Contoh Surat Keterangan Kerja

Posted on

VOI.Co.Id –  Membahas tentang contoh surat keterangan kerja pasti yang terpikirkan adalah surat keterangan sedang bekerja dan surat keterangan pernah bekerja. Apakah kedua surat tersebut sama ? Jawabannya tentu saja tidak. Surat keterangan kerja lebih mengacu pada informasi bahwa yang bersangkutan sedang bekerja di lembaga tertentu. Sementara itu, surat keterangan pernah bekerja sering disebut dengan surat pengalaman kerja, yang mengacu pada inforamsi bahwa yang bersangkutan pernah bekerja di lembaga tertentu.

Agar lebih jelas dan tidak membuat bingung, keterangan lebih lengkap sekaligus contoh surat keterangan kerja akan dibahas di ulasan berikut.

Pengertian Surat Keterangan Kerja

Pengertian-Surat-Keterangan-Kerja

Surat keterangan kerja merupakan surat yang dikeluarkan oleh lembaga tertentu dengan tujuan memberikan informasi bahwa yang bersangkutan bekerja di lembaga yang dimaksud. Dalam surat keterangan kerja akan ada informasi mengenai biodata singkat pegawai, jabatan, lama bekerja, kenerja, dan prestasi pegawai.

Namun, kadang isi ditambahi keterangan yang berhubungan dengan tujuan pembuatan surat. Misalnya, karyawan ingin mengajukan beasiswa, maka di dalam surat akan ditonjolkan prestasi karyawan.

Intinya surat keterangan kerja itu dibuat sebagai bukti bahwa karyawan benar-benar bekerja dan masih aktif menjadi karyawan di perusahaan atau lembaga yang dimaksud. Dengan adanya surat keterangan kerja, karyawan akan dimudahkan dalam mengajukan kredit, mengajukan pencairan dana BPJS, dan masih banyak lainnya.

pasal-Pengertian-Surat-Keterangan-Kerja

 

Salah satu hal menarik tentang surat keterangan kerja adalah adanya hukum yang mengatur keberadaan surat. Jadi, dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHP), terdapat pasal yang mengatur tentang kewajiban-kewajiban majikan.

Tepatnya pasal 1602 yang isinya tentang kewajiban majikan memberikan surat keterangan tentang pekerjaan karyawan. Majikan yang dimaksud di sini adalah pemimpin perusahaan atau pemilik perusahaan. Intinya, perusahaan wajib memberikan surat keterangan kerja pada karyawan.

Perbedaan Surat Keterangan Kerja dengan Surat Pengalaman Kerja

Banyak yang tidak bisa membedakan surat pengalaman kerja dengan surat keterangan kerja. Sebenarnya apakah kedua surat tersebut berbeda? Jawabannya ya, di penjelasan atas sedikit disinggung tentang perbedaan keduanya. Berikut penjelasan perbedaan lebih lengkapnya.

Perbedaan-Surat-Keterangan-Kerja-dengan-Surat-Pengalaman-Kerja

1. Surat Keterangan Kerja

  • Tujuan: untuk memberitahukan bahwa karyawan tertentu benar-benar bekerja di perusahaan yang dimaksud
  • Waktu dikeluarkan: saat karyawan membutuhkannya (karyawan masih aktif bekerja)
  • Isi: biodata singkat karyawan, jabatan, waktu mulai bekerja, kenerja, prestasi karyawan, tanda tangan pimpinan perusahaan
  • Kegunaan: untuk mengajukan kredit, mengurus asuransi, mengajukan beasiswa, dan mengurus hal lain yang membutuhkan keterang sedang bekerja

2. Surat Pengalaman Kerja

  • Tujuan: sebagai informasi seseorang pernah bekerja di suatu perusahaan
  • Waktu dikeluarkan: saat karyawan berhenti bekerja di perusahaan yang dimaksud
  • Isi: biodata singkat, jabatan, waktu mulai bekerja hingga waktu berhenti, kenerja saat menjadi karyawan, tanda tangan pimpinan perusahaan
  • Kegunaan: untuk melamar pekerjaan, mencairkan dana jaminan hari tua dari BPJS Ketenagakerjaan, mengajukan beasiswa jalur profesional, dan lain sebagainya

Dari perbedaan yang telah disebutkan bisa diketahui bahwa isi keduanya hampir sama, hanya berbeda di durasi bekerja, waktu dikeluarkan, dan kegunaannya.

Fungsi dan Kegunaan Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja memiliki berbagai fungsi dan kegunaan yang memudahkan para karyawan. Fungsi dan kegunaan yang dimaksud antara lain yaitu

Fungsi-dan-Kegunaan-Surat-Keterangan-Kerja

 1. Mengajukan kredit

Pengajuan kredit apapun (motor, mobil, rumah, dll) harus disertai surat keterangan kerja. Bank membutuhkan surat tersebut sebagai jaminan pelunasan. Pemohon yang memiliki surat keterangan kerja sudah pasti bekerja dan memiliki gaji yang dapat digunakan untuk membayar kredit. Jadi, kredit bisa terjamin pelunasannya.

2. Mencairkan dana Jaminan Hari Tua BPJS

Saat ini jaminan hari tua bisa dicairkan meskipun statusnya masih karyawan aktif. Akan tetapi, jumlah yang dicairkan besarnya hanya 10 hingga 30 persen saja. Hal ini tentu cukup menguntungkan.

Nah, salah satu syarat pencairan dana jaminan hari tua ini adalah wajib memiliki surat keterangan kerja. Tanpa surat tersebut, pemohon tidak akan bisa mencairkan sebagian JHT BPJS. Jadi fungsinya cukup penting, bukan?

3. Membuat kartu kredit

Pembuatan kartu kredit tidak sembarangan. Penghasilan per bulan harus memenuhi syarat yang telah ditentukan bank. Jika penghasilan atau tabungan memenuhi syarat, bank biasanya langsung menghubungi nasabah. Akan tetapi, nasabah tetap harus memberikan surat keterangan kerja agar kartu kredit bisa diproses.

4. Mengajukan beasiswa

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan, ada beasiswa yang penerimanya boleh bekerja. Ada pula beasiswa yang memang dikhususkan untuk mereka yang sedang bekerja dengan tujuan meningkatkan kapasitas. Jenis beasiswa yang seperti itulah yang membutuhkan syarat berupa surat keterangan kerja.

5. Membuat paspor

Di syarat pengajuan paspor yang dikeluarkan Menteri Hukum dan HAM, memang tidak dicantumkan surat keterangan kerja. Namun ternyata surat keterangan kerja untuk paspor masuk di syarat tambahan. Jadi sebaiknya membawa surat keterangan kerja saat ingin membuat paspor.

6. Membuat visa

Selain pembuatan paspor, pembuatan visa juga memerlukan surat keterangan kerja. Surat ini diperlukan untuk jaminan bahwa pemohon benar-benar memiliki pekerjaan dan penghasilan. Sehingga pemohon dijamin memiliki uang dan tidak berakhir menjadi gelandangan di negara tujuan.

7. Mengajukan izin

Apabila ada acara formal yang tidak bisa didatangi karena sedang bekerja, maka surat keterangan kerja bisa menjadi solusinya. Dengan surat tersebut, seseorang benar-benar dipercaya jika izin bekerja, bukan izin karena disengaja.

8. Berurusan dengan pihak ketiga

Saat karyawan diberi tugas untuk bekerjasama atau berurusan dengan pihak ketiga, mereka akan dibekali surat keterangan kerja. Dengan adanya surat tersebut, pihak yang diajak bekerja sama bisa lebih percaya karena saat ini memang banyak sekali penipuan yang mengatasnamakan perusahaan tertentu.

Kerangka Surat Keterangan Kerja

Kerangka-Surat-Keterangan-Kerja

Kerangka surat keterangan kerja hampir sama dengan kerangka surat lainnya. Pembedanya hanyalah di isi surat. Berikut kerangka yang dimaksud :

1. Kepala Surat atau Kop Surat

Kepala surat terletak di bagian atas dan menjadi poin penting sebuah surat. Kepala surat berisi nama perusahaan, logo perusahaan, alamat, nomor telepon, dan hal penting lainnya yang menunjukkan identitas perusahaan.

Beberapa perusahaan atau instasi besar bahkan hanya menyantumkan logo saja di kop surat. Hal ini tak menjadi masalah karena perusahaan besar biasanya sudah terkenal. Namun kebanyakan perusahaan mencantumkan informasi penting seperti yang telah disebutkan.

2. Nomor Surat

Di bawah kop surat akan ada tulisan “Surat Keterangan Kerja” dan di bawahnya diikuti nomor surat. Apakah setiap surat keterangan bekerja selalu diikuti dengan nomor surat? Jawabannya bisa iya, bisa tidak, tergantung instasinya. Namun kebanyakan mencantumkannya untuk memudahkan pengarsipan surat.

3. Isi Surat

Setelah nomor surat, biasanya akan langsung masuk isi. Detail isi surat antara lain yaitu:

  • Identitas karyawan
  • Pernyataan bekerja di perusahaan
  • Jabatan karyawan
  • Waktu mulai bekerja
  • Kinerja dan prestasi karyawan

Untuk detail isi yang telah disebutkan, ada yang menggunakan semua dan ada yang tidak, tergantung ketentuan masing-masing perusahaan.

4. Penutup Surat

Penutup surat keterangan kerja sama seperti penutup surat pada umumnya. Biasanya diawali dengan kata demikian.

5. Tanggal Pembuatan Surat dan Tanda Tangan

Setelah penutupan, di bagian bawah akan dicantumkan tanggal pembuatan surat yang diakhiri dengan jabatan, tanda tangan, dan nama terang pimpinan perusahaan.

Dari kerangka yang telah disebutkan di atas, bisa diperkirakan bagaimana isi dari surat keterangan kerja. Namun agar lebih jelas, format umum penulisan surat keterangan bekerja di bawah ini bisa dipelajari.

Format Umum Penulisan Surat Keterangan Kerja

Bagi yang ingin membuat surat keterangan kerja, format penulisan di bawah ini dapat dijadikan salah satu pedoman penulisan.

NAMA PERUSAHAAN/INSTANSI

Alamat lengkap instansi + nomor telepon


SURAT KETERANGAN KERJA

No. (nomor surat)

 

Dengan hormat,

yang bertandatangan di bawah ini :

Nama             : (nama pimpinan yang bertanda tangan)

Jabatan          : (jabatan pimpinan)

Menerangkan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama             : (nama karyawan)

Jabatan          : (jabatan karyawan)

Alamat           : (alamat karyawan)

merupakan karyawan kami yang telah bekerja dari (tanggal mulai bekerja) hingga saat ini, dan telah menunjukkan kinerja, prestasi, serta perilaku yang baik.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

(Tempat, tanggal dibuatnya surat)

(Jabatan pimpinan perusahaan)

(tanda tangan)

(nama terang)

 

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja

Cara-Membuat-Surat-Keterangan-Kerja

Pembuatan surat keterangan kerja ditangani oleh staff khusus perusahaan. Namun, semuanya tetap tergantung aturan yang berlaku di perusahaan. Untuk perusahaan kecil yang baru berdiri, hal seperti ini kadang diurus oleh atasan langsung. Jadi antara satu perusahaan dengan perusahaan lain berbeda cara pengurusannya.

Bahkan ada tempat kerja yang meminta karyawannya untuk membuat sendiri dan pihak atasan tinggal tanda tangan. Karena itulah keberadaan format penulisan surat keterangan kerja seperti yang telah dituliskan di atas sangat diperlukan. Agar lebih paham cara membuat surat keterangan kerja sendiri, langkah-langkah di bawah ini bisa dicoba.

  • Bertanya pada perusahaan apakah ada format khusus atau tidak. Jika ada mintalah dan jika tidak, gunakan format di atas.
  • Mencari atau meminta logo perusahaan untuk kop surat. Tidak diberi logo tidak masalah, tetapi lebih bagus jika menggunakan logo.
  • Menyiapkan informasi dasar seperti nama dan jabatan, tanggal mulai bekerja, dan prestasi-prestasi yang berhasil dicapai
  • Mulai menulis surat sesuai format di atas. Kata-kata boleh diganti dengan yang lebih disukai atau kata yang lebih baik.
  • Jika surat sudah selesai dibuat, mintalah tanda tangan pimpinan dan cap perusahaan.

Sangat mudah kan? Namun kadang seseorang merasa bingung jika hanya disajikan format. Karena itulah berikut diberikan beberapa jenis contoh surat keterangan kerja.

Jenis Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja hanya terdiri dari satu jenis yang isinya seperti pembahasan di atas. Hal yang membedakan antara surat kerja satu dan lainnya hanyalah di tujuan pembuatan surat.

Surat dengan tujuan khusus (misal pengajuan beasiswa) pasti akan diberi poin tambahan di bagian kinerja dan prestasi karyawan. Agar lebih paham tentang perbedaan antara surat keterangan kerja satu dengan yang lainnya, beberapa contoh di bawah ini bisa diamati dan dikaji.

Contoh Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja dari berbagai instansi ternyata memiliki perbedaan. Namun, perbedaannya tidak terlalu banyak. Beberapa contoh berikut bisa langsung dianalisis agar lebih jelas mana saja perbedaannya.

1. Contoh Surat Keterangan Kerja di Sekolah Untuk guru

SMA KEBON DALEM SEMARANG

Jalan Wotgandul Barat No.31, Kranggan, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50139

Telp. (024) 3515838


SURAT KETERANGAN KERJA

No. 272/SMA-KD/C/XI/2019

 

Dengan hormat,

Yang bertandatangan di bawah ini :

Nama       : Heru Kuswanto, M.Pd.

Jabatan   : Ka. SMA Kebon Dalem Semarang

 

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                                    : Rahmad Susanto, S.Pd.

Tempat, tanggal lahir        : Semarang, 02 November 1990

NIP                                        : 19901102 201703 1 001

Jabatan                                 : Guru Mata Pelajaran Matematika

 

merupakan guru yang benar-benar mengajar di SMA Kebon Dalem Semarang sejak 18 Maret 2016 hingga saat ini. Selama bekerja, beliau berperilaku baik dan menunjukkan kinerja yang maksimal.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar digunakan sebagaimana mestinya.

 

Semarang, 17 November 2019

Kepala SMA Kebon Dalem

 

(Heru Kuswanto, M.Pd.)

 

Untuk staff :

SMA TAMAN MADYA JETIS

Jalan Pakuningratan 34 A Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta 55233 Telp. (0274) 517522


SURAT KETERANGAN KERJA

No. 311/SMA-TM/D/XI/2019

 

Dengan hormat,

Yang bertandatangan di bawah ini :

Nama             : Hamid Mulya, M.Pd.

Jabatan         : Kepala SMA Taman Madya Jetis

 

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama             : Sri Astuti

Jabatan          : Staff Tata Usaha

 

merupakan karyawan di SMA Taman Madya Jetis sejak 27 November 2015 hingga sekarang. Selama bekerja, karyawan berperilaku baik, taat pada peraturan, dan menunjukkan kinerja yang maksimal.

Demikian surat keterangan ini dibuat, semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Yogyakarta, 18 November 2019

Kepala SMA Taman Madya Jetis

 

(Hamid Mulya, M.Pd.)

 

2. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Kepala Sekolah

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BOYOLALI

Jalan Ahmad Yani, Komplek Perkantoran Terpadu, Kemiri, Mojosongo, Boyolali,

Jawa Tengah 57321 Telepon (0276) 321048


SURAT KETERANGAN KERJA

No. 571/19/PK/05

 

Dengan hormat,

Yang bertandatangan di bawah ini menyatakan bahwa:

Nama    : Wahyu Widianto, M.Pd.
NIP        : 19760112 199802 1 001
Jabatan : Kepala Sekolah
Alamat  : Jalan Tentara Pelajar Mudal Boyolali, Mudal, Boyolali

merupakan Kepala Sekolah di SMP BHinneka Karya Boyolali sejak tanggal 31 Juni 2017 hingga sekarang. Selama menjadi Kepala Sekolah, beliau menjalankan tugas dengan baik dan mematuhi aturan yang berlaku.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar digunakan sebagaimana mestinya.

 

Boyolali, 19 November 2019

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Boyolali

 

(Darmanto, S.Pd.)

 

3. Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan Perusahaan Swasta

PT. SEJAHTERA BERSAMA

Sawah, Sengonbugel, Mayong, Jepara, Jawa Tengah 59465 Telp. (0291) 7512101


SURAT KETERANGAN KERJA

No. 136/SB/XI/2019

 

Yang bertandatangan di bawah ini memberikan keterangan bahwa:

Nama             : Joko Priambudi

Jabatan          : Staf HRD

Memang benar-benar bekerja di PT. Sejahtera Bersama sebagai staf HRD sejak bulan Januari 2018 hingga sekarang. Selama bekerja, yang tersebut di atas telah melakukan pekerjaan dengan baik.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya untuk digunakan sebaik mungkin.

 

Jepara, 20 Oktober 2019

Direktur PT. Sejahtera Bersama

 

(Hamid Sastro)

4. Contoh Surat Keterangan Kerja Bank

PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk

KANTOR CABANG KEROBOKAN

Jl. Raya Kerobokan-kuta, Badung, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Badung,

Bali 80361 Telepon (0361) 731186


SURAT KETERANGAN

No. BNI/KB/762/2019

 

Yang bertandatangan di bawah ini menerangkan bahwa:

Nama    : Manda Aulia

NPP       : 08216

Alamat  : Jl. Raya Kerobokan-kuta, Kerobokan Kelod, Badung

 

Memang benar bekerja di PT. Bank Negara Infonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Kerobokan mulai tanggal 4 Januari 2017 hingga saat ini dengan posisi sebagai Administrasi Umum.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.

 

Kerobokan, 20 November 2019

PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Kantor Cabang Kerobokan

 

 

Ismail Marjuki

Pemimpin Bid Operasional

 

 

5. Contoh Surat Keterangan untuk KPR

PT. JAYA MAKMUR

Purwosari, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50172


SURAT KETERANGAN

No. JM/SK/131/2019

 

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama         : Toni Sudiro, S.Si.

Jabatan       : Kepala Cabang PT. Jaya Makmur

 

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama         : Aziz Ali

Alamat       : Bandarharjo, Semarang Utara, Kota Semarang

Jabatan      : Staf Pemasaran PT. Jaya Makmur

 

Memang benar-benar karyawan tetap di PT. Jaya Makmur dari 30 Desember 2015 hingga saat ini. Karyawan selalu berperilaku baik dan mematuhi peraturan.

Surat keterangan ini dibuat untuk kebutuhan pemenuhan persyaratan KPR.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Semarang, 18 November 2019

Kepala Cabang PT. Jaya Makmur

 

Toni Sudiro, S.Si

 

6. Contoh Surat Keterangan Kerja PNS

Untuk PNS, biasanya surat keterangan kerja boleh diganti dengan surat keterangan pengangkatan menjadi PNS. Berikut contohnya.

PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL

BADAN KEPEGAWAIAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

Jl. Rudolf Wolter Monginsidi, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55711

Telp. (0274) 367509, Fax. (0274) 6462101, Email: bkd@bantulkab.go.id


Bantul, 21 November 2019

Nomor   : 721.1/562/BK.DIKLAT/2019

Lamp     : 2 lembar

Perihal  : Pengangkatan CPNS Menjadi PNS

 

Yth. Kepala Badan/Dinas/Unit kerja/Camat/

Kepala Puskesmas/Kepala Sekolah

Lingkup pemerintah Kabupaten Bantul

 

Sehubungan dengan telah dipenuhi beberapa syarat oleh Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul yang namanya tersebut pada lampiran surat ini untuk diusulkan menjadi Pegawai Negeri Sipil, dengan ini diminta perhatian Saudara terhadap hal-hal sebagai berikut:

  1. Persyaratan dan bahan kelengkapan usul pengangkatan menjadi PNS, sebagai berikut:
  2. Fotokopi sah SK CPNS;
  3. Fotokopi sah Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT);

 

Demikian untuk maklum dan perhatian seperlunya.

 

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan

Kabupaten Bantul,

 

Ahmad Mulyadi, M.Pd.

 

7. Contoh Surat Keterangan Kerja di Toko

PT. SINAR ABADI

Jl. Jagir Wonokromo No.196, Jagir, Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60244

Telp. (031) 8477008


SURAT KETERANGAN KERJA

No: SKK/HR-Dep/122/2019

 

Yang bertandatangan di bawah ini Andi Prasetyo – Manajer HRD PT. Sinar Abadi, menerangkan dengan sebenarnya bahwa:

Nama                              : Subandi

Tempat, tanggal lahir  : Malang, 21 April 1988

Alamat                            : Jagir, Wonokromo, Surabaya

Telah bekerja di PT. Sinar Abadi sebagai Pramuniaga, terhitung sejak tanggal 27 Maret 2018 hingga saat ini. Saudara yang bersangkutan telah bekerja dengan maksimal dan berperilaku baik.

Demikian surat keterangan ini diberikan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Surabaya, 27 November 2019

Manajer HRD PT. Sinar Abadi

 

Andi Prasetyo

 

8. Contoh Surat Keterangan Kerja dari Desa

PEMERINTAH KOTA BLITAR

KECAMATAN SUKOREJO

KELURAHAN KARANGSARI

Jl. Cemara No.203, Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Jawa Timur 67125, Telp. (0342) 809360


SURAT KETERANGAN KERJA

No: 256/781/X1/2019

 

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                : Untung Suprana

Jabatan             : Kepala Desa Karangsari

Alamat              : Desa Karangsari RT.002/004, Sukorejo, Blitar

 

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama lengkap       : Zaenab Ismi

NIK                          : 331215509071300001

Alamat                    : Desa Karangsari RT.001/003, Sukorejo, Blitar

 

Adalah benar-benar bekerja di Kantor Kepala Desa Karangsari, Sukorejo, Blitar sejak tanggal 4 Mei 2016 hingga sekarang.

Demikian Surat Keterangan ini dibuat dengan sebenarnya, dan kepada yang berkepentingan harap digunakan sebagaimana mestinya.

 

Dibuat di        : Karangsari

Pada tanggal  : 1 September 2019

Kepala Desa Karangsari

 

Untung Suprana

 

9. Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan Tetap

PT. DAMAI SEJAHTERA

Jl. Gejayan No.6, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Telp. (031) 8477008


SURAT KETERANGAN KERJA

No: DMS/HRD/77/X/2019

 

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama       : Lukman Hakim

Jabatan    : Kepala Bagian Personalia

 

Dengan ini menyatakan bahwa:

Nama                              : Edi Baskoro

Tempat, tanggal lahir  : Bantul, 26 Juni 1990

Jenis Kelamin               : Laki-laki

Alamat                            : Jalan Raya Imogiri Km.56 Bantul

 

Merupakan karyawan tetap di PT. Damai Sejahtera dan menduduki posisi Staf Pemasaran sejak bulan Desember 2017.

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

 

Yogyakarta, 27 Oktober 2019

Kepala Bagian Personalia

Lukman Hakim

10. Contoh Surat Keterangan Kerja di Hotel

HOTEL PESONA INDAH

Jl. Kemetiran No.21, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55272, Telp. (0274) 581265


SURAT KETERANGAN KERJA

No: 117/HRD/XII/2019

 

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama       : Antonio Renaldi, B.Ba.

Jabatan    : Direktur Hotel Pesona Indah

 

Menjelaskan bahwa:

Nama                              : Yohana Permata

Tempat, tanggal lahir  : Sleman, 26 Juni 1996

Jabatan                           : Resepsionis

Alamat                            : Jalan Gejayan No.27, Depok, Sleman

 

Benar telah bekerja di perusahaan kami terhitung dari tanggal 12 September 2017 hingga saat ini. Selama menjadi karyawan, Saudari Yohana Permata menunjukkan dedikasi dan loyalitas tinggi serta tidak pernah berperilaku buruk.

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Yogyakarta, 27 Desember 2019

Direktur Hotel Pesona Indah

Antonio Renaldi, B.Ba.

11. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Paspor

PT. PRIMA JAYA

Bojongsalaman, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50141


SURAT KETERANGAN

No. PJ/SK/055/2019

 

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama           : Leni Margareta, S.M.

Jabatan       : Kepala Cabang PT. Prima Jaya

 

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama         : Musolli

Alamat       : Bandarharjo, Semarang Utara, Kota Semarang

Jabatan       : Staf Administrasi PT. Prima Jaya

 

Adalah karyawan tetap di PT. Prima Jaya dari 04 Desember 2017 hingga saat ini. Karyawan selalu berperilaku baik dan mematuhi peraturan.

Surat keterangan ini dibuat untuk pengajuan paspor.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Semarang, 22 November 2019

Kepala Cabang PT. Prima Jaya

Leni Margareta, S.M.

12. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Izin Kuliah

PT. PUSTAKA UTAMA

Jalan Cempakan No.12, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Telp (0274) 58261


SURAT KETERANGAN KERJA

No. PU/HRD/025/XI/2019

 

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama           : Yoga Prasetyo, S.S.

Jabatan       : Direktur PT. Pustaka Utama

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama         : Ilma Saadah

Jabatan      : Staf Marketing PT. Pustaka Utama

Alamat      : Jalan Sepak Bola No 12, Condongcatur, Depok, Sleman

Adalah karyawati PT. Pustaka Utama dari 04 Januari 2018 hingga saat ini. Dengan ini kami menerangkan bahwa yang saudari Ilma Saadah tidak dapat mengikuti jadwal kegiatan di kampus Universitas Sanata Dharma pada tanggal 20-22 November 2019 karena masih bekerja pada saat itu.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Sleman, 18 November 2019

Direktur PT. PustakaUtama

Yoga Prasetyo, S.S.

 

Dari penjelasan dan contoh di atas, bisa diketahui bahwa surat keterangan kerja merupakan surat yang dikeluarkan oleh lembaga atau instasi tertentu. Tujuannya untuk memberikan keterangan resmi perihal pekerjaan yang dilakukan oleh pihak yang bersangkutan, sehingga tergolong salah satu surat penting.

Demikian ulasan mengenai pengertian surat keterangan kerja, fungsi, tujuan, jenis, kerangka, cara membuat, dan contoh surat keterangan kerja. Semoga bisa bermanfaat.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com