Contoh Surat Pengantar

Posted on

VOI.Co.Id –  Surat pengantar adalah salah satu jenis surat yang biasa beredar di dunia kedinasan bahkan termasuk perusahaan. Surat pengantar ini termasuk surat resmi. Oleh karena itu, tidak heran bila contoh surat pengantar banyak dicari dalam rangka menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi saat membuatnya.

Berikut ini akan disampaikan sejumlah contoh surat pengantar, lengkap beserta dengan pengertian, macam-macam, fungsi, format serta hal lain tentang surat pengantar, antara lain.

Pengertian Surat Pengantar

pengertian-surat-pengantar

Secara singkat, surat pengantar ialah surat yang sengaja dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi pada pihak tertentu bahwasanya orang yang membawa surat tersebut diketahui serta disetujui oleh pihak terkait yang bertanggung jawab atas isi di dalam surat. Dalam kalimat yang lain, dijelaskan bahwasanya surat pengantar itu adalah surat resmi yang dibuat atau dikeluarkan oleh suatu organisasi, instansi atau perusahaan tertentu dalam rangka untuk memberikan informasi penting kepada pihak tertentu pula.

Macam-Macam Surat Pengantar

macam-macam-surat-pengantar

Surat pengantar terdiri atas banyak macam. Adapun macam-macam surat pengantar yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari ialah sebagai berikut.

  • Surat pengantar dokumen
  • Surat pengantar barang
  • Surat pengantar sekolah atau universitas
  • Surat pengantar kerja
  • Surat pengantar dinas
  • Surat pengantar RT dan RW
  • Surat pengantar proposal

Selain berbagai macam surat pengantar di atas, tentu masih banyak macam surat pengantar lain yang disesuaikan dengan tujuan dari si pembuat surat. Lebih dari itu, jika hendak diibaratkan dengan surat pernyataan, maka surat pengantar ini mempunyai 2 macam, yakni surat pengantar yang bersifat resmi dan surat pengantar yang bersifat tidak resmi. Adapun penjelasan singkatnya ialah sebagai berikut.

  • Surat pengantar yang bersifat resmi ialah surat yang terdapat materai serta tanda tangan di atasnya sehingga mempunyai kekuatan di mata hukum
  • Surat pengantar yang tidak resmi ialah surat yang tidak dilengkapi dengan materai, hanya dibubuhkan tanda tangan pembuat surat. Jadi surat ini tidak mempunyai kekuatan hukum, namun tetap bisa dijadikan alasan yang kuat bagi pihak yang dituju untuk melakukan sesuatu

Fungsi Surat Pengantar

fungsi-surat-pengantar

Contoh surat pengantar berkas ke BKD, surat pengantar pengambilan barang dan berbagai surat pengantar lainnya pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama. Fungsi surat pengantar tersebut secara jelas tercantum dalam pengertian di atas. Hanya saja jika ingin diperluas lagi, fungsi dan pentingnya surat pengantar kurang lebih sebagai berikut.

  • Sebagai formalitas sekaligus bentuk kesopanan dalam masalah keadministrasian.
  • Dapat menjadi pintu pembuka untuk memperoleh surat resmi yang lainnya, misalnya surat izin nikah, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan lain-lain
  • Menjadi sarana yang bisa meyakinkan instansi maupun perusahaan yang dituju bahwasanya orang yang membawa surat tersebut diketahui, resmi, terpercaya serta berada di bawah tanggung jawab pihak yang mengeluarkan surat. Sehingga bila nanti terjadi suatu hal yang tidak menyenangkan, pihak penerbit suratlah yang akan bertanggung jawab
  • Membuat orang yang membawa surat pengantar tidak dicurigai oleh pihak yang dituju
  • Menjadi sarana untuk memberitahu maksud serta tujuan pengirim surat kepada pihak yang dituju

Format Surat Pengantar

format-surat-pengantar

Saat memperhatikan contoh surat pengantar orang, contoh surat pengantar BPJS dari desa, contoh surat pengantar barang maupun contoh surat pengantar yang lainnya, bisa diketahui bahwa surat ini mempunyai format khusus. Format tersebut sebenarnya mirip seperti format surat resmi yang lainnya yakni  sebagai berikut.

  • Kop surat yang berisi logo, nama, alamat, nomor telepon serta berbagai informasi penting lainnya dari dinas, lembaga, organisasi atau perusahaan yang membuat surat pengantar
  • Hal surat pengantar yang isinya ialah keterangan mengenai apa saja yang ada dalam surat tersebut
  • Nomor surat
  • Salam pembuka
  • Isi surat yang isinya ialah informasi penting yang hendak disampaikan
  • Penutup surat yang umumnya terdiri atas tempat serta tanggal surat dibuat, nama orang yang bertanggung jawab atas surat, tanda tangan, keterangan tambahan (bisa berupa NIP, NIK dan lain sebagainya), materai serta stempel lembaga, perusahaan atau organisasi

Meskipun formatnya seperti di atas, harus dipahami bahwasanya format tersebut tidaklah mutlak. Artinya, format tersebut dapat dirubah-rubah sesuai dengan kebutuhan, tetapi tidak boleh sampai menyimpang dari format surat resmi secara umum.

Contoh Surat Pengantar Kerja

Contoh-Surat-Pengantar-Kerja

Surat pengantar kerja sering diberikan kepada bawahan yang dipercaya oleh atasannya guna mengikuti kegiatan atau melakukan tugas tertentu, di mana kegiatan atau tugas tersebut dilaksanakan di luar perusahaan. Adapun contoh surat pengantar kerja ialah sebagai berikut.

PT LUMAYAN BAHAGIA

Jalan Asal Aspal 7, Situbondo, Jawa Timur

Telepon 082711711700 Email: lumayanbahagia@gmail.com

 

SURAT PENGANTAR

Nomor: 10/PTLB/VII/2017

 

Berdasarkan kegiatan yang rutin diadakan oleh PT Lumayan Bahagia, yakni evaluasi kantor cabang di Jember, maka kantor pusat akan mengirimkan karyawan untuk melakukan evaluasi tersebut. Adapun identitas karyawan yang dikirim ialah sebagai berikut:

Nama                : Ahmad Halim

Jabatan            : Manager Keuangan

NIP                   : 08888999222

Kami berharap agar evaluasi dapat berjalan dengan lancar dan dimohon kepada pimpinan kantor cabang untuk memberikan berkas-berkas yang diperlukan.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian serta kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Situbondo, 12 Desember 2016

Direktur PT Lumayan Bahagia

 

Ardi Arif Muhammad

Contoh Surat Pengantar Bupati

Contoh-Surat-Pengantar-Bupati

Contoh surat pengantar ke bupati seringkali hadir dalam bentuk permohonan, di antaranya ialah seperti berikut ini.

PANITIA PERTANDINGAN BOLA VOLI 2015 KABUPATEN LUMAJANG

VOLI SPORT CENTER

Jalan Pisang Kepok No. 17 Lumajang

Telepon: 081211332223

Nomor              : 007/PAVOLI/III/2015                                                                                  Lumajang, 04 Agustus 2015

Perihal              : Permohonan Bantuan Dana

Lampiran         : 1 Bendel Proposal

 

Yth. Bupati Lumajang

di tempat

 

Dengan hormat,

Kami selaku panitia Pertandingan Bola Voli 2015 Kabupaten Lumajang bermaksud untuk menyelenggarakan Pekan Voli Positif yang akan dilaksanakan pada:

Tanggal            : 10 – 16 Agustus 2015

Pukul                : 15.00 – 21.00 WIB

Tempat             : Voli Sport Center

Jalan Pisang Kepok No. 17 Lumajang

Kegiatan ini tentu akan terselenggara dengan baik atas bantuan dari berbagai pihak. Maka dari itu, kami juga mengharapkan dukungan serta bantuan dari Bapak Bupati dalam bentuk bantuan dana, di mana dana tersebut akan kami pergunakan untuk pelaksanaan pertandingan mulai dari awal hingga akhir. Bersamaan dengan ini pula turut kami lampirkan proposal kegiatan.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian serta partisipasinya kami sampaikan terima kasih.

 

Mengetahui,

Ketua Pelaksana                                                                               Ketua Panitia

 

Amir Yusuf                                                                                         Ahmad Zaelani

 

2 Contoh Surat Pengantar Barang

Contoh-Surat-Pengantar-Barang

Surat pengantar barang umumnya dibagi menjadi dua, yakni surat pengantar untuk pengambilan barang serta surat pengantar untuk menawarkan barang. Kedua surat tersebut isinya berbeda. Mari simak contoh surat pengantar pengambilan barang sekaligus contoh surat penawaran barang berikut ini untuk mengetahui perbedaannya.

  • Surat Pengantar Pengambilan Barang

PT LUMAYAN BAHAGIA

Jalan Asal Aspal 7, Situbondo, Jawa Timur

Telepon 082711711700 Email: lumayanbahagia@gmail.com

 

Nomor: 10/PTLB/VII/2017                                                                                                    Situbondo, 19 November 2017

Perihal: Pengantar Pengambilan Barang

 

Yth. Direktur PT. Sangat Bahagia

Jalan Sekali Saja No 121

Situbondo

 

Dengan hormat,

Melalui surat pengantar ini, kami sampaikan bahwa salah seorang karyawan kami dengan identitas berikut:

Nama    : Dedi Siswanto

Jabatan: Staff Logistik

Akan mengambil barang yang berupa:

NamaKodeJumlah
Mie Instan AX7325
Beras KDD7110
Kopi BKB3210

Adapun kendaraan yang digunakan ialah:

Jenis Kendaraan           : Truk Fuso PL-7311

Nomor Polisi                 : P 0011 FJ

Demikian surat pengantar ini kami sampaikan. Kami berharap bantuan serta kerjasamanya pada saat proses loading berbagai barang di atas agar bisa berjalan lancar.

Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

Ardi Devan

Direktur PT Lumayan Bahagia

 

  • Surat Pengantar Penawaran Barang

PT LUMAYAN BAHAGIA

Jalan Asal Aspal 7, Situbondo, Jawa Timur

Telepon 082711711700 Email: lumayanbahagia@gmail.com

Nomor              : 10/PTLB/VII/2017                                                                                           Situbondo, 19 November 2017

Perihal              : Pengantar Penawaran Barang

 

Yth. Direktur PT Sangat Bahagia

Jalan Sekali Saja No 121

Situbondo

 

Setelah mempelajari beberapa hal mengenai PT  Sangat Bahagia, kami dari PT Lumayan Bahagia bermaksud untuk memberikan penawaran mengenai sejumlah barang yang sudah kami produksi. Adapun barang-barang yang kami sediakan di antaranya ialah sebagai berikut:

  1. Lemari kayu jati Rp 5.000.000 per unit
  2. Kursi kayu jati Rp 500.000 per unit
  3. Meja bundar Rp 750.000 per unit

Produk-produk di atas hanyalah sebagian dari produk kami. Jika Bapak/Ibu tertarik dan ingin mengetahui produk kami yang lainnya, Bapak/Ibu dapat mengirimkan email kepada kami melalui alamat yang tercantum dalam kop surat di atas.

Demikian surat pengantar penawaran barang ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar perusahaan Bapak/Ibu berkenan menjalin kerjasama dengan perusahaan kami. Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

Ardi Taslim

Direktur PT Lumayan Bahagia

 

3 Contoh Surat Pengantar Proposal dan Dokumen Resmi

Contoh-Surat-Pengantar-Proposal-dan-Dokumen-Resmi

Setiap proposal yang akan dikirimkan atau ditujukan pada pihak tertentu pasti membutuhkan surat pengantar. Bahkan bukan hanya proposal saja, dokumen resmi yang akan dikirimkan juga memerlukannya. Berikut ini disampaikan contoh surat pengantar proposal yang terbagi menjadi dua, yakni proposal bantuan dana dan proposal investasi beserta contoh surat pengantar dokumen resmi, antara lain.

  • Surat Pengantar Proposal Bantuan Dana

PANITIA LOMBA BULU TANGKIS

KABUPATEN SITUBONDO

Sekretariat: Jalan Asal Aspal 7, Situbondo, Jawa Timur

 

Nomor              : 05/PLBT/VIII/2017

Lampiran         : 1 Bendel Proposal

Perihal              : Permohonan Bantuan Dana

 

Yth. Bapak/Ibu Pemilik Toko Elektronik Super

Jalan Sekali Saja No 121

Situbondo

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya lomba bulu tangkis se-Kabupaten Situbondo di Desa Asri Kecamatan Asih, kami selaku panitia sekaligus pemerintah Desa Asri melalui surat ini bermaksud untuk mengajukan permohonan bantuan dana kepada Bapak/Ibu pemilik Toko Elektronik Super.

Dana tersebut akan dipergunakan untuk kegiatan operasional perlombaan hingga selesai. Bersamaan dengan surat ini pula, kami lampirkan proposal kegiatan perlombaan yang akan dilaksanakan.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasi Bapak/Ibu, kami sampaikan terima kasih.

Situbondo, 15 Juli 2017

                                                          Hormat kami,

Ketua Panitia                                                                         Sekretaris

 

Revi Andira                                                                            Dion Wayangko

Mengetahui,

Kepala Desa Asri

 

Sutomo

 

  • Surat Pengantar Proposal Investasi

PT LUMAYAN BAHAGIA

Jalan Asal Aspal 7, Situbondo, Jawa Timur

Telepon 082711711700 Email: lumayanbahagia@gmail.com

 

Nomor              : 10/PTLB/VII/2017                                                                                        Situbondo, 19 November 2017

Perihal              : Pengantar Proposal Investasi

 

Yth. Direktur PT Sangat Bahagia

Jalan Sekali Jalan No 121

Situbondo

 

Yang bertanda tangan di bawah ini.

Nama                                        : Ardi Taslim

Tempat dan Tanggal Lahir   : Banyuwangi, 17 September 1980

Alamat                                      : Jl. Berguna No 127 Situbondo, Jawa Timur

Pekerjaan                                 : Pengolah Limbah Kayu Padat

Dengan ini mengajukan permohonan investasi kepada Bapak/Ibu selaku direktur PT Sangat Bahagia. Adapun usaha yang kami jalankan adalah usaha pengolahan limbah kayu padat.

Apabila Bapak/Ibu berkenan untuk menjadi investor serta berkeinginan untuk mengetahui lebih jauh mengenai usaha kami, silahkan hubungi kami via email ataupun via Whatsapp dengan nomor 085733733733.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ardi Taslim

Direktur PT Lumayan Bahagia

 

  • Contoh Surat Pengantar Dokumen Resmi

PT LUMAYAN BAHAGIA

Jalan Asal Aspal 7, Situbondo, Jawa Timur

Telepon 082711711700 Email: lumayanbahagia@gmail.com

 

Nomor              : 10/PTLB/VII/2017                                                                                                  Situbondo, 19 Maret  2017

Lampiran         : 1 Bendel

Perihal              : Pengantar Laporan Triwulan

 

Yth. Direktur PT Sangat Bahagia

Jalan Sekali Jalan No 121

Situbondo

 

Sesuai dengan perjanjian kerjasama di mana PT Lumayan Bahagia harus memberikan laporan triwulan kepada PT Sangat Bahagia, maka bersama dengan surat ini kami dari PT Lumayan Bahagia mengirimkan laporan triwulan tersebut. Adapun laporan yang kami kirimkan ialah laporan keuangan 1 Januari – 1 Maret 2017.

Demikian surat pengantar ini kami sampaikan, semoga laporan triwulan yang kami kirimkan sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Bapak/Ibu.

Hormat kami,

Ardi Muhammad

Direktur PT Lumayan Bahagia

2 Contoh Surat Pengantar Bidang Pendidikan

Contoh-Surat-Pengantar-Bidang-Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, surat pengantar ini juga sangat sering digunakan di antaranya ialah untuk kegiatan penelitian, magang, KKN dan lain sebagainya. Adapun contoh-contohnya ialah sebagai berikut.

  • Surat Pengantar Penelitian

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Kampus Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka, Jakarta 13220

Telp./Fax: Rektor: (021) 4893854, PR I: 4895130, PR II: 4895130, PR III: 4892926, PR IV: 4893982

Laman: www.unj.ac.id

Nomor              : 373/UN19.10/KM/2017                                                                                                     Jakarta, 10 Mei 2015

Lampiran        : 1 Lembar

Hal                   : Permohonan Izin Penelitian

 

Yth. Pengelola Taman Kota Asih Asri, Yogyakarta

Di tempat

 

Kami memohon kesediaan Saudara untuk dapat menerima mahasiswa dari Universitas Negeri Jakarta.

Jurusan                         : S1 Biologi

Fakultas                        : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Jumlah Mahasiswa     : 4 Orang (Dwi Maharani, dkk) Daftar Nama Terlampir

Untuk Mengadakan    : Penelitian terhadap tumbuhan yang ada di Taman Kota Asih Asri

Dalam Rangka              : Praktek Mata Kuliah pada 10 Mei s.d 12 Mei 2015

No. Telp/HP                  : –

Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami sampaikan terima kasih

Kepala Biro Administrasi

Akademik dan Kemahasiswaan,

 

Drs. Ahmad Ridwan

NIP. 19577222222222

Tembusan:

  1. Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  2. Ketua Jurusan Si Biologi

 

  • Surat Pengantar untuk Mengikuti Lomba

YAYASAN PONDOK PESANTREN ALHAMDULILLAH

MTs AL IKHLAS

Jalan Ikhlas No. 01, Desa Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember

 

SURAT PENGANTAR

No. 44/SPn/YPMTAI/20/2016

 

Yth. Panitia OLSN SMP Tahun 2016

Up. Kegiatan Bakat dan Prestasi

Di tempat

 

Dengan ini kami menerangkan bahwa siswa dengan identitas berikut ini:

Nama                                 : Ahmad Ridwan

Alamat                               : Jalan Ikhlas No 02, Desa Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember

Tempat, tanggal lahir     : Jember, 16 Agustus 2001

Adalah siswa aktif di MTs. Al Ikhlas Desa Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember yang kami utus untuk mewakili sekolah dalam lomba Pidato Bahasa Indonesia dalam OLSN Tingkat SMP tahun 2016.

Jember, 19 Agustus 2016

                                                                                                                                                                        Kepala Sekolah

  Drs. Ahmad Fariz, M.Pd

NIP. 196100880088008

 

3 Contoh Surat Pengantar Dinas

Contoh-Surat-Pengantar-Dinas

Surat pengantar dinas diperlukan untuk meyakinkan pihak yang dituju bahwasanya orang yang telah ditunjuk untuk melakukan suatu kegiatan benar-benar merupakan orang yang sah, atau dengan kata lain orang tersebut diketahui oleh atasan. Adapun contoh surat pengantar dinas ini ialah sebagai berikut.

  • Surat Pengantar Berkas Perusahaan ke BPJS

PT LUMAYAN BAHAGIA

Jalan Asal Aspal 7, Situbondo, Jawa Timur

Telepon 082711711700 Email: lumayanbahagia@gmail.com

SURAT PENGANTAR

Nomor              : 10/PTLB/VII/2017                                                                                                    Jember, 15 Juni 2017

Lampiran         : 1 Bendel Berkas Data Karyawan

Perihal              : Pendaftaran Peserta BPJS Ketenagakerjaan

 

Yth. Direksi BPJS Ketenagakerjaan

Kabupaten Jember

Dengan hormat,

Sehubungan dengan surat bernomor B5/BPJSK/2014 mengenai kepesertaan BPJS Kesehatan, maka dengan ini kami sampaikan data karyawan PT Lumayan Bahagia untuk pendaftaran dan registrasi BPJS Kesehatan.

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian serta kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

                                                                                                                                                             Hormat kami,

          Ardi Arfian

Direktur PT Lumayan Bahagia

 

  • Surat Pengantar Pembuatan Kartu Suami

PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER

DINAS PENDIDIKAN

SMA AN NURI HIDAYAH

Jalan Kesampingan No. 12 Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember

Telepon (0336) 0721544

Nomor             : 045/12/SMA.NH/2017                                                                                                 Jember, 12  April 2017

Perihal             : Pengantar Pembuatan Kartu Suami

 

Yth. Kepala BKD Kabupaten Jember

Jalan Lewat Terus No. 72 Jember

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini kami kirimkan data salah seorang pegawai SMA An Nuri Hidayah yang bermaksud untuk membuat Kartu Suami (Karsu). Adapun data pegawai yang dimaksud ialah sebagai berikut:

Nama                              : Tsania Ahsan, S.Pd

NIP                                  : 19850002225557888

Tempat, tanggal lahir  : Jember, 17 Juni 1985

Unit kerja                       : SMA An Nuri Hidayah

Alamat                             : Jl. Binjai Sekilo No. 15 Gang IV Jember

Demikian surat pengantar ini kami buat. Atas perhatian serta kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

                                                                                                                                                                     Hormat kami,

                                                                                                                                                                     Kepala Sekolah

                                                                                                                                                                     SMA An Nuri Hidayah

   Taslim, S.Pd., M.Pd

                                                                                                                                                                    NIP. 19701326372518

 

  • Surat Pengantar Singkat dengan Tabel

PEMERINTAH KOTA JEMBER

DINAS PENDIDIKAN

SMA AN NURI HIDAYAH

AKREDITASI A

Jalan Kesampingan No. 12 Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember

Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember

Up. Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan

 

SURAT PENGANTAR

Nomor: 045/12/SMA.NH/2017

No.Berkas yang DikirimJumlahKeterangan
1.Berkas sertifikasi dewan guru SMA An Nuri Hidayah Kecamatan Bangsalsari1 eksemplarDisampaikan dengan hormat, agar dipergunakan serta direalisasikan sebagaimana mestinya

Jember, 20 Februari 2017

Kepala Sekolah

SMA An Nuri Hidayah

 

Drs. Dewi Mustikasari Devi, M.Pd

NIP. 1971888444333222

5 Contoh Surat Pengantar RT

Contoh-Surat-Pengantar-RT

Aparat setempat seperti ketua RT tentunya juga familiar dengan surat pengantar. Ada banyak hal yang memerlukan surat pengantar dari ketua RT misalnya pembuatan SKCK, mengurus KTP, keterangan domisili, kematian bahkan penelitian. Berikut ini ada 5 contoh surat pengantar RT yang dapat disimak.

  • Surat Pengantar Pembuatan SKCK

PENGURUS RUKUN TETANGGA (RT) 01 RUKUN WARGA (RW) 07

DESA SELODAKON KECAMATAN TANGGUL

KABUPATEN JEMBER

SURAT PENGANTAR RT

Nomor: 011/RT-01/RW-09/2016

 

Yang bertanda tangan di bawah ini merupakan Ketua RT.01 RW.07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, menerangkan bahwa:

Nama                               : Aisyah Nur Aini

Tempat, tanggal lahir   : Jember, 15 Agustus 1995

Jenis kelamin                 : Wanita

Agama                              : Islam

Alamat                              : RT.01 RW.07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul

Merupakan penduduk yang bertempat tinggal di Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Adapun yang bersangkutan bermaksud untuk membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Demikian surat pengantar ini dibuat agar bisa dipergunakan sesuai keperluannya.

Jember, 14 April 2016

Ketua RT.01 RW.07 Desa Selodakon

 

Ahmad Fatih

 

  • Surat Pengantar Mengurus KTP

PENGURUS RUKUN TETANGGA (RT) 01 RUKUN WARGA (RW) 07

DESA SELODAKON KECAMATAN TANGGUL

KABUPATEN JEMBER

SURAT PENGANTAR RT

Nomor: 011/RT-01/RW-09/2016

 

Yang bertanda tangan di bawah ini merupakan Ketua RT.01 RW.07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, menerangkan bahwa:

Nama                                 : Aisyah Nur Aini

Tempat, tanggal lahir     : Jember, 15 Agustus 1995

Jenis kelamin                   : Wanita

Agama                                : Islam

Alamat                               : RT.01 RW.07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul

Kewarganegaraan           : Indonesia

Merupakan penduduk yang bertempat tinggal di Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Adapun yang bersangkutan bermaksud untuk membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Demikian surat pengantar ini dibuat agar bisa dipergunakan sesuai keperluannya.

Jember, 14 April 2016

Ketua RT 01 RW 07 Desa Selodakon

 

Ahmad Fatih

  • Surat Pengantar Domisili

PENGURUS RUKUN TETANGGA 01 RUKUN WARGA 07

DESA SELODAKON KECAMATAN TANGGUL

KABUPATEN JEMBER

SURAT PENGANTAR DOMISILI

Nomor: 011/RT-01/RW-09/2016

 

Yang bertanda tangan di bawah ini merupakan Ketua RT 01 RW 07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, menerangkan bahwa:

Nama                                  : Aisyah Nur Aini

Tempat, tanggal lahir     : Jember, 15 Agustus 1995

Jenis kelamin                   : Wanita

Agama                                : Islam

Alamat                                : RT 01 RW 07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul

Kewarganegaraan            : Indonesia

Pekerjaan                          : Karyawan Toko Emas Mulia Jati

Warga dengan identitas tersebut benar-benar merupakan warga yang berdomisili di alamat tersebut. Adapun surat keterangan ini akan dipergunakan untuk kepentingan pekerjaan.

Demikian surat pengantar ini dibuat agar bisa dipergunakan sesuai keperluannya.

Jember, 14 April 2016

Ketua RT 01 RW 07 Desa Selodakon

 

Ahmad Fatih

  • Surat Pengantar Kematian

RUKUN TETANGGA 01 RUKUN WARGA 07

DESA SELODAKON KECAMATAN TANGGUL

KABUPATEN JEMBER

SURAT PENGANTAR RT

Nomor: 011/RT-01/ 2016

 

Yth. Pengurus TPU Dzikrul Maut

Desa Selodakon

Di tempat

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini merupakan Ketua RT 01 RW 07 menerangkan bahwa:

Nama                            : Aisyah Nur Aini

Umur                            : 30 tahun

Jenis kelamin              : Wanita

Agama                          : Islam

Status Perkawinan     : Kawin

Alamat                          : RT 01 RW 07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul

Warga dengan identitas tersebut telah meninggal dunia pada 14 April 2016 dan akan dimakamkan di TPU Dzikrul Maut. Kami juga bermaksud untuk memohon bantuan Saudara mempersiapkan makamnya.

Demikian surat pengantar ini dibuat agar bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Desa Selodakon, 14 April 2016

Ketua RT 01 RW 07

 

Ahmad Fatih

 

  • Surat Pengantar Penelitian

RUKUN TETANGGA 01 RUKUN WARGA 07

DESA SELODAKON KECAMATAN TANGGUL

KABUPATEN JEMBER

SURAT PENGANTAR RT

Nomor: 011/RT-01/ 2016

 

Yth. Pengurus TPU Dzikrul Maut

Desa Selodakon

Di tempat

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini merupakan Ketua RT.01 RW.07 menerangkan bahwa:

Nama                            : Aisyah Nur Aini

Umur                            : 19 tahun

Jenis kelamin              : Wanita

Agama                          : Islam

Status Perkawinan     : Belum Kawin

Alamat                          : RT 01 RW 07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul

Warga dengan identitas tersebut merupakan warga kami yang bermaksud untuk melakukan penelitian terhadap kapasitas TPU Dzikrul Maut yang akan dilaksanakan pada 17 April 2016.

Demikian surat pengantar ini dibuat agar bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Desa Selodakon, 14 April 2016

Ketua RT 01 RW 07

 

Ahmad Fatih

 

Perlukah Kata ‘Kepada’ Dicantumkan Dalam Tujuan Surat?

Tujuan-Surat-Pengantar

Pada masa sekarang ini tidak sedikit orang yang bertanya-tanya apakah kata ‘Kepada’ masih perlu dicantumkan dalam surat pengantar dan surat resmi yang lainnya. Atas pertanyaan tersebut, jawabannya dapat merujuk pada laman Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bahwasanya kata ‘Kepada’ tidak perlu dicantumkan lagi. Hal ini dikarenakan tanpa kata ‘Kepada’ pun alamat yang dituju oleh surat sebenarnya sudah jelas. Jadi, cukup langsung berikan frasa yang terhormat atau yang biasa disingkat dengan Yth. (selalu diakhiri oleh tanda titik).

Umumnya instansi atau perusahaan akan menyimpan contoh surat pengantar yang sudah pernah dipakai dahulu. Namun jika ternyata contoh tersebut tidak disimpan atau mungkin cukup merepotkan untuk dicari, gunakan saja berbagai contoh di atas. Jangan lupa untuk mengganti setiap identitas yang diperlukan. Perhatikan pula bagaimana tanggal pembuatannya mengingat surat ini akan dijadikan sebagai arsip nantinya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai contoh surat pengantar untuk berbagai keperluan dan hal-hal lain yang masih berkaitan. Semoga informasi-informasi yang disampaikan di atas dapat memberikan manfaat dan memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin membuat surat resmi satu ini.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com