Variabel adalah

Posted on

VOI.Co.Id –  Seringkali kita mendengar kata “variabel” dalam kehidupan dan percakapan sehari-hari. Namun, kita belum sepenuhnya mengetahui apa itu pengertian variabel. Variabel adalah suatu hal yang memiliki sifat berubah-ubah atau bisa dibilang tidak tetap.

Ada banyak penjelasan dan pengertian variabel, salah satunya adalah variabel menurut para ahli. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai variabel, Anda harus mengetahui macam-macam variabel serta contoh variabel itu sendiri.

Pengertian Variabel

pengertian-variabel-adalah

Secara umum, pengertian variabel adalah sebuah media yang digunakan sebagai objek yang terfokus, baik dalam bentuk nyata maupun abstrak dalam sebuah penelitian. Di mana variabel tersebut memiliki nilai yang sifatnya bervariasi dan dapat berubah-ubah.

Dari hal tersebut, bisa dikatakan bahwa pengertian variabel secara umum adalah suatu hal yang biasanya ditentukan oleh si peneliti sebagai objek dalam penelitian sehingga objek tersebut akan memberikan informasi yang jelas untuk menyimpulkan hasil penelitian. Dilihat dari berbagai nilai, sifat, atribut serta objek, maka peneliti akan dengan mudah mendapatkan benang merah (kesimpulan) dari suatu kegiatan.

Adapun variabel adalah sebuah konsep yang memiliki berbagai nilai. Di mana sebuah konsep tersebut bisa diubah menjadi variabel lainnya dengan aspek yang sudah ditentukan.

Selain itu, pembahasan variabel juga cukup banyak, yakni terdapat dua kelompok variabel, diantaranya variabel kualitatif dengan variabel kuantitatif. Pada bagian variabel kuantitatif kembali diklasifikasikan menjadi dua bagian, yakni variabel kontinu dan variabel diskrit. Sehingga hal tersebut membuat kedua pembahasan variabel tersebut menjadi berkesinambungan.

Pengertian Variabel Menurut Para Ahli

pengertian-variabel-menurut-para-ahli

Ada banyak pengertian mengenai variabel, salah satunya adalah pengertian variabel menurut para ahli. Para ahli telah menyampaikan gagasannya mengenai variabel. Berikut ini merupakan gagasan dari para ahli yang ditulis dengan gaya bahasa berbeda, namun tidak mengurangi makna, diantaranya adalah,

1. F.N Kerlinger

F.N Kerlinger menyatakan pendapatnya bahwa variabel adalah:

Sebuah konsep dengan berbagai macam nilai dari suatu konsep tersebut yang dapat diubah.

Sehingga, dari sebuah konsep tersebut bisa menarik kesimpulan yang jelas, tepat serta terbaik.

2. Sutrisno Hadi

Menurut Sutrisno Hadi mengenai variabel:

Variabel adalah objek penelitian yang memiliki berbagai variasi, baik dalam tinggi badan manusia, berat badan manusia, hingga usia yang dimiliki manusia tersebut karena hal tersebut memiliki variasi.

Dari gagasan yang disampaikan berikut, bisa dikatakan bahwa variabel akan menghasilkan nilai secara kuantitatif dari suatu penelitian yang dilakukan secara nyata atau real terjadi.

3. Sugiono

Sugiono menyatakan gagasan mengenai variabel yaitu,

Variabel adalah segala sesuatu yang harus diproses melalui informasi sesuai dengan suatu topik penelitian untuk dipelajari dan memiliki hasil yang baik dari penelitian yang dilakukan.

Sehingga, variabel bisa menghasilkan kesimpulan dari proses yang berhubungan dengan penelitian. Maka dari itu, variabel sangat penting dalam penelitian.

4. Freddy Rankuti

Freddy Rankuti menyatakan bahwa:

Variabel merupakan sebuah konsep yang memiliki beragam variasi nilai. Nilai tersebut terbagi menjadi 4 data berbeda yang diantaranya adalah, rasio, ordinal, skala, internal dan nominal.

5. Suharsimi Arikunto

Menurut pendapat Suharsimi Arikunto yang menyatakan bahwa:

Variabel adalah sebuah objek dalam penelitian yang menjadi sebuah titik perhatian objek penelitian tersebut. Sehingga, dari variabel tersebut akan mendapatkan sebuah nilai kesimpulan melalui suatu proses.

6. Bagja Waluya

Bagja Waluya memiliki gagasan mengenai variabel yaitu:

Variabel adalah sebuah konsep dalam eksperimen yang tidak pernah tertinggal dari apa yang dilakukan oleh seseorang. Eksperimen tersebut akan menghasilkan sebuah data yang sangat berguna sebagai bukti otentik dalam penelitian.

7. Moh. Nazir

Gagasan Moh. Nazir mengenai variabel adalah:

Sebuah konsep dengan berbagai macam nilai nyata. Variabel yang ada dalam setiap penelitian akan menghasilkan nilai kualitas dan kuantitas secara garis besar.

8. Sugiarto

Menurut pendapat Sugiarto mengenai variabel adalah:

Suatu karakter dari hasil sebuah observasi dalam unit amatan yang digunakan sebagai pengenal atau atribut dari salah satu anggota kelompok.

Hal itu menyatakan bahwa variabel merupakan suatu hal yang ada karena proses variasi dari satu objek dengan objek yang lainnya. Sehingga setiap masing-masing kelompok memiliki variasinya sendiri dan aturan yang berbeda

9. Tri Mutiara

Tri Mutiara berpendapat bahwa variabel adalah:

Sebuah proses yang bisa berjalan dengan baik dan sesuai, sehingga akan mendapatkan perhatian serta fokus dengan pengaruh nilai value.

Sehingga, hal tersebut menunjukkan bahwa cara terbaik untuk memperoleh kesimpulan hasil penelitian adalah dengan adanya variabel.

10. Bhisma Murti

Gagasan Bhisma Murti mengenai variabel adalah:

Sebuah fenomena yang mempunyai berbagai variasi nilai dalam sebuah observasi. Di mana nilai variasi tersebut bisa diukur melalui cara kualitatif dan kuantitatif. Sehingga akan menghasilkan sebuah data yang tepat dan benar.

11. Dr Ahmad Watik Pratiknya

Dr Ahmad Watik Pratiknya berpendapat bahwa:

Variabel adalah konsep yang mempunyai variabilitas dari sebuah fenomena melalui penggambaran suatu abstraksi. Konsep tersebut adalah sebuah variabel yang berupa daya kepemilikan dengan ciri khas yang bervariasi.

 

Jenis-jenis Variabel

jenis-jenis-variabel

Bukan hanya mengetahui berbagai pengertian variabel secara umum dan berdasarkan pemikiran para ahli. Namun, variabel memiliki berbagai jenis yang harus kita ketahui. Setiap jenis yang ada dalam variabel memiliki fungsi yang berbeda berdasarkan kebutuhan yang sesuai. Berikut ini diantaranya,

1. Variabel Bebas atau Independen

Variabel bebas adalah sebuah variabel yang memiliki berbagai macam pengaruh besar untuk beberapa variabel lainnya. Adapun contoh dari variabel bebas yaitu, ketika seorang petani memanen hasil produksi padi lebih banyak karena pengaruh dari jumlah pupuk organik yang berhasil. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa variabel bebas yang terdapat dalam penelitian sangat berperan untuk dijadikan sebagai pupuk organik.

Variabel bebas adalah salah satu variabel yang mana memiliki pengaruh besar akan variabel lainnya. Contohnya saja, pengaruh jumlah pupuk organik terhadap hasil produksi panen padi. Dalam penelitian yang ada, variabel bebas yang berperan di dalamnya adalah pupuk organik.

2. Variabel Moderator

Variabel moderator, dalam hal ini ada banyak variabel yang sangat berpengaruh terhadap hubungan variabel lainnya, baik yang bebas maupun terikat. Biasanya pengaruh yang didapatkan dari variabel modern yaitu untuk melemahkan atau memperkuat suatu hubungan. Hal ini seringkali kita jumpai dalam sebuah makalah penelitian baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

3. Variabel Kontrol

Variabel kontrol adalah sebuah variabel yang sifatnya mampu dikendalikan atau konstan. Fungsi dari  variabel kontrol adalah sebagai pembanding dalam suatu penelitian. Contoh dari variabel kontrol adalah sebuah pengaruh yang didapatkan dari berbagai jumlah pupuk organik untuk tumbuhan hasil produksinya sendiri

Adapun mengenai peran variabel yang berada di penelitian pertumbuhan ada banyak, bukan hanya pupuk, melainkan terdapat faktor cahaya matahari, air, dan tanah.

4. Variabel Intervening

Variabel intervening merupakan variabel yang tidak bisa diukur dan berada diantara variabel bebas dengan variabel terikat. Dengan begitu, variabel intervening menjadi penghalang dalam suatu penelitian. Seperti pada variabel bebas yang tidak bisa memengaruhi secara langsung mengenai sebuah perubahan pada variabel terikat dalam suatu penelitian.

5. Variabel Nominal

Variabel nominal merupakan variabel yang berfungsi sebagai pembeda antara data, dengan individu yang akan dikemas menjadi bentuk kategori. Dalam hal ini, contoh dari variabel nominal yaitu pekerjaan, status (jomblo atau cari selingkuhan), jenis kelamin dan lain sebagainya.

6. Variabel Ordinal

Variabel ordinal adalah bentuk dari variabel yang biasanya ditentukan berdasarkan nomor urutan seperti ranking. Misalnya, seorang siswa yang biasanya diterapkan sistem urutan ranking dari 1 orang hingga semua murid sekolah dalam kelasnya.

7. Variabel Interval

Penggunaan variabel interval akan ditampilkan dalam bentuk interval. Variabel tersebut berfungsi sebagai suatu hal dalam mengurutkan data.

8. Variabel Ratio

Dalam hal ini, pengertian variabel ratio merupakan variabel yang bentuknya hampir sama dengan variabel interval. Hanya saja, untuk membedakan antara variabel ratio dengan variabel interval adalah bahwa variabel ini memiliki berbagai data.

Hubungan Antara Variabel Bebas Dengan Variabel Terikat

Hubungan-Antara-Variabel-Bebas-Dengan-Variabel-Terikat

Di antaranya variabel bebas dengan variabel terikat, terdapat sebuah hubungan yang terbagi menjadi tiga macam jenis. Di antaranya adalah, hubungan simetris, hubungan asimetris, dan hubungan timbal balik.

Pada bagian hubungan simetris terjadi ketika terdapat variabel yang tidak bisa dipengaruhi oleh variabel yang lain. Yang kedua, pada hubungan asimetris terjadi ketika suatu variabel bisa dipengaruhi dengan variabel lainnya. Sedangkan, pada bagian ketiga yakni hubungan timbal balik terjadi ketika diantara satu variabel dengan variabel yang lainnya saling mempengaruhi satu sama lain.

Sangat penting untuk mempelajari setiap hubungan dari kedua variabel ketika melakukan penelitian. Sehingga, kita akan dengan mudah memproses semua variabel dan mengidentifikasinya sesuai dengan kategori, baik variabel bebas maupun variabel terikat.

Perbedaan antara variabel bebas dan variabel terikat dilihat dari cara pengaruhnya variabel itu sendiri. Jika variabel tersebut bisa mempengaruhi variabel lain, berarti itu adalah variabel bebas. Begitupun sebaliknya, bila variabel tersebut bisa dipengaruhi dengan variabel lain, maka hal itu masuk kedalam variabel terikat sendiri.

Selain itu, variabel yang bisa dilakukan manipulasi, termasuk kedalam variabel bebas. Namun, jika variabel tersebut tidak bisa dimanipulasi, maka termasuk kedalam variabel terikat. Oleh sebab itu, Anda harus mengamati lebih dalam mengenai berbagai macam variasi variabel.

Contoh dari hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat yakni ketika Anda melakukan penelitian eksperimental mengenai pendidikan. Metode yang bisa Anda gunakan yakni mengajar dengan lebih ke variabel bebas. Namun, bila melakukan penelitian yang non eksperimental Anda menggunakannya variabel bebas yang sifatnya logis, dan mampu mempengaruhi variabel terikat.

Macam-macam Variabel Berdasarkan Bidang Ilmu

Macam-macam-Variabel-Berdasarkan-Bidang-Ilmu

Pengertian mengenai variabel memang sangat luas, begitu pula dengan macam-macam penggunaan variabel berdasarkan berbagai bidang ilmu. Karena keberadaan variabel seringkali digunakan untuk berbagai bidang ilmu seperti bidang sains, bidang matematika, dan bidang komputer. Disetiap penggunaan variabel dalam bidang tersebut, tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut ini penjelasannya,

1. Bidang Ilmu Sains

Di dalam bidang ilmu sains, penggunaan variabel seringkali digunakan sebagai objek dalam penelitian ilmiah untuk menghasilkan sebuah data kosong maupun isi penelitian dengan benar. Penelitian yang ada dalam bidang ilmu sains berupa nilai dan nama. Adapun variabel yang didapat dari ilmu sains merupakan sebuah pembuktian berdasarkan kesimpulan secara logika yang dihadirkan bersama berbagai bukti otentik.

2. Bidang Ilmu Komputer

Didalam bidang ilmu komputer, penggunaan variabel berfungsi sebagai nama dari berbagai abjad, karakter, serta kata yang mampu mewakili berbagai nilai dari memori yang terdapat dalam komputer tersebut.

3. Bidang Ilmu Matematika

Didalam bidang ilmu matematika, penggunaan variabel digunakan sebagai suatu hal seperti abjad atau karakter sebagai jumlah dari hal yang belum ditentukan. Dalam hal ini maka variabel di dalam bidang ilmu matematika harus mengandung nilai berupa simbol yang masih berhubungan dengan aljabar.

Manfaat Dari Variabel Penelitian Yang Baik

Manfaat-Dari-Variabel-Penelitian-Yang-Baik

Dalam penelitian yang baik, biasanya memiliki beberapa variabel didalamnya. Berikut ini merupakan manfaat dari variabel penelitian yang baik, diantaranya

  1. Untuk menyiapkan segala metode dan alat untuk memudahkan Anda dalam mengumpulkan data penelitian
  2. Sebagai metode untuk menganalisis sebuah data dengan baik
  3. Berfungsi untuk melakukan ujian hipotesis

Ciri-ciri Variabel Yang Baik

Ciri-ciri-Variabel-Yang-Baik

Ada beberapa ciri yang menandakan bahwa variabel dalam suatu penelitian tersebut baik, di antaranya adalah:

  1. Variabel penelitian sesuai dengan tujuan penelitian yang dilakukan
  2. Variabel bisa dilihat dari pengukuran yang dilakukan
  3. Variabel dalam penelitian harus bisa diidentifikasi, diklasifikasi serta didefinisikan secara tegas. Sehingga hal tersebut bisa meminimalisir bahkan mencegah adanya sebuah kesalahan ketika mengumpulkan bahan dan mengolah data penelitian.

Contoh Variabel

contoh-variabel

Ada beberapa contoh variabel yang berupa atribut atau sifat dengan berbagai variasi, contoh:

  • Pada kata “badan” bukanlah sebuah variabel, namun bila menjadi kata “tinggi badan” adalah variabel. Hal tersebut karena setiap orang memiliki tinggi badan yang berbeda (mempunyai variasi)
  • Pada kata “cerdas” bukanlah sebuah variabel, namun bila menjadi kata “tingkat kecerdasan” adalah variabel. Hal tersebut karena setiap orang memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda (bervariasi)
  • Pada kata “siswa” bukanlah sebuah variabel, melainkan “motivasi siswa” adalah variabel. Karena setiap siswa memiliki motivasi yang berbeda (bervariasi)

Berdasarkan pada contoh variabel diatas, maka bisa disimpulkan bahwa variabel adalah suatu nilai yang memiliki beragam variasi. Variabel merupakan sebuah sifat yang akan dipelajari, di antaranya:

  • apresiasi
  • penghasilan
  • pendidikan
  • status sosial
  • jenis kelamin
  • golongan gaji
  • produktivitas kerja

Pada dasarnya, pembahasan mengenai variabel sangatlah banyak. Bukan hanya pengertian yang bermaksud bahwa variabel adalah suatu hal yang biasanya menjadi objek dalam penelitian dengan berbagai variasi nilai, melainkan terdapat berbagai macam atau jenis variabel dan penggunaan variabel dalam berbagai bidang ilmu.

Itulah beberapa pembahasan mengenai pengertian variabel beserta contoh variabel. Anda juga bisa memahami ciri-ciri variabel yang baik dalam penelitian. Dengan begitu, Anda dengan mudah menarik kesimpulan dari penelitian tersebut.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com