Pencemaran Lingkungan : Macam, Penyebab, Contoh, Dampak, Solusi

Posted on

VOI.Co.Id –Lingkungan merupakan tempat tinggal untuk seluruh makhluk hidup yang berada di sekitarnya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk kita menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih dan nyaman, dan tidak terjadi pencemaran lingkungan. Sebelumnya, kita harus mengetahui dan memahami pengertian pencemaran lingkungan.

Tanpa disadari, kita sering melakukan hal yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan tersebut terjadi, misalnya buang sampah sembarangan. Sampah merupakan hal kecil yang ada dalam kehidupan, namun bila disalahgunakan bisa merusak lingkungan.

Bukan hanya sampah, ada berbagai penyebab pencemaran lingkungan yang sering dilakukan oleh manusia. Hal tersebut membuktikan, bahwa masih banyak orang yang tidak sadar untuk menjaga lingkungan sekitar. Berikut ini merupakan pembahasan mengenai pengertian pencemaran lingkungan, macam-macam, dampak, solusi, contoh hingga penyebab pencemaran lingkungan.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pengertian pencemaran lingkungan

Secara umum, pengertian pencemaran lingkungan merupakan perubahan yang tidak dikehendaki, namun dialami oleh lingkungan. Perubahan tersebut berpotensi merusak kesehatan, keselamatan, serta keberlangsungan hidup setiap makhluk hidup di sekitarnya. Karena pencemaran lingkungan merupakan proses masuknya zat yang bisa merusak alam dari fungsi sebenarnya.

Penyebab pencemaran lingkungan seringkali dilakukan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab, serta bahan-bahan pencemar lainnya yang berasal dari alam itu sendiri. Contoh beberapa perbuatan manusia yang bisa menyebabkan pencemaran lingkungan ialah asap kendaraan motor yang berlebihan, limbah, sampah, polusi pabrik, dan lain sebagainya. Sedangkan bahan pencemar yang berasal dari alam seperti debu dan gas yang berasal dari gunung meletus.

Kejadian pencemaran lingkungan tentu akan merugikan sekelompok orang, dan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Sehingga, setiap manusia atau sekelompok manusia yang tinggal dalam lingkungan tersebut harus bisa menjaga dan merawat kebersihan lingkungan dengan baik.

Kategori Pencemaran Lingkungan

Kategori pencemaran lingkungan

Ada berbagai kategori pencemaran lingkungan yang harus kita ketahui. Kategori pencemaran lingkungan terbagi menjadi beberapa bagian, yang diantaranya adalah,

1. Pencemaran Lingkungan Sesuai Dengan Partikel Pencemarannya Atau Polutan

  • Pencemaran Suara
  • Pencemaran Fisik
  • Pencemaran biologi
  • Pencemaran Kimia

2. Pencemaran Lingkungan Sesuai Dengan Tingkatannya

  • Pencemaran Ringan
  • Pencemaran akut
  • Pencemaran Kronis

Macam-macam Pencemaran Lingkungan

Macam-macam pencemaran lingkungan

Pencemaran Air

Air merupakan salah satu kebutuhan hidup bagi setiap makhluk hidup di dunia. Namun, terkadang ada beberapa manusia yang melakukan ulah tak bertanggung jawab dan menyebabkan pencemaran air. Bukan hanya itu, terkadang pencemaran air juga disebabkan oleh penurunan fungsi alam, sehingga tidak bisa memberikan manfaat yang baik

Air yang tercemar merupakan air yang sudah terkontaminasi dengan zat kotor organik yang menyebabkan air menjadi tidak berguna. Bahkan, pencemaran air bisa menyebabkan lingkungan sekitar menjadi tempat yang tidak sehat, bau, dan menyebabkan bencana alam.

Bukan hanya itu, pencemaran air juga bisa mematikan populasi makhluk hidup didalamnya, seperti ikan. Hal tersebut dikarenakan air tidak bisa memberikan manfaat yang semestinya untuk makhluk hidup didalamnya.

Saat ini, kasus pencemaran air sulit di kendalikan dan terus-menerus terjadi, seperti sungai yang kotor. Hal tersebut dikarenakan banyak pabrik yang membuang limbah kotor sembarangan, sehingga masuk ke dalam aliran air sungai dan mencemarinya.

Hal tersebut tentu menjadi tugas kita dalam menjaga kebersihan lingkungan air. Karena tanpa air bersih kebutuhan hidup sukar untuk dipenuhi.

Pencemaran Udara

Pencemaran udara merupakan salah satu bentuk pencemaran lingkungan yang sangat berbahaya bagi kehidupan. Dimana terdapat perubahan udara akibat banyak zat yang berupa biologi, fisik, ataupun kimia melapisi atmosfer bumi. Jika jumlah zat tersebut melebihi takaran yang ada pada umumnya, tentu bisa membuat ketidaknyamanan dalam kehidupan di bumi.

Untuk menjaga kehidupan semua makhluk hidup yang ada di bumi, kita harus menjaga kebersihan udara. Karena, ketika udara sudah tercemar, bisa menimbulkan berbagai penyakit dan memberikan kerugian yang tidak diinginkan.

Pencemaran Tanah

Pencemaran lingkungan tanah terjadi ketika banyak zat kimia yang berbahaya masuk ke dalam tanah dan merusak struktur tanah. Pencemaran ini juga bisa disebabkan karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab, misalnya pembuangan limbah cairan kimia ke dalam tanah, penggunaan pestisida, serta sampah rumah tangga. Tanah yang sudah tercemar tentu bukanlah tanah yang subur, sehingga tidak bisa ditanami berbagai tumbuhan.

Penyebab Terjadinya Pencemaran Lingkungan

Penyebab terjadinya pencemaran lingkungan

Penyebab Pencemaran Lingkungan Air

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan air bisa terjadi, diantaranya seperti berikut ini,

1. Limbah Pabrik

Limbah pabrik dan Sampah rumah tangga merupakan penyebab terjadinya air menjadi tercemar. Limbah pabrik merupakan zat kimia berbahaya yang berasal dari pabrik dan mencemari lingkungan air. Kandungan berbahaya yang ada dalam zat tersebut bisa membuat kandungan oksigen dalam air tercemar.

Beberapa limbah yang berbahaya, diantaranya limbah nutrien, limbah organik, limbah logam berat, serta limbah padatan. Air yang sudah tercemar dengan limbah seperti itu, tidak bisa digunakan kembali, apalagi untuk diminum. Karena air sudah terkontaminasi dengan racun dan tidak sehat.

2. Sampah Rumah Tangga

Selain limbah pabrik, sampah yang berasal dari rumah tangga seperti sabun, plastik, deterjen, dan sampah bekas bungkus makanan lainnya merupakan penyebab pencemaran lingkungan air. Terlebih ketika sampah rumah tangga dibuang sembarangan dan menyumbat aliran air sungai.

3. Kandungan Nutrien Yang Meningkat

Kandungan nutrien yang meningkat dalam air bisa menyebabkan pencemaran lingkungan air, serta terjadinya eutrofikasi.

4. Pemakaian Bahan Peledak

Ada beberapa orang dan oknum yang tidak bertanggung jawab, menggunakan bahan peledak untuk mendapatkan ikan secara instan. Kebanyakan manusia menggunakan cara tersebut untuk bisa mendapatkan apa yang diinginkan dan mencari kepuasan. Tentu saja penggunaan bahan peledak bisa mencemari lingkungan air dan merusak ekosistem.

Bukan hanya menghancurkan kehidupan ikan dalam air saja, melainkan berbagai makhluk hidup didalamnya. Masih banyak manusia yang terus menggunakan bahan peledak sebagai cara untuk mendapatkan ikan. Mereka tidak menyadari bahwa perbuatan tersebut merupakan cara yang tidak baik dan bisa merusak alam.

Penyebab Pencemaran Lingkungan Udara

Pada umumnya, pencemaran lingkungan udara bisa disebabkan karena beberapa faktor, baik berasal dari tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, ataupun karena fenomena perubahan alam yang tidak bisa kita hindari. Ada berbagai jenis pencemaran udara, beberapa diantaranya seperti polusi udara, polusi suara, polusi perubahan cuaca menjadi lebih panas dari sebelumnya.

Pencemaran udara bukan hanya berada dalam regional saja, melainkan bisa terjadi secara global. Karena, bukan hanya pada ruang tertutup saja, melainkan pencemaran udara bisa terjadi pada area terbuka.

Pada dasarnya, pencemaran udara bisa terjadi karena dua sumber yang berbeda, yaitu sumber sekunder dan sumber premier. Sumber yang berasal dari secara premier yaitu ketika sumber berkontraksi udara secara langsung hingga menjadi kotor dan tercemar. Contohnya zat karbondioksida yang ada pada kendaraan, berkontak langsung dengan udara dan pembakaran limbah yang bisa merusak lingkungan udara.

Sedangkan sumber sekunder, merupakan sumber yang berasal dari turunan primer di mana terdapat pencemaran lingkungan pada atmosfer bumi. Adapun beberapa sumber pencemaran udara yang berasal dari manusia dan alam, seperti berikut ini,

Perbuatan Manusia

Ada beberapa perbuatan manusia yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan udara diantaranya adalah,

  • Banyaknya asap kendaraan
  • Asap pabrik yang dibuang dengan cara tidak semestinya
  • Banyaknya pembakaran sampah plastik
  • Adanya pembangkit listrik
  • Terdapat alat pembakaran, seperti kompor
  • Berbagai alat yang memiliki kandungan CFC didalamnya

Aktivitas Alam

Ada beberapa aktivitas alam yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan udara, diantaranya adalah,

  • Terjadinya gunung meletus
  • Gunung yang mengeluarkan asap tebal
  • Banyaknya debu di musim kemarau
  • Sering terjadi kebakaran hutan di musim kemarau
  • Terdapat beberapa tumbuhan yang mengeluarkan volatil organik

Penyebab Pencemaran Lingkungan Tanah

Ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan pencemaran lingkungan tanah. Hal tersebut dikarenakan berbagai limbah yang dibuang sembarangan. Berikut ini merupakan beberapa penyebab pencemaran lingkungan tanah, diantaranya adalah

1. Pembuangan Limbah Cair

Pembuangan limbah cair yang salah bisa menyebabkan kerusakan pada tanah. Limbah cair sendiri merupakan hasil pembuangan industri yang bentuknya cairan. Contohnya, limbah hasil pengolahan logam atau sisa hasil pengolahan limbah kimia. Limbah cair sangat merugikan kehidupan manusia, karena bisa menggangu kesehatan dan merusak ekosistem.

2. Pembuangan Limbah Padat

Pembuangan limbah padat yang berasal dari hasil industri pabrik berupa lumpur, padatan bubur, serta beberapa hasil olahan pabrik lainnya. Contohnya pabrik pengawet buah, pabrik rayon, pabrik gula, pabrik ikan, dan lain sebagainya.

3. Pembuangan Limbah Anorganik

Sampah anorganik merupakan jenis limbah yang tidak bisa diuraikan dengan baik oleh mikroorganisme dalam tanah, seperti jamur ataupun bakteri. Sehingga diperlukan cara yang cepat untuk menghilangkan potensi kerusakan tanah akibat limbah anorganik. Selain bisa mencemari lingkungan tanah, limbah ini sangat mengganggu kehidupan manusia.

Contoh sampah yang termasuk kedalam jenis limbah anorganik yaitu, kertas, plastik, kaleng, botol, dan lainnya.

4. Pembuangan Limbah Organik

Sampah yang termasuk ke dalam limbah organik, merupakan sampah yang bisa diurai dengan mikroorganisme, seperti jamur dan bakteri. Sehingga sampah ini tidak terlalu berbahaya untuk tanah, misalnya sampah daun kering, sayuran busuk, buah busuk dan lain sebagainya. Namun, ketika pembuangan limbah organik terlalu banyak, hal tersebut bisa merusak struktur tanah dan menghambat penguraian sampah oleh bakteri.

5. Pembuangan Limbah Industri

Jenis limbah yang dihasilkan oleh limbah industri, yaitu limbah cair, dan limbah padat. Biasanya limbah ini berasal dari pabrik domestik dan perumahan. Namun, tak jarang pula pembuangan limbah industri seringkali ditemukan pada rumah makan, perhotelan, instansi pemerintahan, tempat makan, tempat wisata, dan sebagainya.

6. Pembuangan Limbah Pertanian

Pembuangan limbah pertanian yang berupa pupuk dan pestisida, bisa menyebabkan pencemaran lingkungan pada tanah. Sehingga pertumbuhan tanaman yang ada pada lahan tanah tersebut tidak bisa berkembang dengan baik.

Dampak Pencemaran Lingkungan

Dampak pencemaran lingkungan

Dampak Pencemaran Air

Ada beberapa dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya pencemaran air. Hal tersebut tentu akan sangat memprihatinkan dan merepotkan seseorang untuk memenuhi kebutuhannya. Adapun beberapa dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran air diantaranya adalah,

1. Tanah Longsor

Air yang sudah tercemar bisa menyebabkan bencana alam tanah longsor. Hal tersebut dikarenakan air bisa memicu erosi tanah dan sangat merugikan untuk keberlangsungan hidup manusia. Terlebih air menjadi hal yang penting sebagai zat nutrisi dalam kehidupan tumbuhan.

2. Kelangkaan Air Bersih

Air bersih merupakan sumber utama sebagai kebutuhan bagi setiap masyarakat. Namun ketika pencemaran air marak terjadi di mana saja, maka persediaan air bersih akan semakin berkurang bahkan menyebabkan kelangkaan.

3. Erosi Tanah

Ketika tanah longsor sudah terpicu akibat terjadinya pencemaran air, maka tak bisa dipungkiri hal tersebut bisa menyebabkan erosi tanah terjadi.

4. Banjir

Banjir merupakan salah satu musibah yang bisa kita rasakan ketika air sudah tercemar. Dimana ketika air sudah tidak bisa terbendung lagi, dan masuk kedalam pemukiman warga. Tentu saja, banjir merupakan peristiwa yang tidak diinginkan, karena bisa menggangu aktivitas sehari-hari serta merugikan setiap orang.

5. Ekosistem Menjadi Rusak

Rusaknya ekosistem juga bisa diakibatkan karena pencemaran lingkungan air. Dimana kehidupan dalam perairan, seperti sungat dan laut menjadi rusak. Terlebih ketika banyak limbah yang berbahaya masuk kedalam perairan, tentu hal tersebut membuat kehidupan makhluk hidup didalamnya menjadi tidak nyaman.

6. Nelayan Rugi

Hal-hal yang berkaitan dengan air, tentu akan berhubungan dengan para nelayan. Ketika lingkungan perairan sudah tercemar, maka hal tersebut bisa merugikan para nelayan yang mencari ikan.

Karena, bila terjadi pencemaran di daerah air tersebut akibat terkontaminasi dengan limbah dan zat kimia lainnya, bisa membuat perkembangan ikan menjadi tidak baik. Sedangkan ikan sangat penting sebagai hasil tangkapan para nelayan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dampak Pencemaran Udara

Pencemaran lingkungan udara bisa menimbulkan beberapa dampak yang merugikan kehidupan. Berikut ini merupakan beberapa dampak yang diakibatkan dari pencemaran udara diantaranya adalah,

1. Dampak Pada Tumbuhan

Dampak yang terjadi akibat pencemaran udara bukan hanya merugikan manusia, melainkan merugikan kehidupan tumbuhan. Pasalnya, udara kotor yang terkena tanaman atau tumbuhan bisa menyebabkan mutasi gen yang membuat pertumbuhan tanaman menjadi tidak efektif. Selain itu, tumbuhan juga bisa terkena berbagai penyakit akibat terkontaminasi dengan udara kotor, diantaranya seperti nekrosis, klorosis, dan bintik-bintik hitam pada daun.

Berbagai partikel polutan yang ada pada udara, bisa menyebabkan perkembangan tanaman atau tumbuhan menjadi terhambat dan terganggu. Hal tersebut karena tumbuhan tidak bisa melakukan proses fotosintesis dengan baik.

2. Kesehatan Terancam

Udara merupakan suatu kebutuhan yang kita hirup, dan masuk ke dalam tubuh. Namun, ketika udara sudah tercemar, maka terdapat banyak zat beracun masuk ke dalam tubuh manusia dan makhluk hidup lainnya. Hal tersebut tentu akan membahayakan kesehatan seseorang yang menghirup udara tercemar.

Kecil besarnya racun dalam zat udara juga mempengaruhi proses pernapasan setiap manusia. Ketika ukuran polutan tersebut berukuran cukup besar, maka masih bisa disaring melalui bulu hidung. Namun, ketika polutan tersebut berukuran kecil dan halus, maka partikel polutan tersebut akan masuk ke dalam tubuh Anda melalui pernapasan.

Karena partikel polutan yang terlalu kecil tidak mampu disaring oleh bulu hidung, dan langsung masuk ke dalam tubuh. Setelah itu, udara akan mengikuti peredaran darah yang pada akhirnya tersebar ke seluruh tubuh. Udara yang kotor bisa menimbulkan berbagai penyakit salah satunya, menyerang saluran pernapasan.

Adapun beberapa penyakit yang seringkali terjadi akibat pencemaran udara lingkungan diantaranya adalah, asma, bronkitis, paru-paru basah, dan berbagai penyakit lainnya. Bahkan penyakit yang seringkali dirasakan akibat udara kotor, iyalah penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)

Di Indonesia sendiri banyak daerah perkotaan yang seringkali mengalami pencemaran lingkungan udara, terlebih pada wilayah ibukota Indonesia. Jakarta merupakan kota yang padat yang memiliki pabrik industri, penduduk, serta kendaraan yang cukup banyak. Sehingga tak heran bila polusi udara di Jakarta sangat buruk.

Hal ini tentu saja berbeda dengan suasana pedesaan yang masih terasa sejuk. Karena banyak tumbuhan hijau yang memberikan udara segar di lingkungan sekitarnya.

3. Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca merupakan keadaan udara yang semakin panas akibat banyaknya jumlah NO2, CFC, metana, ozon yang ada pada lapisan atmosfer.

Lapisan atmosfer sendiri berfungsi untuk menyerap sinar UltraViolet yang memantul dari cahaya matahari ke bumi. Sehingga ketika lapisan atmosfer rusak, akan menyebabkan pemanasan global dan suhu bumi akan semakin panas.

Terjadinya efek rumah kaca memberikan banyak kerugian pada kehidupan, diantaranya seperti siklus kehidupan fauna dan flora di bumi berubah, merubah iklim secara global, suhu udara semakin meningkat, hingga terjadinya pencairan es di Kutub Selatan dan Kutub Utara.

Dampak Pencemaran Tanah

Ada berbagai dampak negatif yang diakibatkan oleh pencemaran lingkungan tanah. Dampak tersebut tentu akan mempengaruhi kehidupan seperti membuat ekosistem menjadi rusak, mengancam kesehatan manusia, serta mengganggu aktivitas manusia. Berikut ini merupakan penjelasan dari berbagai dampak pencemaran tanah yang terjadi, diantaranya adalah

1. Mengancam Kesehatan

Pencemaran lingkungan tanah juga bisa mengancam kesehatan, tergantung dengan zat kimia yang terkandung dalam tanah tersebut. Misalnya pada zat timbale yang bisa membahayakan kesehatan otak dan kesehatan ginjal.

Beberapa zat lain yang bisa merusak kesehatan yaitu zat kromium yang sangat berbahaya untuk makhluk hidup, zat siklodenia yang bisa merusak kesehatan hati, dan masih banyak zat yang bisa membahayakan kesehatan.

2. Dampak Ekosistem

Pencemaran tanah juga bisa merusak ekosistem yang ada ada dalam tanah. Hal tersebut dikarenakan banyaknya zat kimia berbahaya yang masuk ke dalam tanah dan merusak struktur tanah sehingga, makhluk hidup yang berada dalam tanah seperti cacing tanah merasa terganggu. Sehingga, pencemaran tanah akan merusak lingkungan karena tanah berubah menjadi tandus.

3. Merugikan Pertanian

Tanah yang sudah tercemar tentu akan membawa pengaruh buruk bagi pertanian. Dimana ketika tanah berubah menjadi lebih tandus, maka bisa menyusahkan penanaman tumbuhan. Hal tersebut karena tumbuhan akan sulit berkembang dengan baik dan menyebabkan para petani mengalami kerugian panen.

Pencegahan Pencemaran Lingkungan

Pencegahan pencemaran lingkungan

Pencegahan Pencemaran Air

1. Tidak Memakai Bahan Peledak

Agar lingkungan tetap terjaga kebersihan dan ekosistemnya, maka berhentilah untuk menggunakan bahan peledak ketika mengambil ikan. Karena dengan cara yang alami, tidak akan merusak lingkungan air.

2. Tidak Membuang Sampah Ke Sungai

Membuang sampah rumah tangga atau limbah pabrik ke sungai bisa menyebabkan pencemaran lingkungan air. Sehingga untuk mencegah hal tersebut terjadi, berhentilah untuk membuang sampah ke sungai. Karena sampah yang menumpuk bisa menyumbat aliran air sungai.

3. Melakukan Pembersihan Secara Rutin

Dengan mengadakan kegiatan pembersihan secara rutin di lingkungan air, maka bisa mencegah terjadinya pencemaran lingkungan air. Terlebih pada tempat wisata yang ramai pengunjung, seperti pantai dan laut. Biasanya banyak sampah berserakan ketika musim liburan.

Anda juga bisa melakukan pembersihan air sungai secara rutin dengan bergotong-royong bersama masyarakat lain.

Pencegahan Lingkungan Udara

1. Penanaman Pohon

Lingkungan yang memiliki banyak pohon bisa membuat udara di sekitarnya menjadi segar. Sehingga akan melakukan kegiatan penanaman pohon bisa mencegah pencemaran lingkungan udara terjadi.

2. Membangun Cerobong Asap Yang Tinggi

Cerobong asap yang tinggi bisa membantu pencegahan pencemaran lingkungan udara dari sekitar pemukiman.

Pencegahan Pencemaran Tanah

Kasus pencemaran lingkungan tanah bisa dicegah, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Adapun berbagai pencegahan pencemaran lingkungan pada tanah yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah,

1. Remidiasi

Remediasi merupakan solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah pencemaran tanah. Cara pencegahan yang dilakukan yaitu dengan membersihkan permukaan tanah yang sudah tercemar. Remediasi terbagi menjadi dua macam yaitu remediasi ex situ dan remediasi in situ.

Remediasi ex-situ merupakan kegiatan yang dilakukan untuk pencegahan pencemaran tanah. Cara yang dilakukan yakni dengan menggali tanah yang tercemar, setelah itu memindahkan polutan ke tempat lain. Sedangkan remediasi in-situ merupakan pencegahan yang dilakukan dengan cara membersihkan langsung kedalam sumbernya.

2. Bioremidiasi

Bioremediasi merupakan pencegahan pencemaran lingkungan tanah dengan teknik memberikan berbagai mikroorganisme ke dalam tanah seperti bakteri dan jamur. Karena hal tersebut bisa menguraikan zat kimia dalam tanah. Namun, pencegahan cara ini memakan waktu yang lama untuk memberikan hasil yang maksimal.

Contoh Pencemaran Lingkungan

Contoh pencemaran lingkungan

Contoh Pencemaran Lingkungan Air

Ada beberapa contoh kasus pencemaran lingkungan air yang terjadi akibat beberapa sebab. Diantaranya seperti berikut,

1. Kurangnya Air Bersih

Kekurangan air bersih merupakan salah satu contoh pencemaran lingkungan air yang terjadi di banyak wilayah perkotaan. Hal ini tentu akan meresahkan warga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga warga harus bekerja keras mencari sumber air untuk mendapatkan air bersih.

2. Sampah Di Sungai

Sungai yang dipenuhi banyak sampah juga merupakan contoh pencemaran lingkungan air, yang disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah. Sehingga aliran air dalam sungai menjadi tersumbat, bau, tidak sehat, serta dipenuhi dengan binatang penyakit, seperti tikus.

3. Pembuangan Limbah

Limbah pabrik yang dibuang ke sungai juga bisa menyebabkan lingkungan air menjadi tercemar. Zat yang ada pada limbah tersebut tentu akan merusak ekosistem dalam sungai.

4. Bahan Peledak

Digunakannya bahan peledak yang masuk ke dalam air juga bisa menjadi penyebab pencemaran lingkungan air dan merusak ekosistem didalamnya. Hal tersebut dikarenakan bahan peledak bisa merusak ekosistem laut dan menghancurkan terumbu karang.

Contoh Pencemaran Lingkungan Udara

1. Asap Pabrik

Asap pabrik yang dibuang dengan kapasitas melebihi standar merupakan pencemaran lingkungan udara yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Selain itu asap pabrik bisa mengganggu kehidupan manusia.

2. Kebakaran Hutan

Kasus kebakaran hutan merupakan pencemaran lingkungan udara, dimana terdapat banyak asap yang dihasilkan. Akibat kebakaran hutan banyak makhluk hidup yang terganggu kehidupannya. Bukan hanya manusia, melainkan banyak binatang di dalam hutan yang merasa tidak nyaman.

3. Kerusakan Lapisan Ozon

Bumi memiliki lapisan ozon juga merupakan pelindung untukmenyaring sinar ultraviolet yang masuk ke dalam bumi. Sehingga, ketika lapisan ozon mengalami kerusakan maka suhu di bumi akan semakin panas dan menyebabkan masalah bagi kehidupan.

4. Hujan Asam

Hujan asam merupakan kejadian yang diakibatkan karena pencemaran lingkungan udara. Dimana terdapat reaksi hujan yang terkena dengan zat kimia pada udara kotor, dan membuat PH air hujan menjadi turun.

Ada berbagai macam kerugian yang disebabkan karena terjadinya hujan asam, diantaranya bisa merusak tanaman karena kandungan airnya sangat asam, serta bisa merusak bangunan. Terlebih pada bangunan yang berbahan dari besi, aluminium, dan tembaga, karena hujan asam bisa melarutkan logam berat yang ikut pada tanah.

Contoh Pencemaran Lingkungan Tanah

1. Penggunaan Pupuk Kimia

Pupuk kimia yang digunakan secara berlebihan merupakan contoh pencemaran lingkungan tanah yang ada dalam pertanian. Karena pupuk kimia yang berlebihan, bisa menyebabkan struktur tanah menjadi rusak dan tandus.

2. Sampah Yang Tertimbun Tanah

Banyak sampah yang tertimbun di tanah bisa menyebabkan pencemaran lingkungan tanah terjadi. Terlebih, sampah tersebut merupakan sampah anorganik yang sulit terurai. Selain itu, tak jarang pula ditemukan sampah bekas pecahan kaca, logam, dan besi yang tertimbun tanah.

Lingkungan yang aman, bersih, dan nyaman tentu memberikan dampak positif bagi kehidupan. Begitupun sebaliknya, lingkungan yang kotor dan meresahkan, bisa memberikan dampak negatif bagi kehidupan. Sehingga, kita harus menjaga lingkungan dengan tidak melakukan hal yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai berbagai hal pencemaran lingkungan. Mulai dari pengertian pencemaran lingkungan, macam-macam, sebab, hingga dampak yang didapat dari pencemaran lingkungan. Dengan begitu, kita akan semakin termotivasi untuk selalu peduli akan kesehatan lingkungan.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com