Wirausaha Adalah

Posted on

VOI.Co.Id – Bekerja merupakan salah satu cara untuk memenuhi setiap kebutuhan sehari-hari. Ada banyak pekerjaan yang bisa diambil sebagai penunjang hidup, salah satunya adalah wirausaha. Pengertian Wirausaha adalah pekerjaan dengan membentuk atau menjalankan suatu usaha sendiri.

Dewasa ini, sudah banyak orang yang memilih pekerjaan wirausaha dalam meniti karirnya. Khususnya masyarakat yang tinggal di perkotaan memilih pekerjaan wirausaha ini, dibandingkan bekerja di kantor. Bahkan ada beberapa orang yang rela keluar dari perusahaannya dan memilih menjadi seorang wirausahawan.

Namun, untuk menjadi seorang wirausahawan diperlukan keberanian, kemampuan, serta ilmu dalam wirausaha. Bukan hanya sekadar tahu akan pengertian wirausaha, melainkan kita harus mengetahui tujuan, ciri, karakteristik, hingga contoh dari wirausaha

Pengertian Wirausaha

Pengertian Wirausaha

Pengertian wirausaha atau wiraswasta secara umum kata tersebut dibentuk dari dua kata, yaitu pada kata ‘wira’ dan pada kata ‘swasta’. Secara harfiah kedua kata tersebut memiliki arti tersendiri. Pada kata wira memiliki makna yang artinya berani, sedangkan pada kata swasta memiliki makna yang artinya berdiri sendiri. Sehingga, bila dua kata tersebut digabung dan membentuk kata wiraswasta, maka memiliki arti yaitu seseorang yang memiliki keberanian untuk mengambil tindakan atau sikap yang berpikiran maju untuk menciptakan sebuah pekerjaan tersendiri dengan membentuk suatu usaha dan menitinya dengan mandiri.

Namun, terkadang banyak orang yang takut akan risiko untuk mengambil jalan sebagai wirausaha. Padahal, banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari seorang wirausahawan. Selain menguntungkan untuk diri sendiri, seorang wirausahawan juga bisa membantu orang lain dengan menciptakan lapangan pekerjaan sebagai karyawan untuk membantu usaha atau bisnis yang sedang dijalani.

Bahkan pemerintah juga memberi dukungan yang besar kepada masyarakat untuk menjadi seorang pengusaha atau wiraswasta. Bukan hanya untuk mengurangi jumlah pengangguran yang semakin banyak, akan tetapi bisa juga untuk menambah nilai perekonomian dalam suatu negara.

Untuk menjadi seorang wirausaha atau wiraswasta, diperlukan keberanian dan kepercayaan diri dalam membentuk atau membangun suatu usaha. Mengingat resiko yang akan didapatkan juga cukup tinggi, sehingga harus berhati-hati. Namun, yang harus selalu diingat adalah bahwa bangkrut atau mendapatkan kerugian dalam menjalankan suatu usaha merupakan hal yang wajar. Sehingga kita tidak perlu ragu lagi untuk memilih menjadi seorang wirausahawan yang hebat.

Untuk memulai suatu usaha pasti diperlukan modal sebagai awal utama membentuk usaha tersebut. Terkadang modal juga menjadi salah satu hal yang membuat seseorang mengurungkan niatnya menjadi seorang wirausahawan atau wiraswasta. Padahal modal yang dimiliki bukanlah sesuatu hal utama dalam menjalankan usaha, melainkan keberanian dan tekad yang kuat lah yang menentukan keberhasilan. Hal tersebut karena jika kita sudah memiliki tekad yang kuat maka modal bisa dicari dengan mudah.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Pengertian wirausaha menurut para ahli

Pengertian wirausaha cukup banyak, bahkan para ahli telah mengungkapkan gagasannya mengenai pembahasan wirausaha. Berikut ini merupakan pengertian wirausaha yang ditulis ulang dengan bahasa berbeda tanpa mengurangi makna dari tokoh tersebut serta penjelasannya, di antaranya adalah:

1. Penrose (1963)

Menurut Penrose pengertian wirausaha yaitu,

Wirausaha adalah suatu kegiatan kewirausahaan yang mengidentifikasi peluang pada sistem ekonomi.

Penjelasan: dalam hal ini, kewirausahaan menjadi jalan seseorang untuk memperbaiki dan mendapatkan peluang ekonomi yang lebih baik lagi.

2. Richard Cantillon (1775)

Richard Cantillon mengungkapkan gagasan yang mengatakan bahwa wirausaha adalah:

Pekerjaan yang dimiliki oleh seorang kewirausahaan. Di mana seseorang tersebut akan membeli barang dengan harga tertentu disaat ini, setelah itu akan menjualnya dengan harga tidak tentu di masa yang akan datang.

Penjelasan: hal itu mengungkapkan bahwa wirausaha adalah pekerjaan yang menekankan bagaimana seseorang bisa mengambil resiko dengan penghasilan yang tidak pasti. Meskipun begitu, sesuatu yang tidak pasti tersebut akan membawa keuntungan besar bagi wirausahawan.

3. Arif F. Hadipranata

Menurut gagasan Arif F. Hadipranata yang menyatakan bahwa pengertian wirausaha adalah:

Seseorang yang mengambil resiko dengan mengatur serta mengelola setiap urusan, dan menerima jumlah manfaat baik financial maupun non keuangan.

Penjelasan: Dalam hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa seorang wirausahawan memerlukan keberanian untuk mengambil resiko untuk mengelola usaha yang akan dijalankan dan mendapatkan manfaat baik financial maupun non financial.

4. Harvey Leibenstein (1968, 1979)

Harvey Leibenstein mengungkap gagasannya mengenai makna kewirausahaan yaitu:

Suatu kegiatan yang meliputi pelaksanaan perusahaan atau pasar yang belum teridentifikasi dengan jelas, sehingga fungsi dari komponen membangun produksi tersebut tidak sepenuhnya diketahui.

Penjelasan: gagasan tersebut menyatakan bahwa kewirausahaan merupakan peluang dalam membentuk suatu perusahaan atau pasar dengan fungsi produksi yang belum jelas. Namun bila terealisasi dengan sempurna, akan sangat menguntungkan bagi si wirausaha tersebut

5. Thomas W Zimmerer

Menurut Thomas W Zimmere yang menyatakan pendapatnya mengenai kewirausahaan yaitu:

Kewirausahaan itu seperti inovasi aplikasi, kreativitas dalam memecahkan suatu masalah, serta mampu memanfaatkan peluang yang ada setiap harinya.

Penjelasan: hal ini menyatakan bahwa seorang wirausahawan adalah seorang yang cerdas dalam memecahkan masalah serta memanfaatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan.

6. Robbin & Coulter

Kewirausahaan menurut Robbin & Coulte adalah:

Kewirausahaan adalah kegiatan dimana setiap individu atau suatu kelompok individu mampu menggunakan upaya sebaik mungkin yang terorganisir serta peluang untuk menciptakan hal yang baru, unik, supaya kebutuhan terpenuhi dan tidak peduli pada sumber daya yang digunakan.

Penjelasan: dalam hal tersebut, bisa disimpulkan bahwa kewirausahaan mampu menunjang kebutuhan hidup dengan menciptakan hal yang baru (inovasi)

7. Andrew J Dubrin

Andrew J Dubrin menyatakan bahwa wirausaha adalah:

Seseorang yang mampu menjalankan serta membangun bisnis inovatif

Penjelasan: inovatif atau menciptakan terobosan baru merupakan karakteristik dari seorang wirausaha dalam membangun sebuah bisnis.

8. Kathleen

Pengertian wirausaha menurut Kathleen:

Wiraswasta adalah seorang pengusaha yang berani mengatur, menjalankan, serta mengambil resiko dalam pekerjaannya selama membangun bisnis.

Penjelasan: Hal tersebut menyatakan bahwa seorang yang berani mengambil resiko untuk menjalankan usahanya, merupakan seorang wirausaha yang sejati dan sukses.

9. Raymond

Wirausaha menurut Raymond adalah:

Seorang yang memiliki kreativitas, inovatif, untuk mewujudkan usaha dengan meningkatkan kesejahteraan dalam diri dan lingkungan sekelompok masyarakat

Penjelasan: dalam hal tersebut mengungkapkan bahwa seorang wirausaha bukan hanya menguntungkan dan meningkatkan kesejahteraan nya dalam diri, melainkan membawa perubahan untuk lingkungan atau sekelompok masyarakat.

10. Jean Baptista Say

Jean Baptista Say mengungkapkan pengertian wirausaha adalah:

Seorang pengusaha yang menjadi agen untuk menggabungkan beberapa alat produksi yang memiliki nilai produk.

Penjelasan: dalam hal ini kewirausahaan berarti menciptakan sebuah produk dari alat produksi tersebut. Sehingga dibutuhkan modal untuk barang yang tercipta.

11. Frank Knight

Makna kewirausahaan menurut Frank Knight yaitu:

Seorang pengusaha yang mampu mencari solusi dalam memecahkan permasalahan, serta memprediksi perubahan yang ada pada pasar. bagaimana peran pengusaha untuk mengatasi persoalan dinamika pasar yang tidak stabil. Seorang majikan harus memiliki fungsi membimbing serta mengawal manajerial dasar.

12. Soeharto Prawiro

Pengertian kewirausahaan menurut Soeharto Prawiro:

Kewirausahaan merupakan suatu nilai kegiatan yang dilakukan untuk memulai bisnis serta mengembangkan bisnis tersebut.

Penjelasan: seperti pada dasarnya, bahwa wirausaha merupakan suatu pekerjaan dengan cara membuat bisnis tersendiri.

13. Prawirokusumo

Menurut Prawirokusumo Wirausaha adalah:

Seseorang yang berani melakukan berbagai upaya kreatif serta inovatif dengan cara mengembangkan ide serta meramu sumber daya yang dimiliki untuk menemukan beberapa peluang dalam memperbaiki hidup.

Penjelasan: dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa seorang wirausaha memiliki berbagai ide yang berani diungkapkan dan dikembangkan untuk memperbaiki hidup dari peluang yang ada.

14. Acmad Sanusi

Arti kewirausahaan berdasarkan gagasan Acmad Sanusi:

Kewirausahaan merupakansebuah nilai yang berwujud pada perilaku dasar tujuan, taktik, trik, populasi, proses, hingga hasil bisnis yang diperoleh.

Penjelasan: dalam hal ini menyatakan bahwa seorang wirausaha bukan hanya memerlukan karakteristik utama. Melainkan sebuah trik atau tips untuk menjalankan bisnis agar berhasil.

15. Peter F Drucker

Peter F Drucker menyatakan bahwa pengertian wirausaha yaitu:

Sebuah kemampuan dalam membuat atau menciptakan suatu hal yang inovatif serta berbeda.

Penjelasan: seperti yang sudah kita ketahui bahwa inovatif memang sifat yang ada dalam diri seorang wirausahawan. Dengan kemampuan tersebutlah seorang wirausaha menciptakan hal yang baru dan tentunya membawa perubahan, serta menunjang kebutuhan.

Tujuan Wirausaha

Tujuan wirausaha

Pekerjaan wirausaha yang sudah semakin marak dilakukan masyarakat tak lain karena ada beberapa tujuan yang harus dicapai. Adapun tujuan wirausaha yang sangat umum yaitu untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik dan berkualitas. Hal tersebut dikarenakan adanya kemajuan pula pikir masyarakat dalam memilih pekerjaan. Adapun tujuan wirausaha lainnya di antaranya adalah:

1. Masyarakat Lebih Paham Tentang Wirausaha

Saat ini ada beberapa orang dalam masyarakat yang belum terbuka pikirannya mengenai wiraswasta. Sebab itu, bila ada seorang wirausahawan atau wiraswasta sukses di dalam kelompok masyarakat, akan membuat pikiran masyarakat lebih terbuka dan lebih paham mengenai wirausaha. Mereka akan menganggap bahwa wirausaha adalah pekerjaan dengan membentuk suatu usaha yang menguntungkan.

Dengan begitu lambat laun masyarakat akan bergerak untuk mengikuti jejak seorang wirausahawan. Setelah itu, masyarakat akan mulai mempelajari mengenai wirausaha, dan mencari tips untuk menjadi seorang wirausahawan sukses. Wirausaha bukan hanya dihuni untuk mempelajari suatu usaha, melainkan akan dihasilkan seorang yang tangguh.

2. Meningkatkan Jumlah Wirausaha

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa menjadi seorang wirausahawan merupakan jalan yang sangat baik dan menguntungkan. Sehingga, ketika banyak masyarakat yang memilih menjadi wirausaha maka perekonomian negara meningkat. Serta sumber daya manusia semakin berkualitas dengan mampu membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Karena sumber daya manusia yang baik bisa membuat kemajuan dalam suatu negara.

3. Menanamkan Sikap Atau Perilaku Dari Seorang Wirausahawan

Dengan melihat kesuksesan yang dimiliki oleh seorang wirausahawan, maka masyarakat akan mempelajari karakteristik dari wirausahawan tersebut. Dengan begitu seorang wirausaha akan menanamkan sikap atau perilaku kepala masyarakat.

4. Dapat Memajukan Dan Menyejahterakan Masyarakat

Dalam membentuk suatu usaha, tentu seorang wirausahawan membutuhkan seorang wirausahawan dalam membantu, serta membangun sebuah usaha yang dilakukan. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat tidak lagi perlu ditanyakan, karena masyarakat memiliki pekerjaan. Bukan hanya itu, dengan menjadi seorang wirausaha maka anda telah memajukan diri Anda dari perusahaan Anda.

Ciri-ciri Wirausaha

Ciri-ciri wirausaha

Menjadi seorang wirausaha bisa dilakukan oleh setiap orang. Namun, ada beberapa ciri tersendiri dari wirausaha yang baik dan benar yaitu di antaranya adalah:

1. Berpikir Positif

Wirausahawan yang baik selalu berpikir positif dalam melakukan tindakan atau langkah yang dilakukan. Dengan berpikir positif maka seorang wirausahawan, makan memiliki rasa optimisme untuk berkembang dan maju. Sehingga terasa takut akan kegagalan tidak akan menghantui seorang wirausahawan dalam menjalankan usahanya.

2. Percaya Diri

Percaya diri yang dimiliki seseorang merupakan langkah untuk menuju kesuksesan. Begitu pula dengan seorang wirausahawan yang percaya diri dalam menjalankan suatu usahanya. Karena, tanpa disadari, sikap percaya diri bisa membuat seseorang menjadi yakin terhadap pekerjaannya sehingga wirausahawan akan menikmati dan menghadapi pekerjaan dengan tenang.

3. Berani Menghadapi Resiko Yang Terjadi

Dalam setiap kehidupan tidak akan pernah lepas dari yang namanya resiko. Karena resiko sudah menjadi suatu pilihan yang harus diputusi dalam menghadapi apapun. Salah satunya seorang wirausahawan yang memilih untuk membuka usaha.

Resiko yang harus diambil oleh para wirausahawan tidaklah mudah, diperlukan keberanian dalam mengatasi semua itu. Misalnya menghadapi resiko adanya kerugian, kegagalan, penipuan, serta resiko lainnya yang menghambat kemajuan suatu usaha. Resiko tersebut harus dihadapi dengan tenang dan jangan sampai terlalu khawatir. Karena, semakin tinggi resiko yang harus dihadapi maka semakin besar pula keuntungan yang didapatkan.

4. Berjiwa Pemimpin

Berjiwa pemimpin tentu saja harus dimiliki oleh setiap wirausahawan. Karena pada dasarnya mereka akan menjadi seorang bos atau pemimpin dalam perusahaannya. Jiwa pemimpin adalah jiwa ksatria yang berani, adil, bertanggung jawab, cerdas dan sikap terpuji lainnya. Dengan begitu, pekerja dalam perusahaan Anda, tidak akan mengeluh dan betah bekerja.

5. Selalu Berorientasi Ke Depan

Dalam melakukan suatu usaha tentu saja diperlukan perencanaan yang berorientasi ke depan. Begitu pula yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yang baik dan benar. Karena pada dasarnya wirausaha adalah suatu pekerjaan yang berorientasi pada masa depan serta perencanaan yang baik dalam membangun usaha. Sebab itu setiap pengusaha harus memiliki kehidupan wawasan yang luas untuk menghadapi masa yang akan datang

6. Berorientasi Pada Hasil

Bukan hanya fokus pada masa depan, melainkan seorang wirausahawan juga harus berorientasi pada hasil yang akan didapatkan. Dengan adanya orientasi pada hasil, maka setiap wirausahawan akan melakukan pekerjaan yang baik dalam membangun usahanya. Selain itu, setiap pengusaha juga harus mampu mengatasi halangan seperti munculnya sifat malas dan putus asa.

Karakteristik Wirausaha

Karakteristik wirausaha

Selain ciri dari sikap dan perilaku, seorang wirausahawan yang baik juga memiliki karakteristik tersendiri yang harus dimiliki diantaranya adalah:

1. Perilaku Sifat Jujur

Jujur merupakan kunci dari keberhasilan agar suatu usaha yang akan dijalankan bisa berhasil. Karena sikap jujur sama ketika mana yang diberikan seorang pemimpin untuk para karyawan. Jika pemimpinnya saja tidak berlaku sikap jujur maka, bagaimana dengan karyawannya yang menjalankan perintah dari pemimpinnya? Karena sifat jujur akan membawa keberkahan dalam suatu pekerjaan dan menghindari perbuatan licik yang merugikan.

2. Selalu Disiplin

Sama halnya dengan kejujuran, kedisiplinan merupakan karakter yang sangat penting bagi seorang wirausahawan. Misalnya dengan cara menghargai waktu untuk datangtepat waktu agar pekerjaan bisa diselesaikan sesuai dengan rencana. Selain itu, sikap kedisiplinan menjadi penggerak atau pembangun motivasi seseorang dalam menjalankan sebuah usaha

3. Kreatif Dan Inovatif

Pengertian wirausaha berkutat pada seseorang yang ingin membangun suatu usaha. Hal tersebut berarti, dibutuhkan seorang wirausahawan dengan pemikiran yang kreatif serta inovatif. Kreativitas merupakan suatu penciptaan yang membuat seseorang menjadi lebih tertarik, sehingga usaha yang sedang dijalankan mampu bernilai tinggi di mata masyarakat. Sedangkan inovatif merupakan pemikiran baru yang dimiliki oleh seorang wirausaha untuk meninggalkan cara lama dalam membangun perusahaan.

4. Memiliki Komitmen Tinggi

Dengan memiliki komitmen yang kuat, maka seorang wirausahawan akan bertekad dengan keras untuk memajukan usahanya. Maka dari itu, komitmen harus menjadi sebuah pegangan prinsip bahasa orang dalam menjalankan usaha.

5. Mandiri Dan Realistis

Seorang wirausahawan harus memiliki karakteristik mandiri dalam melakukan sesuatu atau memutuskan sesuatu yang berkaitan bidang usaha yang dilakukan. Mandiri dan realitas merupakan sebuah hal yang sangat berkaitan agar seorang wirausaha bisa menjalani usahanya sesuai dengan kenyataan

6. Mempunyai Keterampilan Personal

Keterampilan personal merupakan satu hal yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan untuk mengambil peluang yang baik. Karena peluang bisa menguntungkan suatu usaha yang sedang dijalaninya. Mainan mengambil sebuah peluang seorang wirausahawan harus mampu berkomunikasi dengan baik dan merealisasikan rencana yang telah dibuat.

Manfaat Wirausaha Untuk Diri Sendiri

Manfaat wirausaha untuk diri sendiri

Menjadi seorang wirausahawan tentu memiliki manfaat bagi diri sendiri. Bukan hanya sekadar mencari keuntungan, melainkan ada banyak manfaat yang di antaranya adalah:

1. Mampu Mengoptimalkan Diri

Setiap wirausahawan pasti sudah terlatih untuk memiliki mental yang kuat dalam dirinya, terutama di bidang usaha yang dijalankan. Dengan begitu, maka potensi yang ada pada diri seorang wirausahawan mampu optimal dan menjadi kepribadian yang lebih baik lagi.

2. Mampu Menjadi Pemimpin

Menjadi pemimpin merupakan tanda bahwa diri kita sudah dipercaya oleh banyak orang untuk menjalankan tugas atau suatu pekerjaan. Dengan menjadi seorang wirausahawan, maka telah membuktikan bahwa diri ia mampu menjadi pemimpin di perusahaan yang ia jalani. Sehingga dalam mengaplikasikan pekerjaan pemimpin, bisa dilihat dengan bagaimana sikap dan perilakunya terhadap karyawan yang bekerja.

3. Mencapai Keuntungan Yang Lebih

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa wirausaha adalah pekerjaan yang sangat menguntungkan. Tentu saja keuntungan tersebut akan bermanfaat bagi diri seorang wirausahawan dalam bekerja untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Keuntungan tersebut tentu saja didapatkan berdasarkan hasil kerja keras seorang wirausahawan dalam membangun sebuah usahanya. Maka tak heran bila keuntungan menjadi motivasi yang besar bagi masyarakat untuk menjadi seorang wirausahawan.

Manfaat Wirausaha Untuk Orang Lain

Manfaat wirausaha untuk orang lain

Bukan hanya bermanfaat bagi diri sendiri, faktanya menjadi seorang wirausahawan sangat bermanfaat untuk orang lain, yang di antaranya sebagai berikut:

1. Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Pada dasarnya, fungsi utama seorang wirausahawan mendirikan suatu usaha yakni untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lainnya. Hal tersebut karena, wirausahawan adalah seorang bos yang membutuhkan tenaga kerja orang lain dalam membangun perusahaan besar.

Dengan begitu maka seorang wirausahawan dan pekerja lainnya akan saling menguntungkan. Serta seorang wirausahawan telah berhasil mengurangi angka pengangguran dengan menciptakan lapangan pekerjaan.

2. Membantu Menunjang Kebutuhan Masyarakat

Kehadiran seorang wirausahawan di ruang lingkup masyarakat, mampu menunjang kebutuhan masyarakat yang mungkin awalnya sulit untuk terpenuhi. Misalnya, ketika di suatu tempat, banyak masyarakat yang merasa sulit untuk mendapatkan sembako, hal tersebut karena lingkungan yang tidak terjangkau. Dengan begitu, kehadiran seorang wirausahawan yang membuka usaha warung di tengah masyarakat, akan memudahkan masyarakat untuk menunjang kebutuhan mereka.

3. Memiliki Kesempatan Untuk Melakukan Perubahan

Perubahan ke arah yang positif, tentu harus dilakukan agar kehidupan menjadi lebih baik. Begitu pula bagi seorang wirausahawan yang memiliki kesempatan untuk melakukan perubahan dalam kehidupan, baik di ruang lingkup yang kecil, maupun besar sekalipun.

Karena tanpa disadari, seorang wirausahawan telah melakukan perubahan perekonomian yang lebih stabil dan lebih baik. Sehingga, mendapatkan kehidupan yang lebih baik bukan untuk diri sendiri, melainkan untuk masyarakat yang ikut membangun usaha tersebut.

Teori Kewirausahaan

Teori kewirausahaan

Untuk menjadi seorang wirausahawan, maka diperlukan ilmu mengenai teori dari kewirausahaan yang terbagi menjadi tiga teori utama, diantaranya adalah:

1.  Teori Neo Klasik

Neo klasik merupakan teori yang berpandangan bahwa sebuah perusahaan ditujukan menjadi teknologis untuk mengetahui biaya dari manajemen perusahaan.

2. Teori Perilaku

Teori perilaku berpusat pada tingkah laku atau perbuatan seorang wirausahawan dalam mengkordinir usaha yang dijalankan. Tingkah laku tersebut tentu akan membuat usahanya menjadi lebih baik, seperti dengan membangun jaringan, mengatur keuangan, serta memasarkan produk baru kepada khalayak ramai.

3. Teori Kirzerian Entrepreneur

Kirzerian entrepreneur merupakan teori yang berpandangan bahwa kemajuan setiap usaha yang dilakukan, berada di tangan para pengusahanya. Dalam hal ini, manusia dijadikan sebagai objek utama dalam membangun usaha yang berasal dari mindset/ pola pikir, keseriusan, kinerja, serta semangat yang tinggi dalam diri seorang wirausahawan.

Kelebihan Yang Diperoleh Oleh Wirausahawan

Kelebihan yang diperoleh oleh kewirausahaan

Seorang wirausahawan memiliki kelebihan yang akan diperolehnya ketika membangun suatu usaha diantaranya adalah:

  • Memiliki kesempatan serta peluang untuk merealisasikan cita-cita yang diinginkan
  • Mampu merealisasikan ide-ide yang dimiliki oleh seorang wirausahawan
  • Memperoleh pengakuan dari masyarakat atas kerja keras yang dilakukan oleh seorang wirausahawan
  • Berkontribusi dengan baik di ruang lingkup masyarakat
  • Bebas melakukan apapun, asal tidak lepas dari tanggung jawab dan aturan

Kekurangan Yang Dimiliki Wirausahawan

Kekurangan yang dimiliki wirausahawan

Meskipun seorang wirausahawan akan memperoleh kelebihan dalam dirinya, namun hal itu tak berarti kekurangan tidak ada pada diri seorang wirausahawan. Pasalnya ada beberapa kekurangan yang akan diperoleh wirausahawan dalam membuka suatu usaha, diantaranya sebagai berikut:

  • Pendapatan yang dimiliki tidak pasti atau berubah-ubah
  • Tidak memiliki jaminan untuk bertahan hidup dihari tua
  • Mendapatkan resiko kegagalan dan kerugian dalam menjalankan usaha
  • Mengembangkan dan merealisasikan ide sendirian
  • Memiliki tanggung jawab yang harus dipenuhi
  • Kurang produktif dalam mengambil waktu kerja
  • Menggantung kualitas hidup hingga usaha yang dijalankan mencapai keberhasilan

Hal-Hal Yang Harus Dimiliki Wirausahawan

Hal yang harus dimiliki kewirausahaan

Untuk menjadi seorang wirausahawan yang baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh para wirausaha diantaranya adalah:

1. Menggali Potensi Diri

Setiap orang pasti memiliki karakter, bakat serta potensi dalam dirinya masing-masing yang berbeda dengan potensi pada diri orang lain. Setiap orang berhak menjadi wirausahawan dengan menggali potensi yang dimiliki harga lebih baik lagi. Potensi yang harus dimiliki oleh para wirausahawan yaitu bagaimana cara dia untuk mengelola usaha yang sedang dijalaninya, serta tidak hanya fokus pada orientasi naik turunnya suatu usaha

perkembangan usaha juga sangat ditentukan oleh potensi dalam diri seorang wirausahawan yang telah mengetahui bakat dan peluang pada dirinya. adapun 6 karakter utama dari seorang wirausahawan untuk menggali potensinya, diantaranya adalah:

Fokus. Fokuslah pada usaha apa yang akan dijalani, serta memiliki rencana besar yang tersusun

Advantage. Pilihlah target dari usaha yang dijalankan, seperti untuk mendapatkan keuntungan yang besar apa

Creativity. Kreativitas adalah ide yang berharga untuk membangun suatu usaha dan menghadapi persaingan pasar

Ego. Seorang wirausahawan harus mengesampingkan ego yang akan menyebabkan kegagalan. Sehingga diperlukan kesabaran untuk menyikapi ego dalam diri

Team. Untuk membentuk suatu usaha, diperlukan kerjasama yang baik dalam tim agar usaha yang dikelola berjalan sesuai dengan harapan

Social. Jiwa sosial yang dimiliki oleh seorang wirausaha akan membuat produk yang diciptakan mudah diterima oleh masyarakat

2. Memulai Usaha

Memulai usaha menjadi langkah awal keberanian seorang wirausahawan untuk mencapai kesuksesan. Karena seorang wirausahawan tidak akan pernah berhasil bila hanya memikirkan rencana yang baik tanpa ada tindakan yang dilakukan. Untuk menjadi seorang wirausahawan yang akan membuka usaha, terbagi menjadi empat kategori untuk membangunya, diantaranya adalah:

  • Penemu: dalam memulai usaha, maka seorang wirausahawan akan menjadi penemu dari pemikiran yang meliputi metodologi serta konsep yang dijalankan.
  • Inovator: inovasi akan membuka peluang usaha untuk mengembangkan teknologi dalam memecahkan permasalahan yang menghalangi usaha
  • Marketer: untuk memulai suatu usaha diperlukan keahlian dalam menganalisis hubungan antara kebutuhan pasar dengan sebuah produk baru yang diciptakan.
  • Oportunis: yakni suatu tindakan yang berasal dari pemikiran dalam menyesuaikan kebutuhan dengan jasa yang ditawarkan.

3. Kemampuan Seorang Wirausaha

Orang wirausahawan harus memiliki kemampuan yang dibutuhkan dalam membangun suatu usaha. Kemampuan tersebut terbagi menjadi tiga yaitu:

Kemampuan teknis yang dipergunakan untuk membangun suatu perusahaan dengan cara mendengar, menulis, presentasi, serta bekerjasama yang bisa saling menguntungkan

Kemampuan manajemen yaitu bagaimana tingkah laku seorang wirausahawan dalam mengatur usahanya dengan cara memasarkan produk, mengelola keuangan, serta mengembangkan produk dan lain sebagainya

Kemampuan untuk melakukan perubahan dengan cara bersikap layaknya seorang wirausaha yang berorientasi ke depan.

Kesalahan Kewirausahaan Dan Solusinya

Kesalahan Kewirausahaan Dan Solusinya

Setiap wirausahawan pasti terdapat melakukan kesalahan ketika mulai membangun usahanya. Namun bukan berarti kesalahan tersebut tidak bisa diatasi dengan solusi yang terbaik. Berikut ini penjelasannya,

Kesalahan Wirausahawan

Kendala yang sering terjadi ketika memulai usaha, pasti karena adanya kesalahan yang dilakukan oleh seorang wirausahawan. Hal itu sangat wajar terjadi, terlebih ketika baru pertama kali mulai usaha. Biasanya kesalahan tersebut mencakup di bidang personalia, bahan baku produk, pengelolaan perusahaan, serta pemasukan keuangan yang tidak terkontrol.

Biasanya hal ini disebabkan karena perencanaan yang kurang matang, sehingga menyebabkan masalah yang terjadi di luar perkiraan. Bukan hanya itu, memilih lokasi pasar yang tidak sesuai juga terkadang menjadi hambatan bagi kemajuan usaha. Sehingga diperlukan keahlian dalam meneliti dan menganalisis lokasi yang memiliki peluang besar untuk mendapatkan konsumen yang tertarik dengan produk.

Solusi Mengatasi Kesalahan

Tak perlu khawatir meskipun ada banyak kesalahan yang dilakukan oleh para wirausahawan. Karena di setiap permasalahan pasti terdapat solusi yang baik yang bisa dilakukan oleh seorang wirausaha untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Seorang wirausahawan harus mengetahui rencana yang akan dilaksanakan untuk mengembangkan usahanya. Sebab itu diperlukan wawasan untuk mempelajari solusi dari setiap masalah agar hasil yang didapatkan tak sia-sia. Carilah seseorang yang mampu diajak bekerjasama untuk mengelola usaha dengan pencapaian target yang direncanakan.

Setelah rencana sudah disiapkan, maka diperlukan tindakan untuk merealisasikan rencana tersebut serta mengelola sumber daya manusia agar lebih efektif. Buatlah jaringan komunikasi dengan seseorang yang bisa diajak bekerjasama dengan saling memberi feedback yang menguntungkan

Contoh Wirausaha

Contoh wirausaha

Ada banyak peluang usaha yang bisa dijadikan kesempatan untuk seorang wirausahawan dalam memilih bidang usahanya. Adapun contoh wirausaha diantaranya adalah:

1. Bisnis Di Bidang Kuliner

Bisnis kuliner menjadi salah satu peluang usaha yang sedang populer dilakukan oleh seorang wirausahawan. Pasalnya keuntungan yang didapatkan dari bisnis kuliner cukup banyak, dan bisnis dibidang kuliner ada banyak peluang yang besar untuk mencapai keberhasilan. Adapun bisnis kuliner yang bisa dibangun mulai dari hal yang kecil hingga besar.

Contoh dari bisnis di bidang kuliner sangat banyak, dalam ruang lingkup kecil misalnya menjual gorengan, bakso, mie ayam, sate, nasi goreng, nasi padang, warteg dan masih banyak jenis makanan lainnya yang dijual. Jika peluang bisnis tersebut berhasil tercapai, maka akan menciptakan bisnis di ruang lingkup yang besar dengan membuka restoran atau cabang makanan di setiap daerah. Yang perlu diperhatikan dalam melakukan bisnis kuliner yaitu, dengan memilih tempat strategis dan konsumen yang dituju.

2. Berbisnis Pada Bidang Jasa

Membangun usaha bukan hanya dengan menciptakan produk yang akan dijual. Pasalnya, seorang wirausaha bisa menjalankan pekerjaan dengan menawarkan jasa yang diahlikannya. Adapun keterampilan jasa yang bisa ditawarkan kepada konsumen, misalnya jasa penulisan seo serta perbaikan komputer dan lain sebagainya.

3. Usaha Di Bidang Jual Beli

Hal ini menunjukkan seorang wirausaha yang menjadi pengusaha atau distributor produk. Menjadi pengusaha pada bidang jual beli produk diperlukan keberanian dan tidak takut rugi. Biasanya pengusaha kan mengeluarkan modal untuk membuka usaha tersebut, namun untuk pemula anda bisa membuka usaha kecil-kecilan.

Di bidang produk, ada banyak usaha yang bisa anda jalani misalnya di bidang pakaian atau fashion, kecantikan, alat rumah tangga, dan lain sebagainya. Para pengusaha harus pintar memilih tempat yang strategis serta konsumen yang akan dituju. Untuk memulainya Anda bisa menyewa ruko atau pasar yang ramai.

Namun, tanpa disadari usaha dibidang jual beli produk semakin mudah dengan adanya perkembangan internet. Bukan hanya menjual secara langsung, bertemu dengan konsumen, melainkan ada banyak platform jual beli online. Hal itu tentu saja akan memudahkan seorang pengusaha yang membuka usahanya dan menambah jaringan yang lebih luas.

4. Usaha Di Bidang Kerajinan Tangan

Usaha dibidang kerajinan, membuat seorang pengusaha menjadi lebih inovatif. Pasalnya kerajinan tangan yang dibuat harus mampu bersaing dengan pasar dan menciptakan barang baru yang disukai oleh konsumen. Biasanya kerajinan tangan dibuat dengan fokus pada fungsi kegunaannya.

Bukan hanya itu, kini ada banyak produksi kerajinan tangan yang digunakan untuk menghias rumah atau dinding. Hal itu tentu saja bisa dijadikan peluang usaha untuk kebutuhan rumah tangga.

5. Usaha Di Bidang Peternakan

Menjadi seorang pengusaha tidak harus terfokus pada jasa dan produk. Melainkan dengan menjadi seorang peternak hewan, anda sudah bisa dikatakan seorang wirausaha. Yang diperlukan dalam bidang ini, yaitu keinginan, keseriusan, serta ketelatenan dalam merawat hewan pertenakan yang menguntungkan.

Anda bisa memilih hewan ternak seperti sapi, kambing, ayam, bebek dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, hewan yang dipelihara juga bisa berupa ikan koi, burung, yang digunakan sebagai hiasan hewan rumahan.

6. Usaha Di Bidang Perkebunan

Sama halnya dengan memilih menjadi peternak atau pemelihara hewan. Menjadi seorang yang berfokus pada satu bidang yakni perkebunan, bisa menjadikan diri anda sebagai seorang wirausaha. Pasalnya banyak orangnya membutuhkan tanaman untuk kebutuhan hidupnya. Hal itu bisa dijadikan peluang bisnis anda dalam menjual tanaman atau perkebunan yang Anda miliki.

Dalam usaha dibidang ini, Anda bisa memilih tanaman yang akan menguntungkan dan memiliki peluang yang besar. Misalnya saja pada tanaman hias, bibit tanaman, serta pohon buah lainnya.

Pada dasarnya menjadi seorang wirausahawan tidaklah sulit, Melainkan dibutuhkan keberanian serta tekad yang kuat dalam mengambil resiko. karena wirausaha adalah pekerjaan yang membuat atau menjalankan usahanya tersendiri.

Itulah berapa pembahasan mengenai pengertian wirausaha baik secara umum maupun menurut para ahli. Tak sampai disitu, ada pula beberapa ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh seorang wirausahawan yang harus kita ketahui. Serta contoh wirausaha yang bisa kita jadikan referensi dalam memilih peluang usaha.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com