Norma Adalah

Posted on

VOI.Co.Id – Pengertian norma secara sederhana adalah aturan yang mengikat. Norma juga bisa diartikan sebagai petunjuk atau patokan yang harus digunakan pada saat bersosialisasi dengan orang lain. Banyak yang mengaitkan antara norma dan nilai yang sebenarnya keduanya saling berkaitan, namun terpisah.

Norma erat kaitannya dengan aturan sosial yang tidak tertulis. Keberadaan norma ini sudah ada sejak manusia diciptakan. Bisa dikatakan norma adalah aturan yang tidak tertulis, namun mempunyai sanksi sosial. Sanksi sosial yang dimaksud bisa berupa hukuman ataupun penghargaan.

Pengertian Norma Secara Bahasa

Pengertian-Norma

Secara bahasa, norma berasal dari bahasa Belanda yaitu norm yang berarti pedoman atau patokan atau pokok dalam sebuah kaidah. Ada juga yang mengatakan bahwa norma diambil dari kata Mos yang dalam bahasa Latin mempunyai makna tata kelakuan, adat istiadat, atau kebiasaan.

Dilihat dari segi bahasa, dapat disimpulkan bahwa norma mempunyai arti sebagai pedoman dalam melakukan kebiasaan. Norma juga dapat diartikan sebagai aturan yang sudah biasa dilakukan oleh masyarakat atau sering disebut dengan adat istiadat.

Pengertian Norma Menurut Ahli

Pengertian-Norma-Menurut-Ahli

Para pakar banyak yang mengemukakan pendapatnya mengenai norma. Agar lebih jelas, berikut ini adalah pengertian norma menurut para ahli dari dalam maupun luar negeri:

1. Norma Menurut Marvin E Shaw

Marvin menyatakan bahwa norma adalah peraturan semua tingkah laku manusia yang harus ditegakkan dalam masyarakat. Norma juga mengekalkan keselarasan perilaku manusia yang sebenarnya.

2. Norma Menurut Schaefer & Lamn

Dalam bukunya, mereka memaparkan bahwa norma merupakan standar dari perilaku lurus yang harus dipelihara oleh semua masyarakat. Dengan kata lain, norma merupakan perilaku yang benar dan harus dijalankan oleh semua masyarakat.

3. Norma Menurut Craig Calhoun

Sedangkan menurut Craig Calhoun, norma adalah sebuah pedoman atau aturan bagaimana orang harus berperilaku pada situasi tertentu. Pedoman ini harus dijalankan oleh semua masyarakat tanpa pengecualiaan.

4. Norma Menurut Soerkanto

Beliau mengatakan bahwa norma adalah sebuah perangkat yang dibuat agar hubungan dalam masyarakat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Keberadaan norma sangat penting agar tujuan bersama dapat terwujud.

5. Norma Menurut Antony Giddens

Antony Giddens berpendapat bahwa norma merupakan aturan atau prinsip yang nyata dan jelas. Aturan ini harus diperhatikan oleh semua warga masyarakat dan diterapkan dalam menjalankan kehidupan.

6. Norma Menurut Bellebaum

Dia berpendapat bahwa norma yaitu alat yang digunakan dalam mengatur individu yang ada dalam masyarakat agar berperilaku dan bertindak sesuai keyakinan yang berlaku. Menurut Bellebaum norma pada masyarakat satu dengan yang lainnya tidak sama.

7. Norma Menurut E Ultrech

Pengertian dari norma menurut Ultrech adalah kumpulan petunjuk hidup yang digunakan untuk mengatur ketertiban dalam masyarakat. Norma dapat berupa peraturan yang wajib untuk ditaati semua masyarakat. Jika ada masyarakat yang melanggar maka akan ada tindakan yang dilakukan oleh pemerintah.

8. Norma Menurut A.A Nurdiaman

Nurdiaman mengungkapkan bahwa norma adalah salah satu bentuk dari tatanan hidup yang isinya aturan dalam untuk bergaul di dalam masyarakat. Aturan ini tidak tertulis tapi harus ditaati oleh semua masyarakat.

9. Norma Menurut John Macionis

Pengertian dari norma menurut Macionis adalah semua aturan dan juga harapan dari masyarakat yang dijadikan panduan semua perilaku masyarakat. Harapan dan aturan inilah yang menjadi dasar atau pedoman menjalankan kehidupan dalam masyarakat.

Ciri-Ciri Norma dalam Kehidupan

Ciri-Ciri-Norma

Norma mempunyai ciri-ciri yang wajib untuk diketahui. Berikut ini ciri utama dari sebuah norma:

1. Tidak Tertulis

Ciri pertama dari norma adalah tidak tertulis. Norma tidak ada yang tertulis kecuali norma hukum. Walaupun norma tidak tertulis namun norma mempunyai peranan sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

2. Bersifat Mengikat

Norma juga mempunyai ciri mengikat. Semua orang atau masyarakat terikat dengan norma. Dalam menjalani kehidupan semuanya harus berdasarkan norma yang berlaku.

3. Disepakati Bersama

Ciri dari norma yang selanjutnya adalah disepakati secara bersama. Secara tidak langsung norma sudah menjadi kesepakatan bersama. Kesepakatan ini sudah terjadi sejak zaman dulu.

4. Wajib Ditaati Semua Masyarakat

Norma mempunyai ciri wajib untuk ditaati oleh semua masyarakat. Semua masyarakat wajib untuk menaati norma yang berlaku. Tidak ada pengecualian, siapa saja harus menaati norma yang berlaku dalam masyarakat.

5. Ada Sanksi

Ciri norma yang selanjutnya adalah terdapat sanksi. Sanksi ini dapat berupa hukuman ataupun penghargaan. Orang yang melanggar sanksi akan mendapatkan hukuman sesuai dengan pelanggaran yang sudah dilakukan.

6. Dapat Berubah-Ubah

Ciri terakhir dari norma adalah dapat berubah-ubah sesuai dengan keadaan sosial budaya. Perubahan norma ini wajar terjadi, hal ini dikarenakan dalam kehidupan bermasyarakat pasti terjadi perubahan dan pergeseran nilai. Oleh karena itu, norma yang berlaku harus disesuaikan dengan keadaan masa kini.

Fungsi Norma dalam Kehidupan

Fungsi-Norma

Keberadaan norma dalam kehidupan bermasyarakat tentunya mempunyai fungsi tersendiri. Berikut adalah fungsi norma dalam hidup bermasyarakat:

1. Norma Berfungsi Mengatur Perilaku Masyarakat

Fungsi pertama dari norma adalah untuk mengatur perilaku masyarakat. Dengan adanya norma diharapkan perilaku masyarakat menjadi lebih tertata. Perilaku yang tertata akan menciptakan kehidupan yang aman.

2. Norma Mempunyai Fungsi Menjaga Ketertiban dan Keadilan

Norma juga mempunyai fungsi untuk menjaga ketertiban dan keadilan. Dengan norma masyarakat akan lebih tertib dan keadilan dapat ditegakkan. Hal ini dikarenakan perilaku masyarakat akan lebih dibatasi dengan adanya norma.

3. Norma Dapat Menciptakan Kehidupan yang Damai

Fungsi norma yang selanjutnya adalah menciptakan kehidupan yang damai. Masyarakat yang menaati dan menjalankan norma dengan baik maka akan menciptakan kehidupan yang damai. Sebaliknya jika norma sudah tidak ditaati maka kehidupan bisa kacau.

4. Norma Membantu Pencapaian Tujuan Bersama

Secara tidak langsung dalam masyarakat mempunyai sebuah tujuan yang harus diwujudkan bersama. Keberadaan norma bisa membantu pencapaian tujuan bersama yang sudah disepakati bersama.

6. Norma Sebagai Dasar Hubungan Bermasyarakat

Dalam menjalankan hubungan bermasyarakat haruslah menggunakan aturan agar tidak terjadi kesalah pahaman. Norma inilah yang dijadikan sebagai dasar pedoman dalam menjalankan kehidupan dalam masyarakat.

7. Norma Sebagai Pedoman dalam Memberikan Sanksi Sosial

Sanksi sosial perlu diberikan jika seseorang melanggar norma. Norma inilah yang dijadikan dasar untuk menentukan sanksi sosial yang diberikan kepada pelanggar. Tujuan pemberian sanksi sosial ini adalah untuk memberikan efek jera.

Tujuan Norma dalam Kehidupan

Tujuan-Norma

Adanya sebuah aturan pasti mempunyai tujuan. Tujuan norma yang paling utama adalah menciptakan kehidupan bermasyarakat yang rukun dan damai. Keberadaan norma akan membuat hidup bermasyarakat semakin tertata dengan baik. Norma membatasi orang-orang untuk tidak berbuat sesuka hatinya atau semena-mena.

Dengan adanya norma diharapkan kehidupan bermasyarakat akan semakin nyaman. Sesama warga akan saling menghargai karena adanya norma yang harus dipatuhi. Kerukunan akan terjaga jika semua mematuhi norma yang berlaku. Dengan demikian tujuan hidup damai, rukun, dan saling menghargai bisa terwujud.

Macam-Macam dan Contoh Norma dalam Kehidupan

Macam-Macam-Norma

Dalam kehidupan bermasyarakat dikenal 5 norma yang wajib untuk ditaati. Kelima jenis norma tersebut, yaitu:

1. Norma Agama

Pengertian norma agama adalah peraturan hidup yang sumbernya adalah Tuhan. Isi dari norma agama adalah ajaran, perintah, dan larangan yang tertuang dalam kitab yang diwahyukan kepada para Nabi. Norma agama bernilai sangat penting dan dijadikan pedoman dalam norma yang lainnya.

Bentuk dari norma agama berbeda-beda sesuai dengan agama yang diyakini oleh seseorang. Namun pada intinya semua norma agama tidak ada yang buruk melainkan mengajarkan kebaikan. Salah satu contoh perbedaan dalam norma agama adalah perbedaan aturan pada agama Islam dan Hindu.

Dalam agama islam menyembelih dan memakan daging sapi sangat dianjurkan apalagi pada saat hari raya Idul Adha. Namun dalam ajaran Hindu sapi adalah hewan yang suci sehingga tidak boleh disembelih apalagi dimakan dagingnya. Kepercayaan dalam Hindu juga meyakini bahwa air kencing sapi suci dan penuh berkah.

Orang yang melanggar norma agama tidak diberi sanksi oleh masyarakat secara langsung. Sanksi yang akan diterima oleh pelanggar adalah dosa yang nantinya harus dipertangung jawabkan di akhirat.

2. Norma Hukum

Norma yang satu-satunya tertulis adalah norma hukum. Pengertian norma hukum adalah aturan yang dibuat oleh pemerintah yang berwenang bersifat memaksa dan wajib ditaati oleh semua masyarakat. Tujuan dari norma hukum ini adalah melindungi kepentingan manusia dan menjaga tata tertib.

Norma hukum tertuang dalam bentuk peraturan perundang-undangan yang tertulis dan disahkan serta menjadi kesepakatan bersama. Pelanggaran yang dilakukan terhadap norma hukum sangat jelas sanksinya. Sanksi ini bersifat memaksa, artinya pelanggar harus dihukum sesuai dengan aturan yang berlaku.

Contoh dari norma hukum adalah undang-undang mengenai korupsi, undang-undang tentang hak asasi manusia, dan lain sebagainya. Semua peraturan yang dibuat oleh pemerintah pusat ataupun daerah adalah norma hukum yang wajib ditaati dan bersifat mengikat.

3. Norma Sosial

Norma sosial atau norma susila atau norma kesusilaan merupakan aturan hidup yang sumbernya berasal dari hati nurani. Jenis norma ini mendorong setiap manusia untuk selalu berbuat baik. Norma sosial mempunyai sifat universal atau umum dan menjadi aturan tidak tertulis dalam sebuah masyarakat.

Pelanggaran terhadap norma sosial akan mendapatkan sanksi sosial berupa pengucilan. Jika pelangaran yang dilakukan cukup berat sanksi yang didapatkan dapat berupa pengusiran dari lingkungan masyarakat tersebut.

Contoh norma sosial yang sederhana adalah berlaku jujur dan adil.  Menghormati dan menghargai sesama juga termasuk dalam norma sosial.

4. Norma Kesopanan

Norma sosial dan kesopnan hampir sama namun keduanya berbeda. Pengertian dari norma keseopanan adalah aturan hidup yang sumbernya pergaulan dalam masyarakat. Sumber norma ini adalah kepatutan atau kepantasan dan kebiasaan yang ada dalam masyarakat.

Norma kesopanan sudah mengakar dan diciptakan sejak awal terbentuknya masyarakat. Sifat dari norma kesopanan adalah relatif. Artinya ada perbuatan yang dianggap sopan di suatu tempat tapi ditempat lain dianggap tidak sopan.

Pelanggaran terhadap norma ini hanya berupa ucapan sopan atau tidak sopan. Dengan kata lain orang yang melanggar norma ini tidak ada sanksi yang mengikat.

Salah satu contoh sederhana norma kesopanan adalah panggilan terhadap orang lain. Di Indonesia memanggil orang yang lebih tua haruslah menggunakan kata sapaan seperti Ibu, Bapak, Kakak, dan sejenisnya. Jika memanggil dengan hanya nama dirasa kurang sopan.

Namun perlu diketahui bahwa di luar negeri untuk menyapa orang yang lebih dewasa tidak perlu menggunaakan kata sapaan. Di sana untuk memanggil orang lain cukup dengan mananya saja.

5. Adat Istiadat atau Norma Kebiasaan

Norma kebiasaan atau adat istiadat ini merupakan aturan yang dibentuk secara sadar ataupun tidak sadar dan menjadi sebuah kebiasaan. Tidak ada sanksi yang jelas jika seseorang melanggar norma ini. Hal ini dikarenakan norma ini hanya sebuah kebiasaan yang berlangsung terus menerus.

Contoh dari norma ini salah satunya yaitu kebiasaan makan dengan menggunakan tangan kanan, menggosok gigi secara teratur, membelikan oleh-oleh ketika bepergian, dan sebagainya. Norma ini terlihat sepele namun juga mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Kesimpulan

Pengertian norma adalah sebuah aturan yang tak tertulis tapi bersifat mengikat. Norma yang ada dalam masyarakat harus dipatuhi oleh semua anggota masyarakat. Jika ada pelanggaran terhadap norma maka akan dikenakan sanksi, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Norma adalah pedoman hidup bersosialisasi dilingkungan masyarakat. Keberagaman norma pasti ada dan yang harus dilakukan adalah saling menghargai agar hidup menjadi rukun dan nyaman. Oleh karena itu, setiap orang wajib memahami mengenai norma yang berlaku.

Dengan artikel ini pemahaman mengenai norma bisa semakin bertambah dan kehidupan bermasyarakat semakin damai.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com