Pengertian Internet

Posted on

VOI.Co.Id – Perubahan zaman yang semakin canggih telah menciptakan inovasi baru, salah satunya internet. Tak bisa dipungkiri, bahwa ada banyak sekali pengguna internet di seluruh dunia. Namun, tentu saja terdapat beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan internet.

Semakin hari, internet semakin berkembang dengan pesat. Pada dasarnya, penciptaan teknologi internet digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Namun, masih banyak orang yang menggunakan internet sebagai pemicu dalam melakukan perbuatan yang negatif.

Meskipun begitu, masih ada solusi yang bisa kita lakukan untuk mencegah dampak negatif dari penggunaan internet. Sangat penting bagi kita semua untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari penggunaan internet. Selain itu, kita juga harus tahu solusi agar tidak terjerumus dengan dampak negatif dari penggunaan internet.

Pengertian Internet

Pengertian-Internet

Pengertian internet sendiri merupakan bentuk perkembangan ilmu teknologi yang sudah ada sejak lama. Internet terus mengalami perkembangan semakin baik dan semakin canggih. Secara umum, pengertian internet ialah suatu jaringan yang terhubung dengan beberapa jaringan lainnya pada komputer. Ada berbagai tipe serta berbagai jenis komputer di dunia yang mampu dihubungkan satu sama lain. Misalnya dengan menggunakan tipe komunikasi, seperti satelit, dan telepon.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Pengertian-Internet-Menurut-Para-Ahli

Para ahli telah mengemukakan gagasannya mengenai pengertian internet. Untuk mengetahuinya lebih dalam, berikut ini terdapat beberapa pengertian internet menurut para ahli yang ditulis ulang, namun tidak mengurangi makna para ahli, diantaranya adalah,

1. Lani Sidharta

Lani Sidharta memberikan gagasan mengenai pengertian internet yaitu,

Sebuah interkoneksi yang berasal dari jaringan komputer, untuk mendapatkan pelayanan serta informasi secara utuh dan lengkap. Lani juga mengatakan bahwa pengertian internet merupakan virtual yang canggih, atau rekan maya untuk media politik, bisnis, serta hiburan semata.

2. Onno W. Purbo

Pengertian internet yang dikemukakan oleh Onno W. Purbo adalah,

Sebuah media yang ditujukan untuk digunakan sebagai proses berkomunikasi dengan menghubungkan beberapa aplikasi seperti email, web, dan VolP.

3. O’Brien

Pengertian internet menurut pernyataan O’Brien adalah,

Sebuah jaringan pada komputer yang sangat berkembang pesat serta bermanfaat untuk berbagai kepentingan, seperti kepentingan pendidikan, kepentingan bisnis, serta kepentingan pemerintahan yang membutuhkan jaringan satu sama lain.

4. Sarwono

Sarwono memberikan gagasannya mengenai pengertian internet yaitu:

Beberapa kumpulan jaringan yang mempunyai skala global, sehingga tidak ada satu orang pun yang menanggung tanggungjawab ketika internet tersebut dijalankan.

5. Sibero

Pengertian internet menurut pandangan Sibero adalah:

Sebuah jaringan yang ada pada komputer dan berfungsi untuk menghubungkan komputer lainnya secara global. Sehingga, internet seringkali disebut dengan nama jaringan alam, karena jaringan tersebut tersebar sangat luas.

6. Berners Lee

Pengertian internet menurut Berners Lee adalah:

Sebuah jaringan yang didalamnya memiliki beberapa jaringan lainnya. Hal tersebut dilakukan dengan cara kerja seperti jaringan komputer tertentu, yang mampu menghubungkan jaringan lainnya.

7. Ned Snell

Definisi yang dikemukakan oleh Ned Snell yaitu:

Sebuah koridor untuk seluruh sumber daya yang bisa diakses melalui berbagai macam piranti.

Manfaat Penggunaan Internet

Manfaat-Internet

Dalam penciptaan dan penggunaan internet tentu memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaat tersebut dapat dirasakan untuk memudahkan aktivitas yang dilakukan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat penggunaan internet, Berikut ini beberapa diantaranya adalah,

1. Meningkatkan Ilmu Pengetahuan Dan Wawasan

Dengan keberadaan internet, seseorang bisa melakukan kegiatan dengan mudah, terlebih untuk mengakses jaringan ilmu pengetahuan. Hal tersebut tentu saja akan meningkatkan wawasan yang kita miliki. Dalam penggunaan internet, terdapat banyak situs yang memberikan ilmu pengetahuan, seperti voi.co.id ini.

Contohnya, ketika seseorang ingin mencoba mempelajari bahasa asing, Ia bisa mendapatkannya dengan mudah melalui situs yang berbayar maupun gratis. Hal tersebut merupakan cara yang tepat, karena ada banyak referensi yang bisa ia pelajari.

Contoh lain, ketika terdapat seseorang yang ingin mempelajari cara bermain gitar secara otodidak, maka ia bisa mencarinya di internet. Ia bisa membuka situs YouTube dan mencari tutorial bermain gitar.

2. Mudah Mendapatkan Informasi

Manfaat penggunaan internet selanjutnya yaitu untuk mencari atau mendapatkan informasi mengenai berbagai hal dengan mudah. Manfaat yang satu ini juga telah dirasakan oleh banyak masyarakat di penjuru dunia. Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci pada internet, mengenai informasi yang ingin Anda ketahui, maka ada banyak situs internet yang memberikan informasi tersebut.

Contohnya, ketika terdapat seseorang yang ingin mencari referensi tempat wisata untuk berlibur, maka ia bisa mencari di internet dan mendapatkan informasi mengenai tempat wisata tersebut. Bukan hanya itu, informasi mengenai lowongan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat juga terdapat dalam internet.

3. Media Hiburan

Penggunaan internet juga bisa menjadi media hiburan, yang biasanya disukai oleh remaja milenial. Media hiburan yang biasanya digunakan oleh masyarakat, yaitu penggunaan media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, dan lain sebagainya. Karena, dalam sosial media tersebut biasanya terdapat berbagai konten yang bisa menghibur penggunanya.

4. Mudah Melakukan Komunikasi

Kehadiran internet bisa memudahkan seseorang untuk melakukan komunikasi. Bahkan, komunikasi tersebut bisa terjalin dengan jarak yang cukup jauh. Selain itu, dalam melakukan komunikasi kita tidak memerlukan biaya yang mahal, karena proses komunikasi sangat terjangkau dan murah.

Terdapat beberapa media internet yang digunakan untuk berkomunikasi, diantaranya seperti penggunaan media sosial, chattingan, pengiriman email, dan lain sebagainya.

5. Memudahkan Pemasaran Bisnis

Banyak para pengusaha, dan pelaku bisnis lainnya yang menggunakan jaringan internet sebagai media untuk memasarkan produk atau jasa. Hal tersebut dikarenakan ada banyak kelebihan dari cara melakukan internet marketing dibandingkan dengan pemasaran konvensional, berikut ini beberapa diantaranya,

  • Jaringan pemasaran sangat luas
  • Ada banyak orang yang dijangkau
  • Mampu mendapatkan target market yang tepat
  • Biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran, lebih murah
  • Meningkatkan brand lebih cepat

6. Memudahkan Seseorang Berbelanja

Perkembangan internet yang semakin canggih bisa memudahkan seseorang untuk berbelanja. Hal tersebut terbukti dari adanya konsumen online yang tumbuh sangat pesat di Indonesia. Manfaat dari berbelanja online bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat, baik konsumen maupun pengusaha itu sendiri.

Karena bagi konsumen belanja online merupakan cara yang cepat dan murah. Di sisi lain pengusaha, semakin mudah memasarkan produknya dengan bisnis e-commerce. Sehingga, proses perkembangan usaha yang dijalankan lebih cepat, mudah, dan murah.

Fungsi Penggunaan Internet

Fungsi-Internet

Kehadiran internet memberikan beberapa fungsi bagi para pengguna. Adapun beberapa fungsi penggunaan internet sangat berhubungan dengan manfaat penggunaan internet, berikut ini diantaranya,

1. Sebagai Media Dalam Akses Berita

Untuk mengakses berita dengan cepat dan mudah, kita bisa menggunakan internet dalam pencarian informasinya. Hal ini bisa dilakukan karena jaringan internet sangat luas, serta terdapat situs berita online yang mudah dijangkau. Semua media yang menyajikan berita, sangat bermanfaat bagi manusia untuk mendapatkan informasi dengan mudah.

2. Sebagai Media Berkomunikasi

Manfaat yang bisa dirasakan bagi para pengguna internet, yaitu memudahkan komunikasi dengan orang lain. Hal tersebut dikarenakan fungsi internet yaitu sebagai media berkomunikasi. Media berkomunikasi ini mencakup seluruh jaringan di sekitar belahan dunia.

Banyak orang menggunakan internet sebagai media berkomunikasi bersama teman, keluarga, sahabat, serta saudara. Adapun media berkomunikasi yang ada pada internet seperti email, WhatsApp, chatting, media sosial dan lain sebagainya.

3. Sebagai Media Untuk Bertukar Sumber Daya

Fungsi internet juga bisa ditemukan pada media untuk bertukar sumber daya. Dimana setiap orang berbagi data kepada orang lain yang berada di seluruh dunia. Adapun contoh sumber daya yang dibagikan dalam internet berupa karya tulisan, foto, makalah, jurnal, desain, video, dan lain sebagainya.

4. Sebagai Media Dalam Akses Informasi

Dengan adanya banyak situs media dalam internet, bisa memudahkan seseorang untuk memberikan dan mendapatkan informasi. Sehingga manusia tidak perlu membaca buku yang banyak untuk mendapatkan informasi yang dituju. Karena jaringan internet mampu memudahkan setiap orang untuk memberikan dan mendapatkan berbagai informasi.

Bahkan keberadaan buku saat ini telah digantikan oleh e-book (buku digital). Dimana manusia bisa membacanya kapanpun secara online dengan jaringan internet.

Dampak Positif Dan Dampak Negatif Menggunakan Internet

Dampak-Positif-dan-Negatif-Internet

Internet memiliki dampak positif dan negatif dari penggunaan internet. Dampak positif penggunaan internet bisa didapatkan sesuai dengan cara penggunaannya, begitupun sebaliknya. Adapun beberapa bentuk dampak positif dan negatif dari penggunaan internet seperti berikut:

Dampak Positif Penggunaan Internet

Berikut ini merupakan beberapa bentuk dampak positif penggunaan internet diantaranya adalah,

1. Memperluas Jaringan

Setiap penggunaan internet bisa memberikan dampak yang positif, salah satunya yaitu untuk memperluas jaringan. Hal tersebut karena jaringan internet menghubungkan jaringan lainnya ke seluruh dunia.

Dalam hal ini, dampak positif yang bisa dirasakan oleh pengguna internet yaitu untuk memperluas jaringan pertemanan, untuk memperluas jaringan pasar, dan lain sebagainya.

2. Mengasah Kreativitas Dan Inovasi Manusia

Dampak positif dari penggunaan internet untuk mengasah kreativitas serta inovasi manusia. Di mana dalam internet terdapat aplikasi yang penuh inovasi serta sangat bermanfaat. Sehingga membuat para pengguna internet semakin cerdas. Misalnya, inovasi pembuatan aplikasi untuk anak-anak belajar sambil bermain.

3. Pertumbuhan Ekonomi Semakin Cepat

Dengan adanya penggunaan internet yang memudahkan seseorang untuk melakukan bisnis dan berbelanja, bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi secara cepat. Hal tersebut karena banyak produk yang dijual secara luas dan meningkatkan bisnis ekonomi yang kompetitif.

Selain itu, dengan adanya jaringan internet untuk perkembangan ekonomi, bisa menciptakan para pengusaha baru untuk menjual produknya. Hal tersebut bisa mengurangi jumlah pengangguran di suatu negara.

4. Mempererat Hubungan Pertemanan

Hubungan pertemanan menjadi lebih erat merupakan dampak positif dari penggunaan internet. Dimana, ketika kita memiliki teman atau kerabat yang jauh bahkan hingga luar negeri, masih bisa berkomunikasi, dan bersilaturahmi melalui internet. Misalnya, dengan chattingan, video call, dan lain sebagainya.

5. Pengisi Waktu Luang

Internet bisa digunakan sebagai pengisi waktu luang yang positif. Bukan hanya sebagai media hiburan, melainkan sebagai media pendukung untuk mengasah dan mempelajari passion yang dimiliki. Misalnya, ketika kita memiliki hobi menulis, kita bisa mengutarakan ide kita dengan cara mengunggah tulisan ke dalam internet. Hal tersebut bukan hanya bermanfaat bagi diri kita, melainkan bagi orang lain.

Dampak Negatif Penggunaan Internet

Penggunaan internet bukan hanya memberikan dampak positif saja, melainkan terdapat beberapa dampak negatif yang bisa dirasakan. Berikut ini merupakan dampak negatif penggunaan internet, diantaranya adalah:

1. Kecanduan Internet

Penggunaan internet yang digunakan secara berlebihan bisa menyebabkan kecanduan bagi seorang. Hal tersebut bisa menimbulkan seseorang menjadi lebih malas dalam melakukan aktivitas, dan merusak kesehatan mata. Karena mata yang terus-menerus digunakan untuk melihat layar internet bisa menyebabkan kelelahan pada mata bahkan rasa sakit.

Selain itu, kecanduan internet bisa menghabiskan pemakaian waktu yang tidak produktif. Dimana masih banyak orang yang menggunakan internet untuk membuang-buang waktu, misalnya bermain media sosial sepanjang hari, atau bermain game online.

2. Meningkatkan Provokasi

Dampak negatif bagi pengguna internet, yaitu bisa menyebabkan provokasi antar golongan. Dimana banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memberikan informasi yang mengadu domba. Sehingga, para pengguna internet yang kekurangan informasi mudah terkena provokasi.

3. Terdapat Situs Pornografi

Dalam penggunaan internet, tidak terlepas dari situs-situs yang menayangkan perbuatan tidak senonoh. Salah satunya adalah pornografi yang berbentuk tulisan, gambar, video, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu akan menghancurkan moral dan etika anak bangsa yang melihatnya.

Terlebih, saat ini telah banyak anak-anak dan remaja yang bermain gadget atau menggunakan internet. Dengan adanya jaringan internet, dapat memudahkan pengguna internet untuk menonton, mengunduh, serta mengupload situs pornografi.

4. Informasi Palsu Yang Mudah Tersebar

Dalam menggunakan internet, tak jarang pula oknum-oknum jahil yang tidak bertanggungjawab menyebarkan berita atau informasi palsu. Hal tersebut merupakan dampak negatif dari penggunaan internet dalam menyampaikan informasi. Sehingga banyak orang yang sudah dirugikan, dan dibohongi akibat informasi palsu ini.

Berita atau informasi palsu, dikenal dengan sebutan HOAX. Biasanya HOAX memiliki tujuan tersendiri yaitu untuk menakut-nakuti orang/ sekelompok orang, membuat keresahan, mengadu domba, menjelekkan nama baik suatu pihak serta berbagai tujuan lainnya. Dimana berita palsu ini bisa tersebar keseluruh dunia.

5. Menimbulkan Kejahatan Penipuan

Bukan hanya menipu dari berita palsu. Penggunaan internet juga bisa menimbulkan dampak negatif kejahatan penipuan. Misalnya dalam kasus menang undian, dan lain sebagainya.

Dalam hal tersebut, masyarakat masih mudah terpengaruh dan tertipu dengan infomasi yang tidak benar. Sehingga para penipu bisa dengan mudah mendapatkan sasaran dalam menjalankan aksinya.

6. Tergerusnya Budaya Lokal

Tergerusnya budaya lokal bisa disebabkan karena penggunaan internet yang salah. Biasanya, budaya lokal tidak lagi diminati karena adanya arus globalisasi yang semakin cepat masuk lewat jaringan internet.

Misalnya, banyak anak muda yang gemar mengikuti hal-hal yang sedang trendy. Gaya hidup yang konsumtif, mengikuti kebudayaan barat, serta melupakan tata krama sopan santun.

7. Kasus Cyber Bullying

Saat ini, banyak kasus cyber bullying yang merupakan bentuk dari dampak negatif penggunaan internet. Bahkan, kasus tersebut bisa menimbulkan efek psikologis negatif bagi si korban. Mulai dari merasa stress, tidak nyaman, bahkan bunuh diri.

Semakin maraknya penggunaan internet pada sosial media, semakin mudah untuk melakukan cyber bullying kepada orang lain. Misalnya dengan berkomentar hal-hal yang menghina dan lain sebagainya.

Solusi Penggunaan Internet

Solusi-Penggunaan-Internet

Internet merupakan salah satu perkembangan teknologi yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia. Namun, seringkali penggunaan internet di salahgunakan, dan menimbulkan dampak negatif dari penggunaan internet itu sendiri. Sehingga diperlukan solusi yang tepat untuk menggunakan internet dengan bijak.

Pada umumnya, diri kita sendirilah yang bisa mengendalikan dan membatasi penggunaan internet untuk hal-hal yang baik. Semakin bijak menggunakan internet, maka akan semakin banyak dampak positif yang bisa kita rasakan. Begitupun sebaliknya, bila kita salah menggunakan teknologi internet, maka internet akan mendatangkan dampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain.

Meskipun begitu, ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan penggunaan internet. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyaring Informasi Terlebih Dahulu

Agar terhindar dari informasi palsu atau berita palsu, ada baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu mengenai kebenaran informasi tersebut. Jika kita pintar untuk menyaring informasi, maka kita tidak akan merugikan diri sendiri dan orang lain dengan menyebarkan berita bohong.

2. Membatasi Diri

Penggunaan internet bisa memberikan dampak positif bagi manusia. Namun, diperlukan batasan dalam menggunakan internet, sehingga kita tidak mudah terkena dampak negatif penggunaan internet tersebut. Cara yang tepat untuk membatasi diri dari kemajuan teknologi, yaitu dengan mengambil atau meniru hal yang baik, serta membuang dan tidak mengikuti hal yang buruk.

3. Kembali Pada Fungsi

Dalam menggunakan internet, kita harus ingat fungsi utama penciptaan internet itu sendiri. Bahwa internet hanyalah sebuah media yang membantu aktivitas kehidupan manusia, bukan sebagai pedoman hidup yang wajib dilakukan.

4. Memberi Pendamping Untuk Anak-anak

Anak-anak yang sudah mengerti cara menggunakan internet harus diberikan pendamping. Pendamping tersebut bisa berupa orang tua, kakak, atau guru. Sehingga dalam menggunakan internet, anak-anak tidak akan membuka situs yang membahayakan.

Selain diberikan pendamping untuk mengawasi kegiatan penggunaan internet anak, anak juga harus diberikan edukasi agar lebih paham dalam penggunaan internet.

5. Pintar Membagi Waktu

Solusi dalam mengatasi dampak negatif dari penggunaan internet yaitu dengan cara pintar membagi waktu. Sehingga waktu yang digunakan dalam menggunakan internet cukup produktif dan tidak terbuang sia-sia.

Internet memang memberikan berbagai dampak positif dari penggunaan internet. Namun, bila kita tidak bisa menggunakannya dengan baik, maka kita hanya akan mendapatkan dampak negatif dari penggunaan internet.

Itulah beberapa informasi mengenai penggunaan internet. Mulai dari pengertian internet, manfaat internet, fungsi internet, dampak positif dan negatif dari penggunaan internet. Selain itu, kita juga jadi lebih paham mengenai solusi dalam penggunaan internet agar bisa menggunakannya dengan baik dan benar.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com