Kebudayaan Adalah

Posted on

VOI.Co.Id – Kata kebudayaan tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Namun apakah semua orang tahu pengertian kebudayaan yang sesungguhnya? Secara sederhana kebudayaan bisa diartikan sebagai kebiasaan yang berkaitan dengan adat istiadat.

Kebudayaan disetiap tempat berbeda-beda sesuai dengan kondisi lingkungan dan sosialnya. Untuk memperdalam pemahaman mengenai kebudayaan maka di sini akan diberikan semua informasi mengenai kebudayaan. Sangat penting untuk memahami mengenai kebudayaan.

Pengertian Kebudayaan Berdasarkan Bahasa

Kebudayaan-Adalah

Kata kebudayaan asalnya dari bahasa Sansekerta budhayah. Dalam Sansekerta budhayah berasal dari kata budhi yang mempunyai arti akal atau budi atau hal yang berhubungan dengan akal. Kata budhayah diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi budaya.

Budaya berasal dari dua kata yaitu budi dan daya. Budi bermakna rasa, karsa, dan cipta, sedangkan daya mempunyai arti hasil. Jadi dapat disimpulkan bahwa kebudayaan adalah hasil dari rasa, karsa, dan cipta.

Dalam bahasa Inggris kata budaya sama artinya dengan culture. Jika dalam bahasa Belanda budaya adalah cultuur. Asal-usul dari kata culture adalah colera yang berasal dari bahasa Latin. Makna dari kata ini adalah mengerjakan, menyuburkan, atau mengolah.

Culture juga bisa diartikan sebagai semua daya tindakan dan aktivitas manusia yang berhubungan dengan pengolahan alam dan tanah. Dalam KBBI juga terdapat kata kebudayaan yang mempunyai makna hasil penciptaan akal budi manusia.

Sedangkan jika dilihat dari sudut pandang antropologi kebudayaan bermakna sebagai semua pengetahuan yang dimiliki oleh makhluk sosial yang digunakan untuk pedoman dalam bertingkah laku.

Jadi dapat disimpulkan pengertian kebudayaan secara umum adalah hasil olahan tingkah laku manusia yang dijadikan sebagai pedoman hidup masyarakat. Kebudayaan juga bisa diartikan sebagai hasil dari cipta dan rasa dari manusia.

Pengertian Kebudayaan Menurut Ahli

Pengertian-Kebudayaan-Menurut-Ahli

Para ahli juga mengungkapkan pengertian mengenai kebudayaan. Berikut ini beberapa pengertian kebudayaan menurut ahli budaya dari dalam ataupun luar negeri:

1. Kebudayaan Menurut Taylor

Kebudayaan merupakan hal yang kompleks mencakup kepercayaan, pengetahuan, hukum, moral, kesenian, kebiasaan, dan adat istiadat yang dibuat oleh manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Taylor menyebutkan bahwa kebudayaan adalah hasil dari kehidupan bermasyarakat.

2. Kebudayaan Menurut Ki Hajar Dewantara

Bapak Pendidikan mengungkapkan bahwa kebudayaan adalah buah atau hasil dari budi manusia. Lebih lanjut dijelaskan bahwa kebudayaan adalah hasil dari perjuangan manusia terhadap pengaruh alam dan zaman.

Kebudayaan juga merupakan hasil atau bukti dari kejayaan proses hidup manusia dalam mengatasi rintangan dalam hidup. Bukti kejayaan ini adalah untuk mencapai kehidupan yang bahagia dan selamat baik lahir ataupun batin.

3. Kebudayaan Menurut Charles A Valentine

Valentine mengartikan kebudayaan sebagai pengalaman yang sudah dicapai oleh kelompok organisasi atau masyarakat. Pencapaian ini termasuk pencapaian prediksi, penilaian, tingkah laku, dan persepsi.

4. Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Kebudayaan merupakan keseluruhan yang ada di dalam menusia mulai dari kelakuan sampai dengan hasil yang didapatkan dalam proses belajar seumur hidup. Semua hal ini disusun untuk membentu suatu kehidupan bermasyarakat yang damai.

5. Kebudayaan Menurut Van Peursen

Ahli budaya Van Peursen mengartikan kebudayaan sebagai sebuah manifestasi dalam kehidupan seseorang ataupun masyarakat. Van Peursen memandang kebudayaan sebagai hal yang dinamis dan tidak bersifat statis atau kaku. Pernyataan ini bermakna bahwa kebudayaan akan berubah seiring berubahnya zaman.

6. Kebudayaan Menurut Soemardjan dan Soenardi

Secara sederhana Soemardjan dan Soenardi mengartikan kebudayaan sebagai hasil dari rasa, cipta, dan karya dalam masyarakat. Lebih lanjut dijelaskan bahwa hasil karya dalam masyarakat adalah teknologi atau yang disebut dengan kebudayaan jasmani atau kebdeaan.

Dalam kebudayaan menuntut manusia untuk menguasai teknologi untuk mengolah alam sekitar. Hasil pengolahan ini nantinya yang akan dijadikan sumber penghasilan manusia.

7. Kebudayaan Menurut Mundzirin Yusuf

Dalam bukunya Yusuf mengungkapkan bahwa kebudayaan yaitu seperangkat pengetahuan, moral, kepercayaan, kesenian, dan hukum yang dijadikan pedoman manusia. Kebudayaan dapat dijadikan pedoman hidup untuk memecahkan berbagai masalah yang muncul dalam kehidupan bermasyarakat.

8. Kebudayaan Menurut Effat Al Syarqawi

Ahli budaya dari Arab mengartikan bahwa kebudayaan adalah khazanah atau sejarah bangsa yang tercermin di dalam nilai-nilai. Nilai-nilai ini merupakan garis kehidupan yang mempunyai tujuan idel dan bermakna rohaniah. Kebudayaan terbebas dari ruang waktu.

9. Kebudayaan Menurut Edward Said

Kebudayaan merupakan perjuangan untuk melawan pelenyapan dan pemusnahan. Beliau mengartikan kebudayaan sebagai bentuk dari ingatan untuk melawan penghapusan memori.

10. Kebudayaan Menurut Harjoso

Pakar budaya ini menyebutkan bahwa kebudayaan dapat diartikan dalam hal yang luas. Menurutnya kebudayaan tersusun dengan rapi dan mempunyai aturan tersendiri. Selain itu, kebudayaan juga mempunyai sifat dinamis dan terdiri atas aspek psikologis dan sosial.

Lebih dalam lagi Harjoso mengungkapkan bahwa kebudayaan harus mempunyai nilai. Namun nilai dari kebudayaan ini bersifat relatif. Artinya setiap masyarakat mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda.

Fungi Adanya Kebudayaan

Fungi-Kebudayaan

Keberadaan kebudayaan atau budaya dalam kehidupan bermasyarakat tentunya mempunyai fungsi atau peranan yang penting. Adapun fungsi kebudayaan secara umum yaitu:

1. Pedoman Hidup Bermasyarakat

Dilihat dari pengertiannya, kebudayaan adalah hasil olahan cipta dan rasa masayarakat. Oleh karena itu kebudayaan mempunyai fungsi sebagai pedoman hidup dalam bermasyarakat. Pedoman hidup berupa keudayaan ini harus dijaga kelestariannya dan digunakan sebaik mungkin.

2. Wadah Penyatuan Rasa Masyarakat

Kebudayaan juga mempunyai fungsi sebagai wadah untuk menaytukan rasa masyarakat. Dalam hal ini kebudayaan dapat berwujud kebiasaan atau adat istiadat yang dikerjakan secara bersama-sama oleh semua anggota masyarakat.

3. Mendorong Terjadinya Perubahan Dalam Masyarakat

Adanya kebudayaan dalam masyarakat juga berfungsi sebagai dorongan agar terjadi perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan yang bersifat umum. Dengan adanya kebudayaan diharapkan masyarakat bisa berubah menjadi lebih baik.

4. Memenuhi Kebutuhan Dalam Masyarakat

Kebudayaan juga berfungsi sebagai pemenuhan kebutuhan dalam masyarakat. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan untuk berkumpul bersama atau lebih ke kebutuhan rohani.

5. Pembeda Manusia dan Hewan

Fungsi ini lebih menuju fungsi dari kebudayaan yang berupa adat istiadat atau kebiasaan. Adat istiadat inilah yang membedakan antara manusia dan hewan. Manusia mempunyai aturan atau adat istiadat sedangkan hewan hidup begitu saja tanpa aturan.

Wujud dari Kebudayaan

Wujud-Kebudayaan

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kebudayaan merupakan hasil dari karsa, rasa, dan cipta masyarakat maka kebudayaan juga mempunyai wujud. Wujud kebudayaan yang biasa ditemukan dalam kehidupan yaitu:

1. Ide

Wujud dari kebudayaan berupa ide ini memang tidak berupa benda melain sebuah pola pikir yang nantinya berwujud kebiasaan dan tertanam dalam masyarakat. Misalnya mitos dalam kebiasaan jawa.

2. Aktifitas

Aktifitas atau kebiasaan yang dilakukan secara rutin juga termasuk wujud dari kebudayaan. Misalnya saja membuang sampah di keranjang sampah, mandi dua kali sehari, dan sejenisnya.

3. Hasil dari Budaya atau Benda Budaya

Wujud lain dari kebudayaan adalah berupa benda. Misalnya saja pisau, dari zaman ke zaman wujud pisau selalu berubah disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Pola Perilaku dan Pola Pikir

Wujud dari kebudayaan ini merupakan hasil dari kebiasaan yang sudah turun temurun dilakukan dalam masyarakat. Tidak hanya berupa pola perilaku saja, wujud dari kebudayaan ini bisa berupa pola pikir. Bahkan nantinya pola perilaku dan pola pikir ini akan menghasilkan norma sosial dan norma hukum.

4. Teknologi

Merupakan wujud nyata dari sebuah kebudayaan. Ada banyak jenis teknologi yang bisa dimanfaatkan saat ini. Semua hal ini adalah wujud dari cipta dan karya yang dilakukan oleh masyarakat.

5. Seni

Wujud dari kebudayaan yang umum dikenal adalah seni. Kesenian merupakan hasil cipta dan karya masyarakat untuk menggambarkan perasaan pada saat itu. Hasil inilah yang dilakukan secara terus menerus sehingga disebut dengan kebudayaan.

Unsur yang Ada Dalam Sebuah Kebudayaan

Unsur-Kebudayaan

Banyak yang mengkaitkan kebudayaan dengan kesenian atau adat istiadat. Sebenarnya di dalam kebudayaan juga mempunyai unsur selain dari kesenian. Adapun unsur kebudayaan yang paling utama yaitu:

1. Ilmu Pengetahuan

Unsur yang pertama dalam kebudayaan adalah ilmu pengetahuan. Semua ilmu yag didapat dari kondisi alam ataupun peralatan yang digunakan merupakan unsur budaya.

2. Bahasa

Bahasa ini merupakan unsur kebudayaan yang menjadikan perantara utama manusia untuk menyebarluaskan kebudayaan. Ada dua jenis bahasa, yaitu bahasa yang berbentuk tulisan dan bahasa lisan.

3. Sistem Kemasyarakatan

Dalam kebudayaan mengandung unsur sistem kemasyarakatan yang sangat kuat. Sistem kemasyarakatan ini berupa kekerabatan,  sistem kenegaraan, kesatuan hidup, dan perkumpulan.

4. Teknologi atau Peralatan Hidup

Teknologi dalam unsur ini diartikan sebagai teknik yang dimiliki oleh anggota masyarakat. Teknik ini berupa cara berbuat dan bertindah, memproses bahan menjadi alat kerja, dan lain sebagainya.

5. Mata Pencaharian Hidup

Unsur dari kebudayaan ini berupa semua usaha yang dilakukan untuk mendapatkan kebutuhannya. Mata pencaharian dapat berupa bercocok tanam, berburu, beternak, dagang, dan sebagainya.

6. Religi

Religi erat kaitannya dengan keyakinan dan agama yang bersumber pada kitab suci. Unsur ini berkaitan dengan upacara keagamaan dan sistem kepercayaan dalam masyarakat.

7. Kesenian

Dalam kebudayaan unsur ini diartikan sebagai semua keinginan manusia kepada keindahan. Keindahan yang banyak ini dihasilkan akibat dari imajnasi kreatif dari dalam diri manusia. Kesenian ada tiga jenis yaitu seni suara, tari, dan rupa.

Ciri-Ciri Kebudayaan Secara Umum

Ciri-Ciri-Kebudayaan

Kebudayaan juga mempunyai ciri-ciri yang melakat dan tidak dapat dipisahkan. Suatu hal dikatakan sebagai kebudayaan jika memenuhi 4 ciri berikut ini:

1. Dapat Dipelajari dan Diwariskan

Ciri utama dari kebudayaan adalah dapat dipelajari oleh siapapun. Setiap masyarakat harus mempelajari kebudayaannya lalu diwariskan kepada generasi yang akan datang.

2. Hidup dan Berkembang Di Masyarakat

Kebudayaan juga harus tetap hidup dan terus berkembang dalam masyarakat. Ciri ini menunjukkan bahwa kebudayaan akan selalu ada dalam kehidupan bermasyarakat.

3. Bersifat Dinamis

Dinamis adalah sifat utama dari kebudayaan. Dinamis dapat diartikan bahwa kebudayaan bisa saja berubah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kebudayaan tidak saklek atau statis melainkan luwes dan bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

4. Bersifat Etnosentrik

Etnosentrik yang dimaksud adalah dapat dijadikan sebagai pedoman penilain terhadap budaya lainnya. Tidak dipungkiri bahwa setiap daerah mempunyai kebudayaan yang berbeda. Kebudayaan milik sendirilah yang harus dijadikan patokan dalam menilai kebudayaan luar.

Contoh Kebudayaan yang Ada Di Indonesia

Contoh-Kebudayaan

Sebagai bangsa yang besar dan terdiri dari berbagai suku bangsa, Indonesia mempunyai beragam kebudayaan. Berikut ini beberapa contoh kebudayaan yang masih ada dan dilestarikan di Indonesia:

1. Ruwatan dan Larung Sesaji

Ruwatan merupakan sebuah tradisi di Jawa yang dilakukan setiap satu tahun sekali pada bulan Suro. Tujuan utama dari tradisi ini adalah membuang sial yang ada di dalam masyarakat. Biasanya upacara ruwatan diakhiri dengan upacara larung sesaji di laut.

2. Ngaben

Upacara pembakaran mayat di Bali atau yang disebut dengan Ngaben adalah bentuk kebudayaan yang menggabungkan agama dan kepercayaan turun temurun. Warga Bali meyakini bahwa upacara ngaben ini dapat mensucikan orang yang sudah meninggal.

3. Wayang Kulit

Wayang kulit adalah salah satu contoh dari kebudayaan yang berupa kesenian. Pagelaran wayang kulit kerap kali diadakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Ada banyak unsur yang terkandung dalam wayang kulit ini. Tidak hanya sekedar kesenian saja tapi juga banyak nilai yang terkandung di dalamnya.

4. Tradisi Bakar Batu

Bakar batu merupakan tradisi dalam masyarakat Timur Indonesia. Tradisi ini merupakan wujud dari rasa syukur melimpahnya hasil dari panen masyarakat. Bakar batu ini juga  simbol perdamaian antar suku.

5. Aksara Jawa

Aksara Jawa merupakan contoh kebudayaan yang berwujud bahasa tulisan. Kebudayaan menulis aksara jawa semakin pudar karena tergerus zaman. Keindahan tulisan aksara jawa sebagai peninggalan nenek moyang harus tetap dijaga dan dilestarikan.

Kesimpulan

Pengertian kebudayaan merupakan sebuah hasil dari pengolahan rasa, karsa, dan cipta dalam masyarakat. Kebudayaan dapat berwujud bahasa, teknologi, pola pikir, dan lain sebagainya yang dijadikan sebagai pedoman hidup. Budaya tidak lepas dari kehidupan bermasyarakat dan menjadi pedoman dalam menjalani hidup.

Dengan memahami kebudayaan diharapkan rasa cinta terhadap budaya dan adat istiadat sendiri lebih tinggi. Budaya tidak akan terlepas dari kehidupan manusia.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com