Teknik Dasar Futsal

Posted on

Olahraga futsal tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Futsal merupakan olahraga sepak bola mini dengan jumlah pemain inti sebanyak 5 orang. Olahraga ini termasuk olahraga dalam ruangan karena biasanya dimainkan di mini lapangan yang berada di dalam ruangan.

Futsal banyak digemari karena termasuk olahraga yang tidak banyak membutuhkan pemain dan dimainkan di dalam ruangan sehingga tidak perlu takut panas dan hujan. Dalam pembahasan kali ini akan diberikan mengenai

Sejarah Kemunculan Olahraga Futsal Di Dunia

Sejarah-Futsal

Futsal pertama kali dimainkan pada tahun 1930 tepatnya di Urugay disebuah sekolah SD. Pencipta olahraga ini adalah seorang guru olahraga di Uruguay yang bernama Juan Carlos Ceriani Gravier. Pada mulanya Juan akan mengajarkan anak didiknya bermain sepak bola di lapangan sekolah, namun sayangnya pada saat itu hujan deras dan lapangan tidak dapat digunakan.

Juan tidak kehabisan akal, pada saat itu latihan dipindahkan ke dalam aula sekolah yang ukurannya tidak terlalu besar. Karena aula sekolah tidak besar maka Juan mengubah pertandingan sepak bola yang biasanya satu tim 11 orang menjadi 1 tim 5 orang. Berawal dari hal inilah Juan berpikiran untuk membuat olahraga baru yang diberi nama futsal.

Aturan bermain futsal sama dengan peraturan permaianan sepak bola, hanya saja satu tim hanya berjumlah 5 orang dengan ukuran lapangan yang lebih kecil. Pada mulanya futsal belum bisa diterima oleh FIFA, namun setelah sering dimainkan dan banyak peminatnya, akhirnya futsal diakui. Kejuaraan dunia futsal pertama kali dilaksanakan pada tahun 1989.

Sejak diakui oleh FIFA, futsal semakin berkembang dan banyak peminatnya termasuk di Indonesia. Sejarah futsal di Indonesia tidak terlepas dari peran Justinus Lhaksana. Beliau adalah orang pertama yang mengenalkan futsal di Indonesia.

Justinus adalah pelatih pertma tim futsal Indonesia dan berhasil mengantarkan Indonesia mendapatkan perunggu pada saat SEA GAMES tahun 2007. Tidak hanya tim nasional Indonesia, sebelumnya beliau adalah pelatih futsal di Belanda dan sudah mendapatkan sertifikat dari pemerintah Belanda.

Sekarang ini futsal menjadi salah satu olahraga yang digemari di Indonesia. Kejuaraan futsal pun semakin banyak. Futsal sekarang tidak hanya dimainkan oleh pria saja tapi wanita juga bisa bermain futsal. Bahkan sekarang sudah ada kejuaraan futsal wanita di tingkat internasional.

Teknik Dasar Olahraga Futsal

Teknik-Dasar-Futsal

Membahas mengenai futsal tentu tidak terlepas dari teknik dasar yang digunakan. Secara umum teknik dasar futsal sama dengan teknik dasar sepak bola. Para pemain futsal setidaknya harus menguasai 7 teknik dasar utama, yaitu:

1. Mengumpan

Teknik dasar futsal yang harus dikuasai pertama adalah mengumpan passing. Bagian kaki yang digunakan untuk mengumpan bola adalah kaki baagian dalam. Pada saat mengumpan jarak antar pemain harus diperhatikan agar bola tidak melenceng jauh.

2. Menahan Bola

Selanjutnya teknik yang harus dikuasai adalah menahan bola. Untuk menahan bola bisa dilakukan dengan telapak kaki atau sole. Menahan dengan telapak kaki lebih mudah dan bola tidak mudah direbut oleh lawan.

3. Menggiring Bola

Menggiring bola adalah teknik futsal yang wajib dikuasai oleh setiap pemain. Cara mendribel bola bisa dilakukan dengan kaki bagian dalam ataupun depan. Bahkan mendrible bola juga bisa dilakukan dengan menggunakan telapak kaki bagian belakang.

4. Menyundul Bola

Gerakan menyundul bola bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan dahi atau kepala bagian atas. Teknik ini jarang digunakan kecuali jika bola melambung tinggi dan sulit dijangkau dengan kaki.

5. Penjaga Gawang

Seorang penjaga gawang harus menguasai teknik mengumpan dan menangkap bola dengan baik. Keahlian penjaga gawang sangat diperlukan agar tim bisa menang tanpa terlalu banyak kebobolan gol.

Peraturan Permainan Olahraga Futsal

Peraturan-Futsal

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa permainan futsal hampir sama dengan sepak bola hanya saja peraturannya yang berbeda. Secara umum peraturan futsal yaitu:

1. Ukuran Lapangan

Lapangan futsal berukuran jauh lebih kecil dari pada lapangan sepak bola. Untuk kompetisi berskala nasional dan internasional ukuran panjang lapangan maksimal 42 meter dengan lebar 25 meter. Namun biasanya untuk lapangan futsal biasa ukurannya sekitar 25 meter x 38 meter.

2. Syarat Bola

Bola yang digunakan untuk bermain futsal pada kompetisi nasional dan internasional harus mempunyai diamter minimal 62 cm maksimal 64 cm. Sedangkan beratnya antara 400 sampai 440 gram. Jika bola mengalami kerusakan pada saat permainan berlangsung maka bol awajib diganti dan bola baru harus diletakkan tepat di mana bola rusak.

3. Syarat Pemain

Sesuai dengan aturan FIFA maksimal jumlah pemain dalam satu tim futsal adalah 12 pemain dengan 5 pemain inti dan 7 pemain cadangan. Setiap tim yang akan bertanding harus menyiapkan semua pemainnya karena biasanya dalam futsal pergantian pemain sering dilakukan.

4. Lama Bermain

Jika sepak bola lama bermainnya adalah 2 x 45 menit dengan 1 kali istirahat, futsal hanya 2 x 20 menit dengan 1 kali istirahat selama 15 menit. Tidak salah jika pertandingan futsal lebih cepat selesai dibandingkan dengan olahraga lainnya.

Wasit Olahraga Futsal

Wasit-Futsal

Dalam olahraga futsal juga terdapat wasit yang mengatur jalannya permainan. Ada 3 wasit dan juga 1 penjaga waktu yang mempunyai tugas berbeda-beda. Agar lebih jelas berikut ini adalah tugas dari wasit dan penjaga waktu:

1. Tugas Wasit Utama

Tugas dari wasit utama adalah menegakkan peraturan permainan futsal, selain itu wasit utama juga mempunyai beberapa tugas yaitu:

  • Mengecek keadaan lapangan dan bola sebelum pertandingan dimulai serta memastikan sudah sesuai dengan aturan
  • Mengecek pemain agar menggunakan perlengkapan yang sesuai
  • Mencatat kejadian selama pertandingan
  • Menghentikan pertandingan jika terjadi gangguan ataupun pelanggaran
  • Memberi hukuman kepada pemain yang melanggar aturan

2. Tugas Wasit Kedua

Agar tugas wasit utama berjalan dengan baik maka dibantu oleh wasit kedua. Secara umum tugas wasit kedua sama dengan wasit utama, hanya saja wasit kedua mengawasi area yang berlawanan dengan wasit utama.

3. Tugas Wasit Ketiga

Untuk kelancaran jalannya pertandingan, wasit pertama dan kedua dibantu oleh wasit ketiga. Adapaun tugas dari wasit ketiga adalah :

  • Mencatat semua pelanggaran yang terjadi
  • Memberikan tanda kepada wasit pertama jika salah satu dari tim sudah melakukan pelanggaran sebanyak 5 kali
  • Mencatat gol
  • Mengawasi jika terjadi pergantian bola
  • Mengecek semua pemain cadangan yang akan masuk ke lapangan

4. Tugas Penjaga Waktu

Tiga wasit ini juga dibantu oleh penjaga waktu yang mempunyai tugas:

  • Mengecek waktu
  • Menyalakan penghitung waktu dari mulai kick-off
  • Menghentikan penghitung waktu ketika terjadi pelanggaran atau bola keluar lapangan
  • Mencatat semua umlah gol
  • Memberikan tanda ketika waktu sudah habis

Daftar Juara Piala Dunia Futsal 1989-2016

Daftar-Juara-Futsal

Sejak diakui oleh FIFA, kejuaraan dunia futsal sudah dilaksanakan 8 kali dan tahun 2020 ini yang ke 9. Berikut akan diberikan daftar juara piala dunia futsal dari awal sampai saat ini:

1. Tahun 1989

Tahun ini adalah tahun pertama kejuaraan futsal dunia yang dilaksanakan di Belanda. Juara pertama dari kejuaraan ini adalah Brazil yang berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 2-1.

2. Tahun 1992

Pada tahun 1992 kejuaraan futsal dunia diadakan kembali di Hongkong dan Brazil berhasil menjadi juara kembali. Saat itu Brazil berhasil mengalahkan Amerika dengan skor 4-1.

3. Tahun 1996

Tahun ketiga kejuaraan futsal diselenggarakan di Spanyol dan dimenangkan lagi oleh Brazil. Pada saat itu Brazil berhasil mengalahkan Spanyol dengan skor 6-4.

4. Tahun 2000

Di tahun 2000 piala dunia futsal diselenggarakan di Guatemala dan Spanyol berhasil menjadi juara. Spanyol mampu menyingkirkan Brazil dengan skor  akhir 4-3.

5. Tahun 2004

Taipei menjadi tuan rumah perhelatan piala dunia futsal di tahun 2004. Di tahun ini Spanyol berhasil mempertahankan gelar juaranya dengan mengalahkan Italia dengan skor 2-1.

6. Tahun 2008

Pada tahun 2008 piala dunia futsal diselenggarakan kembali di Brazil dan Brazil berhasil mengalahkan Spanyol. Skor pada saat itu adalah 2-2 dan Brazil berhasil membalikkan keadaan menjadi 4-3 pada waktu tambahan.

7. Tahun 2012

Piala dunia futsal tahun 2012 diselenggarakan di Thailand dengan Brazil keluar menjadi juara bertahan. Brazil menyingkirkan Spanyol dengan hasil 3-2.

8. Tahun 2016

Diselenggarakan di Kolombia dan berhasil mengeluarkan juara baru. Pada piala dunia futsal tahun ini Argentina berhasil mengalahkan Rusia dengan skor 5-4.

Kesimpulan

Olahraga futsal bisa dikatakan sebagai sepak bola mini dengan jumlah pemain yang lebih sedikit. Ukuran lapangannya juga lebih sempit dengan peraturan yang tidak jauh berbeda dengan pertandingan sepak bola.

Dengan artikel ini tentunya pengetahuan mengenai futsal menjadi bertambah bukan? Semoga bermanfat.


Baca Juga :

Content Protection by DMCA.com