Teks Eksposisi adalah

Posted on

VOI.Co.Id –  Apakah kamu sering mendengar mengenai teks eksposisi atau menemukan jenis teks eksposisi? Teks eksposisi adalah jenis teks singkat, jelas dan padat yang didalamnya berisi ajakan untuk seseorang atau sekelompok masyarakat lainnya. Lalu apa sajakah yang menjadi pembeda antara contoh teks eksposisi dengan teks lainnya?

Teks eksposisi memiliki ciri yang berupa teks untuk menjawab pertanyaan dari rumus 5W + 1H (apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana). Selain itu teks eksposisi juga dibangun berdasarkan struktur penyusunan yang benar dan sesuai, yakni tesis, argumentasi, penegasan ulang.

Masih banyak pembahasan lainnya mengenai teks eksposisi yang harus kamu ketahui dan pelajari agar lebih paham. Berikut ini merupakan pembahasan lengkap mengenai teks eksposisi beserta contoh teks eksposisi berdasarkan tema yang dibahas.

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian-Teks-Eksposisi

Teks eksposisi adalah jenis teks yang mengandung beberapa informasi dan pengetahuan penulis yang disampaikan dalam bentuk paragraf secara singkat, padat, jelas, dan akurat. Berdasarkan pendapat lain, yang menyatakan bahwa teks eksposisi adalah sebuah paragraf yang ditulis guna menyampaikan beberapa gagasan atau pemikiran untuk membahas mengenai suatu topik.

Sehingga dapat dikatakan bahwa teks eksposisi merupakan jenis teks yang mengandung paragraf non fiksi yang bersifat ilmiah. Teks eksposisi memiliki berbagai ragam yang seringkali digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain maupun sekelompok masyarakat, baik secara lisan maupun tulisan. Dalam bentuk lisan misalnya, ketika kamu mengunjungi seminar, kamu bisa menyatakan argumen atau pendapat mengenai tema yang sedang dibahas.

Tujuan Teks Eksposisi

Tujuan-Teks-Eksposisi

Teks eksposisi memiliki maksud dan tujuan tersendiri untuk para pembacanya. Berikut ini merupakan tujuan teks eksposisi diantaranya adalah,

  1. Sebagai media untuk menyampaikan informasi dan mendapatkan informasi
  2. Sebagai media untuk berkomunikasi
  3. Menambah ilmu pengetahuan pembaca

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Ciri-Ciri-Teks-Eksposisi

Teks eksposisi memiliki ciri yang berbeda dengan jenis teks yang lainnya. Sehingga memudahkan kamu untuk mencari contoh teks eksposisi. Berikut ini merupakan ciri-ciri teks eksposisi yang harus kamu ketahui diantaranya adalah:

  1. Jelas, singkat, dan padat
  2. Berisi informasi yang sifatnya persuasif (mengajak)
  3. Menggunakan bahasa yang baku dan penyampaian teksnya secara lugas
  4. Memberitahukan informasi yang berisi penjelasan pengetahuan
  5. Teks eksposisi bersifat netral dan objektif tidak memihak dan tidak memaksakan setiap pembaca terhadap kemauan penulis
  6. Setiap argumen yang dijelaskan menyertai data-data yang akurat
  7. Fakta digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi
  8. Umumnya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Jenis-Jenis-Teks-Eksposisi

Contoh teks eksposisi memiliki jenis tersendiri yang di antaranya sebagai berikut:

  • Eksposisi definisi merupakan jenis teks eksposisi yang berisi paragraf dan membahas mengenai definisi dari suatu topik tertentu
  • Eksposisi proses merupakan jenis teks eksposisi yang di dalamnya berisi cara atau langkah-langkah melakukan sesuatu secara sistematis atau berurutan dari awal hingga akhir.
  • Eksposisi ilustrasi merupakan jenis teks eksposisi yang ditulis untuk menyampaikan informasi atau menjelaskan suatu topik dengan gambaran atau ilustrasi yang sesuai dengan topik yang dibahas. Ilustrasi tersebut memiliki kesamaan sifat atau kemiripan dengan hal tertentu pada topik lainnya.
  • Eksposisi laporan yaitu jenis teks eksposisi yang berisi paragraf dari sebuah penelitian tertentu atau teks yang mengemukakan laporan dari sebuah berita.
  • Eksposisi perbandingan yaitu teks eksposisi yang berisi gagasan utama untuk membandingkan gagasan lainnya yang disajikan.
  • Eksposisi pertentangan merupakan jenis teks eksposisi yang berisi suatu hal pertentangan dengan hal lainnya

Unsur Kaidah Penulisan Teks Eksposisi

Unsur-Kaidah-Penulisan-Teks-Eksposisi

Untuk menulis teks eksposisi yang benar, terdapat unsur kaidah sebagai langkah penulisan yang harus diperhatikan di antaranya adalah:

  • 1. Menentukan Topik Yang Akan Dibahas

Dalam penulisan teks eksposisi unsur pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan topik atau tema yang akan dibahas. Karena hal tersebut akan memudahkan kita saat menulis, dan menjadi fokus pada tema tersebut agar lebih spesifik.

  • 2. Menentukan Tujuan Eksposisi

Tentukan tujuan teks eksposisi yang kamu buat sesuai dengan tujuan yang telah diuraikan di atas.

  • 3. Memilih Data Yang Berhubungan Dengan Tema

Langkah selanjutnya kamu bisa langsung menulis berdasarkan pengumpulan data atau bahan yang diperlukan sesuai dengan tema yang akan dibahas. Untuk mendapatkan data atau bahan penulisan, kamu bisa memperolehnya dari surat kabar, internet, majalah, buku, maupun wawancara secara langsung. Hal yang harus diingat sebelum menulis adalah membuat kerangka karangan terlebih dahulu secara lengkap dan sistematis.

  • 4. Membuat Pembahasan Dengan Mengembangkan Kerangka Karangan

Setelah menyelesaikan susunan kerangka karangan, kamu bisa langsung mengembangkan kerangka tersebut menjadi pembahasan yang sesuai dengan tema. Pembahasan yang ditulis harus bersifat objektif, logis, dan informatif. Setiap pembahasan yang kamu tulis juga harus dilampirkan bukti-bukti konkret untuk menjelaskan maksud dari topik tersebut dan sebagai penunjang pembahasan yang kamu tulis.

  • 5. Membuat Simpulan Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah teks yang harus memiliki kesimpulan untuk memperkuat tesis atau pendapat yang dikemukakan. Sehingga tujuan dari teks eksposisi tersebut dapat tersampaikan dengan baik.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur-Teks-Eksposisi

Teks eksposisi memiliki struktur yang harus diperhatikan agar penulisan bisa lebih sistematis. Berikut ini merupakan struktur teks eksposisi diantaranya adalah:

  • Tema Atau Judul Teks Eksposisi

Tema atau judul merupakan gagasan pokok yang menggambarkan suatu permasalahan dari tema yang akan dibahas. Judul sebaiknya dibuat menarik, singkat, jelas dan bermakna.

  • Pernyataan Umum (Tesis)

Pernyataan umum ditulis untuk memperkenalkan topik yang akan dibahas serta menempatkan pembaca pada posisi tertentu. Maksudnya, agar pembaca bisa mengerti posisinya apakah sependapat atau tidak sependapat dengan tulisan yang dikemukakan oleh penulis dalam teks eksposisi.

  • Argumentasi

Argumentasi adalah pendapat atau alasan yang akan disampaikan oleh sang penulis. Pada bagian argumen, banyaknya tulisan bisa panjang atau pendek sesuai dengan jumlah argumen. Sampaikan ulang dalam bentuk paragraf dan jabarkan argumen sesuai dengan garis besar dari pernyataan umum. Untuk mengembangkan argumen, kamu bisa melakukannya melalui penyajian contoh dan alasan.

  • Penegasan Ulang Pendapat (Kesimpulan)

Penegasan ulang pendapat berisi argumen yang sebelumnya telah disampaikan. Namun pengulangan pendapat ini bersifat pilihan, sehingga yang disampaikan hanya intinya saja (kesimpulan).

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi

Unsur-Kebahasaan-Teks-Eksposisi

Dalam menulis teks eksposisi, terdapat unsur kebahasaan yang harus diperhatikan, di antaranya sebagai berikut:

  • Pronomina

Pronomina atau yang lebih dikenal dengan kata ganti merupakan salah satu unsur kebahasaan dalam teks eksposisi. Pronomina berfungsi untuk mengganti nomina dan frasa nomina. Terdapat dua macam pronomina, yaitu:

  1. Pronomina persona (kata ganti orang), contohnya, ia, dia, anda, kamu, aku, kami kita, kalian, mereka, para, hadirin.
  2. Pronomina nonpersona (kata ganti bukan orang), contohnya, itu, ini, situ, sini, sana, mana, apa, siapa.
  • Nomina (kata benda)

Nomina adalah kata yang mengacu pada benda nyata maupun abstrak. Dalam hal ini nomina berdiri sebagai subjek. Berdasarkan bentuk dan maknanya, nomina dibagi menjadi dua,

  1. Nomina dasar misalnya, pisau, meja, rumah, lemari, kursi, gambar, dan lainnya.
  2. Nomina turunan misalnya, perbuatan, pembelian, kekuatan, dan lain sebagainya.
  • Verba (Kata Kerja)

Kata kerja merupakan sebuah kata yang memiliki makna perbuatan atau keadaan yang bukan sifat. Biasanya, kata kerja digunakan sebagai predikat dalam kalimat.

  • Konjungsi

Konjungsi atau kata penghubung merupakan kata yang menghubungkan suatu bahasa menjadi dua kesatuan yang sederajat. Yakni, kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa dan kalimat dengan kalimat.

Contoh Teks Eksposisi

Berikut ini merupakan contoh teks eksposisi yang bisa dijadikan referensi Anda, di antaranya adalah:

  • Contoh Teks Eksposisi Berita

Contoh-Teks-Eksposisi-Berita

Tema atau judul:

Jakarta Kota Yang Rawan Banjir

Pernyataan Umum (Tesis):

Pada bulan Februari tahun 2016 merupakan puncaknya musim hujan. Pada saat ini terdapat beberapa wilayah Jakarta yang mulai menggenangkan air atau banjir saat terjadi hujan. Oleh karena itu, warga harus tetap siap menghadapi banjir jika terjadi, terlebih untuk masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai.

Argumentasi:

Berdasarkan data Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, terdapat sekitar 134 RW yang harus waspada menghadapi banjir yang akan datang. Wilayah tersebut merupakan 34 wilayah kelurahan yang tersebar di Jakarta, khususnya Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Beberapa wilayah diantaranya adalah, kelurahan Kampung Melayu, Kelurahan Bukit Duri, Kelurahan Srengseng Sawah, Cipinang Melayu, Kelurahan Cawang, Kelurahan Rajawati, Kelurahan Bidara Cina, dan Kelurahan Pondok Labu yang diketahui mengalami terendam air dengan tinggi sekitar 10-50 cm saat hujan deras terjadi pada hari Minggu, 14 Februari 2016

Setelah itu, permasalahan ini direspon jajaran Musyawarah Pimpinan Kota (Muspikot) Jakarta Timur. Apel siaga banjir dilakukan sebagai langkah upaya mengantisipasi musim hujan pada tahun ini. Apel ini dilakukan di halaman parkir PGJ Jatinegara. Muspikot juga mengirimkan sekitar 347 personel dari jajaran Polresta Jakarta Timur, BPDB DKI Jakarta, Kodim 0505, dan Satpol PP Jakarta Timur untuk menghadapi bencana banjir.

Penegasan Ulang Pendapat (Kesimpulan):

Segala perlengkapan bencana siaga banjir juga diperlihatkan dalam kegiatan apel tersebut. Diantaranya seperti, 2 kano, 2 kayak, 2 perahu karet dan lain sebagainya.

  • Contoh Teks Eksposisi Kesehatan

Contoh-Teks-Eksposisi-Kesehatan

Tema atau judul:

Manfaat Sirih Merah Untuk Kesehatan

Pernyataan Umum (Tesis):

Sirih Merah seringkali dijadikan sebagai bahan tanaman obat-obatan tradisional oleh masyarakat setempat. Pasalnya tanaman ini bisa dibudidayakan dengan mudah oleh sebagian masyarakat guna bahan persiapan obat-obatan.

Argumentasi:

Berdasarkan hasil penelitian bahwa tanaman sirih merah merupakan obat-obatan yang berupa obat kanker, diabetes, dan juga obat untuk masalah rambut berketombe. Selain itu tanaman ini juga sangat bermanfaat untuk penderita yang mengalami keputihan diarea kewanitaan

Cara mengaplikasikan tanaman obat sirih merah yaitu dengan merebus daun yang sudah diambil kemudian diolah kembali. kandungan dalam sirih merah ini mampu menjadi tanaman obat karena terdapat senyawa aktif di dalam daun sirih merah tersebut. Adapun kandungan yang berada dalam dalam tanaman tersebut diantaranya, minyak Atsiri, Euganol, Polivenol, dan lain sebagainya

Penegasan Ulang (Penutup):

Banyaknya manfaat dan kandungan dari tanaman sirih merah ini bisa dijadikan sebagai tanaman obat penyembuh secara tradisional untuk penyakit tertentu (yang sudah dijelaskan diatas)

 

Tema atau Judul:

Pentingnya Olahraga untuk Menjaga kesehatan

Pernyataan Umum (Tesis):

Olahraga merupakan suatu hal yang bisa dijadikan rutinitas untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan olahraga secara teratur. Misalnya saja tubuh menjadi lebih sehat, segar serta bugar.

Namun, dalam berolahraga juga perlu di perhatikan kondisi jantungnya yang bisa diajak berolahraga dalam waktu yang lama atau singkat. Karena setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda, ada yang mau sudah kuat karena sering berolahraga, adapun yang lemah karena tidak pernah berolahraga.

Argumentasi:

Olahraga bisa dilakukan oleh siapapun yang ingin melakukannya. Pasalnya, bukan hanya membuat sehat badan, melainkan gerakan dalam olahraga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Olahraga memiliki macam-macam gerakan, misalnya saja push up, sit up, berlari, berenang, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan olahraga, setiap orang akan merasakan suasana hati yang lebih senang karena melepaskan segala penat pikiran juga beban kehidupan yang dirasakan. Olahraga yang dilakukan secara teratur bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh yang berguna untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terkena penyakit juga terhindar dari berbagai penyakit. Penyakit yang sering terjadi karena kurang olahraga misalnya penurunan sistem kerja pada otak yang menyebabkan mudah lupa atau kepikunan.

Bukan hanya itu, olahraga juga sangat disarankan untuk dilakukan oleh para penderita tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan penyempitan dalam tubuh yaitu pada pembuluh darah. Pembuluh darah yang menyempit bisa membuat aliran dalam menjadi tidak teratur atau tidak lancar, sehingga diperlukan berolahraga untuk memperlancar peredaran aliran darah yang berada di dalam tubuh tersebut

Olahraga yang teratur juga bisa menjaga kesehatan jantung, namun Anda perlu memperhatikan kesehatan jantung Anda terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga. Misalnya saja bila seseorang memiliki penyakit jantung, maka tidak boleh melakukan gerakan olahraga seperti berenang dan berlari.

Karena ada banyak kasus yang terjadi bila melakukan gerakan olahraga tanpa memperhatikan kekuatan jantung. Sehingga aktivitas olahraga tidak membawa efek baik pada tubuh, melainkan memperburuk keadaan atau kesehatan jantungnya. Selain itu, kita sering menemukan seseorang yang jatuh pingsan bahkan harus dibawa ke rumah sakit ketika orang tersebut sedang berolahraga, hal tersebut berarti ia tdak kuat melakukan aktivitas olahraga yang memakai banyak tenaga karena kondisi jantungnya yang lemah atau memiliki riwayat penyakit jantung lainnya

Bila anda memiliki tubuh yang normal pada kesehatan yang cukup, maka bisa melakukan olahraga secara teratur untuk mendapatkan beragam manfaatnya. Anda bisa melakukan olahraga minimal satu kali dalam seminggu. Sehingga Anda akan bisa mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan mencegah penyakit datang dengan mudah ke dalam tubuh Anda.

Penegasan ulang Pendapat (Kesimpulan):

Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan ketika rutin melakukan olahraga. Bukan hanya menjaga kesehatan tubuh saja, melainkan bisa mencegah datangnya penyakit, melancarkan peredaran darah, juga membuat mood seorang menjadi lebih baik. Meskipun memiliki beragam manfaat, namun Anda juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan jantung Anda sebelum melakukan aktivitas olahraga yang berat.

  • Contoh Teks Eksposisi Ekonomi

Contoh-Teks-Eksposisi-Ekonomi

Tema Atau Judul:

Perkembangan Ekonomi Rakyat di Indonesia

Pernyataan Umum (Tesis):

Rakyat Indonesia memiliki “kegiatan ekonomi rakyat banyak” yang merupakan ekonomi rakyat. Jika dihubungkan dengan para pekerja tani, maka ekonomi rakyat ini berarti untuk kegiatan para petani, peternak, petani garam, petani tanpa tanah serta nelayan kecil. Namun, kegiatan ini bukan untuk para petani yang memiliki lahan besar, atau peternak dan perkebunan besar.

Argumentasi:

Ekonomi rakyat juga seringkali dijuluki berdasarkan perspektif lain yaitu dengan jargon “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat” jargon tersebut memiliki makna dan arti tersendiri.

Dalam ungkapan dari rakyat memiliki makna yang berarti bahwa setiap kegiatan yang dilakukan dalam ekonomi tersebut sangat berhubungan dengan sumber daya ekonomi dan aksebilitas yang diberikan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak serta menguasai sumber daya yang digunakan untuk mendukung kegiatan produksi dan konsumsi.

Untuk jargon oleh rakyat memiliki arti sebagai proses dari produksi dan konsumsi yang dilakukan dan ditetapkan oleh rakyat sendiri. Hal tersebut karena rakyat memiliki hak produktif dan konsumtif dari pengelolaan kegiatan ekonomi tersebut. Yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya sehingga rakyat bebas untuk menentukan dan memilih sistem pemanfaatan misalnya, Bagaimana proses dari pemanfaatan tersebut, menjaga kelestarian dari proses pemanfaatan selanjutnya dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk jargon untuk rakyat, memiliki arti bahwa rakyat merupakan beneficiaries penting dalam kegiatan ekonomi produksi dan konsumsi. Sehingga seluruh rakyat bisa menerima manfaat untuk kepentingan rakyat

Penegasan Ulang Pendapat (Penutup)

Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa ekonomi rakyat sangat berhubungan dengan siapapun yang melakukan kegiatan transaksi juga dengan non ekonomi rakyat. Sehingga tidak ada pembatasan mengenai jenis produk, sifat usaha, besaran usaha, modal dan lain sebagainya.

Ekonomi rakyat tidak memiliki sifat eksklusif namun terbuka. Namun, sifat fundamental yang sudah disebutkan di atas telah menciptakan suatu sistem ekonomi yang sesuai dengan adanya pelaku ekonomi, peraturan transaksi, norma, serta kesepakatan. Hal tersebutlah yang mampu memfasilitasi kegiatan ekonomi rakyat untuk berkembang sejalan dengan perkembangan sosial masyarakat dalam hal ekonomi.

 

Tema Atau Judul:

Manfaat Bursa Efek

Pernyataan Umum (Tesis):

Umumnya pasar modal memiliki peranan besar yang meliputi dua hal yaitu sebagai tempat pertemuan untuk mendapatkan informasi tentang keadaan pasar efek. Serta menjadi tempat pertemuan untuk mengetahui sistem dan situasi pinjaman jangka panjang seperti saham juga obligasi.

Argumentasi:

Dengan banyaknya perusahaan yang aktif di lantai bursa akan memperbaiki perekonomian nasional dengan meningkatkan volume transaksi. Karena hal ini bisa menyebabkan keadaan perusahaan memiliki kesempatan yang lebih luas serta meningkatkan produksi dari adanya pengembangan investasi.

Penegasan Ulang Pendapat (Kesimpulan)

Masyarakat semakin mampu untuk meningkatkan kemampuan beli sehingga menciptakan lapangan kerja dan produksi yang menjadi pemerataan ekonomi rakyat. Hal ini akan meningkatkan pertumbuhan laju ekonomi serta masyarakat yang melakukan aktivitas ekonomi karena sehatnya sebuah konsekuensi logis dari keadaan ini.

  • Contoh Teks Eksposisi Lingkungan

Contoh-Teks-Eksposisi-Lingkungan

Tema Atau Judul:

Pencemaran Lingkungan

Pernyataan Umum (Tesis):

Lingkungan bersih merupakan salah satu kenyamanan seseorang didapatkan. Selain itu juga bisa membuat kehidupan lebih sehat secara jasmani maupun rohani. Lingkungan yang bersih seharusnya diutamakan dan dilakukan dengan serius juga benar-benar dijaga. Namun sayangnya, tidak semua orang sadar akan hal ini untuk membiasakan hidup sehat dan bersih.

Argumentasi:

Disekitar kita, tidak terbebas dengan ancaman pencemaran lingkungan yang mengganggu kenyamanan. Pasalnya, terdapat empat tipe masalah pencemaran lingkungan, diantaranya pencemaran tanah, air, udara, dan suara.

  • Pencemaran Lingkungan Tanah

Masalah pencemaran pada tanah diakibatkan karena banyaknya masyarakat yang membuang sampah atau sembarangan. Pembuangan sampah yang sembarangan dan berserakan akan membuat ketidaknyamanan masyarakat. Tumpukan sampah yang banyak bisa mendatangkan hewan-hewan yang membawa penyakit, seperti lalat, kecoa, dan tikus.

Banyak tipe sampah yang membuat kerusakan pada tanah, terlebih sampah plastik yang sulit terurai. Sampah tersebut akan tetap utuh selama bertahun-tahun dalam tanah dan merusak kandungan dalam tanah.

Dalam satu hari, tercipta satu ton sampah plastik di dunia. Seharusnya bukan dibuang sembarangan, melainkan didaur ulang kembali menjadi produk baru atau menciptakan sumber daya alternatif.

Bukan hanya itu, akibat penggunaan pupuk kimia yang banyak juga akan membuat ketidakstabilan dari susunan tanah. Sehingga tanah menjadi lebih tandus dan gersang yang akan menyebabkan bencana tanah erosi dan longsor.

  • Pencemaran Air

Pencemaran air juga menjadi masalah lingkungan yang disebabkan dari tangan manusia yang tak bertanggung jawab. Salah satunya adalah dengan membuang sampah sembarangan ke sungai. Karena sampah yang dibuang ke sungai akan menyebabkan aliran air menjadi mampet, menumpuk di pinggir sungai, serta menciptakan bau yang tidak menyenangkan.

Sampah plastik dan limbah kotor dari pabrik menyebabkan sungai menjadi tercemar, sehingga airnya tidak lagi sehat. Hal itu karena limbah yang berbahan kimia membuat daerah sekitarnya menjadi tercemar.

Jakarta menjadi wilayah yang memiliki banyak tumpukan sampah di sungai. Hal tersebut menjadi ancaman serius dan selalu menyebabkan masalah ketka datang musim hujan. Aliran air sungai yang tersumbat karena sampah menyebabkan air meluap ke daerah pemukiman warga, sehingga terjadilah banjir yang membuat kerusakan.

  • Pencemaran Udara

Udara kotor merupakan salah satu ancaman dari pencemaran udara yang terus menerus terjadi. Penyebab udara kotor adalah asap kendaraan yang kian banyak serta industri pabrik. Sehingga polusi udara semakin bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan.

Saat ini pencemaran udara menjadi masalah yang cukup serius dihadapi oleh dunia. Karena hal tersebut bisa membuat suhu bumi semakin memanas dan dikhawatirkan akan mencairkan es kutub di utara serta es kutub selatan. Selain itu juga bisa mengancam kehidupan di bumi karena terjadinya perubahan iklim, yang mengganggu kesehatan dan merugikan pertanian dan peternakan.

Penyakit yang timbul akibat pencemaran udara merupakan hak yang serius, misalnya penyakit kanker. Hal tersebut dikarenakan tumpukan radikal udara masuk ke tubuh.

  • Pencemaran Suara

Pencemaran suara masih dianggap biasa, padahal hal tersebut bisa mengganggu ketenangan setiap orang. Pencemaran suara disebabkan karena beberapa nada yang terdengar bising, seperti suara mesin, klakson dan lain sebagainya

Pernyataan Ulang Pendapat (Kesimpulan):

Pencemaran lingkungan akan semakin bertambah seiring dengan perkembangan jumlah masyarakat. Diperlukan kesadaran bersama disetiap individu untuk menjaga lingkungan. Karena, lingkungan merupakan masa depan kita semua untuk bertahan hidup

 

Tema Atau Judul:

Pentingnya Menjaga Lingkungan Di Sekolah

Pernyataan Umum (Tesis):

Salah satu hal yang bisa membuat kenyamanan kegiatan belajar mengajar di sekolah adalah lingkungan yang bersih. Bukan hanya memberikan kenyamanan, melainkan lingkungan yang bersih bisa membuat para siswa menjadi lebih sehat. Terlebih jika siswa seringkali melakukan aktivitas dalam belajar, maka suasana kelas yang terlihat bersih akan lebih menyenangkan siswa.

Sayangnya, setiap orang tidak memiliki kesadaran yang tinggi akan menjaga kebersihan lingkungan sekolah khususnya para siswa. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya siswa yang membuang sampah sembarangan, seperti menaruh nya di dalam laci meja, juga seringkali mencoret-coret meja dan tembok sekolah.

Argumentasi:

Ada banyak faktor yang menyebabkan para siswa tidak memiliki kesadaran yang tinggi akan kebersihan lingkungan sekolah, misalnya saja karena malas, atau sudah menjadi budaya yang dianggap biasa. Meskipun banyak sekali tempat pembuangan sampah yang berjejer pada halaman sekolah, namun masih ada siswa yang membuang sampah sembarangan.

Sehingga impian untuk menciptakan lingkungan bersih pada sekolah hanya sebuah harapan yang tak kunjung terjadi. namun sebaliknya yang ada hanyalah lingkungan kotor, bau, serta tidak terawat.

Kondisi kelas akan semakin kotor karena banyaknya sampah di dalam laci meja, juga terdapat serangga atau nyamuk yang banyak. Hal itu tentu saja akan mengganggu proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, dan akan menimbulkan berbagai penyakit dan bau busuk.

Selain itu, para siswa juga seringkali menganggap bahwa kebersihan sekolah merupakan kewajiban dan tanggung jawab dari penjaga serta pembersih sekolah. anggapan tersebut wayang membuat siswa kurang sadar akan kebersihan sekolah sehingga tidak merasa bersalah jika membuang sampah sembarangan.

Penegasan Ulang Pendapat (Kesimpulan):

Menjaga lingkungan sekolah merupakan salah satu syarat untuk terjalinnya kegiatan belajar mengajar antara murid dan guru yang terasa nyaman dan fokus dengan baik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh setiap sekolah untuk menjaga lingkungan, seperti melakukan reboisasi juga menyuruh siswa untuk membersihkan ruangan kelas. Guru-guru juga bisa memberikan sanksi atau hukuman kepada siswa yang masih membuang sampah sembarangan serta tidak peduli akan lingkungan.

Kerja bakti juga bisa dilakukan secara rutin di setiap sekolah sehingga menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan menjadi impian yang terwujud. Dengan begitu para siswa akan lebih fokus menerima kegiatan belajar yang dilakukan.

 

Tema Atau Judul:

Pentingnya Menjaga Kelestarian Hutan

Pernyataan Umum (Tesis):

Hutan merupakan sebuah tempat yang memiliki lahan luas dengan ditumbuhi banyak pepohonan yang rindang serta merupakan tempat habitat berbagai hewan. Hutan memiliki beberapa jenis yang terdiri dari hutan heterogen, hutan tropis, hutan homogen, hutan iklim sedang, serta masih banyak jenis hutan lainnya.

Hutan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan terutama untuk menjaga ekosistem makhluk hidup dan menjaga keseimbangan alam yang berada di muka bumi. Adapun fungsi hutan di antaranya sebagai tempat tinggal berbagai hewan, penyedia oksigen besar, menyediakan berbagai sumber daya alam yang didapatkan dan lain sebagainya.

Argumentasi:

Manusia diciptakan oleh ALLAH SWT sebagai makhluk yang hidup berdampingan bersama dengan alam. Karena dilihat secara teknis, bahwa manusia merupakan makhluk satu-satunya yang bisa menjaga lingkungan alam dan kelestarian hutan. Namun meskipun begitu, yang terjadi justru berbanding terbalik dengan yang dinyatakan.

Pasalnya hanya sedikit manusia yang peduli mengenai kelestarian lingkungan hutan di dunia. Justru yang lebih parahnya lagi, lebih banyak manusia yang melakukan tindakan merusak alam seperti penebangan hutan secara liar, memburu hewan langka terus-menerus, dan hutan dibakar untuk dijadikan lahan untuk perkebunan yang semakin merajalela

Untuk mencegah dan menghentikan perbuatan yang merusak alam, maka diperlukan kesadaran yang tinggi pada setiap individu untuk terus menjaga alam dan kelestarian hutan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan hutan yang asri. Misalnya saja dengan melakukan penebangan pohon dengan cara terbang pilih, sehingga hanya pohon yang sudah tua dan sudah tidak berproduksi untuk tumbuhlah yang seharusnya di tebang.

Selain itu juga bisa melakukan reboisasi hutan atau melakukan penanaman kembali pada lahan hutan yang kosong. Untuk melakukan pelestarian hutan kembali diperlukan peran para pemangku kebijakan yang tegas dan adil. Yaitu dengan cara memberikan hukuman yang tegas dan berat bagi si pelaku penebangan hutan secara liar dan pemburu hewan langka agar tercipta rasa jera.

Pada saat kampanye merupakan waktu yang bisa digunakan untuk memberi tahu tentang menjaga kelestarian lingkungan dan hutan sangat penting. Sehingga masyarakat semakin menyadari bahwa dengan cara menanam pohon, bisa menyelamatkan kehidupan. Para anggota komunitas peduli alam dan lingkungan juga bisa menjadi penggerak untuk membuka mindset masyarakat.

Penegasan Ulang Pendapat (Kesimpulan):

Sehingga, semua pihak yang memiliki kesadaran tinggi akan bekerjasama untuk menjaga lingkungan dan kelestarian hutan untuk kepentingan kehidupan. Sehingga fungsi dan manfaat hutan bisa dinikmati setiap orang dan makhluk hidup lainnya. Selain ekosistem alam akan terjaga dengan baik, adanya hutan juga bisa mengurangi dampak buruk datangnya dampak buruk seperti polusi udara akibat pemanasan global, dan terjadinya banjir.

 

Tema Atau Judul:

Sampah Rumah Tangga

Pernyataan Umum (Tesis):

Sampah rumah tangga merupakan sampah yang dihasilkan dari semua bahan sisa kegiatan aktivitas rumah tangga yang tidak lagi berguna. Berdasarkan jenisnya sampai rumah tangga terbagi menjadi dua, yaitu berdasarkan sampah padat dan sampah cair.

Sampah padat adalah jenis sampah yang sulit sekali untuk diuraikan oleh bakteri sehingga hal itu akan membuat sampah semakin menumpuk untuk jangka waktu yang lama. Adapun yang termasuk sampah padat yaitu tisu, kertas, kaleng, botol dan plastik. Sedangkan yang dimaksud dengan sampah cair adalah sampai yang dihasilkan berbentuk limbah cair, seperti bekas mencuci piring, kamar mandi limbah bekas mencuci pakaian

Argumentasi:

Berbagai jenis sampah yang dihasilkan dari aktivitas rumah tangga bisa dikelola menjadi lebih baik. Pengelolaan sampah yang dilakukan juga perlu proses seperti pengumpulan, pengangkutan juga pembuangan limbah. Namun sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara mengelola sampah rumah yang baik, khususnya sampah rumah tangga. Sehingga tak heran bila masih banyak sampah rumah tangga yang dibuang sembarangan tanpa bisa merasakan manfaat dari pengelolaan sampah yang bermanfaat

Oleh karena itu kita harus mengetahui bagaimana cara mengelola sampah rumah tangga menjadi barang yang bermanfaat. Karena lingkungann yang bersih dan terawat akan membuat orang di sekelilingnya menjadi lebih nyaman

Anda bisa melakukan sosialisasi kepada para pemimpin lingkungan (RT atau RW) atau tetangga, bapak-bapak, ibu-ibu untuk menanamkan mindset kepada anak-anaknya mengenai pentingnya lingkungan. Pemahaman mengenai pengelolaan sampah bisa dilakukan dengan cara 3R yakni Reduce, Recuse dan Recycle

3R merupakan cara yang cocok dan ampuh untuk para pemula dalam menjaga kebersihan lingkungan dari sampai rumah tangga. adapun maksud dari 3R tersebut diantaranya adalah,

Reduce adalah cara untuk mengurangi sampah dengan teknik mengurangi penggunaan benda yang memiliki sampah tidak bisa diolah kembali. Misalnya mengurangi pembelian air mineral dalam bentuk kemasan dan menggantinya dengan membeli air galon.

Recuse adalah cara yang digunakan untuk mengelola sampah dengan teknik menggunakan kembali benda yang masih bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Misalnya saja dalam penggunaan botol bekas yang digunakan kembali menjadi suatu wadah yang bermanfaat.

Recycle adalah cara untuk mengelola sampah dengan teknik mendaur ulang penggunaan sampah agar lebih bermanfaat. Misalnya saja mengubah barang bekas menjadi sebuah hiasan atau handmade yang justru memiliki nilai jual tinggi.

Penegasan Ulang Pendapat (Penutup):

Dengan melakukan cara 3R yang mudah seperti di atas, maka masyarakat diharapkan mengerti dan paham dalam mengelola sampah. bukan hanya itu melainkan masyarakat juga harus memulai menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sampah rumah tangga merupakan sampah yang dihasilkan dengan penghasil yang paling tinggi, terlebih penghasil sampah anorganik. Oleh sebab itu pengelolaan sampah yang dilakukan setiap individu dalam masyarakat sangat penting untuk dilaksanakan. Anda juga bisa memberikan informasi teknik 3R pada keluarga atau kerabat, sehingga lingkungan semakin lebih terjaga.

  • Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Contoh-Teks-Eksposisi-Pendidikan

Tema Atau Judul:

Pendidikan Di Indonesia

Pernyataan Umum (Tesis):

Pendidikan merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi setiap orang, pada dasarnya setiap warga negara indonesia memiliki hak untuk menempuh pendidikan yang diinginkan. Hal tersebut dikarenakan pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk memajukan sebuah negara. Maka tak heran bila di negara maju memiliki sistem kualitas pendidikan yang terbaik.

Argumentasi:

Di negara Indonesia sendiri memakai sistem pendidikan berdasarkan kurikulum baru yaitu K-13 (Kurikulum 2013). Bisa dikatakan bahwa Indonesia sedang memiliki perkembangan pendidikan yang cukup pesat. Diharapkan dengan adanya penerapan juga pengaplikasian kurikulum saat ini, pemerintah bisa mendapatkan sebuah transformasi yang lebih dari sekadar masyarakat Indonesia.

Ada berbagai penekanan aspek yang dinilai oleh kurikulum baru saat ini diantaranya ada aspek afektif, aspek kognitif, dan juga aspek pikotomorik. Sayangnya belum banyak yang memahami secara luas mengenai kurikulum 2013 ini, terlebih di beberapa instansi pendidikan yang berada di Indonesia. Hal tersebut menyebabkan beberapa sekolah belum bisa menerapkan kurikulum 2013 ini dengan baik dan secara optimal

Penegasan Ulang Pendapat (Kesimpulan):

Dengan begitu maka perlu dipahami kembali bahwa pendidikan di indonesia menggunakan sistem dengan kurikulum 2013. agar tersampaikan informasi yang lebih maksimal sosialisasi yang lebih baik. Sehingga penggunaan sistem kurikulum 2013 bisa dilakukan di setiap sekolah Indonesia secara merata.

 

Tema Atau Judul:

Pentingnya Pendidikan

Pernyataan Umum (Tesis):

Pendidikan adalah hal yang bisa ditempuh untuk menjadi tameng dalam melindungi diri. Karena dengan pendidikan kita bisa memahami dan mempelajari suatu ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat. Bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri, melainkan ilmu juga bisa dibagikan kepada generasi selanjutnya agar menjadi generasi yang lebih cerdas.

Argumentasi:

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan yang tergolong baik. Hal tersebut terjadi dikarenakan telah ada peran pemerintah yang memberikan fasilitas dengan cukup dan terpenuhi kepada rakyat Indonesia. Misalnya saja terdapat program dalam pemberian dana untuk membangun gedung sekolah, juga menyediakan berbagai sekolah gratis

Meskipun memiliki sistem pendidikan yang tergolong baik, namun terdapat peran yang sangat penting untuk memajukan pendidikan di Indonesia yaitu, semangat para peserta didik. setiap Peserta didik harus memiliki semangat belajar yang tinggi dan keinginan untuk terus berprestasi. Sehingga pendidikan di Indonesia menciptakan orang orang sukses

Penegasan Ulang Pendapat (Kesimpulan):

Ketika fasilitas untuk belajar mengajar telah diberikan dengan baik dan memenuhi kebutuhan para peserta didik yang aktif dalam belajar bisa bersatu. Maka sistem pendidikan yang berada di seluruh dunia akan kalah dengan indonesia dan indonesia akan mendapatkan pengakuan juga penghargaan yang lebih berharga.

Kualitas yang dimiliki oleh setiap guru juga merupakan salah satu unsur penting untuk membangun sebuah instansi pendidikan menjadi lebih baik. Maka jangan heran bila banyak investor asing yang masuk ke Indonesia yang membuat persaingan ekonomi yang lebih berat dan juga bisa meningkatkan perkembangan perekonomian yang ada di indonesia

 

Tema Atau Judul:

Kenakalan para Remaja

Pernyataan Umum (Tesis):

Kenakalan remaja merupakan salah satu permasalahan yang belum juga bisa terurai secara maksimal. Pasalnya belum dapat solusi yang tepat untuk mengatasi masalah kenakalan remaja.

Kenakalan remaja sendiri memiliki arti bahwa suatu perbuatan yang menyimpang dari perilaku remaja seharusnya, bahkan prilaku tersebut bisa menyebabkan seorang remaja masuk ke jalur hukum. Adapun para ahli menyatakan bahwa kenakalan remaja merupakan suatu perbuatan yang dilakukan oleh seorang remaja berusia 13-18 tahun yang merasa dirinya telah dewasa.

Argumentasi:

Kenakalan remaja bisa terjadi disebabkan karena beberapa faktor untuk melakukannya. Misalnya pengaruh dari lingkungan atau teman-teman sekitar, dan juga didikan keluarga yang tidak tegas sehingga memudahkan seorang anak remaja melakukan tindakan buruk.

Adapun beberapa perlakuan yang menyimpang dan sering dilakukan oleh para remaja, yaitu penggunaan narkoba, merokok, melakukan seks bebas, serta tawuran antar sekelompok remaja. Hal itu dikarenakan pada usia remaja mereka masih mencari jati dirinya. Sehingga kondisi dan pikiran belum stabil dan matang. Hal itulah yang membuat mereka terjerumus dari tindakan kenakalan remaja.

Penegasan Ulang Pendapat (Kesimpulan):

Untuk mengantisipasi kenakalan remaja yang terus berkelanjutan, maka diperlukan peran orangtua dan para guru untuk mendidik mereka dengan baik. Karena perhatian yang cukup untuk seorang anak dan didikan yang baik, bisa membuat anak menjadi tumbuh dan berkembang ke arah yang positif. Hal itu yang membuat kasus kenakalan remaja semakin hari semakin sedikit dan bisa diatasi dengan maksimal

 

Tema Atau Judul:

Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah

Pernyataan Umum (Tesis):

Pendidikan karakter merupakan pembelajaran moral yang harus diberikan kepada setiap anak agar memiliki sikap dan sifat yang baik. Hal itulah yang membuat pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan di setiap sekolah. Sehingga bukan hanya pemberian materi pengetahuan saja melainkan menanamkan nilai moral dan juga nilai sosial kepada murid di sekolah.

Karena pendidikan karakter dengan ilmu pengetahuan cenderung berbeda. Bahkan menurut penelitian yang ditemukan oleh University Of Missouri. St. Louis menyatakan bahwa setiap sekolah memiliki pendidikan karakter yang tinggi akan menghasilkan prestasi akademik yang banyak. Hal tersebut dikarenakan siswa menjadi lebih termotivasi untuk meraih prestasi akademik dengan perilaku yang baik.

Argumentasi:

Dengan diberikan nya pendidikan karakter di setiap sekolah, maka murid akan mendapatkan nilai budi pekerti yang baik dan melibatkan beberapa penilaian. Aspek-aspek penilaian tersebut meliputi aspek kognitif (pengetahuan), aspek feeling (perasaan) dan aspek action (tindakan). Hal ini sesuai dengan pendapat atau pemikiran seorang ahli bidang pendidikan yaitu Thomas Lickona yang menyatakan bahwa pendidikan karakter memiliki tiga aspek tersebut.

Pendidikan karakter memiliki keberhasilan dalam sistem pendidikan yang sistematis. Hal ini dikarenakan pendidikan karakter memberikan kecerdasan emosi yang cukup tinggi untuk setiap peserta didik. Sehingga sangat penting untuk menjadi bekal di masa yang akan datang.

Dengan adanya pembelajaran menanamkan kecerdasan emosi yang tinggi pada setiap anak, maka anak bisa menghadapi berbagai rintangan yang harus dilalui. Terutama dalam menghadapi tantangan akademis yang menghambat keberhasilan. Bahkan pernyataan tersebut didukung oleh Daniel Golman yang berpendapat bahwa 80% seseorang bisa berhasil dikarenakan pengaruh kecerdasan emosional sedangkan 20% nya dipengaruhi oleh kecerdasan intelegensi pada setiap individu.

Biasanya setiap anak yang memiliki kecerdasan emosional kecil akan mengalami kesulitan dalam pergaulan lingkungan sosial dan juga pelajaran akademik. Hal tersebut dikarenakan mereka tidak mampu mengontrol emosinya secara maksimal. Hal tersebut juga bisa membuat mereka memilih untuk melakukan sesuatu yang buruk seperti merokok, minuman keras, narkoba, sex bebas, tawuran dan lain sebagainya, biasanya dilakukan pada saat remaja.

Bila hal ini tidak segera diatasi maka setiap anak yang berpendidikan akan memiliki moral bejat, dan perilaku yang sangat buruk. Sehingga diperlukan pendidikan karakter moral sejak dini di setiap sekolah baik dari guru maupun orang tua di rumah.

Penegasan Ulang Pendapat (Kesimpulan):

Meskipun pada dasarnya pendidikan karakter sudah diberikan pada lingkungan keluarga, namun tetap saja harus ditanamkan di lingkungan sekolah. Hal ini dikarenakan tidak semua keluarga mampu untuk memberikan pendidikan karakter pada anaknya. Terlebih banyak orang tua yang lebih memiliki agar anaknya cerdas dalam bidang pengetahuan saja tanpa mana libatkan karakter atau moral yang baik.

Hal tersebut yang membuat pendidikan karakter sangat penting ditanamkan di sekolah. Sehingga anak memiliki karakter yang cukup untuk kehidupannya.

  • Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum

Contoh-Teks-Eksposisi-Tentang-Hukum

Tema Atau Judul:

Diskriminalisasi Terhadap Perempuan

Pernyataan Umum (Tesis):

Perempuan seringkali menjadi objek dari perilaku kejahatan yang terjadi di dunia. Indonesia juga termasuk ke dalam salah satu negara yang tidak aman untuk kaum perempuan, karena rentan dijadikan sasaran kejahatan. Hal tersebut bisa dibuktikan dari seringnya laporan kejahatan terhadap perempuan Indonesia.

Terlebih terdapat kasus kejahatan terhadap perempuan yang dianggap tidak masuk akal atau langka. Kasus tersebut adalah kejahatan terhadap perempuan yang dilakukan oleh keluarganya sendiri. Sehingga menurut pendapat pakar sosial, hal tersebut dikarenakan terjadinya kesalahan struktur masyarakat di indonesia.

Argumentasi:

Meskipun di Indonesia memiliki hukuman yang cukup tegas bagi pelaku kejahatan terhadap perempuan, namun nyatanya hukuman tersebut tidak membuat jera para pelaku. Sehingga hal tersebut telah yang membuat para pelaku semakin berani untuk melakukan kejahatan terhadap perempuan.

Adapun beberapa pendapat dari para pakar sosial yang menyatakan bahwa terdapat stereotipe yang masuk ke dalam masyarakat, sehingga menyebabkan tindakan kejahatan pada perempuan semakin meningkat. Di Indonesia sendiri terdapat lingkungan sosial yang menganut patriaki atau sistem masyarakat yang menganggap bahwa kedudukan laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan.

Meskipun begitu, pemerintah telah banyak melakukan berbagai upaya untuk mencegah kasus tindakan kriminal lebih tinggi, seperti adanya sosialisasi terhadap pemberdayaan wanita. Selain itu terdapat juga kereta khusus yang menyediakan gerbong untuk wanita, serta menyediakan dan mengutamakan kebutuhan khusus untuk perempuan di tempat umum.

Penegasan Ulang Pendapat (Kesimpulan):

Meskipun telah banyak upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah, namun tetap saja terdapat oknum yang melanggar aturan tersebut. Hal tersebut dikarenakan masyarakat sudah terbiasa dengan sistem sosial patriaki. Sehingga perempuan harus mentaati aturan yang sebenarnya termasuk ke dalam diskriminasi gender.

Selain itu masyarakat juga terus mengarahkan wanita untuk selalu patuh, taat dan takut terhadap laki-laki. Sehingga masyarakat menganggap bahwa wanita yang memiliki watak lemah lembut serta taat tidak boleh melawan laki-laki

  • Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

Contoh-Teks-Eksposisi-Tentang-Politik

Tema Atau Judul:

Jangan Pilih Pemimpin Yang Tidak Peduli Dengan Alam

Pernyataan Umum (Tesis):

Banyak alam yang sudah rusak dan di eksploitasi, sehingga alam di Indonesia sudah hampir mencapai taraf yang sangat mengkhawatirkan. Hal yang paling menyebabkan kerusakan alam cukup banyak adalah tambang. Hal ini berkaitan dengan adanya pertambangan atau perusahaan tambang dengan izin yang dikeluarkan oleh para pemerintah daerah.

Argumentasi:

Malam merupakan bagian yang sangat penting untuk kehidupan setiap manusia. Karena sumber penghidupan sangat berkaitan dengan alam seperti bernafas, makan, dan juga minum. Indonesia memiliki berbagai sumber kekayaan alam namun aktivitas pertambangan telah menyebabkan kerusakan lingkungan yang cukup serius.

Aktivitas pertambangan yang dilakukan oleh perusahaan tambang sendiri tak lepas dari perizinan oleh pemerintah daerah. Yang terjadi di Indonesia kebanyakan adalah kerjasama atau kongkalikong antara perusahaan tambang yang dilakukan di suatu daerah oleh izin dari kepala daerah. Biasanya kongkalikong tersebut terjadi ketika kepala daerah sedang mencalonkan diri, karena pencalonan diri sebagai kepala daerah akan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Hal tersebut pun menjadi kesempatan besar bagi perusahaan tambang untuk menawarkan dana bantuan untuk kampanye. Namun syarat yang akan diberikan oleh perusahaan tersebut yaitu kepala daerah harus mengizinkan perusahaannya.

Sehingga tugas kita untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, jangan memilih pemimpin atau kepala daerah yang tidak perduli dengan alam. Karena dengan begitu, kita tetap melestarikan alam dan mencegah perbuatan aswad menyuap kepada kepala daerah dari perusahaan tambang tersebut.

Penegasan ulang Pendapat (Kesimpulan):

Kepala daerah harus memiliki pendirian yang kuat dan sayang terhadap kelestarian lingkungan. Jangan memberikan izin sembarangan kepada sahlan tambang yang akan mengeksploitasi alam. Sebaiknya juga tidak memilih kepala daerah atau pemimpin yang tidak peduli dengan alam.

 

Tema Atau Judul:

Jangan Pilih Caleg Yang Korupsi

Pernyataan Umum (Tesis):

Dalam merekrut anggota legislatif mesti memiliki sifat pemimpin yang baik hati, tegas dan sigap. Hal itu merupakan tugas dari suatu partai politik yang ingin berkontribusi dalam pemilihan umum. Karena untuk mendapatkan suara dari rakyat maka kriteria dari calon wakil rakyat tersebut harus jelas.

Rakyat juga akan memilih calon wakil rakyat yang sesuai dengan kriteria para pemimpin. Untuk calon anggota legislatif yang memiliki riwayat hidup kurang baik, maka tidak akan dipilih oleh rakyat terutama misalnya, ia pernah menjadi pelaku korupsi.

Calon legislatif yang memiliki riwayat pernah melakukan korupsi dan juga pelanggaran HAM, tentu tidak akan diterima sebagai anggota legislatif. Dengan begitu memilih calon anggota legislatif sangat penting untuk diperhatikan. Pilihlah seseorang yang memiliki sifat pemimpin dengan baik, serta memiliki integritas, kredibilitas, dan kapabilitas.

Dalam hal ini partai politik sudah memiliki mekanisme tersendiri untuk mengatasi fit and proper test. Sehingga setiap partai politik memiliki kriteria calon anggota dewan tersendiri yang berbeda dengan partai politik lainnya. Namun yang pasti setiap partai politik memiliki prinsip umum yang harus digunakan secara bersama untuk memilih anggotanya.

Argumentasi:

Berdasarkan bukti dari berbagai survei bahwa parlemen ditingkat pusat dan regional merupakan lembaga terkorupsi. Hal ini juga dipaparkan oleh Jojo Rohi selaku wakil KIPP (Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu) yang berhubungan dengan kriteria calon wakil rakyat setiap partai politik untuk mendapatkan suara rakyat ketika pemilu.

Penegasan Ulang Pendapat (Kesimpulan):

Standar pemilihan calon legislatif memiliki kriteria yang bersifat jiwa pemimpin dengan tegas dan jelas. Setiap partai politik harus menentukan siapa saja anggotanya yang pantas di ajukan sebagai calon wakil legislatif.

Karena kriteria setiap calon legislatif sangat penting untuk mencegah adanya korupsi yang sudah menjadi hal biasa. Sehingga calon legislatif yang memiliki riwayat kehidupan terkena kasus korupsi tidak boleh dipilih sebagai calon legislatif.

Bukan hanya kasus korupsi saja yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan calon legislatif, melainkan kasus pelanggaran HAM. Karena hal ini merupakan salah satu bagian yang diwariskan oleh reformasi, namun hingga kini belum juga diselesaikan dengan maksimal.

Sama halnya dengan kasus korupsi, seseorang yang memiliki riwayat hidup pernah melanggar HAM dalam bentuk dan maksud apapun tidak boleh dijadikan sebagai calon legislatif. Hal ini dikarenakan fungsi wakil rakyat sebagai seseorang yang bisa melakukan advokasi terhadap kasus pelanggaran HAM melewati kekuasaan legislasi.

Teks eksposisi adalah teks yang berisi mengenai pendapat atas isu yang sedang terjadi. Ada berbagai jenis teks eksposisi dan contoh teks eksposisi. Perlu diperhatikan struktur serta kaidah kebahasaan yang sesuai dengan aturan teks eksposisi.

Itulah beberapa pengertian teks eksposisi beserta jenis, unsur kebahasaan, struktur, serta contoh teks eksposisi dengan lengkap. Anda juga bisa membuatnya sendiri berdasarkan pendapat atas isu yang sedang disoroti.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com