Contoh Surat Permohonan

Posted on

VOI.Co.Id –  Melakukan penawaran, permintaan dan pengajuan sekarang semakin mudah dengan banyaknya contoh surat permohonan. Meskipun demikian, masih banyak yang bingung tentang tata cara pembuatan dan struktur surat resminya. Padahal, pembuatan surat ini cukup sederhana dan bisa dilakukan dengan cepat.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang pengertian, fungsi, serta unsur-unsur yang biasanya ada dalam sebuah surat permohonan. Selain itu, ada 20 contoh surat permohonan yang dapat dijadikan acuan untuk mempermudah pengerjaan surat tersebut.

Pengertian Surat Permohonan

Pengertian-Surat-Permohonan

Secara umum, surat permohonan dapat diartikan sebagai surat permintaan atas suatu hal. Hal tersebut bisa berupa barang atau jasa. Orang yang mengirimkan surat permohonan disebut pemohon, sedangkan yang menerima surat disebut termohon.

Sebuah permohonan biasanya bisa disampaikan secara langsung, apabila konteksnya tidak resmi. Namun permohonan perlu dituliskan dalam bentuk surat apabila terkait keperluan yang resmi. Misalnya, permohonan dana pembangunan rumah peribadatan atau permohonan izin penggunaan tempat. Surat-surat tersebut perlu dilengkapi kop surat dan juga stempel.

Fungsi Surat Permohonan

Fungsi-Surat-Permohonan

Fungsi surat permohonan adalah untuk menyampaikan keinginan pemohon kepada termohon secara resmi. Selain itu, keberadaan surat ini juga dapat memudahkan termohon mengingat detail permintaan yang diungkapkan oleh pemohon. Harapannya, tidak ada lagi permohonan yang terlewat karena tak tercatat secara administratif.

Unsur-Unsur Surat Permohonan

Unsur-Unsur-Surat-Permohonan

Dalam sebuah surat permohonan, ada beberapa unsur yang biasanya muncul. Meskipun demikian, unsur-unsur di bawah ini tidak bersifat mutlak, dan bisa saja ditiadakan dalam kasus tertentu. Berikut ini adalah beberapa unsur penting untuk dipelajari sebelum membuat surat permohonan yang baik.

  • 1. Kop Surat

Kop surat memuat identitas pengirim surat atau pemohon. Contoh hal-hal yang dimuat dalam kop surat adalah nama lembaga, alamat, nomor telepon, atau alamat email. Kop surat dan stempel adalah dua hal yang membuktikan bahwa suatu surat tergolong resmi. Kop surat tidak perlu digunakan apabila sang pemohon tidak mewakili lembaga apapun (memohon sebagai perorangan)

  • 2. Nomor Surat dan Perihal

Nomor surat diletakkan di bagian atas tengah, atau di tepi kiri atas. Di bawahnya, disebutkan perihal isi surat yang akan disampaikan. Baik nomor surat maupun perihal sangat penting untuk penyusunan arsip. Nomor surat tidak perlu dituliskan apabila pemohon merupakan perorangan.

  • 3. Penanggalan

Beberapa surat permohonan meletakkan penanggalan pada bagian atas, sementara sebagian lain meletakkannya di bawah. Bila diletakkan di bawah, maka penanggalan bisa diikuti dengan tanda tangan pemohon.

  • 4. Tujuan

Tujuan surat memuat nama pihak atau orang yang menjadi termohon.

  • 5. Salam Pembuka

Salam pembuka ditulis sebagai sapaan untuk termohon. Salam pembuka dibuat dengan sopan dan singkat.

  • 6. Isi Surat

Isi surat menunjukkan permohonan apa yang ingin disampaikan oleh pemohon. Isi surat mengandung uraian atau penjelasan detail tentang apa saja yang diminta oleh para pemohon. Jika yang dibuat adalah surat permohonan izin, maka dalam isi surat perlu dijelaskan perihal tanggal dan alasan izin tersebut. Jika suratnya adalah permohonan kerjasama, maka perlu dijelaskan pasal-pasal kerjasamanya.

  • 7. Salam Penutup

Salam penutup dimanfaatkan sebagai ungkapan terima kasih atas perhatian termohon. Beberapa salam penutup juga digunakan untuk menyampaikan harapan terkait permohonannya.

  • 8. Nama dan Tanda Tangan

Pada akhir surat biasanya terdapat nama dan tanda tangan pemohon. Jika pemohon adalah sebuah lembaga, maka tanda tangan bisa dilakukan oleh pejabat yang mewakili, kemudian dilengkapi dengan stempel.

Contoh Surat Pengajuan Bantuan

Contoh-Surat-Pengajuan-Bantuan

Mengingat fakta bahwa manusia selalu saling membutuhkan satu sama lain, maka tak heran bila dalam berbagai kesempatan, terjadi aktivitas saling membantu yang dilakukan. Hal ini bisa terjadi antara satu lembaga dan lembaga lainnya, maupun lembaga dengan perorangan. Dalam hal ini, dibutuhkan surat permohonan resmi yang ditulis dengan baik.

  • Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Kegiatan

Sebuah kegiatan tak selalu didanai secara swadaya oleh pelaksananya. Banyak panitia yang menggandeng pihak lain untuk memberikan dana bantuan. Berikut adalah salah satu contoh surat permohonan bantuan dana kegiatan Karang Taruna.

KARANG TARUNA RW 11KELURAHAN ORO-ORO DOWO, KECAMATAN KLOJEN, MALANG, JAWA TIMUR

PANITIA KEGIATAN PERINGATAN KEMERDEKAAN INDONESIA KE-74

Sekretariat: Jalan Nusa Penida Gang 7 No 85, Malang

Malang, 15 Juli 2019

Nomor: 74/KT/VIII/5864

Perihal: Permohonan Bantuan Dana Kegiatan

Lampiran: 1 eksemplar proposal

 

Kepada Yth.

Direktur PT Paper Inggil

Jl. Dr Soeroso No 67, Malang

Dengan hormat,

Bertepatan dengan bulan kemerdekaan Indonesia yang ke-74, kami selaku anggota Karang Taruna RW 11, Oro-Oro Dowo berniat menyelenggarakan serangkaian kegiatan. Berbagai kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada:

 

Hari/Tanggal: Minggu, 11 Agustus 2019 hingga Minggu, 18 Agustus 2019.

Tempat: Balai RW 11, Lapangan RW 11 dan lokasi di sekitarnya.

Acara: Berbagai lomba, tasyakuran gerak jalan, dan pentas seni warga

 

Seluruh rangkaian acara dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kerukunan antar warga RW 11 Oro-Oro Dowo. Selain itu, acara ini diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme pada tiap warga dengan ikut memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia.

Oleh karena itu, kami selalu panitia memohon kepada Bapak/Ibu untuk dapat memberikan bantuan berupa dana untuk rangkaian kegiatan tersebut. Detail terkait kebutuhan anggaran acara telah terlampir pada proposal.

Demikian surat permohonan dana untuk rangkaian acara ini kami sampaikan. Atas perhatian serta bantuan Bapak/Ibu, kami mengungkapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

Ketua Panitia Peringatan Kemerdekaan

 

Bagas Daniswara L.

Mengetahui,

Kepala RW 11

 

Mudjiono Maarif

  • Contoh Surat Permohonan Bantuan Barang

Saat sebuah acara akan dilaksanakan, tidak semua bantuan berupa uang. Bantuan juga bisa diberikan dalam bentuk barang yang dibutuhkan selama kegiatan berlangsung. Di bawah ini adalah salah satu contoh surat permohonan bantuan barang yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.

HIMPUNAN MAHASISWA KEPENULISAN DAN PENYIARANFAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS VALENCIA JEMBER

PANITIA PELAKSANA LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

TINGKAT SMP/SEDERAJAT “GARDA LITERASI”

Sekretariat: Jl. Pandu Budaya 56, Jember, Telp: +62 5454 7565 54

Nomor: 10/HMTPBP/901/UU/2019

Perihal: Permohonan Bantuan Barang

Lampiran: 1 eksemplar proposal

 

Kepada Yth.

Direktur PT DK KOMPUTER

Jl. Bunga Kenanga Blok C No 56

Dengan hormat,

Teriring doa, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melancarkan segala usaha dan melimpahkan rahmat-Nya kepada kita.

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya agenda tahunan HIMAKP, yakni GARDA LITERASI dengan tema ‘Menulis Sebagai Sarana Aktualisasi Diri dan Masyarakat’, yang akan diselenggarakan pada:

Hari, Tanggal: 15 November 2019

Tempat: Aula AVA 8 Universitas Valencia Jember

Kami mengharapkan kesediaan Bapak/Ibu untuk mendukung acara ini dengan memberikan bantuan barang, berupa:

1.       2 buah LCD Proyektor

2.       3 set laptop

3.       2 set speaker ruangan

Bersama ini kami lampirkan pula proposal acara, yang memuat detail kegiatan. Untuk dokumentasi kegiatan serupa pada tahun-tahun sebelumnya, dapat dilihat di: http://lkti-himakp.uv.ac.id.

Demikian surat permohonan untuk bantuan barang yang akan digunakan selama acara ini kami sampaikan. Besar harapan kami, perusahaan Bapak/Ibu dapat memenuhi permohonan kami. Terima kasih.

Menyetujui,

Ketua HIMAKP

 

Farhan Ali Triandi

NIM: 215 0982 546

Jember, 31 Oktober 2019

 

Ketua Pelaksana

 

Irawati Ayu N.

NIM: 215 7675 854

Mengetahui,

Pembimbing HIMAKP

 

Prof. Aryanto Dwi Fian S.Pd. M.Pd

PD III Fakultas Sastra

NIP: 198 4 534 964

 

Contact Person:

Irawati Ayu N (+62 335 655 9086)

Angga Iwan S. (+62 645 543 9788)

Rinda Wahyu E. (+62 765 000 754)

 

  • Contoh Surat Permohonan Dana Pembangunan

Dalam proses pembangunan rumah peribadatan, biasanya banyak pihak yang juga ingin ikut berkontribusi. Inilah mengapa, banyak dari para penyumbang justru senang saat dikirimi surat permohonan. Berikut ini adalah salah satu contoh surat permohonan dana pembangunan masjid.

PANITIA PEMBANGUNANMASJID AL INSAN DONOMULYO

DUSUN KALIPAKEM, KELURAHAN DONOMULYO, KABUPATEN MALANG

 

Nomor: 020/PPAI/I/545

Perihal: Permohonan Dana Pembangunan

Lampiran: 1 eksemplar proposal

 

Kepada Yth.

Ibu Gubernur Jawa Timur

Di Surabaya

 

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh,

Dengan hormat,

Syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya pada kita semua. Salam dan shalawat kita panjatkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah menuntun para umatnya.

Sehubungan dengan akan dimulainya pembangunan Masjid Al Insan pada bulan Januari 2020, maka kami selaku panitia mengajukan permohonan bantuan dana untuk kegiatan tersebut. Insyaallah Masjid Al Insan akan berlokasi di Jalan Raya Donomulyo No 8 Dusun Kalipakem, Kelurahan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Kami juga mempersilahkan Ibu Gubernur apabila ingin melihat langsung lokasi yang akan digunakan sebagai lahan wakaf Masjid Al Insan. Rincian terkait biaya pembangunan secara keseluruhan kami lampirkan dalam proposal.

Demikian surat permohonan dana untuk pembangunan Masjid Al Insan ini kami sampaikan. Semoga berkenan, sehingga Allah S.W.T mencatat setiap amal perbuatan kita.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

 

 

Ketua Pelaksana

 

Hafidz Maulana Ibrahim

Donomulyo, 29 Oktober 2019

Panitia Pembangunan Masjid Al Insan

 

Sekretaris

 

Irwan Budianto S.

Mengetahui,Walikota Malang

 

Sutiyoso S. Rahman

Ka. Dusun Kalipakem

 

M. Ari Indrawan

 

  • Contoh Surat Permohonan Modal Usaha

Modal usaha terkadang terlalu besar jumlahnya bila ditanggung sendirian. Beberapa lembaga menyediakan bantuan modal usaha untuk para pelaku usaha kecil hingga menengah. Berikut adalah salah satu contoh surat pengajuan modal usaha.

Perihal: Permohonan Bantuan Modal UsahaLampiran: Curriculum Vitae (CV)

Bandung, 13 Oktober 2019

 

Kepada Yth:

Bapak/Ibu Kepala Dinas

Yayasan Amil dan Zakat (YAZ)

Kota Bandung

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Dengan hormat,

Kami memanjatkan syukur kepada Allah S.W.T yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya pada kita semua. Salam dan shalawat kita panjatkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah menuntun para umatnya.

Sebelumnya, saya mendapat info dari Majalah YAZ edisi September 2019 terkait kesempatan mengajukan modal usaha untuk mahasiswa yang baru lulus kuliah. Untuk itu, melalui surat ini, saya, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Firman Adi Muhammad S.E.

Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 13 Agustus 1988

Alamat: Jalan Andalusia Barat Blok C No. 56

No. KTP: 8756 535 5434

Mengajukan permohonan bantuan modal usaha untuk berjualan cilok dan cireng keliling. Saya siap dipanggil untuk wawancara tahap selanjutnya, apabila dinilai sesuai untuk menerima bantuan tersebut. Bersama surat ini, saya lampirkan pula CV yang memuat identitas lengkap, serta rencana usaha yang saya ajukan.

Atas atensi dari Bapak Ka. Dinas atau perwakilan dari YAZ, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hormat saya,

 

Firman Adi Muhammad S.E.

 

Contoh Surat Permohonan Izin

Contoh-Surat-Permohonan-Izin

Pengajuan izin pada lembaga resmi biasanya tidak dilakukan secara mendadak. Oleh karena itu, butuh sebuah surat perizinan yang dibuat dengan baik dan benar, sesuai dengan konteks masing-masing.

  • Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Sekolah

Untuk pembuatan surat izin dalam golongan ini, tidak diperlukan kop surat, karena dibuat oleh perorangan. Berikut adalah contoh surat permohonan izin untuk anak yang tidak masuk sekolah.

Sidoarjo, 23 Oktober 2019Kepada Yth,

Guru Wali Kelas VIII A

SMP Citra Bangsa Nusantara

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh,

Dengan hormat,

Saya selaku wali murid dari:

Nama: Mikaila Anna Aquila

Kelas: VIII A

Alamat: Jl. Nusa Penida 56, Sidoarjo

Mohon ijin agar ananda yang bersangkutan bisa beristirahat di rumah, dan tidak mengikuti pelajaran untuk hari ini dan besok. Ananda telah didiagnosa sakit oleh dokter dan disarankan untuk bedrest selama dua hari. Bersama surat ini, kami juga melampirkan surat keterangan dari RS. Lukita Jaya.

Demikian surat permohonan izin tidak masuk sekolah untuk ananda Mikaila ini kami buat. Atas atensi dan izin yang Ibu/Bapak berikan, saya mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hormat kami,

Orang tua Ananda Mikaila

 

Fitria Aquila Irfin

 

  • Contoh Surat Permohonan Izin Melaksanakan Penelitian

Sebuah penelitian bisa dilakukan saat pengajuan izinnya sudah diterima oleh yang berwenang. Oleh karena itu, membuat surat permintaan izin penelitian ini sangat penting, dan biasanya juga akan ditampilkan di lampiran hasil penelitian.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANUNIVERSITAS BUDI SUCIPTO PADANG

FAKULTAS SASTRA

Jl. Yudhistira Selatan No 78, Padang

www.ubspadang.ac.id , Email: admin@ubspadang.ac.id

Nomor: 54/UBSP/PP/28/2019

Hal: Permohonan Izin Penelitian

Lampiran: 1 eksemplar proposal penelitian

Padang, 13 Oktober 2019

Kepada Yth

Kepala SDI Al Ikhlas Padang

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami mengajukan permohonan izin untuk kegiatan penelitian, yang akan dilaksanakan oleh salah satu mahasiswa kami:

Nama: Farida Rika Ayu

NIM: 119 7656 5433

Penelitian tersebut dilaksanakan dalam rangka penyusunan skripsi dengan judul: STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM SENTRA BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SDI AL IKHLAS PADANG. Untuk itu, kami juga melampirkan 1 eksemplar proposal penelitian yang bersangkutan, agar dapat memberikan gambaran utuh pelaksanaan penelitian.

Demikian surat pergajuan izin dilaksanakannya penelitian Saudari Farida Rika Ayu ini kami buat. Atas perhatian Ibu Kepala SDI Al Ikhlas Padang, kami mengungkapkan banyak terima kasih.

An. Nama Dekan

Wakil Dekan II Bidang Akademik

 

Dr. Kirana Ayu Fariha S.Pd, M.Pd

NIP: 1973 537 25 24

 

  • Contoh Surat Permohonan Izin Peminjaman Tempat

Izin peminjaman tempat bisa diajukan langsung pada pemilik bangunan atau direktur suatu lembaga pemilik gedung yang akan digunakan.

PANITIA LOMBA & PENTAS SENI ‘SEMANGAT ANAK’LSM PEDULI ANAK JAWA TIMUR

Sekretariat: Jl. Marsudi Waluyo No 87, Kasin, Surakarta. Telp: +62 53 6436 4645

No: 76/LSMPA/09/2019

Hal: Permohonan Izin Tempat

Lampiran: 1 eksemplar proposal acara

 

Kepada Yth

Direktur Utama Hotel Trio Cempaka

Surakarta

 

Dengan hormat,

Bertepatan dengan hari anak nasional Indonesia, kami selaku panitia lomba Mewarnai ‘Semangat Anak’ berniat menyelenggarakan serangkaian kegiatan. Berbagai kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada:

 

Hari/Tanggal: Sabtu, 9 November – Minggu 10 November 2019

Acara: Pentas Seni Anak, Lomba Mewarnai tingkat PAUD – SD, Lomba Baca Puisi, Penggalangan Dana untuk Perpustakaan Tunas Bangsa

 

Seluruh rangkaian acara dibuat untuk meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya saling mendukung dalam mendidik anak bangsa. Selain itu, acara ini diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri anak dan kekompakan keluarga dalam momen Hari Anak Nasional.

Oleh karena itu, kami selalu panitia berniat memohon izin peminjaman tempat kepada Bapak/Ibu untuk rangkaian kegiatan tersebut. Detail terkait kriteria tempat yang cocok untuk acara telah terlampir pada proposal.

Demikian permohonan izin tempat untuk acara ini kami sampaikan. Atas perhatian serta bantuan Bapak/Ibu, kami mengungkapkan terima kasih.

 

Mengetahui,

Ketua LSM Peduli Anak Jatim

 

Yudi Angga Wahyuono M.E.

Surakarta, 15 Oktober 2019

 

Ketua Panitia

 

Risda Ayu Dwi S.Si

 

  • Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Setiap pegawai kantor biasanya memiliki sejumlah cuti tahunan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Namun untuk pengajuannya, dibutuhkan sebuah surat resmi.

Surabaya, 8 November 2019Perihal: Pengajuan Izin Cuti

 

Kepada Yth,

Ka. Personalia PT SUARA BERITA

Surabaya

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap: Annisa Rifa Amalia S.Kom

Alamat Domisili: Jl. Senandung Saxophone Blok C No 65, Surabaya

No. Handphone: +62 654 764 756

Jabatan: Manajer Keuangan

Bermaksud mengajukan izin cuti kerja selama 3 (tiga) hari kerja, yakni pada:

Hari: Senin – Rabu

Tanggal: 11 – 13 November 2019

Dikarenakan adanya keperluan keluarga di luar kota yang tidak dapat ditinggalkan. Apabila ada keperluan sangat penting terkait pekerjaan, saya bersedia dihubungi pada nomor handphone yang tertera di atas.

Demikian kami sampaikan permohonan ini. Atas kebijakan Bapak/Ibu serta izin yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Annisa Rifa Amalia S.Kom

Manager Keuangan

 

  • Contoh Surat Permohonan Izin Keramaian

Setiap acara yang melibatkan masyarakat pasti akan menimbulkan keramaian. Oleh karena itu, acara seperti ini membutuhkan izin dari kepolisian setempat, agar bisa dikawal dengan baik keamanannya.

PANITIA KONSER ‘NUANSA KEJAYAAN’LUCKY SEVEN EVENT ORGANIZER YOGYAKARTA

Sekretariat: Jl. Nusa Dua No 67, Kulon Progo. Telp (+62) 777 75 33678

No: A.983/7/UU/LSEO/2019

Perihal: Permohonan Izin Keramaian

Lampiran: 1 Bendel Proposal Acara

 

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Kapolsek Kulon Progo

Di tempat

 

Dengan hormat,

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Arya Lucas Indrawan

Tempat, Tanggal Lahir: Surakarta, 9 Juli 1990

Alamat: Perum Mutiara Hati Blok J No 23, Kulon Progo, Yogyakarta

No. Handphone: +62 882 664 65446

Mengajukan izin keramaian untuk acara konser bertajuk NUANSA KEJAYAAN, dengan menghadirkan penyanyi utama Sheryl Sheinafia dan Tulus. Acara NUANSA KEJAYAAN akan diselenggarakan pada:

Hari. Tanggal:

Waktu: 18 Desember 2019

Tempat: Graha Pulau Dewata, Universitas Marsudi Yogyakarta

 

Kesanggupan Penanggung Jawab meliputi:

1.       Menjaga ketertiban umum

2.       Taat pada peraturan yang berlaku di gedung maupun daerah sekitar

3.       Tidak melakukan permainan uang (judi) atau hal lain yang bertentangan dengan hukum

Yogyakarta, 8 November 2019

Lucky Seven Event Organizer

 

Arya Lucas Indrawan

Divisi Humas

 

Contoh Surat Permohonan Kerjasama

Contoh-Surat-Permohonan-Kerjasama

Agar dapat sukses, sebuah acara biasanya membutuhkan kerjasama antara beberapa pihak. Untuk itu, diperlukan sebuah surat penawaran kerjasama yang dituliskan dan dikirimkan secara resmi, dan dilengkapi dengan kop surat.

  • Contoh Surat Permohonan Kerjasama Penyuluhan

Salah satu acara yang biasanya menggandeng pihak lain adalah penyuluhan. Salah satu contoh surat permohonan kerjasama adalah sebagai berikut.

RUMAH KHITAN DOKTER SUGANDAPerum Bumiayu Asri Blok H No 87 – Madiun

Telp: +62 6454 7644 85, Email: rksuganda@yahoo.com

Madiun, 7 Oktober 2019

No: 02/RKDS/768/H/UU/2019

Perihal: Permohonan Kerjasama Penyuluhan

Lampiran: 1 Bendel Proposal Acara

 

Kepada Yth

Pimpinan PT Faber Castell Madiun

 

Dengan hormat,

Dalam rangka Hari Anak Nasional Indonesia, kami selaku tim medis dari Rumah Khitan Dokter Suganda berniat menyelenggarakan serangkaian kegiatan. Berbagai kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Kamis, 7 November

Acara: Penyuluhan Informasi Terkait Khitan, Lomba Mewarnai Untuk Anak-Anak

Berbagai acara dalam rangkaian ini dibuat untuk memberikan edukasi tentang pentingnya khitan, serta kapan sebaiknya khitan dilaksanakan. Selain itu, lomba mewarnai diadakan untuk meningkatkan antusiasme anak dalam kegiatan motorik.

Untuk itu, kami memohon kerjasama dengan PT Faber Castell Madiun untuk mensukseskan acara ini. Rincian rencana penyelenggaraan acara ini telah tercantum dalam proposal yang kami lampirkan.

Demikian kami sampaikan penawaran kerjasama ini. Atas perhatian serta kerjasama yang akan terjalin, kami mengucapkan terima kasih.

Mengetahui

RUMAH KHITAN DOKTER SUGANDA

 

dr. Suganda Wira Pratama

Ketua Tim Medis

 

Koordinator Pelaksana

 

dr. Nikita Ayu Dewi

Anggota Tim Medis

 

  • Contoh Surat Permohonan Kerjasama Distributor

Surat penawaran seperti ini biasanya disertai dengan proposal lengkap yang membuat rincian kerjasama. Dalam kondisi seperti ini, surat resmi akan berfungsi sebagai pengantar.

PT INDONETWORK INDONESIAJl. Terusan Nusakambangan, Bandung

Telp: +62 765 6454 5655, Email: admin@indonetwork.com

No: 09/II/PKD/904/9/2019

Lamp: 3 lembar

Hal: Penawaran Kontrak Kerjasama

 

Kepada Yth

Pimpinan PT Allegio Pusat Elektronik

Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Kami mewakili PT Indonetwork Indonesia menyampaikan pengajuan kerjasama kepada PT Allegio Pusat Elektronik untuk menjadi salah satu distributor resmi produk-produk kami. Barang yang kami produksi adalah berbagai barang elektronik.

Apabila PT Allegio Pusat Elektronik tertarik untuk menjadi distributor resmi dari PT Indonetwork Indonesia, maka selanjutnya akan dibicarakan dalam pertemuan secara langsung. Rincian tentang mekanisme bentuk kerjasama telah kami lampirkan pada proposal kerjasama.

Demikian kami membuat surat penawaran kerjasama distribusi ini. Besar harapan kami, PT Allegio Pusat Elektronik dapat menjadi partner kerja kami selanjutnya.

Bandung, 9 November 2019

 

Hormat Kami,

PT Indonetwork Indonesia

 

Aryo Wahyudi Ihsan S.E.

Manajer Marketing

 

  • Contoh Surat Permohonan Kerjasama Donor Darah

Saat ini banyak acara yang menggandeng PMI untuk melakukan kegiatan donor darah. Ini akan menambah nilai sosial dalam acara yang diselenggarakan.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANUNIVERSITAS BERBAKTI INDONESIA

FAKULTAS MIPA, JURUSAN BIOLOGI

Jl. Bunga Kencana, Magetan 54757, Indonesia

Tel: +62 7547 6755/ +62 5684 47646, Email: admin@uv.ac.id

No: 10/UU/SKS/907/8/2019

Lamp: 1 eksemplar proposal kegiatan

Hal: Permohonan Kerjasama

 

Kepada Yth

Ka. PMI Cabang Magetan

Jl. Bunga Kopi No 8, Magetan

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya kegiatan Pemuda Peduli Anak dan Donor Darah, kami selaku Panitia Pelaksana acara tersebut menawarkan kerjasama dalam hal penyelenggaraan kegiatan donor darah. Kegiatan Pemuda Peduli Anak dan Donor Darah ini akan dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal: Minggu, 10 November 2019

Tempat: Aula AVA 09 Kompleks H, Universitas Berbakti Indonesia

 

Hal-hal yang terkait dengan acara Pemuda Peduli Anak dan Donor Darah dapat dilihat di dalam proposal kegiatan yang terlampir. Demikian kami sampaikan penawaran ini.

 

Menyetujui,

Wakil Rektor III

 

Dr. Johan Nizar T. M.Si

NIP: 098 545 654 644

Magetan, 29 Oktober 2019

 

Panitia Acara

 

Irfan Alam A.

NIM: 117 075 756 654

 

  • Contoh Surat Permohonan Kerjasama Penyediaan Jasa

Penyediaan jasa bisa ditawarkan oleh pihak yang memang memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau lembaga. Berikut adalah salah satu contoh surat permohonannya.

CV. PUTRA JAYA NETWORKJl. Kebon Kelapa No 78, Kelurahan Kembangan – Jakarta Barat

Telp: 021 543 5468, Fax: 021 543 5467, Email: pjnetwork@gmail.com

 

No: 98/PB/PKPJ/564/10/2019

Lamp: 1 eksemplar proposal penyediaan jasa

Hal: Penawaran Kerjasama Penyediaan Jasa

 

Kepada Yth

Ka. Tim Pengadaan Barang Non Medik

RS Harapan Bunda Cabang Jakarta Utara

Jl. Nusa Kambangan No 11, Jakarta Utara

 

Sebelumnya, kami mendapatkan informasi terkait adanya perencanaan dari pihak RS Harapan Bunda Cabang Jakarta Utara untuk melakukan pekerjaan pasang baru instalasi WiFi di Paviliun Mawar dan Teratai. Maka melalui surat ini, kami mengajukan penawaran harga untuk jasa tersebut, dengan besaran total sebesar Rp29.000.000,00 (terbilang dua puluh sembilan juta rupiah).

Harga tersebut merupakan pilihan untuk WiFi Unlimited Premium. Sedangkan untuk paket pilihan lainnya telah kami sebutkan rinciannya pada proposal terlampir.

Demikian kami sampaikan surat pengajuan kerjasama penyediaan jasa ini. Semoga kedua perusahaan ini dapat mencapai kesepakatan kerjasama yang baik.

Jakarta, 16 Oktober 2019

Hormat Kami,

CV. Putra Jaya Network

 

Indra Ade Aryanto S.T

Manajer Marketing

 

  • Contoh Surat Permohonan Kerjasama Sponsor

Untuk mengirimkan sebuah proposal pengajuan sponsor, dibutuhkan surat pengantar untuk memastikan proposal tersebut akan dipahami maksudnya. Berikut adalah salah satu contohnya.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANUNIVERSITAS BINA NUSANTARA BARAT, FAKULTAS PENDIDIKAN

PANITIA ACARA SENSASI MILLENNIAL 2019

Jl. Fatmawati no 7, Cilandak, Jakarta Selatan.

Telp: (021) 678 6544 , Website: www.ubnjakarta.ac.id

Jakarta, 15 Oktober 2019

No: 812/CC/165/765/2019

Hal: Permohonan Kerjasama Sponsor

Lamp: 1 eksemplar proposal kegiatan

 

Kepada Yth

Pimpinan CV. Putra Jaya Network

Jl. Kebon Kelapa No 78, Kelurahan Kembangan

Jakarta Barat

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini kami menyampaikan bahwa Panitia Pelaksana yang dibentuk oleh Fakultas Pendidikan Universitas Bina Nusantara Barat akan melaksanakan sebuah kegiatan yang bertajuk SENSASI MILLENNIAL 2019. Acara tersebut akan dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal: Minggu, 10 November 2019

Tempat: Gedung Graha Mustika Universitas Universitas Bina Nusantara Barat

Bentuk Acara: Konser Musik dan Penggalangan Dana Untuk Bencana Alam

Oleh karena itu, kami mengajukan permohonan kerjasama sebagaimana terlampir pada proposal.

Demikian kami menyampaikan pengajuan kerjasama penting ini. Terima kasih.

Mengetahui,

Pembina Acara,

 

Dr. Budi Wahyu I. M.Ed

NIP: 089 563 752 757

 

Ketua Pelaksana,

 

Anggi Riani Putri

NIM: 116 987 8768

 

Contoh Surat Permohonan Dinas

Contoh-Surat-Permohonan-Dinas

Bagi seorang pegawai, tiap perizinan untuk keluar lembaga harus didahului dengan surat tugas. Sebelum surat tugas dibuat, surat pengajuan dinas perlu dibuat terlebih dahulu. Inilah contoh surat permohonan dinas sebagai acuan yang dapat dimodifikasi.

PEMERINTAH KABUPATEN MALANGDINAS PENDIDIKAN

UNIT PENDIDIKAN KECAMATAN DONOMULYO

Alamat: Jl. Raya Donomulyo No 46, Dusun Kalipakem, Kelurahan Donomulyo

Telp (0341) 6433 544, Email: dinpendonomulyo@yahoo.com

Malang, 25 Oktober 2019

No: 06/UPKD/SD/875/2019

Perihal: Permohonan Dinas Tenaga Guru

Lamp: 1 lembar

 

Kepada Yth

Kepala SMP Negeri 1 Donomulyo

Jl. Raya Donomulyo No 2, Malang

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Uji Coba Ujian Nasional Berbasis Komputer 2020 di SMP Islam Al Ikhlas Donomulyo, maka kami memohon perizinan dinas untuk:

Nama: Agus Irwan Ahmad S.Pd

NIP: 096 6446 5443 67

Jabatan: Guru TIK

Yang bersangkutan diharapkan dapat menjadi tenaga operator selama acara tersebut, yang akan berlangsung pada:

Hari: Senin – Selasa

Tanggal: 21 Oktober – 22 Oktober 2019

Waktu: 08.00 WIB – 12.00 WIB

Tempat: Gedung Aula SMP Islam Al Ikhlas Donomulyo

Atas kerjasama Anda, kami menyampaikan terima kasih.

Ka. Unit Pendidikan

Kecamatan Donomulyo

 

Farhan Yuniarto M. S.Pd, M.Pd

NIP: 198 8643 5453 5 44

 

Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Contoh-Surat-Permohonan-Beasiswa

Saat ini, ada banyak cara untuk tetap belajar meskipun ada berbagai kendala dalam hal finansial. Salah satunya adalah dengan adanya program beasiswa, yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga. Untuk pengajuannya, dibutuhkan sebuah surat resmi.

  • Contoh Surat Permohonan Beasiswa Tidak Mampu

Indonesia memiliki perhatian yang cukup besar pada pendidikan anak bangsa. Salah satunya adalah dengan pemberian beasiswa untuk pelajar atau mahasiswa kurang mampu. Inilah salah satu contoh surat permohonan beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu.

 Jember, 19 Oktober 2019

Perihal: Permohonan Beasiswa

 

Kepada Yth

Ibu Gubernur Jawa Timur

C/q: Biro Kesejahteraan Masyarakat

Di Surabaya

 

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi pemberian bantuan dana pendidikan (beasiswa) dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur kepada mahasiswa yang kurang mampu, maka saya:

Nama: Arif Budianto Ali

NIM: 118 7549 7537

Tempat Lahir: Jember

Tanggal Lahir: 31 Januari 2000

Alamat: Jalan Lawu Gang 9 No 43, Jember

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Instansi Pendidikan: Universitas Bina Bangsa Jember

Fakultas: MIPA

Jurusan: Pendidikan Matematika

Semester: 3

Dengan ini mengajukan permohonan beasiswa untuk kategori tersebut. Untuk mendukung pengajuan ini, saya telah melampirkan beberapa dokumen, diantaranya:

1.       Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

2.       Surat Keterangan Aktif Kuliah

3.       Fotokopi KHS selama 3 semester

4.       Fotokopi keterangan nominal UKT

5.       Fotokopi KTP

6.       Fotokopi KTP orang tua

7.       Fotokopi KK

8.       Surat Pernyataan Tidak Menuntut Hasil Seleksi

9.       Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

10.   Pas Foto 3 x 4 sebanyak 6 lembar

Demikianlah surat permohonan ini saya buat, besar harapan saya Ibu Gubernur dan Pemda Jatim bersedia membantu meringankan beban biaya pendidikan saya. Terima kasih saya ungkapkan atas perhatian Ibu.

Pemohon

 

Arif Budianto Ali

NIM: 118 7549 7537

 

  • Contoh Surat Permohonan Beasiswa Kuliah

Dalam sebuah universitas, biasanya ada banyak tawaran beasiswa untuk mahasiswa. Setiap beasiswa yang diberikan pasti membutuhkan syarat tertentu. Salah satunya adalah adanya surat pengajuan seperti berikut ini.

Perihal: Permohonan Beasiswa

 

Kepada Yth

Rektor Universitas Nusantara Jaya

Banyuwangi

 

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi terkait Beasiswa PPA, maka saya, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Rizka Ayu Ningsih

NIM: 118 753 753 75

Tempat Lahir: Banyuwangi

Tanggal Lahir: 14 Januari 2000

Alamat: Jl. Nusa Penida Gang 4 No 45, Banyuwangi

Jenis Kelamin: Perempuan

Instansi Pendidikan: Universitas Nusantara Jaya, Banyuwangi

Fakultas: Ilmu Keolahragaan

Jurusan: Pendidikan Kesehatan dan Olahraga

Semester: 3

Dengan ini mengajukan permohonan beasiswa PPA. Untuk mendukung pengajuan ini, saya telah melampirkan beberapa dokumen, diantaranya:

1.       Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

2.       Fotokopi KHS selama 3 semester

3.       Fotokopi keterangan nominal UKT

4.       Fotokopi KTP

5.       Surat Pernyataan Tidak Menuntut Hasil Seleksi

6.       Pas Foto 3 x 4 sebanyak 6 lembar

Demikianlah surat permohonan ini saya buat, besar harapan saya Bapak Rektor bersedia memasukkan saya dalam daftar penerima Beasiswa PPA. Terima kasih saya ungkapkan atas perhatian Bapak.

Banyuwangi, 29 Oktober 2019

Pemohon,

 

Rizka Ayu Ningsih

NIM: 118 753 753 75

 

  • Contoh Surat Permohonan Penurunan UKT

Saat ini telah banyak Universitas yang menggunakan sistem UKT dalam pembayaran biaya kuliah. Namun terkadang ada ketidaksesuaian antara kondisi nyata seorang mahasiswa dengan UKT yang ditentukan. Bila itu terjadi, contoh surat berikut dapat dijadikan acuan untuk membuat pengajuan peninjauan kembali.

Madiun, 20 Oktober 2019

Yth. Dekan Fakultas Ilmu Budaya

Universitas Mercusuar Jaya Madiun

 

Dengan hormat,

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Raditya Andi Prawira

NIM: 119 184 0023

Program Studi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Jepang

Semester: 1 (satu)

Memohon untuk adanya peninjauan kembali dan penurunan biaya uang kuliah tunggal (UKT). Adapun alasan penurunan biaya UKT yang saya ajukan berdasarkan pertimbangan sebagai berikut:

·         Saya merasa UKT yang ditentukan untuknya sebesar Rp6.000.000,00 terlalu tinggi.

·         Ayah saya mengalami kecelakaan dengan luka serius pada tanggal 1 Oktober 2019, sehingga diperkirakan tidak mampu bekerja sampai waktu yang tidak dapat ditentukan.

·         Di dalam keluarga saya ada 3 orang adik yang juga bersekolah, tanpa beasiswa.

Dengan kondisi tersebut, ibu saya yang tidak memiliki pekerjaan tetap akan sangat sulit membiayai UKT sebesar nominal yang telah saya sebutkan di atas. Saya berharap Ayahanda Dekan Fakultas Ilmu Budaya bersedia meninjau kembali dan melakukan penurunan UKT untuk saya.

Demikian saya menyampaikan surat permohonan peninjauan dan penurunan UKT ini. Terima kasih untuk perhatian dan pertimbangan yang Ayahanda Dekan berikan.

Mengetahui,

Ketua prodi Pendidikan Bahasa & Sastra Jepang

 

Dr. Indrayani Sri Utami M.Ed

Nip: 198 404 090 009 78

 

Pemohon

 

Raditya Andi Prawira

NIM: 119 184 0023

 

 

Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah

Contoh-Surat-Permohonan-Pindah-Sekolah

Sepanjang hidup seseorang, perpindahan sekolah mungkin saja terjadi karena satu dan lain hal. Bila hal itu terjadi, surat pengajuan pindah sekolah dapat dibuat sesuai contoh berikut ini.

Yth Kepala SMP An NurJombang

 

Dengan hormat, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ardian Johan Indrawan

Alamat: Perum Bumi Palapa Blok G No 5, Jombang

Pekerjaan: Pilot

Wali dari siswa:

Nama: Fitria Indah Indrawan

Nomor Induk: 2458

Jenis Kelamin: Perempuan

Siswa Kelas: VIII

 

Mengajukan permohonan pindah tempat belajar untuk siswa tersebut di atas dari SMP Al Ikhlas Padang Panjang ke SMP An Nur, Jombang. Perpindahan sekolah ini dilakukan dengan alasan mengikuti perpindahan domisili. Bersama surat ini, kami menyertakan dokumen lengkap yang digunakan untuk persyaratan masuk ke SMP An Nur, diantaranya akte kelahiran dan raport yang bersangkutan.

Atas perhatian Bapak Kepala Sekolah, kami mengucapkan terima kasih.

Jombang, 8 Juli 2019

Pemohon

 

Ardian Johan Indrawan

 

Contoh Surat Permohonan Mutasi Kerja

Contoh-Surat-Permohonan-Mutasi-Kerja

Permohonan mutasi kerja biasanya dilakukan oleh pegawai yang telah cukup masa kerjanya. Berikut adalah contoh surat pengajuannya.

Malang, 7 Oktober 2019

Perihal: Permohonan Mutasi Kerja

 

Kepada Yth

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang

C/q: Urusan Kepegawaian

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Arif Yudi Ginanjar

NIP: 185 532 7643 7433

Pangkat, Gol. Ruang: Pengatur / II C

Jabatan: Pengarsip Umum

Unit Kerja: MIN Malang 1

 

Dengan ini melakukan pengajuan permohonan pindah tugas dari Staf Pengarsipan di MI Negeri Malang 1 ke Pegawai Kantor Urusan Agama (KUA). Adapun maksud dan tujuan kepindahan saya

ini adalah untuk menyesuaikan minat dan disiplin ilmu yang saya miliki serta lebih meningkatkan pengalaman kerja dan jenjang karir.

Sebagai dokumen pelengkap, bersama ini saya juga melampirkan:

1. Fotocopy SK Terakhir

2. Fotocopy DP3 Tahun Terakhir

3. Fotocopy Ijazah Jenjang PendidikanTerakhir

4. Fotocopy Kartu Pegawai

Demikian saya menyampaikan surat permohonan ini. Besar harapan saya, Bapak akan mengabulkannya. Terima kasih.

Hormat Saya,

 

Arif Yudi Ginanjar

185 532 7643 7433

 

Cara Membuat Surat Permohonan Dengan Mudah

Cara-Membuat-Surat-Permohonan-Dengan-Mudah

Berbagai contoh surat permohonan tentu memudahkan proses penulisan yang perlu dilakukan. Dalam pembahasaan, surat permohonan ini juga bisa diganti tajuknya menjadi surat penawaran, surat permintaan, dan sebagainya. Penggantian ini dapat dilakukan sesuai dengan isi dari surat tersebut.

Terima kasih telah berkunjung ke website ini. Semoga menambah wawasan dan kemudahan dalam menulis surat.

Baca juga:

Content Protection by DMCA.com