Internet adalah

Posted on

Internet-adalah

Kehiupan modern sekarang ini tidak terlepas dari internet, dari mulai anak-anak sampai orang tua menggunakan internet dalam kehidupannya. Para pengguna internet apakah sudah paham mengenai pengertian internet? Dalam pembahasan kali ini akan diberikan mengenai pengertian dari internet dan juga sejarah munculnya internet.

Pengertian Internet Secara Bahasa dan Istilah

Pengertian-Internet

Pengertian internet secara umum adalah sebuah jaringan yang menghubungkan media elektronik satu dengan yang lainnya. Teknologi pendukung yang digunakan dari internet adalah TCP atau IP. IP/TCP ini adalah sebuah protokol yang digunakan untuk bertukar informasi oleh semua pengguna internet.

Dalam internet juga dikenal dengan istilah internetworking. Istilah ini mempunyai arti sebagai proses untuk menghubungkan berbagai rangkaian internet. Jadi secara umum internet dapat diartikan sebagai media untuk menghubungkan seluruh media elektronik di dunia dengan menggunakan IP/TCP.

Pengertian Internet Menurut Ahli

Pengertian-Internet-Menurut-Ahli

Para ahli media dan elektronika juga mendefinisikan mengenai pengertian dari internet. Berikut ini adalah pengertian internet menurut para ahli:

1. Drew Heywood

Menurut Drew Heywood pengertian internet tidak terlepas dari sejarah internet. Berdasarkan sejarahnya internet dapat diartikan sebagai sebuah jaringan kuat yang dapat menghubungkan banyak komputer.

2. Ramdhani

Salah satu ahli IT Indonesia mengartikan internet sebagai sekumpulan jaringan sebuah komputer yang mampu untuk menghubungkan situs pemerintahan, akademik, organisasi, perorangan, ataupun komersial. Ramdhani menjelaskan bahwa internet haruslah mampu menyediakan layanan telekomunikasi yang mampu digunakan oleh seluruh warg di dunia.

3. Supriyanto

Ahli dari Indonesia ini mengartikan internet sebagai hubungan beberapa komputer dengan jaringan dunia menggunakan sistem operasi. Hubungan ini menggunakan kemajuan perangkat telepon atau satelit. Beliau menjelaskan bahwa protokol yang digunakan untuk internet adalah TCP/IP.

4. Allan

Menurut Allan, internet adalah kumpulan jaringan dari komputerterhubung secara fisik dan mampu untuk menguraikan berbagai protokol. Allan juga mengartikan protokol sebagai cara dua buah komputer ataupun lebih dapat terhubung untuk saling bertukar berbagai informasi.

5. Onno W Purbo

Internet menurut Onno W Purbo adalah media untuk mengefisiensikan proses komuniasi. Proses komunikasi melalui internet dihubungkan dengan menggunakan aplikasi seperti E-mail, Web, dan VoIP.

6. Frost, Strauss, dan El-Ansary

Menurut mereka bertiga dalam bukunya, internet yaitu seluruh jaringan pada komputer yang terhubung. Komputer yang terhubung ini dapat mengakses web dan data lainnya untuk tetap terhubung satu sama lain.

7. Latulipe dan Randall

Kedua ahli komputer ini mengartikan internet sebagai jaringan global di mana di dalamnya terdapat jaringan komputer dari seluruh dunia.

Dari penjelasan ahli ini dapat disimpulkan bahwa internet pada dasarnya adalah sebuah jaringan komputer yang dihubungkan dengan menggunakan sistem tertentu. Untuk menghubungkan komputer ini diperlukan protokol dan aplikasi.

Sejarah dan Perkembangan Internet

Sejarah-dan-Perkembangan-Internet

Sejarah internet tidak terlepas dari kemunculan komputer di dunia. Untuk lebih jelasnya berikut runtutan sejarah kemunculan dan perkembangan internet:

Tahun 1969

1969 adalah awal kemunculan dari internet tepatnya pada bulan Oktober. Pada bulan ini UCLA atau Universitas California Los Angeles mengadakan penelitian mengenai jaringan komputer. Dalam penelitian ini dua komputer mengirimkan 3 huruf, pada komputer pertama mengirimkan huruf LOG ke komputer 2, sedangkan komputer 2 mengirimkan huruf IN ke komputer satu.

Pengiriman huruf ini dilakukan dengan menggunakan kode biner. Keberhasilan penelitian ini melahirkan sebuah proyek yang bernama ARPANET. Proyek ini merupakan pengembangan yang dilakukan oleh Amerika Serikat untuk menguatkan militernya. Dalam proyek ini awalnya berhasil menghubungkan 4 buah komputer kemudian berkembang sampai 13 komputer pada tahun 1970.

Proyek ARPANET sampai tahun 1981 sudah berhasil menghubungkan 231 buah komputer. Keberhasilan proyek inilah yang menjadi awal dari berkembangnya internet.

Tahun 1971-1972

Pada tahun 1971-1972 adalah masa ditemukannya email atau alamat surel. Jaringan yang dibentuk oleh ARPANET pada tahun 1971 berhasil mengirimkan surat elektronik untuk pertama kalinya. Surat elektronik ini menggunakan simbol @ sebagai pemisah antara nama pengguna dan jringan yang digunakan.

Tahun 1973 Ratu Inggris berhasil mengirimkan email untuk pertama kali ke jaringan ARPANET. Sedangkan tahun 1976 salah satu mahasiswa dari Imperial College dari London berhasil menguji dan mencoba jaringan internet. Mulai dari tahun inilah internet mulai muncul.

Tahun 1979

Masih jarang yang mengetahui bahwa pada tahun 1979 adalah awal mulanya muncul berita online dan konsep video call. Pada tahun ini Jim Ellis, Steve Bellovin, dan Tom Triscott membuat sebuah newsgroup yang diberi nama USEnet. USEnet ini merupakan berita berbasis teknologi pertama kali.

Berselang dua tahun tepatnya pada tahun 1981, seorang dari Inggris bernama France Telcom mengenalkan sebuah konsep telepon berbasis video link. Konsep inilah yang dikenal sebagai video call yang biasa digunakan pada zaman modern sekarang ini.

Tahun 1983

Internet benar-benar muncul di dunia pada tahun ini tepatnya tahun 1982 akhir sampai tahun 1983. Pada rentang waktu ini sudah banyak jaringan komputer yang sudah terhubung dan tercetuslah TCP/IP. TCP/IP atau Transmission Control Protocol/Internet Protocol  ini merupakan teknologi untuk menghubungkan jaringan komputer yang ada di seluruh dunia.

Tahun 1988-1990

Pada tahun 1988 perkembangan internet semakin maju dan sudah ada lebih dari 10.000 pengguna pada jaringan ARPANET. Selain itu, pada tahun ini juga sudah bermunculan jaringan baru di luar ARPANET. Pada thaun 1988 juga awal mula munculnya Internet Relay Chat atau yang lebih dikenal dengan IRC.

Kemunculan IRC ini membuat komunikasi antar pengguna komputer semakin mudah. Dengan IRC user internet bisa berkomunikasi berupa chatting menggunakan jaringan komputer.

Dua tahun setelah kemunculan IRC lahirnya WWW atau yang lebih dikenal dengan world wide web tepatnya pada tahun 1990. WWW pertama kali diciptakan oleh Tim Bernes Lee yang membuat pengguna bisa mengakses jaringan yang telah terdaftar. Sejak saat itu sudah mulai banyak bermunculan situs internet.

Tahun 1992 mulailah bermunculan situs internet seperti Yahoo dan e-commerce lainnya. Perkembangan internet semakin pesat dengan mulainya ditemukan WWW dan bermunculan situs internet. Dari awal tahun 1990 sampai dengan 2000 an pengguna internet sudah lebih dari 400 juta di seluruh dunia.

Tahun 2000 Sampai Sekarang

Pada tahun 2000an adalah titik awal jejaring media atau media sosial bermunculan. Tepatnya pada tahun 2003 Mark Zuckerberg mulai menciptakan Thefacebook yang sekarang dikenal dengan Facebook. Mulanya Facebook dibuat hanyalah untuk menghubungkan mahasiswa yang kuliah di Harvad.

Lambat laun Facebook berkembang dan menjadi media terbesar di dunia dengan pengguna lebih dari 2 miliar. Sejak saat itu mulailah bermunculan jejaring sosial seperti Twitter, Instagram, dan sejenisnya.

Perusahaan Apple mulai mengguncang dunia pada tahun 2007 dnegan mengeluarkan Iphone. Sejak saat itu internet semakin berkembang melalui ponsel dan pengguna sudah ratusan juta. Sampai saat ini internet sudah berkembang dengan pesat bahkan semua aktivitas manusia berhubungan dengan internet.

Sejarah dan perkembangan internet memang sangat pesat kurang dari 50 tahun internet sudah menyebar luas dan sudah banyak digunakan. Internet sekarang menjadi kebutuhan manusia dan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari.

Fungsi Dari Internet Untuk Keseharian

Fungsi-Internet

Internet saat ini tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia, oleh karena itu internet mempunyai banyak fungsi. Ada 3 fungsi internet yang paling utama yaitu:

1. Akses Informasi Tanpa Batas

Fungsi utama dari internet adalah untuk mengakses informasi tanpa batas dari seluruh dunia. Keberadaan internet saat ini sudah menyambungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia. Dengan adanya jaringan internet informasi dari seluruh belahan dunia bisa didapatkan dengan mudah.

2. Mempermudah Komunikasi

Fungsi yang kedua adalah mempermudah komunikasi jarak jauh. Jika dulu untuk berkomunikasi hanya bisa melalui surat, sekarang ini sudah bisa menggunakan email dan berbagai jejaring sosial. Tidak hanya antar kota saja, dengan internet komunikasi juga bisa dilakukan antar negara. Biaya yang dibutuhkan untuk berkomunikasi juga lebih murah dengan adanya internet.

3. Mempermudah Pekerjaan

Jaringan internet juga dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempermudah pekerjaan. Dengan adanya internet pekerjaan bisa cepat selesai dan juga lebih efisien. Internet dimanfaatkan oleh perusahaan untuk membangun sistem yang bisa memajukan perusahaan tersebut.

Manfaat Dari Internet Untuk Kehidupan

Manfaat-Internet

Manfaat internet untuk kehidupan juga sangat banyak, di antaranya yaitu:

1. Untuk Bisnis

Manfaat yang paling utama dengan adanya internet adalah melancarkan bisnis. Sudah tidak asing lagi bukan dengan belanja online? Dengan adanya internet bisnis bisa semakin lancar, tanpa harus membuka toko secara offline siapa saja bisa menjual produknya.

Sekarang ini sudah banyak bermunculan penyedia jasa toko online yang akan melancarkan bisnis yang dijalani. Keberadaan internet ini mempunyai dampak yang sangat besar dalam kemajuan ekonomi dunia.

2. Untuk Pendidikan

Internet juga mempunyai manfaat dalam bidang pendidikan. Sekarang ini sudah banyak bermunculan kuliah online yang semakin memudahkan setiap orang untuk mengakses pendidikan. Tidak hanya itu, pembelajaran di sekolah pun sudah banyak yang memanfaatkan internet. Bahkan ujian juga mayoritas sudah berbasis internet.

Keberadaan internet ini mempunyai dampak yang sanagt bagus dalam perkembangan pendidikan. Dengan adanya internet siswa dapat belajar dengan mudah dari berbagai sumber dan mendapatkan informasi baru yang bisa digunakan untuk mengembangkan dirinya. Kemudahan ini membuat pendidikan bisa semakin mudah dan maju.

3. Untuk Hiburan

Manfaat lainnya dari keberadaan internet adalah sebagai sarana hiburan. Melalui internet bisa mengakses berbagai hiburan seperti melalui jejaring sosial ataupun situs hiburan lainnya. Bahkan sekarang ini hampir semua stasiun TV menyediakan akun sosial dan bisa dilihat melalui streaming internet di komputer ataupun handphone.

Kesimpulan

Pengertian internet bisa disederhanakan sebagai jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. Keberadaan internet sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari manusia hampir semua kegiatan menggunakan internet termasuk belajar dan bekerja. Banyak kemudahan yang bisa didapatkan dengan adanya internet.

Dengan mengenal internet tentunya pemahaman akan bertambah bukan? Semoga informasi ini dapat bermanfaat.


Baca Juga :

Content Protection by DMCA.com