Teknik Dasar Bola Voli

Posted on

Olahraga bola voli tentunya sudah sangat familiar di Indonesia, olahraga ini sudah diajarkan sejak SD sampai SMA. Voli termasuk salah satu olahraga tim yang dapat dilakukan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan dengan jumlah pemain setiap tim 6 orang.

Olahraga yang satu ini juga masuk dalam setiap event olimpiade olahraga tingkat nasional maupun internasional. Piala dunia boa voli juga selalu diadakan setiap 4 tahun sekali, piala dunia bola voli dibagi menjadi 2 kategori yaitu putra dan putri. Jika ingin mengenal lebih dalam lagi mengenai bola voli, di sini adalah tempat yang tepat karena akan dijelaskan secara lengkap mulai dari sejarah sampai juara dunia bola voli saat ini.

Sejarah Munculnya Olahraga Bola Voli

Sejarah-Bola-Voli

Sejarah singkat bola voli berawal dari pertemuan antara Jame Naismith sebagai penemu bola basket dan William G Morgan yang merupakan penemu permainan bola voli. Pada mulanya Morgan menamai permainan ini dengan nama Mintonette. Olahraga ini merupakan gabungan antara tenis, bola tangan, basket dan baseball.

Sebelum berganti nama menjadi volley ball, Mintonette hanya dimainkan oleh anggota YMCA saja. Karena anggota YMCA bukanlah anak muda lagi maka permainan ini dibuat tidak terlalu aktif. Nama bola voli atau volley ball sendiri dilakukan setelah olahraga ini didemonstrasikan dalam konferensi YMCA.

Dalam demonstrasi ini, Morgan menjelaskan bahwa olahraga ini dapat dimainkan di dalam ataupun di luar ruangan. Setiap tim dari permainan ini adalah 5 orang bahkan bisa lebih. Setelah demonstrasi ini nama permainan Mintonette berubah menjadi volley ball.

Peralatan Olahraga Bola Voli

Ukuran-Lapangan-Bola-Voli

Secara umum ada 4 peralatanbola voli yang harus tersedia yaitu lapangan, net, bola, dan antena. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan mengenai masing-masing peralatan dalam permainan bola voli:

1. Lapangan

Standar ukuran lapangan bola voli adalah 9 x 18 meter dengan ketebalan garis kurang lebih 5 cm. Di dalam lapangan juga terdapat garis batas untuk menyerang, garis batas ini panjangnya 3 meter di ukur dari garis tengah. Untuk dijadikan tempat pertandingan bola voli yang sah maka lapangannya harus memenuhi standar ini.

2. Net

Peralatan utama yang harus ada dalam permainan bola voli adalah net. Tinggi net yang digunakan dalam permainan bola voli dibedaka menjadi dua jenis yaitu net untuk bola voli putra dan net untuk bola voli putra. Untuk bola voli putra tinggi netnya adalah 2,43 m, sedangkan untuk putri tingginya 2,24 m.

3. Bola

Permainan bola voli menggunakan bola dengan standar tersendiri. Bola voli yang layak digunakan untuk pertandingan harus mempunyai ukuran, berat, dan bahan yang standar.

Ukuran standar bola voli adalah 65 sapai dengan 67 cm untuk bagian diameternya. Sedangkan berat dari bola voli minimal adalah 260 gram dan maksimal 268 gram. Bola voli juga harus terbuat dari kulit ataupun kulit sintetis yang aman dengan tekanan udara dalam bola maksimal 0,325 kg/cm2.

4. Antena

Tidak banyak yang mengetahui bahwa salah satu peralatan yang ada dalam permainan bola voli adalah antena. Fungsi dari antena ini adalah untuk membatasi agar bola tidak melebar ke samping. Antena ini biasanya ada pada bagian ujung tas tiang.

Teknik Dasar Olahraga Bola Voli

Teknik-Dasar-Bola-Voli

Dalam permainan bola voli setiap pemainnya harus menguasai 4 teknik dasar. Keempat teknik dasar permainan bola voli ini yaitu:

1. Passing

Teknik pertama yang harus dikuasai oleh setiap pemain bola voli adalah passing. Ada dua jenis passing yaitu passing bawah dan passing atas, keduanya wajib dikuasai oleh semua pemain.

Teknik passing atas merupakan teknik passing yang dilakukan di atas kepala dengan menggunakan ujung jari kedua tangan. Adapun gerakan dari passing atas ini yaitu:

  • Kaki dibuka selebar bahu dan ditekuk sedikit
  • Letakkan kedua tangan di atas dahi dengan posisi jari telunjuk dan ibu jari membentuk segitiga.
  • Fokuslah pada arah bola datang, lalu setelah bola datang terimalah bola dengan jari tangan lalu tekuk pergelangan tangan kedepan.
  • Setelah bola diterima dorong bola dengan gerakan pergelangan tangan ke arah keluar dengan diikuti meluruskan siku
  • Agar dorongan kuat jangan lupa untuk sedikit berjinjit

Teknik passing yang kedua dalah passing bawah. Jenis passing ini dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu tangan dan menggunakan dua tangan. Passing bawah dilakukan jika bola yang diterima terlalu rendah.

Teknik passing bawah ini dilakukan dengan menggunakan bagian atas lengan tangan. Bola yang akan jatuh ke tanah dipukul ke arah pemain lain atau lawan dengan menggunakan plengan bagian atas. Teknis dasar passing ini harus dikuasai semua pemain inti ataupun cadangan.

2. Servis

Servis adalah awalan ketika permainan bola voli akan dimulai. Teknik servis dalam bola voli bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu serbis mengapung, servis overhand, dan jumping servis. Teknik servis yang paling sering digunakan adalah jumping servis karena lebih mudah dan sudah pasti masuk ke daerah lawan.

Melakukan servis juga harus sesuai dengan aturan yaitu tidak boleh menginjak garis batas. Jika pemain menginjak garis batas maka dinyatakan tidak sah dan lawan akan mendapatkan skor.

3. Blocking

Teknik dasar blocking adalah teknik untuk mencegah dan menahan serangan lawan. Biasanya teknik ini dilakukan oleh pemain yang berada di depan net dan mempunyai tinggi badan yang cukup. Untuk melakukan teknik ini bisa dilakukan oleh 1 pemain ataupun 2 sampai 3 pemain.

Gerakan blocking diawali dengan menekuk lutut kemudian melompat dengan tangan berada di depan net. Pada akhir gerakan ini daratkan kaki dengan agak mengeper untuk menghindari cedera.

4. Smash

Smash merupakan teknik serangan dengan memukul bola dengan keras agar masuk ke dalam area lawan. Teknik ini dilakukan agar lawan tidak bisa mengembalikan bola kembali. Untuk melakukan teknik ini tidak mudah tapi harus dipelajari oleh setiap pemaian.

Peraturan Olahraga Bola Voli

Peraturan-Bola-Voli

Peraturan permainan bola voli berbeda dengan permainan lainnya. berikut ini peraturan yang ada dalam permainan bola voli:

1. Peraturan Lama Bermain

Waktu permainan bola voli tidak dibatasi berapa jam atau menit, melainkan dibatasi dalam jumlah set. Maksimal satu permainan bola voli adalah 3 set, tim yang memenangkan 2 set akan keluar menjadi pemenang.

2. Peraturan Pemain Bola Voli

Jumlah pemain bola voli satu tim total adalah 10 pemain dengan 6 orang sebagai tim inti dan 4 orang sebagai pemain cadangan. Pergantian pemain bisa dilakukan kapan saja pada saat permainan berlangsung. Untuk memulai permainan satu tim minimal harus ada 4 orang. Untuk mengatur jalannya permainan terdapat 1 wasit yang dibantu oleh 4 orang yang bertugas sebagi hakim garis dan pencatat skor.

Juara Piala Dunia Bola Voli Putra

Juara-Bola-Voli-Pria

Piala dunia bola voli putra diadakan pertama kali pada tahun 1965 di Polandia. Sejak saat itu setiap 4 tahun sekali diadakan pila dunia bola voli yang diselenggarakan oleh FIVB yang merupakan organisasi bola voli sedunia. Adapun juara piala dunia bola voli putra dari tahun 1965 sampai sekarang yaitu:

  1. Tahun 1965 : Uni Soviet
  2. Tahun 1969 : Jerman Timur
  3. Tahun 1977 : Uni Soviet
  4. Tahun 1981 : Uni Soviet
  5. Tahun 1985 : Amerika Serikat
  6. Tahun 1989 : Kuba
  7. Tahun 1991 : Ini Soviet
  8. Tahun 1995 : Italia
  9. Tahun 1999 : Rusia
  10. Tahun 2003 : Brazil
  11. Tahun 2007 : Brazil
  12. Tahun 2011 : Rusia
  13. Tahun 2015 : Amerika Serikat
  14. Tahun2019 : Amerika Serikat

Juara Piala Dunia Bola Voli Putri

Juara-Bola-Voli-Putri

Setelah sukses menyelenggarakan piala dunia bola voli putra, FIVB menyelenggarakan piala dunia bola voli putri pada tahun 1973. Piala dunia bola voli putri pertama kali di Uruguay dan selanjutnya dilaksanakan 4 tahun sekali di Jepang. Adapun daftar juara piala dunia bola voli putri ini yaitu:

  1. Tahun 1973 : Uni Soviet
  2. Tahun 1977 : Jepang
  3. Tahun 1981 : Tiongkok
  4. Tahun 1985 : Tiongkok
  5. Tahun 1989 : Kuba
  6. Tahun 1991 : Kuba
  7. Tahun 1995 : Kuba
  8. Tahun 2003 : Tiongkok
  9. Tahun 2007 : Italia
  10. Tahun 2011 : Italia
  11. Tahun 2015 : Tiongkok
  12. Tahun 2019 : Tiongkok

Kesimpulan

Olahraga bola voli termasuk salah satu permainan 2 tim dengan 1 tim berjumlah 6 orang sebagai pemain inti dan 4 orang sebagai pemain cadangan. Permainan ini adalah perpaduan antara olahraga basket, tenis, handball, dan baseball. Permainan ini dapat dilakukan di dalam ruangan ataupun luar ruangan.

Sekarang sudah semakin jelas bukan bagaimana permainan bola voli sebenarnya dan bagaimana sejarahnya? Semoga bisa menambah wawasan mengenai permainan ini.


Baca Juga :

Content Protection by DMCA.com