Seni Rupa 2 Dimensi adalah

Posted on

VOI.Co.Id –  Sebuah karya seni rupa 2 dimensi memadukan berbagai unsur menjadi sesuatu yang indah dipandang, dan memiliki nilai estetika tersendiri. Penikmat seni ini tak hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak dan remaja. Bahkan banyak dari mereka terjun ke dunia fotografi, yang juga menghasilkan sebuah karya seni 2 dimensi.

Ada banyak istilah terkait seni rupa 2 dimensi yang perlu diketahui. Karya ini sangat berbeda dari seni rupa 3 dimensi, sehingga media dan jenis-jenisnya juga tidak sama. Dalam artikel ini, akan dibahas juga 20 contoh hasil seni 2 dimensi yang dapat dijadikan acuan sebelum berkarya.

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Saat melihat sebuah karya seni, tak semua orang langsung mengetahui apakah karya tersebut termasuk dalam golongan seni rupa 2 dimensi atau tidak. Secara umum, seni rupa 2 dimensi dapat diartikan sebagai karya seni yang terbatas pada dua sisi (panjang dan lebar). Dengan kata lain, jenis karya seni ini tidak memiliki ketinggian atau ketebalan.

Pengertian-Seni-Rupa-2-Dimensi-Adalah

Fungsi Seni Rupa 2 Dimensi

Menciptakan sebuah karya seni adalah hal yang menyenangkan, tak hanya bagi para pembuatnya, tapi bagi orang-orang yang menyaksikannya. Tak jarang sebuah karya seni tetap dikagumi dan dinikmati para pecinta seni meskipun sang pembuatnya sudah meninggal dunia. Berikut ini adalah beberapa fungsi seni rupa 2 dimensi yang perlu diketahui.

  • 1. Sebagai Hiburan

Bukan rahasia lagi, bahwa dengan melihat karya seni 2 dimensi yang indah, seseorang bisa merasa bahagia. Manusia memang tercipta sebagai penyuka keindahan. Hati gelisah pun bisa terhibur dengan melihat berbagai macam karya seni yang dipajang di ruang pameran. Inilah mengapa, karya seni juga dapat menjadi pemenuh kebutuhan emosional.

  • 2. Sarana Keagamaan atau Peribadatan

Beberapa jenis karya seni 2 dimensi juga bermanfaat untuk hal-hal yang bernuansa religius. Contohnya adalah lukisan Yesus atau kaligrafi yang menampilkan kalimat syahadat. Bahkan kadang melihat sebuah karya seni dapat meningkatkan keimanan seseorang.

  • 3. Sarana Komunikasi

Saat membuat karya seni 2 dimensi, para seniman pasti memiliki suatu pesan yang dituangkan. Kadang pesan itu adalah untuk mencurahkan emosinya sendiri, atau untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa seni 2 dimensi biasanya universal, bisa dipahami oleh banyak orang dengan berbagai latar belakang.

  • 4. Sarana Edukasi

Beberapa jenis karya seni 2 dimensi sangat cocok untuk menjadi media edukasi. Contohnya adalah poster atau banner yang bisa digunakan untuk mengedukasi berbagai hal, misalnya bahaya merokok. Para pecinta lingkungan juga mengkampanyekan cara melestarikan lewat karya seni 2 dimensi.

  • 5. Fungsi Komersial

Sebuah karya seni 2 dimensi yang indah, tak hanya bernilai estetika tapi juga komersial. Itulah mengapa sebuah lukisan yang dibuat oleh seniman terkenal bisa bernilai miliaran rupiah. Seorang fotografer juga melakukan banyak pemotretan sebagai salah satu cara memperoleh penghasilan.

Fungsi-Komersial-Seni-Rupa-2-Dimensi

Unsur-Unsur Seni Rupa 2 Dimensi

Ada beberapa unsur penting yang menyusun sebuah karya 2 dimensi. Beberapa unsur seni rupa 2 dimensi yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

  • 1. Titik (Bintik)

Titik atau bintik adalah sebuah unsur dasar dalam karya seni 2 dimensi. Semua unsur yang lain pasti awalnya juga merupakan sebuah titik yang kemudian dirangkai. Itulah mengapa, titik disebut sebagai unsur terkecil dalam karya seni rupa. Bintik merupakan sebuah titik dengan ukuran yang lebih besar.

  • 2. Garis

Garis merupakan unsur karya seni 2 dimensi yang menjadi pembatas antara bidang satu dan bidang lainnya. Garis memiliki arah dan ukuran tertentu. Beberapa sifat garis adalah panjang, pendek, tebal, tipis, melengkung, lurus, bergelombang, vertikal, horizontal, dan sebagainya.

  • 3. Bidang

Bidang adalah unsur yang terbentuk dari perpaduan beberapa garis. Garis-garis ini saling berhubungan atau beririsan, sehingga membentuk 2 dimensi, yaitu panjang dan lebar. Ada beberapa jenis bidang, yaitu geometris/organis, bersudut, dan bidang tidak beraturan. Contoh bidang bersudut adalah bentuk segitiga, persegi, oval, trapesium, dan sebagainya.

  • 4. Warna

Warna memegang peranan penting dalam sebuah karya seni, karena perbedaan warna sedikit saja akan menghasilkan kesan dan arti yang berbeda. Kepiawaian seorang seniman dalam memainkan warna akan menentukan kualitas karya seni. Ada beberapa istilah warna yang perlu diketahui, di antaranya:

a. Warna Primer

Warna dalam golongan ini merupakan warna dasar, dan bukan merupakan hasil dari campuran warna apapun. Yang termasuk dalam warna primer adalah kuning, merah dan biru.

b. Warna Sekunder

Warna dalam kelompok ini merupakan warna yang berasal dari perpaduan antara dua warna primer. Misalnya ada warna ungu yang merupakan perpaduan antara biru dan merah. Selain ungu, hijau dan oranye juga termasuk dalam warna sekunder.

c. Warna Tersier

Warna dalam golongan ini merupakan perpaduan dari 2 warna sekunder. Contoh warna dalam kelompok ini adalah coklat.

d. Warna Analogus

Warna dalam kelompok ini adalah warna-warna yang berdampingan dalam sebuah lingkaran warna. Contohnya adalah warna ungu menuju ke biru.

e. Warna Komplementer

Sementara itu, warna komplementer adalah warna yang letaknya berseberangan dalam sebuah lingkaran warna. Contohnya adalah warna hijau dan merah.

  • 5. Gelap Terang

Banyak cara untuk menciptakan unsur gelap terang dalam sebuah karya 2 dimensi. Misalnya dengan melakukan teknik arsir atau memainkan intensitas warna. Gelap terang dalam suatu karya akan mempengaruhi kesan kedalaman.

  • 6. Kedalaman

Kedalaman atau ruang dalam seni 2 dimensi bersifat maya atau semu. Kedalaman hanya merupakan kesan dari penggambaran atau pengolahan unsur gelap terang.

  • 7. Tekstur

Pada beberapa jenis karya seni 2 dimensi, ada permukaan bidang yang menonjol. Inilah yang disebut tekstur. Secara umum, tekstur dapat diartikan sebagai sifat permukaan suatu bidang. Ada tekstur yang kasar, harus, licin, berpori, dan sebagainya. Ada tekstur yang langsung bisa terlihat, tapi ada juga yang harus diraba terlebih dahulu. Ada 2 jenis tekstur, yaitu:

a. Tekstur Maya

Tekstur maya atau tekstur semu adalah sifat permukaan yang apabila dilihat dan diraba akan menghasilkan kesan yang berbeda. Contohnya, ada bidang yang saat dilihat seolah kasar, padahal saat disentuh, sifatnya halus.

b.  Tekstur Nyata

Sementara itu, tekstur nyata memberikan kesan yang sama antara penglihatan dan rabaan atau sentuhan.

Gambar-Unsur-Unsur-Seni-Rupa-2-Dimensi

Prinsip Seni Rupa 2 Dimensi

Setelah mengetahui berbagai unsurnya, harus dipahami bahwa berbagai unsur tersebut senantiasa daling berhubungan. Untuk itu dalam menciptakan sebuah karya, seorang seniman perlu memegang beberapa prinsip seni rupa 2 dimensi. Prinsip-prinsip berikut ini akan semakin memperindah sebuah karya seni.

  • 1. Keseimbangan

Dengan memegang prinsip keseimbangan, seorang seniman dapat mengatur berat atau ringannya karya yang diciptakan. Keseimbangan tak selalu berarti harus simetris, karena keseimbangan juga bisa diciptakan secara asimetris, diagonal atau radial (memancar).

  • 2. Kesatuan

Kesatuan (Unity) merupakan prinsip yang menjelaskan bahwa masing-masing unsur dalam karya seni 2 dimensi tidak berdiri sendiri-sendiri. Semua unsur adalah sebuah kesatuan yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi.

  • 3. Irama

Meskipun irama lebih sering dikenali dalam seni musik, sebenarnya unsur ini juga dikenal dalam karya seni 2 dimensi. Irama atau ritme adalah pengulangan satu atau beberapa unsur untuk memberikan kesan tertentu. Pengulangan bisa dilakukan untuk unsur manapun, seperti titik, garis, bidang, dan sebagainya.

  • 4. Gradasi

Gradasi berkaitan dengan warna, yakni permainan tingkat warna dan berbagai jenis warna dalam suatu karya 2 dimensi. Fungsi gradasi adalah menghidupkan seni 2 dimensi.

  • 5. Komposisi

Dalam prinsip komposisi, berbagai unsur ditampilkan dan dipadukan agar menjadi sebuah karya yang menarik. Susunan yang teratur atau abstrak sekalipun dapat menguatkan komposisi untuk menyajikan ekspresi tertentu.

  • 6. Harmoni

Harmoni atau keselarasan, adalah prinsip yang menyatukan berbagai unsur meskipun bentuknya berbeda. Keselarasan dapat diciptakan dengan cara mengatur pencahayaan, warna, dan unsur-unsur lainnya agar muncul perpaduan indah yang selaras.

  • 7. Penekanan (Kontras)

Istilah penekanan atau kontras mungkin sangat akrab untuk orang-orang yang sering melakukan editing foto. Kontras berfungsi untuk mengatur perbedaan yang berasal dari 2 unsur. Pengaturan kontras bisa dilakukan pada bentuk, ukuran atau warna. Dengan kontras yang baik, hasil seni akan menjadi lebih menarik.

  • 8. Kesebandingan

Prinsip ini mengatur tentang panjang pendek, tinggi rendah, besar kecil, dan luas sempit unsur-unsur seni rupa 2 dimensi agar bisa sedap dipandang. Contoh kesebandingan adalah pada saat menggambar proporsi tubuh hewan.

  • 9. Pusat Perhatian

Pusat perhatian atau yang biasa disebut center of interest adalah usaha untuk menonjolkan satu atau beberapa bagian dalam sebuah karya. Prinsip ini bisa dibangun dengan mengatur pencahayaan, posisi, ukuran, warna, dan sebagainya.

Prinsip-Seni-Rupa-2-Dimensi

Media dan Alat Seni Rupa 2 Dimensi

Untuk menciptakan sebuah karya seni 2 dimensi, ada beberapa alat yang biasanya digunakan. Meskipun demikian, alat yang bisa dipakai tidak hanya terbatas pada keterangan berikut ini.

  • 1. Pensil, Konte, Pena, Drawing Pen

Alat dasar untuk membuat karya 2 dimensi adalah pensil, konte pena, atau drawing pen. Contoh karya seni yang bisa dibuat dengan alat-alat tersebut adalah doodle art, karikatur, dan sketsa.

  • 2. Pensil warna

Pensil warna adalah alat untuk memberikan warna pada hasil karya. Teksturnya lembut dan cenderung mudah digunakan.

  • 3. Krayon

Terbuat dari lilin dan kapur, krayon juga adalah alat untuk memberikan warna pada karya. Baik krayon maupun pensil warna sering digunakan anak-anak untuk berlatih membuat karya seni 2 dimensi.

  • 4. Kanvas

Media lukis yang satu ini memang sangat terkenal. Kanvas sangat mudah didapatkan, sehingga menjadi media lukis yang paling banyak digunakan oleh para seniman selama ini. Kanvas merupakan media yang dibuat dari kain yang dilapisi lem dan cat. Saat ini banyak toko menyediakan media ini dengan berbagai ukuran.

  • 5. Kuas dan Palet

Untuk membuat lukisan, biasanya dibutuhkan kuas dengan berbagai ukuran. Kuas digunakan untuk menorehkan cat di atas kanvas atau media lukis lainnya. Sementara itu, palet sangat penting untuk meletakkan cat dan mencampur warna sebelum digunakan untuk melukis.

  • 6. Komputer, Handphone, Kamera dan Gadget Lainnya

Di dunia seni modern, seni rupa 2 dimensi bisa dibuat dengan menggunakan berbagai perangkat elektronik. Gambar digital untuk sebuah poster bisa dibuat dengan menggunakan software yang ada dalam gadget. Setelah didesain, gambar juga bisa dicetak dan dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan.

  • 7. Cat Air, Cat Minyak, Cat Akrilik

Berbagai jenis cat tersebut dapat digunakan untuk membuat lukisan. Perbedaan ketiganya adalah pada bahan dasar yang ada di dalamnya. Cat air cenderung lebih mudah kering. Cat minyak membutuhkan waktu lebih lama untuk kering, tapi lebih mudah menciptakan tekstur.

Sementara itu, cat akrilik terbuat dar polietilen yang akan mengeras saat sudah kering. Car akrilik memiliki banyak jenis, tergantung tingkat ketebalannya. Jenis cat ini cenderung lebih cepat kering daripada cat minyak. Oleh karena itu, pelukis juga harus lebih gesit dalam menggunakan cat ini.

Media-dan-Alat-Seni-Rupa-2-Dimensi

Jenis-Jenis Seni Rupa 2 Dimensi

  • 1. Seni Gambar

Jenis seni ini mengutamakan unsur titik, garis dan bidang untuk membentuk suatu karya. Seni gambar 2 dimensi memadukan unsur-unsur tersebut dalam dimensi panjang dan lebar.

  • 2. Seni Lukis

Seni lukis menggunakan media kanvas, atau media lainnya, serta berbagai cat dan kuas. Berbagai warna menjadi unsur penting dalam seni lukis. Saat ini seni lukis semakin banyak alirannya, dan sangat indah untuk dinikmati.

  • 3. Seni Grafis

Seni grafis dibuat dengan menggunakan software yang ada di berbagai gadget. Setelah desain sudah sesuai dengan keinginan sang pembuat, hasilnya kemudian dicetak dan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

  • 4. Seni Fotografi

Fotografi adalah seni yang mengabadikan potret diri atau momen tertentu, dengan menggunakan alat. Alat yang digunakan bisa berupa kamera, dan sebagainya. Dalam seni ini, kualitas alat yang digunakan serta keterampilan sang fotografer akan menentukan estetika hasil foto.

 

Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Untuk menghasilkan karya yang baik, ada banyak teknik seni rupa 2 dimensi yang bisa digunakan. Seorang seniman dapat memilih satu atau lebih teknik untuk menciptakan karya yang estetis.

  • 1. Teknik Transparan

Teknik ini menggunakan cat air dengan menggoreskannya tipis-tipis. Teknik ini akan menghasilkan warna yang transparan. Untuk menggunakan teknik ini, seniman perlu lebih teliti dan berhati-hati. Teknik ini juga disebut teknik aquarel.

  • 2. Teknik Plakat

Berbanding terbalik dengan teknik transparan, teknik plakat menggoreskan kuas yang telah terkena cat dengan kuat. Hasilnya akan terkesan tebal, dan warna yang muncul akan pekat.

  • 3. Teknik Kolase

Tidak seperti teknik plakat dan transparan, kolase tidak menggunakan cat warna. Kolase dibuat dengan memotong kertas atau bahan lain sesuai dengan warna dan bentuk yang diinginkan, lalu ditempelkan ke bidang tertentu. Perpaduan kertas yang sudah ditempelkan ini akan menjadi lukisan, yang kemudian dikenal sebagai mozaik.

  • 4. Teknik Blok

Teknik blok adalah seni untuk menutupi suatu bidang dalam gambar dengan satu warna saja, dengan tingkat ketebalan yang sama. Teknik blok juga dapat dipadukan dengan teknik lain untuk menciptakan efek yang berbeda. Teknik ini disebut juga teknik siluet.

  • 5. Teknik Arsir

Teknik ini mengutamakan goresan garis yang dibuat sejajar atau menyilang untuk membuat kesan tertentu pada suatu bidang. Teknik arsir memanfaatkan pena atau pensil untuk menghasilkan karya

  • 6. Teknik Linear

Teknik menggambar suatu objek dengan menggunakan pena dan pensil untuk menggambar pola garis disebut teknik linear. Teknik ini adalah salah satu dasar sebelum menambahkan teknik lain dalam suatu karya.

  • 7. Teknik Pointilis

Sesuai dengan namanya, teknik ini memanfaatkan sapuan kuas atau titik-titik dengan jumlah yang banyak untuk menghasilkan sebuah gambar.  Dengan kata lain, teknik ini menggunakan titik sebagai sebuah objek gores.

  • 8. Teknik Dussel

Teknik dussel atau teknik gosok adalah cara menggambar dengan menggosok pada suatu bidang hingga menimbulkan efek gelap terang atau kedalaman tertentu. Alat gosoknya bisa bermacam-macam, baik pensil, krayon, dan sebagainya.

  • 9. Teknik Semprot (Air Brush)

Teknik ini merupakan salah satu cara melukis dengan menyemprotkan pewarna atau bahan cair lainnya menggunakan sprayer. Teknik ini sering digunakan dalam proses pembuatan reklame.

  • 10. Teknik Cetak

Teknik ini sangat penting untuk menunjang seni rupa 2 dimensi yang berupa grafis. Setelah seni grafis selesai dibuat oleh desainer, maka langkah selanjutnya adalah mencetaknya dengan alat.

 

20 Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Setelah mengetahui berbagai teknik yang dapat digunakan untuk menciptakan karya seni 2 dimensi, ada berbagai contoh karya yang perlu dijadikan sebagai gambaran. Berikut ini adalah beberapa contoh karya seni rupa 2 dimensi beserta penjelasannya.

  • 1. Gambar

Contoh pertama karya seni 2 dimensi adalah gambar, yang merupakan hasil perwujudan dari berbagai unsur seni. Contohnya adalah gambar ilustrasi.

Gambar-Ilustrasi

  • 2. Kartun

Kartun adalah karya seni yang melakukan deformasi terhadap bentuk makhluk asli ke dalam wujud gambar dua dimensi. Meskipun demikian, kartun juga bisa menampilkan sosok imajiner yang jauh dari bentuk asli suatu makhluk hidup.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Kartun

  • 3. Sketsa

Sketsa merupakan gambaran garis besar atau kerangka dari suatu gambar atau lukisan. Sketsa merupakan suatu tahap awal, yang berfungsi untuk meminimalisasi kesalahan pada saat tahap pewarnaan dan sebagainya.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Sketsa

  • 4. Cetak Timbul

Karya 2 dimensi ini tidak menggunakan tinta biasa, namun alat khusus untuk menciptakan tekstur sedikit timbul. Cetak timbul banyak digunakan untuk sablon kaos dan sebagainya.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Cetak-Timbul

  • 5. Fotografi

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Fotografi

  • 6. Lukisan

Secara umum, lukisan adalah karya seni rupa 2 dimensi yang memakai media kanvas, kertas, atau media lain. Caranya adalah memoleskan cat dan menggunakan kuas lukis untuk membentuk suatu gambar.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Lukisan

  • 7. Grafiti

Grafiti adalah karya seni yang dibuat dengan menggunakan cat semprot (air brush) pada berbagai macam media, yang dilakukan tanpa izin sang pemilik media. Seni ini menggunakan bentuk, simbol maupun kata-kata untuk menyampaikan suatu pesan.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Grafiti

  • 8. Mural

Mural adalah lukisan di dinding yang menggunakan berbagai media cat. Berbeda dengan grafiti yang dilakukan secara bebas, mural biasanya lebih terkonsep, dan dilakukan dengan seizin pemilik media. Bahkan tak jarang saat ini para pemilik bisnis menyewa jasa seniman mural untuk mempercantik dinding tempat usahanya.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Mural

  • 9. Karikatur

Inilah karya seni yang menunjukkan penggambaran sesuatu atau seorang tokoh dengan cara membuat ciri khasnya menonjol atau lebih terlihat. Karikatur tidak membentuk sebuah cerita yang memiliki plot seperti kartun. Seorang seniman karikatur disebut karikaturis.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Karikatur

  • 10.  Siluet

Karya ini menunjukkan gambar suatu objek dengan sebuah batas pinggir yang jelas. Objek dalam karya ini digambar dengan teknik blok satu warna, misalnya hitam.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Siluet

  • 11.  Vignette

Seni vinyet atau vignette adalah gambar yang fungsinya untuk mengisi ruang kosong pada kertas yang memuat suatu narasi. Biasanya vignette bersifat dekoratif dan improvisatif. Seringkali vignette dibuat tanpa pesan yang jelas.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Vignette

  • 12.  Kaligrafi

Inilah seni menulis dengan estetika yang menggunakan alat berupa pena, pensil, cat, atau lainnya. Kaligrafi bisa ditemukan di buku, atau terukir di kayu.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Kaligrafi

  • 13.  Poster

Poster atau plakat merupakan karya seni 2 dimensi yang memuat hasil dari desain grafis yang kemudian dicetak ke selembar kertas. Poster biasanya ditempel di dinding untuk menyampaikan suatu pesan atau maksud yang diinginkan oleh pembuat poster.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Poster

  • 14.  Banner

Banner adalah karya seni 2 dimensi yang lebih banyak digunakan untuk media promosi. Sama dengan poster, banner merupakan hasil dari desain grafis.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Banner

  • 15.  Mozaik

Mozaik merupakan karya seni dari hasil penyusunan benda menjadi suatu objek. Benda yang digunakan sebagai bahan bisa beripa serpihan kayu, kertas, pecahan telur, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Mozaik

  • 16.  Batik

Batik adalah karya seni dengan gambar khas yang dibuat berulang-ulang hingga membentuk ritme yang menarik. Batik saat ini menjadi semakin marak diperkenalkan pada dunia internasional. Motif batik biasanya memiliki arti khusus yang mendalam.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Batik

  • 17.  Logo

Logo adalah seni yang menggunakan sketsa atau gambar sebagai simbol yang mewakili suatu lembaga, organisasi, perusahaan, negara, dan sebagainya. Logo biasanya dibuat sederhana, unik, tapi cukup mudah diingat.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Logo

  • 18.  Desain Arsitektur

Desain arsitektur adalah suatu rancangan bangunan yang digambarkan dalam 2 dimensi. Desain arsitektur sangat memperhatikan presisi, karena terkait dengan skala ukuran yang sebenarnya. Oleh karena itu, butuh banyak alat untuk menggambar arsitektur.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Desain-Arsitektur

  • 19.  Page Layout

Page layout atau tata letak halaman adalah seni mengatur estetika kata dan gambar dalam suatu bidang 2 dimensi. Contoh page layout paling sering ditemukan pada buku dan majalah.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Page-Layout

  • 20.  Sampul Buku

Desain sampul buku adalah karya 2 dimensi yang sangat penting. Tanpa sampul buku yang menggambarkan isinya dengan baik, sebuah buku tidak akan diminati. Sampul buku juga harus menarik perhatian dan mudah diingat.

Contoh-Seni-Rupa-2-Dimensi-Sampul-Buku

Tokoh Seni Rupa 2 Dimensi Indonesia

Ada banyak tokoh seni rupa 2 dimensi asal Indonesia yang karyanya begitu indah dan menarik. Namun berikut ini adalah beberapa tokoh yang karyanya telah mendunia, bahkan setelah beliau meninggal dunia.

  • 1. Raden Saleh Sjarif Boestaman

Raden Saleh Sjarif Boestaman merupakan pelopor seni lukis modern di Indonesia. Pria yang lahir pada tahun 1814 ini adalah orang Indonesia pertama yang menciptakan lukisan dengan memanfaatkan disiplin ilmu dari Barat. Karya-karyanya banyak yang menggambarkan hewan, seperti ‘Macan dan Ular’ serta ‘Lion Head’. Salah satu karya fenomenalnya adalah lukisan ‘Penangkapan Diponegoro’.

Raden-Saleh-Sjarif-Boestaman

  • 2. Affandi Koesoema

Karya Affandi sangat terkenal di dunia internasional. Pria yang lahir di Cirebon pada tahun 1907 dan meninggal pada tahun 1990 ini memiliki estetika tinggi. Lukisannya telah banyak dipajang pada pameran tunggal di berbagai negara, seperti India, Amerika, Inggris, serta negara-negara Eropa lainnya. Salah satu karyanya yang fenomenal adalah poster bertajuk ‘Boeng, Ajo Boeng!’.

  • 3. Basuki Abdullah

Menganut aliran naturalis dan realis, Basuki Abdullah adalah seorang maestro seni lukis. Bahkan karena kepiawaiannya, beliau pernah diangkat sebagai salah satu pelukis resmi dari istana negara. Lukisan-lukisannya seperti ‘Balinese Beauty’ dan ‘Kakak dan Adik’ telah banyak menarik perhatian internasional.

 

5 Karya Seni Rupa 2 Dimensi Terpopuler Sepanjang Sejarah

Dengan banyaknya karya seni rupa 2 dimensi, mustahil rasanya untuk mengingat semuanya. Namun faktanya, beberapa karya seni rupa sangat terkenal, bahkan tak lekang oleh waktu.

  • 1. The Starry Night (Van Gogh)

Dibuat tahun 1889, lukisan Van Gogh ini kini dipamerkan di Museum of Modern Art. Teknik yang digunakan serta imajinasi yang kuat menunjukkan kepiawaian Van Gogh. Lukisan ini dibuat dengan sangat detail, membuatnya sangat dicintai.

The-Starry-Night-Van-Gogh

  • 2. Guernica (Pablo Picasso)

Lukisan Guernica karya Pablo Picasso sangat fenomenal karena sang pelukis menyampaikan tema pemboman dengan cara yang unik. Sang seniman sukses mengabadikan momen mencekap ke dalam sebuah karya dalam dimensi yang cukup besar. Guernica dibuat pada tahun 1937, dan kini dipamerkan di Museo Nacional Centro de Arte Reina Sofía, Perancis.

Guernica-Pablo-Picasso

  • 3. Mona Lisa (Leonardo da Vinci)

Hampir semua orang mengetahui lukisan Mona Lisa, meskipun belum tentu sudah pernah melihatnya secara langsung. Lukisan yang dibuat pada tahun 1503 ini dianggap sangat cerdas dan estetis karena menampilkan sosok yang merupakan perpaduan antara perempuan dan laki-laki. Lukisan yang sering dinilai misterius ini kini ada di Museum Mouvre.

Mona-Lisa-Leonardo-da-Vinci

  • 4. The Scream (Edward Munch)

Permainan garis dan warna yang luar biasa menghasilkan The Scream, yang memiliki nilai misterius tersendiri. Lukisan ini menunjukkan bahwa Edward Munch memiliki imajinasi yang tinggi dan teknik yang mumpuni. Lukisan ini juga pernah mendapat penawaran tinggi saat lelang, bahkan mencapai triliunan.

The-Scream-Edward-Munch

  • 5. The Persistence of Memory (Salvador Dali)

Dilukis pada tahun 1931, lukisan Salvador Dali ini sekarang menjadi salah satu koleksi Museum of Modern Art yang ada di Kota New York. Lukisan ini sangat dalam maknanya, dan dapat ditafsirkan dengan berbagai cara, tentang arti waktu dan memori.

The-Persistence-of-Memory-Salvador-Dali

Seni Rupa 2 Dimensi Menggugah Hati

Berbeda dengan seni rupa terapan 3 dimensi yang bisa digunakan langsung untuk berbagai aspek kehidupan, seni rupa 2 dimensi memiliki banyak fungsi untuk hati dan komunikasi. Banyak orang menjadi bahagia dengan melihat karya seni ini. Dengan memahami berbagai hal tentang karya seni 2 dimensi, akan banyak pengetahuan baru untuk pengembangan diri.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga artikel ini dapat menambah wawasan.

Baca juga:

Content Protection by DMCA.com