Visi dan Misi Adalah

Posted on

VOI.Co.Id –Pengertian visi dan misi tidak dapat dipisahkan. Keduanya merupakan satu kesatuan yang terikat. Dimana ada visi pasti di dalamnya juga harus ada misi. Visi dan misi harus dimiliki oleh setiap organisasi demi kemajuan bersama. Oleh karena itu, semua orang wajib mengerti apa itu visi dan misi beserta perbedaannya. Di sini akan disajikan lengkap apa itu visi dan misu, perbedaan, dan lengkap dengan contohnya.

Pengertian Visi dan Misi Secara Umum

Pengertian visi dan misi secara umum

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa visi dan misi adalah satu kesatuan yang saling berhubungan. Dilihat dari kacamata umum, pengertian visi adalah sebuah cita-cita umum yang harus dicapai oleh sebuah lembaga atau organisasi. Sedangkan pengertian misi adalah cara yang akan dilakukan guna mencapai cita-cita yang sudah ditetapkan tersebut.

Visi dapat diartikan sebagai tujuan umum para pendiri organisasi yang diungkapkan dalam kalimat yang singkat dan jelas. Jadi, visi dapat dikatakan sebagai tujuan utama dari sebuah organisasi atau lembaga. Keberadaan visi ini sangat penting, hal ini dikarenakan visi merupakan orientasi utam aebuah organisasi dibentuk atau didirikan.

Sedangkan misi dapat diartikan sebagai langkah yang ahrus diambil untuk mencapai visi yang sudah ditetapkan. Misi dibuat dengan berorientasi pada visi yang sudah ditetapkan. Sebuah organisasi baru bisa mengungkapkan misinya jika sudah mempunyai visi atau tujuan utama yang jelas.

Setiap organisasi harus mempunyai visi dan misi yang jelas agar tahu apa yang harus dicapai dan dilakukan. Tidak hanya organisasi saja, hendaknya setiap orang mempunyai visi dan misi hidup yang jelas. Dengan adanya visi dan misi yang jelas maka hidup akan lebih terarah.

Pengertian Visi Menurut Para Ahli

Visi Menurut Ahli

Membicarakan mengenai visi dan misi, para pakar pendidikan juga mengungkapkan pendapatnya mengenai pengertian visi dan misi. Pengertian visi dan misi menurut para ahli juga akan dijelaskan di sini. Berikut ini adalah penjelasan para ahli mengenai pengertian dari visi:

1. Visi Menurut Gaff A.R

Gaff A.R mengartikan visi sebagai pandangan yang jauh dan mendalam serta meluas. Visi juga diartikan sebagai daya pikiran yang abstrak dan memiliki kekuatan yang dahsyat. Kekuatan ini dapat menerobossemua batas baik fisik, tempat, dan waktu.

2. Visi Menurut Aditya

Visi yaitu prespektif yang sangat mendalam yang menuju masa depan yang berhubungan dengan perusahaan. Aditya menjabarkan bahwa visi termasuk tujuan umum perusahaan yang harus dicapai.

3. Visi Menurut Kotler

Kotler memaknai visi sebagai penjelasan mengenai tujuan sebuah organisasi. Ekspresi dari tujuan ini berupa produk dan jasa, kebutuhan, masyarakat, dan nilai yang diharapkan sebagai cita-cita di masa depan.

4. Visi Menurut Burt Nanus

Nanus mengartikan visi sebagai pandangan di masa depan sebuah organisasi yang diungkapkan secara realita. Visi juga harus dapat dipercaya dan menciptakan kondisi yang lebih bagus dibandungkan masa sekarang.

5. Visi Menurut Indrakaralesa

Visi merupakan sebuah cermin dari asumsi dan keyakinan yang mendasar mengenai berbagai hal. Berbagai hal yang dimaksud yaitu teknologi, ekonomi, kemanusiaan, seni budaya, etika dan politik.

6. Visi Menurut Wibisono

Pengertian dari visi menurut Wibisono adalah rangkaian sebuah kalimat yang berisi mengenai impian dan cita-cita dari organisasi yang harus dicapai.

Pengertian Misi Menurut Para Ahli

Misi menurut para ahli

Tidak hanya visi, para ahli juga mengungkapkan pengertian dari misi yang sesungguhnya. Berikut ini penjelasan lengkapnya mengenai pengertian misi dari para ahli:

1. Misi Menurut Sinamo

Misi merupakan sebuah keinginan yang ingin dicapai atau akan menjadi apa di masa depan. Sinamo mengungkapkan misi adalah “what do we want to be

2. Misi Menurut Whelen

Whelen mengartikan misi sebagai deretan dari kalimat yang isinya mengenai tujuan dari perusahaan. Isi dari misi adalah hal yang ditawarkan sebuah perusahaan untuk para konsumennya.

3. Misi Menurut Sapta Nirwandar

Misi adalah sebuah kegiatan atau langkah yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi yang sudah ditetapkan.

4. Misi Menurut Benedicta & Prasetyo

Mereka mengungkapkan bahwa misi yakni jasa dan produk yang didapatkan oleh pasar dan industri. Misi juga diartikan sebagai teknologi dan layanan yang digunakan untuk memnuhi kebutuhan konsumen.

5. Misi Menurut Peter Drucker

Menurut Drucker misi adalah dasar dari keberadaan sebuah organisasi. Misi merupakan maksud dari aktivitas yang akan dilakukan oleh perusahaan atau organisasi.

Perbedaan Visi dan Misi Secara Sederhana

Perbedaan dari visi dan misi

Jika ditinjau dari pengertiannya, visi dan misi dapat dibedakan dengan mudah. Secara sederhana perbedaan visi dan misi adalah visi merupakan tujuan umum sedangkan misi adalah langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Agar lebih jelas berikut ini perbedaan dari visi dan misi:

Dilihat dari Segi Bahasa yang Digunakan

Perbedaan dari visi dan misi jika dilihat dari segi bahasa yang digunakan tentunya sangat berbeda. Visi menggunakan bahasa yang lebih sederhana, jelas, dan lugas. Sedangkan misi menggunakan bahasa yang menunjukkan sebuah kata kerja.

Visi biasanya dibuat dalam sebuah kalimat yang singkat dan padat tapi jelas. Gambaran visi lebih umum dan mencakup semua hal yang berhubungan dengan cita-cita yang harus dicapai oleh sebuah organisasi. Pada umumnya visi hanyalah terdiri atas sebuah kalimat yang tidak panjang.

Sedangkan misi dibuat dengan menggunakan kata kerja yang jelas. Biasanya misi menggunakan kalimat yang cukup panjang. Misi harus lebih jelas dan detail mengungkapkan apa yang harus dilakukan untuk mencapai visi yang sudah ditetapkan. Bahasa yang digunakan untuk membuat misi tetap harus jelas dan lugas.

Dilihat dari Isi yang Terkandung Di Dalamnya

Perbedaan dari visi dan misi jika dilihat dari isinya juga sangat berbeda juah. Isi dari visi adalah gambaran umum atau cita-cita yang harus dicapai oleh sebuah organisasi. Visi harus berisi tujuan umum yang jelas agar organisasi tersebut maju. Bisa dikatakan visi adalah acuan untuk mengatakan bahwa organisasi tersebut berhasil dan maju.

Berbeda dengan isi di dalam misi, misi berisi mengenai langkah yang harus dilakukan oleh organisasi untuk mencapai visi. Isi dari misi adalah tahapan yang akan dilakukan oleh organisasi tersebut agar cita-citanya tercapai. Misi dijelaskan lebih rinci dan detail, jika visi hanya satu maka misi bisa lebih dari satu.

Dilihat dari Penggunaannya Dalam Sebuah Organisasi

Perbedaan dari visi dan misi jika dilihat dari penggunaannya juga cukup jelas. Visi digunakan sebagai orientasi utama sebuah organisasi untuk melakukan kegiatannya. Sedangkan misi adalah wujud yang berupa kegiatan untuk mencapai cita-citanya. Dapat dikatakan bahwa visi adalah grand design sebuah organisasi, sedangkan misi adalah tindakan operasional untuk mencapi visi yang sudah ditetapkan.

Dilihat dari Jangkauan Waktu Capaian

Visi dan misi juga mempunyai batas waktu untuk dicapai atau dilakukan. Jika dilihat dari jangkauan waktu capaiannya visi dan misi mempunyai perbedaan yang jelas. Visi mempunyai jangkauan waktu yang lebih lama dibandingkan misi.

Jangkauan waktu capaian visi maksimal adalah 5 tahun, sedangkan misi maksimal 1 tahun. Jika dalam satu tahun misi yang dilakukan dirasa kurang berhasil maka misi harus diganti. Jadi dapat dikatakan bahwa misi ini bersifat fleksibel dan bisa berubah-ubah guna mencapai visi.

Contoh Visi dan Misi yang Ada Di Lembaga Indonesia

contoh visi dan misi

Setiap lembaga yang ada di Indonesia mempunyai visi dan misi yang jelas. Visi dan misi sebuah lembaga harus dipublikasikan agar semua orang mengetahuinya. Hal ini dilakukan sebagai acuan penilaian apakah lembaga tersebut berhasil atau tidak. Agar lebih jelas, berikut ini akan diberikan beberapa contoh visi dan misi organisasi yang ada di Indonesia:

Visi dan Misi Sekolah

Sekolah haruslah mempunyai visi dan misi. Pembuatan visi dan misi harus berdasarkan jenis sekolah dan tujuan utama didirkan sekolah tersebut. Visi dan misi sekolah haruslah menjadi ruh dalam menjalankan setiap kegiatan di sekolah. Adapun contoh visi dan misi di sekolah diantaranya yaitu:

Visi

Mewujudkan Peserta Didik yang Beriman, Bertaqwa, dan Berprestasi Serta Cinta Kepada Lingkungan

Misi

1. Menciptakan Peserta Didik yang Rajin Beribadah

2. Membentuk Perilaku yang Berkarakter, Sopan, dan Santun

3. Menerapkan Kedisiplinan Siswa

4. Membuat Suasana Belajar Kreatif, Menyenangkan, dan Inovatif

5. Menciptakan Suasana yang Kekeluargaan Dalam Lingkungan Sekolah

6. Membiasan Semua Warga Sekolah Untuk Melaksanakan 3K (Kebersihan diri, kelas, dan lingkungan).

7. Menerapkan 3 S (Salam, Sapa, Senyum) Kepada Semua Warga Sekolah

Visi dan Misi Perusahaan

Sebuah perusahaan juga harus mempunyai visi dan misi untuk jangka panjang. Kegunaan visi dan misi dalam perusahaan ini adalah sebagai acuan keberhasilan. Berikut contoh visi dan misi perusahaan:

Visi

Membuat Kehidupan Lebih Baik Untuk Semua Orang atau Pelanggan

Misi

1. Menciptakan Pelayanan yang Mengutamakan Pelanggan

2. Menyediakan Semua Kebutuhan Pelanggan

3. Mendengarkan Semua Keluhan Pelanggan

4. Mewujudkan Atmosfer Pelayanan yang Menyenangkan Untuk Semua Pelanggan

Visi dan Misi Organisasi Kemasyarakatan

Sebuah organisasi kemasyarakatan juga harus mempunyai visi dan misi yang jelas. Berikut ini contoh dari visi dan misi lembaga kemasyarakatan yang bergerak dalam bidang sosial ekonomi:

Visi

Terdepan sebagai Komunitas Pengusaha Indonesia Melalui Inovasi dalam Pemberdayaan Masyarakat yang Dilakukan Secara Berkelanjutan

Misi

  1. Melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan secara berkelanjutan dalam penduk pendampingan komunitas
  2. Mengembangkan inovasi dan kreativitas program dalam semua bidang usaha
  3. Mengelola bisnis dengan orientasi sistem untuk mendapatkan benefit dan profit
  4. Membangun kerjasama dengan semua pihak dan saling menguntungkan
  5. Menanamkan jiwa berwirausaha pada gernerasi Indonesia

Visi dan Misi Lembaga Pemerintahan

Visi dan misi juga harus dimiliki oleh setiap lembaga pemerintahan. Berikut ini contoh visi dan misi dari lembaga pemerintahan Kabupaten Pekalongan:

Visi

Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pekalongan yang Sejahtera, Religius, dan Berkelanjutan Berbasai Potensi Lokal

Misi

  1. Meningkatkan fasilitas pembangunan sosial dan ekonomi kerakyatan berbasis UMKM, pertanian, peternakan, dan perikanan
  2. Mewujudkan rasa aman dan adil pada masyarakat
  3. Meningkatkan pembangunan kehidupan keagamaan masyarakat yang lebih baik
  4. Menyelenggarakan birokrasi pemerintahan yang profesional, bersih, dan berakhlak
  5. Meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berbasis pada pemerataan wilayah dan berwawasan lingkungan
  6. Memantapkan potensi sosial budaya lokal untuk peningkatan daya saing daerah
  7. Mendorong iklim investasi yang berbasis pada potensi ekonomi daerah

Setiap lembaga pemerintahan di daerah mempunyai visi dan misi yang berbeda. Visi dan misi ini disesuaikan dengan potensi dan arah tujuan masing-masing daerah.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa pengertian visi dan misi sangat berbeda namun saling berhubungan. Keduanya tidak dapat dipisahkan, dimana ada visi disitulah harus ada misi. Setiap organisasi wajib untuk mempunyai visi dan misi yang jelas agar tahu arah dan tujuan organisasi tersebut. Untuk membuat visi dan misi harus berorientasi pada tujuan utama organisasi tersebut.

Visi dan misi juga harus dimiliki oleh setiap orang agar hidupnya lebih terarah. Semoga penjelasan mengenai visi dan misi ini bermanfaat dan membuka wawasan semua orang.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com