Efektif dan Efisien Adalah

Posted on

VOI.Co.Id – Pernahkah kamu mendengar kata efektif dan efisien? Seringkali kita menganggap bahwa kedua kata tersebut memiliki arti yang sama. Lalu apa sebenarnya pengertian efektif dan efisien?

Perbedaan efektif dan efisien terletak pada penggunaan untuk mencapai sesuatu dengan maksimal. Efektif menggunakan biaya yang besar untuk mendapatkan waktu yang minimal, sedangkan efisien menggunakan sumber daya yang minimal. Namun, tujuannya tetap sama yaitu untuk mencapai hasil yang maksimal.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian efektif dan efisien, kita harus mempelajarinya dengan saksama. Berikut ini merupakan perbedaan efektif dan efisien, serta contoh dari efektif dan efisien

Pengertian Efektif

Pengertian efektif

Pengertian efektif secara umum adalah suatu usaha untuk mendapatkan tujuan dengan target atau hasil yang maksimal. Tujuan tersebut harus tercapai sesuai dengan ketepatan waktu yang sudah ditentukan, dan tak peduli seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan.

Efektif dapat dilihat ketika pekerjaan tersebut bisa berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan dan mendapatkan tujuan yang tepat. Karena kegiatan aktivitas yang sesuai proses efektif yaitu berhubungan dengan penjadwalan, perencanaan, serta mengambil keputusan. Waktu yang singkat atau yang telah ditetapkan juga sangat penting untuk diperhatikan, agar bisa mendapatkan pekerjaan yang efektif.

Pengertian Efektif Menurut Para Ahli

Pengertian efektif menurut para ahli

Terdapat beberapa para ahli ekonomi yang memberikan gagasannya mengenai pengertian efektif. Berikut ini merupakan pengertian efektif menurut para ahli di antaranya adalah:

  • Efektif merupakan suatu kemampuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan sesuai dengan keefektifitasan pekerjaan tersebut yang bisa memberikan hasil maksimal.
  • Efektif merupakan proses untuk mencapai tujuan yang maksimal sesuai dengan waktu yang sudah diharapkan.
  • Efektif merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang membandingkan antara output dengan input untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga ditemukan hasil kualitas dan kuantitas pada kerja tersebut, dengan batas waktu yang sudah direncanakan.
  • Efektif merupakan cara kerja seseorang untuk mencapai target atau hasil yang maksimal sesuai dengan waktu yang diinginkan.
  • Efektif merupakan suatu usaha untuk mendapatkan pencapaian, tujuan dan target dengan waktu sesingkat mungkin atau telah dibatasi, tanpa mempedulikan biaya yang harus dikeluarkan.

Pengertian Efesien

Pengertian efisien

Secara umum, pengertian efisien yaitu suatu usaha untuk mendapatkan tujuan yang maksimal, namun dengan meminimalkan sumber daya yang dikeluarkan. Sumber daya yang dimaksud pada pengertian efisien yaitu seperti uang, tenaga, dan waktu. Sehingga agar bisa mengerjakan pekerjaan secara efisien, setiap manusia harus bisa mengolah sumber daya yang digunakannya tersebut.

Pengertian Efisien Menurut Beberapa Ahli

Pengertian efisien menurut para ahli

Para ahli juga memberikan gagasan sendiri mengenai efisien. Berikut ini merupakan pengertian efisien menurut beberapa ahli di antaranya adalah

  • Efisien merupakan suatu usaha untuk mencapai tujuan yang maksimal dengan meminimalisir pengeluaran sumber daya.
  • Efisien merupakan penggunaan sumber daya seperti biaya, waktu, dan usaha atau tenaga, untuk mencapai tujuan dalam melakukan kegiatan.
  • Efisien merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu usaha dengan mengeluarkan sedikit uang, waktu, dan tenaga untuk mencapai hasil atau target yang maksimal
  • Efisien merupakan cara atau kemampuan untuk mendapatkan hasil dan tujuan yang maksimal, namun hanya menggunakan sumber daya yang sedikit. Sehingga tidak mengeluarkan biaya, tenaga, dan waktu yang terlalu banyak.
  • Efisien adalah suatu cara yang tepat untuk menghasilkan tujuan dengan maksimal sesuai dengan yang diinginkan atau yang dikehendaki.
  • Efisien merupakan suatu cara untuk mencapai atau tujuan dengan biaya dengan jumlah yang sama, Namun tujuan atau hasil yang maksimal.

Perbedaan Efektif Dan Efisien

Perbedaan efektif dan efisien

Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan antara cara yang efektif dengan cara yang efisien. Berikut ini merupakan perbedaan efektif dan efisien, di antaranya adalah:

  • Pengertian

Cara yang efektif dan efisien memiliki perbedaan pengertian seperti yang sudah dijelaskan diatas. Dimana pengertian efektif yaitu suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan sesuai dengan target. Sedangkan pengertian efisien yaitu suatu usaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai tujuannya.

  • Biaya

Efektif: tidak terlalu mementingkan biaya atau bebas mengeluarkan biaya sebesar apapun.

Efisien: sangat mementingkan biaya dengan meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan

  • Waktu

Efektif: sangat mengutamakan waktu yang cepat dan singkat sesuai dengan perencanaan untuk mencapai tujuan

Efisien: tidak terlalu mengutamakan lama atau durasi waktu pencapaian tujuan

  • Usaha

Efektif: bebas untuk mengeluarkan usaha sebesar apapun, dan berlaku sesuai dengan apa yang dikehendakinya.

Efisien: berusaha untuk meminimalisir usaha/ tenaga yang dikeluarkan, sehingga tidak memboroskan sumber daya dan energi yang digunakan

  • Penghematan

Efektif: tidak terlalu mementingkan kehematan, yang menjadi utama adalah tujuan yang dicapai dengan maksimal

Efisien: ingin melakukan pencapaian target dengan hasil maksimal tanpa memboroskan sumber daya yang dimiliki

Berdasarkan perbedaan yang sudah dijelaskan diatas maka bisa disimpulkan bahwa, cara yang efektif belum tentu merupakan cara yang efisien. Begitupun sebaliknya menggunakan cara yang efisien belum tentu melakukan cara yang efektif. Sehingga diperlukan cara yang tepat agar kedua hal tersebut bisa terlaksana untuk mencapai tujuan yang maksimal.

Contoh Penerapan Efektif dan Efisien

Contoh penerapan efektif dan efisien

Dalam kehidupan kita sering menemukan pekerjaan yang dilakukan secara efektif dan efisien. Berikut ini merupakan contoh sederhana dari pekerjaan efektif dan efisien.

  • Contoh 1

Safa merupakan seorang gadis yang tinggal di kota Jakarta. Suatu hari Ia ingin membeli kerajinan tangan kalung Jogjakarta. Safa bisa membeli kalung tersebut dengan cara yang efektif saja dan efisien saja.

Jika Safa ingin mendapatkan kalung tersebut dengan cara yang efektif, maka ia harus pergi ke Jogjakarta secara langsung. Meskipun harus mengeluarkan biaya yang sangat besar, namun tujuan Safa untuk mendapatkan kerajinan tangan kalung Jogjakarta asli terlaksana.

Jika Safa ingin membeli kalung tersebut dengan cara yang efisien, maka ia bisa membeli kalung tersebut di Jakarta. Karena Safa tidak perlu mengeluarkan sumber daya seperti biaya, waktu, dan tenaga, yang cukup besar. Namun, Safa hanya bisa mendapatkan jenis kalung yang sama seperti di Jogjakarta, namun tidak asli dari karya tangan masyarakat Yogyakarta.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka Safa harus memakai cara yang efektif dan efisien. Ia pun berpikir agar bisa melakukan kedua cara tersebut.

Pada akhirnya, Safa memilih untuk berbelanja online dengan memesan kalung hasil kerajinan tangan masyarakat Yogyakarta. Safa tidak perlu mengeluarkan biaya dan waktu yang besar, namun justru ia bisa mendapatkan kalung hasil kerajinan tangan masyarakat Yogyakarta yang asli.

  • Contoh 2

Nina merupakan seorang anak yang tinggal di Yogyakarta. Suatu hari Ia ingin pergi ke kampungnya di Palembang. Untuk menempuh tujuannya, Nina bisa melakukan pekerjaan dengan efektif saja, atau efisien saja. Bahkan Ia bisa melakukan cara keduanya, yaitu secara efektif dan efisien.

Bila Nina pergi menggunakan pesawat dengan waktu tempuh hanya sekitar 2 jam saja, namun membutuhkan biaya tiket sebesar Rp. 2.000.000. Maka, hal itu berarti Nina telah melakukan usaha untuk mencapai tujuannya dengan cara yang efektif, namun tidak efisien. Karena Nina harus mengeluarkan uang yang besar untuk mencapai tujuannya dalam waktu yang singkat.

Bila Nina pergi ke Palembang menggunakan bus ekonomi, ia hanya cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 200.000 walaupun waktu yang harus ditempuh sangat lama, yaitu sekitar 19 jam. Maka hal itu berarti Nina telah melakukan usaha untuk mencapai tujuannya secara efisien, namun tidak efektif. Karena waktu yang ditempuh untuk sampai ke Palembang sangat lama.

Dalam hal ini, maka Nina harus memikirkan usaha yang tepat agar bisa mencapai tujuan dengan cara yang efektif dan efisien. Sehingga ia harus bisa mendapatkan jalan untuk bisa sampai ke tujuan dengan waktu yang cepat, namun tidak mengeluarkan biaya yang mahal.

Karena Nina ingin menggunakan cara yang efektif dan efisien, maka pada akhirnya Nina memilih menggunakan kereta ekonomis untuk mencapai tujuan ke Palembang. Sehingga perjalanan yang harus ditempuh tidak terlalu lama dan biaya yang harus dikeluarkan tidak terlalu besar.

Untuk mencapai tujuan apa pun kita harus memilih cara yang efektif ataupun cara yang efisien. Jika kita ingin melakukan pekerjaan dengan cara yang efektif dan efisien maka kita Harus berpikir keras agar keduanya bisa terlaksana dengan baik.

Itulah pembahasan mengenai pengertian efektif dan efisien. Setelah mengetahui keduanya maka, jangan pernah menganggap bahwa efektif dan efisien merupakan hal yang sama. Karena terdapat perbedaan mengenai kedua hal tersebut yang telah dijelaskan dan diberi contoh seperti di atas.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com