RAM dan ROM adalah: Pengertian, Perbedaan, Contoh

Posted on

Ada yang tahu pengertian RAM dan ROM? Pasti sudah sering mendengar istilah RAM dan ROM. Apalagi pada zaman sekarang ketika ingin membeli sebuah perangkat elektronik ponsel ataupun laptop. Pasti selalu menanya besaran RAM dan ROM yang mengacu kepada media penyimpanan data.

Ram dan Rom

Berikut beberapa pengetahuan mengenai RAM dan ROM yang perlu diketahui.

Pengertian RAM dan ROM

pengertian ram dan rom

Meskipun terlihat mirip, pengertian RAM dan ROM sebenarnya berbeda. Memang benar RAM dan ROM sama-sama  media penyimpanan pada perangkat elektronik, hanya saja asa sedikit perbedaan yang membedakan keduanya.

Berikut rincian pengertian mengenai RAM dan ROM:

Pengertian RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. RAM sendiri adalah sebuah perangkat keras di dalam komputer, dimana perangkat keras ini memiliki fungsi sebagai memori atau  tempat menyimpan data, termasuk di dalamnya berbagai instruksi program. Hanya saja, memori yang digunakan dalam perangkat bernama RAM ini bersifat sementara.

Data yang tersimpan di dalam RAMM biasanya bisa hilang, terutama ketika komputer mati atau listrik yang menyuplai daya ke dalam komputer tersebut dicabut. Selain itu, isi data yang ada di dalam RAM tidak pernah tergantung atat letak yang dibuat dan bisa diakses dengan tidak berurutan atau acak.

Besaran RAM yang dimiliki sebuah perangkat komputer itu selalu bergantung kepada tingkat loading yang dimiliki oleh komputer tersebut. Jadi, semakin cepat proses yang dimiliki komputer dalam melakukan proses penyimpanan data, membuka, dan menjalankan program, maka RAM yang dimiliki pasti akan semakin besar.

Pengertian ROM

ROM sendiri adalah singkatan dari Read Only Memory. Memori jenis ini biasanya adalah tempat penyimpanan data yang sifatnyaa permanen. Di dalam sebuah perangkat komputer, biasanya ROM memang memiliki sifat permanen, sehingga data yang ada di dalamnya tidak akan berubah, atau bahkan tidak akan hilang meskipun komputer mendadak mati.

Meskipun berupa perangkat keras, ROM memiliki bentuk seperti chip memori semi konduktor. Isi data yang tersimpan di dalam sebuah ROM ini sendiri hanya bisa dibaca dan tidak bisa diubah. Selain itu, untuk dapat menyimpan data di ROM itu sendiri cukup sulit dan biasanya hanya berisi data program default bawaan pabrik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ROM digunakan untuk menyimpan firmware.

Perbedaan RAM dan ROM perbedaan ram dan rom

RAM dan ROM memiliki beberapa perbedaan, yakni sebagai berikut:

  • RAM membutuhkan sumber daya dari listrik dalam menjalankan maupun menyimpan data. Sementara ROM tetap bisa menyimpan data meskipun tidak memiliki aliran listrik.
  • Penyimpanan yang ada di dalam RAM tidak bersifat permanen, sedangkan penyimpanan di dalam ROM lebih bersifat permanen.
  • Chip yang dimiliki RAM digunakan untuk operasi yang normal, sementara chip dalam ROM digunakan untuk proses start-up komputer.
  • Chip yang dimiliki RAM biasanya berjalan lebih cepat, berbeda dengan chip yang digunakan dalam ROM yang cenderung lebih lambat.
  • Ukuran yang dimiliki RAM biasanya dalam satuan gigabyte dan ukuran di dalam ROM hanya beberapa megabyte.
  • Jenis memori yang dimiliki RAM adalah volatile sedangkan jenis memori yang dimiliki ROM adalah non volatile
  • RAM adalah penyimpanan yang data tersimpannya tidak tetap, sedangkan penyimpanan yang ada di dalam ROM sifatnya tetap.

Fungsi RAM dan ROM

fungsi ram dan rom

Secara umum, fungsi RAM dan ROM adalah untuk penyimpanan sebuah data. Tetapi selain itu, penyimpanan RAM dan ROM yang lainnya adalah:

Fungsi RAM

Beberapa fungsi RAM antara lain:

  • Sebagai tempat membaca data dan informasi yang telah disimpan dalam sebuah hardisk komputer.
  • Sebagai tempat penyimpanan data sementasra.

Fungsi ROM

  • Sebagai media untuk menyimpan firmware dari software yang ada di dalam komputer
  • ROM memiliki kecepatan yang lebih baik daripada semua media penyimpanan lain.

Jenis RAM

jenis ram

Berikut beberapa jenis RAM yang biasanya ada dalam sebuah komputer:

Dynamic RAM (D RAM)

RAM jenis ini adalah penyimpanan yang memerlukan refresh ataupun penyegaran dari CPU yang dilakukan secara berjala agar data yang ada di dalam RAM tersebut tidak hilang.

SD RAM

SD RAM adalah singkatan dari Sychronous Dynamic Random Access Memor. RAM jenis ini adalah lanjutan dari D RAM, hanya saja telah mengalami sinkronisasi dari clock system. Biasanya, proses dari SD RAM sedikit lebih cepat dari yang dimiliki oleh D RAM.

DDR RAM

DDR atau yang dikenal dengan Double Rate Random Access Memory ini adalah RAM yang memiliki teknologi lanjutan. Bisa dibilang, DDR RAM ini adalah jenis RAM yang merupakan versi lanjutan dari SD RAM. Versi terbaru yang dimiliki oleh DDR RAM ini adalah DDR2 dan DDR3. Besar kemungkinan versi DDR RAM selanjutnya akan keluar lagi.

RDR RAM

RDR RAM atau juga kepanjangan dari Rambus Dynamic Access Memory adalah tipe RAM dengan kecepatan kerja yang lebih cepat dengan harga yang biasanya juga lebih mahal dari SD RAM. Biasanya, jenis RAM seperti ini digunakan dalam komputer yang memiliki pentium 4.

S RAM

Static Random Access Memory atau S RAM adalah sebuah RAM yang mampu menyimpan data tanpa harus melakukan proses penyegaran yang dilakukan CPU. S RAM memiliki proses kerja yang jauh lebih cepat dari D RAM dan SD RAM.

EDO RAM

EDO RAM adalah kepanjangan dari Extended Data Out Random Access Memory. EDO RAM sendiri merupakan sebuah RAM yang biasa dipakai dalam OS Pentium dan dapat melakukan proses penyinpanan dan pengambilan data dalam waktu bersamaan.

Jenis-jenis ROM

jenis rom

Berikut beberapa jenis ROM:

Stock ROM

ROM jenis ini adalah ROM yang merupakan bawaan dari sistem operasinya yang asli dan belum dimodifikasi. Stock ROM memiliki fungsi yang masih sesuai dengan standar pabrik dari komputer dan tidak memiliki pengembangan dan perubahan.

Jika ingin mengetahui jenis ROM ini, maka bisa dilihat daru tampilan Apple IOS dan Palm’s WebOS.

Custom ROM

ROM jenis ini adalah ROM yang mudah dimodifikasi dan cocok digunakan untuk digunakan oleh para pengembang independen. Custom ROM sangat cocok untuk menyimpan berbagai data penting yang dimiliki perusahaan. Hal ini dikarenakan karena custom ROM bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri.

ROM jenis ini adalah jenis custom ROM yang dikembangkan langsung dari Google dan OS, serta paling banyak ditemui pada perangkat android.

Manufacturer

ROM ini juga dikenal sebagai Carrier Stock ROM dan sudah mendapatkan perubahan dari pabrik yang memproduksinya. Perubahan juga bisa dilakukan oleh operator jaringan.

ROM ini biasanya ditemui pada aplikasi android dan jarang sekali ditemukan dalam perangkat komputer ataupun PC. Hal ini dikarenakan perubahan yang dilakukan pada ROM adalah jenis penambahann custom pada aplikasi.

Contoh RAM dan ROM

Berikut ini contoh ROM

contoh ROM

Dan ini adalah contoh RAM

RAM dan ROM adalah sistem penyimpanan yang wajib ada dalam setiap perangkat elektronik, baik komputer maupun ponsel. Tanpa adanya RAM dan ROM, aplikasi dari perangkat bawaan sistem operasi tidak akan berjalan maksimal. Demikian pula tentang penyimpanannya. Tanpa RAM dan ROM tentu tidak akan ada yang namanya ruang penyimpanan.

Itulah beberapa pengertian RAM dan ROM, disertai dengan perbedaan, fungsi, jenis, dan contoh dari RAM dan ROM itu sendiri. Semoga pemahaman yang didapatkan dari artikel ini bermanfaat dan menambah ilmu tersendiri mengenai RAM dan ROM.

Content Protection by DMCA.com