11 Contoh Teks Cerita Fantasi

Salah satu jenis teks narasi yang paling banyak disukai adalah cerita fantasi atau sering juga disebut dengan cerita fiksi. Banyak orang menyukai cerita fantasi karena cerita ini memiliki banyak manfaat. Cerita fantasi bukan saja bisa membuat pembaca terlena dengan alur ceritanya, tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan daya kreativitas seseorang.

Cerita fantasi merupakan sebuah karya sastra (tulis) yang alur ceritanya buat secara normal namun mempunyau sifat imajnatif dan khayalanyang tinggi. Seorang penulis cerita jenis ini harus bisa membuat alur cerita yang menarik. Cerita fantasi memiliki sifat khayalan yang keluar dari logika dan alam nyata.

Untuk menciptakan sebuah cerita fantasi yang berkualitas, penulis cerita harus bisa membuat kerangka cerita yang menarik. Pengetahuan, pengalaman dan daya kreativitas penulis berpengaruh terhadap kualitas tulisannya. Untuk memahami cerita fantasi dengan seksama berikut adalah ulasan lengkap tentang pengertian, jenis, ciri, struktur dan contoh cerita fantasi.

Pengertian Cerita Fantasi

Menurut Nurgiyantoro cerita fantasi adalah sebuah cerita yang menampilkan tema, tokoh, alur dan latar belakang cerita yang tingkat kebenarannya sulit untuk dipercaya baik sebagian atau keseluruhan ceritanya.

  • Menurut Krismarsanti cerita fantasi adalah sebuah karangan yang berisi cerita atau kisah yang dibangun berdasarkan imajinasi atau karangan dari pembuat cerita.
  • Menurut Semi cerita fiksi adalah narasi jenis literer yang berisi cerita khayalan dan juga rekaan.

Dari berbagai pengertian yang diberikan oleh beberapa ahli di atas bisa disimpulkan bahwa cerita fantasi memiliki sifat yang tidak nyata. Isi cerita ini bersifat rekaan dari penulis yang tidak terjadi dalam dunia nyata. Agar  bisa memahami secara sempurna, mengetahui jenis-jenis cerita fantasi sangatlah penting.

Janis–Jenis Cerita Fantasi

Cerita fantasi memiliki sifat khayalan yang memiliki alur cerita yang menarik dan bisa membangkitkan daya imajinasi pembacanya. Ada banyak cerita fantasi baik cerita fiksi pendek maupun fiksi panjang. Cerita jenis ini dikelompokan menjadi dua bagian besar yaitu berdasarkan kesesuaian dengan waktu dunia nyata dan latar belakang ceritanya.

Berdasarkan  Latar Belakang Cerita

Agar lebih menarik,sebuah cerita biasanya memiliki latar belakang terjadinya peristiwa. Hal yang juga terjadi dalam cerita fantasi. Ditinjau dari latar belakang ceritanya, cerita jenis ini dibagi menjadi dua bagian besar yaitu cerita dengan waktu sezaman dan lintas waktu. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

  • Cerita Fantasi dengan latar lintas waktu – Cerita fantasi dapat berdasarkan latar belakang dua waktu yang berbeda. Ada cerita yang mengambil latar belakang waktu sekarang dan masa lalu, maupun masa kini dan masa depan.
  • Cerita fantasi dengan latar waktu yang sezaman – Dalam cerita jenis ini latar belakang waktu yang dipakai hanya satu waktu saja. Misalnya mengambil waktu masa lalu, masa kini atau masa depan saja.

Berdasarkan Kesesuaian dengan Dunia Nyata

Jika ditinjau dari kesesuaian dengan realitas, cerita fantasi dibagi menjadi dua yaitu fantasi irisan atau sebagian dan fantgasi keseluruhan atau total. Berikut adalah penjelasanya.

  • Cerita fantasi irisan – dalam cerita jenis ini, penulis masih menggunakan nama, tempat dan peristiwa nyata dalam ceritanya.
  • Cerita Fantasi total – Dalam fantasi total, penulis menceritakan suatu objek atau peristiwa yang murni dari hasil imajinasi yang tidak terjadi di dunia nyata.

Dengan adanya pembagian cerita berdasarkan jenisnya, pembaca bisa memilih cerita yang ingin dibaca dengan mudah. Setelah memahami jenis-jenis cerita fantasi, hal penting yang harus diketahui berikutnya adalah ciri-ciri cerita fantasi.

Ciri –Ciri Cerita Fantasi

Sebagai salah satu teks narasi cerita fantasi bisa diketahui dari ciri-cirinya. Cerita jenis ini memiliki beberapa ciri yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tema Cerita

Kebanyakan cerita fantasi mengusung tema cerita magic, futuristic, maupun supranatural. Tema cerita seperti ini sangat mudah untuk dikembanhkan dalam alur cerita fantasi yang keluar dari realita.

  • Latar belakang cerita

Alur cerita yang dibangun memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Runtutan peristiwa dalam cerita bisa terjadi di berbagai masa waktu seperti masa lampau, masa kini maupun masa depan. Jalan cerita bisa berlangsung dimanapun baik di bumi, di luar angkasa maupun di alam gaib sekalipun.

  • Tokoh dalam cerita

Berbeda dengan jenis cerita lainnya, tokoh yang berperan dalam cerita fantasi bersifat fiktif yang tidak ada dalam dunia nyata. Tokoh-tokoh tersebut biasanya memiliki karakter dan sifat yang unik yang terkadang tidak masuk nalar.

  • Ide cerita yang luas

Sebagai hasil kreasi dan imajinasi penulis cerita, ide cerita fantasi sangat beragam dan tak terbatas. Penulis cerita bisa mengembangkan ide dari mana saja tanpa ada aturan tertentu yang mengikatnya.

  • Cerita bersifat fiktif

Cerita  fantasi bersifat fiktif maksudnya bersifat tidak nyata atau rekaan belaka. Namun demikian penulis bisa menggunakan nama, tempat atau peristiwa nyata dalam alur cerita yang di bangun. Penggunaan hal –hal nyata tersebut bisa membuat alur cerita menjadi  lebih menarik.

  • Gaya bahasa

Dalam menulis sebuah cerita pemilihan penggunaan gaya bahasa sangatlah penting. Penggunaan gaya bahasa yang tepat sanggup menyampaikan maksud penulis dengan efektif. Berbeda dengan cerita jenis lain, penulisan cerita fantasi menggunakan gaya bahasa tertentu yang mempunyai cirri-ciri sebagai berikut:

  • Sering menggunakan kata dan kalimat yang menjelaskan penggunaan panca indra. Contoh: Bau wangi memenuhi kamar pengantin malam itu.
  • Menggunakan kata kata bermakna khusus atau kias untuk menjelaskan sesuatu. Contoh:  Bulan menjadi redup seperti malu menyaksikan mereka bertemu
  • Banyak menggunakan konjungsi atau kalimat sambung untuk menunjukkan rentetan waktu dalam suatu peristiwa seperti, lalu, setelah itu, kemudian dan lain lain. Contohnya: Setelah pintu terbuka tiba tiba ada kucing besar hitam nyelonong masuk dengan tiba-tiba.
  • Sering kali menggunakan dialog langsung dengan menggunakan kalimat kalimat percakapan secara langsung. Contoh:  Larilah sekencang –kencangnya sebelum naga itu datang mencarimu.
  • Sering menggunakan kalimat atau kata yang menunjukan keterkejutan. Contohnya: rumah ambruk bayangan tertimpa Sekonyong-konyong atap hitam.
  • Seringkali menggunakan kata ganti dan nama orang seperti dia kamu, santi dan seterusnya.

Sebagai teks narasi, penulis cerita fantasi harus bisa membangun sebuah cerita dengan rentetan peristiwa yang urut dan runtut. Rentetan peristiwa yang berurutan ini sangat penting agar pembaca bisa larut dalam alur cerita yang ada. Untuk membangun cerita yang runtut diperlukan sebuah struktur cerita.

Struktur Cerita Fantasi

Menulis teks cerita fantasi bukanlah pekerjaan mudah karena seorang penulis cerita ini harus menceritakan beberapa peristiwa. Peristiwa-peristiwa tersebut harus digabung menjadi sebuah kesatuan cerita utuh yang menarik. Sebuah cerita fantasi memiliki sebuah struktur cerita sebagai berikut:

  • Orientasi – bagian ini adalah bagian pengenalan kepada pembaca engang karakter tokoh, waktu dan nama tempat serta sedikit alur cerita yang akan dinikmati oleh para pembaca.
  • Konflik – dalam tahapan ini pembaca mulai diperkenalkan pada kompleksitas permasalahan dalam cerita. Eskalasi permasalahan dan konflik terus meningkat sebelum sampai pada puncaknya.
  • Resolusi – pada tahap ini segala permasalahan dan konflik bisa diatasi secara bertahap.  Tahapan resolusi sangat penting karena tahapan ini bisa menentukan arah akhir (ending) dari sebuah cerita.

Akhir cerita atau ending – Sebagai penutup cerita biasanya ending dibagi menjadi dua kategori yaitu ending yang menyenangkan atau happy ending atau ending yang menyedihkan atau sad ending.

Cerita fantasi beserta strukturnya merupakan satu kasatuan untuh yang membuat jalan cerita menjadi menarik. Cerita fiksi adalah cerita karangan atau rekaan pengarang tentang suatu tokoh dalam sebuah alur cerita. Berikut adalah beberapa contoh cerita fantasi singkat dan menarik.

Contoh Cerita Fantasi

Cerita fantasi adalah cerita yang mengajak para pembacanya berkelana dalam dunia imajinasi yang diciptakan oleh si pengarang cerita.  Dengan membaca cerita fiksi maka imajinasi pembaca terus berkembang mengikuti alur cerita yang ada.Imajinasi berpengaruh terhadap perkembangan otak manusia. Berikut adalah beberapa contoh teks cerita fantasi bahasa Indonesia singkat.

1. Kancil dan Buaya

Kancil adalah binatang yang sangat cerdik. Selain pandai mengolah kata kancil sanggup berlari dengan kencang.  Dipagi hari yang cerah Kancil berjalan –jalan di tepian sungai. Dari seberang sungai ia bisa melihat kebun mentimun dengan buah yang lebat sangat menggiurkan. Tapi kancil tidak bisa berenang sedangkan sungai itu penuh dengan buaya-buaya ganas.

Kancil yang cerdik mengatur siasat. Setelah diam sejenak lalu dengan tiba – tiba ia puny ide. Sambil berteriak isa memanggil buaya buaya itu: “Wahai kawanku para buaya, datanglah kesini aku punya berita menarik untukmu”. Seperti di komando buaya-buaya ganas itu mendekat dan berkumpul di tepian sungai. “Ada apa sahabat kecilku?”, kata salah satu buaya yang paling besar.

“Apakah kali ini kamu siap kami santap“ kata buaya yang lain menimpali. “ Bukan bukan begitu kawanku, walaupun kamu memangsa aku, kalian tidak akan kenyang karena tubuhku kecil sedangkan jumlah kalian banyak“ kata kancil. Tubuh kancil memang kecil dibandingkan buaya itu.

Selanjutnya kancil bercerita bahwa ia akan diundang raja untuk makan malam di istana. Kancil akan membawa pulang daging segar dari istana untuk para buaya. Tetapi kancil ingin tahu berapa jumlah buaya di sungai itu. “Agar daging yang nanti saya bawa mencukupi untuk kalian semua, aku harus menghitung ada berapa kalian semuanya“ kata kancil

Kancil meminta para buaya untuk berbaris dari tepi sungai yang satu ke tepi sungai yang lainnya. Sambil berhitung kancil melompat dari punggung buaya yang satu ke lainnya. Maka sampailah ia di seberang sungai. Setelah sampai di daratan kancil berlari menjauhi buaya. Tinggalah buaya buaya itu menggerutu karena sudah dikerjain kancil yang cerdik

2. Contoh Cerita Fantasi Dongeng Malin Kundang

Di sebuah desa yang asri hiduplah seorang pemuda yang tampan dan rajin. Pemuda tersebut bernama Malin Kundang. Ia hidup dengan ibunya yang sudah renta. Malin kundang sangat menyayangi ibunya. Untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka berdua, Malin kundang bekerja sebagai buruh panggul di pantai tempat banyak kapal dagang berlabuh.

Meski hidup mereka tergolong miskin Malin Kundang dan ibunya hidup bahagia. Setelah tumbuh menjadi pemuda dewasa yang cakap, Malin Kundang ingin merubah nasibnya. Ia meminta izin kepada ibunya untuk merantau mencari penghasilan yang lebih besar. Malin berpikir dengan bekerja merantau ia akan memiliki banyak uang untuk membahagiakan ibunya yang sudah semakin renta.

“Ibuku, aku ingin merantau dan bekerja di kapal“ kata malin kundang meminta izin kepada ibunya. Pada awalnya ibu Malin tidak mengijinkannya. Karena niat Malin begitu besar akhirnya ibu malin mengijinkannya. Maka bekerjalah malin pada salah satu kapal besar besar yang berlabuh dari satu dermaga ke dermaga lainnya.

Karena ketampanan dan keuletannya bekerja, pemilik kapal akhirnya menikahkan putrinya dengan Malin kundang. Singkat cerita kapal Malin Kundang akhirnya berlabuh di pantai dekat kampung asalnya. Orang-orang di pelabuhan mengenali Malin Kundang dan menyampaikan berita Kedatangannya kepada ibu malin yang sudah tua dan sakit-sakitan.

Mengetahui ibunya datang dengan pakaian seadanya, Malin Kundang merasa malu kepada istri dan mertuanya. Malin menghardik ibunya. “Wahai ibu tua siapa kamu ini, aku tidak kenal kamu dan aku bukan anakmu“. Tidak diakui sebagai orang tua, ibu Malin merasa malu dan terhina. Ia merasa sakit hati karena sudah susah payah membesarkan Malin tetapi tidak diakui  dan malah diusir.

Dengan rasa sedih yang mendalam, ibu Malin kundang berkata “Wahai Malin Kandang, kamu adalah anak yang durhaka“. Dengan rasa malu dan sakit hati, Ibu malin kundang berujar “Karena kamu telah durhaka kepada ibumu sendiri aku kutuk kamu menjadi batu“. Tanpa disangka-sangka Malin Kundang dan kapalnya berubah menjadi batu.

3. Kancil dan Keong Sawah

cerita fantasi

Kancil adalah hewan yang sangat cerdik dan usil. Karena kecerdikannya Kancil sanggup mengalahkan berbagai jenis hewan yang ukuran badannya jauh lebih besar seperti Gajah, Singa dan lain lain. Suatu hari, Kancil berjalan-jalan di pematang sawah. Ia melihat seekor Keong sawah yang berjalan sangat lambat. Kancil  menyapa Keong sawah itu “Selamat sore keong kecil, lagi ngapain kamu? “

“Hai kancil, selamat sore, ini Cil aku lagi mencari lumut sawah“ kata Keong. Mengetahui si Keong yang berjalan sangat lambat, muncul sifat usil dan rasa sombong sang kancil. Ia menantang keong untuk beradu lari. Kancil merasa yakin bisa mengalahkan Keong sawah.

Singkat cerita adu lari antara kancil dan Keong Sawah dimulai. Setelah aba-aba diberikan kancil berlari sekencang kencangnya. Sambil berlari ia memanggil Keong: “Keong kamu dimana, aku tak bisa melihatmu? “ Kata kancil. “Aku sudah disini Cil. “ Kata Keong berada di depan kancil begitu seterusnya. Ternyata Keong disawah itu banyak sekali dan mereka telah bekerja sama.

Sekencang apapun kancil lari, keong di depan kancil menjawabnya. Sekencang apapun Kancil lari ia tidak bisa menang karena setiap kali bertanya dimana Keong berada, keong yang berada di depan kancil yang menjawabnya. Kesombongan kancil akhirnya di kalahkan oleh Keong sawah yang bersatu untuk mengalahkan kancil.

4. Rani Dan Jagung Ajaib

Di sebuah desa terpencil hiduplah seorang anak perempuan bernama Rani. Ia hidup rukun dengan saudara kembarnya yang bernama Rina. Karena ayahnya sudah meninggal Rani dan Rina diasuh oleh ibunya. Meski hidup penuh kekurangan Rani dan Rina hidup berbahagia dengan Ibunya. Rani dan Rina tidak sekolah karena ibunya tidak sanggup lagi membiayai meeka sekaolah.

Pada suatu sore anak kembar tersebut bermain di ladang. Tiba tiba mereka mendengar suara seseorang meminta pertolongan. Setelah di cari cari suara tersebut berasal dari sumur tua yang sudah tidak terpakai. Ada seorang kakek tua yang tercebur kedalam sumur. Rani dan Rina bersusah paying membantu kakek tersebut untuk keluar dari sumur.

Setelah berhasil dikeluarkan dari sumur, sang kakek memberikan 3 butir jagung kepada Rani dan Rina. Lemparkan jagung ini dan segala permintaanmu akan terwujud kata kakek misterius itu sambil pergi. Singkat cerita, Rani dan Rina pulang dan melaksanakan perintah kakek misterius tadi. Rani melempar jagung dan meminta rumah mewah, makanan dan uang.

Tiba-tiba apa yang diucapkan Rani dan Rina menjadi kenyataan. Kini mereka memiliki rumah yang megah, uang dan emas yang berlimpah. Rani, Rina dan ibunya bisa hidup berbahagia. Rani dan rina ahlinya bisa bersekolah lagi. Meski mereka menjadi kaya dan berkecukupan mereka tetap rendah hati dan selalu membantu siapa saja yang kekurangan.

5. Ayu dan Kelinci Ajaib

Ayu adalah seorang gadis cantik yang tinggal di sebuah desa yang terpencil. Bukan saja cantik Ayu juga memiliki sifat terpuji. Ia jujur, rajin dan suka menolong. Penduduk desa sangat menyukai Ayu. Karena bapak dan ibunya sudah meninggal Ayu tinggal di rumah sederhana dengan ibu dan saudara tirinya.  Ayu selalu bekerja keras, sedang ibu dan saudara tirinya selalu bermalas-malasan.

Ayulah yang mengerjakan semua pekerjaan rumah seperti menyapu, mencuci piring sampai ke ladang untuk memetik sayur dan buah buahan. Semua kegiatan itu dilakukan dengan senang hati karena pada dasarnya ia adalah anak yang rajin.  Ibu dan saudara tirinya iri dengan kecantikan Ayu. Sedikit saja Ayu melakukan kesalahan, mereka memarahi Ayu habis-habisan.

Pada suatu pagi ayu ke ladang untuk memetik sayur-sayuran. Karena jalannya yang licin, ayu terpeleset dan jatuh ke sungai. Setelah tersangkut pada batang kayu besar Ayu bisa keluar dari sungai meski wajahnya penuh dengan luka. Sesampainya dirumah, ibu tiri dan saudaranya bukannya membantu mengobati luka di wajah ayu, tetapi malah memarahinya.

Luka di tubuh ayu semakin parah dan wajahnya menjadi rusak. Karena malu diejek saudara dan ibu tirinya, ayu memutuskan untuk hidup sendirian. Ditemani kelinci kesayangan, ayu hidup di gubuk di tengah ladang. Pada suatu pagi tiba tiba kelinci kesayangan rani berubah menjadi bidadari. Bidadari itu memberikan buah semangka kepada ayu.

“Ayu anakku yang baik hati, pecahlah buah semangka itu dan makanlah bijinya“ kata bidadari itu. Ayu menuruti perintah bidadari itu dan memakan biji semangka. Dengan ajaib, tiba-tiba semua luka di wajah dan tubuh Ayu sembuh dengan seketika. Wajah ayu kini menjadi lebih cantik dari sebelumnya.

6. Citra dan Kotak Ajaib

Citra adalah anak tunggal yang baik hati, jujur dan cerdas dan suka menolong. Ia tinggal di sebuah desa kecil dengan kedua orang tuanya. Kedua orang tua Citra bekerja di kota sehingga ia sering tinggal di rumah sendirian. Sebagai anak yang pemberani ia tidak pernah mengeluh meski di rumah sendirian. Ia tetapi rajin belajar dan selalu membersihkan rumah sesuai dengan pesan ibunya.

Pada suatu sore Citra membersihkan gudang yang ada di rumahnya. Disana ia menemukan kotak kecil yang bisa mengeluarkan suara aneh. Citra membuka kotak misterius itu. Tiba tiba keluarlah sosok peri cantik dari dalam kotak. Peri tersebut bercerita bahwa keluarganya disandera oleh raja yang jahat. “Citra yang baik hati, bantulah aku membebaskan keluargaku“ kata peri itu.

Citra menyanggupi untuk membantu Peri malang itu. Peri memberikan tongkat ajaibnya kepada Citra. Dengan tongkat ajaib, sang peri Citra menjadi kuat dan sanggup mengalahkan raja jahat dan membebaskan keluarga Peri. Sang Peri kembali hidup bahagia dengan keluarganya. Citra akhirnya kembali dalam dunia nyata dan memiliki tongKat ajaib sebagai hadiah dari peri yang telah ditolongnya.

7. Carlos, Antony dan Sekolah Sihir

Carlos dan Antony adalah kakak beradik yang mempunyai sifat dan karakter yang berbeda. Carlos sebagai kakak, mempunyai sifat keras kepala dan sombong. Sementara adiknya Antony adalah anak yang rendah hati, rajin dan suka menolong. Mereka berdua bersekolah di sekolah sihir paling berpengaruh di seluruh negeri.

Selain sombong sebenarnya Carlos adalah anak yang cerdas. Ia bisa menguasai segala ilmu sihir hanya dengan melihatnya. Carlos ingin memamerkan ilmu sihirnya di depan teman teman sekelasnya. “Teman teman aku akan rumah semua benda di kelas ini menjadi monyet“ kata Carlos di depan kelas. “Jangan lakukan kak, jangan gunakan sihir sembarangan“ kara adiknya mengingatkan.

Carlos tidak menggubris peringatan adiknya. Ia mengubah semua benda di kelas menjadi monyet. Sekarang tinggal sebuah kaca yang belum di rumahnya. Ketika ia berusaha merubah kaca menjadi monyet, sihirnya berbalik arah. Sekarang ialah yang berubah menjadi monyet. Ia sangat ketakutan dan bingung karena tidak bisa membatalkan sihirnya

Tiba-tiba pintu kelas terbuka dan munculah Mr. Hazardous sang kepala sekolah sihir. Ia menyihir monyet monyet itu menjadi benda sebelumnya, termasuk Carlos. “Anak-anak meski kalian mempunyai ilmu sihir tingkat tinggi, kalian tidak boleh sombong dan menggunakan ilmu kalian dengan sembrono“ kata Mr. Hazardous sang kepala sekolah sihir.

8. Monster Ganas dan Tiga Kucing Cerdik

Di sebuah hutan yang lebat, hiduplah tiga ekor kucing lucu dan cerdik. Mereka adalah tiga kucing bersaudara yang bernama Sulung, Tengah dan Bungsu. Mereka hidup rukun dan saling tolong menolong. Mereka bekerja sama setiap saat termasuk ketika sedang berburu Tupai untuk di makan. Tupai adalah makanan kesukanan mereka tetapi memburu tupai bukan pekerjaan mudah.

Ketika sedang berburu si bungsu jatuh ke jurang. Sulung dan Tengah bergotong royong menyelamatkan Bungsu yang malang. Bungsu bisa ditolong tetapi dia dalam keadaan terluka. Mereka harus segera pulang untuk mengobati Bungsu. Jalan pulang terdekat harus menyeberangi sungai yang dijaga monster ganas.

Tiga bersaudara tersebut berunding agar bisa menyeberangi sungai dengan selamat. Akhirnya diputuskan Bungsu harus menyebrang terlebih dahulu. “Monster saya permisi mau lewat, jangan mangsa aku karena dibelakangku akan ada kijang besar yang dagingnya lebih lezat“ kata bungsu. “Ok lewat lah“ kata monster

Tengah dan Sulung melakukan hal yang sama. Akhinya mereka bisa menyeberang sungai dengan selamat tinggal Monster bodoh yang kena tipu. Setelah Sulung lewat sudah tidak ada siapa siapa lagi yang lewat di belakangnya. Dalam menjalani hidup kita harus bisa rukun dengan saudara dan dengan siapa saja. Dengan hidup rukun segala kesulitan bisa dihadapi dengan mudah.

9. Bandung Bondowoso Dan Roro Jonggrang

Pada zaman dahulu di Pulau ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja yang arif dan bijak sana. Raja tersebut hidup dengan seorang putrinya yang sangat cantik jelita. Dia adalah Roro Jonggrang. Kecantikan Roro Jonggrang terkenal di seluruh pelosok negeri termasuk sampai di telinga seorang pemuda yang sakti mandraguna bernama Bandung Bondowoso.

Bandung Bondowoso berniat untuk melamar Roro Jonggrang untuk dijadikan istrinya. Raja tahu bahwa Bandung adalah pemuda sakti yang tidak bisa dikalahkan. Raja merasa ketakutan dan mempersilahkan Bandung memperistri putrinya bila Roro mau dinikahi.

Roro Jonggrang tidak mencintai Bandung Bondowoso, sehingga ia meminta syarat. “Bandung Bondowoso, aku siap menjadi istrimu asalkan kau sanggup membuatkan aku 1000 candi dalam semalam“ kata Roro kapada bandung. Singkat cerita Bandung Bondowoso menyanggupi permintaan tersebut dan mulai membangung candi.

Dengan dibantu jin dan hantu, pekerjaan pembuatan candi berlangsung sangat cepat. Mengetahui hal ini Roro Jonggrang merasa cemas. Maka ia memerintahkan dayang-dayang istana untuk memukul kentongan agar ayam jago mau berkokok. Mengetahui ayam jago sudah berkokok, Bandung menghentikan pekerjaan pembuatan candi karena dikira sudah pagi.

Setelah menyadari dirinya telah ditipu, bandung Bondowoso marah besar. Dalam kemarahannya ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca untuk melengkapi candi yang belum selesai dibuatnya. Menurut cerita arca tersebut masih ada di candi prambanan sampai sekarang. Pesan moral yang bisa dipetik adalah kita harus selalu berlaku adil dan jujur.

10. Panji Asmoro Bangun dan Kleting Kuning

Pada zaman dahulu di daerah Jawa timur hiduplah seorang pemuda tampan yang bernama Panji Asmoro Bangun. Ia hidup dengan ibunya yang bernama Mbok Rondo Dadapan. Ketampanan Panji Asmoro bangun sampai telinga putrid-putri raja yang bernama Pleting Merah, Plating Ijo dan si Bungsu Klenting Kuning.

Putri raja ingin melamar Panji Asmoro Bangun. Untuk sampai di desa Dadapan. Mereka harus menyeberangi sungai yang dijaga oleh Yuyu (Kepiting) raksasa yang disebut Yuyu Kangkang. Untuk menyeberangi sungai putrid putrid tersebut harus naik ke punggung Yuyu Kangkang dan rela dicium oleh kepiting raksasa tersebut.

Pleting Merah dan Kleting Ijo yang berpenampilan cantik sudah diseberangkan oleh Yuyu Kangkang. Si Bungsu Kleting Kuning tidak mau dicium oleh Yuyu Kangkang. Akhirnya ia melumuri mukanya dengan arang hitam sehingga selamat dari Yuyu Kangkang yang kurang ajar. Yuyu Kangkang merasa jijik dengan muka hitam Klenting Kuning.

Ketiga putri keraton tersebut akhirnya tiba desa Dadapan dan diterima oleh Mbok Rondo Dadapan. Setelah mengetahui maksud kedatangan ketiganya, akhirnya Mbok Rondo meminta anaknya untuk memilih 3 putri Keraton tersebut. Akhirnya Panji Asmoro memilih klenting kuning yang berpenampilan tidak menarik. Panji tahu kalau Klenting Kuning tidak dicium oleh Yuyu Kangkang.

11. Raja Hutan dan Pemuda Baik Hati

Pada zaman dahulu ada seorang pemuda miskin yang hidup di tepi hutan. Pekerjaannya adalah mencari kayu bakar untuk dijual di kota. Ketika berada di hutan, ia melihat seekor harimau yang terluka. Di punggung harimau tersebut tertancap duri besar yang menyakitkan. “Tenang Raja Hutan aku tidak akan menyakitimu, aku akan melepaskan duri di punggung kamu“ kata pemuda itu.

Setelah duri dilepas harimau itu pergi. Beberapa tahun kemudian sang pemuda tidak sengaja menabrak kereta Raja dengan kayu bakarnya. Raja sangat marah dan menghukum pemuda tersebut dengan hukuman mati dengan cara dimasukan kandang singa. Ketika waktu kukuman tiba pemuda itu ketakutan mengetahui dirinya akan dimakan singa.

Tetapi apa yang terjadi, singa itu tidak mau memangsanya. Kenapa kamu tidak memangsa aku wahai singa kata pemuda itu. Bagaimana aku akan memangsamu sebab engkaulah pemuda yang menolongku dulu. Singa itu akhirnya meminta raja untuk membebaskan pemuda itu. Bukan saja dibebaskan pemuda itu akhirnya diberi hadiah karena telah menolong binatang kesayangan raja.

Kesimpulan

Menulis sebuah cerita bukanlah pekerjaan mudah. Penulis cerita harus bisa menciptakan tokoh dalam cerita, membangun alur cerita yang menarik dan lain sebagainya.Sebuah cerita yang baik bukan saja bisa membuat pembaca terlena dengan alur cerita yang berjalan tetapi juga harus memberi manfaat kepada pembacanya.

Manfaat membaca sebuah cerita sangat beragam. Selain sebagai hiburan, membaca sebuah cerita memungkinkan pembaca untuk menikmati imajinasi dan kreativitas penulisnya. Pada cerita fantasi pembaca diajak untuk berimajinasi dalam ruang dan waktu yang tidak terbatas. Banyak ahli berpendapat bahwa cerita jenis ini bisa meningkatkan daya kreativitas pembacanya.

Cerita adalah karya teks narasi yang sanggup membawa pembacanya berimajinasi mengembara melintas batas tempat dan waktu.

 

Lihat Juga :

  1. Contoh Notulen Rapat
  2. Cara Penulisan Gelar Akademik
  3. Pasar Oligopoli Adalah
  4.  Contoh Makalah
  5.  Visi dan Misi Adalah
Artikel Pilihan