Berita Acara Adalah

Posted on

VOI.Co.Id –  Setiap organisasi memiliki banyak kegiatan yang harus diselenggarakan dengan baik dan didokumentasikan secara benar. Salah satu dokumentasi yang harus ada dalam sebuah acara resmi organisasi adalah berita acara. Sebenarnya, ada banyak jenis dan contoh berita acara yang digunakan untuk keperluan yang berbeda.

Pada sebuah rapat penting yang dihadiri pimpinan, anggota, serta klien, keberadaan notulensi rapat dalam bentuk berita acara wajib ada. Jika pada kemudian hari dibutuhkan, berita acara ini dapat menjadi arsip yang berguna. Dalam artikel ini, akan dijelaskan apa itu berita acara, jenis, struktur, fungsi, syarat sah dan berbagai contohnya.

Pengertian Berita Acara

Pengertian-Berita-Acara-Adalah

Sebuah berita acara adalah catatan yang menjadi bukti resmi suatu pernyataan dan pengesahan yang bersifat legal di mata hukum. Sebuah berita acara penting untuk mengabadikan terjadinya suatu peristiwa. Seseorang yang kehilangan KTP di jalan, harus menghubungi pihak kepolisian untuk meminta berita acara kehilangan. Ini nantinya menjadi syarat pengurusan KTP baru.

Setiap berita acara biasanya diperbanyak dan dilegalisasi beberapa kali, sesuai dengan jenis dan kebutuhan pihak terkait. Jika masing-masing pihak sudah mendapatkan salinannya, berita acara asli akan disimpan sebagai arsip oleh lembaga yang mengeluarkannya. Jika pada masa depan dibutuhkan, harapannya berita acara tersebut dapat dilihat kembali di bagian arsip.

Jenis dan Fungsi Berita Acara

Jenis-dan-Fungsi-Berita-Acara

Berita acara banyak dibutuhkan di berbagai waktu dan kondisi, maka surat ini memiliki berbagai jenis dan fungsi yang berbeda pula. Berikut adalah beberapa jenis berita acara yang sering digunakan beserta fungsinya.

  • a) Berita Acara Rapat

Berita acara rapat biasanya dibuat oleh notulen rapat. Secara umum isinya memuat waktu dan tempat berlangsungnya rapat, serta poin-poin hasil rapat yang telah disepakati bersama. Berita acara ini biasanya cukup ditandatangani oleh sekretaris dan pimpinan rapat. Berita acara ini penting untuk mendokumentasikan hasil rapat secara legal.

  • b) Berita Acara Serah Terima

Ada tiga jenis berita acara serah terima yang biasanya dibuat. Yang pertama adalah berita acara untuk serah terima jabatan. Fungsi dari berita acara ini adalah sebagai bukti legal bahwatelah terjadi serah terima jabatan. Surat ini harus diketahui dan ditandatangani oleh orang yang memegang jabatan, orang yang diserahi jabatan, serta pimpinan yang menyetujui pemindahan jabatan tersebut.

Yang kedua adalah berita acara untuk serah terima hasil pekerjaan. Berita acara ini dibuat sebagai bukti bahwa suatu pekerjaan yang ditugaskan oleh pihak pemberi kerja telah selesai dilakukan oleh pihak pelaksana. Biasanya serah terima ini dibuat di akhir masa sebuah proyek, saat hasil pekerjaan sudah terlihat dan rampung.

Yang ketiga adalah berita acara untuk serah terima barang. Tiap organisasi legal yang melakukan perpindahan barang (baik pembelian maupun penjualan), pasti membutuhkan sebuah bukti serah terima. Contoh dalam golongan ini adalah berita acara serah terima barang pada seorang guru yang memesan 100 set bangku dan meja untuk sebuah sekolah.

  • c) Berita Acara Kejadian

Berita acara kejadian adalah teks yang menggambarkan kronologi peristiwa tertentu. Peristiwa ini bisa mencakup peristiwa perampokan, pembunuhan, kecelakaan, kehilangan, dan masih banyak lagi. Fungsi berita acara ini sangat banyak, di antaranya adalah sebagai salah satu alat bukti kepolisian, rumah sakit, dan sebagainya.

  • d) Berita Acara Kegiatan

Setelah sebuah kegiatan baik formal maupun informal dilaksanakan, ada baiknya membuat berita acara kegiatan sebagai dokumentasi legal. Kegiatan yang dimaksud bisa bermacam-macam, mulai seminar, workshop, diskusi ilmiah, pagelaran seni, pertandingan olahraga, hingga sebuah konser. Isi berita acara ini dapat mencakup berbagai keterangan terkait pencapaian atau evaluasi dari sebuah kegiatan.

  • e) Berita Acara Kesepakatan

Berita acara kesepakatan dibuat untuk mengabadikan hasil kesepakatan berbagai pihak yang hadir dalam suatu pertemuan. Berita acara ini bersifat mengikat, sehingga orang-orang yang menyetujuinya harus berkomitmen untuk menjalankan semua pasal dalam berita acara kesepakatan.

  • f) Berita Acara Pemeriksaan

Berita acara pemeriksaan merupakan notulensi legal yang diterbitkan oleh pihak kepolisian. Berita acara pemeriksaan, atau yang lebih akrab disingkat sebagai BAP, mendokumentasikan hasil pemeriksaan polisi terhadap saksi, tersangka, atau korban dalam suatu kejadian. Berita acara ini juga dapat berfungsi sebagai salah satu bukti legal di mata pengadilan.

Berbeda dengan berita acara lainnya yang cenderung pendek, sebuah BAP bisa jadi sangat panjang, tergantung kondisi pemeriksaan. Di dalam BAP terkandung pertanyaan penyidik dan jawaban pihak yang diperiksa, secara rinci. Setelah selesai dibuat, BAP harus ditandatangani penyidik dan pihak yang diperiksa.

Selain untuk mendokumentasikan penyidikan, BAP juga memiliki banyak fungsi lain. Diantaranya adalah untuk bukti penangkapan, penggeledahan, penyitaan benda, penahanan, pemeriksaan surat, dan pemeriksaan lokasi kejadian.

Ciri-Ciri Berita Acara

Ciri-Ciri-Berita-Acara

Meskipun ada banyak jenis berita acara, ada kesamaan yang menjadi ciri-cirinya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan bahasa baku yang mudah dimengerti
  • Dibuat sesuai fakta, tanpa ada tambahan apapun
  • Ditulis dengan lengkap, padat dan jelas
  • Menampilkan detail keterangan waktu dan tempat peristiwa atau kegiatan
  • Dibuat segera setelah sebuah peristiwa terjadi atau kegiatan dilaksanakan
  • Ditandatangani oleh pihak-pihak yang bersangkutan
  • Menggunakan materai (khusus untuk yang akan digunakan untuk keperluan pengadilan)

Contoh Berita Acara Rapat

Contoh-Berita-Acara-Rapat

Dalam sebuah berita acara rapat, harus ada keterangan waktu, tempat, agenda, serta hasil rapat. Berita acara dapat juga disebut sebagai notulensi resmi yang nantinya akan disimpan dalam arsip. Ada beberapa contoh berita acara terkait rapat, diantaranya sebagai berikut.

  • Contoh Berita Acara Rapat Perusahaan

Salah satu contoh berita acara rapat adalah notulensi resmi pada acara rapat di sebuah perusahaan. Biasanya berita acara ini dicetak di kertas yang telah dilengkapi kop surat sesuai lembaga yang melaksanakan rapat.

BERITA ACARA

RAPAT PENJELASAN PEKERJAAN

Nomor

Tanggal

Pekerjaan

Nama Kegiatan

Lampiran

: 19/98.53.8/PDR/BAPP/Per/2019

: 21 Oktober 2019

: Pengadaan Media dan Alat Peraga

: Penyelenggaraan Koordinasi Media Pengadaan Alat Peraga

: Daftar media dan alat peraga beserta perusahaan pemenang tender

Pada hari Senin, 21 Oktober 2019, bertempat di Aula AVA 598 Lantai 4, Kampus Universitas Mercusuar, Jember, dimulai pukul 08.00, panitia pengadaan barang menyelenggarakan rapat dengan uraian sebagai berikut:

A.      Rapat dipimpin oleh Indra Gunawan sebagai ketua panitia.

Anggota panitia yang hadir:

1.       Irhamullah

2.       Zainur Razikin

3.       Indah Kusuma Dewi

4.       Istiara Annisa

B.      Perusahaan yang telah memenangkan tender sebanyak 15 perusahaan dan yang menghadiri rapat penjelasan pekerjaan sebanyak 14 perusahaan (lihat daftar hadir pada lampiran 1).

C.      Poin-poin yang dibicarakan:

1.       Sosialisasi daftar media dan alat peraga beserta perusahaan pemenang tender

2.       Lembar konfirmasi kualitas dan kuantitas barang

3.       Penjelasan teknis

4.       Formulir kualifikasi

D.      Hasil dari rapat ini, serta daftar pertanyaan dan jawaban dalam diskusi, secara rinci disampaikan dalam lampiran 2.

E.       Rapat ditutup pada pukul 13.30 WIB.

 

Ketua Panitia

Indra Gunawan

Mengetahui,

Supervisor Pengadaan Barang

Rindu Hafidza Ifti

  • Contoh Berita Acara Rapat Anggota Tahunan Koperasi

Dalam Rapat Anggota Tahunan yang dilakukan sebuah koperasi, banyak keputusan dan kesepakatan yang dihasilkan. Hal ini perlu diabadikan dalam sebuah berita acara

BERITA ACARA

HASIL RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT)

Pada hari ini, Senin, 21 Oktober 2019, bertempat di Balai RW 04 Kelurahan Perak, telah diadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2019. RAT diikuti oleh pengurus, anggota, pengawas, serta tamu undangan yakni ketua dan wakil Dinas Koperasi Kota Lawe. Hasil RAT tahun 2019 dapat dijabarkan sebagai berikut:

A.      Peserta RAT menerima dan mendapatkan salinan LPJ (Laporan Pertanggungjawaban) Pengurus Koperasi Simpan Pinjam SEJATI SEHATI tahun 2019.

B.      Peserta RAT menerima dan mendapatkan salinan LPJ (Laporan Pertanggungjawaban) Pengawas Koperasi Simpan Pinjam SEJATI SEHATI tahun 2019.

C.      Hasil musyawarah peserta RAT menyepakati susunan kepengurusan periode selanjutnya, yakni 2019-2024 adalah sebagai berikut:

·         Pengurus Harian

Ketua: Eksanti Ikrimah Gayo

Wakil Ketua: Andi Junaedi Arief

Sekretaris 1: Rinda Endri Wulandari

Sekretaris 2: Ardian Eko Putrama

Bendarahara: Wachid Ahmad Sudianto

 

·         Badan Pengawas

Ketua: Muhammad Munawwar Wisesa

Anggota: Muflihah Ayu Dian

D.      Peserta RAT siap mendukung dan mensukseskan berbagai program pengembangan Koperasi Simpan Pinjam SEJATI SEHATI.

Demikian berita acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2018/2019 ini dibuat dengan sebaik-baiknya tanpa ada rekayasa.

 

Atas nama peserta RAT,

1.       Eksanti Ikrimah Gayo

2.       Andi Junaedi Arief

3.       Muhammad Munawwar Wisesa

4.       Faizah Fitriani

5.       Arfan Irama

Lawe, 21 Oktober 2019

 

: (__________________)

: (__________________)

: (__________________)

: (__________________)

: (__________________)

  • Contoh Berita Acara Rapat Kelulusan

Dalam berita acara rapat kelulusan, biasanya di bagian atas kertas telah tercetak kop khusus sebagai identitas. Jika belum ada, maka perlu dibuat kop khusus dulu menurut peraturan sekolah masing-masing. Baru setelah itu gunakan contoh berikut sebagai acuan.

PENETAPAN KRITERIA KELULUSAN SISWA SMP KELAS IX

SMP NEGERI 1 CISARUA

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NO 543.9/143/996.775.97/2019

Acara ini diselenggarakan berdasarkan UU nomor 20 Tahun 2003 yang memuat peraturan terkait Sistem Pendidikan Nasional, dan PP no 19 Tahun 2005. Dalam rapat ini, dibahas beberapa hal terkait:

A.      Kriteria terkait lulus tidaknya peserta UASBN berhak ditetapkan oleh setiap sekolah atau madrasah yang peserta

didiknya mengikuti UASBN.

B.      Syarat-syarat kelulusan peserta yang telah mengikuti UASBN ditetapkan melalui Rapat Dewan Guru yang mencakup:

·         Nilai minimum setiap mata pelajaran yang diujikan

·         Nilai rata-rata ketiga mata pelajaran

Acara ini diselenggarakan pada 22 Mei 2019, bertempat di Aula SMP Negeri 1 Cisarua, pada pukul 08.00-11.00. Diskusi ni dihadiri oleh 29 orang peserta rapat.

Dari hasil musyawarah dalam kegiatan ini, memutuskan bahwa Nilai Akhir (NA) kelulusan adalah:

Bahasa Indonesia: 3.50

Bahasa Inggris: 3.50

Matematika: 3.12

IPA: 3.00

Kelulusan UASBN ini nantinya akan digunakan sebagai bagian dari pertimbangan penentuan lulus atau tidaknya seorang peserta didik dari sekolah atau madrasah.

 

Ketua Komite

 

 

Basuki Rahmat, S.T

Cisarua, 21 Oktober 2019

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

Syafrizal Yudi S.Pd, M.Pd.

Contoh Berita Acara Serah Terima

Contoh-Berita-Acara-Serah-Terima

Acara serah terima biasanya selalu melibatkan minimal dua pihak yang terlibat. Berita acara cukup dibuat oleh salah satu pihak untuk ditandatangani keduanya.

  • Contoh Berita Acara Serah Terima Jabatan

Contoh berita acara serah terima yang pertama adalah terkait pemindahan jabatan. Secara rinci, berita acara dapat dibuat sesuai acuan berikut ini.

BERITA ACARA SERAH TERIMA JABATAN

KETUA UKM KEPENULISAN UNIVERSITAS VALENCIA

No: 768/I/SERTIJAB/9.II/2019

Pada hari Senin, 21 Oktober 2019, bertempat di Aula Fakultas Sastra Universitas Valencia, Bantur, diselenggarakan serah terima jabatan ketua UKM Kepenulisan Universitas Valencia. Mengingat bahwa batas kepengurusan adalah tanggal 22 Oktober 2019, maka kami masing-masing yang bertanda tangan di bawah ini:

I.            Nama

NIM

Fakultas/Jurusan

Jabatan

 

II.            Nama

NIM

Fakultas/Jurusan

Jabatan

: Agung Indra Lexell

: 20168004415

: Sastra/Sastra Indonesia

: Ketua UKM Kepenulisan Universitas Valencia, yang kemudian disebut pihak kesatu.

: Eliana Yusi

: 10177006675

: Sastra/Sastra Inggris

: Anggota UKM Kepenulisan Universitas Valencia, yang kemudian disebut pihak kedua.

 

A.      Pihak kesatu dengan ini menyerahkan hak dan kewajiban serta tanggung jawab sepenuhnya kepada pihak kedua

B.      Pihak kedua menerima segala hak, kewajiban serta tanggung jawab atas UKM Kepenulisan Universitas Valencia

C.      Serah terima jabatan dan tugas ini sah dan dilakukan di hadapan sebagian besar anggota UKM Kepenulisan Universitas Valencia.

D.      Jika ada hal yang kurang jelas terkait kepentingan organisasi UKM Kepenulisan Universitas Valencia, maka pihak kedua dapat menghubungi pihak pertama.

 

Demikian Berita Acara Serah Terima Jabatan ini dibuat dengan sesungguhnya, untuk digunakan sesuai kebutuhan masing-masing pihak.

 

 

Pihak 1                                  Pihak 2

 

Agung Indra Lexell              Eliana Yusi

Bantur, 21 Oktober 2019

Mengetahui,

Pembina UKM Kepenulisan

 

Dr. Irwan Hadi Sutomo

  • Contoh Berita Acara Serah Terima Hasil Pekerjaan

Berikut ini adalah contoh berita acara pekerjaan yang melibatkan dua pihak, yaitu pihak pemberi pekerjaan dan penerima pekerjaan.

BERITA ACARA SERAH TERIMA HASIL PEKERJAAN

No: 768/34/i/STP/HU/9/008

Pada hari ini, Senin tanggal 21 Oktober 2019, telah dilakukan serah terima hasil pekerjaan oleh pihak-pihak berikut:

I.            Nama: Fathir Muhammad

Perusahaan: Perseorangan

Alamat: Jalan Bulutangkis Blok G nomor 5, Malang, Jawa Timur

Selanjutnya disebut Pihak Pertama.

II.            Nama: Hanun Nisrina Yuliani

Perusahaan Penerima: PT. Suara Karya

Alamat: Jalan Basket VIII/89 Surabaya, Jawa Timur

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Berdasarkan Surat Perjanjian dengan 768/34/i/STP/HU/9/008 perihal penulisan artikel untuk search engine optimization (SEO). Pihak Pertama menyampaikan untuk perkembangan pekerjaan sudah sesuai dengan syarat yang disepakati sejak awal dan telah diselesaikan 100%, serta diterima dengan baik oleh Pihak Kedua. Berita acara ini juga memuat lampiran invoice yang menjadi kewajiban Pihak Kedua terkait proses pembayaran atas jasa yang diberikan Pihak Pertama.

Detail invoice adalah sebagai berikut:

·         Nomor Invoice: A-10/10/2019

·         Nominal Invoice: Rp10.000.000,00

Demikian berita acara serah terima ini dibuat sebaik-baiknya, serta ditandatangani oleh kedua belah pihak sebagai syarat sah.

Pihak Pertama,

 

Fathir Muhammad

Penulis

Pihak Kedua,

(Letak Materai di Sini)

Hanun Nisrina Yuliani

Manajer PT Suara Karya

  • Contoh Berita Acara Serah Terima Barang Atau Dokumen

Berita acara ini penting untuk memastikan adanya bukti legal saat salah satu atau kedua pihak membutuhkan keterangan resmi terkait sebuah barang atau dokumen.

BERITA ACARA SERAH TERIMA SKHUN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Pada hari ini, Jumat tanggal 21 Juli 2019, yang bertanda tangan di bawah ini:

I.            Nama: Sa’diyah Annisa Dewi S.Pd M.Pd

NIP: 189 637 27262662

Jabatan: Ketua Panitia UN 2018/2019 Seksi Dinas Pendidikan Menengah Kota Jombang

Alamat: Jl. Titanium 8 Blok C no 24

Dalam berita acara ini bertindak dan mengambil keputusan atas nama Dinas Pendidikan Menengah Kota Jombang, yang selanjutnya disebut Pihak Pertama.

II.            Nama: Astrid Wirdasari Julia S.Pd, M.Pd

NIP: 111 767 875 89887

Jabatan: Kepala SMP Negeri 62 Jombang

Alamat: Jl. Tebing Breksi Timur Gang 7 No 788

Dalam berita acara ini bertindak dan mengambil keputusan atas nama SMP Negeri 62 Jombang, yang selanjutnya disebut Pihak Kedua.

Pihak Pertama menyerahkan kepada Pihak Kedua, dan Pihak Kedua menerima SKHUN Sekolah Menengah Pertama Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam kondisi utuh, lengkap dan baik.

Rincian serah terima adalah sebagai berikut:

Nama SekolahTotal Jumlah SKHUN SahRentang Nomor SKHUNKeterangan
SMP Negeri 62 Jombang300 lembarDN 02 DD 0034578 sampai dengan 0034878Lengkap dan sesuai daftar nama peserta UN yang telah diserahkan sebelumnya

 

Demikian berita acara serah terima dokumen ini dibuat sesuai data dan kondisi.

Pihak Kedua,

Astrid Wirdasari Julia S.Pd, M.Pd

NIP: 111 767 875 89887

 

Saksi-Saksi:

1.       Iskarima Iskandar M.Pd

2.       Fathur Ridwan Anam, M.Pd

Pihak Pertama,

Sa’diyah Annisa Dewi S.Pd M.Pd

NIP: 189 637 27262662

 

 

( _____________________________ )

( _____________________________ )

Contoh Berita Acara Kejadian

Contoh-Berita-Acara-Kejadian

Salah satu ciri utama berita acara kejadian adalah adanya penyampaian kronologi sebuah kejadian dalam bentuk tulisan. Pembuatan berita dapat dilakukan segera setelah ada kejadian yang penting untuk didokumentasikan secara legal. Berita acara terkait tindak kriminal biasanya masuk dalam golongan ini, sebelum masuk ke ranah penyidikan.

  • Contoh Berita Acara Kehilangan

Contoh berita acara kehilangan sebenarnya sangat mudah dipahami. Berikut adalah acuan narasi yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.

BERITA ACARA KEHILANGAN

TAPE AUDIO MOBIL

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Masduki Ridwan Yuniarto

Jabatan: Supervisor

Menyatakan bahwa pada:

Hari: Senin, 21 Oktober 2019

Waktu: 08.00

Telah terjadi kehilangan barang berupa sebuah tape audio pada mobil Triton AR 7865 HY. Secara kronologis, kejadian dimulai saat driver yang sedang memanaskan mobil untuk bekerja pada shift siang. Saat mengecek bawaan dan kelengkapan mobil, diketahui bahw tape audio telah tidak berada pada tempatnya. Driver segera melapor pada supervisor, yang langsung mengecek CCTV.

Dari CCTV, diketahui bahwa kehilangan tersebut merupakan sebuah pencurian. Saat ini kasus pencurian sudah dilimpahkan kepada pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti.

Demikian berita acara ini kami tulis dengan sesungguhnya, tanpa ada rekayasa.

 

Yang Melaporkan,

 

Andrean

Driver

Bandung, 09 Agustus 2019

Mengetahui

 

Masduki Ridwan Yuniarto

Supervisor

  • Contoh Berita Acara Kecelakaan Kerja

Salah satu contoh berita acara kejadian adalah berita acara kecelakaan kerja. Berita acara ini nantinya bisa dipakai untuk mengurus asuransi untuk pengobatan.

BERITA ACARA KECELAKAAN KERJA

Nomor: B/2681/II/4/843

Pada hari ini, Senin tanggal 21 Oktober 2019, kami atas nama PT SELARAS HIDUP menerangkan bahwa:

Nama: Fauzan Karim

NIK: 11100895

Jabatan: Kurir

No KPJ: 100466574

Kronologi Kejadian:

Hari ini, sekitar jam 08.30 WIB, Saudara Fauzan Karim sedang bekerja mengangkat barang yang akan diantar, dan memindahkannya dari lantai 3 ke lantai 1. Karena lift barang sedang rusak, yang bersangkutan menggunakan tangga darurat. Di tengah perjalanan dari lantai 3 ke lantai 2, yang bersangkutan terpeleset dan jatuh hingga mengalami sakit. Pihak kesehatan PT SELARAS HIDUP segera mengantar korban ke RSSA Agus Salim, Tangerang

Demikian berita acara kecelakaan kerja ini, dibuat dengan sebenar-benarnya.

Pembuat Laporan,

Fatih Ilham Aryanto

Supervisor Divisi Pengantaran

Tangerang, 21 Oktober 2019,

Mengetahui,

 

Redo Afrizal S.T.

Manajer SDM

  • Contoh Berita Acara Perampokan

Saat ini banyak tindak kriminal yang terjadi, tapi tidak semuanya memiliki berita acara. Untuk membuatnya, bisa mengikuti acuan berikut ini.

BERITA ACARA KEJADIAN

Nomor: C24/II/ANH/10/2019

Pada hari Senin, tepatnya tanggal 20 Oktober 2019 pukul 22.00 WIB,

Saya, Farhan Hilmi, dengan jabatan Sekretaris Umum Polresta Lebak Bulus, telah menerima laporan terkait terjadinya tindak kriminal. Selanjutnya, saya membuat berita acara sebagai berikut:

Saya mendapat laporan dari:

Nama: Agus Darmawan

Pekerjaan: Satpam Perumahan Saxophone

Alamat: Jalan Saxophone Gang 1 no 543, Lebak Bulus

Yang telah menyampaikan kronologi kejadian peristiwa perampokan.

Saya dibantu oleh Brigpol Mahendra Setiawan telah mengunjungi lokasi peristiwa dan memohon keterangan serta memeriksa informasi dari korban dan juga para saksi mata. Beberapa keterangan yang berhasil didapatkan adalah:

a)       Korban

Nama: Andari Deswita

Umur: 30 tahun

Alamat: Jalan Saxophone no 45, Lebak Bulus

b)      Pelaku

Nama: Dion

Umur: 46 tahun

Alamat: Jalan Werkudara, Bandung

Dengan rincian kejadian sebagai berikut:

1.       Kerugian yang ditimbulkan berupa uang sebanyak Rp7.000,000,00.

2.       Barang bukti yang telah diamankan berupa SIM dan pistol rakitan.

3.       Dalam kronologi kejadian, korban keluar dari pusat perbelanjaan setelah menjual perhiasannya. Saat sedang berjalan menuju tempat parkir yang agak jauh. Tiba-tiba sang pelaku mendekati dan mengancam korban dengan pistol. Korban menyerahkan uang yang dibawanya. Saksi kebetulan menyaksikan hal ini dan memanggil warga untuk menangkap pelaku. Akhirnya sang pelaku berhasil ditangkap.

4.       Tindakan hukum yang diambil adalah menangkap pelaku dan mengajak saksi dan korban ke kantor polisi untuk menjalani penyidikan.

Demikian berita acara ini dibuat sebaik-baiknya tanpa ada paksaan dari siapapun. Berita acara ini sah dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan persidangan selanjutnya.

 

 

Pembuat Berita Acara

 

Farhan Hilmi

 

Lebak Bulus, 20 Oktober 2019

Mengetahui,

 

Irfan Nidhom

Contoh Berita Acara Kegiatan

Contoh-Berita-Acara-Kegiatan

Setiap kegiatan yang dilaksanakan pasti terkait dengan beberapa unsur. Diantaranya adalah jumlah peserta, rangkaian acara, dan hasil dari acara tersebut.

  • Contoh Berita Acara Seminar

Berita acara seminar perlu dibuat dalam format resmi dan ditandatangani oleh pihak yang berkepentingan melakukan pengawasan. Salah satu contohnya adalah Seminar Laporan Terkait Hasil Penelitian Tindakan Kelas berikut ini.

BERITA ACARA SEMINAR

LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Nomor: 6786/II/N/737

 

Pada hari ini, Senin tanggal 21 Oktober 2019, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama

NIM

Fakultas/Jurusan

Instansi

Judul Karya

: Nanda Ayu Arsyla

: 10197565839

: Sastra/Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

: Universitas Merpati Jaya, Malang

: IMPLEMENTASI METODE SHARPEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PESERTA DIDIK DI KELAS VII G, SMP MELATI, MALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Menyatakan bahwa Seminar Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur, dan dihadiri oleh 35 orang.

Detail jalannya acara Seminar Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini adalah sebagai berikut:

1.       Pembukaan acara seminar oleh Ida Nuraini S.Pd

2.       Sambutan dari Ketua Panitia Seminar

3.       Sambutan dari dosen pengawas, Dr. Srihardini Anggara Ismi

4.       Paparan singkat laporan hasil PTK

5.       Tanggapan dari dosen pengawas

6.       Diskusi terbuka

7.       Penutupan

Demikian berita acara Seminar Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas kami buat dengan seksama.

 

Penulis Laporan,

 

Nanda Ayu Arsyla

NIM: 10197565839

Malang, 21 Oktober 2019

Mengetahui Pengawas,

 

Dr. Srihardini Anggara Ismi

NIP: 6828 4788 28632

  • Contoh Berita Acara Kegiatan Guru/Sekolah

Berikut ini adalah salah satu contoh berita acara kegiatan sekolah yang dilaksanakan oleh guru-guru SMP dalam wilayah sebuah kota.

BERITA ACARA KEGIATAN MGMP

MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA MALANG

Nomor: 67532/U/NFG/94097/2019

Pada hari ini, Senin tanggal 21 Oktober 2019, bertempat di Aula SMP 27 Malang, telah diselenggarakan kegiatan MGMP yang dihadiri guru-guru mata pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama di Kota Malang. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.00 WIB.

Acara ini dihadiri oleh 56 guru perwakilan dari SMP negeri maupun swasta yang ada di kota Malang. Rincian kegiatan adalah sebagai berikut:

1.       Pembukaan oleh Farida Purnama Ningrum sebagai pembawa acara

2.       Sosialisasi Strategi FTG dalam pembuatan soal ujian

3.       Workshop pemanfaatan Strategi FTG

4.       Penyampaian informasi terkait lomba terdekat

5.       Penutupan

Daftar hadir peserta: terlampir

Hasil kegiatan: terlampir

Demikian berita acara Kegiatan MGMP ini kami buat dengan sebaik-baiknya.

 

Notulen MGMP

 

 

Rino Alfan Hariadi S.Pd

NIP: 563 28896 328693

Malang, 21 Oktober 2019

Mengetahui Ketua MGMP Bahasa Inggris,

 

 

Fariha Al Insan, S.Pd, M.Pd

NIP: 6562 52635 2585

  • Contoh Berita Acara Kegiatan KKN

Sebagai langkah formal, setelah acara KKN selesai perlu dibuat sebuah berita acara. Berita acara ini memuat tentang uraian menyerahkan kembali mahasiswa dan mahasiswi KKN kepada pihak universitas.

BERITA ACARA PENYERAHAN KEMBALI MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN) UNIVERSITAS VALENCIA ANGKATAN 36 SEMESTER 7 TAHUN 2019

DI KECAMATAN PERUNGGU, KOTA BOGOR

Nomor: 675/II/7578/UNF/98877/2019

 

Pada hari ini, Senin tanggal 21 Oktober 2019, bertempat di Balai Kecamatan Perunggu, kami selaku Panitia Penerimaan KKN Mahasiswa menyerahkan kembali kepada Pengelola Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Valencia sebanyak 10 orang (6 putra dan 4 putri) mahasiswa dan mahasiswi yang telah melaksanakan KKN mulai tanggal 4 September 2019 hingga 20 Oktober 2019. Para mahasiswa tersebut berasal dari:

1.       Fakultas MIPA: 4 orang (2 putra dan 2 putri)

2.       Fakultas Ekonomi: 3 orang (2 putra dan 1 putri)

3.       Fakultas Pendidikan: 3 orang (2 putra dan 1 putri)

Demikian berita acara Penyerahan Kembali Mahasiswa KKN kami buat dengan sebaik-baiknya. Terima kasih atas jasa dan kerjasama yang baik selama proses KKN.

Camat Kecamatan Perunggu

Kota Bogor

 

Gunawan Fajar Hadi S.T.

 

Ketua Pengelola Kegiatan KKN,

Universitas Valencia

 

Dr. Husain Sholih Al Munawwar

NIP: 6729 563 256282

Contoh Berita Acara Kesepakatan

Contoh-Berita-Acara-Kesepakatan

Berita acara kesepakatan penting dibuat untuk mencegah adanya kesalahan atau perselisihan di masa depan. Sebuah kesepakatan menentukan langkah yang diambil dalam melaksanakan pekerjaan dalam suatu kerjasama.

  • Contoh Berita Acara Kesepakatan Upah

Berita acara ini dibuat apabila pihak yang memberi pekerjaan memutuskan untuk mempekerjakan pekerja borongan yang upahnya tergantung banyak dan jenisnya pekerjaan.

BERITA ACARA KESEPAKATAN UPAH

PT. INDRA CEMPAKA GREEN VIEW

Nomor: 84/75/II/UPH/5325

Dalam rangka pembangunan cabang kedua PT. Indra Cempaka Green View yang kedua di Kota Bandung tahun 2019-2020, maka pada:

Hari: Senin

Tanggal: 21 Oktober 2019

Waktu: Pukul 08.00 WIB hingga 09.30 WIB

Telah dilaksanakan pertemuan antara manajemen dengan ketua kelompok upah borongan dan menghasilkan kesepakatan berupa:

A.      Deskripsi pekerjaan dan harga yang disepakati (terlampir)

B.      Cara dan syarat pembayaran, yakni:

1.       Pembayaran akan dilakukan sesuai dengan harga tiap deskripsi pekerjaan yang telah disepakati.

2.       Pembayaran dilakukan setelah hasil pekerjaan resmi diserahkan kepada PT. Indra Cempaka Green View, dan dinilai baik oleh pengawas.

3.       Apabila ada hasil pekerjaan yang kurang sesuai dengan kualifikasi, maka pihak kelompok upah borongan bersedia memperbaiki atau mengatasi masalah yang terjadi.

4.       Apabila ada perselisihan yang terjadi antara kedua belah pihak, maka penyelesaian diusahakan secara kekeluargaan.

Demikian berita kesepakatan upah dibuat sesuai dengan hasil musyawarah kedua belah pihak.

 

Ketua Kelompok

Reyhan Joko

Bandung, 21 Oktober 2019

Manajer Cabang Bandung

 

Dodi Wahyudi

PT. Indra Cempaka Green View

  • Contoh Berita Acara Kesepakatan Kerjasama

Berita acara ini memuat poin-poin kesepakatan kedua belah pihak yang akan dilaksanakan selama masa kerjasama.

BERITA ACARA KESEPAKATAN KERJASAMA

Nomor: 6776/OY/66/9380/UI/2019

Pada hari ini, Senin tanggal 21 Oktober 2019, bertempat di kantor PT. Outdoor Universe, yang bertanda tangan di bawah ini:

I.            Nama: Dewi Sartika Aina

Jabatan: Manajer Logistik

Alamat: Jl. Anggrek Blok F Nomor 89, Malang

Dalam perjanjian ini mengambil keputusan dan bertindak atas nama PT. Outdoor Universe, yang selanjutnya disebut Pihak Pertama.

II.            Nama: Widuri Anastasya

Jabatan: Pemilik Katering

Alamat: Jl. Sulfat Blok H Nomor 46, Malang

Dalam perjanjian ini mengambil keputusan dan bertindak atas nama Katering My Lunch Box, yang selanjutnya disebut Pihak Kedua.

Dengan ini kedua pihak menerangkan hasil kesepakatan kerjasama antara Pihak Pertama dan pihak Kedua, yakni sebagai berikut:

1.       Pihak Pertama sepakat membeli paket makan siang dari Pihak Kedua selama 6 bulan berturut-turut, terhitung sejak tanggal 1 November 2019.

2.       Pihak Kedua menyediakan paket makan siang untuk 350 orang karyawan selama 6 bulan berturut-turut, terhitung sejak tanggal 1 November 2019.

3.       Penentuan menu dilaksanakan secara musyawarah antara Pihak Pertama dan Pihak Kedua pada tanggal 29 setiap bulannya. Menu yang telah disepakati tidak boleh diubah secara sepihak.

4.       Seluruh paket makan siang harus sudah sampai di kantor Pihak Pertama maksimal pukul 11.45 siang. Keterlambatan akan dikenai pemotongan harga, Rp1.000,00 per kotak per 15 menit.

5.       Pihak Pertama wajib membayarkan seluruh uang untuk paket makan siang selama sebulan pada tanggal 29 setiap bulannya.

Demikian berita acara kesepakatan kerjasama dibuat sesuai hasil musyawarah.

Pihak Pertama,

 

 

Dewi Sartika Aina

Pihak Kedua,

 

(Letak Materai di Sini)

Widuri Anastasya

  • Contoh Berita Acara Kesepakatan Kompensasi

Setiap pekerjaan yang membutuhkan waktu cukup lama biasanya akan melibatkan kompensasi tertentu.

BERITA ACARA KESEPAKATAN KOMPENSASI

PENGGALIAN TANAH SALURAN LIMBAH PERUMAHAN BUMI ASRI

Pada hari ini, Senin tanggal 21 Oktober 2019, bertempat di Jalan Telaga Asri no 21, Kota Bandung, telah disepakati penyerahan uang untuk biaya kompensasi penggalian tanah saluran limbah Perumahan Bumi Asri yang dilakukan oleh PT BUMI JAYA.

I.            Yang Menerima

Nama: Wijayanto Sofyan

Alamat: Jalan Telaga Asri no 21, Bandung

Jabatan: Ketua RT

Dalam kesepakatan ini mengambil keputusan atas nama warga RT 09 Kelurahan Perak Kecamatan Perunggu. Yang bersangkutan selanjutnya disebut Pihak Pertama.

II.            Yang Menyerahkan

Nama: Qanitah Bahasuan

Alamat: Jalan Emas, no 56, Bandung

Jabatan: Manajer Keuangan

Dalam kesepakatan ini mengambil keputusan atas nama PT BUMI JAYA.  Yang bersangkutan selanjutnya disebut Pihak Kedua.

Detail kompensasi dapat dijelaskan secara rinci sebagai berikut:

1.       Pihak Kedua menyerahkan uang sebesar Rp50.000.000,00 kepada Pihak Pertama sebagai kompensasi dari proses penggalian tanah untuk saluran limbah Perumahan Bumi Asri.

2.       Pekerjaan penggalian akan dilaksanakan mulai tanggal 1 November 2019, dan berakhir maksimal pada tanggal 1 Maret 2020.

3.       Dana kompensasi selanjutnya akan digunakan untuk kepentingan bersama warga RT 09 Kelurahan Perak Kecamatan Perunggu. Detail alokasi penggunaannya akan dibahas pada rapat RT selanjutnya.

Demikian berita acara kompensasi penggalian tanah saluran limbah Perumahan Bumi Asri dibuat dengan sebenar-benarnya.

Yang Menyerahkan,

PT BUMI JAYA

 

Qanitah Bahasuan

Manajer Keuangan

Yang Menerima

RT 09 Kelurahan Perak

 

Wijayanto Sofyan

Ketua RT

Cara Membuat Berita Acara Dengan Mudah

Cara-Membuat-Berita-Acara-Dengan-Mudah

Dengan mengenal ciri-ciri dan membaca berbagai contoh berita acara untuk berbagai keperluan, pembuatan teks tersebut tidak akan terasa sulit. Berita acara dapat dibuat oleh siapapun yang membutuhkan bukti legal atas berlangsungnya sebuah acara. Berita acara wajib ada pada acara-acara yang mungkin berpotensi melibatkan pengadilan.

Terima kasih atas kunjungan ke halaman ini, semoga menambah wawasan dan bermanfaat.

Baca juga:

Content Protection by DMCA.com