakat bisa dengan mudah hidup di wilayahnya dan bisa mencari nafkah untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Sehingga Indonesia akan menjadi negara makmur yang mampu menyejahterakan rakyatnya.

Contoh Teks Eksplanasi Unjuk Rasa

Pernyataan Umum

Negara yang menganut sistem demokrasi, membebaskan masyarakatnya untuk menyuarakan pendapatnya dihadapan umum. Karena kebebasan berpendapat juga merupakan salah satu hak yang dimiliki setiap individu.

Untuk menyuarakan pendapat dihadapan umum, yakni dengan cara unjuk rasa atau yang sering disebut dengan demonstrasi. Karena cara tersebut dinilai efektif untuk mewujudkan suatu perubahan dari pendapat masyarakat

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Unjuk rasa atau demonstrasi dilakukan oleh setiap individu atau sekelompok masyarakat untuk memberikan tuntutan atau pendapat kepada pihak tertentu. Biasanya, semakin besar masyarakat yang ikut menyuarakan pendapat atau melakukan untuk rasa, maka pihak yang dituju akan semakin cepat memberikan tanggapan.

Pada dasarnya unjuk rasa merupakan sebuah kegiatan untuk berdialek (menyampaikan pendapat) bersama pihak tertentu (pemerintahan), namun tak jarang pula bisa menimbulkan suatu konflik yang serius. Hal tersebut tentu saja akan mengganggu keamanan dan kenyamanan suatu negara, bahkan bisa menyebabkan pendapatan ekonomi negara semakin berkurang.

Unjuk rasa seperti itu pernah terjadi di Indonesia, yangmana saat itu banyak mahasiswa ikut serta turun ke jalanan, untuk menyuarakan pendapat atau tuntutan agar presiden Soeharto turun dari masa kepresidenan. Namun kegiatan unjuk rasa tersebut bukan digunakan untuk berdialekta yang damai, melainkan suasana menjadi ricuh dan memanas hingga akhirnya menimbulkan kekerasan.

Meskipun pada akhirnya presiden Soeharto turun dari jabatannya. Namun masih banyak masyarakat yang trauma atas kejadian tersebut.

Interpretasi (Penutup)

Unjuk rasa atau demonstrasi merupakan cara yang tepat untuk menyampaikan pendapat dihadapan umum. Namun sayangnya, seringkali kegiatan ini diakhiri dengan kekerasan dan kekacauan.

Sehingga bila itu terjadi, maka unjuk rasa bukan lagi menjadi cara berdialekta yang baik. Yang ada hanyalah mempersulit keadaan untuk menemukan titik jalan keluar antara pengunjuk rasa dengan pihak yang dituju.

Contoh Teks Eksplanasi Sampah

Pernyataan Umum

Jika mendengar kata sampah, seringkali pikiran kita akan terbayang suatu hal yang kotor, bau, menjijikkan, serta banyak kuman. Dalam lingkungan sehari-hari, seringkali kita menemukan sampah berserakan dimana-mana. Hal itulah yang membuat kasus banyaknya sampah tidak pernah berhenti.

Sampah sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni sampah organik dan sampah non-organik. Sampah organik merupakan sampah rumah tangga alami yang membusuk namun bisa diuraikan, seperti sayuran yang membusuk, daun, kulit buah dan lainnya. Sedangkan sampah non-organik adalah sampah rumah tangga yang sulit diuraikan (butuh waktu lama) seperti, kertas, botol, dan lainnya.

Apapun itu, sampah tetap menjadi masalah yang terus berkelanjutan dan menjadi pusat perhatian. Pasalnya semakin banyak pertumbuhan manusia maka semakin banyak pula sampah yang dihasilkan. Yang menjadi permasalahan adalah banyaknya manusia yang tidak memiliki kesadaran akan membuang sampah pada tempatnya

Misalnya saja yang sering terjadi di kota besar, banyaknya sampah yang terbuang sembarangan dan berserakan di jalan. Sehingga apabila terjadi hujan akan, maka sampah tersebut bisa menyebabkan bencana banjir. bahkan terkadang sampah tersebut menyumbat aliran sungai dan mengotori air sungai.

Namun lain halnya bila sampah bisa diolah dengan semestinya, hal tersebut justru akan membuat sampah sebagai sumber energi dan memiliki nilai jual yang tinggi. Kita tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk menciptakan material baru dengan sampah, sehingga bisa mengurangi ekploitasi bumi yang merusak lingkungan.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Banyaknya sampah yang dihasilkan dari manusia akan membahayakan kelangsungan hidup makhluk di bumi, terlebih bila banyaknya sampah non-organik. Karena, sampah non-organik bisa merusak struktur tanah, serta sulit terurai atau membutuhkan waktu yang lama. Adapun bahaya sampah diuraikan sebagai berikut,

1. Bahaya Sampah

Sampah yang dibuang sembarangan dan berserakan di pinggir jalan atau sungai akan mengundang hewan yang membawa penyakit seperti kecoa, lalat, dan tikus. Terlebih bila dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang, maka sampah akan terus menggunung dan lingkungan tersebut menjadi sumber penyakit, misalnya seperti, kolera, tifus.

Banyaknya sampah di suatu lingkungan juga bisa menjadi sarang nyamuk yang akhirnya merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit demam berdarah. Terlebih jika sampah tersebut dibuang di saluran air atau sungai, dan menyumbat aliran air sungai maka akan terjadi banjir dan mengakibatkan virus penyakit akan mudah tersebar kedalam tubuh manusia.

Sampah juga menjadi penyebab dari meningkatnya suhu bumi. Hal ini dikarenakan atmosfir perlahan mulai rusak oleh kandungan gas metan (CH4) pada sampah yang memiliki kadar cukup tinggi. Semakin banyak sampah yang berserakan di bumi, maka pemanasan global yang menyebabkan suhu bumi meningkat akan terus berlanjut.

Kehadiran sampah memang cukup meresahkan dan membuat sedikit khawatir karena dampaknya yang begitu bahaya. Sehingga diperlukan upaya untuk mengelola sampah dengan baik. Seperti berikut ini,

2. Pengelolaan Sampah

Seperti yang sudah diketahui, bahwa sampah memiliki dua jenis yakni sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik bisa menimbulkan bau yang busuk namun mudah terurai dalam tanah. Bukan hanya itu, sampah organik merupakan sampah yang ramah lingkungan, karena memiliki manfaat untuk menyuburkan tanah.

Begitupun sebaliknya, sampah anorganik merupakan sampah yang tidak memiliki bau busuk, namun sulit terurai karena membutuhkan jangkau waktu hingga beratus-ratus tahun lamanya. Sampah jenis ini sangat berpotensi untuk merusak kandungan unsur tanah. Bahkan sampah ini bisa menyumbat aliran air sungai dan membuat air sungai menjadi kotor, bau, serta menjadi sumber penyakit.

Namun kehadiran sampah bukanlah dampak yang terlalu besar, bila kita bisa mengelola nya dengan baik. Diperlukan mindset lebih baik, sehingga setiap individu menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan dari sampah. Berikut ini merupakan cara untuk mengelola sampah dengan baik yang bisa dilakukan di antaranya adalah,

1. Menyediakan tempat sampah yang berbeda

Pembuangan sampah yang efektif harus dibedakan, yakni berdasarkan tempat sampah untuk sampah organik (sisa makanan, sayuran busuk, tulang, kulih buah dan lainnya) dan tempat sampah untuk sampah anorganik (kertas, botol, kaca, logam, plastik, dan lainnya) dengan begitu akan memudahkan Anda untuk memilih sampah yang bisa dikelola.

2. Memanfaatkan Sampah

Sampah adalah sesuatu hal yang tidak bermanfaat, justru merupakan anggapan yang salah. Bila kita mampu mengolahnya dengan baik dan benar, maka sampah akan sangat bermanfaat untuk kehidupan.

Sampah organik yang diolah sedemikian rupa memiliki manfaat untuk dijadikan sebagai pupuk. Bahkan sampah organik yang dibiarkan tertimbun di tanah mampu menyuburkan tanah dan diurai dengan sangat mudah. Sehingga tanaman yang ada di lahan tanah tersebut akan tumbuh dengan baik.

Begitupun dengan sampah anorganik yang mampu diolah dengan baik bahkan bisa memiliki nilai jual yang tinggi. Misalnya pada sampah botol atau plastik, jika kita kreatif maka kita akan membuat sesuatu hal yang unik. Atau kita hanya perlu mengumpulkan dan menjualnya secara kiloan kepada pengelola sampah.

Terlebih bila sampah anorganik tersebut merupakan logam yang memiliki nilai jual jika dikumpulkan sebagai barang rongsokan. Namun sampah pecahan kaca sebaiknya dikubur dalam-dalam di tanah agar tidak membahayakan orang lain.

Dengan begitu maka permasalahan sampah yang berserakan bisa diatasi dengan mudah. Bukan menjadi sebuah bencana, melainkan sebuah berkah sebagai nilai usaha. Terlebih para pemulung yang suka mengambil sampah berserakan juga menjadi sumber rezeki untuknya.

Interpretasi (Penutup)

Sampah yang dikelola dengan baik tidak akan menimbulkan permasalahan dan menjadi sumber penyakit untuk manusia. Sehingga ekosistem lingkungan terjaga dengan Baik. tidak ada lagi kasus binatang atau hewan yang mati gara-gara memakan sampah plastik.

Bila kita sudah mampu mengoptimalkan penggunaan sampah dan memanfaatkannya, maka kita sudah bisa menjaga umur bumi. Maka kelangsungan hidup dan peradaban manusia juga terus berjalan dengan baik di bumi.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Contoh teks eksplanasi budaya

Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi budaya:

Contoh Teks Eksplanasi Perubahan Budaya

Pernyataan Umum

Seringkali ketika mendengar kata budaya, maka yang terbesit dalam pikiran kita adalah simbol dari suatu daerah atau negara tertentu. Misalnya seperti pakaian daerah, bentuk bangunan, makanan, bahasa musik, tarian, serta adat istiadat, dan lain sebagainya. Namun budaya tidak selalu identik dengan sesuatu yang masih tradisional seperti makanan khas, bahasa, pakaian, kesenian, dan lain sebagainya.

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan budaya?

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Secara umum budaya memiliki arti yaitu suatu perilaku atau cara hidup dari sekelompok manusia pada ruang dan dalam waktu tertentu. Namun pengertian budaya juga bisa merupakan hasil karya cipta atau karsa manusia yang sudah dilakukan sejak turun-temurun sebagai warisan dari nenek moyang. Seiring perkembangannya, budaya memiliki perubahan setiap jaman yang berbeda, yakni budaya zaman dahulu berbeda dengan budaya zaman sekarang.

Setiap daerah memiliki perbedaan budaya yang menjadi suatu ciri khas dari daerah tersebut. Sehingga budaya antara daerah yang satu dengan daerah lainnya berbeda-beda. Budaya memiliki hasil yang terbagi menjadi tiga macam, diantaranya estetika (keindahan), ilmu pengetahuan, dan kepercayaan

Diantara ketiga hasil tersebut, terciptalah berbagai produk budaya yang terbagi menjadi bahasa, agama, adat istiadat, kesenian, teknologi, makanan, tempat tinggal dan lain sebagainya. Meskipun begitu, timbul pertanyaan mengapa budaya bisa berubah seiring perkembangan zaman?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan perubahan pada budaya seiring dengan perkembangan zaman, diantaranya adalah

  • Interaksi manusia dengan manusia lainnya yang tinggal di lain daerah. Sehingga hubungan tersebut terjalin sangat baik sampai akhirnya terpengaruh oleh budaya dari daerah tersebut karena perkembangan teknologi.
  • Manusia selalu tumbuh dan berkembang. Sehingga cara hidup, kebutuhan hidup, dan gaya hidup setiap manusia akan mengalami dampak pada perubahan budaya sebelumnya.
  • Perilaku setiap individu pada manusia yang ingin merubah lingkungan. Mulai dari merubah pola hidup, hingga merubah budaya yang sebelumnya sudah dilakukan sejak turun-temurun.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perubahan budaya pasti akan selalu terlihat dan terjadi. Karena pada dasarnya manusia akan berkembang dan tidak bisa bertahan hidup dengan budaya cara hidup lama (zaman dahulu) yang dinilai kuno. Sehingga melestarikan budaya yang sudah diajarkan sejak zaman nenek moyang merupakan wacana simbolis agar benar-benar tidak dihilangkan.

Jadi, budaya lama bisa melahirkan budaya baru yang sesuai dengan pola hidup disetiap zamannya. Dengan artian bahwa budaya baru merupakan modifikasi dari budaya lama

Interpretasi (Penutup)

Perubahan budaya tidak selalu berarti buruk, Karena hal tersebut merupakan cara untuk mengikuti perkembangan zaman dan menjadi manusia yang lebih modern. Namun yang seringkali disayangkan adalah hilangnya atau punahnya sebuah produk budaya dari suatu daerah. Hal ini dikarenakan manusia tidak mampu untuk stagnan pada satu titik.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi informasi atau penjelasan dari suatu peristiwa berdasarkan proses atau tahapannya. Dalam contoh teks eksplanasi tentu saja terdapat hubungan sebab akibat bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi. Adapun yang membedakan teks eksplanasi dengan jenis teks lainnya adalah dilihat berdasarkan tujuan, ciri-ciri, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks eksplanasi yang sudah dijelaskan.

Demikianlah pembahasan teks eksplanasi lengkap beserta contoh teks eksplanasi dan jenisnya. Dalam pembuatan teks eksplanasi, hubungan sebab akibat dari suatu peristiwa tersebut tidak boleh dicampur adukkan dengan opini. Karena peristiwa tersebut bisa terjadi didasari oleh fakta secara ilmiah.

Baca juga:


Content Protection by DMCA.com