Contoh Motto Hidup

Posted on

VOI.Co.Id –  Pasti pernah, dong, mendapatkan pertanyaan atau kalimat seperti ini? Biasanya, ketika kita menjadi peserta MOPD atau PKKMB, pertanyaan mengenai motto hidup terus berkumandang. Bahkan, terkadang disuruh untuk membuat contoh motto hidup.

Tidak hanya itu, bahkan terkadang untuk mengisi sebuah fomulir atau surat lamaran kerja, tidak jarang perusahaan meminta pelamar untuk memasukkan motto hidupnya.  Sayangnya, banyak orang yang tidak tahu ketika ditanya tentang motto hidup. Ada pula yang baru membuat motto hidup setelah ditanya. Sebenarnya, apa, sih, motto hidup itu?

Motto-Hidup-adalah

Pengertian Motto Hidup

Motto sendiri berarti prinsip hidup. Biasa pula disebut dengan semboyan ataupun pedoman dalam hidup. Beberapa orang menganggap bahwa motto adalah sebuah kalimat yang menggambarkan sifat individu seseorang.

contoh-motto-hidup

Manfaat Motto Hidup

Meskipun terlihat sepele, ternyata motto hidup memiliki beberapa dampak baik bagi kehidupan kita, loh. Berikut beberapa manfaat dari motto hidup:

  • Dapat menghancurkan pikiran negatif
  • Bisa membantu dalam mengubah kebiasaan jika diyakini dengan benar
  • Mengukuhkan prinsip hidup
  • Mengingatkan kita terhadap moralitas hidup
  • Mengandung nilai kehidupan dan nurani
  • Dapat menenangkan pikiran.

Ada beberapa jenis motto hidup yang bisa dijadikan pedoman dalam hidup. Beberapa di antaranya adalah motto hidup islami, motto hidup motivasi, motto hidup bijak, motto hidup lucu, unik, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa contoh motto hidup yang bermakna dan sangat bagus untuk diterapkan ke dalam kehidupan:

Motto Hidup Islami

Motto-Hidup-Islami

Biasanya, motto hidup islami ini diambil dari potongan-potongan ayat suci Al-Qur’an maupun dari hadist-hadist shahih yang bisa memacu semangat orang yang mendengarnya. Ada begitu banyak ayat Al-Qur’an dan hadist yang isinya bisa dijadikan motto hidup kita.

Beberapa di antaranya adalah:

  • Jika kamu berduka cita

“Jika kamu berduka cita, sesungguhnya Allah bersama kita”

Ini adalah arti dari Qur’an surah At-taubah ayat 40. Selain memiliki arti yang indah, ayat ini juga bisa dijadikan sebagai motto hidup, loh. Ini dikarenakan ayat ini mengajarkan supaya kita tetap bisa tegak menghadapi kehidupan, sebab selalu ada Allah yang berada di sisi kita.

  • Man Jadda wa Jada

Bagi penggemar novel Negeri 5 Menara, pasti sudah tidak asing dengan slogan Man Jadda wa Jada, kan? Slogan ini sebenarnya adalah salah satu mahfudzot atau biasa disebut juga dengan pepatah dari Arab yang paling terkenal di kalangan santri bahkan orang awam di negeri kita. Artinya kurang lebih adalah siapa yang bersungguh-sungguh, maka dia yang akan mendapatkan.

Mahfudzot ini bisa dijadikan sebagai salah satu motto hidup karena mengajarkan kita agar terus bersungguh-sungguh dalam mengejar sesuatu. Tanpa kesungguhan, pasti tidak akan ada yang bisa kita dapatkan.

  • Man Laa Yarham Laa Yurham

Yang satu ini juga adalah salah satu mahfudzot yang cukup terkenal. Artinya kira-kira adalah barang siapa yang tidak memiliki kasih sayang, maka tidak dikasih-sayangi. Ini bisa dijadikan sebagai pedoman hidup agar tidak lupa untuk saling menyayangi kepada sesama manusia. Sebab, sebenarnya hidup ini selalu menuai apa yang kita tabur.

  • Adaabul Mar’i Khoiru min Dzahabi

Ini juga salah satu mahfudzot yang cukup terkenal dan bisa dijadikan sebagai motto hidup. Artinya adalah adab lebih berarti daripada emas.

Maksudnya adalah ketika seseorang memiliki adab yang bagus, maka itu akan lebih dihargai daripada memiliki banyak emas. Motto hidup ini akan memotivasi kita untuk tetap mengutamakan adab dalam hal apapun.

  • Bicaralah yang Baik atau Diam

Ini adalah salah satu motto hidup yang  paling terkenal dan sekaligus paling baik. Kalimat ini mengajarkan kita agar tetap mengatakan hal-hal yang baik saja. Jika tidak bisa mengatakan hal yang baik, maka diam adalah lebih baik. Motto ini bisa membuat kita lebih menjaga hubungan horizontal kepada sesama manusia.

  • Lakukan karena Allah

Motto hidup ini memiliki banyak hikmah yang bisa dipetik. Salah satunya adalah belajar ikhlas dan sabar. Jika kita telah melakukan segala sesuatu dengan didasari niat karena Allah, pastilah hati kita akan melakukannya dengan lebih lapang.

Dengan memakai motto hidup ini, seandainya usaha yang kita lakukan gagal, maka kita juga akan bisa lebih bersabar. Karena pada dasarnya kita melakukan semua itu karena Allah dan hanya untuk Allah.

Motto Hidup Motivasi

Motto-Hidup-Motivasi

Motto hidup motivasi biasanya digunakan untuk memotivasi jika kita sedang gagal atau down. Bisa juga untuk dijadikan sebagai sumber semangat agar semakin giat mengejar cita-cita. Biasanya,  mottoo hidup motivasi dikutip dari beberapa orang terkenal yang menginspirasi atau dari kutipan novel yang menyentuh.

Berikut beberapa motto hidup motivasi yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam membuat motto hidupmu sendiri:

  • Pengalaman adalah Hal yang Paling Berharga

Motto hidup ini cocok untuk kamu yang suka mengikuti sebuah perlombaan atau kompetisi. Dalam sebuah kompetisi, kamu harus menanamkan prinsip bahwa kemenangan bukanlah hal utama. Yang paling penting adalah bagaimana kamu mendapatkan pengalaman dan dapat belajar menjadi lebih baik lagi dari pengalaman itu.

  • Jika Dia Bisa, Mengapa Saya Tidak?

Mungkin sudah banyak orang yang memiliki motto hidup seperti ini: ‘Jika dia bisa, mengapa saya tidak’. Tidak heran, motto hidup ini memang sangat bagus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain dapat mempertajam jiwa kompetitif dan optimisme, motto ini juga bisa mendorong kamu untuk berbuat maksimal terhadap apa yang sedang diusahakan.

  • Coba Saja Dulu, Masalah Gagal Soal Nomor 2

Kata-kata ini juga pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Prinsip hidup yang satu ini memiliki kekuatan yang mendorong kamu untuk berani mencoba hal baru. Biasanya, motto ini juga digunakan orang yang berani mengambil resiko besar dalam hatinya.

Orang yang memiliki motto ini tidak akan ragu dalam menetapkan langkah dan selalu berani mencoba hal baru. Baginya, tidak berani mencoba adalah kegagalan yang tidak bisa diperbaiki. Sementara jika dia sudah mencoba dan gagal, maka dia bisa mencari jalan lain untuk berhasil dalam percobaannya.

  • Saya Harus Lebih Baik dari yang Terbaik

Dalam menjalankan prinsip hidup, biasanya orang yang memiliki motto hidup ini akan melakukan segala sesuatu dengan maksimal dan fokus. Ini karena orang yang memiliki prinsip ini memiliki target yang cukup tinggi dalam hidupnya sekaligus yakin terhadap apa yang dia kerjakan.

Prinsip ini juga mampu mendorong orang untuk lebih yakin dalam menjalani hidupnya. Bahwa semua orang bisa melakukan hal yang lebih baik dan terus memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.

  • Bermimpilah dan Take Action

Orang yang memiliki motto hidup bermimpilah dan take action biasanya memiliki semangat hidup yang lebih kuat dari orang lain. Dia tahu apa yang dia inginkan dan dengan sabar menjalani proses untuk meraih mimpinya.

  • Bermimpilah dalam Hidup, Jangan Hidup dalam Mimpi

Kalimat ini juga pasti sudah tidak asing lagi, kan? Ini adalah kutipan dari novel best seller karya Andrea Hirata dalam seri Laskar Pelanginya yang kedua, yakni Sang Pemimpi. Kutipan ini dapat dijadikan sebuah motto hidup.

Prinsip ini akan mendorong kita bermimpi lebih tinggi lagi dengan target capaiannya yang juga tinggi. Tapi di samping itu, kita juga diingatkan agar jangan hidup di dalam mimpi. Maksudnya adalah, jangan sampai hanya karena bermimpi kita lupa melakukan take action di kehidupan nyata. Mimpi tanpa aksi nyata hanya akan menjadi mimpi selamanya.

  • Mimpi Tidak untuk Dibicarakan, Melainkan Diperjuangkan

Motto hidup ini juga tidak kalah memotivasi dari motto hidup yang lain. Ini adalah kutipan dari novel 2 yang ditulis oleh Dhony Dirgantoro yang menulis novel mega best seller 5 CM. Prinsip hidup ini akan membuat orang untuk lebih sedikit berbicara soal mimpi dan harus lebih banyak berjuang demi mimpi yang ingin dicapai.

  • Memanfaatkan Waktu dengan Baik

Motto ini adalah simpulan dari kutipan yang mengatakan bahwa ‘yang harus kita putuskan adalah apa yang akan kita lakukan dengan waktu yang sudah diberikan’. Kalimat ini adalah kalimat yang dilontarkan J.R.R Tolkien dalam bukunya yang berjudul The Lord of The Rings.

Maksud dari motto hidup ini sudah jelas, yakni mendorong orang untuk tidak menyia-nyiakan waktu dan tetap teguh di dalam prinsipnya.

Motto Hidup Bijak

Motto-Hidup-Bijak
Motto Hidup Bijak

Motto hidup yang bijak ini biasanya lahir dari pengalaman pribadi. Semakin banyak pengalaman hidup yang kamu dapatkan, semakin bijak pula motto hidup yang kamu punya. Orang yang memiliki sikap dewasa dan penuh pertimbangan biasanya memiliki motto hidup bijak.

Berikut beberapa motto hidup orang bijak:

  • Jangan Menghakimi Orang Lain

“Jangan pernah menghakimi orang lain. Kamu tidak tahu apa yang dia alami dan dia pikirkan.”

Motto hidup ini memiliki arti untuk tidak terlalu cepat menjatuhkan penilaian terhadap sikap yang diambil seseorang. Kenapa seperti itu? Karena kita tidak pernah mengenal orang 100%. Kita juga tidak tahu apa yang telah dia alami dan dia pikirkan, sehingga kita tidak berhak menghakimi tindakannya.

Prinsip jangan menghakimi ini sebenarnya bagus diterapkan pada masa sekarang, masa dimana cyber-bullying merajalela. Hanya saja, jika terlalu meyakini mottp jangan menghakimi orang lain, takutnya kita justru tidak tahu membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

  • Pikir Sebelum Bertindak

“Berpikirlah Sebelum Bertindak”

Pasti sudah sering mendengar motto hidup yang satu ini, kan?  Motto ini sepertinya sudah banyak digunakan oleh orang lain, tapi juga tidak lekang oleh waktu.

Berpikir sebelum bertindak adalah salah satu motto hidup yang bijak karena dapat mempengaruhi kita untuk tidak bertindak sembarangan. Banyak orang zaman sekarang yang bertindak dahulu mengikuti emosi sesaat baru berpikir. Padahal, hal ini dapat merugikan kita. Salah satu kerugiannya adalah dapat mengurangi kepercayaan, kredibilitas diri, dan relasi kita.

Itulah sebabnya amat baik jika seseorang memiliki motto Pikir Sebelum Bertindak.

  • Mengamati lalu Belajar

Motto hidup ini mungkin jarang didengar oleh publik, padahal motto ini adalah salah satu motto hidup terbijak yang pernah ada. Motto ini memiliki makna untuk mengamati keadaan sekitar, baik alam maupun tingkah laku manusia kemudian belajar dari sana.

Keuntungan orang yang memiliki motto ini adalah mereka dapat belajar dari kesalahan orang lain, sehingga mereka dapat terhindar dari membuat kesalahan-kesalahan yang tidak perlu. Mengamati lalu Belajar adalah motto hidup yang dapat mempercepat kesuksesan datang kepadamu.

  • Pikiran Membuat Anda Bijaksana

Kata-kata ini diucapkan oleh John Patrick yang juga seorang dramawan dan penulis skenario di Britania Raya, Inggris. Kata mutiara ini bisa juga dijadikan sebagai motto hidup agar kita lebih banyak berpikir untuk mendapatkan kebijaksanaan.

Bijaksana sendiri memang bisa didapatkan dengan banyak merenung dan berpikir. Mengintropeksi diri sekaligus mencari solusi atas masalah yang pernah dihadapi. Itulah sebabnya kata mutiara “Pikiran Membuat Anda Bijaksana” sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu motto hidup bijak.

  • Tua Itu Pasti

Pasti pernah mendengar kalimat yang berbunyi ‘Tua Itu Pasti, Dewasa Itu Pilihan’ bukan? Itu adalah sebuah kata mutiara yang dikeluarkan oleh legenda sepak bola Indonesia, Bambang Pamungkas.

Kata mutiara itu juga bisa dijadikan motto hidup, loh. Alasannya adalah dengan memakai motto hidup seperti itu, kita bisa terus berusaha untuk berpikir dan bersikap dewasa.

  • Menyerah adalah Jalan Orang Gagal

Motto hidup bijak yang satu ini cocok untuk orang yang ingin mengejar mimpi-mimpinya. Pasalnya, setiap orang berusaha mengejar mimpi pasti akan mengalami kegagalan terlebih dahulu. Nah, di saat gagal inilah orang perlu motto hidup ini.

Orang-orang harus ingat, bahwa jika gagal dan mencoba lagi, pasti suatu saat akan sukses. Tapi jika gagal lalu menyerah, yang terjadi adalah kamu akan gagal selamanya.

Motto Hidup Unik

Motto-Hidup-Unik
Motto Hidup Unik

Motto hidup selalu dijadikan pedoman hidup dalam merancang tujuan dan rencana hidup. Tanpa adanya prinsip dan motto hidup yang benar, biasanya orang akan bingung dalam merancang kehidupanya sendiri ke depan. Berikut beberapa moto hidup unik yang bisa dijadikan referensi:

  • Menjadi orang benar dan pintar

Moto hidup ini memiliki hikmah yang sangat banyak. Karena di zaman sekarang, banyak orang benar yang tidak pintar. Begitu pula sebaliknya, banyak orang pintar yang tidak benar. Itulah kenapa memiliki moto hidup ini sangat baik untuk hidup, karena dengan menjadi orang yang benar dan pintar, maka itu artinya kamu berbeda dengan orang kebanyakan.

  • Ubah Cara Berpikirmu, maka Kamu akan Mengubah Dunia

Arti dari moto hidup di atas adalah bagaimana pola pikir dapat mengubah dunia. Banyak yang mengatakan, dengan mengubah jalan pikiran, maka kamu akan mengubah kebiasaan. Dan mengubah kebiasaan, maka kamu akan mengubah hidup. Dengan mengubah hidup, maka kamu mengubah dunia.

  • Jika Ingin Bahagia, Maka Fokuslah Pada Tujuan

Albert Einstein pernah mengatakan kalimat seperti ini: Jika kamu ingin hidup bahagia, terikatlah pada tujuan, bukan orang atau benda.

Kalimat ini bisa dijadikan sebagai motto hidup yang baik karena menyuruh kita fokus pada tujuan. Karena fokus itulah yang membuat kita bahagia. Jadi, jika kita masih memfokuskan diri pada orang atau benda, maka belum tentu kita bisa bahagia. Fokuslah pada tujuan hidup dan berusaha untuk mencapainya.

  • Jangan Mengurusi Hidup Orang Lain

Pendiri Apple, Steve Jobs pernah mengatakan kalimat ini di salah satu seminarnya: Waktumu terbatas, jangan habiskan dengan mengurusi hidup orang lain.

Maksud dari kalimat ini adalah jika kamu menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak penting (dalam hal ini mengurusi hidup orang lain), maka kamu tidak akan sempat mengurus diri sendiri. Motto hidup ini mengajarkan kamu untuk fokus pada perbaikan diri dan bukannya fokus pada hal-hal yang kurang penting.

  • Persiapkan Kesuksesan

Motto hidup ini sangat cocok bagi para pelajar ataupun mahasiswa. Ini mengajarkan agar tidak terlalu sering bermain dan mulailah perbanyak belajar. Hal ini karena kesuksesan bisa diraih jika kita memiliki persiapan yang matang.

  • Ciptakan Kesempatan

Meraih kesempatan sudah banyak dilakukan orang. Tapi tidak perlu khawatir jika masih ada orang yang memiliki motto hidup menciptakan kesempatan. Dalam hal ini, menciptakan kesempatan sangat cocok bagi kamu yang memiliki jiwa bisnis.

Motto Hidup Lucu

Motto-Hidup-Lucu

Ada pula beberapa motto hidup lucu yang menggelitik, tetapi memiliki makna yang dalam. Motto hidup lucu tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bahkan Susu Basi Berwarna Putih

Kalimat di atas sangat menggelitik, bukan? Maknanya adalah meskipun seseorang terlihat baik, belum tentu kepribadian orang tersebut baik juga. Karena susu yang layak minum di dalam gelas dengan susu basi yang tumpah ke lantai sama-sama berwarna putih. Tetapi keduanya tidak memiliki kualitas minum yang sama.

  • Jangan Seperti Layangan

Ada pula motto hidup lucu yang membawa nama permainan semasa kecil. Motto itu berbunyi, “Jangan hidup seperti layangan: Terbang diterbangkan, setelah di atas ditarik-ulur”.

Motto hidup itu terdengar sangat lucu, tetapi memiliki makna yang dalam. Maksudnya adalah jangan menggantungkan hidupmu kepada orang lain. Yang baru bisa tinggi jika dibantu. Dan bahkan, setelah sudah tinggi sekaligus sukses, masih dikendalikan oleh orang lain. Itu bukanlah cara hidup yang benar.

  • Fungsi Kaca Spion

Kaca spion berfungsi untuk melihat ke belakang agar bisa berhati-hati dalam melaju ke depan.

Motto hidup itu mungkin terdengar seperti lelucon, tetapi memiliki makna yang dalam. Banyak orang yang enggan melihat ke masa lalu hanya karena alasan, “Hidup itu di masa sekarang, bukan di masa lalu.”

Padahal, kita perlu sesekali untuk melihat ke belakang agar ketika memutuskan sesuatu di masa depan, bisa lebih berhati-hati. Masa lalu ada untuk dipelajari dan dibuat untuk mengembangkan diri ke depannya.

  • Orang Lain Adalah Cermin

Pernah mendengar motto hidup “Orang lain adalah cermin kepribadianmu” ?

Jika pernah, maka tentu kamu mengetahui maknanya bukan? Motto hidup itu memiliki hikmah yang sangat besar dalam hidup. Jadi, ketika sikap orang lain membuatmu sakit hati atau tidak nyaman, lihatlah ke dalam dirimu sendiri. jangan-jangan, kamu juga sudah membuat orang lain tidak nyaman dengan sikapmu.

Motto hidup ini cocok untuk kamu yang senang mengintropeksi diri dan selalu ingin memperbaiki sikap.

  • Mari Seperti Sepatu, Berbeda Langkah tapi Satu Tujuan

Jika dicermati, kalimat tersebut memang tampak lucu dan terlihat seperti lelucon. Tapi sebenarnya motto hidup itu mengajarkan kita agar selalu bergandengan meskipun memiliki keputusan berbeda dalam menjalani hidup. Karena meskipun menempuh langkah yang berbeda, tujuan yang ada di dalam hati manusia selalu sama. Yakni melangkah menuju kebaikan.

  • Tirulah Bulu Ketiak, yang Tetap Tumbuh Meskipun Selalu Terjepit

Bukankah itu sebuah kalimat yang lucu? Tetapi sebenarnya motto hidup itu mengajarkan kita agar tetap bersabar dan bertumbuh dalam segala situasi. Memang, memberi ilustrasi bulu ketiak sedikit tidak lazim, tapi sebenarnya ilustrasi itu sudah tepat.

Bulu ketiak tetap tumbuh dan lebat meskipun sering dicukur dan dijepit. Maknanya adalah kita juga hatus bisa bertahan dengan segala situasi. Meskipun dijatuhkan dan ditekan, kita tetap harus memiliki semangat untuk maju.

  • Kecantikan Wanita itu Ada di Otaknya, Tapi Make-Up Lebih Mudah Didapat

Kata-kata di atas terdengar seperti satir yang lucu. Tetapi sebenarnya memiliki makna yang dalam. Maksudnya adalah perempuan yang cantik sebenarnya adalah perempuan yang cerdas. Tapi kebanyakan wanita memilih make up karena lebih mudah didapat.

Kalimat lucu ini dilontarkan oleh seorang desainer asal Prancis, Yves Saint Laurent.


Motto hidup adalah salah satu pedoman yang jika diyakini dan dilaksanakan dengan benar, maka bisa mengubah hidupmu secara keseluruhan. Meskipun tampak sepele, sebenarnya motto hidup bisa memberi dampak besar untuk merencanakan masa depan yang lebih matang.

Itulah beberapa contoh motto hidup, dari mulai yang islami, memotivasi, unik, hingga bijak. Beberapa contoh ini bisa kamu jadikan motto hidup sendiri atau bisa juga dijadikan sebagai referensi untuk menciptakan motto hidupmu sendiri.

Baca juga:

Content Protection by DMCA.com