Sepak Bola adalah

Posted on

VOI.co.id – Saat ini hampir semua orang di Indonesia mengenal sepak bola. Tak hanya diminati oleh laki-laki, olahraga ini juga digandrungi oleh perempuan. Hal ini terbukti dengan banyaknya penonton perempuan saat pertandingan berlangsung. Dengan popularitas yang mendunia, menonton, memainkan, dan mempelajari materi sepak bola kini menjadi beberapa hobi yang terkenal.

Salah satu alasan mengapa banyak orang suka menonton sepak bola adalah karena keseruan menyaksikan para pemain memilih strategi. Adu teknik, stamina dan kekompakan tim menentukan hasil akhir pertandingan. Rangkuman materi sepak bola ini akan membahas tentang sejarah, peraturan dan teknik dasar, manfaat, dan berbagai hal lain yang perlu diketahui tentang olahraga ini.

Pengertian dan Tujuan Sepak Bola Menurut Para Ahli

Untuk memahami pertandingan sepak bola, perlu ada definisi yang jelas terkait olahraga tersebut. Berikut ini adalah pendapat beberapa ahli tentang pengertian sepak bola.

Subagyo Irianto (2010:3)

Subagyo Irianto menyebut sepak bola sebagai sebuah permain yang dilakukan dengan menendang satu buah bola, dan diperebutkan oleh para pemain dalam dua tim yang berbeda. Tujuan dari permainan ini adalah menyarangkan bola ke gawang tim lawan, sembari mempertahankan gawang tim sendiri.

Luxbacher (2008:2)

Pertandingan sepak bola menurut Luxbacher adalah permainan antara dua tim kesebelasan. Kedua tim tersebut saling berusaha mencetak gol di gawang lawan dan mempertahankan gawang mereka sendiri.

Muhajir (2007:22)

Muhajir berpendapat bahwa sepak bola merupakan permainan yang dilakukan dengan cara menyepak. Tujuannya adalah untuk mempertahankan gawang sendiri dari serangan lawan, serta menyerang dan mencetak gol di gawang lawan.

Sementara itu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sepak bola didefinisikan sebagai permainan berkelompok yang dilakukan di lapangan. Olahraga ini memakai bola sepak yang dimainkan dua tim yang saling melawan, dengan aturan setiap tim terdiri dari 11 pemain. KBBI juga menjelaskan terkait durasi permainan yakni 2 x 45 menit. Kemenangan dalam pertandingan ditentukan dengan melihat selisih gol yang bersarang di gawang lawan.

Dengan berbagai definisi dari para ahli dan KBBI, dapat disimpulkan bahwa sepak bola adalah cabang olahraga yang melibatkan dua tim kesebelasan dan menggunakan sebuah bola. Sementara itu tujuan dari pertandingan atau permainan sepak bola adalah untuk menyarangkan bola ke gawang lawan. Tim yang paling sering mencetak gol akan memenangkan pertandingan.

Pemain-Sepak-Bola

Sejarah Singkat Sepak Bola

Terkenalnya sepak bola saat ini tak lepas dari sejarahnya yang begitu panjang. Berikut ini adalah sejarah singkat sepak bola di dunia maupun di Indonesia.

Sejarah Sepak Bola di Dunia

Sepak bola tertua di dunia terjadi di Tiongkok, tepatnya tahun 206 sebelum masehi, pada dinasti Tsin dan Han. Saat itu namanya adalah Tsu Chu, sebuah permainan menyepak bola kulit dan menyarangkannya ke dalam jaring kecil. Tak hanya di Tiongkok, sepak bola juga dikenal dengan berbagai nama dan aturan yang berbeda-beda di Yunani, Jepang dan Roma.

Pada sepak bola tradisional tersebut, cara bermain sepak bola masih berbeda antara satu negara dan lainnya. Barulah pada pertengahan abad ke-19, Inggris menerapkan beberapa peraturan dasar yang berlaku untuk permainan ini. Pada tahun 1857, berdirilah Sheffield Football Club yang merupakan klub sepak bola pertama di dunia.

Tahun 1904, Fédération Internationale de Football Association (FIFA) terbentuk dan berbasis di Paris, Perancis. Seiring perkembangan waktu, hadirlah Piala Dunia, sebuah turnamen yang diikuti oleh berbagai negara. Piala Dunia pertama yang diselenggarakan tahun 1930 dimenangkan oleh negara Uruguay.

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Sepak bola mulai dikenal masyarakat Indonesia pada tahun 1914, pada masa penjajahan Hindia Belanda. Saat itu, peraturan yang diikuti belum baku. Baru pada tahun 1930, terbentuklah PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). Hingga saat ini PSSI telah melakukan banyak hal untuk perkembangan sepak bola di Indonesia.

Peraturan Dasar Sepak Bola

Karena telah menjadi olahraga internasional, diperlukan adanya beberapa peraturan standar yang ditaati oleh semua negara yang bergabung dalam FIFA. Beberapa aturan tersebut diantaranya adalah:

1. Jumlah dan Posisi Pemain

Di negara manapun, jumlah pemain sepak bola tetap sama. Ada 11 pemain utama yang bertanding dalam setiap tim, dan salah satunya merupakan kapten yang mengarahkan dan memimpin. Masing-masing terdiri dari 1 penjaga gawang (goal keeper), 2-5 pemain tengah (midfielder), 4 pemain bertahan (back), dan 1-3 penyerang (striker).

2. Durasi Permainan

Dalam peraturan sepak bola internasional, sepak bola dimainkan dalam 2 babak, masing-masing berdurasi 45 menit. Meskipun demikian, ada beberapa aturan perpanjangan waktu yang mungkin dilakukan. Misalnya wasit dapat memberikan tambahan 1 hingga 5 menit tiap babak. Bila ada kasus imbang, maka akan ada perpanjangan 2×15 menit. Kalau masih imbang juga, akan ada adu penalti.

3. Pelanggaran

Jika terjadi pelanggaran, maka wasit berhak memberlakukan kartu kuning dan kartu merah. Kartu kuning diberikan wasit kepada pemain yang melakukan kecurangan, bertengkar baik dengan kata maupun tindakan, serta melanggar aturan lainnya. Bila seorang pemain mendapat kartu kuning sebanyak dua kali, ia akan mendapatkan kartu merah.

Jika kartu merah sudah diberlakukan karena dua kali kartu kuning atau sebuah pelanggaran berat, maka pemain tersebut harus keluar dari pertandingan. Keberadaannya dalam tim tidak dapat digantikan pemain lain. Tim harus melanjutkan permainan dengan jumlah pemain hanya 10 orang.

4. Petugas Pertandingan

Sepak bola membutuhkan sebuah perangkat petugas yang mengawasi pertandingan, yaitu seorang wasit, dua hakim garis, serta seorang petugas yang berada di pinggir tengah lapangan. Hakim garis memiliki tugas untuk mengawasi lapangan. Sementara itu, petugas di pinggir bagian tengah lapangan harus mencatat jumlah dan durasi waktu yang mungkin terhenti karena berbagai alasan selama pertandingan. Wasit harus bersifat adil dalam menjalankan tugas untuk memberi hukuman maupun peringatan pada pemain.

5. Kostum dan Aksesori

Dalam permainan sepak bola, para pemain diperbolehkan menggunakan jersey, kaos kaki, sepatu bola, sarung tangan dan head gear. Sementara aksesoris lain seperti anting, gelang, kalung maupun perhiasan lainnya dilarang digunakan selama pertandingan.

Peraturan-Dasar-Sepak-Bola

Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Bola Kaki

Ukuran lapangan dan bola sangat penting untuk diseragamkan, sehingga tidak ada kekacauan dan protes dalam pertandingan. FIFA juga telah menentukan ukuran yang tepat untuk kedua hal tersebut.

Ukuran Lapangan

Lapangan yang digunakan untuk permainan sepak bola memiliki syarat luas yang jelas. Panjang lapangan antara 100 – 120 meter, dengan lebar antara 65 – 75 meter. Sementara itu, lebar gawang sepanjang 7,32 meter dengan tinggi 2,44 meter.

Ukuran-Lapangan-Sepak-Bola-dan-Bola-Kaki

Ukuran Bola

Bola yang digunakan dalam olahraga ini juga tak boleh sembarangan. Ukuran bola harus berada dalam rentang lingkar bola antara 68 cm hingga 70 cm. Beratnya juga standar, yakni antara 410 gram dan 450 gram. Bahan bola yang digunakan untu pertandingan harus terbuat dari bahan-bahan berkualitas.

10 Teknik Dasar Dalam Sepak Bola

Untuk memainkan sepak bola, seorang pemain harus menguasai beberapa teknik dasar. Teknik sepak bola ini nantinya akan dapat dikembangkan dalam klub masing-masing, sehingga tercipta teknik yang lebih maju.

1. Menendang Bola

Menendang bola adalah salah satu teknik dasar yang perlu diketahui untuk permainan sepak bola. Menendang bola bisa dilakukan dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan kaki bagian punggung.

2. Menggiring Bola (Dribbling)

Kemampuan menggiring bola sangat menentukan performa seseorang dalam tim. Ketika belum saatnya mengumpan, maka seorang pemain harus dapat menggiring bola menuju lokasi umpan selanjutnya. Ada dua teknik dribbling yang perlu diketahui, yaitu:

a.Closed Dribbling

Saat bola juga berada dalam jangkauan lawan, maka seorang pemain dapat melakukan teknik closed dribbling. Dalam teknik ini, pemain memiliki kontrol penuh terhadap bolanya, agar tak direbut lawan. Dalam teknik ini, bola tidak boleh berjarak lebih dari satu meter dari kaki pemain.

b.Speed Dribbling

Dalam speed dribbling, yang paling penting adalah menggiring bola dengan kecepatan tertinggi. Dalam teknik ini, pemain bisa menendang bola sambil mengejar sekuatnya. Teknik ini cocok digunakan saat bola tidak berada dalam jangkauan lawan.

Teknik-Dasar-Dalam-Sepak-Bola-Teknik-Menggiring-Bola

3.Menghentikan Bola

Untuk menghentikan laju bola, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemain, diantaranya sebagai berikut:

a. Dengan Punggung Kaki

Untuk melakukan teknik ini, sambut bola memakai punggung kaki, lalu tahan gerakan bola. Setelah itu, turunkan bola ke antara dua kaki agar bola dalam posisi aman.

b. Dengan Telapak Kaki

Untuk melakukan teknik ini, pemain mendatangi bola sembari berlari. Lalu kaki dibuka dan tarik sedikit ke arah atas, kemudian menahan bola memakai telapak kaki.

c. Dengan Dada

Kedua kaki pemain perlu dibuka sejajar bahu, dengan posisi lutut sedikit ditekuk. Pada saat bola mengenai dada, tarik dada ke belakang sehingga badan mengikuti arah datangnya bola.

d. Dengan Kaki Bagian Dalam dan Luar

Pemain dapat memposisikan tubuh untuk menghadapi kedatangan bola. Setelah itu, pergelangan kaki diputar ke arah luar atau dalam, dan tahan bola. Tari k kaki sedikit ke belakang untuk mempertahankan bola.

e. Dengan Paha

Saat mendapatkan operan bola dari jauh, gerakkan tubuh ke arah kedatangan bola. Angkat satu kaki, lalu bentuk sudut 90 derajat, dan hentikan bola dengan paha bagian dalam. Jatuhkan bola ke antara kedua kaki.

f. Dengan Perut

Saat bola mengenai perut, tahan napas lalu ikuti arah gerakan bola. Tangan perlu berada di samping badan untuk menjaga keseimbangan.

4. Mengumpan Bola

Mengumpan bola atau passing, adalah cara untuk mengoper bola dari satu pemain ke pemain lainnya. Teknik ini bisa dilakukan dengan menggunakan kaki bagian luar dan punggung kaki. Selama melakukan umpan, seorang pemain harus mampu mengamati arah bola dan juga sekelilingnya dengan baik.

5. Menyundul Bola

Menyundul bola atau heading, bisa dilakukan dengan mendorong bola memakai kepala. Teknik sangat pas untuk dilakukan saat bola melayang di udara, dengan tujuan untuk mendorong bola ke arah tertentu. Beberapa pemain seperti Christiano Ronaldo, mampu menyundul bola langsung ke arah gawang lawan dan mencetak gol.

6. Merebut Bola

Teknik yang biasa disebut intercepting ini adalah sebuah cara membaca dan prediksi pergerakan lawan, agar bisa merebut bola yang sedang dikuasainya. Teknik ini berguna untuk menghambat laju umpan dari tim lawan. Meskipun demikian, teknik ini harus dilakukan dengan hati-hati agar kaki benar-benar menyentuh bola saja, bukan kaki lawan. Jika tidak, maka pemain akan terancam kartu kuning.

7. Throw In (Melempar ke Dalam)

Apabila terjadi out (bola ke luar dari batas sisi lapangan), pemain akan melempar bola dengan kedua tangan. Untuk melakukannya, cari posisi melempar ternyaman, dan mulai dari posisi kedua tangan berada di belakang kepala.

8. Menyapu Bola

Dikenal dengan istilah sliding, menyapu bola dilakukan dengan menjatuhkan badan dan meluruskan kaki untuk menahan pergerakan bola yang tengah dikuasai musuh. Namun yang perlu diperhatikan adalah, butuh timing yang tepat agar kaki tidak mengenai pemain, melainkan bolanya saja.

9. Gerak Tipu

Gerak tipu sering menjadi kunci kemenangan para pesepak bola ternama. Sebuah gol biasanya tercipta setelah seorang pemain sudah melakukan gerak tipu untuk mengecoh lawan. Untuk melakukan gerakan ini, pemain dapat menggabungkan beberapa gerakan sekaligus, sehingga nantinya lawan salah memprediksi gerakan selanjutnya.

10. Menangkap Bola

Teknik ini hanya dilakukan oleh pemain yang berada di posisi penjaga gawang. Sebagai penjaga gawang, pemain sepak bola harus melatih kepekaan dan refleks untuk membaca arah bola, serta menangkap bola di sebelah kiri, kanan, atau atas dan sisi lain dalam area gawang. Selain itu, penjaga gawang juga harus mampu menendang dengan power yang baik.

Teknik-Dasar-Sepak-Bola-Menangkap-Bola

Pemain Sepak Bola Terpopuler

Dengan banyaknya teknik yang harus dikuasai seorang pemain sepak bola, tak banyak pemain yang akhirnya menjadi legendaris dan sangat populer. Dari sekian banyak atlet sepak bola yang ada, ada beberapa tokoh yang sangat menonjol prestasi, kemampuan melakukan berbagai teknik, serta popularitasnya.

1. Pele

Pemilik nama lengkap Edson Arantes do Nascimento ini memenangkan Piala Dunia tiga kali bersama tim sepak bola Brazil, yakni tahun 1958, 1962 dan 1970. Ia mencetak gol resmi sebanyak 760 kali. Pria kelahiran tahun 1940 ini memulai karirnya pada usia 15 tahun. Ia dikenal sebagai playmaker yang baik. Keterampilannya menggiring bola dan mencetak gol memang sangat sensasional, hingga pernah mendapat gelar pemain terbaik dalam satu abad.

2. Maradona

Pria yang memulai karir pada tahun 1976 ini memiliki nama lengkap Diego Maradona. Ia sangat terkenal karena gol yang disebut ‘Tangan Tuhan’ pada Piala Dunia tahun 1986. Maradona memiliki keterampilan luar biasa dalam banyak teknik sepak bola, termasuk melakukan manuver dan menggiring bola melewati beberapa lawan sekaligus. Perannya sebagai kapten membawa Argentina memenangkan Piala Dunia oada tahun 1986.

3. Lionel Messi

Messi adalah seorang pemain sepak bola potensial yang mencetak banyak prestasi. Dia bergabung ke klun Barcelona di usia yang sangat muda, yakni 13 tahun. Tak tanggung-tanggun, Messi telah memecahkan rekor gol terbanyak dalam setahun, dengan total 91 gol, yang terjadi pada tahun 2012. Lionel Messi telah menjadi pencetak gol terbanyak untuk Barcelona sepanjang sejarah.

4. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo yang kini telah mencetak lebih dari 700 gol resmi, disebut sebagai bomber berkat kemampuan sang pemain untuk mencetak gol dalam berbagai situasi yang sulit sekalipun. Ada beberapa gol unik yang menunjukkan kualitas tekniknya yang tinggi. Di antaranya adalah gol sundulan saat semifinal Eura 2016, gol tendangan bebas jarak jauh di Liga Champions 2009, dan tendangan akrobatik Liga Champions 2017 – 2018.

Pemain-Sepak-Bola-Terpopuler

Manfaat Bermain Sepak Bola

Popularitas sepak bola tak hanya terjadi karena olahraga ini menyenangkan untuk dilakukan. Ada banyak manfaat lain yang bisa diperoleh dari permainan ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat Sepak Bola Bagi Kesehatan

Karena melibatkan banyak aktivitas berlari dan berjalan, olahraga ini menjadi latihan cardiovaskular sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, sepak bola juga mampu melatih dan menguatkan otot dan tulang, karena keduanya digunakan untuk membantu pergerakan tubuh. Dalam olahraga ini, tak hanya fisik yang diperlukan. Para pemain juga melatih otak dan refleks mereka untuk melancarkan strategi.

Manfaat Sepak Bola Bagi Kehidupan Sosial dan Ekonomi

Dalam kehidupan sosial, permainan sepak bola menempati kedudukan tersendiri. Pertandingan sepak bola yang disaksikan secara langsung atau lewat televisi dapat menjadi hiburan murah yang menyenangkan. Bahkan tak jarang, orang-orang berkumpul untuk bersama-sama menonton pertandingan, sembari menjalin hubungan pertemanan.

Dari segi ekonomi, sepak bola tak hanya menyediakan lapangan kerja untuk para pemain, tapi juga pelatih, manajer, asisten, dan lain-lain. Bahkan dalam klub-klub besar profesional, ada ahli gizi khusus yang dipekerjakan bersama katering yang sesuai dengan standar gizi yang dibutuhkan. Tak hanya itu, bisnis penjualan merchandise para atlet sepak bola juga cukup menjanjikan.

Manfaat-Bermain-Sepak-Bola

Sepak Bola, Olahraga Yang Menyenangkan

Itulah berbagai informasi terkait materi sepak bola yang menarik untuk disimak. Menjadi pemain sepak bola maupun menyaksikan pertandingan sepak bola adalah hal yang menyenangkan. Tak hanya dapat meningkatkan stamina dan kesehatan, bermain sepak bola juga dapat bermanfaat bagi pergaulan dan sosial.

Terima kasih sudah membaca materi ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Selamat bermain sepak bola!

Baca juga:

Content Protection by DMCA.com