Website Adalah

Posted on

VOI.Co.Id –  Bukan hanya makan dan minum saja, saat ini kuota internet juga menjadi bagian dari kebutuhan. Ada banyak orang yang rela membeli kuota internet bahkan saat tengah malam hanya demi bisa mengakses website tertentu. Sayangnya, walaupun sudah sering membuka website, masih banyak orang yang belum paham apa itu website. Padahal pengertian website adalah sesuatu yang perlu dipahami terutama mengingat manfaatnya yang begitu penting di masa kini.

Selain pengertian, website ini juga mempunyai banyak hal yang menarik untuk dibahas, di antaranya ialah sejarahnya, jenis-jenisnya, manfaatnya, contohnya dan lain-lain. Berikut ini akan disampaikan sekilas informasi mengenai hal tersebut, jadi mari disimak untuk menambah pengetahuan.

Pengertian Website Secara Umum

Pengertian-Website

Secara umum, website dapat diartikan sebagai kumpulan informasi yang dapat diakses melalui internet. Website juga bisa diartikan sebagai dokumen yang berupa kumpulan halaman web di mana isinya berupa informasi baik itu dalam bentuk suara, teks, video, gambar maupun informasi bentuk yang lainnya.  Semua kumpulan halaman ini saling terhubung dan disimpan dalam server hosting.

Selain pengertian tersebut, website juga bisa dianggap sebagai suatu tempat di internet, di mana siapapun bisa mengunjunginya tanpa dibatasi waktu tertentu. Dalam kalimat yang lain, dijelaskan pula bahwa website itu merupakan kumpulan dari aneka jenis halaman situs yang terdapat dalam domain dan bahkan subdomain yang bisa diakses melalui home page dengan menggunakan suatu browser.

Dalam kehidupan sehari-hari, website seringkali disebut dengan istilah lain seperti situs web, situs, site dan web. Website-website tersebut terdapat dalam World Wide Web (WWW) Internet yang bisa diakses menggunakan URL khusus. URL ini bersifat unik dan secara umum disebut sebagai domain.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Pengertian-Website-Menurut-Para-Ahli

Agar informasi mengenai pengertian website menjadi lebih banyak, berikut ini akan disampaikan pengertian website menurut para ahli, antara lain.

1. Hakim Lukmanul

Hakim Lukmanul berpendapat bahwa website merupakan fasilitas internet yang membuat berbagai dokumen jadi saling terhubung dalam lingkup lokal ataupun jarak jauh. Dalam hal ini terdapat dua istilah yakni web page dan hyperlink. Adapun pengertian web page ialah dokumen yang terdapat dalam website, sedangkan untuk hyperlink merupakan bagian dalam website yang bisa membuat pengguna berpindah dari halaman ke halaman.

2. Gregorius

Gregorius berpendapat bahwa website itu merupakan kumpulan dari halaman web, di mana semua halaman tersebut saling terhubung dan berkas-berkasnya juga saling terkait.

3. Hidayat

Hidayat berpendapat bahwa website itu merupakan seluruh halaman yang di dalamnya terdapat informasi pada suatu domain. Umumnya, website itu dibangun dan terdiri atas banyak halaman web yang satu sama lainnya saling terkait.

4. Sibero

Sibero berpendapat bahwa website itu merupakan suatu sistem yang ada kaitannya dengan dokumen yang dimanfaatkan sebagai media guna menampilkan gambar, teks, multimedia maupun yang lainnya pada jaringan internet.

5. Suwanto Raharjo

Suwanto Raharjo berpendapat bahwa website itu merupakan layanan internet yang statusnya paling banyak dipakai dibandingkan dengan layanan yang lainnya, misalnya gopher, ftp dan bahkan email.

6. Yuhefizar

Yuhefizar berpendapat bahwa website itu merupakan metode dalam menampilkan berbagai informasi dalam internet, baik informasi tersebut berupa suara, gambar, teks maupun video interaktif yang mempunyai kelebihan dalam hal menghubungkan antara dokumen yang satu dengan dokumen yang lainnya yang bisa diakses melalui suatu browser.

Berbagai pengertian web menurut para ahli di atas ditafsirkan dari berbagai referensi yang disampaikan ulang tanpa merubah makna aslinya.

Sejarah Website

Sejarah-Website

Mengenai sejarah website, disebutkan bahwa orang yang mempunyai peran besar dalam hal ini ialah Tim Berners-Lee. Tim Berners Lee ini merupakan ilmuwan komputer yang lahir di London, Inggris. Bukan hanya dirinya, bahkan orang tuanya juga merupakan ilmuwan komputer pada saat masa-masa awal komputasi.

Tim Berners-Lee membuat website ini dengan tujuan awal untuk mempermudah para peneliti yang ada di tempatnya bekerja saat ingin melakukan pertukaran informasi atau perubahan informasi. Sekitar tahun 1990, Dia kemudian mencatat 3 teknologi dasar web yang bahkan hingga kini masih digunakan yaitu HTML, URI dan HTTP.

Saat tahun 1990 akan berakhir, halaman web yang pertama tersedia di internet secara terbuka. Pada tahun selanjutnya, tepatnya tahun 1991, mereka yang bekerja di luar CERN (laboratorium Fisika di Swiss yang merupakan tempat Tim Berners-Lee bekerja) diundang untuk bergabung dengan web baru ini bersama dengan orang awam juga. Website kemudian bisa digunakan oleh publik secara gratis pada tanggal 30 April 1993.

Jenis-Jenis Website

Jenis-Jenis-Website

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa saat ini ada banyak sekali jenis website. Akan tetapi, website-website tersebut secara umum bisa dibagi menjadi 3 jenis yaitu dengan berdasarkan pada sifatnya, berdasarkan fungsinya dan berdasarkan kontennya. Adapun penjelasan mengenai jenis-jenis website tersebut ialah sebagai berikut.

a. Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan pada sifatnya, maka website dibagi menjadi 2, yakni website statis dan website dinamis. Agar lebih paham, mari simak jenis-jenis website dan contohnya berikut ini.

1. Website Statis

Maksud dari website statis ialah halaman website yang tampilannya bersifat tetap atau tidak berubah-ubah. Kalaupun nanti pemiliknya ingin tampilan tersebut berubah, maka yang bersangkutan harus melakukannya secara manual, yakni dengan cara mengedit kode struktur websitenya.

Website jenis ini biasanya mempunyai minimal 5 halaman utama yang akan memberikan informasi tentang website itu sendiri. Sifatnya yang statis juga membuat interaksi antara pengelola dan pengunjung menjadi tidak mungkin terjadi. Contoh dari jenis website yang pertama ini ialah search engine seperti Google dan company profile atau website perusahaan.

Tentunya, website statis mempunyai sejumlah kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya ialah sebagai berikut:

  • Lebih sederhana
  • Aman dari serangan hacker
  • Mudah dibaca oleh search engine atau mesin pencari
  • Tidak rentan terhadap kesalahan teknis
  • Mudah dikembangkan
  • Efisien tatkala disimpan dalam web hosting.

Sementara untuk kekurangan website statis ini ialah sebagai berikut.

  • Jika pengelolanya menginginkan perubahan, maka dia memerlukan tenaga yang ahli dalam bidang tersebut
  • Konten akan cenderung mudah usang
  • Situs akan menjadi kurang berfaedah bagi para pengunjung

2. Website Dinamis

Kebalikan dari website statis, website dinamis ini merupakan website yang bisa berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Perubahan tersebut bisa saja terjadi pada tampilannya ataupun fiturnya dan memang dirancang secara khusus agar bisa menampilkan konten yang diupdate sesering mungkin.

Selain itu, karena merupakan kebalikan dari website statis, ciri website dinamis yang lainnya ialah mendukung interaksi antara pengelola dengan pengunjung. Adapun contoh jenis website yang kedua ini ialah katalog online, situs berita, website portal, situs E-commerce, website pribadi, blog pribadi dan lain-lain.  Selain mempunyai ciri khusus, website dinamis juga mempunyai kelebihan serta kelemahan. Untuk kelebihannya ialah sebagai berikut:

  • Mempunyai fitur tambahan yang jumlahnya cukup banyak
  • Mudah untuk mengembangkannya
  • Terdapat fitur yang mempermudah pihak pengelola maupun pihak pengguna untuk bekerjasama
  • Mempermudah penambahan konten baru
  • Memberikan kesan yang profesional
  • Memberikan pengalaman yang lebih menarik pada pengunjung

Sementara itu, kelemahan website dinamis ialah sebagai berikut:

  • Biaya hostingnya lebih mahal
  • Untuk pengembangannya diperlukan waktu yang lebih lama dan dana yang lebih banyak

b. Berdasarkan Fungsinya

Apabila melihat website berdasarkan fungsinya, maka jenis-jenis website yang ada cukup banyak. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Blog

Pengertian website blog ialah website yang difungsikan untuk menuliskan informasi, pengalaman pribadi, ide, opini, kisah perjalanan dan lain-lain. Diperkirakan sejak tahun 2000-an, blog ini sudah menjadi tren sebagai jurnal pribadi yang dapat diakses dan juga dikelola secara online.

2. Website Berita

Pengertian website berita ialah website yang dibuat dengan tujuan untuk menyebarluaskan berita ataupun informasi secara khusus. Website ini mampu menyedot perhatian terutama dari orang-orang yang menjadikan website sebagai media serta sumber informasi.

3. Archive

Website archive ialah website yang difungsikan untuk menyimpan serta melestarikan berbagai konten elektronik yang disinyalir dan terancam hilang. Misalnya, Internet Archive yang mulai tahun 1996 sudah menyimpan banyak sekali halaman website dengan baik.

4. E-Commerce

Website E-Commerce ialah website yang difungsikan untuk transaksi jual beli produk, baik produk itu berupa barang maupun jasa. Dalam menunjang fungsi tersebut, website ini dilengkapi dengan fitur yang dapat menggantikan sejumlah fungsi yang biasanya ada pada toko offline, misalnya pemesanan, pengecekan stok produk, wujud produk dan lain sebagainya.

5. Government

Seperti namanya, jenis website yang satu ini adalah website yang resmi milik pemerintah lokal, departemen, pemerintahan, negara bagian maupun pemerintah nasional suatu negara. Umumnya, website ini juga akan mengoperasikan website lain guna memberikan informasi mengenai suatu daerah beserta berbagai peraturan yang ada di dalamnya.

6. Company Profile

Website company profile merupakan website yang sengaja dibuat oleh perusahaan dan difungsikan untuk memberikan informasi mengenai bisnis mereka. Adapun informasi yang dimaksud dapat berupa visi dan misi, produk yang ditawarkan, alamat kantor serta kontak yang bisa dikunjungi.

7. Website Portal

Pengertian website portal secara singkat ialah website yang menyediakan aneka macam informasi serta fasilitas khusus bagi para pengunjungnya.

c. Berdasarkan Kontennya

Bila dilihat berdasarkan kontennya, maka akan ditemukan banyak sekali jenis website yang beberapa di antaranya disebutkan di bawah ini.

1. Website Gallery

Pengertian website gallery ialah jenis website yang memang dirancang secara khusus agar bisa digunakan sebagai galeri. Contoh website untuk jenis ini ialah website galeri foto, website galeri pameran seni dan lain sebagainya.

2. Website Cloud

Pengertian website cloud ialah website yang memberikan fasilitas istimewa berupa penyimpanan dan sekaligus berbagi berkas atau file untuk anggotanya. Contoh dalam hal ini ialah Google Drive.

3. Website Forum

Manfaat website forum ini sendiri di antaranya ialah memungkinkan para membernya untuk berinteraksi, berdiskusi bahkan bertukar informasi yang sesuai dengan topik yang tengah dibicarakan dalam forum tersebut.

4. Blog

Sama seperti sebelumnya, website satu ini umumnya berisi tulisan-tulisan yang akan dimuat sebagai postingan. Ada sebagian blog yang dikelola oleh satu orang penulis dan ada sebagian lainnya yang dikelola oleh beberapa orang penulis sekaligus. Kontennya sendiri macam-macam, tergantung dari penulis itu sendiri.

5. Website Berita

Website berita adalah salah satu website yang mengalami pembaharuan secara berkala dan sesering mungkin. Untuk kontennya sendiri, ini juga macam-macam disesuaikan dengan target pembacanya. Sementara untuk fungsi website berita itu sendiri ialah memberikan informasi mengenai suatu kejadian.

6. Multimedia

Ini adalah website yang isinya berupa window bagi pengguna agar bisa menonton video maupun mendengarkan audio tanpa perlu mengunduh filenya terlebih dahulu. Namun terkadang website ini juga dapat berupa galeri foto.

7. E-Learning

Ini adalah website yang umum digunakan dalam organisasi pendidikan maupun perusahaan untuk menyediakan pelatihan maupun fasilitas belajar melalui internet.

8. Corporate Website

Corporate website ini sendiri adalah website yang begitu kompleks, di mana di dalamnya terdapat informasi yang lengkap tentang suatu perusahaan yang umumnya dimulai dari latar belakang perusahaan, pengurus perusahaan bahkan hingga kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan.

Manfaat Website

Manfaat-Website

Kehadiran website tentu saja memberikan banyak manfaat, dan di antara manfaat yang ditawarkan oleh website ini ialah sebagai berikut.

  • Membantu mempermudah penyebaran informasi dengan cepat
  • Membantu mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran produk karena bisa menjangkau wilayah yang luas dan orang yang banyak dalam waktu yang sama
  • Bisa menjadi sarana hiburan
  • Bisa menjadi sarana edukasi
  • Bisa menjadi sarana dalam berkomunikasi
  • Bisa dijadikan sumber penghasilan

Contoh Website

Contoh-Website

Berbagai contoh alamat website standar serta website profesional seringkali dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi mereka yang ingin memulai websitenya sendiri. Kaitannya dengan hal tersebut, berikut ini ada 10 contoh website yang menarik, terkenal dan dapat dikunjungi, antara lain.

  1. Coca Cola
  2. Unilever
  3. Nestle
  4. Babyzania
  5. BNI
  6. Net TV
  7. Telkom Indonesia
  8. Samsung
  9. Microsoft
  10. Bio Farma

Beberapa Istilah yang Berkaitan dengan Website

Website

Ketika berbicara tentang website, maka akan ada sejumlah istilah yang sering disinggung di dalamnya. Beberapa di antara istilah-istilah tersebut ialah sebagai berikut.

  • WWW atau World Wide Web ialah ruang yang menjadi tempat berkumpulnya informasi sekaligus menjadi sistem yang akan mengirimkan serta menyebarkan data melalu internet dalam skala besar
  • Web Sites atau Situs Web ialah alamat khusus yang ada di internet dan menyediakan informasi khusus pula
  • Web Pages atau Halaman Web ialah elemen penyusun situs web. Apabila situs web diumpamakan sebagai buku, maka halaman web adalah halaman dalam buku yang di dalamnya berisi informasi tertentu
  • Home Page atau Halaman Muka ialah halaman yang paling depan dari sebuah situs web
  • Browser ialah aplikasi atau software khusus yang dapat dimanfaatkan untuk menjelajah internet seperti Mozilla Firefox, Google Chrome dan lain-lain
  • Universal Resource Locator atau URL ialah alamat suatu website
  • Hypertext Transfer Protocol atau HTTP ialah bagian dari URL yang akan mengidentifikasi lokasi suatu website
  • Search Engine atau Mesin Pencari ialah situs web yang dapat dimanfaatkan untuk mencari informasi yang terdapat di internet
  • Hyperlink merupakan fasilitas yang bisa mengarahkan user atau pengguna dari suatu alamat ke alamat yang lain
  • Domain ialah nama suatu website yang bisa mempermudah pengguna internet mengingatnya
  • Hosting ialah ruang khusus yang menjadi tempat untuk menyimpan data-data website
  • Address Bar ialah sebuah kotak yang menjadi tempat untuk memasukkan domain atau alamat web
  • Content atau konten ialah isi dari website yang bisa mencakup gambar, teks, video maupun yang lainnya

Pemanfaatan Website untuk Bisnis Di Masa Sekarang

Pemanfaatan-Website

Berkembangnya teknologi dan ditemukannya internet serta website telah memberikan banyak pengaruh pada kehidupan manusia. Khusus untuk website sendiri, sudah banyak pihak yang memanfaatkannya untuk masuk ke dunia digital dan memperkenalkan produknya dalam skala yang lebih luas.

Website ini sendiri juga sudah terbukti manfaatnya untuk bisnis, di antaranya ialah membuat kegiatan promosi menjadi lebih mudah. Bukan hanya itu saja, promosi ini juga menjadi seolah tidak terbatas karena orang-orang yang berada di belahan dunia manapun bisa mengetahui produk yang dipromosikan tersebut.

Kemudian, dengan fungsi website yang utama yaitu sebagai sumber informasi, kepercayaan konsumen terhadap bisnis bisa menjadi lebih meningkat. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa karena website membuat bisnis menjadi lebih profesional.

Selain itu, perusahaan juga sering memanfaatkan website untuk mencari tenaga kerja yang dibutuhkan termasuk menjalin kerjasama dengan pemilik bisnis yang lain. Bahkan mereka juga menggunakannya agar bisa selalu terhubung dengan konsumen serta meningkatkan pelayanan kepada mereka.

Sebagai kesimpulan, pengertian website adalah sebuah tempat di internet yang menyediakan berbagai informasi, di mana informasi tersebut dapat berupa suara, teks, video, gambar maupun yang lainnya yang disimpan dalam suatu server. Website ini terdiri atas berbagai jenis yang contohnya sangat mudah ditemukan. Manfaatnya juga sangat banyak, namun manfaat yang utama ialah membantu penyebaran informasi dengan lebih cepat.

Saat ini internet dan website sudah mencakup hampir semua aspek kehidupan, bahkan sebagian orang memanfaatkannya untuk menambah pendapatan. Demikian pembahasan mengenai pengertian website menurut para ahli dan sejumlah informasi lainnya, semoga bermanfaat.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com