Contoh Surat Keterangan

Posted on

VOI.Co.Id –  Melengkapi dokumen-dokumen sebagai persyaratan melakukan sesuatu biasanya jadi mudah jika sudah mengetahui draftnya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas pengertian, manfaat, unsur, jenis-jenis, serta berbagai contoh surat keterangan yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan dan kondisi.

Mengurus surat keterangan tak bisa dilakukan sendiri di rumah. Biasanya, orang yang meminta dibuatkan surat ini harus mendatangi kantor lembaga legal yang berwenang mengeluarkan dokumen tersebut. Ada yang prosesnya cepat, hanya 30 menit saja, tapi ada juga yang butuh waktu cukup lama hingga berhari-hari.

Pengertian Surat Keterangan

pengertian-surat-keterangan

Sesuai dengan namanya, surat keterangan adalah surat yang menjelaskan atau menerangkan suatu kondisi seseorang atau suatu hal. Surat keterangan bersifat resmi, dan dapat dipergunakan sacara legal untuk berbagai keperluan. Banyak urusan yang berkaitan dengan pengajuan, membutuhkan surat keterangan.

Banyak orang sulit membedakan antara surat keterangan dan surat pernyataan. Apalagi, sekilas kedua jenis surat tersebut isinya hampir sama. Secara umum, perbedaan antara keduanya terletak pada siapa yang membuat surat tersebut. Surat keterangan selalu dikeluarkan atau diterbitkan oleh lembaga resmi. Sementara surat pernyataan ditulis secara perorangan.

Manfaat Surat Keterangan

manfaat-surat-keterangan

Berdasarkan pihak yang terkait, ada beberapa manfaat surat keterangan, diantaranya:

  • Bagi pihak penerima, surat keterangan bermanfaat untuk memenuhi dokumen yang menjadi syarat suatu pengajuan. Misalnya pengajuan KPR atau beasiswa.
  • Bagi pihak yang membuat dan memberikan, surat keterangan berfungsi sebagai apresiasi terhadap kinerja atau kondisi seseorang. Pada beberapa jenis surat keterangan seperti surat keterangan sakit, pihak pembuat surat dapat membantu sang penerima untuk mendapatkan hak istirahat sebagaimana mestinya.
  • Bagi pihak yang menjadikan surat keterangan sebagai dokumen legal, surat tersebut dapat membantu untuk mengetahui identitas dan keterangan sebenarnya terkait seseorang atau sesuatu, tanpa harus meninjau secara langsung.

Sementara itu, fungsi dari surat keterangan sendiri ada banyak, tergantung pada jenisnya. Hal ini terjadi karena tiap jenis surat keterangan memiliki isi yang berbeda-beda.

Unsur-Unsur Surat Keterangan

unsur-unsur-surat-keterangan

Ada beberapa unsur atau bagian yang biasanya ada dalam sebuah surat keterangan, diantaranya:

  • Kepala Surat

Kepala surat yang baik mengandung beberapa hal. Yang pertama adalah kop surat yang menunjukkan identitas pembuat atau penerbit surat keterangan. Kop surat biasanya dilengkapi dengan nama lembaga atau perusahaan, alamat, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Yang kedua adalah judul surat, yang biasanya diletakkan di bagian tengah atas dan dengan huruf kapital. Yang ketiga adalah nomor surat dan perihal yang dapat diletakkan di bawah judul surat atau di tepi kiri atas.

  • Tubuh Surat

Dalam tubuh surat terdapat tiga bagian penting. Yang pertama adalah pernyataan kesungguhan yang dibuat oleh pihak yang menerangkan. Yang kedua, identitas pihak yang diterangkan. Identitas ini dapat memuat nama, tempat dan tanggal lahir, serta alamat. Identitas ini kemudian diikuti dengan penjelasan terkait kondisi sebenarnya dari yang bersangkutan, sesuai dengan jenis surat keterangan yang dibuat.

Tubuh surat diakhiri dengan penutup. Penutup bisa menggunakan salam penutup, kemudian diiringi dengan harapan dari penulisan surat tersebut.

  • Kaki Surat

Kaki surat memuat tempat dan tanggal dibuatnya sebuah surat keterangan. Setelah itu, kaki surat juga dilengkapi identitas penanggung jawab beserta tanda tangan dan stempel lembaga yang mengeluarkan surat tersebut.

Jenis-Jenis Surat Keterangan

jenis-jenis-surat-keterangan

Jika dilihat dari berbagai jenis isi serta kepentingan, surat keterangan digolongkan menjadi dua, yaitu:

  • Surat Keterangan Biasa

Surat keterangan yang tidak melibatkan banyak orang, serta dampak yang ditimbulkan tidak terlalu serius, disebut dengan surat keterangan biasa. Beberapa contoh surat keterangan biasa adalah surat keterangan kerja dan surat keterangan aktif berorganisasi.

  • Surat Keterangan Penting

Sementara itu, surat keterangan penting memiliki dampak yang lebih luas dan serius. Contoh surat dalam golongan ini adalah surat terkait kondisi kesehatan yang dibuat dengan detail, surat keterangan kelakuan baik (SKKB), dan surat-surat lain yang berurusan dengan hukum.

Contoh Surat Keterangan Aktif Belajar

Contoh-Surat-Keterangan-Aktif-Belajar

Surat ini penting untuk memberikan keterangan terkait aktivitas seseorang. Ada banyak kegunaan surat keterangan ini, diantaranya adalah syarat pengajuan tambahan gaji bagi orangtuanya, pengajuan beasiswa, serta dokumen pelengkap saat akan mendaftar ke asuransi.

Contoh Surat Keterangan Aktif Sekolah

Untuk melamar sebuah beasiswa, seorang siswa akan membutuhkan contoh surat keterangan sekolah, yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan identitasnya. Surat ini biasanya dibuatkan oleh pihak TU masing-masing sekolah.

PEMERINTAH KABUPATEN BANJARNEGARA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AN-NUR KALIBENING

Alamat: Jalan Raya Kaliurang, Kalibening 53458.

Website: www.annur-kalibening.com Email: annurkb@gmail.com

 

SURAT KETERANGAN AKTIF MENGIKUTI PENDIDIKAN

No: 768/09/VII/U/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Taufiq Ariyanto M. S.Pd, M.Pd

NIP: 198 754 753 465 5 766

Pangkat/Golongan Ruang: Pembina Tingkat I IV/B

Jabatan: Kepala SMP An-Nur Kalibening

Dengan ini menerangkan dengan sesungguhnya, bahwa:

Nama: Indah Dian Arimurti

NIS/NISN: 5674 / 0095326444

Tempat, Tanggal Lahir: Banjarnegara, 4 Mei 2006

Jenis Kelamin: Perempuan

Nama Ayah: Wahyu Adi Saputro

Nama Ibu: Rinda Devi Mutiara

Bahwa pada tahun pelajaran 2019/2020, tepat tanggal 19 Oktober 2019, siswa tersebut dinyatakan benar-benar aktif sebagai siswa kelas VII DI SMP An-Nur Kalibening, Banjarnegara. Selama mengikuti pendidikan, yang bersangkutan telah menjalankan kewajibannya sebagai siswa dengan baik.

Demikian surat keterangan aktif belajar ini kami sampaikan, semoga dapat digunakan dengan baik dan sebagaimana mestinya.

Banjarnegara, 19 Oktober 2019

Kepala SMP An-Nur Kalibening

 

Taufiq Ariyanto M. S.Pd, M.Pd

NIP: 198 754 753 465 5 766

 

Contoh Surat Keterangan Aktif Kuliah

Salah satu contoh surat keterangan kuliah ini digunakan untuk mendaftarkan hak pilih jelang pemilihan umum. Jika dibutuhkan untuk tujuan lainnya, maka contoh ini dapat dijadikan acuan dan dimodifikasi seperlunya.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN INDONESIA UNIVERSITAS BINA PUSTAKA PADANG, FAKULTAS PENDIDIKAN

Jl. Terusan Ilmu No 78, Padang

www.ubppadang.ac.id , Email: admin@ubppadang.ac.id

SURAT KETERANGAN

No: SKET/798/08/CC/U/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dr. Nandar Arifin Ahmad M.Si

NIP: 195644753465 5 003

Jabatan: Dekan

Fakultas: Pendidikan

 

Dengan ini menerangkan dengan sesungguhnya, bahwa:

Nama: Navia Indri Ningsih

Jenis Kelamin: Perempuan

Tempat, Tanggal Lahir: Magelang, 13 Februari 2000

Alamat Domisili: Jl. Terusan Yudhistira Gang 7 No 45, Padang

Alamat Asli Sesuai KTP: Jalan Putra Jaya No 572, Magelang

NIM: 1188737008

Jurusan, Program Studi: Pendidikan Matematika

Semester: 3

Nama Orangtua/Wali: Joko Abdi Waluyo

Pekerjaan: Karyawan Swasta

 

Bahwa nama tersebut di atas memang merupakan mahasiswa S1 Universitas Bina Pustaka Padang, Fakultas Pendidikan, tahun akademik 2019/2020. Yang bersangkutan mengajukan pembuatan surat keterangan ini untuk keperluan mengurus Hak Pilih dan A5 di alamat domisili.

Demikian surat keterangan aktif sebagai mahasiswa ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sesuai keperluan di atas.

 

Padang, 29 Oktober 2019

Dekan Fakultas Pendidikan

 

Dr. Nandar Arifin Ahmad M.Si

195644753465 5 003

 

Contoh Surat Keterangan Aktif Berorganisasi

Surat keterangan aktif organisasi menunjukkan bahwa seseorang sedang aktif dalam suatu rangkaian aktivitas organisasi. Surat ini sebaiknya dikeluarkan secara resmi oleh organisasi dan diketahui oleh lembaga yang menaunginya.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANUNIVERSITAS NUSANTARA MADIUN, FAKULTAS MIPA

HIMPUNAN MAHASISWA BIOLOGI (HMB)

Jl. Nusa Kambangan No 5, Madiun

Telp: +62 833 644 643 74, Website: www.unnmadiun.ac.id , Email: admin@unnmadiun.ac.id

 

No: 12/09/HMB/SKA/907/2019

Hal: Keterangan Aktif Organisasi

Lampiran: –

SURAT KETERANGAN AKTIF ORGANISASI

 

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Arifin Yudha Indrawan

NIM: 101745445002

Jurusan/Program Studi: Ilmu Biologi

Jabatan: Ketua

Organisasi: Himpunan Mahasiswa Biologi Fakultas MIPA Universitas Nusantara Madiun

 

Menyatakan dengan sebenarnya bahwa,

Nama: Putri Ayu Wulandari

NIM: 101855453008

Jurusan/Program Studi: Pendidikan Biologi

Jabatan: Staf Departemen Penelitian dan Pengembangan (Research and Development)

Organisasi: Himpunan Mahasiswa Biologi Fakultas MIPA Universitas Nusantara Madiun

 

Adalah merupakan mahasiswa yang aktif menjabat sebagai pengurus Himpunan Mahasiswa Biologi Fakultas MIPA Universitas Nusantara Madiun pada masa jabatan 2019/2020.

Demikian kami sampaikan keterangan aktif dalam organisasi ini, untuk dapat digunakan sebaik-baiknya.

Madiun, 9 November 2019

Ketua HMB

 

Arifin Yudha Indrawan

NIM: 101745445002

 

Contoh Surat Keterangan Kerja

Contoh-Surat-Keterangan-Kerja

Surat keterangan kerja dapat diajukan oleh seorang karyawan yang memiliki kontrak atau ikatan kerja dengan suatu perusahaan atau lembaga. Tujuan surat ini tak lain adalah untuk memberikan informasi kebenaran bahwa seseorang sedang aktif bekerja.

Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan Perusahaan

Contoh surat keterangan karyawan paling banyak digunakan untuk mengajukan pinjaman ke bank. Surat ini biasanya disertai juga dengan slip gaji atau surat keterangan penghasilan.

PT BULAN PURNAMA NUSANTARAJl. Dr. Sucipto no 78, Kebonagung, Kabupaten Banjarnegara

 

SURAT KETERANGAN KERJA

No: 558/SKK/90/O/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Nisa Fitria Kusuma S.Si

Jabatan: Kepala Divisi Personalia

Alamat: Perum Mojosari Blok J No 23, Kabupaten Banjarnegara

Menerangkan bahwa:

Nama: Rania Ayu Dewi S.T.

Jabatan: Staf Tenaga Ahli Kimia

Alamat: Perum Bumiasri Blok G no 16, Kabupaten Banjarnegara

Yang tersebut di atas benar sedang aktif bekerja di PT. Bulan Purnama Nusantara sebagai Staf Tenaga Ahli Kimia.

Demikian kami sampaikan keterangan ini, untuk dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

 

Mengetahui,

 

Fajar Trian Hadi S.T, M.T

Kepala Divisi Ahli Kimia

Banjarnegara, 13 November 2019

PT. Bulan Purnama Nusantara

 

Nisa Fitria Kusuma S.Si

Kepala Divisi Personalia

 

Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan Kontrak

Seorang karyawan kontrak juga boleh meminta dibuatkan surat keterangan kerja. Namun biasanya, perusahaan menuliskan keterangan terkait kapan kontrak tersebut akan berakhir.

BANK MITRA KENANGA INDONESIACabang Fatmawati, Jl. Fatmawati No 8, Jakarta Selatan

 

SURAT KETERANGAN

No: 09/SKK/88/II/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Rizal Nugroho Adi S.E., M.E.

Jabatan: Kepala HRD

Alamat: Perum Green Hills Blok F No 38, Jakarta

Menerangkan bahwa:

Nama: Nicky Anita Rosyida S.E

Jabatan: Teller

Alamat: Perum Al Falah Blok D No 23, Jakarta

 

Dengan ini menerangkan bahwa memang benar yang bersangkutan adalah karyawan Bank Mitra Kenanga Indonesia dan masih aktif bekerja dengan status Karyawan Kontrak. Kontrak kerja terhadap yang bersangkutan berlaku mulai tanggal 9 Agustus 2018 hingga 9 Agustus 2021. Hingga saat ini, yang bersangkutan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Demikian kami sampaikan surat keterangan aktif bekerja ini, untuk dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

 

Mengetahui,

 

 

Vania Ikke Pratiwi S.E. M.E

Kepala Operasi Cabang

Jakarta, 9 November 2019,

PT Bank Mitra Kenanga Indonesia

Cabang Fatmawati

 

Rizal Nugroho Adi S.E., M.E.

Kepala HRD

 

Contoh Surat Keterangan Kerja Bidan

Seorang bidan dapat meminta surat keterangan kerja pada atasannya, baik pada saat bekerja di BPM, klinik, maupun rumah sakit.

BIDAN PRAKTEK MANDIRIDIANA NUR FITRIANI AMD. KEB

Sip No. 458.3/0023/03/10/SIPB/Dinkes/2019

Jalan Panji Soeroso Gang 2 No 98, Bandung, Telp: (+62) 988 8775 64576

 

SURAT KETERANGAN KERJA

No: SKK/U/941/II/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Diana Nur Fitriani Amd. Keb

Jabatan: Kepala Bidan

Alamat: Jalan Panji Soeroso Gang 2 No 98, Bandung

Menerangkan bahwa:

Nama: Murni Ayu Kusuma Amd. Keb

Tempat, Tanggal Lahir: Tangerang, 23 November 1988

Alamat: Jalan Panji Soeroso Gang 7 No 18, Bandung

 

Benar merupakan salah satu bidan yang bekerja sejak tanggal 14 November 2018 dan hingga saat ini masih aktif. Selama bekerja, yang bersangkutan melakukan tugas-tugas dan pekerjaannya dengan baik.

Demikian kami sampaikan surat keterangan kerja ini, untuk dapat difungsikan sebaik-baiknya.

Bandung, 13 November 2019

 

Diana Nur Fitriani Amd. Keb

Kepala Bidan

 

Contoh Surat Keterangan Aktif BeKerja Untuk NPWP

Pembuatan NPWP membutuhkan dokumen ini, untuk memastikan bahwa yang bersangkutan memang merupakan seorang karyawan dan sedang aktif bekerja di perusahaan tertentu.

PT BULAN PURNAMA NUSANTARAJl. Dr. Sucipto no 78, Kebonagung, Kabupaten Banjarnegara

 

SURAT KETERANGAN KERJA

No: 510/SKK/78/O/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Risga Jordy Dewantara  S.E.

Jabatan: Direktur Utama

Alamat: Jl. Buleleng Gang 6 No 45, Banjarnegara

Menerangkan bahwa:

Nama: Imam Wahyudi Utomo S.T.

Jabatan: Supervisor Divisi G

Alamat: Jl. Buleleng Gang 6 No 45, Banjarnegara

Telah bekerja sejak tanggal 7 Juni 2017, dan saat ini masif aktif sebagai karyawan tetap dengan jabatan Supervisor. Dalam menjalankan tugas-tugasnya, yang bersangkutan telah bekerja dengan baik.

Demikian surat keterangan aktif bekerja ini kami buat untuk Saudara Imam Wahyudi Utomo S.T., semoga dapat digunakan sebaik-baiknya.

Banjarnegara, 14 November 2019

 

Risga Jordy Dewantara  S.E.

Direktur Utama

 

Contoh Surat Keterangan Magang

Surat keterangan magang bisa ditulis oleh kampus sebelum magang, maupun tempat magang saat aktivitas sedang berlangsung dan setelahnya.

PT. SUN FLOWER NUSANTARA Jalan Ikan Piranha No 7-9, Yogyakarta

 

SURAT KETERANGAN MAGANG

No: 98/UU/SKM/10/9/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Bambang Yudianto I. M.Si.

NIP: 1089 6 76455

Jabatan: Kepala Personalia

Alamat: Jl. Terusan Sidoarjo Gang VIII No 13, Yogyakarta

Menerangkan bahwa:

Nama: Yanuar Adi Susanto

NIM: 1170005301

Fakultas: Teknik

Jurusan: Teknik Pengolahan Bahan Pangan

Tempat, Tanggal Lahir: Magelang, 31 Agustus 1998

Alamat: Perum Bumi Asri Blok F No 24, Yogyakarta

 

Yang disebut di atas adalah mahasiswa Universitas Bina Bangsa Yogyakarta yang sedang menjalani proses magang di kantor PT. Sun Flower Nusantara pada bagian pengembangan sumber daya alam yang dimulai pada tanggal 8 April 2019 hingga saat ini. Masa magang yang bersangkutan akan berakhir pada tangal 8 Januari 2020.

Demikian surat keterangan magang Saudara Yanuar Adi Susanto ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 13 Oktober 2019

PT. Sun Flower Nusantara

 

Bambang Yudianto I. M.Si.

Kepala Personalia

 

Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu

Contoh-Surat-Keterangan-Tidak-Mampu

Fungsi surat keterangan tidak mampu saat ini sangat banyak. Surat ini menjadi syarat untuk pengajuan beasiswa bagi siswa yang kurang mampu di berbagai tempat. Tak jarang pula, beberapa rumah sakit masih memberlakukan SKTM untuk memberi keringanan biaya pasien yang berobat.

PEMERINTAH KABUPATEN BANJARNEGARA KECAMATAN KALIBENING

Alamat: Jalan Raya Kaliurang, Kalibening 53458.

Website: www.banjarnegarapm.com Email: bjnpm@yahoo.com

 

SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU

No: 67/SKTM/UU/8/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Kalibening, menerangkan dengan sebenarnya bahwa,

Nama: YUDHA ARI ILHAM

Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 7 Juni 2002

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Sekolah: SMA Islam Ar Rahmah Kalibening

Alamat: Jalan Raya Purwodadi Gang 7 No 23, Kalibening, Banjarnegara

 

Adalah benar merupakan anak dari:

Nama Bapak: Arfan Ahmad Ilham

Umur: 45

Pekerjaan: Wiraswasta

Alamat: Jalan Raya Purwodadi Gang 7 No 23, Kalibening, Banjarnegara

 

Nama Ibu: Sri Wahyuni Indah

Umur: 42

Pekerjaan: Ibu Rumah Tangga

Alamat: Jalan Raya Purwodadi Gang 7 No 23, Kalibening, Banjarnegara

 

Sesuai pengamatan kami, keluarga yang bersangkutan tidak dapat mencukupi kehidupan sehari-hari karena kondisi ekonomi lemah.

Atas dasar tersebut, maka kami menilai yang bersangkutan belum mampu membiayai semua biaya yang diperlukan dalam proses pendidikan anaknya. Oleh karena itu, yang bersangkutan berhak mengusulkan anaknya untuk mengikuti seleksi Beasiswa Bidik Misi.

Demikian Surat Keterangan Tidak Mampu ini kami buat sebagai salah satu syarat seleksi Beasiswa Bidik Misi yang bersangkutan.

Kalibening, 7 November 2019

 

Indra Yudi Ilham S. Ap.

 

Kepala Desa Kalibening

 

Contoh Surat Keterangan Usaha

Contoh-Surat-Keterangan-Usaha

Surat keterangan usaha biasanya dibuat oleh Kepala Desa atau Kelurahan setempat untuk memberikan informasi bahwa usaha tersebut nyata, bukan fiktif belaka. Untuk membuat surat ini, dibutuhkan surat pengantar RT dan RW, Kartu Keluarga, surat pernyataan permohonan, dan juga KTP.

Contoh Surat Keterangan UMKM

Meskipun bukan perusahaan besar, UMKM juga penting dibuatkan sebuah surat keterangan usaha. Ini akan membuat usaha lebih aman dan masyarakat pun telah mengetahui keberadaannya.

PEMERINTAH KABUPATEN BANJARNEGARA KECAMATAN KALIBENING

Alamat: Jalan Raya Kaliurang, Kalibening 53458.

Website: www.banjarnegarapm.com Email: bjnpm@yahoo.com

 

SURAT KETERANGAN USAHA

No: 675/UU/SKU/8/002/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ninda Fajar Indrayani S.E.

NIP: 198 7 654009

Jabatan: Camat Kalibening

Alamat: Jalan Terusan Saxophone Gang 8 No 90, Kalibening, Banjarnegara

 

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama Lengkap: Ahmad Indrawan Yudianto

Jenis Kelamin: Laki-laki

Agama: Islam

Status: Kawin

Nomor KTP: 33021747XXXXXX

Tempat, Tanggal Lahir: Banyumas, 19 Agustus 1987

Pekerjaan: Pedagang

Alamat: Jalan Loncat Indah No 76, Kalibening, Banjarnegara

Keperluan: Melengkapi persyaratan pengajuan pinjaman

 

Yang bersangkutan memang benar memiliki usaha ‘Warung Sembako’ dengan nama ‘TOKO RIZQI’ yang bertempat di Jalan Basket No 7, Kalibening, Banjarnegara. Surat ini berlaku mulai tanggal 20 Oktober 2019 – 20 Januari 2020.

Demikian Surat Keterangan Usaha Warung Sembako milik Ahmad Indrawan Yudianto kami buat. Semoga dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

 

Tanda Tangan Pemegang

 

Ahmad Indrawan Yudianto

 

Banjarnegara, 20 Oktober 2019

Camat Kalibening,

 

Ninda Fajar Indrayani S.E.

 

NIP: 198 7 654009

 

Contoh Surat Keterangan Wirausaha

Saat mencari modal usaha, seorang wirausahawan terkadang membutuhkan pinjaman dari bank. Oleh karena itu, surat keterangan wirausaha biasanya dibutuhkan.

PEMERINTAH KOTA BUMI ASRI KECAMATAN GADING KASRI, KELURAHAN ARJOSARI

Alamat: Jalan Raya Arjosari, Gading Kasri, Bumi Asri, Kode Pos 56XXX

Telp. (+62) 899 7656 6454, Email: bumiasripm@yahoo.com

 

SURAT KETERANGAN WIRAUSAHA

No: 98/U/SKU/CC/0968/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Arjosari, Kecamatan Gading Kasri, Kota Bumi Asri, dengan ini menerangkan bahwa:

Nama: Citra Laksmi Indriyani S.E,

Tempat, Taggal Lahir: Banyumas, 14 Mei 1987

Nomor KTP: 30029754XXXXX

Jenis Kelamin: Perempuan

Agama: Islam

Alamat: Jalan Bayu Biru No 34, Arjosari, Gading Kasri

adalah benar-benar warga Kelurahan Arjosari, Kecamatan Gading Kasri, Kota Bumi Asri.

Berdasarkan pengamatan yang telah kami lakukan, yang bersangkutan memiliki dan menjalankan usaha minimarket bernama Toko Laris Abadi di wilayah Kelurahan Arjosari.

Surat Keterangan Wirausaha diterbitkan sebagai salah satu dokumen yang merupakan syarat Pengajuan Kredit ke lembaga keuangan Bank Bumi Asri Syariah.

Demikian ini kami sampaikan untuk dapat dipergunakan oleh instansi yang berkepentingan.

 

Dikeluarkan di: Desa Arjosari

Pada tanggal: 13 November 2019

Lurah Arjosari,

Kecamatan Gading Kasri

 

Edi Sukarman Wirayudha S.T.

 

NIP: 109 755 764 8766

 

Contoh Surat Keterangan Usaha Untuk Pengajuan Kredit

Tak hanya pinjaman, SKU juga berfungsi untuk mengajukan kredit pada lembaga resmi.

PEMERINTAH KABUPATEN MOJOSARI KECAMATAN ORO-ORO OMBO, DESA KELAMPOK

Alamat: Jalan Perunggu Timur No 34, Kelampok, Oro-Oro Ombo, Kode Pos 56XXX

Telp. (+62) 833 774 78565, Email: kabmojosari@yahoo.com

 

SURAT KETERANGAN USAHA

No: 98/U/SKU/CC/0968/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, adalah Kepala Desa Kelampok, Kecamatan Oro-Oro Ombo, wilayah Kabupaten Mojosari. Bersama dengan surat ini menerangkan bahwa:

Nama: Ronald J. Sahetapi S.E,

Tempat, Taggal Lahir: Mojokerto, 20 Januari 1982

Nomor KTP: 346767900XXX

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Agama: Katolik

Alamat: Jalan Tebing Breksi Gang 9 No 35, Kelampok, Oro-Oro Ombo

adalah benar-benar warga Desa Kelampok, Kecamatan Oro-Oro Ombo, Kabupaten Mojosari.

Berdasarkan pengamatan yang telah kami lakukan, yang bersangkutan benar memiliki usaha franchise bernama Donat Mini Yulia di wilayah Desa Kelampok. Surat Keterangan Usaha ini diterbitkan sebagai salah satu dokumen untuk syarat Pengajuan Kredit ke lembaga keuangan Bank Nusantara Syariah.

Demikian ini kami sampaikan untuk dapat dipergunakan oleh instansi yang berkepentingan.

 

Dikeluarkan di: Desa Kelampok

Pada tanggal: 10 November 2019

Kepala Desa Kelampok

 

Farhan Yahya I.

 

Contoh Surat Keterangan Beda Nama

Contoh-Surat-Keterangan-Beda-Nama

Kesalahan penulisan nama pada salah satu kartu identitas bisa saja terjadi karena kurangnya kehati-hatian dan ketelitian. Namun, permasalahan ini bisa diselesaikan dengan sebuah surat keterangan beda nama.

PEMERINTAH KOTA BANDUNG

KECAMATAN LOSARI, KELURAHAN SALAMKANCI

Alamat: Jalan Terusan Sulfat Selatan No 56, Salamkanci, Losari. Kode Pos 35XXX

Telp. (+62) 853 664 7336, Email: pemkotbdg02@yahoo.com

 

SURAT KETERANGAN

No: 09/U/SKBN/II/0998/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Salamkanci, Kecamatan Losari, Bandung, dengan ini menerangkan bahwa:

1.       Nama: Suratman Ali Firdaus

Tempat, Taggal Lahir: Bandung, 8 Oktober 1985

Nomor KTP: 300389009XXX

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Agama: Islam

Alamat: Jalan Loncat Indah Gang 9 No 35, Salamkanci, Losari.

Sesuai yang tercantum dalam KK Nomor 300958709XXX yang diterbitkan tanggal 14 Juli 2019 dan,

2.       Nama: Suratman Al Firdaus

Tempat, Taggal Lahir: Bandung, 8 Oktober 1985

 

Sesuai dengan yang tertera pada KTP dengan NIK 300389009XXX yang dikeluarkan pada tanggal 30 Agustus 2017, adalah benar identitas penduduk Kelurahan Salamkanci, Losari. Kedua identitas tersebut adalah orang yang sama (1 orang).

Demikian kami sampaikan surat keterangan ini agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Salamkanci, 15 November 2019

Lurah,

 

Ari Wiratno Wahyudi

NIP: 1083772887

Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Contoh-Surat-Keterangan-Penghasilan

Secara umum, fungsi surat ini adalah untuk memberikan keterangan rincian gaji yang didapatkan oleh seseorang selama ia bekerja. Surat penting biasanya dibutuhkan untuk melamar beasiswa, atau mengajukan pinjaman tertentu di lembaga resmi seperti bank.

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Pribadi

Contoh surat keterangan penghasilan pribadi berikut ini akan dapat memberikan gambaran terkait apa saja yang harus dicantumkan di dalamnya.

PT NUSA ANTARA INDONESIA Jl. Terusan Probolinggo No 67, Sleman, Yogyakarta

Telp: (+62) 7644 634 653, Fax: (0361) 65453

 

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN

No: 0075/HRD-RM/VII/89/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Yuanita Rossa F. S.E

Alamat: Jalan Tugu Kota No 67, Yogyakarta

Jabatan: Direktur Utama

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama: Nikita Ayu Dewi S.E

Alamat: Jalan Terusan Sidoarjo Gang 9 No 23, Yogyakarta

Jabatan: Staf Divisi Keuangan

 

Benar merupakan karyawan yang bekerja pada PT Nusa Antara Indonesia. Sesuai data yang ada di perusahaan kami, yang bersangkutan memiliki rincian penghasilan sebagai berikut:

Gaji pokok: Rp3.500.000,00

Tunjangan transportasi: Rp500.000,00

Tunjangan makan: Rp1.000.000,00

Potongan-Potongan: Rp400.000,00

Sehingga total Take Home Pay untuk yang bersangkutan adalah sebesar Rp4.600.000,00 (empat juta enam ratus ribu rupiah).

Demikian kami sampaikan surat keterangan ini, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 13 November 2019

PT Nusa Antara Indonesia

 

Yuanita Rossa F. S.E

 

Direktur Utama

 

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

Ada beberapa keperluan yang biasanya mewajibkan adanya surat ini. Misalnya saat seorang mahasiswa baru masuk kuliah dan pihak kampus akan menetapkan UKT. Surat ini juga bisa digunakan untuk mengajukan beasiswa.

PEMERINTAH KOTA BUMI ASRI KECAMATAN GADING KASRI, KELURAHAN ARJOSARI

Alamat: Jalan Raya Arjosari, Gading Kasri, Bumi Asri, Kode Pos 56XXX

Telp. (+62) 899 7656 6454, Email: bumiasripm@yahoo.com

 

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN ORANG TUA

No: 08/II/SKPOT/99/0956/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Arjosari, Kecamatan Gading Kasri, Kota Bumi Asri, dengan ini menerangkan bahwa:

 

Nama Ayah: Arif Budi Utomo

Tempat, Tanggal Lahir: Magelang, 30 Oktober 1971

Pekerjaan: Karyawan Swasta

Agama: Islam

Alamat: Jalan Sumbersari Gang 9 No 45, Arjosari, Bumi Asri

 

Nama Ibu: Niar Arini Indah

Tempat, Tanggal Lahir: Magelang, 15 Febriari 1973

Pekerjaan: Ibu Rumah Tangga

Agama: Islam

Alamat: Jalan Sumbersari Gang 9 No 45, Arjosari, Bumi Asri

 

Adalah benar orang tua kandung dari:

Nama: M. Ihsan Rosyadi

Tempat, Tanggal Lahir: Bumi Asri, 8 November 2000

Pekerjaan: Mahasiswa

NIM: 11807838002

Alamat: Jalan Sumbersari Gang 9 No 45, Arjosari, Bumi Asri

 

Benar yang namanya tersebut di atas adalah penduduk Arjosari, Kecamatan Gading Kasri, Kota Bumi Asri. Menurut pengamatan kami, penghasilan kedua orang tua yang bersangkutan dalam sebulan jika digabungkan adalah sebesar Rp2.500.000,00 (dua juta lima ratus ribu rupiah). Mereka juga menanggung 3 anak selain yang bersangkutan, dan semuanya masih dalam usia sekolah.

Demikian kami sampaikan surat keterangan penghasilan ini untuk melengkapi salah satu dokumen persyaratan Beasiswa Tepat Sasaran. Terima kasih.

Lurah Arjosari,

Kecamatan Gading Kasri

 

Edi Sukarman Wirayudha S.T.

 

NIP: 109 755 764 8766

 

Contoh Surat Keterangan Domisili

Contoh-Surat-Keterangan-Domisili

Surat yang dikeluarkan oleh pihak berwenang dalam suatu daerah ini isinya menerangkan tentang kebenaran domisili dan status tempat tinggal seseorang maupun sebuah badan usaha.

Contoh Surat Keterangan Domisili Perusahaan

Salah satu contoh surat keterangan perusahaan yang biasanya diperlukan adalah surat yang menunjukkan legalitas domisili. Pembuatan NPWP dan rekening bank untuk perusahaan biasanya mewajibkan kepemilikan atas surat ini.

PEMERINTAH KOTA BANDUNG KECAMATAN LOSARI, KELURAHAN SALAMKANCI

Alamat: Jalan Terusan Sulfat Selatan No 56, Salamkanci, Losari. Kode Pos 35XXX

Telp. (+62) 853 664 7336, Email: pemkotbdg02@yahoo.com

 

SURAT KETERANGAN DOMISILI PERUSAHAAN

No: 11/O/SKDP/XI/0287/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Salamkanci, Kecamatan Losari, Bandung, dengan ini menerangkan bahwa:

Nama: Farhan Yudha Pratama S.E.

Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 3 Oktober 1986

Jenis Kelamin: Laki-laki

Agama: Islam

Kewarganegaraan: Indonesia

No KTP: 1003882990XXXX

Pekerjaan: Wiraswasta

Alamat tempat tinggal: Perum Mutiara Biru Residence Blok D No 41, Salamkanci, Bandung

 

Benar saat ini membuka atau memiliki usaha sebagai berikut:

Nama Perusahaan: PT BINA BANGSA NUSANTARA

Jenis Usaha: Jual Beli Barang Elektronik

Alamat Usaha: Jalan Terompet No 7-8, Salamkanci, Bandung

No. Telp Perusahaan: (+62) 668 638 73632

Status Bangunan: SHM

No. Akte Pendirian Perusahaan: 091/UY/SHM/93638

SK Pengesahan Kehakiman: Belum Ada

Penanggung Jawab: Farhan Yudha Pratama S.E.

 

Demikian kami sampaikan Surat Keterangan Domisili Perusahaan ini, sebagai salah satu persyaratan pembukaan rekening Bank untuk perusahaan yang bersangkutan, serta membuat NPWP untuk perusahaan tersebut.

Salamkanci, 15 November 2019

Lurah,

 

Ari Wiratno Wahyudi

 

NIP: 1083772887

 

Contoh Surat Keterangan Domisili Pribadi

Untuk pengajuan KPR maupun kredit lain, surat ini juga akan dibutuhkan. Surat Keterangan Domisili pribadi bisa dibuatkan oleh Lurah setempat.

PEMERINTAH KOTA MALANG KECAMATAN LOWOKWARU, KELURAHAN MOJOLANGU

Alamat: Jalan Kyai Haji Yusuf No 7, Mojolangu, Lowokwaru, Kode Pos 14XXX

Telp. (+62) 822 1678 8569, Email: admojolangu@yahoo.com

 

SURAT KETERANGAN DOMISILI

No: 08/UU/SKD/99/0106/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, dengan ini menerangkan bahwa:

Nama: Rizal Ardian Saputra S.E

Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 17 Agustus 1978

Jenis Kelamin: Laki-laki

Agama: Islam

Status: Menikah

Pekerjaan: Wiraswasta

Alamat: Perum Patraland Blok I No 56, Lowokwaru, Malang

 

Benar adalah penduduk Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Yang bersangkutan telah berdomisili di wilayah ini sejak Juli 2017.

Demikian kami sampaikan Surat Keterangan Domisili ini sebagai salah satu syarat pembuatan rekening di Bank Nusantara Syariah.

Malang, 14 November 2019

Lurah Mojolangu,

 

Danial Yudi S. S.E.

 

NIP: 1009898 7 54

 

Contoh Surat Keterangan Sehat

Contoh-Surat-Keterangan-Sehat

Saat akan mengurus SIM, para peserta ujian SIM biasanya diminta memeriksakan kesehatan dulu. Setelah itu, mereka akan mendapatkan surat keterangan sehat yang menjadi salah satu syarat diterimanya pengajuan pembuatan SIM. Selain untuk mengurus SIM, surat ini juga berlaku untuk mengurus izin perjalanan, dan sebagainya.

DEPARTEMEN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA RUMAH SAKIT SENTOSA NUSANTARA

Jalan Budi Utomo No 7-9, Kelurahan Kalisari, Kecamatan Blimbing, Kota Surakarta

Telp (+62) 656 6375 645789

 

SURAT KETERANGAN BERBADAN SEHAT

No: 78/094/SKBS/UU/9/2019

 

Yang bertandatangan dibawah ini menerangkan bahwa:

Nama: Ferry Nandar Kusuma

Jenis Kelamin: Laki-laki

Tempat, Tanggal Lahir: Yogyakarta, 13 Mei 1988

Pekerjaan: Karyawan PT Anugerah Bulan Purnama

Alamat: Jalan Temu Ireng Gang VI No 87, Surakarta

Telah diperiksa kesehatan badannya untuk keperluan Pembuatan Surat Izin Mengendara (SIM).

Yang bersangkutan dinyatakan SEHAT dan TIDAK BERCACAT *)

 

Catatan:

TD: XX mmHg

Berat Badan: 65 kg

Tinggi Badan: 170 cm

Gol. Darah: O

Buta Warna: –

Surakarta, 14 November 2019

RS Sentosa Nusantara

 

dr Gita Hayu Acynthia

 

NIP: 193796 5 37

 

Contoh Surat Keterangan Sakit

Contoh-Surat-Keterangan-Sakit

Setiap lembaga formal pasti membutuhkan surat resmi untuk setiap perizinan. Jika seorang karyawan sedang sakit dan butuh waktu untuk beristirahat di rumah, maka izinnya perlu disertai dokumen seperti contoh surat keterangan sakit ini.

DEPARTEMEN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA RUMAH SAKIT SENTOSA NUSANTARA

Jalan Budi Utomo No 7-9, Kelurahan Kalisari, Kecamatan Blimbing, Kota Surakarta

Telp (+62) 656 6375 645789

 

SURAT KETERANGAN

No: 79/094/SKS/UU/9/2019

 

Yang bertandatangan dibawah ini menerangkan bahwa:

Nama: Diah Ayu Wulandari S.Pd

Jenis Kelamin: Perempuan

Tempat, Tanggal Lahir: Surakarta, 3 Agustus 1990

Pekerjaan: Guru SDN 03 Blimbing, Surakarta

Alamat: Perumahan Bumi Palapa Blok M No 7, Surakarta

Saat ini dalam kondisi SAKIT, dan perlu diberikan ISTIRAHAT selama 3 hari, terhitung mulai tanggal 14 November hingga 16 November 2019.

Demikian kami menyampaikan surat keterangan ini untuk keperluan perizinan yang bersangkutan.

Surakarta, 14 November 2019

RS Sentosa Nusantara

 

dr Yunita Risa Arini Sp.PD

 

NIP: 193796 5 37

 

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris

Contoh-Surat-Keterangan-Ahli-Waris

Agar tak terjadi kesalahan dalam pembagian hak waris, biasanya pemda setempat akan mengeluarkan surat keterangan ini. Nantinya surat ini dapat digunakan dalam mengurus berbagai hal terkait warisan.

PEMERINTAH KOTA MALANG KECAMATAN LOWOKWARU, KELURAHAN MOJOLANGU

Alamat: Jalan Kyai Haji Yusuf No 7, Mojolangu, Lowokwaru, Kode Pos 14XXX

Telp. (+62) 822 1678 8569, Email: admojolangu@yahoo.com

 

SURAT KETERANGAN AHLI WARIS

No: 17/UU/SKAW/107/0107/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Danial Yudi S. S.E.

NIP: 1009898 7 54

Jabatan: Lurah Mojolangu

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa:

Nama Lengkap: M. Suratman Wicaksono

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 14 Juni 1959

Agama: Islam

Pekerjaan: Wiraswasta

Alamat: Jl. Atletik No 8, Tasikmadu

Nama tersebut di atas benar telah meninggal dunia pada hari Sabtu, tanggal 9 November 2019 di Mojolangu. Sebagai ahli warisnya adalah sebagai berikut:

NoNama Ahli WarisJenis KelaminUmurHubungan Dalam Keluarga
1Sri Wahyuni AimanPerempuan57Istri
2Raka Bumi BachtiarLaki-Laki34Anak
3Diandra Dewi BachtiarPerempuan30Anak
4Nisa Yuni BachtiarPerempuan28Anak
5Doni Yudi BachtiarLaki-Laki24Anak

 

Demikian kami menyampaikan surat keterangan ahli waris ini, semoga dapat digunakan sebaik-baiknya.

Malang, 14 November 2019

Lurah Mojolangu,

 

Danial Yudi S. S.E.

 

NIP: 1009898 7 54

 

Contoh Surat Keterangan Status Pernikahan

Contoh-Surat-Keterangan-Status-Pernikahan

Pada saat akan menikah, biasanya pihak catatan sipil akan meminta beberapa dokumen, salah satunya adalah surat keterangan belum menikah. Surat ini penting untuk memastikan bahwa tidak ada penipuan dalam status perkawinan.

PEMERINTAH KOTA BOYOLALI KECAMATAN GONDANG LEGI, KELURAHAN PATI

Alamat: Jalan Kyai Haji Agus Salim No 11, Pati, Gondang Legi, Kode Pos 346XX

Telp. (+62) 833 645 64498, Email: patigdglg@yahoo.com

 

SURAT KETERANGAN BELUM MENIKAH

No: 16/CC/SKBM/109/0178/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Firman Adi Yuwono S.Ap

NIP: 1004543 6 54

Jabatan: Lurah Pati

 

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa:

Nama Lengkap: Firdaus Pratama A.

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 19 Juni 1992

Agama: Islam

Pekerjaan: Wiraswasta

Alamat: Jl. Terusan Tenaga Dalam Gang IX No 78, Pati, Boyolali

 

Yang bersangkutan di atas benar-benar penduduk Kelurahan Pati, Kecamatan Gondang Legi, Kota Boyolali. Pada saat surat ini diterbitkan, yang bersangkutan dinyatakan belum menikah.

Demikian kami sampaikan Surat Keterangan Belum Menikah ini sebagai salah satu dokumen syarat lamaran kerja.

Boyolali, 14 November 2019

Lurah Pati,

 

Firman Adi Yuwono S.Ap

 

NIP: 1004543 6 54

 

Contoh Surat Keterangan Kelahiran

Contoh-Surat-Keterangan-Kelahiran

Surat ini sangat penting, dan tidak boleh hilang terutama sebelum mengurus akta kelahiran. Hal ini terjadi karena dokumen ini merupakan salah satu syarat diterbitkannya akta kelahiran.

BIDAN PRAKTEK MANDIRI DIANA NUR FITRIANI AMD. KEB

Sip No. 458.3/0023/03/10/SIPB/Dinkes/2019

Jalan Panji Soeroso Gang 2 No 98, Bandung, Telp: (+62) 988 8775 64576

 

SURAT KETERANGAN LAHIR

No: SKL/C/456/II/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Diana Nur Fitriani Amd. Keb

Jabatan: Kepala Bidan

Alamat: Jalan Panji Soeroso Gang 2 No 98, Bandung

 

Menerangkan bahwa:

Nama: Ninda Fitri Yuniati

Umur: 25 tahun

Nama Suami: Syafrizal Yanuar M.

Umur: 25 tahun

Pekerjaan Suami: Guru

Alamat: Perum Bumi Budaya Blok A No 78, Bandung

 

Benar telah melahirkan seorang anak dengan selamat pada:

Hari, Tanggal: Rabu, 12 Juli 2019

Jam: 05.45 WIB

Jenis Kelamin Laki-Laki

Anak tersebut adalah anak ke-1 (pertama) dan diberi nama:

 

Hasan Yudi Muhammad

 

Demikian kami sampaikan Surat Keterangan Kelahiran ini, semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Bandung, 13 November 2019

Bidan Praktek Mandiri,

 

Diana Nur Fitriani Amd. Keb

 

Kepala Bidan

 

Contoh Surat Keterangan Kematian

Contoh-Surat-Keterangan-Kematian

Saat ini keberadaan surat keterangan kematian memiliki banyak fungsi. Misalnya untuk memastikan status cerai mati, maupun pemberhentian kartu BPJS.

PEMERINTAH KOTA BOYOLALI KECAMATAN GONDANG LEGI, KELURAHAN PATI

Alamat: Jalan Kyai Haji Agus Salim No 11, Pati, Gondang Legi, Kode Pos 346XX

Telp. (+62) 833 645 64498, Email: patigdglg@yahoo.com

 

SURAT KETERANGAN KEMATIAN

No: 11/II/SKKE/198/0192/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Firman Adi Yuwono S.Ap

NIP: 1004543 6 54

Jabatan: Lurah Pati

 

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa:

Nama Lengkap: Widianto Tarliman S.

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 23 Juli 1964

Agama: Islam

Pekerjaan Terakhir: Pensiunan Guru

Alamat: Perum De Fatih Blok F No 68, Pati, Boyolali

 

Menurut sepengetahuan kami benar telah meninggal dunia pada:

Hari: Jumat

Tanggal: 15 November 2019

Disebabkan oleh: Sakit

Di: RS Ampel Dento Boyolali

 

Demikian kami sampaikan Surat Keterangan Kematian ini dengan sesungguhnya. Semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Boyolali, 14 November 2019

Lurah Pati,

 

Firman Adi Yuwono S.Ap

 

NIP: 1004543 6 54

 

Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba

Contoh-Surat-Keterangan-Bebas-Narkoba

Beberapa perusahaan tertentu mewajibkan adanya surat keterangan bebas narkoba untuk para calon pelamar pekerjaan. Cara mendapatkannya pun tidak sulit, karena bisa langsung diurus di Laboratorium Uji Narkoba.

BADAN NARKOTIKA NASIONAL BALAI LABORATORIUM NARKOBA

 

SURAT HASIL ANALISIS LABORATORIUM

Nomor: N/67/II/890-23/BALAI LAB

 

Berdasarkan hasil pengujian dan analisis Laboratorium Uji Narkoba yang telah dilakukan terhadap sampel urine atas nama:

Nama: Vita Yuniar Rahmawati

Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 13 Juli 1990

No KTP: 30882817XXXXX

Jenis Kelamin: Perempuan

Pekerjaan: Karyawan Swasta

Alamat: Perum Bumi Palapa Blok K No 34, Jakarta Selatan

No. Sampel: 67 – B4

Sampel Diterima: 14 November 2019 Pukul 09.30

Asal Sampel: Diambil di Balai Laboratorium Narkoba BNN

Pengujian dan Analisis Selesai: 14 November 2019 Pukul 11.30

Tujuan: Syarat Melamar Pekerjaan

 

Pada pengujian dan analisis saat ini didapatkan hasil adalah Negatif ( – ), benar terbukti tidak mengandung narkotika maupun obat-obatan terlarang. Pengujian dan analisis terhadap golongan narkoba ini terdiri dari: THC, Metamfetamin, Cocaine, Opium, Amfetamin dan Benzodiazepin.

Pengujian dan analisis ini dilakukan atas permohonan dari: Vita Yuniar Rahmawati

 

Demikian hasil pengujian dan analisis Laboratorium Uji Narkoba ini dikeluarkan untuk digunakan sesuai keperluan.

Surat keterangan ini berlaku mulai tanggal 14 November 2019 hingga 14 Januari 2020. Dengan catatan selama yang bersangkutan tidak melakukan pelanggaran penyalahgunaan narkoba.

Jakarta, 14 November 2019

Kepala Balai Laboratorium Narkoba BNN

 

Naya Tiara A. S.Si, M.Si

 

NIP: 19872 87 9766767

 

Contoh Surat Keterangan Lulus

Contoh-Surat-Keterangan-Lulus

Mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus lewat yudisium tapi belum mendapatkan ijazah biasanya tetap bisa melamar kerja. Caranya adalah dengan melampirkan surat keterangan lulus seperti contoh ini.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NUSANTARA MADIUN, FAKULTAS MIPA

Jl. Nusa Kambangan No 5, Madiun

Telp: +62 833 644 643 74, Website: www.unnmadiun.ac.id , Email: admin@unnmadiun.ac.id

 

SURAT KETERANGAN LULUS

No: 12/Dek/SKL/XXII/2019

 

Dekan Fakultas MIPA, Universitas Nusantara Madiun menerangkan bahwa:

Nama: Pandu Ari Budianto

Tempat, Tanggal Lahir: Madiun, 28 November 1996

NIM: 40179738009

Fakultas: MIPA

Program Studi: Pendidikan Biologi

Jenjang: Strata 1 (S1)

Akreditasi Institusi: Terakreditasi A

Akreditasi Prodi: Terakreditasi A

 

Telah dinyatakan LULUS berdasarkan keputusan rapat yudisium yang telah dilaksanakan pada:

Semester: Genap

Tahun Akademik: 2018/2019

Tanggal Lulus: 7 Juni 2019

Tanggal Yudisium: 3 Agustus 2019

Nilai Skripsi: A

IPK: 3,67

Total SKS: 147

Predikat Kelulusan: Dengan Pujian

 

Surat keterangan ini dibuat dan diberikan sebagai pengganti Ijazah Asli yang masih dalam proses penyelesaian. Surat ini berlaku sampai dengan tanggal diterimanya ijazah.

Demikian kami sampaikan surat keterangan ini, semoga dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

Diterbitkan di: Madiun

Pada Tanggal: 13 November 2019

 

Dr. Fitria Ayu Puspita S.Si M.Si

 

Dekan Fakultas MIPA

 

Contoh Surat Keterangan Kelakuan Baik

Contoh-Surat-Keterangan-Kelakuan-Baik

Meskipun seseorang dinilai berkelakuan baik oleh warga sekitar, tetapi tetap dibutuhkan dokumen legal jika ingin melamar pekerjaan. Surat ini biasanya diterbitkan oleh kepolisian.

POLRI DAERAH JAWA TENGAH RESOR PEMALANG

SEKTOR PEMALANG

Jalan Ahmad Yani Selatan 66, Pemalang 52312

 

SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN

POLICE RECORD

No SKCK / YANMAS / 2392 / V / 2019 /SEK PML

 

Diterangkan bersama ini bahwa:

Nama: Irwan Chandra Adi

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Kebangsaan: Indonesia

Agama: Islam

Tempat, Tanggal Lahir: Surakarta, 23 Januari 1992

Tempat Tinggal Sekarang: Perum Bumi Bangsa Blok B No 32, Pemalang

Pekerjaan: Wiraswasta

Nomor Kartu Tanda Penduduk: 332688866XXX

Nomor Paspor/KITAS/KITAP: –

Rumus Sidik Jari:

 

Setelah diadakan penelitian hingga saat dikeluarkannya surat keterangan ini, yang didasarkan kepada:

a.       Catatan kepolisian yang ada

b.       Surat Keterangan (Catatan) dari Kepala Desa (bagi yang tinggal di kabupaten) atau Lurah (bagi yang tinggal di kota)

Bahwa nama yang tersebut di atas tidak terlibat ataupun memiliki catatan kriminal apapun.

Selama ia berada di Indonesia dari: 23 Januari 1992

Sampai dengan: 13 November 2019

 

Keterangan ini diberikan berhubungan dengan permohonan

Untuk keperluan: MELAMAR PEKERJAAN DI WILAYAH INDONESIA

Berlaku dari tanggal: 13 November 2019

Sampai tanggal: 13 Februari 2019

Dikeluarkan di: Pemalang

Pada Tanggal: 13 November 2019

Kepala Kepolisian Sektor Pemalang

 

Budianto Yanuar S.H.

 

Ajun Komisaris Polisi NRP 6457675

 

Memanfaatkan Surat Keterangan Untuk Berbagai Keperluan

Memanfaatkan-Surat-Keterangan-Untuk-Berbagai-Keperluan

Karena surat keterangan bersifat formal, banyak keperluan bisa teratasi dengan menggunakan surat ini. Masyarakat bisa menggunakan surat keterangan berkelakuan baik untuk melamar pekerjaan. Surat keterangan tidak mampu (SKTM) dapat dijadikan dokumen pelengkap untuk keringanan berobat maupun melamar beasiswa. Sementara itu, surat keterangan kerja bisa digunakan untuk pengajuan kredit ke bank.

Dibandingkan dengan surat pernyataan pribadi, biasanya surat keterangan lebih mudah diterima. Hal ini terjadi karena dalam pembuatan surat keterangan, ada lebih dari satu orang saksi yang mengesahkan surat tersebut. Apalagi, seperti dapat dilihat di berbagai contoh surat keterangan yang ada, dokumen ini selalu dibuat oleh lembaga resmi. Dengan demikian, keabsahannya lebih terjamin.

Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini. Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com