Iklan Adalah

Posted on

VOI.Co.Id – Pernahkah kamu melihat sebuah iklan yang terpampang di jalan, di televisi, atau di media sosial? Atau pernahkah kamu memperkenalkan produk atau jasa yang kamu miliki? Kedua hal tersebut merupakan bentuk dari iklan. Lalu, apa pengertian iklan? Iklan adalah cara untuk mempromosikan atau memperkenalkan kepada khalayak publik mengenai produk atau jasa yang kita miliki.

Dalam melakukan sebuah promosi selling atau iklan, diperlukan cara yang baik dan benar agar produk atau jasa yang kamu miliki dapat menarik minat seseorang. Sebab itu, diperlukan teknik dalam menjual atau mengiklankan sebuah produk. Dalam artikel ini, terdapat ciri, jenis, manfaat, tujuan, serta contoh iklan untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengertian iklan.

Pengertian Iklan

Pengertian-Iklan

Pada umumnya, pengertian iklan adalah sebuah cara yang biasa dilakukan oleh lembaga instansi atau para perusahaan kepada khalayak ramai untuk mempromosikan produk atau menawarkan jasa yang dimilikinya. Dalam melakukan iklan atau promosi tentu diperlukan suatu hal yang bisa menarik minat seseorang. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memperhatikan penampilan iklan, cara mempromosikan, serta gaya komunikasi terhadap masyarakat luas, dan lain sebagainya.

Pesan yang terkandung dalam sebuah iklan harus berisi ajakan, bujukan, serta dorongan masyarakat agar tertarik membeli produk atau memakai jasa yang telah ditawarkan. Hal tersebut sesuai dengan tujuan dari melakukan iklan, yakni untuk menarik perhatian masyarakat. Sehingga mereka akan membeli atau membuat perusahaan menjadi untung.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Pengertian-Iklan-Menurut-Para-Ahli

Jika Anda masih belum bisa memahami pengertian iklan secara umum, berikut ini terdapat beberapa pengertian iklan menurut gagasan para ahli. Definisi yang dikemukakan para ahli ditulis kembali dalam artikel ini dengan gaya bahasa yang berbeda, namun tidak mengurangi makna dari penulis aslinya. Di antaranya seperti berikut ini,

1. Rhenald Kasali

Pengertian iklan menurut gagasan yang disampaikan oleh Rhenald Kasali yaitu:

Iklan adalah sebuah pesan yang ditujukan untuk mempromosikan sebuah jasa atau produk kepada khalayak ramai dengan menggunakan media.

2. Courtland L. Bovee

Courtland L. Bovee memberikan gagasan mengenai pengertian iklan seperti berikut:

Iklan adalah suatu cara yang dilakukan oleh non personal dalam berkomunikasi, yang sifatnya persuasif (mengajak). Komunikasi yang dilakukan mengenai ide, jasa, produk, serta berbagai sponsor yang dimuat lewat bermacam-macam media.

3. Kotler

Pengertian iklan menurut gagasan yang disampaikan oleh Kotler yaitu:

Iklan merupakan sebuah bentuk yang ditujukan untuk mempromosikan dan menyajikan produk, jasa, serta ide terhadap sponsor yang dilakukan secara personal. Dimana dalam menayangkan sebuah iklan tersebut dibutuhkan biaya untuk membayar media yang telah menayangkannya.

4. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan mengenai pengertian iklan yaitu:

Iklan merupakan sebuah berita atau pesan yang ditujukan kepada khalayak ramai, untuk menarik perhatian terhadap produk atau jasa yang dipromosikan.

Ciri-Ciri Iklan

Ciri-Ciri-Iklan

Untuk mengenali iklan dari produk yang ditawarkan, kita harus mengetahui ciri-ciri melakukan iklan. Ciri-ciri iklan tersebut menjadi sebuah pembeda antara promosi dengan pesan yang berisi informasi biasa. Berikut ini merupakan ciri-ciri iklan secara umum di antaranya adalah:

  • Penyampaian pesan dilakukan secara informatif dan komunikatif
  • Menjelaskan keunggulan produk dan keuntungan jasa kepada khalayak ramai
  • Menggunakan bahasa yang tepat, baik, sopan, logis sehingga masyarakat mampu mengerti informasi yang diberikan
  • Penyampaian iklan menggunakannya kalimat persuasif atau mengajak seseorang untuk membeli produk atau memakai jasa yang diiklankan.

Syarat Melakukan Iklan

Syarat-Melakukan-Iklan

Dalam pembuatan iklan tidak langsung dimunculkan begitu saja. Melainkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini merupakan syarat-syarat dalam melakukan iklan agar mudah diterima masyarakat, di antaranya adalah:

  • Informasi pada iklan haruslah padat, jelas serta komunikatif. Sehingga mudah dipahami oleh masyarakat luas
  • Iklan yang ditayangkan harus bersifat jujur, objektif, serta proposional
  • Dalam melakukan iklan tidak boleh merendahkan, menyakiti, serta menyinggung produk atau jasa dari berbagai pihak lainnya
  • Iklan harus dikemas secara rapi dan bagus, agar mampu menarik perhatian khalayak ramai.

Tujuan Iklan

Tujuan-Iklan

Pada dasarnya setiap pembentukan iklan mempunyai tujuannya masing-masing. Seperti hal yang telah dijelaskan, bahwa tujuan utama melakukan iklan yaitu untuk mempromosikan suatu produk atau jasa yang dimiliki. Untuk mengetahui berbagai tujuan iklan dengan lengkap, di antaranya seperti berikut ini,

  • Memberikan bujukan atau dorongan dengan sesuatu yang menarik agar masyarakat minat membeli produk atau memakai jasa yang ditawarkan.
  • Memberi informasi kepada khalayak ramai mengenai ide atau merek yang dimiliki perusahaan dengan pesan yang bersifat persuasif.
  • Menunjukkan kelebihan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan terhadap khalayak publik.
  • Mempengaruhi masyarakat yang menjadi target pasar perusahaan.
  • Mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan, hingga menjadi produk atau jasa yang terkenal dan trending.

Manfaat Iklan

Manfaat-Iklan

Ada beberapa manfaat yang didapatkan dari melakukan periklanan produk. Bukan hanya menguntungkan bagi si pembuat iklan, melainkan terdapat beberapa manfaat lainnya yang terurai seperti berikut:

  • Meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa yang ditawarkan
  • Jasa atau produk yang ditawarkan semakin dikenal luas oleh masyarakat, sehingga ada banyak konsumen baru yang ikut tertarik
  • Masyarakat lebih mudah mengidentifikasi produk yang ditawarkan, karena merek brand awareness yang terkenal
  • Memberikan keuntungan bagi si membuat iklan, dan perusahaan pemilik produk atau jasa yang telah diiklankan.

Jenis-jenis Iklan

Jenis-Jenis-Iklan

Iklan memiliki jenis yang seringkali kita temui dalam kehidupan. Adapun jenis-jenis iklan dilihat berdasarkan media iklan, isi iklan, serta sifat iklan yang ditampilkan. Berikut ini di antaranya,

A. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Ada beberapa jenis iklan yang dibedakan sesuai dengan tujuannya masing-masing. Jenis iklan ini terbagi menjadi dua yaitu iklan komersial serta iklan non komersial. Berikut ini merupakan penjelasannya,

1. Iklan Komersial

Iklan komersial merupakan iklan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan meningkatkan penjualan produk atau pemakaian jasa yang ditawarkan. Iklan komersial terbagi menjadi tiga bagian di antaranya adalah:

Iklan konsumen: yaitu iklan suatu produk yang ditujukan untuk konsumen akhir.

Iklan Bisnis: yaitu iklan yang ditujukan kepada seseorang atau pihak yang mampu mengolah produk dan menjualnya kepada konsumen.

Iklan Profesional: yaitu iklan yang ditujukan untuk pihak profesional dalam hal segmen tertentu.

2. Iklan Non-Komersial

iklan non komersial merupakan iklan yang tidak ditujukan untuk mendapatkan keuntungan semata, melainkan sebuah iklan yang memberikan pesan atau informasi kepada khalayak ramai. Pesan tersebut berupa nasehat atau ajakan yang mengedukasi masyarakat. Adapun manfaat dari iklan non komersial ini yaitu, membuat perubahan perilaku masyarakat mengenai suatu isu, memberikan kesadaran pada masyarakat, dan pengetahuan lainnya.

B. Jenis Iklan Berdasarkan Penggunaan Media

Jenis iklan yang dibedakan berdasarkan media yang digunakan terbagi menjadi dua, yaitu berdasarkan iklan yang menggunakan media cetak, dan iklan yang menggunakan media elektronik. Berikut ini penjelasannya,

1. Iklan Media Cetak

Iklan cetak merupakan jenis iklan yang menggunakan media cetak untuk menyampaikan informasi atau pesan kepada masyarakat. Teknik cetak yang digunakan dalam iklan ini biasanya berupa letterpress, sablon, laser dan lain sebagainya. Adapun media cetak dalam beriklan, di antaranya berbentuk majalah, tabloid, stiker, surat kabar, poster, dan lain sebagainya.

2. Iklan Media Elektronik

Iklan yang menggunakan media elektronik, merupakan iklan yang memberikan informasi atau pesan melalui film, radio, internet, dan media digital lainnya. Adapun cara memberikan pesan dalam iklan elektronik berbeda-beda, di antaranya sebagai berikut:

  • Iklan film: iklan film merupakan iklan yang mempromosikan sebuah cinema. Biasanya untuk memberitahu khalayak ramai mengenai film tersebut, maka kita bisa melihat sebuah iklan berbentuk Thriller (sinopsis film), endorsment, dan live action.
  • Iklan luar ruang: iklan ruang merupakan jenis iklan yang memberikan informasi kepada khalayak publik dalam luar ruangan.
  • Iklan pada televisi: untuk menyampaikan pesan iklan pada televisi, maka dibutuhkan unsur gerak, suara, gambar, dan teks yang memberikan informasi kepada khalayak publik. Sedangkan untuk mendapatkan informasi dalam iklan tersebut, kita harus melihat dan mendengar apa yang disampaikan.
  • Iklan media digital (internet): iklan ini biasanya tayang di halaman media online memiliki banyak pengunjung. Biasanya iklan ini berada di media digital seperti, website, search engine, sponsorship, banner dan button, ads, email marketing, dan lain sebagainya.
  • Iklan pada radio: penyampaian iklan elektronik yang dilakukan menggunakan media radio yakni dengan bersuara. Adapun untuk mendapatkan informasi dalam iklan tersebut maka anda akan cukup mendengarnya.

C. Jenis Iklan Berdasarkan Isi

Jenis iklan yang dilihat berdasarkan isinya, terbagi menjadi dua, yaitu iklan penawaran (niaga), iklan layanan masyarakat, dan iklan pemberitahuan (pengumuman). Berikut ini penjelasannya

1. Iklan Penawaran (Niaga)

Iklan niaga atau iklan penawaran merupakan jenis iklan yang memberikan informasi atau pesan kepada khalayak ramai untuk mengenalkan produk dan jasa. Sehingga akan ada banyak orang yang ingin mencoba produk atau jasa tersebut. Biasanya iklan jenis penawaran ini, bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan.

2. Iklan Layanan Masyarkat

Jenis iklan layanan masyarakat merupakan sebuah informasi atau pesan yang ditujukan kepada masyarakat untuk memberikan pencerahan mengenai isu atau berbagai hal lainnya. Biasanya jenis iklan yang satu ini dibuat oleh instansi pemerintah atau lembaga organisasi lainnya.

3. Iklan Pengumuman/Pemberitahuan

Sesuai dengan namanya, jenis iklan yang satu ini ditujukan untuk memberikan informasi berupa pengumuman atau pemberitahuan kepada khalayak ramai, dengan cara yang menarik.

Contoh Iklan Berdasarkan Jenisnya

Contoh-Iklan

Setelah mengetahui berbagai jenis iklan, berikut ini terdapat beberapa contoh iklan yang dibedakan berdasarkan jenisnya. Di antaranya adalah,

Contoh iklan niaga atau iklan penawaran, di antaranya:

  • Mempromosikan produk yang ditawarkan seperti:
  1. Smartphone
  2. Baju
  3. Tas
  4. Sepatu
  5. Alat kosmetik
  6. Kendaraan (mobil atau motor)
  7. Makanan (camilan, Snack)
  8. Pakaian
  • Menawarkan jasa yang tersedia, seperti,
  1. Antar-jemput orang
  2. Antar-jemput benda
  3. Antar-jemput makanan
  4. Sedot WC
  5. Jasa MC (Pembawa Acara)
  6. Jasa Travel

Contoh iklan layanan masyarakat di antaranya,

  1. Iklan Pendidikan (berisi pentingnya pendidikan)
  2. Iklan Kesehatan (berisi pentingnya menjaga kesehatan/ cara menjaga kesehatan)
  3. Iklan Nark*ba (berisi bahayanya mengkonsumsi nark*ba)

Contoh iklan pemberitahuan di antaranya adalah,

  1. Iklan perkumpulan organisasi
  2. Iklan acara buka bersama alumni sekolah
  3. Iklan penyampaian informasi berita duka

Contoh iklan yang ada di radio di antaranya,

  1. Sponsor program
  2. Spot
  3. Ad-lib

Contoh iklan yang ada di televisi di antaranya adalah,

  1. Musik
  2. Sponsor program
  3. Animation
  4. Live action
  5. Running text
  6. Backdrop
  7. Stop action
  8. Credit title
  9. Live action
  10. Superimposed
  11. Ad-lib
  12. Promo ad

Contoh iklan luar ruang di antaranya adalah:

  1. Mobile billboard
  2. Outdoor standar
  3. Display
  4. Iklan transit

Contoh iklan non komersial di antaranya adalah

  1. Iklan global warming
  2. Iklan pendidikan
  3. Iklan keluarga berencana
  4. Iklan pencegahan demam berdarah

Pengertian iklan sangat penting untuk kita ketahui, agar kita bisa membedakan informasi biasa dengan kalimat ajakan. Saat ini, memasang iklan sudah lebih mudah karena perkembangan zaman dan teknologi. Dimana ada berbagai media internet yang meluas dan membuat jaringan sebanyak mungkin.

Itulah beberapa pembahasan mengenai pengertian iklan baik secara umum maupun menurut pendapat para ahli. Pada dasarnya iklan adalah sebuah cara untuk mempromosikan produk atau jasa.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com