Pengertian Kliping

Posted on

Kliping-adalah

Hampir semua orang rasanya pernah mendengar istilah kliping. Bagi seorang siswa, kliping bisa jadi sebuah tugas yang harus diselesaikan. Biasanya, dalam membuat kliping orang membutuhkan koran atau majalah bekas yang mengandung informasi yang dicari.

Berikut beberapa penjelasan mengenai kliping, dari mulai pengertian, teknik pembuatan, struktur kliping, cara membuat, sampai ke contoh kreatif pembuatan kliping.

Pengertian Kliping

Pengertian-Kliping

Secara umum, kliping bisa diartikan sebagai kegiatan mengumpulkan informasi dengan tema yang sama dengan cara menggunting atau memotong beberapa artikel tertentu dari media cetak (bisa koran, majalah, buku, dan lain sebagainya). Nantinya, hasil potongan tersebut akan ditempel ke dalam media tempel, dalam hal ini bisa berupa buku, kertas karton, ataupun HVS yang dijilid.

Biasanya, kliping dibuat dengan tujuan mengumpulkan data mengenai sebuah tema dan digunakan untuk mencari referensi atau memahami mengenai peristiwa atau tema yang dimaksud. Sedangkan untuk kegiatan belajar mengajar, kliping biasanya bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami sebuah materi pelajaran atau bahkan tema tertentu.

Struktur Kliping

Struktur-Kliping

Sama seperti tugas pada umumnya, kliping juga memiliki struktur penyusunan yang baik dan benar. Struktur ini bukanlah struktur baku, tetapi ada baiknya untuk diikuti agar kliping yang dibuat terlihat rapi dan indah. Berikut referensi penyusunan struktur kliping untuk ditiru dan dipraktikan di rumah:

1. Cover Kliping

Sebuah kliping harus memiliki cover, jika kliping berbentuk buku. Namun, jika kliping diletak dalam sebuah karton, bagian cover bisa diganti dengan judul besar di atas. Hal ini agar pembaca mengerti tema dan isi dari kliping yang dibuat.

2. Kata Pengantar Kliping

Kata pengantar juga hanya dibuat apabila kliping yang  dibuat berbentuk buku. Jika berbentuk karton, bisa diganti dengan nama pembuat kliping.

3. Daftar Isi Kliping

Kliping yang berbentuk buku tentu memerlukan daftar isi agar pembaca tidak bingung ketika ingin membaca artikel yang dicari. Jika kliping diletak dalam kertas karton, bisa diganti dengan membuat subjudul di atas potongan artikel yang ditempel. Hal ini untuk memudahkan pencarian artikel, sekaligus memberi kredit kepada koran yang artikelnya diambil untuk kliping.

4. Isi Kliping

Ini adalah yang paling penting dari seluruh struktur ini. Jangan lupa untuk menulis sumber artikel di bawah potongan artikel yang telah ditempel. Juga antara judul dan pembahasan kliping harus sesuai dengan cover yang dibuat.

5. Kesimpulan, Saran, dan Daftar Pustaka.

Jangan lupa untuk menyisipkan kesimpulan, saran, dan daftar pustaka dalam kliping yang dibuat. Kesimpulan dan saran berguna untuk memberi sebuah kesimpulan dari isi kliping. Sedangkan daftar pustaka berguna untuk memberikan kredit kepada koran, majalah, atau pun buku yang artikelnya telah diambil untuk kliping.

Teknik Pembuatan Kliping

Teknik-Pembuatan-Kliping

Dalam pembuatan kliping, terdapat 2 teknik yang biasa digunakan. Teknik yang dimaksud didasarkan oleh jenis, kegunaan, dan cara penyusunannya seperti berikut ini:

1. Teknik Pembuatan Kliping Sistem Ordnere

Pembuatan kliping dengan teknik ordnere cukup mudah. Teknik ini tidak terlalu memperhatikan urutan tertentu dari koran atau majalah yang diambil artikelnya, tetapi masih berada di dalam satu tema yang sama. Kliping ini dibuat dalam sebuah odner atau sebuah bundelan.

Biasanya, cara pembuatan kliping dengan sistem ordnere ini sering dilakukan untuk proses pengklipingan resep masakan ataupun lirik lagu.

2. Teknik Pembuatan Kliping dengan Sistem Exive

Kliping ini dibuat dalam sebuah buku dan sangat detail dalam memperhatikan urutannya. Terutama urutan waktu. Cara ini dimaksudkan agar ketika ingin membuka sebuah artikel dengan garis waktu tertentu, mudah untuk mencarinya.

Biasanya, kliping dengan teknik pembuatan sistem exive ini cocok untuk kliping tugas, atau pengumpulan sebuah informasi mengenai sebuah peristiwa tertentu.

Cara Membuat Kliping

Cara-Membuat-Kliping

Nah, sekarang saatnya untuk membuat kliping. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum membuat sebuah kliping. Tahapan tersebut adalah:

1. Menentukan Tema Kliping yang Ingin Dibuat

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat kliping adalah menentukan tema kliping terlebih dahulu. Bidang apa yang ingin dibuatkan klipingnya. Misalnya kliping dengan tema sejarah, kewarganegaraan, resep makanan, lirik lagu, dan lain sebagainya.

2. Mengumpulkan Data Kliping

Kemudian adalah pengumpulan data. Dalam hal ini, dimulai dari mengumpulkan koran bekas, majalah lama, ataupun mengunduh materinya lewat internet. Khusus untuk pengunduhan lewat internet, sangat disarankan untuk mencetak artikelnya terlebih dahulu dan bukannya membuat kliping langsung tanpa dicetak. Ini untuk menjaga kerapian dan keindahan kliping itu sendiri.

3. Mempersiapkan Alat Pembuatan Kliping

Setelah data kliping telah selesai, maka tinggal mempersiapkan alat pembuatannya. Pembuatan kliping selalu menggunakan alat dan bahan yang sederhana. Bahkan cenderung mudah ditemukan di rumah. Yakni berupa gunting, lem, buku, hvs, atau pun kertas karton (tergantung selera pembuat kliping. Bisa juga menambahkan berbagai pernik lain untuk memperindahnya. Baik berupa biji-bijian atau pita.

4. Menggunting dan Menempel

Ini adalah langkah inti dari pembuatan kliping. Yakni menggunting bahan dan menempelnya ke atas tempat kliping (HVS atau karton). Susunlah secara sistematis agar mudah dalam pencarian dan pembuatan daftar isinya. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber di bawah tempelan, ya.

Dalam tahap ini, keluarkan kreativitas untuk membuat kreasi yang berbeda pada kliping. Pembuat kliping diperbolehkan untuk menghias klipingnya seindah mungkin, asal tidak mengganggu pembaca kliping dalam membaca artikel. Usahakan hiasannya tidak terlalu padat dan tetap indah untuk dilihat.

5. Membuat Cover dan Daftar Isi

Setelah proses gunting dan tempel selesai, langkah selanjutnya adalah membuat cover dan daftar isi dari kliping. Usahakan agar cover memiliki tema yang sama dengan isi kliping. Jika kliping yang dibuat membutuhkan kesimpulan dan saran, maka bisa juga dibuat kesimpulan dan sarannya.

6. Lakukan Penjilidan

Langkah terakhir adalah melakukan penjilidan pada kliping yang telah dibuat. Bisa dilakukan dengan menjilid menggunakan tulang buku, lakban, atau bahkan dijilid senyawa. Semua tergantung pada selera masing-masing pembuat kliping.

Contoh Kliping

Contoh-Kliping

Berikut beberapa contoh kliping dengan berbagai tema:

Contoh Kliping Tentang Seni Budaya

contoh kliping seni budaya

Banyak daerah di Indonesia yang mulai memanfaatkan kebudayaan lokal menjadi daya tarik wisata utama. Salah satunya Sumatera Utara dengan tari Sigale-gale nya yang telah mendunia. Sigale-gale adalah kebudayaan lokal masyarakat Samosir yang masih ada sampai sekarang.

Kebudayaan tradisional ini menjadi salah satu daya tarik wisata utama di Samosir, di samping Danau Toba yang indah dan menawan. Tari Sigale-gale sendiri adalah sebuah tarian tradisional yang dibawakan oleh sebuah boneka berbentuk manusia. Boneka ini dikendalikan untuk menari dengan diiringi oleh iringan musik tradisional masyarakat Samosir. Bahkan, boneka ini juga didandani dengan pakaian adat Samosir.

Menurut sejarahnya, Boneka Sigale-gale telah ada sejak ratusan tahun lalu. Boneka ini merupakan perwujudan dari anak salah seorang Raja yang telah meninggal. Boneka ini dibuat agar rasa sedih raja atas meninggalnya putra semata wayangnya itu.

Itu sebabnya boneka Sigale-gale memiliki rupa yang sangat mirip dengan manusia, karena pembuat boneka ini memang memaksudkan agar boneka ini menjadi pengganti putra raja tersebut. Tetapi kebenaran cerita ini hanya berupa legenda dan belum terkonfirmasi oleh sejarawan setempat.

Contoh Kliping Mengenai Olahraga

Contoh kliping olahraga

Siapa yang tidak mengenal sepak bola? Bisa dikatakan, permainan yang satu ini sangat populer di dunia. Bahkan termasuk ke dalam salah satu permainan olahraga yang paling populer di dunia. Sepak bola membutuhkan total 22 pemain dalam memainkan permainan ini.

22 pemain ini terdiri atas dua regu dimana satu regunya berjumlah 11 pemain. 20 pemain akan bermain dengan cara menyepak bola, dan dibagi atas 4 posisi: penyerang, sayap kanan, sayap kiri, dan bek. Sedangkan 2 orang sisanya bermain dengan cara menangkap bola yang sering disebut pula dengan kiper. Selain 22 pemain ini, juga ada beberapa pemain cadangan yang nantinya akan menggantikan pemain di lapangan yang cidera ataupun kelelahan.

Untuk memenangkan pertandingan, kedua tim harus bersaing dalam melakukan goal (memasukkan bola ke dalam gawang) sebanyak mungkin. Yang paling banyak adalah tim yang menang. Pertandingan ini biasa dilaksanakan dalam stadion atau lapangan berumput empuk. Rumputnya juga bisa rumput asli atau bahkan sintetis.

Permainan sepak bola memiliki induk organisasi secara internasional. Induk organisasi internasional dari permainan ini adalah FIFA. Sedangkan untuk skala nasional, lebih sering disebut dengan PSSI.

Contoh Kliping Mengenai Teknologi

contoh kliping teknologi

Apa bahasa yang wajib dipelajari di seluruh dunia agar manusia lintas negara bisa berkomunikasi dengan baik? Benar, bahasa Inggris. Jika ingin berkomunikasi dengan masyarakat global, bahasa Inggris menjadi modal utama.

Di zaman teknologi yang serba maju ini, belajar bahasa Inggris bisa menjadi semakin lebih mudah. Tidak masalah apabila rumah jauh dari tempat kursus. Tidak sulit untuk belajar bahasa Inggris secara online, teruma saat ada aplikasi belajar bahasa Inggris bernama Cake ini.

Cake adalah salah satu aplikasi kursus berbahasa inggris berbasis online. Dalam praktiknya, Cake lebih mengedepankan prinsip speaking dan melatih pengguna untuk terbiasa berlatih bahasa Inggris.

Selain itu, juga ada banyak materi yang disesuaikan dengan level kemahiran berbahasa Inggris. Dari mulai level pemula, menengah, mahir, sampai ke level native.

Di dalam aplikasi juga terdaoat video percakapan bahasa inggris yang diambil dari Youtube. Video ini berisi dialog dari cuplikan series atau pun film terkenal. Menggunakan aplikasi ini akan membuat pengguna semakin mahir bebahasa Inggris.

Contoh Kliping Mengenai Sejarah

contoh kliping sejarah

Danau Toba adalah salah satu danau yang paling terkenal di dunia. Danau ini menjadi primadona dan kunjungan favorit bagi Anda yang berlibur ke Sumatera Utara. Bahkan, pemerintah pusat menaruh perhatian lebih kepada danau indah di Samosir ini. Tercatat ada banyak aliran dana yang digunakan untuk kemajuan dan pembangunan destinasi wisata yang satu ini.

Danau Toba sangat luas dan dalam. Ukurannya kira 3000 km persegi dengan kedalaman 1600 meter persegi. Meskipun indah, ternyata dalam proses pembentukannya, danau ini memiliki sejarah yang cukup kelam.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa di dalam danau toba terdapat sebuah gunung super vulkanik yang sangat besar dengan jangkauan ledakan yang bisa mencapai ke seluruh penjuru dunia. Bahkan, banyak yang mengira bahwa danau toba sebenarnya adalah kawah dari puncak gunung super vulkanik itu sendiri.

Danau Toba dulunya bukanlah sebuah danau, melainkan sebuah gunung purba yang sangat besar. Ketika gunung ini meletus, kekuatan super masifnya keluar sampai mengubah iklim secara global. Para ahli percaya bahwa suhu dingin ekstrem yang terjadi jutaan tahun lalu disebabkan oleh meletusnya gunung Toba ini.

Bahkan, letusan ini dipercaya mempengaruhi genetika seperti sekarang dan membunuh hampir seluruh masyarakat yang ada di bumi. Konon, hanya 9000 orang dari seluruh dunia yang bisa bertahan dari letusan dahsyat ini. Setelah letusan gunung ini selesai, barulah tercipta sebuah danau kawah yang sangat besar dan dikenal sebagai Danau Toba.

Contoh Kliping Mengenai Ekonomi

conto

Berbicara mengenai sistem ekonomi, yang paling dikenal mungkin adalah sistem ekonomi kapitalis. Sistem ekonomi ini menjadikan pemilik usaha sebagai pengendali tunggal untuk industri dan semua peralatan produksinya. Hal ini dimaksudkan agar dapat mengambil keuntiingan lebih dalam pasar ekonomi itu sendiri.

Dalam hal ini, para pemilik modal berusaha sekerasnya agar dapat meraih keuntungan besar dalam menjalankan sebuah usaha. Pemilik modal juga bergerak secara independen, yang mana pemerintah tidak boleh mencampuri urusan ekonomi sama sekali.

Intinya adalah kapitalis berusaha mencari keuntungan besar dengan modal yang relatif kecil. Ciri khas yang paling tampak adalah sistem pergajian buruh yang sangat buruk dan menimbulkan banyak kesenjangan sosial di masyarakat.

Membuat kliping bisa dibilang sebuah hal mudah asalkan data yang dikumpulkan cukup lengkap. Kunci dari pembuatan kliping ini adalah memiliki sumber data yang lengkap. Caranya adalah dengan mengumpulkan banyak koran, artikel internet, dan banyak majalah dengan tema yang berkaitan.

Itulah beberapa pengertian kliping adalah: 5 contoh kreatif yang benar dan cara membuatnya. Jangan lupa untuk mengembangkan kreativitas dalam pembuatan kliping agar lebih indah, ya!


Baca Juga :

 

Sponsor :

Content Protection by DMCA.com