Contoh Teks Eksplanasi Lengkap

Posted on

VOI.Co.Id – Teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Secara sederhana pengertian teks eksplanasi adalah teks yang berisi mengenai informasi atau fakta. Biasanya teks ini berisi mengenai penjelasan mengenai hal-hal yang umum.

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Ahli

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Ahli

Untuk memahami lebih jelas mengenai teks eksplanasi maka akan disajikan pengertiannya. Pengertian dari teks eksplanasi berikut merupakan ungkapan para ahli bahasa yang ada di Indonesia:

Teks Eksplanasi Secara Bahasa

Secara bahasa eksplanasi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yaitu explanation. Arti dari kata explanation adalah penjelasan. Jadi secara bahasa teks eksplanasi adalah naskah yang berisi mengenai penjelasan.

Secara umum, teks eksplanasi dapat diartikan sebagai teks yang berisi mengenai penjelasan suatu hal. Penjelasan dalam teks eksplanasi harus bersifat faktual, artinya semua yang dijabarkan adalah fakta ilmiah.

Teks Eksplanasi Menurut Mahsun

Pengertian dari teks eksplanasi menurut Mahsun adalah sebuah teks yang disusun dengan memperlihatkan bagian pernyataan umum sebagai pembuka, deretan penjelas sebagai isi, dan interpretasi sebagai penutup.

Teks Eksplanasi Menurut Wignell & Gerot

Wignell & Gerot mengungkapkan bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang isinya mengenai proses pembentukan. Mereka juga menjelaskan bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang isinya gejala sosial budaya dan alam.

Teks Eksplanasi Menurut Wahono

Dalam bukunya Wahono mengungkapkan bahwa teks eksplanas pada dasarnya adalah teks yang isinya menjelaskan mengenai proses. Proses ini terjadi secara ilmiah yang ada kaitannya dengan alam ataupun sosial budaya. Bentuk dari teks eksplanasi secara umum terdiri atas pernyataan umum, penjelas, dan simpulan.

Teks Ekspalanasi Menurut Restuti

Restuti menjelaskan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang isinya menerangkan mengenai fenomena sosial dan alam.

Teks Eksplanasi dalam Kamus Inggris-Indonesia Kontemporer

Dalam kamus besar Inggris-Indonesia kontemporer dijelaskan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang isinya proses mengenai fenomena budaya, ilmu pengetahuan, sosial, alam, dan sebagainya.

Bisa ditarik kesimpulan teks eksplanasi adalah sebuah teks isinya mengenai penjelasan atau fenomena yang ada hubungannya dengan alam dan sosial. Teks ini dibuat dengan struktur pernyataan umum, deret penjelas, dan penutup atau interpertasi.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Sebuah teks bisa dikatakan sebagai teks eksplanasi harus memenuhi beberapa ciri-ciri. Adapun ciri-ciri teks eksplanasi yang benar yaitu:

Berisikan Tentang Fakta

Ciri utama dari teks  eksplanasi adalah berisi mengenai fakta. Sudah dapat dipastikan bahwa pembahasan dari sbuah teks eksplanasi adalah fakta yang terjadi dalam lingkungan sosial ataupun alam. Fakta-fakta ini dihimpun berdasarkan pengamatan dan pengalaman.

Informasi yang Diberikan Bersifat Ilmiah

Ciri selanjutnya dari teks eksplanasi adalah bersifat ilmiah. Karena isinya mengenai fakta maka teks eksplanasi pasti bersifat ilmiah. Informasi yang disajikan pasti sudah terbukti secara ilmiah.

Bersifat Informatif

Informatif yang dimaksuda adalah teks eksplanasi selalu memberikan informasi yang bermanfat bagi pembacanya. Teks eksplanasi bukan teks ajakan ataupun yang lainnya. Isi dari teks ini semuanya adalah informasi yang penting.

Penjelasannya Berurutan

Ciri lainnya dari teks eksplanasi adalah penjelasannya berurutan. Teks eksplanasi dibuat secara runtut sehingga menyajikan informasi yang jelas dan runtut. Dengan demikian pembaca akan lebih mudah memahami isi yang ada di dalam teks tersebut.

Strukturnya Jelas dan Selalu Berurutan

Ciri yang terakhir dari teks eksplanasi adalah mempunyai struktur yang jelas. Struktur dari teks eksplanasi adalah pernyataan yang umum, deretan penjelas, dan penutup atau interpretasi. Ketiga struktur ini selalu berurutan. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai struktur dari teks eksplanasi akan dijelaskan di bawah ini.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa sebuah teks eksplanasi mempunyai ciri terstruktur dengan jelas. Berikut adalah srtuktur teks eksplanasi dari mulai awal sampai akhir bacaan:

Pernyataan Umum / General Eksplanation

Pernyataan umum sering disebut juga pembuka dalam teks eksplanasi. Penulisan pernyataaan umum haruslah berisi mengenai fenomena yang dibahas secara umum. Dalam pernyataan umum dijelaskan secara keseluruhan apa saja yang akan dibahas dalam teks tersebut.

Gambaran umum isi teks harus dijabarkan secara jelas di dalam pernyataan umum. Di dalam pernyataan umum bisa memuat apa, bagaimana, dan mengapa proses fenomena atau peristiwa alam itu dapat terjadi.

Deretan Penjelas / Sebab Akibat

Setelah pernyataan umum, srtuktur selanjutnya adalah deretan penjelas. Dalam deretan penjelas ini berisi mengenai penjelasan mengapa fenomena bisa terjadi. Biasanya deretan penjelas terdiri dari 2 atau lebih paragraf.

Isi dari deretan penjelas juga bisa berupa sebab dan akibat dari fenomena yang sedang ditulis. Penjelasan yang ada dalam dertan penjelas harus lengkap dan runtut agar mudah untuk dipahami.

Penutup / Interpretasi

Bagian akhir dari teks eksplanasi ialah penutup yang berupa interpretasi. Penutup ini dapat berisi mengenai kesimpulan dari pembahasan ataupun pendapat pribadi dari penulis. Tanggapan yang diberikan bisa bersifat umum ataupun kritik dan saran mengenai fenomena yang sudah dibahas.

Namun tidak semua teks eksplanasi mempunyai struktur yang lengkap. Terkadang ada beberapa teks eksplanasi yang tidak mencantumkan penutup atau interpretasi.

Kaidah Bahasa Teks Eksplanasi

Kaidah Bahasa Teks Eksplanasi

Dalam penulisan teks eksplanasi harus memperhatikan kaidah kebahasaannya. Berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks eksplanasi yang benar:

Banyak Menggunakan Istilah Umum

Kaidah bahasa yang paling utama digunakan dalam teks eksplanasi adalah istilah umum. Dalam teks eksplanasi hindari untuk menggunakan istilah asing ataupun istilah khusus. Hal ini dikarenakan teks eksplanasi bersifat umum yang ditujukan pada orang banyak.

Lebih Banyak Menggunakan Kata Kerja yang Aktif

Di dalam teks eksplanasi juga banyak mengguankan kata kerja yang aktif . Kata kerja yang digunakan kebanyakan adalah kata kerja relasional dan material.

Menggunakan Kata Hubung Kausal dan Waktu

Kata hubung kausal dan waktu yang sering digunakan dalam teks eksplanasi adalah jika, bila, kemudian, sehingga, dan sejenisnya. Penggunaan kata hubung ini biasanya ada dalam deretan penjelas.

Bahasa yang Digunakan Jelas dan Mudah Dipahami

Karena teks eksplanasi dibuat untuk umum dan memberikan informasi maka penulisannya harus menggunakan bahasa yang jelas. Teks eksplanasi harus mudah dipahami agar sesuai dengan tujuannya. Tujuan teks eksplanasi adalah memberikan informasi pada pembacanya.

Sebuah teks eksplanasi yang baik adalah yang menggunakan kaidah kebahasaan yang mudah dipahami. Pastikan jika membuat teks eksplanasi mudah dipahami dan berisi tentang fakta.

Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi

Agar lebih memahami mengenai teks eksplanasi, maka berikut ini akan diberikan beberapa contoh teks eksplanasi. Contoh ini diberikan berdasarkan jenis teks eksplanasi yang umum dijumpai.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Makhluk Hidup

Komodo, Reptil Raksasa Purba yang Hampir Punah

Komodo merupakan hewan reptil raksasa yang masih ada sampai sekarang. Hewan reptil dengan tubuh lebih dari 3 meter ini merupakan hewan purba yang masih mampu bertahan sampai sekarang. Namun, sayangnya keberadaan komodo semakin sedikit sehingga bisa dikatakan hampir punah.

Komodo hanya dapat dijumpai di Indonesia, tepatnya di Pulau Komodo yang ada berada di Nusa Tengga Timur. Pulau Komodo menjadi salah satu tempat tujuan wisata terfavorit bagi turis mancanegara ataupun domestik. Pulau ini juga menjadi satu-satunya habitat dari komodo.

Hewan reptil terbesar ini menjadi salah satu hewan yang dilindungi dan tidak boleh untuk diburu. Namun, sayangnya banyaknya wisatawan yang datang ke Pulau Komodo membuat pulau semakin tercemar karena sampah. Hal inilah yang merupakan salah satu penyebab komodo semakin punah. Pencemaran akibat sampah ini membuat Komodo tidak dapat bertahan hidup lama.

Komodo memang merupakan reptil yang sangat mematikan dan berbahaya. Namun Komodo juga harus dilestarikan keberadaannya. Tidak hanya sebagai warisan alam Komodo juga berfungsi sebagai penyeimbang ekosistem.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sosial Pendidikan

Toleransi Menciptakan Kerukunan Di Indonesia

Toleransi merupakan sikap saling menghargai perbedaan yang ada dalam sebuah kelompok. Sikap toleransi sangat dibutuhkan dalam kehidupan setiap harinya. Apalagi Indonesia terdiri atas banyak suku dan beragam budaya. Toleransi sangat diperlukan untuk tetap mempersatukan bangsa Indonesia.

Sikap toleransi harus ditanamkan sejak dini agar terbentuk karakter yang saling menghargai. Salah satu contoh sikap toleransi adalah menghargai dan mendengarkan pendapat orang lain. Setiap individu tentunya mempunyai pemikiran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, toleransi diperlukan untuk saling menghargai pendapat.

Contoh lain dari sikap toleransi adalah saling tolong menolong tanpa harus memandang suku, agama, dan ras. Menolong orang lain yang membuthkan pertolongan adalah salah satu wujud dari toleransi. Toleransi harus dilakukan oleh semua orang dalam semua aspek kehidupan termasuk agama.

Toleransi agama adalah tidak memaksakan ajaran agama kepada orang lain. Pemaksaan ajaran agama bukan wujud dari sebuh toleransi. Tidak mengganngu ibadah orang lain juga termasuk dalam toleransi umat beragama.

Toleransi memang sangat penting dan dibutuhkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Hidup rukun dan damai dengan menjunjung tinggi toleransi dalam semua hal.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Lingkungan

Reboisasi Salah Satu Upaya Pencegah Banjir dan Longsor

Reboisasi adalah penanaman pohon kembali untuk mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor. Melakukan reboisasi bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mencegah bencana alam seperti banjir dan longsor.

Seperti yang diketahui bahwa pohon mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai penyerap air. Pada saat musim penghujan datang pohon sangat diperlukan untuk menyerap air yang berlimpah. Air yang diserap oleh pohon nantinya akan dijadikan sebagai cadangan pada saat musim kemarau datang.

Pohon-pohon besar juga mempunyai akar yang kuat dan dapat menopang tanah. Tidak salah jika pohon dapat mencegah longsor di dataran yang miring. Keberadaan pohon ini memang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Namun sayangnya sekarang pepohonan sudah langka. Hutan sudah banyak yang gundul dan dibuka sebagai lahan pertanian ataupun perumahan.

Penggundulan hutan ini sangat berakibat fatal bagi kehidupan manusia. Pada saat musim penghujan maka akan terjadi banjir dan longsor dimana-mana. Sedangkan pada saat musm kemarau air sulit untuk didapatkan.

Oleh karena itu, reboisasi perlu untuk ditingkatkan kembali. Melakukan reboisasi bisa dimulai dari rumah. Menanam tanaman hias ataupun buah-buahan adalah upaya kecil dalam proses reboisasi.

Reboisasi tidak hanya bisa mencegah banjir dan longsor saja tapi juga bisa membuat udara semakin bersih. Semakin banyak pohon maka produsi oksigen akan semakin meningkat. Hal inilah yang membuat udara bersih dan bebas dan segar.

Gerakan reboisasi ini harus digiatkan agar tidak ada lagi bencana alam banjir ataupun tanah longsor. Reboisasi dapat menjadi solusi jitu untuk mencegah banjir dan tanah longsor pada saat musim penghujan.

Kesimpulan

Pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi mengeai fakta dan penjelasan. Dalam teks eksplanasi terdapat pernyataan yang bersifat umum, deretan kalimat untuk penjelas, dan penutup. Setidaknya teks eksplanasi memuat pernyataan umum dan deretan penjelas.

Dengan informasi mengenai teks eksplanasi ini semoga dapat menambah wawasan dan pemahaman mengenai teks eksplanasi.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com