Teks Deskripsi adalah

Posted on

VOI.Co.Id –  Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita pernah menceritakan keadaan suatu tempat dengan detail dan menggambarkan suasananya kepada orang lain, kan? Jika pernah melakukan hal tersebut, itulah yang dinamakan dengan contoh teks deskripsi. Deskripsi bisa dibilang sebagai kegiatan menjabarkan, menjelaskan, maupun menggambarkan keadaan seseorang atau suatu tempat, dari mulai keadaaan fisik sampai suasananya kepada seseorang. Deskripsi bisa dilakukan secara lisan maupun tulisan. Deskripsi secara tulisan dapat disebut pula dengan teks deskripsi.

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian-Teks-Deskripsi

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Teks Deskripsi adalah kegiatan mendeskripsikan sesuatu atau seseorang ke dalam bentuk tulisan. Ada beberapa pengertian teks deskripsi menurut para ahli yang akan dirangkum seperti di bawah ini:

Keraf mendefinisikan teks deskripsi sebagai sebuah teks di mana penulisnya berusaha menyajikan suatu objek sebagai topik pembicaraan, dimana penulis berusaha membuat pembacanya seolah melihat objek yang ia ceritakan tersebut.

Sementara itu, Tarigan mendefinisikan bahwa teks deskripsi adalah tulisan yang mampu melukiskan sebuah cerita di mana cerita tersebut bertujuan untuk mengajak pembaca memahami dan menikmati objek yang diceritakan.

Sedangkan Wiyanto mendefinisikan teks deskripsi dengan kalimat yang singkat. Yakni sebuah tulisan yang berisi uraian atau melukiskan sebuah keadaan.

Jadi, secara umum dapat disimpulkan bahwa teks deskripsi adalah sebuah tulisan yang menceritakan sebuah objek dalam bentuk uraian dan harus mempu melukiskan objek tersebut ke benak pembaca. Biasanya, supaya lukisan sebuah objek tersebut sampai ke benak pembaca, harus melibatkan kesan indera berupa suara-suara, penglihatan, sampai ke tekstur objek yang dimaksud.

Fungsi Teks Deskripsi

Fungsi-Teks-Deskripsi

Teks deskripsi memiliki beberapa fungsi, yakni sebagai berikut:

  • Menggambarkan sebuah keadaan kepada seseorang yang belum tahu, sehingga seolah-olah orang tersebut merasakan sendiri keadaan di tempat yang digambarkan.
  • Melatih kelihaian penulis dalam menceritakan sebuah objek
  • Memberi penjelasan yang utuh tentang sebuah objek kepada pembaca

Karakteristik Teks Deskripsi

Karakteristik-Teks-Deskripsi

Teks deskripsi memiliki karakteristik atau ciri tersendiri. Sangat mudah membedakan teks deskripsi dengan teks lainnya karena memiliki karakteristik yang menonjol. Beberapa karakteristik tersebut adalah:

  • Teks berisi penggambaran atau melukiskan sebuah objek, baik suatu tempat ataupun seseorang.
  • Penggambaran di dalam teks deskripsi selalu rinci dan melibatkan kesan indera agar lebih dipahami oleh pembaca
  • Pembaca yang membaca teks deskripsi harus merasakan keadaan dimana dia seolah-olah melihat sendiri situasi objek tersebut
  • Teks deskripsi juga menceritakan detail fisik objek secara rinci. Dari mulai warna, tekstur, bentuk, hingga ukuran objek yang diceritakan.

Struktur Teks Deskripsi

Struktur-Teks-Deskripsi

Seperti jenis tulisan pada umumnya, teks deskripsi juga memiliki struktur penulisannya sendiri. Beberapa struktur penulisan teks deskripsi adalah:

  • Pembukaan dengan identifikasi objek. Biasanya, dalam teks deskripsi, pembukaannya selalu berupa identifikasi objek. Identifikasi objek ini biasanya berupa identitas objek yang digambarkan. Bisa berupa nama orang (jika mendeskripsikan orang), nama tempat, dan lain sebagainya.
  • Bagian klasifisikasi objek. Dalam bagian ini, biasanya penulis menuliskan unsur penyusun teks.
  • Bagian deskripsi adalah bagian yang paling pentings dalam sebuah teks deskripsi. Karena di bagian inilah penulis mulai menuliskan deskripsinya mengenai suatu tempat tersebut. Di bagian ini pulalah penulis mulai menggambarkan objek yang menjadi tokoh utama di dalam teksnya.

Jenis Teks Deskripsi

Jenis-Teks-Deskripsi

Ada 2 jenis teks deskripsi yang berbeda, yakni berdasarkan sudut pandang dan cara menceritakan deskripsi objek tersebut. Secara sudut pandang, teks deskripsi dibedakan lagi menjadi tiga bagian, yakni:

  • 1. Teks Deskripsi Subjektif

Teks deskripsi subjektif adalah tulisan yang berisi deskripsi, hanya saja tulisan itu berdasarkan sudut pandang si penulis. Biasanya, teks deskripsi subjektif dapat ditemui di artikel-artikel review sebuah produk atau sebuah tempat wisata.

  • 2. Teks Deskripsi Objektif

Teks deskripsi objektif adalah tulisan yang berisi deskripsi dengan sudut pandang netral. Biasanya, dalam tulisan deskripsi objektif, objek yang digambarkan benar-benar seperti keadaan fisiknya tanpa ada campuran selera dari penulis.

  • 3. Teks Deskripsi Spatial

Teks deskripsi spatial adalah teks deskripsi yang hanya menjelaskan objek berupa benda, tempat, dan lokasi saja. Teks deskripsi yang menggambarkan manusia tidak termasuk ke dalam teks deskripsi spatial.

Sedangkan berdasarkan cara penceritaan, teks deskripsi dibagi menjadi 2 jenis, yakni:

  • 1. Teks Deskripsi Imajinatif

Teks deskripsi imajinatif adalah teks deskripsi di mana si penulis menceritakan ruang atau lokasi tempat kejadian berlangsung dengan gambaran yang jelas dan detail. Dari mulai lokasi kejadian, suasana yang sedang terjadi, hingga kesan yang berlaku dalam kejadian tersebut.

  • 2. Teks Deskripsi Faktual

Teks deskripsi faktual adalah teks deskripsi di mana si penulis menceritakan objek berupa manusia. Penceritaan ini bisa berupa nama, identitas, sifat, hingga ciri fisik sehingga pembaca bisa membayangkan keadaan objek tersebut dengan yang sebenar-benarnya.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Kaidah-Kebahasaan-Teks-Deskripsi

Dalam sebuah teks, terutama teks deskripsi, selalu ada kaidah kebahasaan yang dipakai dalam struktur pembentuk teks deskripsi itu sendiri. Kaidah kebahasaan ini disebut juga sebagai unsur kebahasaan yang membentuk sebuah teks atau karya tulis.

Dalam teks deskripsi, biasanya kaidah kebahasaan yang dipakai meliputi: rujukan kata, kata berimbuhan, kata hubung atau konjungsi,  frasa atau kelompok kata, katabaku dan tidak baku, dan juga penggunaan huruf kapital.

Dengan  kata lain, kaidah kebahasaan yang dipakai dalam teks deskripsi mencakup PUEBI atau Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang berlaku saat ini. Berikut beberapa penjelasan mengenai kaidah kebahasaan dalam teks deskripsi:

  • Rujukan Kata biasanya menyangkut kata ganti subjek, bisa berupa kata ganti orang pertama, kedua, ketiga, hingga kata ganti tempat.
  • Kata Berimbuhan yang menyangkut pertambahan di awalan (prefiks), akhiran (surfiks), serta sisipan (infiks).
  • Konjungsi adalah kata sambung yang dapat digunakan untuk menyambung antar kalimat, antar kata dan lain sebagainya. Contoh konjungsi adalah dan, atau, yang, karena, dan lain sebagainya.
  • Frasa adalah kelompok kata yang terdiri atas 2 kata atau lebih yang membentuk sebuah kata yang memiliki arti baru. Misalnya adalah saputangan dan terima kasih.
  • Kata baku dan kata tidak baku biasanya dicampur dalam penggunaan teks deskripsi yang nonformal. Tetapi, bila teks deskripsi yang bersifat formil biasanya yang digunakan adalah kata baku.

Langkah Membuat Teks Deskripsi

Langkah-Membuat-Teks-Deskripsi

Ada beberapa langkah yang bisa diikuti ketika ingin membuat sebuah tulisan deskripsi. Beberapa langkah tersebut antara lain:

  • Menentukan objek yang akan dideskripsikan. Bisa berupa tempat atau orang.
  • Setelah objek ditentukan, maka selanjutnya adalah menentukan tujuan dari dibuatnya teks deskripsi tersebut.
  • Langkah selanjutnya adalah melakukan riset dan mengumpulkan data terkait objek yang akan dibuatkan sebuah teks deskripsi
  • Lalu buatlah kerangka karangan teks deskripsi yang harus dibuat sesuai dengan topik.

 

Contoh Teks Deskripsi

Berikut beberapa teks deskripsi yang bisa dijadikan contoh:

  • Contoh Teks Deskripsi Gunung

Contoh-Teks-Deskripsi-Gunung

Gunung Sibayak

Sibayak adalah salah satu gunung yang ada di Sumatera Utara, tepatnya berada di Kabupaten Karo. Di wilayah Karo sendiri, gunung ini kerap disebut sebagai Gunung Raja. Pemandangan yang ada di gunung ini sangat luar biasa. Memiliki ketinggian sekitar 2.172 km di atas permukaan laut membuat pemandangan di gunung ini lebih indah.

Gunung ini masih asri dengan banyaknya pepohonan yang akan menemani perjalanan para pendaki menuju puncak. Puncak yang paling terkenal di gunung yang menjadi pariwisata andalan Kabupaten Karo ini adalah Puncak Takal Kuda atau berarti Kepala Kuda. Panorama yang bisa dilihat di puncak ini sangat banyak, dari mulai pemandangan kota Berastagi yang apik sampai ke pemandangan Gunung Sinabung yang letaknya memang tidak begitu jauh.

Di puncak ini terdapat banyak bebatuan besar yang biasanya sering dijadikan objek berfoto para pendaki. Biasanya pendaki akan duduk di puncak batu dan mengambil pose di sana. Pemandangan matahari terbitnya juga luar biasa. Dengan langit biru bersih dan cahaya kuning keemasan yang perlahan muncul di ufuk timur akan membuat lelah karena mendaku hilang seketika.

Suasana di gunung Sibayak juga hampir sama dengan gunung lainnya, yakni berangin dan memiliki suhu yang dingin. Sehingga disarankan untuk memakai jaket tebal dan syal. Meskipun begitu, jika cuaca cerah dan sampai terlalu siang, suhu yang ada di gunung bisa berubah menjadi hangat.

  • Contoh Teks Deskripsi Sekolah

Contoh-Teks-Deskripsi-Sekolah

SMA Negeri 1 Simpang Empat

Dulu, aku bersekolah di SMA Negeri 1 Simpang Empat. SMA ini adalah satu-satunya SMA Negeri yang ada di kecamatanku. Jadi, untuk masuk ke sini, kami cukup memiliki perjuangan.

Selayaknya SMA, kami juga memiliki singkatan keren untuk sekolah tersayang ini. Singkatannya adalah SMANISE dan kami sering guyon bahwa muridnya memang manis-manis.

Sekolah ini terletak di Jalan Benteng, sehingga oleh orang-orang dikenal juga sebagai Sekolah Pasar Benteng atau sekolah pasben. Total kelas yang ada di sekolah ini adalah 18 kelas. Terbagi atas 6 kelas untuk kelas 10, 3 kelas untuk kelas 11 IPA, 3 kelas untuk 11 IPS, 3 kelas untuk 12 IPA, dan 3 kelas untuk 12 IPS.

Selain 18 ruang kelas, sekolah ini juga memiliki 2 laboratorium, yakni laboratorium komputer dan laboratorium IPA.  Laboratorium IPA letaknya berdekatan dengan perpustakaan sekolah. Kemudian, kami juga memiliki UKS yang letaknya bersebelahan dengan ruang multimedia. Ruang multimedia ini yang biasanya kami gunakan sebagai ruang rapat OSIS, karena OSIS kami tidak memiliki ruangan tersendiri.

Di antara laboratorium IPA dan Perpustakaan, terdapat lagi 2 ruangan gudang. Gudang ini penuh sesak oleh kursi bekas, CPU, dan Monitor rusak. Kemudian di antara kelas X-5 dengan X-6 terdapat sebuah ruangan kelas khusus untuk mereka yang beragama Kristiani. Oh, ya, di sini biasanya hanya ada 2 penganut agama yang sekolah, yakni Islam dan Kristen. Jarang sekali ada yang Hindu atau Budha.

Kemudian, sekolah kami juga memiliki satu buah musholla yang berwarna hijau dan sekarang sedang dalam proses renovasi. Mushola itu terletak di antara X-4 dan X-5. Biasanya ketika dzuhur, musholla akan penuh. Bahkan terkadang murid-murid akan mengantre untuk melaksanakan sholat dzuhur di sana.

Kamar mandi kami terletak di belakang ruangan Laboratorium IPA dan kantin terletak di belakang ruang kelas X-2. Bentuk kantinnya memanjang ke samping dan selalu ramai kalau jam istirahat. Tapi, jika tidak ingin makan makanan berat, kami biasanya pergi ke koperasi sekolah.

Koperasi sekolah menjual alat tulis dan beberapa makanan ringan yang cocok untuk siswa yang suka ngemil. Koperasi ini terletak di antara 12 IPA 3 dan 12 IPS 1. Koperasi sekolah memang tidak seramai kantin, tapi cukup ramai untuk membuatku mengantre demi mendapatkan seplastik gorengan.

  • Contoh Teks Deskripsi Desa

Contoh-Teks-Deskripsi-Desa

Desa Sei Lama

Desa Sei Lama terletak di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Untuk mencapai Desa Sei Lama, ada 3 jalur utama yang bisa ditempuh. Yang pertama melalui perempatan di Simpang Empat. Jalur ini agak sedikit rumit karena harus melewati jalan perkebunan dan memiliki banyak belokan.

Yang kedua melalui Simpang Kawat. Ini adalah jalur yang paling mudah diikuti. Kamu cukup memasuki gang yang terletak di dekat sekolah YAPIM dan mengikuti jalannya. Kamu akan menemukan jalan perkebunan, kemudian komplek perumahan Perkebunan Hessa, dan sungai sebelum mendapatkan Desa Sei Lama.

Hanya saja, kondisi jalan dari kedua jalur ini masih memprihatinkan. Tidak ada aspal, hanya jalanan tanah yang jika hujan maka akan becek dan lengket. Jika musim panas tiba, maka pakaian yang kamu kenakan akan putih, terkena abu-abu jalanan yang memang sangat banyak.

Selain itu, jalanannya juga penuh lubang dan batu padas. Sehingga untuk melalui jalan ini menggunakan kendaraan bermotor haus hati-hati agar tidak mengalami goncangan keras.

Jalur ketiga adalah satu-satunya jalur yang memiliki jalan mulus karena beraspal. Kamu bisa memakai jalur ini dari Pasar Mereng dan mengikuti jalan hingga sampai ke Sei Lama.

Desa Sei Lama terdiri atas beberapa dusun. Di desa ini pula memiliki sebuah SMP negeri yang bernama SMP Negeri 3 Simpang Empat. Selain itu, desa ini juga memiliki pekanan setiap hari rabu dan disebut dengan Pekan Rabu. Pekanan itu sejenis pasar tempat jual beli dan hanya ada di hari rabu. Pekanan ini selalu ramai dikunjungi, tidak hanya dari warga Sei Lama, tetapi juga beberapa warga dari desa lain di sekitar desa Sei Lama. Pekanan ini terletak di depan Kantor Kepala Desa Sei Lama.

  • Contoh Teks Deskripsi Rumah

Contoh-Teks-Deskripsi-Rumah

Rumahku

Aku tinggal di sebuah rumah yang terletak di Desa Gang Pribadi, Simpang Empat. Rumahku berlantai dua dan memiliki halamn yang luas. Di sudut halaman dekat pagar, terdapat sebuah pohon mangga apel cangkokan yang berbuah lebat. Aku sering mengambil buahnya jika pulang sekolah. Di sebelah pohon mangga tersebut, terdapat sebuah saung kecil tempatku bermain kala bosan.

Lantai satu rumahku terdiri atas ruang tamu dengan sofa hitam. Dinding luarnya sengaja dicat berwarna abu-abu agar terlihat elegan. Lantai dua rumah sebagian berdinding kaca dan menampilkan sebuah ruangan kosong dengan sepasang kursi jika dilihat dari luar. Ruangan itu sebenarnya tempat kami berkumpul sekeluarga untuk membaca buku. Karena di dinding yang tidak terbuat dari kaca terdapat dua buah rak buku yang penuh terisi. Ayah dan Ibu memang rajin membeli buku.

Lalu, di luar ruangan, tepatnya di balik rumahku juga terdapat kolam renang. Alasannya adalah agar aku bisa belajar berenang di rumah saja. Selain itu, kakak sulungku juga pernah menjadi atlet renang dan pernah mengikuti PON. Keluargaku memang senang berenang.

Dibandingkan rumah tetangga, mungkin hanya rumah kami yang berlantai dua. Tapi, bukan berarti rumah kami luas. Susunan rumah kami sebenarnya sama seperti tetangga yang lain, hanya saja dibuat dua lantai agar menghemat lahan dan bisa membuat kolam renang tadi. Juga agar halaman rumah kami luas dan bisa ditanami beberapa pohon.

Selain pohon mangga, di halaman rumah kami juga ada beberapa pohon cangkokan lagi, seperti bidara, jambu biji merah, dan kelengkeng. Jika musim berbuah, aku dan beberapa anak tetangga suka nongkrong di saung halaman untuk memakani buah-buahnya. Kadang sambil membaca buku dari dalam rumah.

Pokoknya, aku senang tinggal di rumah ini.

  • Contoh Teks Deskripsi Orang

Contoh-Teks-Deskripsi-Orang

Neni, Sahabatku

Aku punya sahabat, namanya Neni Hariyati dan biasa dipanggil Neni. Aku mengenal dia sejak SMP kelas 7. Kami sekelas, tetapi dulu tidak akrab. Kami mulai akrab sejak kelas 8 dan sama-sama mengikuti ekstrakulikuler Pramuka. Neni orang yang sangat menyenangkan, tetapi juga memiliki sisi menyebalkan.

Neni memiliki tubuh tinggi kurus. Kadang, aku merasa dia terlalu tinggi dan aku harus mendongak ketika berbicara dengannya. Kulitnya berwarna kuning langsat, terlihat sangat eksotis. Yang membuat iri adalah alisnya yang tebal dan bulu matanya yang panjang. Mungkin, jika dia memakai sedikit maskara, matanya akan terlihat cantik.

Tapi, yang paling menonjol dari Neni adalah sikap setia kawannya yang tinggi. Dia baik dan tipe teman yang terbuka. Dia juga tidak segan bercerita tentang masalahnya kepadaku dan ini membuatku merasa bisa dipercaya. Hanya saja, Neni tidak percaya dengan dirinya sendiri. Dia sering minder dengan keadaan wajahnya yang sedikit berjerawat. Padahal, menurutku jerawat itu normal. Hanya saja, Neni terlalu merasa pesimis sehingga jerawat membuatnya malu dan tidak percaya diri tampil di depan umum.

  • Contoh Teks Deskripsi Kampus

Contoh-Teks-Deskripsi-Kampus

STMIK Royal Kisaran

STMIK Royal Kisaran adalah sebuah kampus swasta yang ada di Asahan. Kampus ini memiliki 2 bangunan di lokasi yang berbeda. Kampus 1 STMIK Royal terdapat di Jalan Imam Bonjol Kisaran, salah satu jalan arteri di kota kecil ini. Sementara kampus 2-nya berada di Jalan M. Yamin Sentang, dekat dengan Rumah Sakit Ibu dan Anak Marina.

Di STMIK Royal ada 4 jurusan komputer yang bisa dipilih, yakni Teknik Komputer (D3), Manajemen Informasi (D3), Sistem Komputer (S1), dan Sistem Informasi (S1). Meskipun swasta, tetapi STMIK Royal telah mendapat akreditasi B dan memiliki banyak organisasi mahasiswa yang aktif.

Bangunan di kampus 2 STMIK Royal berbentuk L dan memiliki 5 lantai. Dibandingkan kelas teori, kelas laboratorium lebih banyak di kampus ini. Di lantai dasar, terdapat Student Learning, yakni tempat mahasiswa biasa berkumpul untuk mengerjakan tugas kelompok atau sekedar mengobrol. Di deretan lantai dasar ini juga ada ruang teori 1 sampai delapan.

Lantai dua adalah lantai yang paling ramai oleh mahasiswa. Tidak heran, di lantai inilah kantin berada. Selain itu, di lantai dualah terdapat ruangan dosen, kantor prodi, dan kantor LPM.

Lantai tiga adalah tempat laboratorium dan beberapa kelas  teori berada. Musholla dan perpustakaan berada di lantai empat, bersamaan dengan beberapa ruang teori. Sementara lantai lima adalah aula, sekaligus tempat dimana hasil karya mahasiswa Sistem Komputer dipajang. Di sini banyak sekali alat-alat hasil karya anak Sistem Komputer yang dipajang.

Itulah beberapa hal mengenai denah kampus 2 STMIK Royal Kisaran yang ada di Jalan M. Yamin, Sentang.

  • Contoh Teks Deskripsi Ayah

Contoh-Teks-Deskripsi-Ayah

Ayah

Ayahku adalah seorang pensiunan pegawai negeri sipil yang bekerja sebagai POPT/PHP alias Pengamat Organisme Penyakit Tanaman/Pengamat Hama dan Penyakit. Ayah bernama Ibrahim Halil dan berusia 58 tahun. Ayah memiliki tubuh tinggi menjulang, sekitar 179 cm dengan berat 80 kg. Meskipun begitu, Ayah memiliki pipi yang tirus dan rambutnya tetap hitam. Oleh karena itu banyak orang yang menyangka Ayah masih berusia muda.

Ciri utama yang menonjol di fitur wajah Ayah adalah adanya tahi lalat besar di pipi sebelah kiri. Hidungnya mancung dengan bola mata yang cokelat. Sayang, bola mata cokelatnya tidak menurun kepadaku. Kulit Ayah dulunya putih, tapi karena sering terjemur matahari, kulitnya berubah menjadi kecokelatan.

Ayah juga orang yang sangat aktif. Beliau tidak pernah bisa diam, kecuali kalau lagi sakit. Apa saja dikerjakan, terutama di masa pensiunnya sekarang. Dia suka membuat batako dan bercocok tanam. Belakangan ini, beliau malah sudah mulai berternak ayam dan rajin sekali membeli jagung giling untuk pakan ayam-ayamnya. Alhamdulillah, ayam milik Ayah memang sedang getol-getolnya bertelur.

Ayahku adalah Ayah terhebat di dunia!

  • Contoh Teks Deskripsi Sayuran

Contoh-Teks-Deskripsi-Sayuran

Wortel

Siapa, sih, yang tidak kenal wortel? Wortel sering diidentikkan dengan makanan kelinci dan di film kartun juga para kelinci biasanya digambarkan sebagai pencuri wortel.

Sayuran yang satu ini memang berbentuk umbi-umbian berwarna jingga cerah. Warnanya yang sangat menawan ini berbentuk seperti kerucut terbalik. Biasanya, wortel selalu hadir di masakan yang berkuah seperti sup. Bisa juga sebagai campuran dari nasi goreng.

Buah ini kaya akan vitamin A yang cocok untuk kesehatan mata. Selain vitamin A, wortel juga mengandung beberapa vitamin lain. Beberapa di antaranya adalah B1, B2, B3, B6, B9, C, Kalsium, Zat besi dan lain sebagaunya.

Selain bisa dimasak, wortel juga bisa dimakan mentah, loh. Rasanya ada manis-manisnya dan terasa crunchy di mulut ketika dikunyah. Jika ingin mencoba hal lain, kamu juga bisa memblender wortel dengan campuran jeruk untuk dijadikan jus yang bisa diminum sekaligus untuk menyumbang asupan vitamin A terhadap tubuh.

Pokoknya, wortel adalah salah satu sayuran yang sangat direkomendasikan untuk dimakan karena manfaat dan rasanya yang berbeda dengan sayuran lain.

  • Contoh Teks Deskripsi Kantor

Contoh-Teks-Deskripsi-Kantor

CV. Aktiva

CV. Aktiva adalah perusahaan dagang yang baru saja merintis usahanya. Meskipun masih berupa usaha rintisan, perusahaan ini telah memiliki kantor resmi yang terletak di Jalan Kaisar No 5. Kantor ini terletak di antara beberapa ruko tempat jualan pakaian.

Kantor yang dimiliki CV Aktiva terdiri atas 3 lantai. Dimana lantai 1 adalah sebuah toko ATK yang cukup lengkap, bahkan terbesar di daerahnya.

Sementara lantai dua adalah kantor di mana manajemen perusahaan berlangsung. Biasanya, lantai dua tempat ‘ide’ kreatif CV. Aktiva muncul. Segala macam bentuk promosi dan berbagai rencana perusahaan ke depannya selalu dilakukan di lantai dua. Lantai dua juga bisa dibilang sebagai tempatnya para karyawan.

Sementara lantai ketiga untuk saat ini digunakan sebagai tempat tinggal pemiliki CV. Aktiva dan beberapa karyawan lain. Menurut pengakuan manajer CV. Aktiva, Laila Purnama, alasannya cukup sederhana. Yakni karena mereka baru merintis perusahaan sehingga seringkali lembur. Oleh karena itu tim inti mereka memutuskan untuk tinggal di kantor sekalian agar tidak perlu pulang malam.

Meskipun kantor CV. Aktiva masih terkesan sederhana, tapi peralatan yang ada di dalamnya cukup lengkap, terutama di lantai dua. Terdapat lebih kurang 4 laptop, satu mesin fax dan fotokopi, juga printer dan mesin cetak foto.

Amenitas lain yang ada di lantai dua adalah mini bar yang berisi kulkas dan dispenser juga beberapa minuman sachet untuk dinikmati di kala lelah. Dengan dinding serba putih dan lantai keramik yang mengilat membuat kantor ini terkesan elegan. Selain itu, lukisan ‘Walk Under The Rain’ karya Imam Uni juga menambah nilai estetika kantor minimalis tersebut.

Kantor ini juga memiliki toilet yang lengkap dengan wastafel.

Di lantai 3, terdapat 5 tempat tidur yang memiliki ranjang springbed dan juga fasilitas AC. Kamar mandinya memiliki shower dan amenitas lengkap lainnya. Juga tersedia mesin cuci dan dapur untuk memasak.

Toko, kantor, dan tempat tinggal menjadi satu. Bukankah itu idaman setiap pengusaha?

  • Contoh Teks Deskripsi Ibu

Contoh-Teks-Deskripsi-Ibu

Ibu

Meskipun hanya seorang Ibu Rumah Tangga, tapi ibuku adalah ibu terhebat di dunia. Beliau memiliki nama lengkap Minarni dan memiliki nama panggilan Nar. Beliau anak keempat dari sebelas bersaudara. Ibu sering bercerita bagaimana dia menjaga adik-adiknya dan membantu orang tuanya dulu ketika masih muda.

Tubuh Ibu tidak begitu tinggi, hanya 155 cm dengan berat badan yang seimbang. Meskipun tidak begitu tinggi, Ibu tetaplah tampak tinggi bagiku. Ibu punya wibawa dan inner beauty yang memancar dan membuatku menyayanginya. Berbeda dengan Ayah yang tampak awet muda, Ibu memiliki penampilan sesuai usianya yang 57 tahun.

Rambut Ibu telah memutih dengan wajah memiliki flek hitam yang banyak. Tangannya juga sudah penuh kerutan. Ibu selalu memiliki sikap sabar dan  lemah lembut. Karena sikap sabarnya itulah yang membuat aku sangat menyayanginya. Beliau juga menyayangiku dengan seringnya mengajariku banyak hal.

Aku lebih dekat dengan Ibu daripada dengan Ayah. Maklum, aku adalah anak bungsu yang tidur bersama Ibu sampai usia 14 tahun. Selama 14 tahun itu pula Ibu selalu memprioritaskan aku dan sangat mencintaiku.

  • Contoh Teks Deskripsi Hewan

Contoh-Teks-Deskripsi-Hewan

Kucing

Anak tetanggaku memelihara seekor kucing yang diberi nama Mumut. Ketika aku bertanya kenapa diberi nama Mumut, dia menjawab karena kucing tersebut imut sehingga akan sangat cocok dengan nama Mumut.

Dia menemukan Mumut terlantar di salah satu perkebunan sawit milik warga ketika Mumut masih kecil. Entah karena Mumut tersesat atau memang sengaja dibuang, kami tidak tahu. Yang jelas, anak tetangga kami sangat menyukai Mumut dan membawanya pulang untuk dipelihara saat itu.

Mumut memiliki sepasang telinga yang kecil dan hidung berwarna merah jambu. Mata Mumut berwarna cokelat tua, nyaris seperti warna lumpur dan selalu tampak berkilau, terutama kalau meminta makan. Tapi yang istimewa adalah Mumut memiliki bulu berwarna putih bersih, tanpa ada noda sedikitpun. Jadi, meskipun Mumut hanya seekor kucing kampung, tetap tampak cantik karena anak tetanggaku rajin memandikannya.

Mumut adalah seekor kucing jantan, tapi sayangnya, kami belum pernah melihat Mumut kawin untuk memperbanyak keturunan. Sekalinya kami melihat Mumut dengan dengan kucing betina, malah kucing betina yang masih kecil pula. Hal ini sering membuat kami bertanya-tanya, tetapi tidak pernah membawanya ke dokter hewan karena tidak ada dokter hewan di sini. Meskipun begitu, kami sangat menyayangi Mumut karena dia bukan kucing yang nakal, malah rajin memburu tikus-tikus yang memang banyak berkeliaran di sekitar rumah!

  • Contoh Teks Deskripsi Buah

Contoh-Teks-Deskripsi-Buah

Semangka

Semangka adalah buah berwarna bulat besar dengan kulit berwarna hijau tua. Biasanya, semangka memiliki daging buah berwarna merah, tetapi tidak jarang yang memiliki daging buah berwarna kuning. Semangka kuning lebih manis daripada semangka merah, tetapi harga semangka merah lebih murah dari semangka kuning.

Semangka termasuk ke dalam jenis tumbuh-tumbuhan dan berkembang biak dari biji. Buah yang memiliki banyak air ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk kesehatan jantung, tulang, sebagai antioksidan, mengatasi impotensi bagi pria, mengontrol diabetes, gangguan ginjal, dan mengatur tekanan darah.

Tidak heran, semangka memang memiliki banyak vitamin dan kandungan lemak hanya sebesar 0,2 gr saja. Beberapa vitamin yang terkandung di dalam semangka adalah Vitamin A, D, B12, C, B6, Kalsium, Zat Besi, dan Magnesium.

Semangka sangat cocok dikonsumsi di negara tropis seperti Indonesia. Karena selain murah, buah ini juga mengandung banyak air yang sangat menyegarkan!

  • Contoh Teks Deskripsi Kendaraan Umum

Contoh-Teks-Deskripsi-Kendaraan-Umum

Kereta Api

Kereta api adalah salah satu kendaraan umum yang memiliki harga murah meriah. Untuk perjalanan dari Tanjung Balai menuju Medan saja hanya membutuhkan harga tiket sebesar Rp27.000,-.

Kereta api adalah kendaraan umum yang berbeda dengan kendaraan umum darat lainnya. Kereta api memiliki jalur sendiri yang hanya bisa dilewatinya. Jalur ini disebut rel. Kereta api juga terdiri atas gerbong panjang yang ditarik di atas rel. Roda yang dimiliki kereta api juga bukan roda karet seperti kendaraaan darat lainnya, melainkan roda besi yang terpasang apik di atas rel.

Biasanya, mesin yang dipakai kereta api adalah mesin uap. Ini adalah mesin yang paling populer zaman dahulu. Tapi sekarang, sudah ada kereta api yang memakai tenaga diesel bahkan tenaga listrik yang membuat perjalanan dengan kereta api lebih cepat. Bahkan, ada beberapa kereta api yang memanfaatkan magnet sebagai sumber gerak utamanya untuk menghemat energi.

Biasanya kereta api dijadikan moda transportasi utama jika ingin melakukan perjalanan jauh. Alasannya sangat sederhana, kereta api sangat nyaman dan mampu mengangkut ratusan penumpang sekaligus. Jalurnya yang khusus membuat kereta api jarang sekali terlibat kecelakaan sehingga mayoritas penumpang lebih merasa aman. Tiketnya yang lebih murah juga menjadi salah satu alasan kenapa orang menaiki kereta api.

  • Contoh Teks Deskripsi Produk

Contoh-Teks-Deskripsi-Produk

Innisfree Grean Tea Seed Serum

Siapa, sih, yang enggak suka merawat wajah? Kalau yang rajin melakukan perawatann kulit secara rutin, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang produk kosmetik yang memiliki merk dagang Innisfree. Produk ini adalah salah satu produk perawatan kulit dari Korea yang kualitasnya tidak diragukan lagi.

Produk ini dibuat dari ekstrak daun teh dan ekstrak biji teh yang ditanam di Pulau Jeju. Kualitas teh yang berasal dari Pulau Jeju memang terkenal sebagai kualitas terbaik dan terpercaya. Tidak heran, petani dan iklim di Jeju memang cocok untuk bercocok tanam.

Innisfree Green Tee Seed Serum ini cocok digunakan di semua jenis kulit. Pemakaiannya juga mudah, cukup dioleskan secara merata ke kulit wajah. Lakukan gerakan pengolesan yang lembut agar lebih mudah terserap kulit.

Green Tea Seed Serum keluaran Innisfree ini berwarna bening dengan tekstur yang ringan. Serum ini juga tidak memiliki warna, sehingga tidak perlu khawatir akan terjadinya ‘tabrak warna’ terhadap kosmetik yang akan dipakai setelah pengolesan serum. Selain itu, karena berbentuk cairan membuat serum ini mudah terserap ke dalam pori. Kulit pun akan terasa lebih lembab dan plumpy begitu selesai memakai serum ini. Wah, keren banget, kan?

  • Contoh Teks Deskripsi Pantai

Contoh-Teks-Deskripsi-Pantai

Pantai Slili

Pantai Slili adalah pantai di Yogyakarta yang memiliki ukuran kecil, hanya 100 m persegi saja. Meskipun demikian, pantai ini tidak kalah indah dengan pantai yang lain, terutama pemandangan bawah lautnya yang menawan. Banyak pengunjung yang datang ke sini hanya untuk bersnokeling. Karena selain masih sunyi, keindahan bawah laut pantai ini juga masih asri dan terjaga kealamiannya.

Pantai ini terletak di antara dua bukit dan dua pantai. Dua pantai yang terletak di dekat dengan Pantai Slili adalah Pantai Sandranan dan Krakal.

Pantai Slili termasuk destinasi wisata baru yang ada di Yogyakarta, tetapi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini sudah cukup banyak. Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola juga cukup lengkap. Dari mulai toilet, lahan parkir, tempat penyewaan alat snorkeling, dan warung-warung makan.

Harga tiket masuk yang ditawarkan juga sangat murah, yakni hanya sekitar Rp10.000 dengan tiket parkir sepeda motor sebesar Rp5000. Sedangkan untuk tiket parkir mobil dan bus masing-masing seharga Rp10.000 dan Rp15.000 saja.

  • Contoh Teks Deskripsi Fasilitas Umum

Contoh-Teks-Deskripsi-Fasilitas-Umum

Bandara Kualanamu

Jika dulu di Medan yang terkenal adalah Polonia, maka sekarang yang selalu didengar adalah Bandara Kualanamu. Sejak Bandara Polonia dijadikan pusat latihan Tentara Angkatan Udara RI, maka seluruh aktivitas komersil dipindahkan ke Bandara Kualanamu yang terletak di Deli Serdang.

Bandara ini sendiri sebenarnya baru selesai dibangun dan diresmikan pada 25 Juli 2013 dan sampai sekarang masih dalam tahap pengembangan. Konstruksi dan desain bandara ini konon dibuat mirip dengan bandara Incheon yang ada di Korea Selatan.

Meskipun diresmikan tahun 2013, sebenarnya rencana pemindahan itu sudah ada sejak zaman orde baru, tepatnya pada tahun 1992. Persiapan pembangunannya sendiri sudah dimulai sejak tahun 1997, tetapi karena pada tahun-tahun tersebut Indonesia didera oleh krisis moneter, maka pembangunannya ditunda hingga tahun 2006 dengan dimulainya proses pembebasan lahan.

Bandara ini mampu menampung sekitar 8 juta penumpang dengan traffic penerbangan kira-kira 10.000 per tahunnya. Bandara ini sendiri dikenal dengan nama KNO sebagai kode aviasinya.

Fasilitas di Bandara ini sendiri cukup lengkap, terutama fasilitas daaratnya. Selain bus damri dan berbagai layanan taksi bandara dan taksi daring, di Bandara ini juga memiliki stasiun kereta api dengan jalur KNO-Medan. Suasana bandara yang modern dan mewah membuat banyak warga sekitar yang berkunjung ke bandara hanya untuk sekedar menikmati kemewahannya saja.

Bandara ini memiliki 3 lantai dan masih dalam tahap pembangunan untuk melengkapi kebutuhan penumpang dan penerbangannya.

Pada dasarnya teks deskripsi adalah teks yang menceritakan kondisi dan keadaan seseorang atau sebuah tempat kepada pembaca. Semua orang bisa membuat teks deskripsi karena memang sangat mudah dalam menuangkan pengalaman kita ke dalam bentuk tulisan.

Itulah beberapa pengetahuan mengenai teks deskripsi, contoh teks deskripsi, cara membuat, bahkan kaidah kebahasaannya. Untuk membuat teks deskripsi yang bagus sebenarnya cukup mudah, yakni dengan berlatih setiap hari.

Baca juga:

Content Protection by DMCA.com