Contoh Surat Resign

Posted on

VOI.Co.Id –  Resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan adalah hal yang biasa. Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri juga bahwasanya ini adalah suatu hal yang cukup sensitif. Oleh sebab itu, pengunduran diri harus dilakukan dengan cara yang tepat, dan salah satunya ialah dengan memanfaatkan surat resign. Namun, sebelum mulai membuat surat tersebut, sebaiknya simak dulu contoh surat resign (pengunduran diri kerja) supaya keputusan untuk berhenti ini bisa diterima dengan baik oleh perusahaan.

Selain itu, surat resign yang disusun dengan benar akan membantu menghindarkan karyawan yang bersangkutan dari masalah yang mungkin saja timbul dengan perusahaan. Berikut ini akan disampaikan sejumlah contoh surat resign lengkap dengan berbagai hal yang masih ada kaitannya dengan masalah pengunduran diri, antara lain.

Pengertian Surat Resign (Pengunduran Diri Kerja)

pengertian-surat-resign

Sesuai dengan pemahaman umum, surat resign atau surat pengunduran diri merupakan surat pernyataan yang ditulis oleh para karyawan, pegawai atau pekerja yang ingin mengundurkan diri dari pekerjaan atau jabatannya, di mana surat ini ditujukan kepada atasan atau pimpinan. Oleh karena itu, surat resign ini harus memuat sejumlah komponen yang secara umum terdiri atas tujuan surat, identitas singkat pengirim berikut dengan alasan mengundurkan diri.

Fungsi Surat Resign (Pengunduran Diri Kerja)

fungsi-surat-resign

Surat resign atau surat pengunduran diri mempunyai fungsi yang sangat penting, di antaranya ialah sebagai berikut.

  1. Sebagai Sarana untuk Menyampaikan Alasan

Tentunya ada banyak alasan seseorang ingin keluar dari pekerjaannya. Surat resign atau pengunduran diri bisa menjadi sarana yang tepat untuk menyampaikan alasan tersebut. Pastinya, alasan ini harus logis, masuk akal dan juga tidak menyinggung pihak perusahaan, walaupun alasan tersebut sebenarnya berkaitan dengan kebijakan perusahaan yang sudah tidak sesuai dengan harapan.

  1. Membuat Perusahaan Menjadi Lebih Mudah Mencari Pengganti

Perusahaan atau bahkan instansi selalu memerlukan orang yang tepat untuk mengisi suatu posisi. Dengan adanya surat resign, maka pimpinan bisa tahu posisi apa saja yang saat ini tengah kosong di perusahaannya. Secara otomatis, surat tersebut juga bisa membantu mempermudah perusahaan untuk mencari pengganti yang tepat untuk posisi tersebut.

  1. Membuat Perusahaan Mempunyai Waktu yang Cukup untuk Mencari Pengganti

Masih berkaitan dengan fungsi sebelumnya, surat resign sejatinya juga membuat perusahaan mempunyai waktu untuk mencari pengganti. Oleh sebab itu, surat resign ini umumnya diserahkan pada pimpinan sebelum karyawan yang bersangkutan mulai berhenti bekerja. Bahkan pada posisi tertentu, surat resign harus diserahkan sekitar satu bulan sebelum hari berhenti bekerja tiba.

  1. Sebagai Bukti Pribadi yang Profesioal

Fungsi surat resign yang lainnya ialah sebagai bukti bahwa karyawan yang berhenti tersebut adalah pribadi yang profesional dan mempunyai tata krama. Dengan demikian, karyawan tersebut juga tidak akan diberikan citra buruk oleh perusahaan mengingat perusahaan pasti akan menghargai setiap karyawannya yang mengundurkan diri dengan cara terhormat.Bahkan dengan adanya surat ini pula, terkadang perusahaan menjadi lebih mudah mengabulkan permohonan pengunduran dirinya.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Resign (Pengunduran Diri Kerja)

membuat-surat-resign

Sebelumnya harus dipahami dulu bahwa surat resign atau surat pengunduran diri ini adalah surat resmi. Maka dari itu, pembuatannya pun harus dilakukan dengan hati-hati. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang yang ingin membuat surat resign atau surat pengunduran diri, yakni sebagai berikut.

  • Formatnya harus sesuai dan harus memuat tempat serta tanggal dibuatnya surat, alamat yang dituju, isi, tanda tangan dan bila perlu juga disertai dengan materai
  • Surat harus ditulis dengan bahasa yang sopan dan ringan tetapi mampu menyampaikan maksud dengan baik
  • Tidak dibuat dengan bertele-tele dan jangan menggunakan kalimat yang bisa menyinggung perasaan atasan
  • Surat memuat ucapan terima kasih kepada pihak perusahaan karena sudah memberikan kesempatan bekerja
  • Tidak menuliskan hal-hal buruk mengenai perusahaan walaupun hal-hal buruk tersebut adalah fakta
  • Menyebutkan waktu atau tanggal dimulainya resign dari perusahaan, dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tanggal keluar dari perusahaan jangan terlalu mendadak supaya perusahaan juga bisa lebih siap dan mempunyai cukup waktu untuk mencari pengganti
  • Alasan disampaikan dengan jelas dan masuk akal
  • Bisa disertakan dengan landasan hukum yang membuat keputusan berhenti bekerja diambil. Contohnya ialah masa kontrak kerja yang sudah dibuat bersama perusahaan
  • Bisa ditambahkan dengan kenang-kenangan atau cinderamata baik kepada pimpinan maupun kepada perusahaan
  • Cukup tuliskan hal-hal yang sifatnya penting dan tidak perlu menyampaikan tuntutan apapun seperti uang pesangon, hadiah atas kinerja dan lain sebagainya
  • Jika ingin mencantumkan prestasi yang sudah dicapai, sebaiknya cantumkan seperlunya saja supaya tidak terkesan sombong. Walaupun demikian, hal-hal seperti ini sebaiknya dihindari supaya tidak menimbulkan ketidaknyamanan pada pembaca
  • Surat harus ditulis dengan hati-hati dan perhatikan kerapiannya supaya lebih nyaman dilihat

Format Surat Resign (Surat Pengunduran Diri Kerja)

format-surat-resign

Secara singkat, format surat resign atau surat pengunduran diri sama seperti surat lamaran kerja. Hanya saja, dalam surat resign ini penggunaan bahasanya harus lebih dipertimbangkan lagi agar si pembuat tampak lebih beretika. Adapun format surat resign (surat pengunduran diri kerja) yang dimaksud ialah sebagai berikut.

  • Keterangan mengenai tempat dan juga tanggal ditulisnya surat, biasanya posisinya adalah di bagian atas surat sebelah kanan
  • Nama berikut dengan alamat atau jabatan yang dituju oleh surat
  • Isi surat yang meliputi identitas pengirim surat, tanggal mulai berhenti bekerja dan alasan mengundurkan diri
  • Ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh perusahaan untuk bekerja
  • Permohonan maaf atas perbuatan yang mungkin saja kurang berkenan
  • Tanda tangan serta nama penulis surat. Bila perlu sertakan materai juga

Bolehkah Surat Pengunduran Diri Diketik?

surat-resign

Apabila ada orang yang bertanya apakah surat pengunduran diri itu boleh diketik, maka jawabannya adalah tentu saja boleh. Akan tetapi, surat pengunduran diri terasa lebih sopan apabila ditulis dengan tangan.

Selain itu, surat pengunduran diri yang ditulis dengan tangan akan membantu mempermudah pihak perusahaan untuk mengidentifikasi kebenaran informasi yang terdapat di dalamnya. Misalnya, apakah yang menulis surat tersebut benar-benar pekerja yang bersangkutan atau justru orang lain. Kemudian, untuk menambah nilai kesopanan, sebaiknya surat pengunduran diri ini dimasukkan ke dalam amplop.

Disarankan pula untuk menyerahkan surat resign atau surat pengunduran diri secara langsung pada atasan. Jadi, jangan hanya meninggalkannya saja karena hal ini seolah-olah tidak menghormati atasan. Hindari pula mengirimkan surat resign atau surat pengunduran diri melalui email karena tindakan ini kurang sopan.

Contoh Surat Resign Kerja yang Baik dan Benar

Contoh-Surat-Resign-Kerja-yang-Baik-dan-Benar

Dalam menulis surat resign atau surat pengunduran diri, hendaknya yang bersangkutan membuatnya sesuai dengan format yang telah disampaikan sebelumnya. Namun, jika masih kebingungan mari simak beberapa contoh surat resign kerja yang baik dan benar berikut ini.

1. Contoh Surat Resign Simple

Apapun alasan resign, tetap seorang karyawan yang baik harus memberitahukan pimpinannya mengenai keputusannya itu melalui surat resign. Surat resign ini sendiri macam-macam, namun untuk contoh surat resign simple bisa dilihat di bawah ini.

Banyuwangi, 12 Maret 2016

Yth. Pimpinan PT. OK Selalu

Jalan Selalu Senang No. 17

Banyuwangi

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Andin Arini bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. OK Selalu sebagai Kepala Gudang terhitung sejak tanggal 30 Maret 2016 dengan alasan ingin fokus membangun usaha keluarga.

Melalui surat ini pula saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh PT. OK Selalu. Saya juga memohon maaf apabila selama menjadi bagian dari  keluarga PT. OK Selalu saya sering melakukan kesalahan baik itu disengaja maupun tidak disengaja.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada tekanan dari pihak lain. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Andin Arini

2. Contoh Surat Resign Dari Hotel

Bagi karyawan hotel yang ingin mengundurkan diri, sebaiknya juga mengajukan surat resign terlebih dahulu. Karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, surat ini akan membantu pengelola hotel saat mencari pengganti yang akan mengisi posisi kosong tersebut. Adapun contoh surat resign hotel ialah berikut ini

Banyuwangi, 12 Maret 2016

Yth. Kepala HRD Hotel OK Selalu

Jalan Selalu Senang No. 17

Banyuwangi – Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama                                        : Andin Arini

Tempat dan tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1994

Alamat                                     : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi

Jabatan                                   : Frontliner

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai frontliner Hotel OK Selalu terhitung sejak tanggal 30 Maret 2016 dengan alasan akan mengikuti suami ke Jawa Tengah. Segala tugas serta kewajiban saya di Hotel OK Selalu akan saya selesaikan sampai tiba masa pengunduran diri saya. .

Terimakasih karena saya sudah diberikan kesempatan untuk bergabung menjadi keluarga Hotel OK Selalu selama 3 tahun ini. Mohon maaf apabila selama saya menjadi bagian dari Hotel OK Selalu, saya bekerja kurang maksimal dan kurang bertanggung jawab.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpada tekanan dari pihak lain. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Andin Arini

 

3. Contoh Surat Resign Dari Bank

Sebagaimana surat resign lainnya, seorang karyawan bank yang hendak resign dari pekerjaannya juga harus mencantumkan alasannya mengundurkan diri. Simak contoh surat resign bank berikut ini untuk lebih jelasnya.

Banyuwangi, 12 Maret 2016

Yth. Bapak Andika Sutomo

HRD Manager Bank OK Selalu

Jalan Selalu Senang No. 17

Banyuwangi – Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang beridentitas sebagai berikut:

Nama         : Andin Arini

Alamat       : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi

Jabatan     : Customer Service Bank OK Selalu

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi tersebut mulai tanggai 30 Maret 2016 dengan alasan akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Melalui surat ini pula, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan ilmu yang telah diberikan kepada saya selama 3 tahun ini. Saya juga memohon maaf kepada segenap karyawan apabila selama saya menjadi Customer Service Bank OK Selalu melakukan perbuatan yang tidak menyenangkan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada tekanan dari pihak lain. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Andin Arini

 

4. Contoh Surat Resign Dari Guru

Surat resign guru tentu tidak jauh berbeda dari surat resign yang lainnya. Saat membuatnya, perlu dicantumkan identitas diri serta tanggal pengunduran dirinya. Selain itu, cantumkan pula apa yang menjadi alasan pengunduran diri tersebut. Simak contoh surat resign guru berikut supaya lebih jelas.

Banyuwangi, 12 Maret 2016

Yth. Bapak Sholehuddin Muhammad, S.Pd, M.Pd

Kepala SMA OK Selalu Banyuwangi

Jalan Selalu Senang No. 17

Banyuwangi – Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Saya dengan identitas berikut ini:

Nama         : Andin Arini, S.Pd

Alamat       : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi

Jabatan     : Guru Biologi

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi sebagai guru Biologi terhitung setelah dilaksanakannya penilaian akhir semester genap dengan alasan kondisi kesehatan yang sudah tidak memungkinkan lagi.

Saya mengucapkan terima kasih banyak atas diberikannya kesempatan untuk bekerja sekaligus belajar di SMA OK Selalu ini. Saya juga memohon maaf kepada segenap guru dan karyawan apabila selama berada di sekolah ini saya membuat banyak kesalahan dan berlaku tidak menyenangkan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Andin Arini, S. Pd

 

5. Contoh Surat Resign dari Perusahaan

Seorang karyawan perusahaan, apapun bentuk perusahaan tersebut, juga sebaiknya mengajukan surat resign sebelum berhenti dari pekerjaannya. Dalam surat ini disebutkan berbagai informasi penting terutama alasan ingin berhenti. Untuk aplikasinya, silahkan simak contoh surat resign PT atau Perseroan Terbatas berikut ini.

Banyuwangi, 12 Maret 2016

Yth. Kepala HRD PT OK Selalu

Jalan Selalu Senang No. 17

Banyuwangi – Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama                                        : Andin Arini

Tempat dan tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1994

Alamat                                     : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi

Jabatan                                   : Supervisor

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai supervisor PT. OK Selalu terhitung sejak tanggal 30 Maret 2016 dengan alasan akan akan menikah. Segala tugas serta kewajiban saya di PT. OK Selalu akan saya selesaikan sampai tiba masa pengunduran diri saya.

Terimakasih karena saya sudah diberikan kesempatan untuk bergabung menjadi keluarga PT. OK Selalu selama 3 tahun ini. Mohon maaf apabila selama saya menjadi bagian dari PT. OK Selalu, saya bekerja kurang maksimal dan kurang bertanggung jawab.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada tekanan dari pihak lain. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Andin Arini

 

6. Contoh Surat Resign dari Rumah Sakit Swasta

Setiap individu yang bekerja di sebuah rumah sakit swasta tentu harus mengikuti peraturan yang berlaku dalam rumah sakit tersebut, bahkan termasuk dalam hal pengunduran diri. Agar pengunduran diri menjadi lebih sopan, karyawan yang bersangkutan perlu mengajukan surat resign. Adapun contoh surat resign dari rumah sakit swasta ialah sebagai berikut.

Banyuwangi, 12 Maret 2016

Yth. Bapak Direktur Rumah Sakit Sehat Selalu

Jalan Selalu Senang No. 17

Banyuwangi – Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama                                        : Andin Arini

Tempat dan tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1994

Alamat                                     : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi

Nomor pegawai                     : P5532

Jabatan                                   : Kepala Bagian Akuntansi

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai Kepala Bagian Akuntansi Rumah Sakit Sehat Selalu terhitung sejak tanggal 30 Maret 2016 dengan alasan ingin fokus mengurus bayi dan juga bisnis keluarga..

Terima kasih saya sampaikan kepada Bapak beserta dengan segenap jajaran direksi dan staff Rumah Sakit Sehat Selalu. Saya juga memohon maaf apabila selama saya menjadi staff Rumah Sakit Sehat Selalu saya melakukan banyak kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Andin Arini

 

7. Contoh Surat Resign dari Salon

Bagi karyawan salon sekalipun, jika ingin berhenti dari pekerjaannya juga disarankan untuk membuat surat resign atau surat pengunduran diri. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri dari salon yang dapat disimak.

Banyuwangi, 12 Maret 2016

 

Yth. Direktur Salon Cantik Selalu

Jalan Selalu Senang No. 17

Banyuwangi – Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama                                        : Andin Arini

Tempat dan tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1994

Alamat                                      : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi

Jabatan                                     : Logistic Manager

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai Logistic Manager Salon Cantik Selalu terhitung sejak tanggal 30 Maret 2016 karena kehamilan saya. Segala tugas serta kewajiban saya akan saya selesaikan sampai tiba masa pengunduran diri saya.

Selama ini Salon Cantik Selalu sudah memberikan banyak ilmu dan pengalaman kepada saya. Oleh sebab itu, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Ibu beserta rekan kerja yang ada di Salon Cantik Selalu. Semoga Salon Cantik Selalu terus maju dan berkembang menjadi salah satu salon kecantikan yang banyak dipilih oleh wanita.

Demikian surat pengunduran diri ini saya ajukan. Atas segala kekurangan, saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Andin Arini

 

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Contoh-Surat-Pengunduran-Diri

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pekerjaan Lain

Adanya pilihan pekerjaan lain yang dianggap lebih baik terkadang membuat orang memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya yang sekarang. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri dari sekolah dengan alasan karena adanya pekerjaan lainnya.

Banyuwangi, 12 Maret 2016

Yth. Kepala Sekolah SMPN 01 Banyuwangi

Jalan Selalu Senang No. 17

Banyuwangi – Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama                                 : Andin Arini, S.Pd

Jabatan                             : Guru IPS

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai guru IPS SMPN 01 Banyuwangi terhitung sejak tanggal 30 Maret 2016 karena saya mendapatkan pekerjaan lain yang saya rasa lebih sesuai dengan minat saya.

Saya ucapkan terima kasih atas ilmu dan kesempatan mengajar yang telah diberikan oleh SMPN 01 Banyuwangi. Saya juga memohon maaf kepada Bapak serta segenap guru dan karyawan apabila selama saya mengajar di SMPN 01 Banyuwangi ini terdapat tingkah laku saya yang kurang berkenan.

Saya berharap agar SMPN 01 Banyuwangi terus berkembang, maju dan mencetak generasi muda yang berprestasi, baik di bidang akademik maupun di bidang non akademik.

Demikian surat pengunduran diri ini saya ajukan. Atas perhatian dan dukungannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Andin Arini

 

9. Contoh Surat Pengunduran Diri dengan Alasan Kesehatan

Setiap pekerjaan hendaknya dilakukan dengan tubuh yang fit. Oleh karena itu, terkadang kesehatan yang tidak lagi bagus menjadi alasan bagi sebagian orang untuk mengundurkan diri. Berikut adalah contoh surat keterangan pengunduran diri dengan alasan kesehatan yang bisa diperhatikan.

Banyuwangi, 12 Maret 2016

Yth. Kepala Bagian Personalia PT. Muter Kipas Angin

Jalan Selalu Senang No. 17

Banyuwangi – Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama                                        : Andin Arini

Tempat dan tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1984

Alamat                                     : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi

Jabatan                                   : Staff Marketing

Bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai Staff Marketing PT. Muter Kipas Angin terhitung sejak tanggal 30 Maret 2016. Adapun alasan saya mengundurkan diri ialah karena kondisi kesehatan yang sudah tidak memungkinkan lagi.

Selama saya bergabung dengan PT. Muter Kipas Angin saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang berharga. Oleh sebab itu, melalui surat ini saya ingin menyampaikan terima kasih Kepada Bapak dan seluruh rekan kerja PT. Muter Kipas Angin. Dalam kesempatan ini pula, saya memohon maaf apabila selama saya menjadi bagian dari PT. Muter Kipas Angin, saya bekerja kurang maksimal dan kurang bertanggung jawab.

Semoga PT. Muter Kipas Angin ini bisa menjadi lebih maju serta menghasilkan inovasi yang lebih baik lagi ke depannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Andin Arini

 

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan SPBU

Surat pengunduran diri karyawan SPBU juga harus memuat sejumlah informasi penting yang ditulis dalam kalimat singkat tetapi jelas. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri karyawan SPBU yang dapat disimak.

Banyuwangi, 12 Maret 2016

Yth. Bapak Sholehuddin Muhammad, S.Sos

Manajer Personalia SPBU 05.721.07

Jalan Selalu Senang No. 17

Banyuwangi – Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Saya dengan identitas berikut ini:

Nama         : Rohman Nur Rohim

Alamat       : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi

Jabatan     : Operator

Mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi sebagai operator SPBU 05.721.07 terhitung sejak tanggal 25 Maret 2016 dengan alasan akan pindah ke Jawa Tengah bersama dengan keluarga.

Saya mengucapkan terima kasih banyak atas diberikannya kesempatan untuk bekerja dan saya juga memohon maaf kepada segenap karyawan, khususnya karyawan SPBU 05.721.07 apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan baik itu disengaja maupun tidak disengaja.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Rohman Nur Rohim

 

11. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Satpam

Tentu ada banyak alasan kenapa seorang satpam ingin mengundurkan diri dari pekerjaannya. Alasan-alasan itu harus disebutkan secara jelas dalam surat pengunduran diri yang dilengkapi dengan ucapan terima kasih dan juga permintaan maaf. Berikut contoh surat pengunduran diri sebagai satpam yang bisa disimak agar lebih jelas.

Banyuwangi, 12 Maret 2016

Yth. Kepala HRD PT OK Selalu

Jalan Selalu Senang No. 17

Banyuwangi – Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama                                        : Hafiz Ahmad

Tempat dan tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1974

Alamat                                      : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi

Jabatan                                    : Satpam (Satuan Pengamanan)

Bekerja sejak                           : 2012

Melalui surat ini, saya ingin mengundurkan diri dari PT. OK Selalu terhitung sejak tanggal 25 Maret 2016. Adapun alasan saya mengambil keputusan ini ialah karena adanya ketidakcocokan antara saya dengan rekan kerja.

Meskipun demikian, saya mengucapkan banyak terimakasih karena saya sudah diberikan kesempatan untuk bekerja di PT. OK Selalu. Saya juga memohon maaf apabila selama saya menjadi satpam di PT. OK Selalu, saya bekerja kurang maksimal.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada tekanan dari pihak lain. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Hafiz Ahmad

 

12. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Sekretaris

Surat pengunduran diri sebagai sekretaris hendaknya juga memuat sejumlah informasi penting terutama identitas yang bersangkutan, alasan pengunduran diri dan juga hal-hal lain yang sekiranya perlu. Agar lebih jelas, silahkan simak penjelasan berikut.

Banyuwangi, 12 Maret 2016

Yth. Kepala HRD PT OK Selalu

Jalan Selalu Senang No. 17

Banyuwangi – Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama                                 : Andin Arini

Tempat, tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1994

Alamat                               : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi

Jabatan                             : Sekretaris Direktur

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai Sekretaris Direktur PT. OK Selalu. Sebenarnya saya sangat menikmati bekerja di perusahaan ini namun karena kehamilan, saya memutuskan untuk berhenti agar bisa fokus merawat bayi saya yang akan segera lahir.

Sesuai dengan kontrak kerja, saya menyerahkan surat pengunduran diri ini dua minggu sebelum hari terakhir saya di PT. OK Selalu tanggal 25 Maret 2015. Segala tugas serta kewajiban saya di PT. OK Selalu akan saya selesaikan sampai tiba masa pengunduran diri saya. Terimakasih karena saya sudah diberikan kesempatan bekerja dan mohon maaf apabila selama saya menjadi bagian dari PT. OK Selalu, saya mempunyai banyak kesalahan dan bekerja kurang maksimal.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian dan dukungannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Andin Arini

 

13. Contoh Surat Pengunduran Diri Pegawai Kontrak yang Belum Habis Masa Kontraknya

Bagi karyawan yang terikat kontrak boleh mengundurkan diri sebelum masa kontraknya itu habis. Namun tentu ada konsekuensi yang harus ditanggung sehingga isi dari surat pengunduran dirinya ialah sebagai berikut.

Banyuwangi, 12 Maret 2016

th. Kepala Bagian Personalia

PT. OK Selalu

Jalan Selalu Senang No. 17

Banyuwangi – Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama                                 : Andin Arini

Tempat, tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1994

Alamat                               : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi

Jabatan                             : Head Marketing

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai Head Marketing PT. OK Selalu terhitung sejak tanggal 30 Maret 2016 dengan alasan akan mengikuti suami pindah ke Papua. Segala tugas serta kewajiban saya di PT. OK Selalu akan saya selesaikan sampai tiba masa pengunduran diri saya.

Sehubungan dengan keluarnya saya sebelum masa kontrak kerja habis, saya serahkan pada kebijakan perusahaan sepenuhnya. Saya juga siap menerima konsekuensi yang ditetapkan oleh perusahaan atas keputusan saya tersebut.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Andin Arini

 

14. Contoh Surat Pengunduran Diri Pegawai Tetap

Bagi orang yang sudah diangkat sebagai pegawai tetap, isi surat pengunduran dirinya tentu berbeda dengan surat pengunduran diri karyawan kontrak di atas. Untuk lebih jelasnya ialah sebagai berikut.

Banyuwangi, 12 Maret 2016

Yth. Direktur PT. OK Selalu

Jalan Selalu Senang No. 17

Banyuwangi – Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama                                 : Andin Arini

Nomor Pegawai               : 6577123

Jabatan                             : Staff Accounting

Alamat                               : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi Staff Accounting PT. OK Selalu. Alasan saya mengundurkan diri dari perusahaan ini ialah karena saya ingin pensiun dini sekaligus fokus mengembangkan bisnis keluarga.

Adapun mengenai masalah administratif terkait pengunduran diri saya ini, saya serahkan sepenuhnya kepada kebijakan perusahaan. Melalui surat ini pula, saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Anda beserta segenap direksi sekaligus karyawan PT. OK Selalu yang sudah membimbing dan mengarahkan saya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Andin Arini

 

15. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pindah Jabatan

Meskipun berada di bawah naungan instansi atau perusahaan yang sama, seseorang yang dinyatakan pindah jabatan juga sebaiknya membuat surat resign. Adapun contoh surat pengunduran diri untuk alasan yang satu ini ialah sebagai berikut.

Banyuwangi, 12 Maret 2016

Yth. Direktur PT. OK Selalu

Jalan Selalu Senang No. 17

Banyuwangi – Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama                                 : Andin Arini

Nomor Pegawai               : 6577123

Jabatan                             : Manager Marketing

Alamat                               : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi Manager Marketing PT. OK Selalu. Alasan saya mengundurkan diri ialah karena saya diangkat menjadi pemimpin kantor cabang baru yang ada di Jember. Saya sangat berterima kasih atas pengalaman dan ilmu yang diberikan kepada saya dan saya juga memohon maaf atas kesalahan yang saya perbuat.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian dan dukungannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Andin Arini

 

Tips Memilih Waktu yang Tepat untuk Mengundurkan Diri

Waktu-Mengundurkan-Diri

Selain perlu memperhatikan contoh surat resign atau contoh surat pengunduran diri, pekerja yang bersangkutan juga perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk mengajukan surat tersebut. Pasalnya, pemilihan waktu yang tepat akan membuat pengunduran diri menjadi lebih menguntungkan, baik bagi karyawan tersebut maupun bagi perusahaan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diperhatikan dalam memilih waktu untuk mengundurkan diri.

  • Perhatikan Bagaimana Kesan yang Sudah Diciptakan

Tips yang pertama ialah silahkan review kesan yang sudah diciptakan selama bekerja. Maksudnya adalah coba diingat kembali apakah selama ini sudah bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan atau belum, apakah selama ini sikap yang ditunjukkan sudah bagus atau belum, dan lain sebagainya.

Apabila memang masih ada yang kurang baik, sisa waktu yang ada sebaiknya dipakai untuk memperbaiki hal-hal yang kurang baik itu terlebih dahulu. Ingatlah, meninggalkan kesan yang tidak bagus akan memberikan dampak yang tidak baik saat bekerja di tempat lain di waktu mendatang.

  • Rencanakan Jauh-Jauh Hari

Saat ingin berhenti dari pekerjaan, sebaiknya rencanakan jauh-jauh hari. Tujuannya adalah supaya perusahaan bisa mencari orang yang pas untuk menempati posisi yang tengah kosong itu. Coba saja tengok contoh surat resmi di atas, antara pengajuan surat sampai tiba waktu berhenti bekerja mempunyai selang waktu yang cukup lama. Untuk selang waktu ini memang dikembalikan pada kebutuhan, namun sekali lagi, jangan mendadak.

  • Pastikan Bahwa Kewajiban dan Tugas Sudah Diselesaikan

Jangan lupa, saat akan berhenti, pastikan bahwa semua kewajiban serta tugas yang masih menjadi tanggungan segera diselesaikan. Ingatlah pula bahwa meninggalkan pekerjaan dalam kondisi masih mempunyai kewajiban serta tugas akan membuat permohonan pengunduran diri ditunda atau bahkan ditolak.

Perlu ditegaskan kembali bahwa setiap orang yang ingin mengundurkan diri, harus memperhatikan prosedur pengunduran diri dari perusahaan atau instansi tempatnya bekerja. Hal ini dikarenakan berhenti dari pekerjaan bukanlah hal yang sepele. Bahkan ada beberapa perusahaan dan instansi yang memberikan peraturan khusus mengenai pengunduran diri ini. Adapun mengenai contoh surat resign (pengunduran diri kerja) di atas, dapat dicontoh dan dirubah-rubah sesuai dengan kebutuhan.

Demikian pembahasan singkat mengenai contoh surat resign dan berbagai hal yang masih berkaitan, semoga bermanfaat.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com